Mohon saran restorasi mobil hobby
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 199
- Joined: Sun Oct 01, 2017 12:40
Mohon saran restorasi mobil hobby
Salam kenal,
Maaf sebelumnya, ini posting pertama saya. Selama ini saya silent reader saja walaupun sudah lama mengenal SM. Saya ingin bertanya mengenai restorasi mobil bekas untuk keperluan hobi.
- Harus mobil sedan yang cukup bandel/tangguh
- Diutamakan buatan Eropa atau Amerika
- Diutamakan juga mesin inline 6 silinder, di atas 2000cc
- Fokus pada performa, tapi masih nyaman untuk harian
- Budget untuk mobil Rp 50 jt or less, budget untuk reparasi sambil jalan
Beberapa alternatif yang sempat kami kepikiran adalah antara E30 M20 atau W124 300E. Tapi kami welcome kalau rekan-rekan sekalian punya saran yang lebih yahud. Mohon tanggapan dan petunjuknya.
Terima kasih.
Maaf sebelumnya, ini posting pertama saya. Selama ini saya silent reader saja walaupun sudah lama mengenal SM. Saya ingin bertanya mengenai restorasi mobil bekas untuk keperluan hobi.
- Harus mobil sedan yang cukup bandel/tangguh
- Diutamakan buatan Eropa atau Amerika
- Diutamakan juga mesin inline 6 silinder, di atas 2000cc
- Fokus pada performa, tapi masih nyaman untuk harian
- Budget untuk mobil Rp 50 jt or less, budget untuk reparasi sambil jalan
Beberapa alternatif yang sempat kami kepikiran adalah antara E30 M20 atau W124 300E. Tapi kami welcome kalau rekan-rekan sekalian punya saran yang lebih yahud. Mohon tanggapan dan petunjuknya.
Terima kasih.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4384
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Mohon saran restorasi mobil hobby
Kalau saya jadi TS saya akan ambil W124 300E.
Modif pelan-pelan.
Kalau ada duit ambil yang 24 valve.
Harganya di masa depan lebih stabil dari BMW oom..
Kalau mau lebih nyeleneh, ambil Toyota Crown ambil thn 1984, tahun terakhir sebelum keluar Crown Robot.
Mesin kode 5M, 2800 CC.
Interior lebih bagus dari Crown 82-83.
Mobil nyaman dan kuwat. Tapi bensin juga kuwat minumnya. Bengkel specialis Crown ada depan Tip Top Ciputat arah ke Gaplek.
Google saja "Bengkel Specialis Crown".
Ini mobil double blower, coolbox, senyap, empuk. Jok kayak sofa. ada pernya.
Modif pelan-pelan.
Kalau ada duit ambil yang 24 valve.
Harganya di masa depan lebih stabil dari BMW oom..
Kalau mau lebih nyeleneh, ambil Toyota Crown ambil thn 1984, tahun terakhir sebelum keluar Crown Robot.
Mesin kode 5M, 2800 CC.
Interior lebih bagus dari Crown 82-83.
Mobil nyaman dan kuwat. Tapi bensin juga kuwat minumnya. Bengkel specialis Crown ada depan Tip Top Ciputat arah ke Gaplek.
Google saja "Bengkel Specialis Crown".
Ini mobil double blower, coolbox, senyap, empuk. Jok kayak sofa. ada pernya.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 520
- Joined: Thu Jan 12, 2017 2:11
Re: Mohon saran restorasi mobil hobby
E32/e34? Tp kok kyny utk range harga itu mnurut saya sih 300e udh paling bener, walopun mungkin kondisi dapetnya setengah bahan 

2011 Hyundai ix35
2001 BMW E39 530i
2001 BMW E39 530i
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 138
- Joined: Fri May 13, 2016 2:22
- Location: Bekasi
Re: Mohon saran restorasi mobil hobby
Volvo 740 Turbo Intercooler, tapi cuma 4 silinder dan 2300 cc
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3056
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760
Re: Mohon saran restorasi mobil hobby
300e segitu susah dapet matic. 300e ga matic banyak opsi ga dapet kaya electric seat, lamp wiper, krey, dll. Nambah 15-20jt udh dpt yg matic. Atau mau turunin ke tiger kayanya udh bs dpt 280e segitu atau 200 taun terakhir yg jok udah wool
E30 m20 enak pasti 6silinder tp kok mendingan e28 sekalian ya classicnya dpt. E34 bisa aja sih dapet bagus segitu 530i v8 individual tp sy sih krg demen modelnya.
