Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Newbie
- Posts: 14
- Joined: Tue Jul 19, 2016 1:30
Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel
Permisi newbie mau nanya nih om turbo. Kalo misal sy mau remap, itu file asli ecu nya kita yg pegang atau tuner? Krn kalo sewaktu2 mobil mau dijual biar bisa di standarin lagi. Kalo pake unichip gitu kan tinggal dilepas sudah balik standar lagi...
Sent from my SM-G610F
Sent from my SM-G610F
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel
Bisa kita simpanobelix85 wrote:Permisi newbie mau nanya nih om turbo. Kalo misal sy mau remap, itu file asli ecu nya kita yg pegang atau tuner? Krn kalo sewaktu2 mobil mau dijual biar bisa di standarin lagi. Kalo pake unichip gitu kan tinggal dilepas sudah balik standar lagi...
Sent from my SM-G610F
minta aja ke tuner-nya, trus simpan di USB / SDC
benar sekali ini, kita harus simpan file asli program ECU mobil kita utk suatu hari mobil mau dijual dibalikkin std
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel
EGT korelasi thd jumlah BBM yg dibakar = Benarongisnade wrote:Kalau misalnya jalan ditol kecepatan sama 150 km/jam antara mobil standard dan mobil modif EGT nya tinggi yang mana ya. Berdasarkan pengalaman saya mobil yang dimodif lebih irit artinya jumlah bbm yg dibakar lebih sedikit dibanding yang standard. Gaya mengemudi sama biasa tidak bejek-bejek.
Standard : 1 liter untuk 14 km (MID)
Modif : 1 liter untuk 18 km (MID)
Ini pengamatan di VNT sebelum dan sesudah modif.
Tapi gak berarti kons BBM lebih sedikit utk 1 rute perjalanan lalu pasti gak akan terjadi EGT peak.......EGT lewat 650 deg C bisa aja terjadi jika bejek dalam terus2 an di tol (maksain speed yg tinggi)
kalau utk overall trip krn power lebih gede lalu cuman toel2 gas aja ya mmg EGT bisa lebih rendah drpd nyetir dgn tekan gas dalam2 sepanjang perjalanan
paling benar ya mmg diukur pake alat ukurnya instead of "kira kira" aja
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3209
- Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
- Location: idn, 18 mdpl
- Daily Vehicle: b48 1gd 4a9
Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel
Pak mo tanya klo 2gd dah remap an oli mesin nya pake nomer brp ya? Saat ini pake 15w40 disel cap toyota
2. Klo oli better pake oli full syn tp 10.000 km se kali ganti apa oli semi syn tp 5000 km ganti?
2. Klo oli better pake oli full syn tp 10.000 km se kali ganti apa oli semi syn tp 5000 km ganti?
engine roaring!
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel
Sharing dikit dr pengalaman experiment tune Diesel di masa lalu
Dalam meningkatkan jumlah Fuel supply dalam proses pembakaran (injection stroke) pada dasarnya ada 2 metoda
1. Mainkan Fuel Pressure (Common Rail Pressure / FRP)
2. Mainkan Injection pulse (durasi bukaan Nozzle)
Jika kawan2 ingin sekedar light tune saja either dgn Piggy / Re-Map, saya vote metoda nomor 1 sebab :
- Pengabutan akan lebih baik
- EGT naiknya gak extreme
- Tarikan awal lebih baik (umumnya)
Pengabutan lebih baik krn pressure FRP naik, jika nyetir toel2 gas maka kons BBM jadi lebih hemat
Hanya saja jika tune main FRP aja (utk mesin Nozzle std), kenaikan hp gak bisa tinggi2
Kalo metoda nomor 2 biasa digunakan bagi yg ingin naik Power lebih lanjut, jika kenaikan FRP udah mentok
Hanya saja resikonya :
- Cumi2 pekat
- EGT naeknya bisa cepet & bisa extreme
Jaman dahulu ane pernah percobaan di Dastek + iDrive, setting FRP dibuat std semua dan mainkan pulse aja dr iDrive
Guess what ?
pas ane narik selepas lampu merah, itu jarum EGT meter naeknya balapan ama speedometer........Njirrrrrrr.........
