Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5507
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03
Cepet tutup dan gak usah di bersihkan.forget it
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 392
- Joined: Fri Oct 17, 2014 3:16
- Location: Tebet
Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03
Udah tutup dr 2 hari yg lalu om, tp odo uda 50rb, ane takut aja uda terlanjur kotor egrnya, tdnya pgn bersihin egr dl tp ga tau caranyanugroho bagor wrote:Cepet tutup dan gak usah di bersihkan.forget it
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1370
- Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
- Location: Jakarta
Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03
Koq di ipah ane disuruh pasang balik EGR pipe nya sama tuner kondang b8099ok...
Katanya biar kalo lg off throttle EGR nya buka biar dinginin mesin...
*P.S. ECU sudah di remap agar bisa atur kapan EGR Valve nya buka dan tutup
Katanya biar kalo lg off throttle EGR nya buka biar dinginin mesin...

*P.S. ECU sudah di remap agar bisa atur kapan EGR Valve nya buka dan tutup
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4384
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03
ini bensin atau disel ??arfs wrote: Sat Sep 23, 2017 8:29 Koq di ipah ane disuruh pasang balik EGR pipe nya sama tuner kondang b8099ok...
Katanya biar kalo lg off throttle EGR nya buka biar dinginin mesin...![]()
*P.S. ECU sudah di remap agar bisa atur kapan EGR Valve nya buka dan tutup
dimatikan lewat ECU ya ?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

ok trims om..i poget it..

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 208
- Joined: Mon Jul 10, 2017 17:09
Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03
Saya uda 2 tahunan nutup egr dan ngk ada masalah. Oh iya saya mau nanya tempat oli power steering saya bagian bawahnya kenapa ada rembesan oli ya jadi kotor juga deket selangnya ada rembesan uap oli. Apakah itu normal?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1370
- Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
- Location: Jakarta
Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03
Diesel lah om. Ini kan thread 2KD bukan 1TR

Yup diatur gitu sama mbah Sat di map ECU nya...
Awal nya ud pasang block penutup EGR...
Cuman setelah selang beberapa minggu habis remap dikasi tau sebetulnya setingan map nya seperti itu, tertarik lagi pasang EGR pipe nya.
Karena saat off throttle DFCO (Deceleration Fuel Cut Off) di ruang pembakaran hanya mengompres udara tanpa melakukan pembakaran, lalu udara kompres itu di alirkan ulang buat dinginin mesin. Tapi saat injak pedal throttle nya lagi, EGR valve nya nutup lagi. Jadi intake manifold nya gk bakal kotor2 amat...
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4384
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03
Itu ada kemugkinan...Vicvic wrote: Sat Sep 23, 2017 11:32 Saya uda 2 tahunan nutup egr dan ngk ada masalah. Oh iya saya mau nanya tempat oli power steering saya bagian bawahnya kenapa ada rembesan oli ya jadi kotor juga deket selangnya ada rembesan uap oli. Apakah itu normal?
1. saat ngisi oli power steering, ada meler.
2. ada oli yg rembes leat seal.
cek aja ke beRes atau specialis power steering..misalnya milala(366) power steering, botak seng, dll
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03

hati2 om sama org2 yg msh ada promo bengkel itu...pokoknya itu bukan dari grup KD sentul...
krn yg sentul udah sangat kecewa om...
pokoke grup ecek2 lah yg promosiin...grup koar gak jelas...modif jg msh kelas ikan cere di got...

wong teman saya yg punya KD aja sampe skrg benci bgt...ngoceh kapan matinya tuh bengkel....
barusan WA doain tuh bengkel garasi sial makan duitnya...krn td ada perbaikan lg...
sampe udah mau pensiun aja ktnya...
itu yg punya KD putih pemegang rekor sentul tau kok kelakuan bengkel garasi sial....kebetulan punya bengkel jg onwer KD putih.....KD yg dikibulie abis2an ada benerin kerjaan bengkel garasi sial di bengkel owner KD putih baru td jg..
dengar2 sih ktnya nyesal jg promo tuh bengkel garasi alay...

pdhl itu owner KD punya GD jg n tun di bengkel situ ke 2nya..
..salah 1 yg suka kasih uang tip gede...

3 ketan manusia sampah kurang ajar gitu loh...