Main holden ga bakal dapet oke hari gini, apa lg statesman.
Main volvo uang segitu udh dpt 960 atau 940 yg bagus, atau bs dapet s90.
E30 m20 enak pasti 6silinder tp kok mendingan e28 sekalian ya classicnya dpt. E34 bisa aja sih dapet bagus segitu 530i v8 individual tp sy sih krg demen modelnya.
Main holden ga bakal dapet oke hari gini, apa lg statesman.
Main volvo uang segitu udh dpt 960 atau 940 yg bagus, atau bs dapet s90.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 175
- Joined: Tue Dec 15, 2015 23:46
Re: Mohon saran restorasi mobil hobby
W124 230e tahun 91 saya dijual om kondisi no pr siap jalan siapa tau minat hehehe bensin irit pake ke jkt- garut bensin cuma 150rb hehe irit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 252
- Joined: Sun Dec 22, 2013 1:10
- Location: Jakarta utara
- Daily Vehicle: Fortuner d4d 2012
Re: Mohon saran restorasi mobil hobby
w202 c230 kompressor atau c240, tpi ga dapet duit segitu, yg mint condition masih diatas 100
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11857
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Mohon saran restorasi mobil hobby
kalau saya pilih 280e w123....
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 364
- Joined: Sun Oct 01, 2017 5:36
Re: Mohon saran restorasi mobil hobby
E30 m20 cocok tuh om buat jadi mobil hobi yang sekali-kali dipakai harian apalagi mobil itu termasuk rare disini
Tapi kok rasanya sulit ya dapat harga dibawah 50jt soalnya populasinya sedikit, apa memang ada yang jual dibawah 50jt? CMIIW
Sepertinya lebih baik cari E30 m40 lalu swap engine m20 dibanding mencari original E30 m20 yang mayoritas harganya cukup tinggi
Tapi kok rasanya sulit ya dapat harga dibawah 50jt soalnya populasinya sedikit, apa memang ada yang jual dibawah 50jt? CMIIW
Sepertinya lebih baik cari E30 m40 lalu swap engine m20 dibanding mencari original E30 m20 yang mayoritas harganya cukup tinggi
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 680
- Joined: Thu Nov 03, 2016 17:51
Re: Mohon saran restorasi mobil hobby
E30 M20 mau swap engine atau cari yg bawaan om? Susah sepertinya dan entah dapet atau gak budgetnya..imanoff wrote: Mon Oct 02, 2017 5:22 Salam kenal,
Maaf sebelumnya, ini posting pertama saya. Selama ini saya silent reader saja walaupun sudah lama mengenal SM. Saya ingin bertanya mengenai restorasi mobil bekas untuk keperluan hobi.
- Harus mobil sedan yang cukup bandel/tangguh
- Diutamakan buatan Eropa atau Amerika
- Diutamakan juga mesin inline 6 silinder, di atas 2000cc
- Fokus pada performa, tapi masih nyaman untuk harian
- Budget untuk mobil Rp 50 jt or less, budget untuk reparasi sambil jalan
Beberapa alternatif yang sempat kami kepikiran adalah antara E30 M20 atau W124 300E. Tapi kami welcome kalau rekan-rekan sekalian punya saran yang lebih yahud. Mohon tanggapan dan petunjuknya.
Terima kasih.
Atau cari e30 bahan dan swap mesin m50 pun lagi2 malah bisa bengkak..