trus besok2 nya balik ke bengkel utk ubah setiingan, angka FRP di gain lagi dan Inj pulse dikurangin
wakakakkakaa
Dalam meningkatkan jumlah Fuel supply dalam proses pembakaran (injection stroke) pada dasarnya ada 2 metoda
1. Mainkan Fuel Pressure (Common Rail Pressure / FRP)
2. Mainkan Injection pulse (durasi bukaan Nozzle)
Jika kawan2 ingin sekedar light tune saja either dgn Piggy / Re-Map, saya vote metoda nomor 1 sebab :
- Pengabutan akan lebih baik
- EGT naiknya gak extreme
- Tarikan awal lebih baik (umumnya)
Pengabutan lebih baik krn pressure FRP naik, jika nyetir toel2 gas maka kons BBM jadi lebih hemat
Hanya saja jika tune main FRP aja (utk mesin Nozzle std), kenaikan hp gak bisa tinggi2
Kalo metoda nomor 2 biasa digunakan bagi yg ingin naik Power lebih lanjut, jika kenaikan FRP udah mentok
Hanya saja resikonya :
- Cumi2 pekat
- EGT naeknya bisa cepet & bisa extreme
Jaman dahulu ane pernah percobaan di Dastek + iDrive, setting FRP dibuat std semua dan mainkan pulse aja dr iDrive
Guess what ?
pas ane narik selepas lampu merah, itu jarum EGT meter naeknya balapan ama speedometer........Njirrrrrrr.........
trus besok2 nya balik ke bengkel utk ubah setiingan, angka FRP di gain lagi dan Inj pulse dikurangin
wakakakkakaa
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 2794
- Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel
Nah itu krn gak mainkan inj latency dan qty,... Bedanya cukup jauh dalam methode perubahan settingan mesin. More parameter means more control.
Dl dosen ane bilang, computer is your bi*ch, you tell it what to do.
Dl dosen ane bilang, computer is your bi*ch, you tell it what to do.
FWD + FWD + 4WD + 4WD = 

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 288
- Joined: Fri Sep 30, 2016 3:52
Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel
Ad pake monster gauge di 2kd gnki dastekan. Cm g mudeng buat apa & sehrsnya brapa. Taunya cm ECT, IAT. Bacaan yg laen MAF, MAP, CRP, TBP, BARO ga ngerti gmn hrsnya. Kl EGR ud di tutup itu bacaan EGR hrsnya 0 ato ad angkanya ya? Ini kdg2 ada angkanya , tp seringnya 0.Turboman wrote: Sat Aug 26, 2017 13:47 Btw adakah rekan2 di SM yg tertarik mengamati berbagai parameter kerja mesin selama berkendara ?
Memang hal2 spt gak semua orang tertarik thd hal2 spt ini, tetapi dengan adanya alat2 ukur maka kita dapat menyimpulkan akan suatu "experiment" dgn data2 yg jelas (angka2)......bukan sekedar rasanya rasanya
Di Ipah lama saya dulu, my monitoring tools
- OBD2 reader - iTrax
- EGT meter - Shadow
- Boost meter - Auto meter
- Oil Temp gauge - Shadow
Banyak hal2 menarik yg saya temukan dari adanya meter2 tsb, hal2 yg tidak saya duga2 sebelum pasang meter2 tsb
meter saya itu belum seberapa, ada kawan yg di 2KD nya pasang :
- Wideband lambda sensor
- EGT meter @manifold Turbo & downpipe (pake 2)
- Boost meter
Dia bisa tahu fluktuasi AFR saat berkendara
Zaman dulu ada kawan pake Panther LS MT - Turbo kit dr TurboOne (Garret) + FMIC
meter di mobilnya :
- EGT
- Boost
- Intake air Temp meter before & after FMIC (pake 2)
Seru jika kita ngobrol2 & bahas ttg percobaan ini itu, karena adanya data angka2 (bukan rasanya rasanya)
Well .....ini hanya utk hobbyist aja yah.......
