Masalah di Grand Livina 1500 M/T

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

Betul bro! bersabar aja deh... gw seh mendingan belakangan tp dapat unit yg lolos QC ketat dan sudah improved dari keluhan pembeli :)

Ultimate belum pernah liat tuh! yg sdh banyak deliver kayanya sv dan xv aja.


Winata wrote:Sabar aja deh. Daripada ultimate gw adem ayem ga ada kabar. Dan juga kalo buru ntar mobil kaya yang bung xboy punya cacat. Mendinga lama tapi QCnya bagus. Ada yang sudah liat ulitimate di jalan belum ya? Gw sih belum dan coba telp2 semua sales di semua dealer kata mereka belum ada yang terima yang unit ultimate punya.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
Black Mr
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Mon Apr 23, 2007 15:49

Post by Black Mr »

conan wrote:
hunter wrote:hayo loh bung conan di protes tuh...
dan setahu saya, banyak orang indonesia yg tersinggung kalo disebut "indon". :wink:
Aku orang Indon, bukan orang Malaysia. Dan sebagai orang Indonesia pun aku mengakui bahwa SDM Indonesia masih lebih rendah daripada negara lain.

Dan kalau orang Indon tidak suka disebut Indon, tahukah Anda darimana asalnya sebutan itu? Karena pekerja Indonesia di negara lain itu terkenal malas. Contoh saja. Di Dubai misalnya, banyak yang tidak mau menerima TKI dan lebih memilih dari negara lain seperti India, Pakistan, Bangladesh dll. Mengapa? Orang Indonesia suka mencuri jam makan siang untuk pergi merokok dan tidak kembali bekerja pada waktunya. Artikel ini pernah diulas oleh Kompas secara mendetil. Apakah Kompas tidak nasionalis dan bersifat 'dijajah'? Menurutku justru Kompas bersikap profesional secara jurnalistik dan juga nasionalis, karena dengan artikel itu justru mereka berharap orang Indonesia membacanya dan mau introspeksi diri.

Yang mana yang lebih nasionalis? Orang yang menutup mata akan kelemahan bangsa sendiri, atau seperti Kompas, orang yang mau menunjukkan kelemahan sendiri agar bisa memperbaiki diri dan kembali bersaing dengan orang dari negara lain?

Arti patriotisme atau nasionalisme tidak selalu harus berbentuk fanatisme terhadap negri sendiri yang berlebihan.

Apakah rekan-rekan semua, tidak ada yang mau isi BBM di Shell atau Petronas dan jauh, jauh lebih memilih isi di Pertamina?

Coba jawab dengan jujur, kalau di jalan yang sama, ada SPBU Pertamina dan Shell saling berseberangan, mana yang Anda pilih dan mengapa? Memang akan ada yang pilih Pertamina, tapi apakah mereka yang lebih memilih Shell otomatis dicap sebagai mental orang terjajah? INGAT, Shell adalah perusahaan BELANDA. Hmm?
GW setuju gaya lu
Black Mr
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Mon Apr 23, 2007 15:49

Post by Black Mr »

Koeskoes wrote:ada yg pernah coba GL 1.5L yang matic gak? kalo ada, mohon di-sharing dong pengalaman2nya. Thx sblm nya.
Gw uda Coba BOs..
Akhir April Yang Lalu mobil uda dapt..emang indent uda cukup lama sih,,sekitar pertengahan febuari gitu..

sekarang Km uda mencapai 1000KM...selama perjalanan dari nol ampe 1000..mobil ini enak banget lo...hening uda pasti..walau engk sehening yg bung Sithl katakan kalau bajai lewat engk kedengar sama sekali (mungkin yg bbg),,tp keheningan masih diatas rata rata mobil sekelasnya..suspensi nyaman banget lewati polisi tidur maupun jalan keriting halus engk keras bantingannya..

kebisingan ruang mesin jg baagus(engk berisik)..masalah nya cuman di waktu extra fan mutar agak sedikit besar suaranya..

karna gw pakenya matic jd gejala endutan engk ada..

untuk tenaga jng di tanya..respontif banget..kayak yg dibilang ama bung Sithl benar terbukti..

Top speed yg pernah di capai 140 aja..belum boleh kenjang2..segitu aja uda enak dan hmm hening bo...coba d

Kalau masalah yg di terima ma bro x-boy tu..engk ada pada mobil gw,,
jd antara puya bro boy cacat produksi atau standarisasinya yg tinggi..