Klo mau bimmer saya sarankan e34 m50 atau m60 sekalian.. saya pernah pakai ini mobil enaaak banget.. klo mau ngotot e30 ya m40 ya banyak dan mudah dicari aja om.. tp ya 1800 i4.. atau e36 yang 320i m50 banyak dengan range segitu om.. malah pelan bisa dapet 323i dgn performa jauh lebih baik...
Untuk merc pilihan sangat baik itu w124.. tinggal cari yang wokeh..
Klo untuk tetep di min 2000cc inline 6 eropa/amerika jd sedikit pilihan om..
Klo mau melebar ke mungkin displacement masih ada pug 406.. atau melebar ke jepangan ada galant vr V6 atau mungkin crown..
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 199
- Joined: Sun Oct 01, 2017 12:40
Re: Mohon saran restorasi mobil hobby
Terima kasih atas saran dan masukannya. So far masih 300E atau E30/E28 ya.
Untuk keperluan ini sih nggak harus ori. Swap engine juga gak masalah. Asal worth the effort dan hasilnya lebih bagus. Malah dulu pernah kepikiran ambil E12 tapi di-swap dengan yang 6 silinder.
Untuk keperluan ini sih nggak harus ori. Swap engine juga gak masalah. Asal worth the effort dan hasilnya lebih bagus. Malah dulu pernah kepikiran ambil E12 tapi di-swap dengan yang 6 silinder.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 199
- Joined: Sun Oct 01, 2017 12:40
Re: Mohon saran restorasi mobil hobby
Boleh dishare lebih detil tentang C230/C240 W202 ini? Performa dan valuenya bagaimana?aldilee18 wrote: Mon Oct 02, 2017 14:53 w202 c230 kompressor atau c240, tpi ga dapet duit segitu, yg mint condition masih diatas 100
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1960
- Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
- Location: jkt
Re: Mohon saran restorasi mobil hobby
Reliability n usability euro jadul ini...klo dihadapkan dg kondisi traffic yg super macet bin stucked skrg gmn ya...utk jabotabek sekali keluar rumah bs 3-4jam bakar" bensin d kemacetan, d hari sabtu Kondisi traffic tdk lbh baik. Cooling system, electrical/sensor" bikin sport jantung kala berada di jalan. Rata" brp lama umumnya msh tetap di keep si owner sampe akhirnya dilepas jg, d tambah biaya perawatan atopun FC yg ngga bs di bilang irit/kecil angkanya, kecuali buat di pendem d garasi, limited/performance series, ato uang nda ada masalah.
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3056
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760
Re: Mohon saran restorasi mobil hobby
C230 kompressor 4 silinder supercharged, 198hp 280nm. Pakein pulley kit dastek dan ganti exhaust system bs lewat 250hp 360nm. Reliabilty bagus, mesin m111 dipake dr taun 93. Lumayan irit
C240 mesin m112 v6 na, 168hp 225nm aja. Susah dikilik, paling pake supercharger kleemann tp mahal bs tembus 280hp kl ga salah. Busi 12 biji. Reliability oke. Agak boros tp
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 252
- Joined: Sun Dec 22, 2013 1:10
- Location: Jakarta utara
- Daily Vehicle: Fortuner d4d 2012
Re: Mohon saran restorasi mobil hobby
nah sdh dijawab oleh om farizfsa yg lbh katam drpd ane
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1451
- Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
- Location: Hanoi
- Daily Vehicle: xebushanoi-18
Re: Mohon saran restorasi mobil hobby
Karena ada kriteria i6 displacement minimal 2000, pilihannya jadi mengerucut.
Kalo BMW adanya E30 M20B20, E34 M50B20, E36 M5xB2x. Semua masuk dalam range harga 50 dalam kondisi biasa, semakin muda biasanya semakin banyak PR dengan range harga segitu. Kalo bujet up to 50 untuk mobil saja, kayaknya mendingan paling muda sekalian sih om. Cuma nimbang frame dapet yang lebih muda usianya. Ini dengan catatan kondisi normal, ngga ngitung faktor dapet mobil sehat dan terawat dilepas murah.
