Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 97
- Joined: Tue May 10, 2016 6:45
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
Saya pernah komplain jok bunyi di beres, di suruh tunggu di ruang tunggu, hampir 2 jam an, saya ke mobil, ambil barang di mobil, ternyata emgine nyala , ac on, mekanik di dalam ngerjain jok, enak adem, ga tau sdh berapa lama, beres emang joss sop nya.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1312
- Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
Saya pernah menyaksikan mekanik training BeRes yang pasang baut velg pun salah (tidak diselang-seling & menyilang)ChZ wrote: Mon May 08, 2017 7:03Dan bengkel resmi adalah tempat dimana servis "palu gada" tersebut... wkwkwkw... Lucunya mekanik di-training untuk bisa semua alat... Ga ada spesialisasinya. Skrg bicara otomotif mau lulusan SMK mau sarjana dituntut menguasai semua... enjin kaki-kaki interior audio kelistrikan.Or4cle wrote: Mon May 08, 2017 4:43
Nahhh ini alasan saya menghindari bengkel yang offer service palugada, apa lu minta gue ada
Saya lebih percaya bengkel yang punya spesialisasi, sesuai quote Bruce Lee ; "I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times"
Bagaimana pun bengkel yang punya jam terbang tinggi dalam spesialisasinya pasti menguasai permasalahan dibandingkan dengan bengkel gado-gado
CMIWW
Ya sama kek dokter om... dokter spesialis dimana-mana lebih laku dan lebih dicari ketimbang dokter umum. Bengkel resmi tu ibarat rumah sakit tapi ngga ada dokter spesialisnya... dokter umum semua.
Makanya sy kalo serpis mobil selalu pencar ga pernah 1 tempat... enjin sendiri... kaki sendiri...
Entah dianggap enteng atau memang tidak di training untuk hal-hal simple seperti ini
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 399
- Joined: Thu Dec 29, 2011 15:36
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
Rule of thumb yg saya adopt: rawat di beres selama masih dalam masa garansi. SOP mereka sudah jelas, hanya tinggal ikuti saja.
Selepas masa garansi, maka lihat apa kasusnya. Saya pribadi lebih suka bawa ke bengkel spesialis. AC ke spesialis ac, power window ke spesialis power window, merk X ke spesialis X, dsb. Karena bbrp kejadian pun, beres akan oper pekerjaan spesifik ke spesialis.
Yg sebaiknya tetap dihandle beres: kunci/immobilizer, bongkar dashboard, door trim dll.
Note: apapun dan dimanapun perbaikan/perawatannya, bon sebaiknya disimpan untuk record saat dijual nanti.
Selepas masa garansi, maka lihat apa kasusnya. Saya pribadi lebih suka bawa ke bengkel spesialis. AC ke spesialis ac, power window ke spesialis power window, merk X ke spesialis X, dsb. Karena bbrp kejadian pun, beres akan oper pekerjaan spesifik ke spesialis.
Yg sebaiknya tetap dihandle beres: kunci/immobilizer, bongkar dashboard, door trim dll.
Note: apapun dan dimanapun perbaikan/perawatannya, bon sebaiknya disimpan untuk record saat dijual nanti.
Tanggal genap - Mini Cooper S Clubman R55
Tanggal ganjil - Lexus RX 270
Tanggal ganjil - Lexus RX 270
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 348
- Joined: Mon Mar 23, 2015 0:25
- Location: Bekasi, Jawa Barat
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
wah gitu ya pengalaman bro satrialiar69satrialiar69 wrote: Fri May 05, 2017 2:13beberapa brand/beres gak ngebolehin kita melihat unit dikerja....Ibet wrote: Fri Apr 21, 2017 7:24
hikmat yang bisa saya petik : "kalo ngebengkel pastikan saya liat pake mata kepala sendiri prosesnya"
mekanik ada aja yang nakal, parts yang harusnya masuk list untuk diganti, ternyata gak diganti. parts baru disimpen di tool box.