Komplain aja ke NMI,,mereka pasti merespon,,
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Post by Hansen »

Winata wrote:Sabar aja deh. Daripada ultimate gw adem ayem ga ada kabar. Dan juga kalo buru ntar mobil kaya yang bung xboy punya cacat. Mendinga lama tapi QCnya bagus. Ada yang sudah liat ulitimate di jalan belum ya? Gw sih belum dan coba telp2 semua sales di semua dealer kata mereka belum ada yang terima yang unit ultimate punya.
Gw udah pernah liat tuh yg ultimate automatic warna yellowish di sini, Medan.
Grillnya keren banget... :talk:
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

Menurut gw pribadi sih.. lebih keren grill yg murano
Hansen wrote: Gw udah pernah liat tuh yg ultimate automatic warna yellowish di sini, Medan.
Grillnya keren banget... :talk:
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Post by Hansen »

dua2nya keren kok... :mrgreen:
Image
User avatar
gubraks
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 125
Joined: Mon Apr 09, 2007 2:36

Post by gubraks »

Black Mr wrote: ... Sekarang Km uda mencapai 1000KM...selama perjalanan dari nol ampe 1000..mobil ini enak banget lo...hening uda pasti..walau engk sehening yg bung Sithl katakan kalau bajai lewat engk kedengar sama sekali (mungkin yg bbg),,tp keheningan masih diatas rata rata mobil sekelasnya..suspensi nyaman banget lewati polisi tidur maupun jalan keriting halus engk keras bantingannya..
kebisingan ruang mesin jg baagus(engk berisik)..masalah nya cuman di waktu extra fan mutar agak sedikit besar suaranya..
Yup ... itu dan ditambah dengan suara blower AC yg cukup keras yg saya recall dari hasil TD dulu... mudah2an bukan hanya sekedar ekspektasi... pd saat delivery nanti...
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

:e-naughty: Tetep lebih keren yg Grill Murano 8) kan gw indent yg 1.8XV :e-dance: :wink:
Hansen wrote:dua2nya keren kok... :mrgreen:
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
sukasuka_man
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 178
Joined: Sun Apr 22, 2007 16:50

Re: Masalah di Grand Livina 1500 M/T

Post by sukasuka_man »

maxx wrote: 2. bukan ciri GL, tapi hanya karakteristik Shock dan per yg digunakan saja, dimana saat full stroke (direntangkan penuh) shock absorber sudah mentok tp per masih kuat nendang. Mungkin di mesin 1.8L yg lebih berat bobotnya ... karakter per yg nendang agak jarang terjadi krn bobot mesin yg lebih berat dapat menahan kekuatan nendang per-nya. Mungkin harusnya design per untuk 1.5L dibedakan dengan yg 1.8L. Masih prediksi gw sendiri ... ada kemungkinan design per GL sebenarnya dicomot bulet2 dari Geniss di China yg jg pakai mesin 1.8L
Ada temen yang bilang karakter shock dan per di Livina gak sesuai.
Yang satu soft yang satu keras. Jadi yang begitulah karakter shock/per Livina.
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Re: Masalah di Grand Livina 1500 M/T

Post by maxx »

Spt yg gw bilang seblumnya, "mungkin" lebih tepatnya karakter shock dan per GL 1.5L kurang sesuai dengan bobot mesin 1.5L dan sptnya karakter shock & per lbh cocok u/ varian 1.8L yg bobotnya lebih berat.

Itu baru perkiraan gw pribadi saja dg mengacu pd Geniss di China yg pakai mesin 1.8L, cuma di Indo aja ada varian 1.5L. Dan "mungkin" design per GL memaakai design yg sama dg Geniss di China, dan bisa jd dari supplier yg sama.
sukasuka_man wrote: Ada temen yang bilang karakter shock dan per di Livina gak sesuai.
Yang satu soft yang satu keras. Jadi yang begitulah karakter shock/per Livina.
Last edited by maxx on Sun May 20, 2007 12:33, edited 2 times in total.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
User avatar
Mike
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2010
Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
Location: Casablanca

Re: Masalah di Grand Livina 1500 M/T

Post by Mike »

