mohon didoakan ye biar saya cepet lulus dan bisa fokus kerja dan bisa bangun mubil lagi WAKAKAKAKAKAKAK
kemaren sempet nanya nanya buat pengganti T30, setelah mencari cari bekasan yang cocok, dan ga ketemu yang cocok, dan saya benerin si teti, dan saya uda mencoba berpikir realistis capek juga ya pake mubil sebesar ini buat mobile dan binsin Pertalite / Pertamax 1:6-7 dalkot Jakarta, dan saya memutuskan untuk mencari yang pasti pasti saja. city car atau small HB will be a best choice, tapi saya nyari yg intake nya diatas. karena murni bakal dihajar hajar mendaki gunung lewati lembah, nyebur sungai kalo perlu

melihat Baleno yang sangat masuk akal harganya, saya melarikan diri ke Showroom Suzuki, menggunakan konaksi dewa karena operasional kantor kemaren sempet pake KWR AGS beberapa unit, saya kebagian TD Baleno dehh hehehehe.
btw maaf kalo foto2nya saya ambil dari Google, kemaren saya lagi buru2 dan TD nya juga jam 4 sore dan showroom uda mao tutup


==========================================================================================================
Exterior

saya ga terlalu mementingkan eksterior mubil, yang penting mubil nyaman dan enak dipake. selesai.

bahas dikit deh yaa..
liat bagian depan, cukup okay, memang indihe sekali sih, tapi lampu projie LED plus DRL model pipa kayak Ignis lumayan mendongkrak penampilan.

dari samping? hmmm... mirip2 potongan Ignis digedein 40 senti dan HR-V dipotong 30 senti. cuma peleknya aja kekecilan dan ban Apollo 195/55-16 nya kurang tebal, kalo diganti sama Ecopia 195/60-16 kayak Serena C26 atau BR-V akan jauh lebih gagah, meskipun keliatan kayak donat WWKWKWKWKWK, btw di Indihe dan Aussie sana, ban nya pake 185/55-16 kayak Yasir dan ANJ GK RS. dan kurang ajarnya, ban Apollo ini ga boleh dituker sama merek sebelah, harus ente ganti sendiri, karena mubil ini CBU bener2 dari Indihe.

buritannya juga segaris sama Ignis, lagi lagi bukan selera semua orang. kalo ada yang bilang potongannya Yurop banget, saya bilang potongannya Indihe banget WKWKWKWKWKWKWK.

garis atap yang cukup melandai di belakang bikin mubil ini keliatan futuristis, jarak sumbu roda yang panjang sebenernya bikin mubil ini gagah kalo aja ban nya lebih tebal sedikit atau pake pelek 17" kayak HR-V seri E atau S. dan lebar mubil yang proporsional bikin mobil ini keliatan lebih lebar dan besar dari spesifikasinya.
7 dari 10 lah dari saya.
===========================================================================================================
In Cabin Ambeient
First Impression saya?
Ertiga banget, cuma kayak Ertiga tanpa bagasi

posisi duduk mirip bener ama Ertiga, tinggi dan mantap, ga kayak Ignis yang mendelep dan ga kayak Swift yang IMHO sempit
okelah panel2nya sederhana dan keliatan cheapo banget krn banyak hard plastic, liat Ertiga keliatan lebih mewah, dan dull bener dibandingin sama Ignis yang membahagiakan alias futuristis. tapi panel2nya simple dan mudah dipelajari.
duduk di jok depan, jok nya tebal dan nyaman, konsol tengah yang sederhana bikin saya ga merasa sempit, pas duduk di Swift saya merasa kesempitan, duduk di Ignis kayak gajah naik gerobak wkwkwkwkwkwk.

legroom jok belakang lega, sangat lega, dan ruang pinggang juga lega. cuma headroom nya aja agak kritis, maklum buritannya agak bongkok, Ignis berasa lebih lega, tapi masi much better than Swift, mirip2 duduk di row 3 nya Ertiga. jok nya juga masi okelah, ga separah KWR dan Ignis yang kayak duduk di papan, even ga setebel row 2 nya Ertiga maupun row 2 nya Swift. saat dikendarai secara cepat, saya yang duduk di row 2 ga terlalu berasa kebanting banting, saat zigzag juga buntutnya ga berasa bouncing banget. okelah ini kenyamanannya. bukan yang terburuk, lebih baik dari kompetitor lah.
di 2nd row cuma ada 3 cup holder dan 1 power outlet 12 volt. yaa karena mubil ini bakal lebi sering dipake sendiri atau berdua, ga masalah buat saya.

bagasi? much much better than Ignis dan Swift, segede KWR cargo space nya, tapi ya itu loading dock nya tinggi kayak Yasir lele. bakal agak repot kalo saya mao masukin kaleng cat, dus keramik atau sepeda MTB fullsize.