buat sambilan di luar, keluarin dari workshop nyogok security![]()
kalo masih masa garansi, saya ke beres biar gak void, itupun ngerjain yang standar dan major aja.
kalo udah habis garansi, ya ke bengkel umum yang bisa saya monitor langsung kerjanya
cukup ga enak ..
setuju saya juga ke beres selama masa garansi, dan kebiasaan saya sebelum masa garansi abis, minta ganti part yang sekiranya bisa di garansikan,
misal gas spring untuk pintu bagasi (biasanya bocor), karet kaki - kaki, atau sekedar update software untuk transmisi
setelah 50rb km / 3 tahun, ya rawat sendiri .. kalo susah / perlu tool khusus baru saya ke bengkel umum
wah ini persis cerita temen saya yang jadi kepala gudang sebuah beres di bekasi, sebisa mungkin mobil pelanggan keluar secepat mungkin dan tagihkan biaya semahal mungkin ...... caranya tagihkan semahal mungkin? ganti yang sekiranya tidak perlu diganti, tapi bikin performa mobil semakin baikChZ wrote: Fri May 05, 2017 2:56Beres itu dikejar target oleh prinsipal... Makanya ga mau berlama-lama dengan mobil orang... plus mekanik juga ngejar insentif. Makin banyak yang dia pegang makin besar insentifnya.Adidude wrote: Fri May 05, 2017 2:43 Kalo pengalaman saya buat beres honda untuk jazz. Beres kayanya ga mau repot n berlama" ama kita, ntah emang sibuk bgt or money oriented. Jadi misal saya ngeluh mobilnya ngeden pas pindah ke r(matic). Ga ada tuh nyobain reset ecu or bersihin parts dulu, sarannya disuruh ganti fuel pump disebabkan bensin kotor. Ga ada jg tips or saran yg bisa kita dapetin dr bengkel luar misalkan untuk kuras tangki bensin per brapa ribu km dan jgn biarin tangki bensin ampe bener" kosong sblon ngisi lagi. Intinya kalo ga mau "repot" n duit "cukup", beres is okay![]()
Beres jg biasa ada stall khusus untuk heavy repair... supaya nggak mengganggu kinerja yang servis ringan. Trus kalo nginep lama juga pasti kena biaya nginep supaya margin nya nutup.
kasih engine flush tiap kali ganti oli, tambahkan liquid ini itu yg ga perlu, dsb dsb
memang keliatannya cuma 70-80 rb, tapi coba kalikan dengan berapa mobil sehari, dan kalikan lagi dengan item - item lain
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 121
- Joined: Wed Jun 06, 2012 14:18
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
Beberapa pengalaman di beres :
1. Astrido Tyt: engine oil diisi 4 liter, max capacity 3.7. Kapok dan ga pernah balik lagi.
2. Auto 2000: overall bagus ( puri, bsd ).
Kalau ganti oli, spooring balancing dinbengkel spesialis aja.
1. Astrido Tyt: engine oil diisi 4 liter, max capacity 3.7. Kapok dan ga pernah balik lagi.
2. Auto 2000: overall bagus ( puri, bsd ).
Kalau ganti oli, spooring balancing dinbengkel spesialis aja.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3701
- Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
https://oto.detik.com/mobil/d-3511242/b ... ata-nissan
Masih banyak masyarakat yang menganggap biaya servis di bengkel resmi lebih mahal daripada bengkel pada umumnya. Hal itu juga menghinggap pada merek asal Jepang, Nissan soal bengkelnya di Indonesia.
Menanggapi hal tersebut, Nissan Motor Indonesia (NMI) mengatakan memang beberapa komponen di bengkel resminya dijual dengan harga mahal, namun juga tidak semuanya.
"Saat pertama di Nissan, saya mencoba bertanya langsung ke customer, dan seperti yang anda bilang tadi, konsumennya beranggapan sparepart kami lebih mahal dan saya tanya lagi, parts apa yang mahal, tolong kasih tau saya, tapi tidak disebutkan secara jelas," ungkap Presiden Direktur NMI, Eichii Koito, di Jakarta.
