Interval penggantian oli mobil, berdasar odometer/jangka waktunya?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Interval penggantian oli mobil, berdasar odometer/jangka waktunya?
Halo semua, ertiga saya terakhir servis berkala hampir 6 bulan lalu (April, KM 49xxx). Sampe hari ini odo di 53xxx (hampir 5000km, pemakaian kurang dari 1000km/bulan), tapi waktu dilihat dari dipstick terus saya bersihin pake tissue warna oli mesinnya sudah agak gelap dan ada seperti residu2 item. Dari suzuki sendiri udah rekomen buat ganti itu oli, tapi saya masih sangsi aja kok mereka rekomen tiap 5000km penggantiannya, padahal oli SGO udah full syn (interval oli full syn 10.000km setau saya). Untuk ATF waktu servis 40.000km baru diganti yg dibagian carter (warnanya bening) dan sekarang juga udah jd coklat tua warnanya (belum pernah flush). Apa penggantian oli mesin harus setiap kurun waktu 6 bulan? Yg ATF apakah sudah harus kuras juga? Mohon pencerahannya. (foto menyusul)
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1060
- Joined: Tue Aug 20, 2013 8:41
Re: Interval penggantian oli mobil, berdasar odometer/jangka waktunya?
Oli mesin SGO ada 2 tipe yang semi dan full syn. Kalau botol coklat itu semi dan yang biru full syn.
Untuk yang semi botol coklat baiknya ganti 5rb KM dan full syn di 10rb KM. Tapi bagaimanapun kalau tinggal dijakarta baiknya less than 10rb ganti karena macet dan kotor.
Untuk oli matic baiknya ganti di 20-30rb KM sekali mengingat udara yang panas dan kotor. Kemarin saya ikutin interval ganti di 40rb ternyata kotoran dan lumpurnya sudah tebal sekali walaupun ATF masih bewarna merah.
Kalau sudah 50rb tidak pernah ganti lebih baik ganti segera karena kalau tidak siap siap jangka panjang transmisi tidak awet.
Kalau mobil sudah lewat dari masa garansi bisa ganti oli ke toko oli yang terpecaya dan jatuhnya lebih murah.
Thanks
Untuk yang semi botol coklat baiknya ganti 5rb KM dan full syn di 10rb KM. Tapi bagaimanapun kalau tinggal dijakarta baiknya less than 10rb ganti karena macet dan kotor.
Untuk oli matic baiknya ganti di 20-30rb KM sekali mengingat udara yang panas dan kotor. Kemarin saya ikutin interval ganti di 40rb ternyata kotoran dan lumpurnya sudah tebal sekali walaupun ATF masih bewarna merah.
Kalau sudah 50rb tidak pernah ganti lebih baik ganti segera karena kalau tidak siap siap jangka panjang transmisi tidak awet.
Kalau mobil sudah lewat dari masa garansi bisa ganti oli ke toko oli yang terpecaya dan jatuhnya lebih murah.
Thanks
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1612
- Joined: Thu Oct 01, 2015 1:05
Re: Interval penggantian oli mobil, berdasar odometer/jangka waktunya?
Sebelum menjawab ke pertanyaan, setau oe, justru kalau oli saat di buang terlihat sangat kotor & keruh, itu berarti oli bekerja dengan baik.
Karena selain melumasi, oli juga harus membersihkan.
Soal ganti oli. Kalau oe selama ini selalu based on kilometer.
Untuk mobil setiap kelipatan 5000km.
Dan kalau oe lebih prefer pilih oli mediocre biasa tapi tiap interval 5000km ganti, daripada beli oli eksotis tapi jarang ganti karena ada jaminan longevity nya.
Oe skrg pakai FK Massimo Freshing 5w 30
Karena selain melumasi, oli juga harus membersihkan.
Soal ganti oli. Kalau oe selama ini selalu based on kilometer.
Untuk mobil setiap kelipatan 5000km.
Dan kalau oe lebih prefer pilih oli mediocre biasa tapi tiap interval 5000km ganti, daripada beli oli eksotis tapi jarang ganti karena ada jaminan longevity nya.

