Driving Pleasure VS Advanced Technology

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
grandscenic
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1490
Joined: Wed Dec 23, 2009 4:16

Driving Pleasure VS Advanced Technology

Post by grandscenic »

Saya ga tau apa judul yg tepat, karena bgmnpun saya bukan penulis, dan mungkin pembahasan nya akan ngelantur kemana2.
Langsung aja, bbrp tahun terakhir saya perhatikan kemajuan teknologi khususnya di dunia otomotif sangat luar biasa.
Mungkin bbrp org dsni.. who was born and raised around 80-90's atau middle 70's mengalami hal yg sama seperti saya.

Dulu yg namanya mobil ga ada yg namanya MID, klo mau ukur konsumsi BBM.. pke metode Full to Full,
nti udah gtu baru cerita ama temen "kmrn bawa mobil ini konsumsi bbm sekian2.. blabla"

Digital Map.. baik yg dr gadget atau map yg ada dilayar dimobil, ini juga adalah hal yg ga akan ditemukan dimobil2 dulu.
Klo dulu pengen menuju suatu tempat..dan ga tau jalanan daerah yg dituju, qta akan selalu tanya2.. tanya tukang ojek, warung, tukang becak, atau warga sekitar..dan conversation biasanya akan selalu diakhiri dg "thank you" dan 'you're welcome".
Dg adanya digital map.. org tinggal ketik tujuannya dan voice command akan memandu kita "in 100 meters turn right", walhasil.. now we became social less.
Tp untuk digital map ini punya sisi positifnya juga, minggu lalu saya pake grab car di bali,
bgtu saya tanya supirnya :
"bapak tau kan tempat yg saya tuju?",
dia jawab :
"saya ga tau pak.. saya baru sebulan di bali, qta LIAT MAP AJA YA pak"
ngobrol2 ternyata dia org asli tangerang, sblm ke bali.. dia bawa taksi argo si burung biru 2 thn di tangerang, yah.. sekalipun dia buta jalanan di bali, digital map bisa bantu dia cari nafkah utk anak istrinya :)

Parking camera beserta sensor bunyinya, mobil dulu klo parkir cuma andelin spion dan feeling aja, klo hati2 ya mulus parkirnya, kalo lg apes ya lecet2 dikit, saya pernah ngalamin lg parkir ampe satu ban belakang masuk selokan yg cukup dalam.. akhirnya itu selokan saya jejelin batu yg banyak jadi rodanya ada pijakan.
Mobil skrg.. ambil contoh Brio aja atau mobil sejenis, bgtu transmisi masuk R.. lgsg nongol dilayar tampilan dari kamera belakang, tambah lg bunyi "tit.. tit.. tit" klo sensor mendeteksi ada objek yg udah deket mobil, buat saya pribadi ini so annoying. Apalgi mobil2 yg sarat adavanced teknologi.. sensor disekeliling mobil, ada motor dket muncul tuh bunyi2an.

Brp bnyk dr anda yg ngalamin mobil dg Radio Tape, perangkat audio dimobil dengan slot utk (pita) kaset, saya inget msh nge hits tuh org pke kaset utk dngrin lagu, dan klo pngen pke CD player, walhasil pasang tambahan yg namanya CD changer..ada yg isi 6 atau 10 CD, variasi lah. Mobil skrg ga ada lg slot kaset, semuanya sudah digantikan dg slot CD (bahkan ada yg slot utk 6 CD sekaligus di Head Unitnya), slot USB, dan bluetooth connection.
Kemajuan teknologi lainnya, tekanan angin ban aja bisa diliat di layar, ada lg fitur Head-up display, tombol audio dll skrg udah ada di stir mobil anda.