Koito menambahkan pihaknya akan melakukan pembenahan agar mengubah pandangan masyarakat soal biaya servis di bengkel resmi yang mahal.
"Kemudian dilakukan pengecekan ke tim aftersales di banyak merek, dan mereka bilang kami masih punya harga kompetitif. Di pasar sparepart, kami memiliki perbedaan harga tidak terlalu spesifik, ada yang memang lebih mahal, tapi ada juga yang lebih murah. Tapi memang persepsi di masyarakat seperti itu, dan kami harus mengubahnya untuk mengubah memang tidak mudah, ini salah satu yang akan kami lakukan untuk pembenahan aftersales," jelas Koito
There is no past nor future, only now - Nathan MLBB
2017 TM2FX MT
2022 NF11T11C01 MT
2017 TM2FX MT
2022 NF11T11C01 MT
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3908
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
Bener ini om beres suka sambung2in kaya ginian. Kalo saya sih saya counter om, suruh mrk buktikan argumen mrk kalo garansi saya void krn itu. Kalo mrk ga bs buktikan dan asal ngmng doang ya tetep tekan mau claim. Kalo mrk gamau saya ga bakal mau beli mbl mrk lagi. Biasanya kalo kita ngotot mrk nyerah kok selama claim kita masuk akalandyez86 wrote: Fri May 05, 2017 7:42Sama BeRes disambung2in om..wkwkkwChZ wrote: Fri May 05, 2017 7:33Terkadang SOP nya gak nyambung...j4niS wrote: Fri May 05, 2017 5:50 dan sayangnya tidak ada semacam lembaga perlindungan konsumen yg bisa bantuin.......
ancaman yg paling sucks.....garansi void kalo kita nentang tu SOP.....
Kita ganti velg, tapi claim ke BeRes perkara mesin atau interior...
Claim ditolak karena mobilnya ganti velg.
Kan lucu...
Klo ganti velg yg claim mesin dibilang velg melebihi ukuran std,beban mesin bertambah dan menyebabkan bla bla bla dll yg ga masuk akal...dan klo claim.interior dblg ban terlalu tipis akibat ganti velg ukuran gede jd tdk bs meredam guncangan dan bkin interior lama2 kendor hahahaa
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1547
- Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
- Location: SOUTH SUMATRA
- Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT
Re: RE: Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
Betul pengalaman saya pelihara ANGL 2014 selalu servis di dealer tempat beli mobilnya :Nissan Istana benar Part kaya filter oli 34 rb, oli NGO 5W30 SN 97,5 rb filter UDARA 124,5 Rb & filter Ac 126 rb harga terakhirvpas saya beli awal bln ini utk stock di rumah buat DIY sendiri kedepannya after warrantynya abis (karena udh tau caranya setelah 3 thn ini selalu tongkrongi kalau mobil saya lg servis) gak mahal - standar saja harganya tapi utk yg lain non fast moving seperti shock Absorber dsb belum tau karena belum pernah ganti. 'Mungkin' Biaya jasanya yg lebih tinggi kali dari bengkel sebelah. Saya bilang 'mungkin' karena gak tahu brp biaya jasa servis di bengkel sebelah krn blm pernah dan baru berdasarkan hasil info baca di kaskus sebelah[emoji1]sandal wrote:https://oto.detik.com/mobil/d-3511242/b ... ata-nissanMasih banyak masyarakat yang menganggap biaya servis di bengkel resmi lebih mahal daripada bengkel pada umumnya. Hal itu juga menghinggap pada merek asal Jepang, Nissan soal bengkelnya di Indonesia.
Menanggapi hal tersebut, Nissan Motor Indonesia (NMI) mengatakan memang beberapa komponen di bengkel resminya dijual dengan harga mahal, namun juga tidak semuanya.