Oe skrg pakai FK Massimo Freshing 5w 30
SUBARU INDONESIA
Instagram : subaru.sales.id
Instagram : subaru.sales.id
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Interval penggantian oli mobil, berdasar odometer/jangka waktunya?
Interval ganti ATF di 40rb maksudnya flush/carter nya ya om? Saya sekarang jarang pake mobil ini om, dari kos ke kampus deket banget soalnya. Keluar paling cuma weekend aja (di bandung)vp920b wrote: Fri Sep 22, 2017 15:13 Oli mesin SGO ada 2 tipe yang semi dan full syn. Kalau botol coklat itu semi dan yang biru full syn.
Untuk yang semi botol coklat baiknya ganti 5rb KM dan full syn di 10rb KM. Tapi bagaimanapun kalau tinggal dijakarta baiknya less than 10rb ganti karena macet dan kotor.
Untuk oli matic baiknya ganti di 20-30rb KM sekali mengingat udara yang panas dan kotor. Kemarin saya ikutin interval ganti di 40rb ternyata kotoran dan lumpurnya sudah tebal sekali walaupun ATF masih bewarna merah.
Kalau sudah 50rb tidak pernah ganti lebih baik ganti segera karena kalau tidak siap siap jangka panjang transmisi tidak awet.
Kalau mobil sudah lewat dari masa garansi bisa ganti oli ke toko oli yang terpecaya dan jatuhnya lebih murah.
Thanks
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 200
- Joined: Sat Feb 20, 2016 19:03
Re: Interval penggantian oli mobil, berdasar odometer/jangka waktunya?
Beli di shop n drive aja om ganti tuh oli, kalo males ke Beres.
- Plastic IMM Auxillary.
- CNC machines.
Free Proffesional concultancy : 081293578630
- CNC machines.
Free Proffesional concultancy : 081293578630
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 301
- Joined: Mon Nov 09, 2009 9:03
- Location: Batavia
Re: Interval penggantian oli mobil, berdasar odometer/jangka waktunya?
Kalau saya selalu patokan mana yang tercapai duluan antara 5000km dan 3 bulan
Untuk mobil yang jadwalnya 10rb/6bulan tetep ane ganti di 5000/3 bulan, tapi hanya ganti oli. Tune up dll dilakuin di kelipatan 10rb km.
Oli matik berdasarkan pengalaman ane sih sebaiknya gak perlu dikuras, cukup diganti per 20rb km atau ane batesin 2 tahun maks untuk mobil yang low km, mungkin suhu2 lebih paham soal ini
Untuk mobil yang jadwalnya 10rb/6bulan tetep ane ganti di 5000/3 bulan, tapi hanya ganti oli. Tune up dll dilakuin di kelipatan 10rb km.
Oli matik berdasarkan pengalaman ane sih sebaiknya gak perlu dikuras, cukup diganti per 20rb km atau ane batesin 2 tahun maks untuk mobil yang low km, mungkin suhu2 lebih paham soal ini
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1107
- Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
- Location: Makassar
Re: Interval penggantian oli mobil, berdasar odometer/jangka waktunya?
Lengkapnya masalah oli ada di trit ini om:
viewtopic.php?f=4&t=24402
Saya juga make Suzuki tapi X-Over 2012. Slama ini pake SGO semi synth ganti di Beres, diganti per odometer.
Tapi rasanya kelamaan kalo nunggu odo nyampe, krn mobil jarang dipake (ini udah 5 taun lebih baru 36rb km). Jadi sejak awal taun ini saya ganti tiap 5 bulan sekali kalo oli semi synth.
Skarang baru 3 hari ini make Amsoil SS yg full synth, rencana diganti 9-10 bulan ke depan (gak liat odo krn kalo nunggu odo bisa2 setaun baru nyampe).
Di sini ada blog bagus banget (menurut saya yg awam sih) ttg fungsi & ketahanan oli.
https://540ratblog.wordpress.com/2013/0 ... t-ranking/
kata blog ini, mau oli semahal apapun, paling berani dia cuma pake sampe 5000 mil (sekitar 8000 km) udah harus ganti, krn akumulasi asam dalam oli pasti terjadi. Oli mahal biasanya banyak punya lebih banyak aditif untuk menetralkan asam itu, tapi tetap saja nggak boleh lama banget sampe setaun baru ganti.