AC dingin, sangat dingin buat ukuran mubil begini speed 2, suhu 20 derajat, sampe row 2 masi berasa


kembali 7 dari 10 dari saya
=============================================================================================================
di belakang setir?
heeeeeemmmm wkwkwkwkwk.
Ertiga banget nyekekekekekekekek.
cuma ada start stop enjin aja.
injek pedal rem, kaki saya yang ukuran 46 ga berasa kekurangan space. pencet tombol starter dan vroom, mesin K14B Ertiga menyala secara halus.
steering?
radius puternya agak lebar compare to Yasir lele, tapi dibawah Ertiga yang separo lapangan bola wkwkwkwk
setir enteng, sangat amat enteng, lebih enteng dari Ertiga, ga seaneh Ignis yang feedbacknya kacau balau.
MID cukup membantu dan cukup keren. quantum leap dari MID Ertiga yang membosankan. dan a little bit better than Ignis.

tenaga?
Ertiga banget WKWKWKWKWKWK.
maklum mesin dan tranny bawaan Ertiga
Shifter juga bawaan Ertiga, dengan O/D off yang sama persis, dan reflek mesin yang sama persis wkwkwkwk.
tapi ya berasa kencengan dikit.
dari 1.2 ton ke 1 ton berasa juga beda akselnya, Ertiga ibarat Baleno diisi 3 ekor Chris atau Bill Putra. atau anggap saja Chris dan Bill sedang bercengkrama di bangku belakang dan saya ditemani seekor sales nonik 178cm / 65kg di jok depan kiri Baleno yang menyenderkan kepalanya di pundak saya dan jadilah Baleno seberat Ertiga.


merayap di kemacetan lalu lintas, Baleno terasa sangat halus, torsi menyalak lembut saat pedal rem dilepas, tapi respon enjinnya ga separah Ignis. mirip2 Ertiga lah.