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 45
- Joined: Tue Nov 29, 2016 3:10
Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03
Sabar bang.. apa yg ditabur itu yg di tuai..#sokbijakkompresorz wrote: Sat Sep 23, 2017 13:44....
hati2 om sama org2 yg msh ada promo bengkel itu...pokoknya itu bukan dari grup KD sentul...
krn yg sentul udah sangat kecewa om...
pokoke grup ecek2 lah yg promosiin...grup koar gak jelas...modif jg msh kelas ikan cere di got...![]()
wong teman saya yg punya KD aja sampe skrg benci bgt...ngoceh kapan matinya tuh bengkel....
barusan WA doain tuh bengkel garasi sial makan duitnya...krn td ada perbaikan lg...
sampe udah mau pensiun aja ktnya...
itu yg punya KD putih pemegang rekor sentul tau kok kelakuan bengkel garasi sial....kebetulan punya bengkel jg onwer KD putih.....KD yg dikibulie abis2an ada benerin kerjaan bengkel garasi sial di bengkel owner KD putih baru td jg..
dengar2 sih ktnya nyesal jg promo tuh bengkel garasi alay...
pdhl itu owner KD punya GD jg n tun di bengkel situ ke 2nya..
..salah 1 yg suka kasih uang tip gede...
3 ketan manusia sampah kurang ajar gitu loh...![]()
Lnjut membahas EGr di kd, sebenarnya efek negatipny di blok gimana ya?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2084
- Joined: Sat Dec 31, 2005 4:16
Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03
selama ini jadi SR krn masi mengumpulkan duit utk meminang D-4D thn 2015 yg warna silver super cantik itu,
sambil monitor forum ini, nubie mo nanya bengkel 3 ketan yg tersohor ini dimana dan apa namanya ya?
biar nubie ga ikut "kecemplung" krn keajaiban bengkel 3 ketan yg disebut2..

sambil monitor forum ini, nubie mo nanya bengkel 3 ketan yg tersohor ini dimana dan apa namanya ya?
biar nubie ga ikut "kecemplung" krn keajaiban bengkel 3 ketan yg disebut2..