Dulu namanya papan speedometer, umumnya papan dg warna dasar hitam dg jarum analog, bahkan sebagian tanpa jarum RPM. Saya inget anak2 gaul dulu.. suka ganti papan speedo nya dg warna putih, pokoknya sempet ngetrend, ga lama angkot2 juga pada ikutan papan speedo nya diganti putih.. dan habis lah sudah trend tersebut, he he.
Mobil advanced skrg, Papan speedo aja udah sebagian digital, bahkan ada yg full LED, ga ada lg tuh pke jarum analog.

Headlamp.. klo dulu hanya batok lampu dg bohlam didalamnya yg sederhana, klo mati.. tinggal ganti bohlamnya, klo batok lampunya pecah.. dipasar loak jg sangat mudah cari gantinya, mobil skrg semuanya berlomba2 dg teknlogi LED nya, dan teknologi LED yg advanced (ini maksudnya Headlight LEDnya A8, S class, 7 series)
-- Highly recommended, liat di youtube "Light Techonology 2018 Audi A8 vs Mercedes S-class vs BMW 7-series"--, luar biasa itu teknologinya, cuma kebayang aja klo hancur.. gantinya ga cukup duit sedikit. Mobil dulu jg gada yg namanya DRL (day time running light), msh inget jaman A4 msh dg LED dot nya jd pioneer utk DRL, skrg angkot aja bisa pasang sndri.. ha ha.

Klo qta simak mobil2 premium skrg terlebih line up flagshipnya,, sebut saja 7 series atau A8, bgtu anda duduk dibalik kemudi.. yg akan qta temukan bnyk sekali tombol2 digital dsna sini, mungkin ga lama lg di langit2 interior jg bnyk tombol layaknya kokpit pesawat. Trus bgmna qta bisa enjoy bawa itu mobil.. buat saya pribadi mobil yg didashboardnya udah terlalu bnyk gimmick atau tombol2.. rasanya udah ga 'fun to drive' lg sekalipun sedap dipandang.
Dan trend advanced technology seperti ini akan terus ada yg 'ngikutin', liat fitur yg ada di S-Class 10 thn yg lalu.. skrg udah menjamur di Japanese/Korean car skrg ini. Mungkin 5 thn lg anda bisa temukan Honda City dg LED Illumination diinteriornya yg bisa berubah2 warnanya, hihihi...
atau Vios anda bisa keluar masuk garasi hanya dg menekan tombol diremote nya kyk fitur seri7 skrg, tambah ksni mobil udah kyk R/C aja ya... he he.

Tapi kemajuan teknologi diotomotif jg ada yg memang patut diacungi jempol, dulu mobil cc besar-tenaga kecil-bensin boros, skrg cc kecil-irit dan bertenaga, yg saya suka dr mobil skrg ini.. suara mesinnya kebanyakan sudah halus terdengarnya, bahkan utk mobil diesel pun, plus lainnya.. desain both interior&exterior yg tambah cakep2.
Mungkin msh banyak hal lainnya yg terlewatkan oleh saya, so.. tambahan-koreksi-komen are very welcome.
Thanks for reading.
Etme Bulma Dünyası
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: Driving Pleasure VS Advanced Technology

Post by NYoman »

Kalau mau buka2an.. Driving pleasure itu kepuasan semu..

Teknologi dan gadget dll di kendaraan itu penting bukan sekedar pajangan apalagi kendaran tersebut digunakan dalam waktu yang cukup lama. Kalau yang saya dapat driving pleasure itu akan anda dapatkan kalau menikmati kendaraan itu sebagai mestinya, tau dimana kelemahan dan kelebihan nya tanpa membandingkan kelemahan kendaraan tsb dibanding kendaraan lain... Stay with that, dalami dan rasakan.. Terutama kalau udah punya =)
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2899
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Driving Pleasure VS Advanced Technology

Post by martinnn »

terlalu banyak tombol malah jadi bingung...pake...nggak...pake...nggak...enaknya mobil jadi punya banyak karakter dan mode...dari loyo sampe sport
:big_biglaugh:
mybear
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 39
Joined: Sat Jul 23, 2016 14:19

Re: Driving Pleasure VS Advanced Technology

Post by mybear »

Kalau speedometer tanpa jarum, seingat saya dulu tahun 80-90an ada mazda yang udah pakai (kalau ga salah mazda 323).

