Beda 200jt...ya itu yang pertama saya katakan pada kasus saya. Lha begini kasusnya... berhubung bini pingin boil kecil dan sekaligus nemenin XTRAIL T32 2.5 yang kadang ribet diparkiran sempit dan gang senggol...maka diputuskanlah cari boil AT baru yang murah meriah. Waktu itu pilihannya Brio atau Sirion. Datanglah kami ke GIIAS 17...dan setelah muter2, gak seberapa lama..kesangkutlah bini ke Baleno Hatchback yang tadinya tidak masuk nominasi. Setelah saya cek sana-sini, google, youtube dkk, kemudian diputuskanlah utk SPK.
Biasa gan ..Ibu2 klo nawar jagonya. Apalagi klo pas acara GIIAS beginian, salesnya kan buaaanyak banget.. entah dari dealer mana aja. Saya muterin boil2 yg dipameran, bini malah muterin sales2nya. Setelah lebih 5 jam dapetlah sales yang beri diskon 12jt. Jadi dapetnya 195jt untuk BHB AT dari price list 207jt.
Lha trus beda 200jt apanya dong??...itu adalah selisih harga dengan XT32 2.5 pas ambil Januari 2016 dapet NIK 2015 seharga 395jt after discount. Lupa brapa pricelistnya waktu itu.
Lha itu kan beda kelas Gan..Iya sih.. tapi ternyata fiturnya muuiiriip banget dengan gap 200jt.
Coba simak ini.....
1. Grill depan klo agak dipaksain, keduanya agak mirip dengan huruf U atau V. Lampu pake projector, meskipun XT32 pake dual LED. BHB projector dual beam HID dengan format HID terbaru D8S. Ada pula penyetelan untuk ketingginan cut off. Ini jauh lebih baik dibanding plentong Halogen.
2. Pake smartkey atau keyless entry. Dan tentu saja push start-stop button. Pas lihat ini, gw kegirangan. Tetapi setelah dipelajari agak detail, BHB ada mode ACC yang kita bisa menyalakan Audio System. Ini gak ada di XT32. Di XT32 klo ditekan tanpa injak rem langsung ON dan akan mati dalam beberapa menit. Ini bete banget klo pas gw lagi parkir lama nungguin bini gak bisa setel Audio.
3. Indicator and Instrument Cluster..nya 11, 12. Menggunakan MID ditengah dengan full pixel TFT dan full color. Di BHB ada tampilan Torque dan Power yang meskipun menurut saya cuma gimmick tapi lumayan keren. Tentu saja ada menu FC dll.
4. Air Conditioning System sama-sama digital dan ada mode Auto. Meskipun format bentuknya beda. Defogger depan belakang juga ada. Filamen di kaca belakang juga ada.
5. Di setir juga banyak tombol yang bisa dipencet-pencet. Tombol Audio System sudah pasti. Tapi di BHB ada tombol khusus untuk Telephone. Di XT32 harus tekan di screen HU dan punya Cruise Control yang hampir tidak pernah saya digunakan. Sudah TILT dan TELECOSPIC steering untuk pengaturan dan Electric Power Steering.
6. Full Power Windows. Electric Mirror dan Electric Folding. Klo ini kliatannya sudah standard di LCGC yah...
7. Fitur keamanan, Dual AirBag, ABS, EBD, BA, ISOFIX dan 4 parking sensor belakang bawaan.
Nah....apakah fitur-fitur itu juga akan dijadikan standard di mobil-mobil entry level?? Atau bisa jadi standard di LCGC juga?? Kita tunggu saja.....