"Saat pertama di Nissan, saya mencoba bertanya langsung ke customer, dan seperti yang anda bilang tadi, konsumennya beranggapan sparepart kami lebih mahal dan saya tanya lagi, parts apa yang mahal, tolong kasih tau saya, tapi tidak disebutkan secara jelas," ungkap Presiden Direktur NMI, Eichii Koito, di Jakarta.
Koito menambahkan pihaknya akan melakukan pembenahan agar mengubah pandangan masyarakat soal biaya servis di bengkel resmi yang mahal.
"Kemudian dilakukan pengecekan ke tim aftersales di banyak merek, dan mereka bilang kami masih punya harga kompetitif. Di pasar sparepart, kami memiliki perbedaan harga tidak terlalu spesifik, ada yang memang lebih mahal, tapi ada juga yang lebih murah. Tapi memang persepsi di masyarakat seperti itu, dan kami harus mengubahnya untuk mengubah memang tidak mudah, ini salah satu yang akan kami lakukan untuk pembenahan aftersales," jelas Koito
Sent from my Redmi Note 3 using Seraya Motor mobile app

HR15DE 2014
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 497
- Joined: Thu Aug 11, 2016 14:27
- Location: Serpong
- Daily Vehicle: Honda CR-V
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
ya kalo dibandingin ama bengkel spesialis mah, yang pasti lebih mahal adalah biaya jasa
sebab biaya jasa nya dipisah per item bukan per sekali kerja hari itu
dan ditotal pun pasti lebih mahal beres, katanya sih karena teknisi nya berpengalaman dan bersertifikat resmi (Honda Permata deket rumah)
sebab biaya jasa nya dipisah per item bukan per sekali kerja hari itu
dan ditotal pun pasti lebih mahal beres, katanya sih karena teknisi nya berpengalaman dan bersertifikat resmi (Honda Permata deket rumah)
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
bengkel resmi kadang butuh dan ga butuh. klu rutin, lebih murah rawat sendiri, atau ke bengkel umum aja. kyk ganti oli, di bengkel resmi dicharge oli 4 liter, pdhl miras ane cuma bisa minum 3 liter. belum lagi tau2 ada filter yang diganti ga pake bilang2.
tapi saat emergency, baru terasa butuhnya bengkel resmi. apalagi kalau di luar kota, dimana ga ada kenalan bengkel umum yg bisa dipercaya. seperti minggu lalu, kaitan kabel kopling patah di tol. akhirnya di derek sampai mitsubishi karawang (yg paling dekat) sekitar jam 7-8 malam. matek aja nyari bengkel umum jam segitu. kalau bengkel resmi tinggal cari di google maps, langsung ketemu. simpel. belum lagi masalah part. mereka bisa bantu sediakan part emergency, yg boleh ambil dari mobil stok (utk mitsubishi ya..). entah kalau bengkel umum. entah ada yg mau ambil part dari parkiran mobil.........
btw thx to om suriadi dr dwindo cakung yg udah bantu sediain kabel kopling baru....
tapi saat emergency, baru terasa butuhnya bengkel resmi. apalagi kalau di luar kota, dimana ga ada kenalan bengkel umum yg bisa dipercaya. seperti minggu lalu, kaitan kabel kopling patah di tol. akhirnya di derek sampai mitsubishi karawang (yg paling dekat) sekitar jam 7-8 malam. matek aja nyari bengkel umum jam segitu. kalau bengkel resmi tinggal cari di google maps, langsung ketemu. simpel. belum lagi masalah part. mereka bisa bantu sediakan part emergency, yg boleh ambil dari mobil stok (utk mitsubishi ya..). entah kalau bengkel umum. entah ada yg mau ambil part dari parkiran mobil.........

btw thx to om suriadi dr dwindo cakung yg udah bantu sediain kabel kopling baru....

Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 84
- Joined: Sun Dec 20, 2015 3:22
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
Kalau di middle east, kalau ada part mobil yang rusak mending datang ke pasar loak mobil (atau pasar burung karena mobil ditawar-tawar kayak di pasar burung). Kasarnya, mobil bisa dijual ke pasar loak gara-gara ban mobil bocor. Harga kanibal jauh lebih murah dari beres, apalagi kalau ngelepas barangnya sendiri.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 340
- Joined: Mon Mar 06, 2017 10:39
- Daily Vehicle: terios
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
Mobil saya sudah masuk tahun ke-6 km 130rb. Rutin ke beres sesuai jadwal dari km 0 dan belum pernah ke bengkel umum. Hehehe...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1547
- Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
- Location: SOUTH SUMATRA
- Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
Wow salut utk konsistensi nya. Kalau saya selama warranty sama dgn Om konsisten periodik maintenance ke beres dan belajar dgn tongkrongi mereka wkt lagi servis mobil saya dgn tujuan bisa servis ringan spt ganti filter udara dan filter kabin/AC serta ganti oli mesin karena saya kerja dan tinggal di kompleks dekat pabrik yg jaraknya ke beres 140 km ( 4 jam perjalanan) jadi PP 240 km kalau servis ringan di garasi paling 1 jam selesai deh. Lebih efisien dan efektif. Tapi utk yg bukan service ringan memang harus ke beres atau bengkel recommended.
Sent from my Redmi Note 3 using Seraya Motor mobile app
Sent from my Redmi Note 3 using Seraya Motor mobile app

HR15DE 2014
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 33
- Joined: Sat Jan 23, 2016 6:45
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
Pas Awal2 rutin servis di beres S, tiap 5000... Tapi koq berasa mahal ya pas 5000 kena biaya jasa, pdhl cm ganti oli doang.. akhirnya ganti oli selalu di tod* or Snd.. ke beres S tiap klipatan 10.000.
Skrg msh ke beres, tp jadwalnya suka2 gw aja ga rutin kelipatan 10.000.. yg penting oli & filter rutin ganti di luar.. terakhir ke beres pas km menunjukkan 95.000 utk sservis 80rb wkwkwk.. kena DC 1.5jt
Skrg msh ke beres, tp jadwalnya suka2 gw aja ga rutin kelipatan 10.000.. yg penting oli & filter rutin ganti di luar.. terakhir ke beres pas km menunjukkan 95.000 utk sservis 80rb wkwkwk.. kena DC 1.5jt

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 340
- Joined: Mon Mar 06, 2017 10:39
- Daily Vehicle: terios
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
Perjalanan ke beres pp 2x4jam om. Ditambah waktu servisnya. Wow... Bisa nginep utk urusan servis ini...Herman7103 wrote: Fri May 26, 2017 14:04 Wow salut utk konsistensi nya. Kalau saya selama warranty sama dgn Om konsisten periodik maintenance ke beres dan belajar dgn tongkrongi mereka wkt lagi servis mobil saya dgn tujuan bisa servis ringan spt ganti filter udara dan filter kabin/AC serta ganti oli mesin karena saya kerja dan tinggal di kompleks dekat pabrik yg jaraknya ke beres 140 km ( 4 jam perjalanan) jadi PP 240 km kalau servis ringan di garasi paling 1 jam selesai deh. Lebih efisien dan efektif. Tapi utk yg bukan service ringan memang harus ke beres atau bengkel recommended.
Sent from my Redmi Note 3 using Seraya Motor mobile app


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1068
- Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
Kalo saya malah kapok ke bengkel umum, sama gak beresnya. Kalo gak ngerti malah 'dikerjain' juga.
Pernah service livina ama bengkel spesialis nissan di tangerang. Benerin kaki2. Habis 6 juta, pas pulang malah makin nyaring suara gluduk nya.
Dan setelah saya cek harga partnya malah lebih mahal dari beres. Jasanya juga gila mahalnya.
Makanya mendingan ke beres dah kalo ane.
Pernah service livina ama bengkel spesialis nissan di tangerang. Benerin kaki2. Habis 6 juta, pas pulang malah makin nyaring suara gluduk nya.
