Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
MrPresident wrote:om turboman. saya punya spin diesel beli 2nd. sekarang pakai oli 15w-40 dari eneos ci-4. kira-kira bisa gak saya ganti pakai eneos sustina yang 5w-30 atau fastron gold 5w-30. karena di buku manualnya speknya minta 5w-30 dexos2. tapi kata bengkel oli 5w-30 q8 dexos2 bawaan chevrolet kurang cocok untuk penggunaan di sby. sebenernya menggunakan 15w-40 saya agak was-was karena tidak sesuai dengan spek buku manual. dan juga saya selalu isi dex untuk ini mobil.
konsumsi dex menurut saya cukup irit, kemaren jalan 300 kman hanya habis 2 strip solar.
kira-kira kalo saya ganti oli eneos sustina atau fastron gold pengaruhnya ke mesin apa? maklum baru pertama pakek mobil non jepang yang solar dan ada turbonya.
datasheet fastron gold
TYPICAL CHARACTERISTICS
Characteristic Test Method FASTRON GOLD SAE 5W‐30
SAE Viscosity Grade ‐ 5W‐30
Appearance ‐ Clear
Density at 15 o
C, kg/l ASTM D ‐ 4052 0.8439
Kinematic Viscosity, at 40 o
C, cSt ASTM D ‐ 445 62.44
at 100 °C, cSt ASTM D ‐ 445 11.07
Vicosity Index ASTM D ‐ 2270 171
ASTMColour ASTM D ‐ 1500 L 2.5
Flash Point, o
C ASTM D ‐ 92 226
Pour Point, °C ASTM D ‐ 5950 ‐33
Total Base Number, mgKOH/g ASTM D ‐ 2896 7.62
Apparent Viscosity at ‐30°C, cP ASTM D ‐ 5293 4950
diatas om turboman menyebutkan untuk spin pakek mb 229.5, fastron gold sudah 229.5 dan juga dexos2, sedangkan eneos sustina tidak menyebutkan mbnya, tetapi melihat tbn dan vi nya tinggi eneos, mohon petunjuk om turboman biar tidak sesat dalam memilih oli
Apa rekan2 SM punya pengalaman / rekomendasi oli mesin High milleage?? (car odo almost 200,000km) Saat ini cari oli mesin yg bs tahan min 5000km.. Dan kebutuhan spek oli menurut manual book adalah 10w30 / 15W40 / 20W50 tergantung suhu terdingin pagi / malam. Cuma sy baca2 mesin jadul mobil sy ini rentan terkena HLA apabila oli mesin terlalu kental (baca: oli awalan 20W) maka sementara ini hanya berani pakai minimum oli awalan 15W. Mohon koreksinya.
Kalo untuk kendaraan High mileage penguapan tinggi, oli langganan yg di coba selama 3 tahun terakhir rata bertahan 3500km saja sudah titik ujung dr dipstick oli..
Seal valve cover selalu diganti reguler saat mulai rembes oli.. HX5 15W40 Viscosity index 135, flashpoint 241
Oiya mobil sy Avega lama 2007. Pemakaian harian mobil cukup intensif 100-150km/hari, pertahun 35,000Km. rute dalkot campur tol. Karena dipakai operasional kerja sehari2. Pemakaian cukup intensif membuat ganti oli pun wajib 1.5 bulan sekali
Sy kedepan rencana mencoba Fastron Techno 10W40 Viscosity index 172, flashpoint 248 dengan harapan menaikkan VI 37 poin & juga flashpoint 7 poin (dibandingkan HX5) ini mampu mendapatkan ketahanan 5000km atau lebih dalam single top up. Mohon sarannya
kasi aja 10W30
bisa Fastron / Kendall Super DXA / Cast Magnatec
kalo misal nguap2 ya pake 10W40 aja (byk pilihan)
Kalo mobil sering ke luar kota ganti oli per 10.000 km aja
Apa rekan2 SM punya pengalaman / rekomendasi oli mesin High milleage?? (car odo almost 200,000km) Saat ini cari oli mesin yg bs tahan min 5000km.. Dan kebutuhan spek oli menurut manual book adalah 10w30 / 15W40 / 20W50 tergantung suhu terdingin pagi / malam. Cuma sy baca2 mesin jadul mobil sy ini rentan terkena HLA apabila oli mesin terlalu kental (baca: oli awalan 20W) maka sementara ini hanya berani pakai minimum oli awalan 15W. Mohon koreksinya.