Berhubung saya udah dapet unit-nya, saya mau share sedikit...
xboy wrote:Hi all, salam kenal .....
Sudah 2 minggu ini si GL ada di garasi, rasa2nya kok ada beberapa hal yg cukup "mengganggu" yah .... mungkin ada RR sekalian yg mengalami juga ?
- Peredam bawah buruk. Suara kolong jalan masuk dgn sangat nyaring ke kabin. Kalo lagi diem, GL lebih hening dari innova (saya juga pemakai Innova dan Xenia), tapi kalo jalan malah lebih ribut. Suara ban terdengar keras dari dalam. Bergemuruh. Butuh soundproof. Mungkin bawaannya gak ada blas.
Ya ini saya rasakan, tapi bagi saya gak terlalu mengganggu.
xboy wrote: - Shock Absorbers glodakan saat melibas polisi tidur. Kalo jalan keriting sih cukup lembut, tapi begitu kena poldur, apalagi yg tinggi, pasti bunyi "dak .. dok". Menurut teknisi nissan, ini sudah bawaan/ciri dari Shock Absorbers-nya Nissan. Katanya X-Trail juga begini. Hmm ......
Ini tdk terjadi dgn GL saya
xboy wrote: - Pintu depan saat ditutup agak bergetar dan seperti rada mental2. Seperti kurang rapat, entah karetnya atau pengait, atau engsel. Pintu kiri depan paling parah. Terasa tidak menutup rapat, akibatnya cenderung bergetar saat lewat jalan keriting. Pintu yg belakang gak masalah. Sy coba semua GL yg ada di showroom, semua pintu depan kirinya begini !
Ini tdk terjadi di GL saya.
xboy wrote: - Terasa nyendat2 dikit di rpm rendah. Ini terjadi saat kita langsung menekan gas begitu setelah de-akselerasi. Kata teknisinya, ini ciri throttle by wire, gak bisa ilang. Jadi buat jalan pelan2 terasa gak enak. Penyakit ini tidak ada di versi matic.
Ya, ini saya rasakan juga, di awal2 keluar showroom, kayaknya gak mau jalan pelan, mau-nya dibejek terus, kalo pelan ndut2-an.

Jadi inget sekitar 15hn lalu, punya Starlet abis di "performance tuning" di Auto2000, jadi ndut2-an kalo jalan pelan, maunya ngebut terus...

Btw, saya cuman butuh waktu sebentar utk "menjinakkan" hal ini di Livina, skrg dah gak ndut2-an lagi.
xboy wrote: - Engine break tidak dapat diandalkan untuk kondisi jalan menurun. Harus tekan rem yg kuat. So, as time goes by, GL akan cepet aus remnya.
Kalo ini sih saya belom coba di jalan yg byk turunannya, Bro Xboy coba di turunan daerah mana?
Ntar saya coba bawa ke Ciwidey deh.
dion wrote:....
yang gak punya GL dilarang komentar, taksobek-sobek nanti SPK mu. he..he..he..
Saya udah dapet Boss, jadi saya boleh komentar donks... :D
Image
User avatar
Winata
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 889
Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
Location: Jakarta

Post by Winata »

Akhirnya minggu depan saya terima unit saya yang 1.8 ulitimate m/t. Asyik..... Yang pertama dilakukan adalah cek apakah ada yang cacat seperti bung xboy punya dulu.
dion
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 407
Joined: Tue May 01, 2007 7:58

Post by dion »

bung mike, gmn cara menundukkan ndut2an GL nya? maksudnya nginjek pedal gasnya dilembutin ato gmn?

cincin di tuas mundurnya masalah gak?
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

Mungkin yg terbaik agar tidak ndut2an.. pedal gas diurut. jangan dibejek langsung.. spt mesin yg masih mekanik dg kabel, krn katanya TBW perlu waktu itung2an di ECU .. itu yg katanya soal lag TBW.

cincin tuas mundur harusnya ga masalah kalo mobilnya dalam keadaan bener2 stop dulu.. :) .. lama2 juga biasa masukin gigi mundur tapi tuas dioper maju kiri atas spt boil2 eropa geto.. :)
dion wrote:bung mike, gmn cara menundukkan ndut2an GL nya? maksudnya nginjek pedal gasnya dilembutin ato gmn?

cincin di tuas mundurnya masalah gak?
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
User avatar
Mike
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2010
Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
Location: Casablanca

Post by Mike »

dion wrote:bung mike, gmn cara menundukkan ndut2an GL nya? maksudnya nginjek pedal gasnya dilembutin ato gmn?

cincin di tuas mundurnya masalah gak?
Yup, seperti yg dibilang bro maxx, terpaksa harus agak nyantai dulu nginjeknya, trus kalo dah 2000-an rpm baru bisa kick down, pasti smooth...