Dan setelah saya cek harga partnya malah lebih mahal dari beres. Jasanya juga gila mahalnya.
Makanya mendingan ke beres dah kalo ane.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 45
- Joined: Tue Feb 23, 2016 8:13
- Location: Banjarmasin
- Daily Vehicle: Evalia HWS 2014
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
Ke beres cuman buat formalitas garansi sama ngambil jasa service dan oli gratis doang, habis itu selalu di bengkel langganan kepercayaan 

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 26
- Joined: Tue Jan 24, 2017 5:29
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
berhubung saya taunya cuman pakai mobil..paling aman ya ke beres..
Blm tau bengkel non beres yg rekomended di jogja
Bahkan dulu waktu punya charade cx dan genio yg umurnya udah puluhan taun aja kadang ke beres..wkk
Blm tau bengkel non beres yg rekomended di jogja
Bahkan dulu waktu punya charade cx dan genio yg umurnya udah puluhan taun aja kadang ke beres..wkk
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 724
- Joined: Mon Jul 04, 2016 16:27
- Daily Vehicle: Ga Kencang Tapi Menggetarkan
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
Halo om mau tanya :
Lagi dilema mau servis HRV 1.5 2015 mending di beres atau non beres , kok kayanya di beres ga worth ya harganya Untuk servis 30 rb .
JASA : 454.545
SPAREPART : 146.000 ( filter udara )
BAHAN : BRAKE PARTS CLEANER : 54.000
CHAMBER CLEANER : 90.000
INJECTOR CLEANER : 160.000
Tanpa ganti oli dan filter oli ( saya ganti di t0da untuk oli )
total 995.000 semua .
Ada rekomen atau mending tetep di beres ?
Lagi dilema mau servis HRV 1.5 2015 mending di beres atau non beres , kok kayanya di beres ga worth ya harganya Untuk servis 30 rb .
JASA : 454.545
SPAREPART : 146.000 ( filter udara )
BAHAN : BRAKE PARTS CLEANER : 54.000
CHAMBER CLEANER : 90.000
INJECTOR CLEANER : 160.000
Tanpa ganti oli dan filter oli ( saya ganti di t0da untuk oli )
total 995.000 semua .
Ada rekomen atau mending tetep di beres ?
- yang kenceng kalah sama yang wet look
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 41
- Joined: Tue May 31, 2016 1:35
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
nyimak om.carlzeiss wrote: Wed Aug 09, 2017 5:28 Halo om mau tanya :
Lagi dilema mau servis HRV 1.5 2015 mending di beres atau non beres , kok kayanya di beres ga worth ya harganya Untuk servis 30 rb .
JASA : 454.545
SPAREPART : 146.000 ( filter udara )
BAHAN : BRAKE PARTS CLEANER : 54.000
CHAMBER CLEANER : 90.000
INJECTOR CLEANER : 160.000
Tanpa ganti oli dan filter oli ( saya ganti di t0da untuk oli )
total 995.000 semua .
Ada rekomen atau mending tetep di beres ?
-unit yg sama, cm ane mau servis 20rb km.(current odo 10rb-an)
-idem, ane oli beli sendiri di tope*/blibl*, jasa ganti oli dan filter oli di toda.
-oli rekomen dari om Turboman, mantaps....

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 724
- Joined: Mon Jul 04, 2016 16:27
- Daily Vehicle: Ga Kencang Tapi Menggetarkan
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
Servis 20 rb masih gratis om di beres, saya servis 20 rb diberes, 30 rb baru bayar .cicidanqimy wrote: Wed Aug 09, 2017 5:57nyimak om.carlzeiss wrote: Wed Aug 09, 2017 5:28 Halo om mau tanya :
Lagi dilema mau servis HRV 1.5 2015 mending di beres atau non beres , kok kayanya di beres ga worth ya harganya Untuk servis 30 rb .