Nah kembali ke X-Over saya, karena selama ini pemakaian baru 36rb/ 5 thn = sekitar 7000 km setaun, maka dengan Amsoil SS sekalipun saya gak berani tahan tuh oli di mesin sampe setaun, jadi cukup 10 bulanan saja.
CMIIW, thx.
viewtopic.php?f=4&t=24402
Saya juga make Suzuki tapi X-Over 2012. Slama ini pake SGO semi synth ganti di Beres, diganti per odometer.
Tapi rasanya kelamaan kalo nunggu odo nyampe, krn mobil jarang dipake (ini udah 5 taun lebih baru 36rb km). Jadi sejak awal taun ini saya ganti tiap 5 bulan sekali kalo oli semi synth.
Skarang baru 3 hari ini make Amsoil SS yg full synth, rencana diganti 9-10 bulan ke depan (gak liat odo krn kalo nunggu odo bisa2 setaun baru nyampe).
Di sini ada blog bagus banget (menurut saya yg awam sih) ttg fungsi & ketahanan oli.
https://540ratblog.wordpress.com/2013/0 ... t-ranking/
kata blog ini, mau oli semahal apapun, paling berani dia cuma pake sampe 5000 mil (sekitar 8000 km) udah harus ganti, krn akumulasi asam dalam oli pasti terjadi. Oli mahal biasanya banyak punya lebih banyak aditif untuk menetralkan asam itu, tapi tetap saja nggak boleh lama banget sampe setaun baru ganti.
Nah kembali ke X-Over saya, karena selama ini pemakaian baru 36rb/ 5 thn = sekitar 7000 km setaun, maka dengan Amsoil SS sekalipun saya gak berani tahan tuh oli di mesin sampe setaun, jadi cukup 10 bulanan saja.
CMIIW, thx.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 978
- Joined: Thu Apr 23, 2015 21:57
Re: Interval penggantian oli mobil, berdasar odometer/jangka waktunya?
Hmm kalau saya selalu odo dan ganti selalu diatas 5000km karena nyampe 10rb km paling cepet 3 bulanan paling lama 6 bulan..
Udah gitu oli inmova diesel sekali beli 7L, luar biasa ga hemat kalau ganti tiap 5000 km dan saya masih concern soal jenis olinya karena mobil bakal dipake cukup lama..
Kalau soal hitam sih olinya, kalau diesel cept bnaget paling di 1000 km udah mulai menghitam, kalau liat di 10 rb km itu pekat banget...
Iseng buka tutup oli keliatan sekilas masih mengkilap..pake oli jenisnya selalu HDEO
Udah gitu oli inmova diesel sekali beli 7L, luar biasa ga hemat kalau ganti tiap 5000 km dan saya masih concern soal jenis olinya karena mobil bakal dipake cukup lama..
Kalau soal hitam sih olinya, kalau diesel cept bnaget paling di 1000 km udah mulai menghitam, kalau liat di 10 rb km itu pekat banget...
Iseng buka tutup oli keliatan sekilas masih mengkilap..pake oli jenisnya selalu HDEO
2015 - 2KD
2024 - K15B

2024 - K15B

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 763
- Joined: Sat Dec 08, 2012 10:14
Re: Interval penggantian oli mobil, berdasar odometer/jangka waktunya?
Klo ane mobil yg swift selalu ganti 5000km, sementara xtrail t31 selalu per 6bln karena dlm 6bln itu ga nyampe 5000km. Pada rebutan pake swift, soalnya jauh lebih irit bensin dibanding t31....hahaha
If you can't stop thinking about it...buy it!!!
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1210
- Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
- Location: Jakarta
Re: Interval penggantian oli mobil, berdasar odometer/jangka waktunya?
Oli mesin ganti tiap max 300 jam...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 978
- Joined: Thu Apr 23, 2015 21:57
Re: Interval penggantian oli mobil, berdasar odometer/jangka waktunya?
Punya timer di mobil om Bay?