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 205
- Joined: Thu Jun 03, 2010 3:43
- Location: Kodya Tangerang
Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03
2kd-ftvbreakhar wrote: Sun Sep 24, 2017 1:40Sabar bang.. apa yg ditabur itu yg di tuai..#sokbijakkompresorz wrote: Sat Sep 23, 2017 13:44....
hati2 om sama org2 yg msh ada promo bengkel itu...pokoknya itu bukan dari grup KD sentul...
krn yg sentul udah sangat kecewa om...
pokoke grup ecek2 lah yg promosiin...grup koar gak jelas...modif jg msh kelas ikan cere di got...![]()
wong teman saya yg punya KD aja sampe skrg benci bgt...ngoceh kapan matinya tuh bengkel....
barusan WA doain tuh bengkel garasi sial makan duitnya...krn td ada perbaikan lg...
sampe udah mau pensiun aja ktnya...
itu yg punya KD putih pemegang rekor sentul tau kok kelakuan bengkel garasi sial....kebetulan punya bengkel jg onwer KD putih.....KD yg dikibulie abis2an ada benerin kerjaan bengkel garasi sial di bengkel owner KD putih baru td jg..
dengar2 sih ktnya nyesal jg promo tuh bengkel garasi alay...
pdhl itu owner KD punya GD jg n tun di bengkel situ ke 2nya..
..salah 1 yg suka kasih uang tip gede...
3 ketan manusia sampah kurang ajar gitu loh...![]()
Lnjut membahas EGr di kd, sebenarnya efek negatipny di blok gimana ya?
Kalo egr nggak ditutup, gas/uap panas sisa pembakaran dari knalpot sebagian kecil dimasukan kembali keruang pembakaran melalui blok mesin, pipa besi dan intake manifold. Lambat laun dinding intake manifold akan menjadi kotor karena menempelnya kotoran dari gas/uap itu.
Kalau egr di tutup (lokasi penutupan berada di blok mesin dan intake manifold) maka semua sisa pembakaran itu tidak bisa mengalir ke pipa besi dan intake manifold. Jadi sisa pembakaran akan mengalir semuanya ke turbo, downpipe dan seterus keluar melalui knalpot (sedangkan gas/uap panas yang tadinya mengalir ke egr tertahan di blok mesin, karena salurannya ditutup). Untuk itu downpipe harus baik untuk mengalirkan gas/uap panas sisa pembakaran dan ganjel wastegate agar egt tidak cepat naik.
Segi negatifnya egr ditutup terhadap blok mesin menurut ane tidak ada sepanjang downpipe diganti dengan yang plong dan ganjel wastegate.
cmiiw.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 208
- Joined: Mon Jul 10, 2017 17:09
Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03
7ginting wrote: Sat Sep 23, 2017 13:07Itu ada kemugkinan...Vicvic wrote: Sat Sep 23, 2017 11:32 Saya uda 2 tahunan nutup egr dan ngk ada masalah. Oh iya saya mau nanya tempat oli power steering saya bagian bawahnya kenapa ada rembesan oli ya jadi kotor juga deket selangnya ada rembesan uap oli. Apakah itu normal?
1. saat ngisi oli power steering, ada meler.
2. ada oli yg rembes leat seal.
cek aja ke beRes atau specialis power steering..misalnya milala(366) power steering, botak seng, dll
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 978
- Joined: Thu Apr 23, 2015 21:57
Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03
Nah ini...thx infonya om amdamd wrote:2kd-ftvbreakhar wrote: Sun Sep 24, 2017 1:40Sabar bang.. apa yg ditabur itu yg di tuai..#sokbijakkompresorz wrote: Sat Sep 23, 2017 13:44....
hati2 om sama org2 yg msh ada promo bengkel itu...pokoknya itu bukan dari grup KD sentul...
krn yg sentul udah sangat kecewa om...
pokoke grup ecek2 lah yg promosiin...grup koar gak jelas...modif jg msh kelas ikan cere di got...![]()
wong teman saya yg punya KD aja sampe skrg benci bgt...ngoceh kapan matinya tuh bengkel....
barusan WA doain tuh bengkel garasi sial makan duitnya...krn td ada perbaikan lg...
sampe udah mau pensiun aja ktnya...
itu yg punya KD putih pemegang rekor sentul tau kok kelakuan bengkel garasi sial....kebetulan punya bengkel jg onwer KD putih.....KD yg dikibulie abis2an ada benerin kerjaan bengkel garasi sial di bengkel owner KD putih baru td jg..
dengar2 sih ktnya nyesal jg promo tuh bengkel garasi alay...
pdhl itu owner KD punya GD jg n tun di bengkel situ ke 2nya..
..salah 1 yg suka kasih uang tip gede...
3 ketan manusia sampah kurang ajar gitu loh...![]()
Lnjut membahas EGr di kd, sebenarnya efek negatipny di blok gimana ya?
Kalo egr nggak ditutup, gas/uap panas sisa pembakaran dari knalpot sebagian kecil dimasukan kembali keruang pembakaran melalui blok mesin, pipa besi dan intake manifold. Lambat laun dinding intake manifold akan menjadi kotor karena menempelnya kotoran dari gas/uap itu.
Kalau egr di tutup (lokasi penutupan berada di blok mesin dan intake manifold) maka semua sisa pembakaran itu tidak bisa mengalir ke pipa besi dan intake manifold. Jadi sisa pembakaran akan mengalir semuanya ke turbo, downpipe dan seterus keluar melalui knalpot (sedangkan gas/uap panas yang tadinya mengalir ke egr tertahan di blok mesin, karena salurannya ditutup). Untuk itu downpipe harus baik untuk mengalirkan gas/uap panas sisa pembakaran dan ganjel wastegate agar egt tidak cepat naik.
Segi negatifnya egr ditutup terhadap blok mesin menurut ane tidak ada sepanjang downpipe diganti dengan yang plong dan ganjel wastegate.
cmiiw.
2015 - 2KD
2024 - K15B