barangkali kawan2 ada yg sealiran juga, mengamati dgn detail parameter kerja mesin / transmisi ? ......sekiranya boleh sharing2 juga pengamatan anda sejauh ini dan hal2 menarik apa yg anda temukan
Salam sharing
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 622
- Joined: Thu Apr 18, 2013 11:16
Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel
OK berarti modif justru lebih efisien, EGT lebih rendah dari standard selama digunakan harian gas normal tidak dibejek-bejek.Turboman wrote: Sun Aug 27, 2017 3:49EGT korelasi thd jumlah BBM yg dibakar = Benarongisnade wrote:Kalau misalnya jalan ditol kecepatan sama 150 km/jam antara mobil standard dan mobil modif EGT nya tinggi yang mana ya. Berdasarkan pengalaman saya mobil yang dimodif lebih irit artinya jumlah bbm yg dibakar lebih sedikit dibanding yang standard. Gaya mengemudi sama biasa tidak bejek-bejek.
Standard : 1 liter untuk 14 km (MID)
Modif : 1 liter untuk 18 km (MID)
Ini pengamatan di VNT sebelum dan sesudah modif.
Tapi gak berarti kons BBM lebih sedikit utk 1 rute perjalanan lalu pasti gak akan terjadi EGT peak.......EGT lewat 650 deg C bisa aja terjadi jika bejek dalam terus2 an di tol (maksain speed yg tinggi)
kalau utk overall trip krn power lebih gede lalu cuman toel2 gas aja ya mmg EGT bisa lebih rendah drpd nyetir dgn tekan gas dalam2 sepanjang perjalanan
paling benar ya mmg diukur pake alat ukurnya instead of "kira kira" aja
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel
Pengertian modif itu sgt luas omongisnade wrote:OK berarti modif justru lebih efisien, EGT lebih rendah dari standard selama digunakan harian gas normal tidak dibejek-bejek.Turboman wrote: Sun Aug 27, 2017 3:49EGT korelasi thd jumlah BBM yg dibakar = Benarongisnade wrote:Kalau misalnya jalan ditol kecepatan sama 150 km/jam antara mobil standard dan mobil modif EGT nya tinggi yang mana ya. Berdasarkan pengalaman saya mobil yang dimodif lebih irit artinya jumlah bbm yg dibakar lebih sedikit dibanding yang standard. Gaya mengemudi sama biasa tidak bejek-bejek.
Standard : 1 liter untuk 14 km (MID)
Modif : 1 liter untuk 18 km (MID)
Ini pengamatan di VNT sebelum dan sesudah modif.
Tapi gak berarti kons BBM lebih sedikit utk 1 rute perjalanan lalu pasti gak akan terjadi EGT peak.......EGT lewat 650 deg C bisa aja terjadi jika bejek dalam terus2 an di tol (maksain speed yg tinggi)
kalau utk overall trip krn power lebih gede lalu cuman toel2 gas aja ya mmg EGT bisa lebih rendah drpd nyetir dgn tekan gas dalam2 sepanjang perjalanan
paling benar ya mmg diukur pake alat ukurnya instead of "kira kira" aja
bagaimana soal permainan FRP dan Injection pulse
Belom aspek2 lain lagi
Kalo secara umum, "meningkatkan" FRP (sedikit) membuat pembakaran lebih efisien itu ada benarnya
Kalau EGT nanti kembali ke driving style.....
Cheers
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel
Nah ini menarik nehb8099ok wrote:Nah itu krn gak mainkan inj latency dan qty,... Bedanya cukup jauh dalam methode perubahan settingan mesin. More parameter means more control.
Dl dosen ane bilang, computer is your bi*ch, you tell it what to do.
Nanti kalo EGT meter udah terpasang di mobil ane dan kalo jadi beli AFR meter.....mau remap....pengen tahu variasi2 permainan parameter 'beyond piggyback" dan resultnya gimana
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel
MonGauge mirip spt iTrax = OBD2 readerslowipah wrote:Ad pake monster gauge di 2kd gnki dastekan. Cm g mudeng buat apa & sehrsnya brapa. Taunya cm ECT, IAT. Bacaan yg laen MAF, MAP, CRP, TBP, BARO ga ngerti gmn hrsnya. Kl EGR ud di tutup itu bacaan EGR hrsnya 0 ato ad angkanya ya? Ini kdg2 ada angkanya , tp seringnya 0.Turboman wrote: Sat Aug 26, 2017 13:47 Btw adakah rekan2 di SM yg tertarik mengamati berbagai parameter kerja mesin selama berkendara ?