JASA : 454.545
SPAREPART : 146.000 ( filter udara )
BAHAN : BRAKE PARTS CLEANER : 54.000
CHAMBER CLEANER : 90.000
INJECTOR CLEANER : 160.000
Tanpa ganti oli dan filter oli ( saya ganti di t0da untuk oli )
total 995.000 semua .
Ada rekomen atau mending tetep di beres ?
-unit yg sama, cm ane mau servis 20rb km.(current odo 10rb-an)
-idem, ane oli beli sendiri di tope*/blibl*, jasa ganti oli dan filter oli di toda.
-oli rekomen dari om Turboman, mantaps....![]()
Servis 20 rb tanpa ganti oli sama filter oli sekitar 145 rb an cuman bahan bahan kaya brake pads sama apa gitu .
jasa ganti oli di toda kena brp om ? boleh ya bawa dari luar olinya ?
- yang kenceng kalah sama yang wet look
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 327
- Joined: Sun Feb 28, 2016 1:28
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
Ane kemaren service 20k km haerpi ane di beres daerah jateng kok mahal ya Gan, kena 2.4 jt gan. sekitar 2jutaan buat serpis, oli mesin n oli cvt plus 2 filter lupa ga filter apaan, 400rban. Wajar ga gan segitu? Buat ane sih mahal ya gan, ini kayaknya serpis rutin paling mahal yang pernah ane lakuin, apalagi kemaren cuma bawa duit 2 jt gan, harus ke atm dulu deh buat ngasih kurangannya
, dianter mobil service sierpi sepuh gen2 gitu, dalemnya penuh sama alat2 bengkel gitu gan, takut kalo ane bawa mobil sendiri kabur ga bayar kali 
![Yes / No [emo-yesno]](./images/smilies/2017-yesno.gif)

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 71
- Joined: Sun Jan 03, 2016 4:40
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
ngomong soal service di bengkel resmi, saya alami 2 kejadian 'ajaib', satu bengkel resmi sepeda motor, satunya lagi bengkel resmi mobil.
1. kejadian uda agak lama, sekitar tahun 2012, waktu jakarta tepatnya wilayah kapuk mas lagi alami banjir lumayan besar. berhubung hari agak gelap, saya yang bawa sepeda motor nekat terobos tuh banjir, kejadian selanjutnya bisa ditebak, motor saya mogok di tengah banjir, kesalahan ku waktu itu, mencoba starter ditengah banjir, tetap aja gak nyala, akhirnya dorong ke rumah.
besok harinya, tuh motor tetap gak nyala, berhubung didekat rumah ada bengkel resmi, makanya langsung bawa kesana. dicek sekitar 30 menit, langsung divonis daleman mesin rusak dengan penjelasan teknis yang saya ga ngerti artinya, intinya total biaya perbaikan bisa habis 3 juta. shock lah gw, ini motor tua, kalau dijual paling laku 5 juta, masa gara gara banjir, biaya perbaikan harus abisin 3 juta, dalam hati mending ga usa diperbaikin sekalian, biarin dah jadi besi tua.
akhirnya tuh motor saya bawa kembali. dalam perjalanan dorong ke rumah, ada bengkel jalanan merangkap tambal ban yang rada gak jelas, ukuran paling 3x3 meter, uda itu lantainya belepotan oli kemana mana, tukangnya dekil kayak gelandangan.
berhubung masi shock dan uda bercampur pasrah, iseng iseng mampir ke bengkel jalanan tadi, kali aja bisa diperbaiki. kalau ga bisa, ya uda, beneran saya jadiin besi tua aja tuh motor.
tukangnya segera otak atik dan ganti oli, saya pun berdiri pasrah liatin. dan...... 30 menit kemudian, tuh motor nyalaaaa....
dan berapa biaya nya ? cuma 80ribu...
gw yang merasa kesenangan langsung kasi duit 100 ribu dan bilang ga usa kembalian.
kejadian ini bikin saya merasa yang namanya beres tidak selamanya beres.