Kadang dengan adanya teknologi membuat kita semakin dimudahkan, akan tetapi kadang menurut saya membuat umur mobil tidak bisa seawet mobil2 jaman dulu karena banyaknya sensor2
User avatar
geofreyap
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1611
Joined: Thu Oct 01, 2015 1:05

Re: Driving Pleasure VS Advanced Technology

Post by geofreyap »

Sebenarnya 2 hal itu saling melengkapi sih.
Tapi oe pribadi masih cukup mempertimbangkan sisi driving experience. Mobil harus enak & nyaman sesuai preferensi oe.
Tech gimmick juga butuh. Tapi kalo terlalu banyak meng interupsi saat nyetir pun ogah.
Jadi ya harus balance, menyesuaikan kebutuhan tiap kepala.
Karena itulah di market tersedia beberapa trim level untuk mobil yg sama. Biar konsumen bisa memilih sesuai preferensi mereka masing2.
:D
SUBARU INDONESIA
Instagram : subaru.sales.id
ransyah1234
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 561
Joined: Sun Nov 23, 2014 5:25

Re: Driving Pleasure VS Advanced Technology

Post by ransyah1234 »

Perkembangan teknologi yg menyangkut keselamatan sih saya hepi sekali (abs, ebd, ba, vsa, tc, kamera mundur, airbag yg banyak, etc)

Tapi banyak juga yg saya ga peduli (led light, sunroof, ac digital, drl, auto back door, etc)

Saya sih harapannya ke depan pabrikan mobil jualnya di setiap trim safety-related features sama lengkap dan engine output tetap sama...perkara gimmick aneh2 taruh trim yg mahal2

Jadi saya cukup akan pilih trim termurah...hihihi
pernahmiskin
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 677
Joined: Tue Apr 19, 2016 5:48
Location: jogja, blitar, jakarta

Re: Driving Pleasure VS Advanced Technology

Post by pernahmiskin »

Edited

Maaf koneksi lemot.......
Last edited by pernahmiskin on Sun Sep 17, 2017 20:22, edited 1 time in total.
Jangan menghina kalau masih bisa di hina
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang
:big_exellent:
pernahmiskin
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 677
Joined: Tue Apr 19, 2016 5:48
Location: jogja, blitar, jakarta

Re: Driving Pleasure VS Advanced Technology

Post by pernahmiskin »

Teknologi kadang membingungkan buat yg sdh berumur dan atau orang yg ga mengikuti teknologi...

Om istri sy (kakaknya mertua sy) pas main ke rumah sy pinjam mobil, di kasihlah keyless vrz ke om istri, sama istri sy dan om istri sy masih minta anak kuncinya...
Dia bilang kuncinya mana koq adanya cuma remot aja...

sebenernya pingin banget tertawa terbahak tp sungkan dan takut karma
:big_biglaugh:
Jangan menghina kalau masih bisa di hina
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang
:big_exellent:
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1564
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Driving Pleasure VS Advanced Technology

Post by lemonadelovers »

Pengalaman saya pakai odc rb1 absolute, nyobain mobil yg pakai cruise control enak sih nyaman, tp kok jdnya hambar..
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
User avatar
Harchi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 760
Joined: Sat Dec 08, 2012 10:14

Re: Driving Pleasure VS Advanced Technology

Post by Harchi »

mybear wrote: Sun Sep 17, 2017 16:09 Kalau speedometer tanpa jarum, seingat saya dulu tahun 80-90an ada mazda yang udah pakai (kalau ga salah mazda 323).