Memang hal2 spt gak semua orang tertarik thd hal2 spt ini, tetapi dengan adanya alat2 ukur maka kita dapat menyimpulkan akan suatu "experiment" dgn data2 yg jelas (angka2)......bukan sekedar rasanya rasanya
Di Ipah lama saya dulu, my monitoring tools
- OBD2 reader - iTrax
- EGT meter - Shadow
- Boost meter - Auto meter
- Oil Temp gauge - Shadow
Banyak hal2 menarik yg saya temukan dari adanya meter2 tsb, hal2 yg tidak saya duga2 sebelum pasang meter2 tsb
meter saya itu belum seberapa, ada kawan yg di 2KD nya pasang :
- Wideband lambda sensor
- EGT meter @manifold Turbo & downpipe (pake 2)
- Boost meter
Dia bisa tahu fluktuasi AFR saat berkendara
Zaman dulu ada kawan pake Panther LS MT - Turbo kit dr TurboOne (Garret) + FMIC
meter di mobilnya :
- EGT
- Boost
- Intake air Temp meter before & after FMIC (pake 2)
Seru jika kita ngobrol2 & bahas ttg percobaan ini itu, karena adanya data angka2 (bukan rasanya rasanya)
Well .....ini hanya utk hobbyist aja yah.......
barangkali kawan2 ada yg sealiran juga, mengamati dgn detail parameter kerja mesin / transmisi ? ......sekiranya boleh sharing2 juga pengamatan anda sejauh ini dan hal2 menarik apa yg anda temukan
Salam sharing
Kalo utk experiment pada intake, ane sih liat data IAT......misal bikin belalai dr balik Grill ke saluran intake air filter......IAT scr rata2 bisa lebih rendah utk kondisi2 yg sama
EGR kalo cuman ditutup pake pelat aja sih angka2 tetap maen........cuman ya jadi boongan aja krn gak berfungsi.....wkwkkwkwk
Kalo ditutup dari Re-Map kurang paham apa tetep 0 or gimana
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 359
- Joined: Sat Nov 14, 2015 14:13
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: nmax
Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel
Om mau tanya, kalo diesel standar no remap/piggy tapi naik fmic apa ada kenaikan tenaga ?
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel
Ipaj sya sempet no.piggy, tp fmic n dp terpasang.... Imho lumayan ada pengaruh lebih baik dr ipah polos, meski tdk signifikan atleast dibanding remap or proper piggynimoo wrote: Sun Aug 27, 2017 15:29 Om mau tanya, kalo diesel standar no remap/piggy tapi naik fmic apa ada kenaikan tenaga ?

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 359
- Joined: Sat Nov 14, 2015 14:13
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: nmax
Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel
kira2 down cost buat naik fmic+piping berapa ya om bil ? apakah worth ?billyd1773dz wrote: Sun Aug 27, 2017 16:36Ipaj sya sempet no.piggy, tp fmic n dp terpasang.... Imho lumayan ada pengaruh lebih baik dr ipah polos, meski tdk signifikan atleast dibanding remap or proper piggynimoo wrote: Sun Aug 27, 2017 15:29 Om mau tanya, kalo diesel standar no remap/piggy tapi naik fmic apa ada kenaikan tenaga ?
![]()

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4384
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel
kalo hitungannya satuan rupiah, brp duit yg bisa dihemat, kayaknya gak wirth it, oom..nimoo wrote: Sun Aug 27, 2017 23:54kira2 down cost buat naik fmic+piping berapa ya om bil ? apakah worth ?billyd1773dz wrote: Sun Aug 27, 2017 16:36Ipaj sya sempet no.piggy, tp fmic n dp terpasang.... Imho lumayan ada pengaruh lebih baik dr ipah polos, meski tdk signifikan atleast dibanding remap or proper piggynimoo wrote: Sun Aug 27, 2017 15:29 Om mau tanya, kalo diesel standar no remap/piggy tapi naik fmic apa ada kenaikan tenaga ?