nanti saya sambungin yang kejadian di beres mobil. berhubung hp lowbatt
1. kejadian uda agak lama, sekitar tahun 2012, waktu jakarta tepatnya wilayah kapuk mas lagi alami banjir lumayan besar. berhubung hari agak gelap, saya yang bawa sepeda motor nekat terobos tuh banjir, kejadian selanjutnya bisa ditebak, motor saya mogok di tengah banjir, kesalahan ku waktu itu, mencoba starter ditengah banjir, tetap aja gak nyala, akhirnya dorong ke rumah.
besok harinya, tuh motor tetap gak nyala, berhubung didekat rumah ada bengkel resmi, makanya langsung bawa kesana. dicek sekitar 30 menit, langsung divonis daleman mesin rusak dengan penjelasan teknis yang saya ga ngerti artinya, intinya total biaya perbaikan bisa habis 3 juta. shock lah gw, ini motor tua, kalau dijual paling laku 5 juta, masa gara gara banjir, biaya perbaikan harus abisin 3 juta, dalam hati mending ga usa diperbaikin sekalian, biarin dah jadi besi tua.
akhirnya tuh motor saya bawa kembali. dalam perjalanan dorong ke rumah, ada bengkel jalanan merangkap tambal ban yang rada gak jelas, ukuran paling 3x3 meter, uda itu lantainya belepotan oli kemana mana, tukangnya dekil kayak gelandangan.
berhubung masi shock dan uda bercampur pasrah, iseng iseng mampir ke bengkel jalanan tadi, kali aja bisa diperbaiki. kalau ga bisa, ya uda, beneran saya jadiin besi tua aja tuh motor.
tukangnya segera otak atik dan ganti oli, saya pun berdiri pasrah liatin. dan...... 30 menit kemudian, tuh motor nyalaaaa....
dan berapa biaya nya ? cuma 80ribu...
gw yang merasa kesenangan langsung kasi duit 100 ribu dan bilang ga usa kembalian.
kejadian ini bikin saya merasa yang namanya beres tidak selamanya beres.
nanti saya sambungin yang kejadian di beres mobil. berhubung hp lowbatt
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 260
- Joined: Wed Jun 18, 2014 3:07
- Location: kolong langit
- Daily Vehicle: supra fit
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
mobil ane 2014 dari baru sampai sekarang selalu di bengkel resmi
ane biasa service di nissan pluit
SA dan beberapa mekaniknya bisa diajak diskusi
pernah perbaiki pintu geser serena c24 2012
lalu 3 bln kemudian itu pintu rusak lagi gara" anak saudara dorong paksa itu pintu
ane balik lagi ke BeRes. eh.. ternyata gratis ongkos jasa
karena pernah perbaikan dimereka
yang penting kita ikut perhatikan mekanik apa saja yg mereka kerjakan. sekalian tambah ilmu
ane biasa service di nissan pluit
SA dan beberapa mekaniknya bisa diajak diskusi
pernah perbaiki pintu geser serena c24 2012
lalu 3 bln kemudian itu pintu rusak lagi gara" anak saudara dorong paksa itu pintu
ane balik lagi ke BeRes. eh.. ternyata gratis ongkos jasa
karena pernah perbaikan dimereka
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
yang penting kita ikut perhatikan mekanik apa saja yg mereka kerjakan. sekalian tambah ilmu
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 59
- Joined: Thu Aug 27, 2009 16:24
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
beres hanya selama masa warranty saja, pengalaman di altis, kejadian sudah lama pernah rusak power window, udah turun ga bisa dinaikan lg kacanya, bawa ke bengkel resmi auto 2k, harus ganti alatnya 1 set kurang lbh 1 jt an kalo ga salah, untung waktu itu ga langsung di iya in, teringat ada bengkel biasa deket rumah, coba bawa kesana, ternyata hanya ganti 1 alat kotak kecil hitam entah apa namanya hanya 150k, alhasil power window normal lagi sampai sekarang. Sejak itu sudah tidak pernah percaya bengkel resmi.