Kadang dengan adanya teknologi membuat kita semakin dimudahkan, akan tetapi kadang menurut saya membuat umur mobil tidak bisa seawet mobil2 jaman dulu karena banyaknya sensor2
Yup dulu yg pake begituan mazda interplay, capella, toyota corona twincam 2.0, cressida
If you can't stop thinking about it...buy it!!!
User avatar
rechtmasta
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 389
Joined: Mon Jan 11, 2010 10:50

Re: Driving Pleasure VS Advanced Technology

Post by rechtmasta »

Kalo sata berhubung saya termasuk rech freak walopun umur udah lumutan...ahahahha. Justru ketika saya mobil baru yang saya liat duluan itu tech gimmicknya. Pedoman saya itu kalo beli mobil baru harus punya gimmick lebih dr yang lama, dari segi mesin, eksterior ato.interior.

Fun to drive bagi saya itu kalo saya bisa nikmatin ngendarain mobil saya...dari feel ketika belom, akselerasi dan rem. Pokonya mobil seolah2 hidup dan nyatu...kedengeran kyk film2 tapi itu sih yang saya rasain. Contoh buat Freed yang udah saya pegang kurleb 6 taun...masih kerasa bland aja...hambar...ga ada feel sama sekali. Tapi giliran make si kutu brio yg baru megang kurleb 8 bulanan...feel nya dapet banget.

Kesimpulan sotoynya...feel itu balik lagi ke feel masing2 driver sih.
Yonatanw
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 271
Joined: Sun Feb 21, 2016 10:43
Location: Surabaya

Re: Driving Pleasure VS Advanced Technology

Post by Yonatanw »

Saya jaman dulu bawa kijang LGX tanpa sensor parkir dan kamera mundur.. selalu aman kalau parkir, tdk pernah nabrak.

Entah sekarang bawa mobil ga ada sensor parkirnya bingung.. Bulan lalu lio saya nabrak pohon waktu mundur.. Langsung cepat2 cari tukang pasang sensor parkir..

Sudah terlalu dimanjakan kah?
DD4 CVT | GE8 5AT | K3-VE
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5488
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Driving Pleasure VS Advanced Technology

Post by nugroho bagor »

Saya masih demen kalau mobil,ada hand brake,gak electric brake.wah Om TS seumuran nich kayaknya
mommywifey
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: Thu Sep 07, 2017 13:12

Re: Driving Pleasure VS Advanced Technology

Post by mommywifey »

Kebetulan saya generasi 90an yang usia 30 aja belum. Seneng sih liat mobil2 tua dgn kesederhanaannya (kalo saya boleh bilang begitu). Saya waktu pertama kali punya mobil itu corola 73 masih warna hijau botol lengkap dgn spion tanduknya walaupun berat setirnya tapi ada perasaan seneng ngendarain mobil itu. Kesan jadulnya dapetlah walaupun butuh tenaga sih ngendarainnya. kalo pake mobil2 skrg juga enak sih semua serba otomatis ringan dan memudahkan. Apalagi untuk ibu2 yang tinggal di perkotaan yg jalanannya cenderung macet, saya akui teknologi mobil skrg cukup bermanfaat.
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Driving Pleasure VS Advanced Technology

Post by adityabp »

mommywifey wrote: Mon Sep 18, 2017 0:27 Kebetulan saya generasi 90an yang usia 30 aja belum. Seneng sih liat mobil2 tua dgn kesederhanaannya (kalo saya boleh bilang begitu). Saya waktu pertama kali punya mobil itu corola 73 masih warna hijau botol lengkap dgn spion tanduknya walaupun berat setirnya tapi ada perasaan seneng ngendarain mobil itu. Kesan jadulnya dapetlah walaupun butuh tenaga sih ngendarainnya. kalo pake mobil2 skrg juga enak sih semua serba otomatis ringan dan memudahkan. Apalagi untuk ibu2 yang tinggal di perkotaan yg jalanannya cenderung macet, saya akui teknologi mobil skrg cukup bermanfaat.
Jaman dulu, kalo mobil blm ber-power steering dibilang steering by power. :mky_03:
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Driving Pleasure VS Advanced Technology

Post by adityabp »

Yonatanw wrote: Sun Sep 17, 2017 23:25 Saya jaman dulu bawa kijang LGX tanpa sensor parkir dan kamera mundur.. selalu aman kalau parkir, tdk pernah nabrak.