Saya gak ada tuas reverse, wong ambil 1.5
Image
User avatar
gubraks
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 125
Joined: Mon Apr 09, 2007 2:36

Post by gubraks »

Winata wrote:Akhirnya minggu depan saya terima unit saya yang 1.8 ulitimate m/t. Asyik..... Yang pertama dilakukan adalah cek apakah ada yang cacat seperti bung xboy punya dulu.
Congrats ya Bung Winata.... mudah2an nanti terima unit ultimate yang perfect, dan ditunggu sharing experiencenya...
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Post by Hansen »

enak ya si Winata....


eh, btw lu jangan meroko ya, ntar bau roko GLnya...
masa sih tega2nya meroko di boil baru.... :mrgreen:
User avatar
Winata
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 889
Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
Location: Jakarta

Post by Winata »

hehe ga merekok lah dimobil baru. Oh ya berarti janji NMI pertengahan mei diundur ke akhir mei. Berarti untuk memastikan QCnya. Tetapi tetap aja tetap gw recheck semua
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

Jgn lupa full reportnya bos Winata.
Mundur janji pertengahan ke akhir mei belum tentu masalah di QC yg diperketat.. tp mungkin aja jadwal kerja order versi lain yg byk belum selesai.. jadi yg ultimate yg ordernya lebih dikit musti ngalah.

Bagusnya lgs liat ke showroom untuk ambil sendiri, cek semua disana dan TD, jadi kalo ga puas dan ada masalah tolak aja!

Bener banget.. re-check semua, yg plg penting ga boleh lewat:

1. Suara kolong & karakter shock yg katanya glodokan ada ga di 1.8L?
Gw pengen tau apakah teori dan prediksi gw soal "karakter shock dan per GL 1.5L kurang sesuai dengan bobot mesin 1.5L dan sptnya lbh cocok u/ varian 1.8L yg bobotnya lebih berat, bisa jd acuan apa kaga.

2. Pintu2
3. Electrical (lampu, AC, PW, CL, HU, dlsb)
4. Interior & kaca2 (cacat/baret, kotor)
5. Finishing body boil (kempot, baret ato cat buram)
6. Cocokan dg kelengkap accesories sesuai brosur.
7. Kunci2 & perlengkapan std.
8. .... etc.
Winata wrote:hehe ga merekok lah dimobil baru. Oh ya berarti janji NMI pertengahan mei diundur ke akhir mei. Berarti untuk memastikan QCnya. Tetapi tetap aja tetap gw recheck semua
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
dion
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 407
Joined: Tue May 01, 2007 7:58

Post by dion »

bagusnya bikin thread baru tuh, item2 apa yang mesti dicek kalao GL diterima. jadi member yang akan terima GL bisa buat checklist. syukur2 ada yang bikinin checklist dg excel gitu bok...ntar dijual ke NMI untuk jadi standard baru penerimaan GL ke kastemer.
Koeskoes
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 65
Joined: Tue May 01, 2007 6:07

Post by Koeskoes »

Black Mr wrote: Gw uda Coba BOs..
Akhir April Yang Lalu mobil uda dapt..emang indent uda cukup lama sih,,sekitar pertengahan febuari gitu..

sekarang Km uda mencapai 1000KM...selama perjalanan dari nol ampe 1000..mobil ini enak banget lo...hening uda pasti..walau engk sehening yg bung Sithl katakan kalau bajai lewat engk kedengar sama sekali (mungkin yg bbg),,tp keheningan masih diatas rata rata mobil sekelasnya..suspensi nyaman banget lewati polisi tidur maupun jalan keriting halus engk keras bantingannya..

kebisingan ruang mesin jg baagus(engk berisik)..masalah nya cuman di waktu extra fan mutar agak sedikit besar suaranya..

karna gw pakenya matic jd gejala endutan engk ada..

untuk tenaga jng di tanya..respontif banget..kayak yg dibilang ama bung Sithl benar terbukti..