![]()
![]()
toh ujung2nya pingin nyalib mobil lain juga...
tapi minimal dgn performa yg naik, tapi FC tetap sama dgn sebelumnya juga sudah syukur..
FC itu kan karena faktor mobil dan kaki kanan



-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 97
- Joined: Tue May 10, 2016 6:45
Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel
Om ada recomen remap ecu buat 2kd dono di surabaya? Adakah resiko kerusakan ecu yg di remap? Trims infonya om.
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel
Utk wilayah Sby coba ke Dewata MotorWongsuroboyo wrote:Om ada recomen remap ecu buat 2kd dono di surabaya? Adakah resiko kerusakan ecu yg di remap? Trims infonya om.
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1068
- Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41
Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel
waduh ..mobil standard juga perlu EGT meter ya..soalnya ane suka bejek2 mulu kalo di tol.
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel
kalo std sih gak perlu omvipere wrote:waduh ..mobil standard juga perlu EGT meter ya..soalnya ane suka bejek2 mulu kalo di tol.
Asal :
- Air filter selalu bersih
- Purging tiap 20 - 25 rb km sekali
AFR TurboDiesel kondisi std biasa sekitar 1:20 - 22
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel
langsung remap atau piggy aja om..... gain nya lebih besar.nimoo wrote: Sun Aug 27, 2017 23:54kira2 down cost buat naik fmic+piping berapa ya om bil ? apakah worth ?billyd1773dz wrote: Sun Aug 27, 2017 16:36Ipaj sya sempet no.piggy, tp fmic n dp terpasang.... Imho lumayan ada pengaruh lebih baik dr ipah polos, meski tdk signifikan atleast dibanding remap or proper piggynimoo wrote: Sun Aug 27, 2017 15:29 Om mau tanya, kalo diesel standar no remap/piggy tapi naik fmic apa ada kenaikan tenaga ?
![]()
![]()
hitung2an jaman dulu, piggy/remap biasanya di 150-170hp, klw fmic+piggy/remap aman sampai 210hp
ntah skrng bagaimana. piggyny unichip ya, kelas racehip/powerplug dll sie lupain aja.
tp inget boost hrs naik.... klw 2KD non vnt masi wastegate mekanis, remap hrs pke external boostcontrol/ganjel wastegate dan ini fix., klw piggy(unichip) dgn module boost solenoidny bisa control wastegate lebih presisi sambil ngikutin parameter mesin lain
klw yg vnt, piggy n remap uda bisa atur via ecu
fmic di bukalapak banyak 4-6jt an yg direct fit ke ipah

-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel
Khusus Bagi rekan2 yg udah pengen naek tenaga lebih dan lebih lagi :
Jika dgn piggy / remap dirasa masi kurang (Mobil dah ada Intercooler)
Maka next step adalah = ganti Turbo yg kapasitas flow udara lebih besar
Sesuai prinsip datangnya tenaga pada mesin Diesel = Fuel + Oxygen
Dengan Turbo lebih besar, memompa udara lebih banyak, maka jumlah Oxygen yg masuk ke ruang bakar akan lebih banyak, means more power
More Oxygen also promotes lower EGT
Tinggal nanti setting max boost mengikuti kaidah "Compressor Map" saja
Contoh :
IHI RHF4 std D-Max 3000 cc di 2KD boost max ideal 1,6 bar
Salam Power
Jika dgn piggy / remap dirasa masi kurang (Mobil dah ada Intercooler)
Maka next step adalah = ganti Turbo yg kapasitas flow udara lebih besar
Sesuai prinsip datangnya tenaga pada mesin Diesel = Fuel + Oxygen
Dengan Turbo lebih besar, memompa udara lebih banyak, maka jumlah Oxygen yg masuk ke ruang bakar akan lebih banyak, means more power
More Oxygen also promotes lower EGT
Tinggal nanti setting max boost mengikuti kaidah "Compressor Map" saja