2015 - 2KD
2024 - K15B

2024 - K15B

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 262
- Joined: Fri Oct 17, 2014 3:36
Re: Interval penggantian oli mobil, berdasar odometer/jangka waktunya?
kalo saya pedomannya tetap, per 6 bulan ato 5000km, mana yg lbh dulu saja, dg oli dari beres. seringnya ya blm 5000 udah ganti, orang setelah 4tahun odoread juga masih 30rb kecil...
setelah lewat garansi, sy ganti di SnD, tetep per 6 bulan, dg oli standar juga. setahun sekali baru ke beres, biar bukunya bagus....
setelah lewat garansi, sy ganti di SnD, tetep per 6 bulan, dg oli standar juga. setahun sekali baru ke beres, biar bukunya bagus....
|ertelu gx 13||miras glx 14|
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 182
- Joined: Mon Jan 11, 2016 2:08
- Location: Bandung
Re: Interval penggantian oli mobil, berdasar odometer/jangka waktunya?
Kl menurut sy amsoil ss ganti d bawah 12 bulan / 10rb km mah pemborosan. Apalagi kl mobilnya jarang kena macet.qushay20019 wrote: Fri Sep 22, 2017 21:49 Lengkapnya masalah oli ada di trit ini om:
viewtopic.php?f=4&t=24402
Saya juga make Suzuki tapi X-Over 2012. Slama ini pake SGO semi synth ganti di Beres, diganti per odometer.
Tapi rasanya kelamaan kalo nunggu odo nyampe, krn mobil jarang dipake (ini udah 5 taun lebih baru 36rb km). Jadi sejak awal taun ini saya ganti tiap 5 bulan sekali kalo oli semi synth.
Skarang baru 3 hari ini make Amsoil SS yg full synth, rencana diganti 9-10 bulan ke depan (gak liat odo krn kalo nunggu odo bisa2 setaun baru nyampe).
Di sini ada blog bagus banget (menurut saya yg awam sih) ttg fungsi & ketahanan oli.
https://540ratblog.wordpress.com/2013/0 ... t-ranking/
kata blog ini, mau oli semahal apapun, paling berani dia cuma pake sampe 5000 mil (sekitar 8000 km) udah harus ganti, krn akumulasi asam dalam oli pasti terjadi. Oli mahal biasanya banyak punya lebih banyak aditif untuk menetralkan asam itu, tapi tetap saja nggak boleh lama banget sampe setaun baru ganti.
Nah kembali ke X-Over saya, karena selama ini pemakaian baru 36rb/ 5 thn = sekitar 7000 km setaun, maka dengan Amsoil SS sekalipun saya gak berani tahan tuh oli di mesin sampe setaun, jadi cukup 10 bulanan saja.
CMIIW, thx.
Sy pake kendall semi syhnt aj baru ganti 8-9 bulan jarak tempuh sekitar 3500-4rb, d tes dg cr drop tes msh lmyn bagus menurut sy.
Cmiiw
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1060
- Joined: Tue Aug 20, 2013 8:41
Re: Interval penggantian oli mobil, berdasar odometer/jangka waktunya?
Di flush/sedot aja bro. Supaya ATF lama ga kecampur ATF baru. So smuanya baru dan fresh oil.erwinign wrote: Fri Sep 22, 2017 15:45Interval ganti ATF di 40rb maksudnya flush/carter nya ya om? Saya sekarang jarang pake mobil ini om, dari kos ke kampus deket banget soalnya. Keluar paling cuma weekend aja (di bandung)vp920b wrote: Fri Sep 22, 2017 15:13 Oli mesin SGO ada 2 tipe yang semi dan full syn. Kalau botol coklat itu semi dan yang biru full syn.
Untuk yang semi botol coklat baiknya ganti 5rb KM dan full syn di 10rb KM. Tapi bagaimanapun kalau tinggal dijakarta baiknya less than 10rb ganti karena macet dan kotor.
Untuk oli matic baiknya ganti di 20-30rb KM sekali mengingat udara yang panas dan kotor. Kemarin saya ikutin interval ganti di 40rb ternyata kotoran dan lumpurnya sudah tebal sekali walaupun ATF masih bewarna merah.
Kalau sudah 50rb tidak pernah ganti lebih baik ganti segera karena kalau tidak siap siap jangka panjang transmisi tidak awet.