2024 - K15B

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4384
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03
kalo dari photo sih kayaknya sudah confirm ada seal yg bocor (leaked) di pangkal tabung oli PS itu.Vicvic wrote: Sun Sep 24, 2017 9:22IMG_20170924_155040.jpg7ginting wrote: Sat Sep 23, 2017 13:07Itu ada kemugkinan...Vicvic wrote: Sat Sep 23, 2017 11:32 Saya uda 2 tahunan nutup egr dan ngk ada masalah. Oh iya saya mau nanya tempat oli power steering saya bagian bawahnya kenapa ada rembesan oli ya jadi kotor juga deket selangnya ada rembesan uap oli. Apakah itu normal?
1. saat ngisi oli power steering, ada meler.
2. ada oli yg rembes leat seal.
cek aja ke beRes atau specialis power steering..misalnya milala(366) power steering, botak seng, dll
mungkin untuk sementara sebaiknya ditambal dulu dan segera bawa kebengkel saja oom...takutnya nanti merembet penyakitnya..
satu alternative supaya gak rember (mungkin) bias coba dengan aspal (bahasa awam : dodol) AC. biasa jual di tukang AC. tujuannya untuk insulasi biar gak rember. Bahan dari aspal, hitam dan tekstur mirip dodol..sementara saja, biar gak kosong oli PS nya...sembari nunggu ke bengkel..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 392
- Joined: Fri Oct 17, 2014 3:16
- Location: Tebet
Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03
Kebetulan ane abis tutup egr jg lgs ganjel wastegate dan geser tps..berasa ada kenaikan torsi walaupun ga signifikan..kl geser tps fungsinya apa om? 2kd ane taun 2011 edu 3, downpipe udah ga ada CCnya..perlu bgt ga om utk ganti downpipe? Soalnya ane baca2 ada beberapa user setelah ganti dp tarikan bawahnya malah ngempos, bener ga tu om?amd wrote:2kd-ftvbreakhar wrote: Sun Sep 24, 2017 1:40Sabar bang.. apa yg ditabur itu yg di tuai..#sokbijakkompresorz wrote: Sat Sep 23, 2017 13:44....
hati2 om sama org2 yg msh ada promo bengkel itu...pokoknya itu bukan dari grup KD sentul...
krn yg sentul udah sangat kecewa om...
pokoke grup ecek2 lah yg promosiin...grup koar gak jelas...modif jg msh kelas ikan cere di got...![]()
wong teman saya yg punya KD aja sampe skrg benci bgt...ngoceh kapan matinya tuh bengkel....
barusan WA doain tuh bengkel garasi sial makan duitnya...krn td ada perbaikan lg...
sampe udah mau pensiun aja ktnya...
itu yg punya KD putih pemegang rekor sentul tau kok kelakuan bengkel garasi sial....kebetulan punya bengkel jg onwer KD putih.....KD yg dikibulie abis2an ada benerin kerjaan bengkel garasi sial di bengkel owner KD putih baru td jg..
dengar2 sih ktnya nyesal jg promo tuh bengkel garasi alay...
pdhl itu owner KD punya GD jg n tun di bengkel situ ke 2nya..
..salah 1 yg suka kasih uang tip gede...
3 ketan manusia sampah kurang ajar gitu loh...![]()
Lnjut membahas EGr di kd, sebenarnya efek negatipny di blok gimana ya?
Kalo egr nggak ditutup, gas/uap panas sisa pembakaran dari knalpot sebagian kecil dimasukan kembali keruang pembakaran melalui blok mesin, pipa besi dan intake manifold. Lambat laun dinding intake manifold akan menjadi kotor karena menempelnya kotoran dari gas/uap itu.