Contoh :
IHI RHF4 std D-Max 3000 cc di 2KD boost max ideal 1,6 bar
Salam Power
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 518
- Joined: Fri Aug 12, 2016 6:31
- Location: Bekasi, Jawa Barat
- Daily Vehicle: Satria FU
Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel
Nice inpo om Turbo, BTW kalo Mesin 2KD ganti Turbo pakai 1KD itu signifikan gak Om efeknya???Turboman wrote: Tue Aug 29, 2017 2:08 Khusus Bagi rekan2 yg udah pengen naek tenaga lebih dan lebih lagi :
Jika dgn piggy / remap dirasa masi kurang (Mobil dah ada Intercooler)
Maka next step adalah = ganti Turbo yg kapasitas flow udara lebih besar
Sesuai prinsip datangnya tenaga pada mesin Diesel = Fuel + Oxygen
Dengan Turbo lebih besar, memompa udara lebih banyak, maka jumlah Oxygen yg masuk ke ruang bakar akan lebih banyak, means more power
More Oxygen also promotes lower EGT
Tinggal nanti setting max boost mengikuti kaidah "Compressor Map" saja
Contoh :
IHI RHF4 std D-Max 3000 cc di 2KD boost max ideal 1,6 bar
Salam Power
"Bukan yang paling baik, tapi satu diantara yang terbaik"
Kalo bisa no. 2 ngapain jadi no. 1 "Capek jadi no. 1, selalu jadi Bench mark buat yang lain"
Kalo bisa no. 2 ngapain jadi no. 1 "Capek jadi no. 1, selalu jadi Bench mark buat yang lain"
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel
Turbo 1KD itu VNTNainggolan21 wrote:Nice inpo om Turbo, BTW kalo Mesin 2KD ganti Turbo pakai 1KD itu signifikan gak Om efeknya???Turboman wrote: Tue Aug 29, 2017 2:08 Khusus Bagi rekan2 yg udah pengen naek tenaga lebih dan lebih lagi :
Jika dgn piggy / remap dirasa masi kurang (Mobil dah ada Intercooler)
Maka next step adalah = ganti Turbo yg kapasitas flow udara lebih besar
Sesuai prinsip datangnya tenaga pada mesin Diesel = Fuel + Oxygen
Dengan Turbo lebih besar, memompa udara lebih banyak, maka jumlah Oxygen yg masuk ke ruang bakar akan lebih banyak, means more power
More Oxygen also promotes lower EGT
Tinggal nanti setting max boost mengikuti kaidah "Compressor Map" saja
Contoh :
IHI RHF4 std D-Max 3000 cc di 2KD boost max ideal 1,6 bar
Salam Power
Kalo 2KD non VNT byk pilihan aftermarket.......dr RHF4 sampe F55V
Kalo 2KD VNT jika mau upgrade Turbo, jika ingin VNT juga bisa pake buatan G-Turbo (Australia)
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 181
- Joined: Sun Sep 11, 2016 17:37
Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel
Om Turbo,
Kalau tujuan remap untuk irit bbm, layakkah ?
2GD, jalan minimum 3000 km per bulan, pakai biosolar + racun.
Lalu lintas padat, jadi tidak bisa bejek juga.
Driving style santai, hanya sesekali aja kalau lagi boring injak gas agak dalam.
Terima kasih
Kalau tujuan remap untuk irit bbm, layakkah ?
2GD, jalan minimum 3000 km per bulan, pakai biosolar + racun.
Lalu lintas padat, jadi tidak bisa bejek juga.
Driving style santai, hanya sesekali aja kalau lagi boring injak gas agak dalam.
Terima kasih
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Hal hal yang perlu diperhatikan dalan modifikasi mesin Turbo Diesel
Utk kejar irit BBM :sapifr22 wrote:Om Turbo,
Kalau tujuan remap untuk irit bbm, layakkah ?
2GD, jalan minimum 3000 km per bulan, pakai biosolar + racun.
Lalu lintas padat, jadi tidak bisa bejek juga.
Driving style santai, hanya sesekali aja kalau lagi boring injak gas agak dalam.
Terima kasih
oli mesin udah pake 5W30 HDEO ?
Kalo lagi macet, setiap berhenti pindahkan tuas ke N ?
Ban uk std ?
* Bukan ajakan Beli *