Kalo BMW adanya E30 M20B20, E34 M50B20, E36 M5xB2x. Semua masuk dalam range harga 50 dalam kondisi biasa, semakin muda biasanya semakin banyak PR dengan range harga segitu. Kalo bujet up to 50 untuk mobil saja, kayaknya mendingan paling muda sekalian sih om. Cuma nimbang frame dapet yang lebih muda usianya. Ini dengan catatan kondisi normal, ngga ngitung faktor dapet mobil sehat dan terawat dilepas murah.
Kavling kosong, bisa dikridit.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 92
- Joined: Sat Mar 14, 2015 1:28
Re: Mohon saran restorasi mobil hobby
Kalo mobil hobby jangan syg duit ya omjivos wrote: Tue Oct 03, 2017 3:36 Reliability n usability euro jadul ini...klo dihadapkan dg kondisi traffic yg super macet bin stucked skrg gmn ya...utk jabotabek sekali keluar rumah bs 3-4jam bakar" bensin d kemacetan, d hari sabtu Kondisi traffic tdk lbh baik. Cooling system, electrical/sensor" bikin sport jantung kala berada di jalan. Rata" brp lama umumnya msh tetap di keep si owner sampe akhirnya dilepas jg, d tambah biaya perawatan atopun FC yg ngga bs di bilang irit/kecil angkanya, kecuali buat di pendem d garasi, limited/performance series, ato uang nda ada masalah.

Rombak semua biar enak gk waswas kalo lagi "pamer" di jalan.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4384
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Mohon saran restorasi mobil hobby
ada benarnya saran oom Jivos..jivos wrote:Reliability n usability euro jadul ini...klo dihadapkan dg kondisi traffic yg super macet bin stucked skrg gmn ya...utk jabotabek sekali keluar rumah bs 3-4jam bakar" bensin d kemacetan, d hari sabtu Kondisi traffic tdk lbh baik. Cooling system, electrical/sensor" bikin sport jantung kala berada di jalan. Rata" brp lama umumnya msh tetap di keep si owner sampe akhirnya dilepas jg, d tambah biaya perawatan atopun FC yg ngga bs di bilang irit/kecil angkanya, kecuali buat di pendem d garasi, limited/performance series, ato uang nda ada masalah.
beberapa kali sy lihat mobil mercy boxer atau bmw era 90an mogor di pinggir jalan..owner buka kap medin sambil telpon telponan..
sebaiknya boros sikit gak papa..asal reliable..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1960
- Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
- Location: jkt
Re: Mohon saran restorasi mobil hobby
He he he iya um.....ntar total angkanya bs mendekati buat angkut mbl baru ato yg mudaan.defreas wrote: Tue Oct 03, 2017 5:23Kalo mobil hobby jangan syg duit ya omjivos wrote: Tue Oct 03, 2017 3:36 Reliability n usability euro jadul ini...klo dihadapkan dg kondisi traffic yg super macet bin stucked skrg gmn ya...utk jabotabek sekali keluar rumah bs 3-4jam bakar" bensin d kemacetan, d hari sabtu Kondisi traffic tdk lbh baik. Cooling system, electrical/sensor" bikin sport jantung kala berada di jalan. Rata" brp lama umumnya msh tetap di keep si owner sampe akhirnya dilepas jg, d tambah biaya perawatan atopun FC yg ngga bs di bilang irit/kecil angkanya, kecuali buat di pendem d garasi, limited/performance series, ato uang nda ada masalah.![]()
Rombak semua biar enak gk waswas kalo lagi "pamer" di jalan.
Di kepala...mbl kategori "wants" umumnya lbh mendominasi drpd mbl" kategori "needs".
Balik lg ke preferensi n kemampuan s owner.
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1624
- Joined: Thu May 28, 2015 0:12
Re: Mohon saran restorasi mobil hobby
maaf dopostoctafiantos wrote: Tue Oct 03, 2017 4:44 Karena ada kriteria i6 displacement minimal 2000, pilihannya jadi mengerucut.