Kalau mobil sudah lewat dari masa garansi bisa ganti oli ke toko oli yang terpecaya dan jatuhnya lebih murah.
Thanks
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: Interval penggantian oli mobil, berdasar odometer/jangka waktunya?
Saya sih karena jarang dipakai jadi nurut waktu, misal 6 bulan.. Jangna lupa mobil yang cuma dipakai kurang dari 8km sekali jalan juga tetap harus ganti oli sesuai waktu.. Oli hitam pertanda dia memang membersihkan, dan kalau niat ambil sedikit dan endapkan 2-3 hari pasti kelihatan oli seperti minyak goreng yang habis dipakai abang2 gorengan pertama kali.. Not bad apalagi ini oli mesin diesel..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1210
- Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
- Location: Jakarta
Re: Interval penggantian oli mobil, berdasar odometer/jangka waktunya?
Di MID ada elapsed time...dieselman228 wrote:Punya timer di mobil om Bay?
Jakarta macet nya kejammm....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1059
- Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
- Daily Vehicle: Galant + Mx King
Re: Interval penggantian oli mobil, berdasar odometer/jangka waktunya?
Saya nurut waktu sih
6 bulan sekali ganti
Soalnya mobil banyak nganggur, kalau di pakai pun rata2 ke luar kota saja
6 bulan sekali ganti
Soalnya mobil banyak nganggur, kalau di pakai pun rata2 ke luar kota saja
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 978
- Joined: Thu Apr 23, 2015 21:57
Re: Interval penggantian oli mobil, berdasar odometer/jangka waktunya?
Wigh gimana caranya nih? Baru tau [emoji106]paidjho wrote:Di MID ada elapsed time...dieselman228 wrote:Punya timer di mobil om Bay?
Jakarta macet nya kejammm....
2015 - 2KD
2024 - K15B

2024 - K15B

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1210
- Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
- Location: Jakarta
Re: Interval penggantian oli mobil, berdasar odometer/jangka waktunya?
Yang di mid nya ada Om, kalau gak ada ya udah terima nasib aja.dieselman228 wrote:Wigh gimana caranya nih? Baru tau [emoji106]paidjho wrote:Di MID ada elapsed time...dieselman228 wrote: Punya timer di mobil om Bay?
Jakarta macet nya kejammm....
Gak usah dicatet Om, ribet... ha ha...
Ntar malah kayak sopir operasional mobil kantor...
[emoji125] [emoji100] [emoji100] [emoji100] [emoji100] [emoji100]
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 476
- Joined: Tue Oct 30, 2012 8:48
Re: Interval penggantian oli mobil, berdasar odometer/jangka waktunya?
Wah ane parah dong per 10k km ganti fastron techno
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 978
- Joined: Thu Apr 23, 2015 21:57
Re: Interval penggantian oli mobil, berdasar odometer/jangka waktunya?
Ada om elpased timenya cuma kan tiap mati kereset wkwkwkwkwpaidjho wrote:Yang di mid nya ada Om, kalau gak ada ya udah terima nasib aja.dieselman228 wrote:Wigh gimana caranya nih? Baru tau [emoji106]paidjho wrote: Di MID ada elapsed time...
Jakarta macet nya kejammm....
Gak usah dicatet Om, ribet... ha ha...
Ntar malah kayak sopir operasional mobil kantor...
[emoji125] [emoji100] [emoji100] [emoji100] [emoji100] [emoji100]
Betul males ngitungnya
2015 - 2KD
2024 - K15B

2024 - K15B

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1210
- Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
- Location: Jakarta
Re: Interval penggantian oli mobil, berdasar odometer/jangka waktunya?
ANKI lanjut terus Om, kereset pas lepas aki ama direset sendiri...dieselman228 wrote: Sat Sep 23, 2017 10:37Ada om elpased timenya cuma kan tiap mati kereset wkwkwkwkwpaidjho wrote:Yang di mid nya ada Om, kalau gak ada ya udah terima nasib aja.dieselman228 wrote: Wigh gimana caranya nih? Baru tau [emoji106]
Gak usah dicatet Om, ribet... ha ha...
Ntar malah kayak sopir operasional mobil kantor...