Entah sekarang bawa mobil ga ada sensor parkirnya bingung.. Bulan lalu lio saya nabrak pohon waktu mundur.. Langsung cepat2 cari tukang pasang sensor parkir..

Sudah terlalu dimanjakan kah?
Faktor umur om. :mky_03:
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Driving Pleasure VS Advanced Technology

Post by adityabp »

Harchi wrote: Sun Sep 17, 2017 23:04
mybear wrote: Sun Sep 17, 2017 16:09 Kalau speedometer tanpa jarum, seingat saya dulu tahun 80-90an ada mazda yang udah pakai (kalau ga salah mazda 323).

Kadang dengan adanya teknologi membuat kita semakin dimudahkan, akan tetapi kadang menurut saya membuat umur mobil tidak bisa seawet mobil2 jaman dulu karena banyaknya sensor2
Yup dulu yg pake begituan mazda interplay, capella, toyota corona twincam 2.0, cressida
Apalagi mazda yg headlampnya bisa dilipet masuk ke moncong. Beeuhhh.... bener2x melampaui jamannya. :mky_08:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15597
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Driving Pleasure VS Advanced Technology

Post by ChZ »

Jujur, ini topik yang menarik.

Liat mobil sekarang tu seru... Rasanya bnyk banget mainannya... ntah itu mobil atw laptop berjalan... layar dimana-mana, bisa ngerem sendiri...

Ya teknologi mustinya bantu orang makin mudah... Tp terkadang jadi makin complicated. Nyalain mesin ritualnya buanyaaaaak sekali... Jangankan nyalain mesin, buka pintu mobil aja rasanya kok 'cek ribet'e kalo istilah wong jowo... Dan orang lupa yang esensial dari mobil apa. Bikin orang jualan mobil juga gak fokus ke apa yang esensial... Perkara fitur sepele yang gak terlalu terpakai aja bisa ributnya 7 hari 7 malem.

Sebetulnya yang esensial dari mobil itu kan mesin kencang tapi irit bahan bakar... kenyamanannya baik... keamanannya mumpuni... gak melayang kalo dibawa di tol jalan 80 - 100 km/h. Fitur automated itu kan cuma hiasan sebenernya. Gak ada ya udah, gak terlalu pake, masih punya tangan masih punya kaki kok. Tapi kok ya adaaaaa aja orang batal beli mobil cm karena saingannya punya fitur automated... pdhl fitur automated anything itu kan cuma kepake waktu darurat doang... :big_biglaugh: Jujur saya gak terlalu suka dengan mobil Eropa sekarang... karena mahalnya di fitur - fitur tersebut. Teknologi mesin sekarang sudah mirip dengan Jepang... Jepang juga pake turbo, transmisi 8-9 speed ? Pajero aja udah pake... Agak aneh... makanya berasa overprice liat mobil Eropa sekarang. Mahal di kulit kulitan interior ma fitur... ya memang kulit kulitan interior penting sih buat yg dah mampu beli mobil 1M lewat...

Saya bingung, mobil sekarang istilahnya udah semi automated... adaptive cruise control... self parking... dll... ide automated car itu sekilas terdengar brilian... Tapi kalo automated car karena males nyetir... apa bedanya dengan naik bus / kereta / uber grab gojek... sama - sama enggak nyetir... Trus punya mobil cm buat bayar pajaknya aja dong... ya bagus sih memperkaya pemasukan negara.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
don1234
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Tue Feb 09, 2016 2:03

Re: Driving Pleasure VS Advanced Technology

Post by don1234 »

teknologi bikin insting kewaspadaan kita sewaktu driving jadi berkurang, dulu gak ada sensor parkir aman2 aja waktu mundur, sekarang rasanya aneh(bego) kalo gak ada bunyi tit tit tit... semakin teknologi memanjakan kita, semakin berkurang kemampuan kita...
Lolol
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 73
Joined: Sun Aug 27, 2017 9:46