Kalo BMW adanya E30 M20B20, E34 M50B20, E36 M5xB2x. Semua masuk dalam range harga 50 dalam kondisi biasa, semakin muda biasanya semakin banyak PR dengan range harga segitu. Kalo bujet up to 50 untuk mobil saja, kayaknya mendingan paling muda sekalian sih om. Cuma nimbang frame dapet yang lebih muda usianya. Ini dengan catatan kondisi normal, ngga ngitung faktor dapet mobil sehat dan terawat dilepas murah.
Last edited by dsign1990 on Tue Oct 03, 2017 6:39, edited 1 time in total.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1624
- Joined: Thu May 28, 2015 0:12
Re: Mohon saran restorasi mobil hobby
"e30 m20b20" artinya 320i body e30? kalau ada yg jual dg kondisi minimal pantas bisa loncat mendekati ke 9 digit atau yg hasil swap kalau udah kelar jg biasanya gk ada yg murah di kepala 5 kebawahoctafiantos wrote: Tue Oct 03, 2017 4:44 Karena ada kriteria i6 displacement minimal 2000, pilihannya jadi mengerucut.
Kalo BMW adanya E30 M20B20, E34 M50B20, E36 M5xB2x. Semua masuk dalam range harga 50 dalam kondisi biasa, semakin muda biasanya semakin banyak PR dengan range harga segitu. Kalo bujet up to 50 untuk mobil saja, kayaknya mendingan paling muda sekalian sih om. Cuma nimbang frame dapet yang lebih muda usianya. Ini dengan catatan kondisi normal, ngga ngitung faktor dapet mobil sehat dan terawat dilepas murah.
kalau sesama seri3 kalau saya mending ke e36 m50/52 sekalian nyarinya gampang dan lebih murah ditambah secara produk pastinya lebih oke krn improvment cuma kalah klasik aja kali
kalau baca2 curhat TS suka yg ada bau2 agak klasik nya mungkin lbh cocok ke e34
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 199
- Joined: Sun Oct 01, 2017 12:40
Re: Mohon saran restorasi mobil hobby
jivos wrote: Tue Oct 03, 2017 3:36 Reliability n usability euro jadul ini...klo dihadapkan dg kondisi traffic yg super macet bin stucked skrg gmn ya...utk jabotabek sekali keluar rumah bs 3-4jam bakar" bensin d kemacetan, d hari sabtu Kondisi traffic tdk lbh baik. Cooling system, electrical/sensor" bikin sport jantung kala berada di jalan. Rata" brp lama umumnya msh tetap di keep si owner sampe akhirnya dilepas jg, d tambah biaya perawatan atopun FC yg ngga bs di bilang irit/kecil angkanya, kecuali buat di pendem d garasi, limited/performance series, ato uang nda ada masalah.
ginting wrote: Tue Oct 03, 2017 5:30 ada benarnya saran oom Jivos..
beberapa kali sy lihat mobil mercy boxer atau bmw era 90an mogor di pinggir jalan..owner buka kap medin sambil telpon telponan..
sebaiknya boros sikit gak papa..asal reliable..
Duly noted, om. Memang ini lebih untuk hobi dan eksperimen, bukan untuk dipakai harian. Jelas bukan mobil utama dan sadar bahwa ada banyak keterbatasannya.jivos wrote: Tue Oct 03, 2017 5:31 He he he iya um.....ntar total angkanya bs mendekati buat angkut mbl baru ato yg mudaan.
Di kepala...mbl kategori "wants" umumnya lbh mendominasi drpd mbl" kategori "needs".
Balik lg ke preferensi n kemampuan s owner.
Kalau hobi beneran dituruti bisa jadi total cost lebih tinggi daripada ongkos beli mobilnya. Bisa jadi malah lebih mahal daripada beli baru. Sebelum ini pernah miara Crown lawas dan Volvo lawas juga. Jadi kurang lebih paham lah konsekuensinya.