[emoji125] [emoji100] [emoji100] [emoji100] [emoji100] [emoji100]
Betul males ngitungnya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 669
- Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
- Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT
Re: Interval penggantian oli mobil, berdasar odometer/jangka waktunya?
selain dari olinya sendiri, juga sangat tergantung mesin mobilnya, transimisinya, karakter penggunaan, dan kondisi jalan.
mesin dengan silinder lebih banyak memakai lebih banyak oli untuk melumasi bagian mesin yg menggesek, sehingga umur oli lebih cepat berkurang.
transmisi manual cenderung dipakai di rpm yang lebih tinggi daripada matic, apalagi cvt. jadi umur oli di transmisi manual umumnya lebih cepat berkurang karena jumlah putaran mesin yg lebih tinggi. yg paling baik di kategori ini adalah cvt, karena pada penggunaan normal cvt selalu mengusahakan rpm mesin serendah mungkin.
karakter penggunaan juga, makin tinggi rpm mesin dan makin lama mesin berada di rpm tinggi, umur oli makin cepat berkurang. kalo makenya nyantai, banyak cruising dan di rpm rendah, umur oli juga lebih awet.
kondisi jalan juga sangat berpengaruh. di kondisi macet, odo ga jalan tapi mesin kan muter terus. kalo ada counter putaran mesin, oli 5rb km dipake harian di jalanan macet pasti jumlah counternya tinggi banget dibanding yg pakenya di jalanan lancar.
jadi angka "tiap x km atau x bulan" itu cuma acuan "pada umumnya" saja, paling aman ya sering2 cek kondisi fisik oli pada dipstick, juga kinerja mesin dari performa, getaran dan suara.
miras cvt ane, pake fastron gold 5w-30 ganti di 10rb km olinya masih coklat tua tapi ga segelap honda emprit nyokap ane yg dikasih oli sama tapi baru jalan 8rb km. di emprit nyokap, udah coklat gelap, karena memang penggunaan sopir yg ga bener, suka manasin mobil lama2.
mesin dengan silinder lebih banyak memakai lebih banyak oli untuk melumasi bagian mesin yg menggesek, sehingga umur oli lebih cepat berkurang.
transmisi manual cenderung dipakai di rpm yang lebih tinggi daripada matic, apalagi cvt. jadi umur oli di transmisi manual umumnya lebih cepat berkurang karena jumlah putaran mesin yg lebih tinggi. yg paling baik di kategori ini adalah cvt, karena pada penggunaan normal cvt selalu mengusahakan rpm mesin serendah mungkin.
karakter penggunaan juga, makin tinggi rpm mesin dan makin lama mesin berada di rpm tinggi, umur oli makin cepat berkurang. kalo makenya nyantai, banyak cruising dan di rpm rendah, umur oli juga lebih awet.
kondisi jalan juga sangat berpengaruh. di kondisi macet, odo ga jalan tapi mesin kan muter terus. kalo ada counter putaran mesin, oli 5rb km dipake harian di jalanan macet pasti jumlah counternya tinggi banget dibanding yg pakenya di jalanan lancar.
jadi angka "tiap x km atau x bulan" itu cuma acuan "pada umumnya" saja, paling aman ya sering2 cek kondisi fisik oli pada dipstick, juga kinerja mesin dari performa, getaran dan suara.
miras cvt ane, pake fastron gold 5w-30 ganti di 10rb km olinya masih coklat tua tapi ga segelap honda emprit nyokap ane yg dikasih oli sama tapi baru jalan 8rb km. di emprit nyokap, udah coklat gelap, karena memang penggunaan sopir yg ga bener, suka manasin mobil lama2.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Interval penggantian oli mobil, berdasar odometer/jangka waktunya?
Ini kondisi oli mesin sama ATF sampe hari ini (kiri oli mesin kanan ATF)
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1370
- Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
- Location: Jakarta
Re: Interval penggantian oli mobil, berdasar odometer/jangka waktunya?
Wah ATF nya uda gk ada warna merah sedikit pun.erwinign wrote: Sat Sep 23, 2017 16:41 Ini kondisi oli mesin sama ATF sampe hari ini (kiri oli mesin kanan ATF)
IMG20170923233941.jpg
Kalau bisa segera di flush om.
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.