Re: Driving Pleasure VS Advanced Technology

Post by Lolol »

ransyah1234 wrote: Sun Sep 17, 2017 17:46 Perkembangan teknologi yg menyangkut keselamatan sih saya hepi sekali (abs, ebd, ba, vsa, tc, kamera mundur, airbag yg banyak, etc)

Tapi banyak juga yg saya ga peduli (led light, sunroof, ac digital, drl, auto back door, etc)

Saya sih harapannya ke depan pabrikan mobil jualnya di setiap trim safety-related features sama lengkap dan engine output tetap sama...perkara gimmick aneh2 taruh trim yg mahal2

Jadi saya cukup akan pilih trim termurah...hihihi
Kl kaya ac digital dan auto back door mungkin iya, tapi kl led headlight sama drl penting juga buat keselamatan, kl di Eropa sana drl itu wajib mirip sama aturan motor nyalain lampu di indonesia. Kl sunroof sebenernya ga di butuhin di negara tropsi kaya indonesia dan biasa nya ada karena mobil itu cbu yg gamau ribet2 nge ganti dengan atap biasa kecuali kl mobil jerman, karena sen aja ga di rubah tempat nya, padahal di us dan Eropa mobil2 kaya toyota sen nya ada di kiri
dsign1990
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1602
Joined: Thu May 28, 2015 0:12

Re: Driving Pleasure VS Advanced Technology

Post by dsign1990 »

dan secara simple sepertinya klimaksnya sdh ketemu di autonomous car
User avatar
michaelgiri93
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1056
Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
Daily Vehicle: Galant + Mx King

Re: Driving Pleasure VS Advanced Technology

Post by michaelgiri93 »

Hmmmm
Technology emg bagus, terutama di safety, seperti airbag, abs, ebd, tc, ba, stability control. Tp kalau saya gimmick seperti sunroof, panoramic roof, drl, power back door (ntah knp saya gak suka banget sama ini, enak banting bagasi), cruise control, dkk saya gak terlalu demen.
Kalau saya mending drpd tambah duit buat gimmick di atas mending buat upgrade safety, selain abs dkk, juga stabilizer dkk.
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Driving Pleasure VS Advanced Technology

Post by adityabp »

IMHO, blind-spot warning kayaknya mesti jadi gimmick (setengah) wajib, kayak sensor parkir.
Karena saya masih banyak lihat di jalanan mobil yg spionnya, terutama yg kiri, disetel cuma buat liat bodi mobilnya doank.
cengki308
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 72
Joined: Fri Jun 26, 2015 6:01
Location: Bogor

Re: Driving Pleasure VS Advanced Technology

Post by cengki308 »

Jadi inget jaman sma taun 90an, teman yg bawa mobil matic selalu di ledek mobil cewe(real men use 3 pedals wkwk) saya pun ikutan alergi matic, sampai taun 2011 beliin istri yaris matic, eh keterusan sampe skrng mobilnya matic semua wkwk
Dulu ga perduli sama abs airbag dll, seatbelt aja ga dipake, sekarang perduli bgt dengan keselamatan, mungkin faktor u wkwk
mike22
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1431
Joined: Mon Nov 15, 2010 10:28
Daily Vehicle: K24 RM3

Re: Driving Pleasure VS Advanced Technology

Post by mike22 »

Mungkin karena jaman sekarang henpon aja tiap tahun keluar model baru pasti ada fitur baru, makanya mobil jg skarang gitu pasti ada aja fitur2 tech baru tiap keluar model baru.. menyesuaikan saja sih mana yg paling sesuai... kl saya sih enggak gitu gila teknologi sih kl soal mobil, lebih mentingin design, driving pleasure and comfortnya... ga gitu minat ama rem otomatis lah, mobil parkir sendiri lah, dsb.