tangan besar saya bisa menggenggam setir yang sudah stitched dengan bahan semi kulit dengan nyaman, semua tombol di setir dan dashboard plus kontrol AC dan audio tambahan senilai 6.85 juta bisa saya operasikan secara sangat mudah, ga perlu pembiasaan yang gimana amat, dan AC nya dingin. super membahagiakan.
spion retract, ada. handle rem tangan khas Ignis dan KWR uda sangat mudah dijangkau. Shifter khas Ertiga juga mudah dijangkau dan dioperasikan. well done Suzuki. salam satu platform.
masih 7 dari 10 dari saya.
===============================================================================================================
Accel and Speed
masuk ke tol, overdrive off, kickdown. yak, gak spin. slow. slow. slow.
gigi 1 masuk 55 kpj
gigi 2 masuk 100 kpj
0 ke 100 sekitar 12-13 detik, figur yang ga jauh beda dari Ignis AGS, lebih cepat 1-2s dari Veloz saya dulu, dan lebi cepat 2-3s dari Brio. even lebih lambat 2-3s dari T30 saya.
dan masuk gigi 3
langsung drop RPM nya
disini berasa bener Baleno kurang tenaga.
nyalakan overdrive, cruising 100 kpj di 2500 rpm, rasio gigi yang sangat mirip sama T30 tua saya, lebih kasar dari 5-speed-matic nya Honda yang bisa mencatat 2200 rpm di 100 kpj. naikin ke 120 kpj dengan mulai terengah engah, 120 kpj tercatat di 3000 rpm. cruising speed yang optimal. lalu saya coba menguras potensi mesin K14B di Baleno, yaaaaaakkk, 120 ke 140 kpj pake gigi 3 dan cukup lambat naiknya, Veloz matic saya yang dulu berasa lebih cepat. maybe karena uda mildly tuned.
handling di 140 kpj terasa meyakinkan, JAUH lebih antep dari Brio lawas saya yang pake ban Champiro Eco, sedikit lebih baik dari Ignis, mirip2 bawa Yasir bapao, zigzag juga bisa dilakukan tanpa body roll yang kacau, better than my T30 yang pake Michelin XM2, better than Brio dengan ban paling murah yang ada di pasaran, MUCH MUCH MUCH better than Innova 2GD bapak saya yang uda pake Michelin Primacy, dan...
saat harus ngerem mendadak.
yak, rem sukses melambatkan laju mobil, rem nya pakem, mirip Swift, better dari Ertiga, tapi ban Apollo nya seakan ga mampu menahan pressure ke depan dan mulai kehilangan grip di belakang, langsung ABS bekerja dan setir berasa enteng sekali, maybe karena pompa EPS nya mendeteksi mubil dibelokkan, dan agak serem yak. okelah ini bukan seekor Polo yang sangat amat mantap, bukan seekor ANJ yang handlingnya kelas dewa, bahkan figur braking ini ga lebi nikmat dari Brio yang harganya sekitar 2/3 nya.
dan kembali memeras gigi 3 si Baleno sampai jalanan habis
100 kpj - 120 kpj - 140 kpj - 160 kpj - 165 kpj dan habislah jalanan.
RPM uda di 6000, redline di 6400, gigi 3 nya sepertinya akan abis di 170 kpj
dan drop langsung pas shifting ke 4.
mobil yang lambat.
konsumsi BBM dengan Pertalite, dalam kota Jakarta ON MID 1:12, kombinasi dalkot macet sekitar 5 km, dalkot lancar sekitar 5 km, dengan tol lancar plus gegeberan sejauh 15 km. anggep aja ada simpangan 20-25% dari MID, yaa konsumsi BBM rata-rata 1:9-10 dalkot. isi BBM 30rb pertalite dan meteran binsin ga turun turun setelah 25 km. membahagiakan.
maaf Suzuki, saya kasih 5 dari 10. kamu lambat.
===========================================================================================================
Pricing?
OTR 207.500.000 Jakarta
Diskon 5jt
bonus2 ada lah, nilai sekitar 1jt.
ga usah berlama lama, saya kasih 9 dari 10 buat hal ini, mengingat harga vs fitur yang ditawarkan sangat menggiurkan.
fitur yang setara dengan mubil2 yang harganya sekitar 30% lebih mahal. kenyamanan yang boleh diadu dan... Ertiga banget. means bisa menekan biaya perawatan. binsin cukup Pertalite. makin membahagiakan. konsumsi BBM masuk akal. bahagia sekali saya.
=============================================================================================================
overall: 7 dari 10.
nice package untuk harga sekitar 20-25% lebih mahal dari City Car dan lebih murah 30% dari kompetitor.
kenyamanan yang OK buat kelas small HB, pasti JAUH lebih nyaman dari kelas City Car.
konsumsi BBM yang membahagiakan dan biaya perawatan yang sekiranya sama dengan Ertiga, makin membahagiakan.
fitur yang ditawarkan juga baik, BQ juga boleh lah dengan harga 200 juta lebih dikit.
value for money khas Suzuki yang mengerikan. wakakakaka
minus terbesar yaa ada di tenaga, mubil ini lambat, handlingnya juga biasa aja, cenderung hambar, plus ban bawaannya bapuk. menyeramkan kalo ente hobi ngebut. dan beberapa detail yang spartan membuat cabin ambient mubil ini turun jauh di mata saya.
yak, saya ga nyesel sih booking mobil ini. cuma penyakit Suzuki CBU warna populer yang indent nya lama, saya kudu nunggu sekitar 1 bulan buat noka nosin dan 1 bulan lagi buat surat2 CBU, bikin saya bersyukur karena T30 saya belom laku WKWKWKWKWK.
btw yang minat T30 saya, boleh PM ke saya, eh juwalan ga boleh ya HAHAHAHAHA.
thanks all, cheers. sukses selalu.
thanks to:
Google buat gambar2nya
Sejahtera Buana Trada Puri Indah / Outer Ring Road
Tuhan Berkati.
regards
vulvychint
@vulvychint