Top speed yg pernah di capai 140 aja..belum boleh kenjang2..segitu aja uda enak dan hmm hening bo...coba d

Kalau masalah yg di terima ma bro x-boy tu..engk ada pada mobil gw,,
jd antara puya bro boy cacat produksi atau standarisasinya yg tinggi..
thanks atas tanggapannya, Bung BlackMr :)
User avatar
Winata
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 889
Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
Location: Jakarta

Post by Winata »

maxx wrote:Jgn lupa full reportnya bos Winata.
Mundur janji pertengahan ke akhir mei belum tentu masalah di QC yg diperketat.. tp mungkin aja jadwal kerja order versi lain yg byk belum selesai.. jadi yg ultimate yg ordernya lebih dikit musti ngalah.

Bagusnya lgs liat ke showroom untuk ambil sendiri, cek semua disana dan TD, jadi kalo ga puas dan ada masalah tolak aja!

Bener banget.. re-check semua, yg plg penting ga boleh lewat:

1. Suara kolong & karakter shock yg katanya glodokan ada ga di 1.8L?
Gw pengen tau apakah teori dan prediksi gw soal "karakter shock dan per GL 1.5L kurang sesuai dengan bobot mesin 1.5L dan sptnya lbh cocok u/ varian 1.8L yg bobotnya lebih berat, bisa jd acuan apa kaga.

2. Pintu2
3. Electrical (lampu, AC, PW, CL, HU, dlsb)
4. Interior & kaca2 (cacat/baret, kotor)
5. Finishing body boil (kempot, baret ato cat buram)
6. Cocokan dg kelengkap accesories sesuai brosur.
7. Kunci2 & perlengkapan std.
8. .... etc.
Winata wrote:hehe ga merekok lah dimobil baru. Oh ya berarti janji NMI pertengahan mei diundur ke akhir mei. Berarti untuk memastikan QCnya. Tetapi tetap aja tetap gw recheck semua
Terimakasih atas sarannya.
wardana
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 225
Joined: Thu Feb 22, 2007 4:31

Post by wardana »

Mr Black sudah 1000km,

disharing dong konsumsi bbmnya untuk yang matic 1,5 supaya mereka pada tahu. thanks bro black
ifmarch
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 312
Joined: Mon Feb 05, 2007 8:55

Post by ifmarch »

wardana wrote:Mr Black sudah 1000km,

disharing dong konsumsi bbmnya untuk yang matic 1,5 supaya mereka pada tahu. thanks bro black
Bung Wardana, mohon sharingnya untuk keyless entry di GL 1.8. Kalau di GL 1.5, dimana setelah kunci dimasukkan ke tempatnya dan semua pintu tertutup dengan rapat, keyless entry nya tidak sama dengan mobil lain (yg pernah saya pake) saat kunci diputar turn on dan mesin on, otomatis semua knob pintu mengunci semua. Tapi pada GL 1.5 hal ini tidak terjadi. Kita tetap harus menekan tombol lock pada keyless entry baru semua knob kunci tertutup.

Bagaimana dengan keyless entry GL BLACK nya bung wardana ?
hunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 991
Joined: Mon May 08, 2006 7:32

Post by hunter »

ifmarch wrote:
wardana wrote:Mr Black sudah 1000km,

disharing dong konsumsi bbmnya untuk yang matic 1,5 supaya mereka pada tahu. thanks bro black
Bung Wardana, mohon sharingnya untuk keyless entry di GL 1.8. Kalau di GL 1.5, dimana setelah kunci dimasukkan ke tempatnya dan semua pintu tertutup dengan rapat, keyless entry nya tidak sama dengan mobil lain (yg pernah saya pake) saat kunci diputar turn on dan mesin on, otomatis semua knob pintu mengunci semua. Tapi pada GL 1.5 hal ini tidak terjadi. Kita tetap harus menekan tombol lock pada keyless entry baru semua knob kunci tertutup.

Bagaimana dengan keyless entry GL BLACK nya bung wardana ?
iya nih bung wardana, di share donk.
bung ifmarch, kalo rem di injak, pintu ke kunci tdk ?

kalo yg saya baca2 di milist nissan-livina, memang alarm GL ini minim fitur banget. sooo simple.... :( apalagi hanya dikasih 1 lagi. gmana tuh kalo hilang atau rusak. bgmana caranya matiin alarm ???