Kalau egr di tutup (lokasi penutupan berada di blok mesin dan intake manifold) maka semua sisa pembakaran itu tidak bisa mengalir ke pipa besi dan intake manifold. Jadi sisa pembakaran akan mengalir semuanya ke turbo, downpipe dan seterus keluar melalui knalpot (sedangkan gas/uap panas yang tadinya mengalir ke egr tertahan di blok mesin, karena salurannya ditutup). Untuk itu downpipe harus baik untuk mengalirkan gas/uap panas sisa pembakaran dan ganjel wastegate agar egt tidak cepat naik.
Segi negatifnya egr ditutup terhadap blok mesin menurut ane tidak ada sepanjang downpipe diganti dengan yang plong dan ganjel wastegate.
cmiiw.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 205
- Joined: Thu Jun 03, 2010 3:43
- Location: Kodya Tangerang
Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03
dari tahun 2011 sampe sekarang baru tutup egr? apakah sebelumnya intake manifold rutin dibersihkan dengan cairan pembersih intake manifold khusus diesel? kalau tidak ya sebaiknya adakan pembersihan intake manifold (metode nya yg paling bagus ya dibongkar tuh intake manifoldnya, biayanya juga nggak seberapa). ganti downpipe menurut ane perlu karena downpipe bawaannya terlalu siku bentuknya dan ada hambatan untuk mengalirkan gas sisa pembakaran ke knalpot. pilihan downpipe juga beragam pembuatnya begitu juga harganya, yang penting pada saat pemasangan tidak ada kebocoran di sambungannya/packing. akselerasi bawah berkurang/ngempos ane kira sih itu perasaan aja.romi10 wrote: Sun Sep 24, 2017 11:43Kebetulan ane abis tutup egr jg lgs ganjel wastegate dan geser tps..berasa ada kenaikan torsi walaupun ga signifikan..kl geser tps fungsinya apa om? 2kd ane taun 2011 edu 3, downpipe udah ga ada CCnya..perlu bgt ga om utk ganti downpipe? Soalnya ane baca2 ada beberapa user setelah ganti dp tarikan bawahnya malah ngempos, bener ga tu om?amd wrote:2kd-ftvbreakhar wrote: Sun Sep 24, 2017 1:40
Sabar bang.. apa yg ditabur itu yg di tuai..#sokbijak
Lnjut membahas EGr di kd, sebenarnya efek negatipny di blok gimana ya?
Kalo egr nggak ditutup, gas/uap panas sisa pembakaran dari knalpot sebagian kecil dimasukan kembali keruang pembakaran melalui blok mesin, pipa besi dan intake manifold. Lambat laun dinding intake manifold akan menjadi kotor karena menempelnya kotoran dari gas/uap itu.
Kalau egr di tutup (lokasi penutupan berada di blok mesin dan intake manifold) maka semua sisa pembakaran itu tidak bisa mengalir ke pipa besi dan intake manifold. Jadi sisa pembakaran akan mengalir semuanya ke turbo, downpipe dan seterus keluar melalui knalpot (sedangkan gas/uap panas yang tadinya mengalir ke egr tertahan di blok mesin, karena salurannya ditutup). Untuk itu downpipe harus baik untuk mengalirkan gas/uap panas sisa pembakaran dan ganjel wastegate agar egt tidak cepat naik.
Segi negatifnya egr ditutup terhadap blok mesin menurut ane tidak ada sepanjang downpipe diganti dengan yang plong dan ganjel wastegate.
cmiiw.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 220
- Joined: Sun Jul 31, 2016 7:30
Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03
Wah sama tuh om kasusnya seperti punya saya.Vicvic wrote: Sat Sep 23, 2017 11:32 Saya uda 2 tahunan nutup egr dan ngk ada masalah. Oh iya saya mau nanya tempat oli power steering saya bagian bawahnya kenapa ada rembesan oli ya jadi kotor juga deket selangnya ada rembesan uap oli. Apakah itu normal?
Ipah 2006 dan 2013 dari baru selalu kotor selangnya, cuma anehnya oli power steeringnya nggak pernah berkurang.
Jadi ya sampe sakarang didiemin aja