Harga pasarnya berapa ya? Kayaknya kok lebih pas untuk jadi angkutan harian ketimbang untuk koleksi/hobi. Lagipula, saya pribadi merasa kalau Merc baiknya standariyah orisinaliyah. Kalau mau diperkosa habis-habisan kok kayak nggak tega gitu.farizfsa wrote: Tue Oct 03, 2017 4:08 C230 kompressor 4 silinder supercharged, 198hp 280nm. Pakein pulley kit dastek dan ganti exhaust system bs lewat 250hp 360nm. Reliabilty bagus, mesin m111 dipake dr taun 93. Lumayan irit
C240 mesin m112 v6 na, 168hp 225nm aja. Susah dikilik, paling pake supercharger kleemann tp mahal bs tembus 280hp kl ga salah. Busi 12 biji. Reliability oke. Agak boros tp
octafiantos wrote: Tue Oct 03, 2017 4:44 Karena ada kriteria i6 displacement minimal 2000, pilihannya jadi mengerucut.
Kalo BMW adanya E30 M20B20, E34 M50B20, E36 M5xB2x. Semua masuk dalam range harga 50 dalam kondisi biasa, semakin muda biasanya semakin banyak PR dengan range harga segitu. Kalo bujet up to 50 untuk mobil saja, kayaknya mendingan paling muda sekalian sih om. Cuma nimbang frame dapet yang lebih muda usianya. Ini dengan catatan kondisi normal, ngga ngitung faktor dapet mobil sehat dan terawat dilepas murah.
Memang saya prefer mobil klasik. Jadi dari luar sepintas tidak terlihat apa-apa, klasik, biasa saja, tapi performanya berbeda. E36 menggoda emang. Apalagi kalau mau nambah dikit. Tapi kesannya jadi nggak gitu klasik lagi sih.dsign1990 wrote: Tue Oct 03, 2017 6:39 "e30 m20b20" artinya 320i body e30? kalau ada yg jual dg kondisi minimal pantas bisa loncat mendekati ke 9 digit atau yg hasil swap kalau udah kelar jg biasanya gk ada yg murah di kepala 5 kebawah
kalau sesama seri3 kalau saya mending ke e36 m50/52 sekalian nyarinya gampang dan lebih murah ditambah secara produk pastinya lebih oke krn improvment cuma kalah klasik aja kali
kalau baca2 curhat TS suka yg ada bau2 agak klasik nya mungkin lbh cocok ke e34
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1960
- Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
- Location: jkt
Re: Mohon saran restorasi mobil hobby
klasik .....e30 sdh tepat sptnya (lighter, nimble buat manuver d banding opsi euro lain, plus rwd dr biem yg driving feelnya addicted. Sec bahan plg terjangkau, Klo 190e sec bahan sdh mahal.
35jt buat akuisisi semi bahan
15jt buat swap 6cyl M20 atopun M50
Minor pr bisa srmbari jln.
M20b20 d body e30..seingat sy ngga masuk, ngga tau deh d e21 klo ada yg pk m20 SOHC. Nih enjin dah lama sekali edarnya...output ngga gede" jg n reliabilitynya bkn type badak. M50 lbh refined.
sy vote e30 sj ..sec gagal kmrn berjodoh dg e30 320i m20 coupe

35jt buat akuisisi semi bahan
15jt buat swap 6cyl M20 atopun M50
Minor pr bisa srmbari jln.
M20b20 d body e30..seingat sy ngga masuk, ngga tau deh d e21 klo ada yg pk m20 SOHC. Nih enjin dah lama sekali edarnya...output ngga gede" jg n reliabilitynya bkn type badak. M50 lbh refined.
sy vote e30 sj ..sec gagal kmrn berjodoh dg e30 320i m20 coupe

4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 254
- Joined: Tue May 05, 2015 1:19
- Location: Shangri-La Residences
Re: Mohon saran restorasi mobil hobby
Kayaknya kalau ngomong E30 pasti rentan karat
Sekarang aye lagi restomod E36 M50 pake crank conrod pisto M54B30.

Sekarang aye lagi restomod E36 M50 pake crank conrod pisto M54B30.