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 392
- Joined: Fri Oct 17, 2014 3:16
- Location: Tebet
Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03
Ane beli second om pas d odo 50rb, pemilik sblmnya selalu service rutin a2k, terakhir service d km 40rb, mestinya setiap service d a2k selalu ada treatment pembersihan intake kan ya?amd wrote:dari tahun 2011 sampe sekarang baru tutup egr? apakah sebelumnya intake manifold rutin dibersihkan dengan cairan pembersih intake manifold khusus diesel? kalau tidak ya sebaiknya adakan pembersihan intake manifold (metode nya yg paling bagus ya dibongkar tuh intake manifoldnya, biayanya juga nggak seberapa). ganti downpipe menurut ane perlu karena downpipe bawaannya terlalu siku bentuknya dan ada hambatan untuk mengalirkan gas sisa pembakaran ke knalpot. pilihan downpipe juga beragam pembuatnya begitu juga harganya, yang penting pada saat pemasangan tidak ada kebocoran di sambungannya/packing. akselerasi bawah berkurang/ngempos ane kira sih itu perasaan aja.romi10 wrote: Sun Sep 24, 2017 11:43Kebetulan ane abis tutup egr jg lgs ganjel wastegate dan geser tps..berasa ada kenaikan torsi walaupun ga signifikan..kl geser tps fungsinya apa om? 2kd ane taun 2011 edu 3, downpipe udah ga ada CCnya..perlu bgt ga om utk ganti downpipe? Soalnya ane baca2 ada beberapa user setelah ganti dp tarikan bawahnya malah ngempos, bener ga tu om?amd wrote:
2kd-ftv
Kalo egr nggak ditutup, gas/uap panas sisa pembakaran dari knalpot sebagian kecil dimasukan kembali keruang pembakaran melalui blok mesin, pipa besi dan intake manifold. Lambat laun dinding intake manifold akan menjadi kotor karena menempelnya kotoran dari gas/uap itu.
Kalau egr di tutup (lokasi penutupan berada di blok mesin dan intake manifold) maka semua sisa pembakaran itu tidak bisa mengalir ke pipa besi dan intake manifold. Jadi sisa pembakaran akan mengalir semuanya ke turbo, downpipe dan seterus keluar melalui knalpot (sedangkan gas/uap panas yang tadinya mengalir ke egr tertahan di blok mesin, karena salurannya ditutup). Untuk itu downpipe harus baik untuk mengalirkan gas/uap panas sisa pembakaran dan ganjel wastegate agar egt tidak cepat naik.
Segi negatifnya egr ditutup terhadap blok mesin menurut ane tidak ada sepanjang downpipe diganti dengan yang plong dan ganjel wastegate.
cmiiw.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 87
- Joined: Wed Mar 11, 2015 14:12
Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03
Gag pasti om....romi10 wrote:Ane beli second om pas d odo 50rb, pemilik sblmnya selalu service rutin a2k, terakhir service d km 40rb, mestinya setiap service d a2k selalu ada treatment pembersihan intake kan ya?amd wrote:dari tahun 2011 sampe sekarang baru tutup egr? apakah sebelumnya intake manifold rutin dibersihkan dengan cairan pembersih intake manifold khusus diesel? kalau tidak ya sebaiknya adakan pembersihan intake manifold (metode nya yg paling bagus ya dibongkar tuh intake manifoldnya, biayanya juga nggak seberapa). ganti downpipe menurut ane perlu karena downpipe bawaannya terlalu siku bentuknya dan ada hambatan untuk mengalirkan gas sisa pembakaran ke knalpot. pilihan downpipe juga beragam pembuatnya begitu juga harganya, yang penting pada saat pemasangan tidak ada kebocoran di sambungannya/packing. akselerasi bawah berkurang/ngempos ane kira sih itu perasaan aja.romi10 wrote: Sun Sep 24, 2017 11:43 Kebetulan ane abis tutup egr jg lgs ganjel wastegate dan geser tps..berasa ada kenaikan torsi walaupun ga signifikan..kl geser tps fungsinya apa om? 2kd ane taun 2011 edu 3, downpipe udah ga ada CCnya..perlu bgt ga om utk ganti downpipe? Soalnya ane baca2 ada beberapa user setelah ganti dp tarikan bawahnya malah ngempos, bener ga tu om?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 208
- Joined: Mon Jul 10, 2017 17:09
Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03
Saya berkurang sedikit om tapi lama kira2 3 bulanan baru nambahin.snoepje wrote: Mon Sep 25, 2017 5:21Wah sama tuh om kasusnya seperti punya saya.Vicvic wrote: Sat Sep 23, 2017 11:32 Saya uda 2 tahunan nutup egr dan ngk ada masalah. Oh iya saya mau nanya tempat oli power steering saya bagian bawahnya kenapa ada rembesan oli ya jadi kotor juga deket selangnya ada rembesan uap oli. Apakah itu normal?
Ipah 2006 dan 2013 dari baru selalu kotor selangnya, cuma anehnya oli power steeringnya nggak pernah berkurang.
Jadi ya sampe sakarang didiemin aja![]()
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 87
- Joined: Wed Mar 11, 2015 14:12
Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03
Ada rekomendasi buat ban ipah ukuran standar... Budget dibawah 1 juta....
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 94
- Joined: Sun Jun 04, 2017 3:11
Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03
Hankook kinergyfariezal wrote:Ada rekomendasi buat ban ipah ukuran standar... Budget dibawah 1 juta....
Turanza
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 392
- Joined: Fri Oct 17, 2014 3:16
- Location: Tebet
Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03
Kok ipah ane baru ganjel wastegate, delete egr sm geser motor positioner aja udah enak bgtt yah..apa gara2 pake oli rimula synthetic yah..pdhal cm pk biosolar aja hhhmmm...
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 94
- Joined: Sun Jun 04, 2017 3:11
Re: Kijang Innova D4 D - 2KD-FTV - PART 03
2KD emang enak Om..romi10 wrote:Kok ipah ane baru ganjel wastegate, delete egr sm geser motor positioner aja udah enak bgtt yah..apa gara2 pake oli rimula synthetic yah..pdhal cm pk biosolar aja hhhmmm...
Ane jg baru BLT udah enak...dulu pengen remap, tp kayaknya cukup..dana mau tak alokasikan ke velg, pengen velg nya venturer..he he..