Kalo untuk kendaraan High mileage penguapan tinggi, oli langganan yg di coba selama 3 tahun terakhir rata bertahan 3500km saja sudah titik ujung dr dipstick oli..
Seal valve cover selalu diganti reguler saat mulai rembes oli.. HX5 15W40 Viscosity index 135, flashpoint 241
Oiya mobil sy Avega lama 2007. Pemakaian harian mobil cukup intensif 100-150km/hari, pertahun 35,000Km. rute dalkot campur tol. Karena dipakai operasional kerja sehari2. Pemakaian cukup intensif membuat ganti oli pun wajib 1.5 bulan sekali
Sy kedepan rencana mencoba Fastron Techno 10W40 Viscosity index 172, flashpoint 248 dengan harapan menaikkan VI 37 poin & juga flashpoint 7 poin (dibandingkan HX5) ini mampu mendapatkan ketahanan 5000km atau lebih dalam single top up. Mohon sarannya
kasi aja 10W30
bisa Fastron / Kendall Super DXA / Cast Magnatec
kalo misal nguap2 ya pake 10W40 aja (byk pilihan)
Kalo mobil sering ke luar kota ganti oli per 10.000 km aja
MrPresident wrote:om turboman. saya punya spin diesel beli 2nd. sekarang pakai oli 15w-40 dari eneos ci-4. kira-kira bisa gak saya ganti pakai eneos sustina yang 5w-30 atau fastron gold 5w-30. karena di buku manualnya speknya minta 5w-30 dexos2. tapi kata bengkel oli 5w-30 q8 dexos2 bawaan chevrolet kurang cocok untuk penggunaan di sby. sebenernya menggunakan 15w-40 saya agak was-was karena tidak sesuai dengan spek buku manual. dan juga saya selalu isi dex untuk ini mobil.
konsumsi dex menurut saya cukup irit, kemaren jalan 300 kman hanya habis 2 strip solar.
kira-kira kalo saya ganti oli eneos sustina atau fastron gold pengaruhnya ke mesin apa? maklum baru pertama pakek mobil non jepang yang solar dan ada turbonya.
datasheet fastron gold
TYPICAL CHARACTERISTICS
Characteristic Test Method FASTRON GOLD SAE 5W‐30
SAE Viscosity Grade ‐ 5W‐30
Appearance ‐ Clear
Density at 15 o
C, kg/l ASTM D ‐ 4052 0.8439
Kinematic Viscosity, at 40 o
C, cSt ASTM D ‐ 445 62.44
at 100 °C, cSt ASTM D ‐ 445 11.07
Vicosity Index ASTM D ‐ 2270 171
ASTMColour ASTM D ‐ 1500 L 2.5
Flash Point, o
C ASTM D ‐ 92 226
Pour Point, °C ASTM D ‐ 5950 ‐33
Total Base Number, mgKOH/g ASTM D ‐ 2896 7.62
Apparent Viscosity at ‐30°C, cP ASTM D ‐ 5293 4950
diatas om turboman menyebutkan untuk spin pakek mb 229.5, fastron gold sudah 229.5 dan juga dexos2, sedangkan eneos sustina tidak menyebutkan mbnya, tetapi melihat tbn dan vi nya tinggi eneos, mohon petunjuk om turboman biar tidak sesat dalam memilih oli
5W30 HDEO aja spt Q8 T8700 / Delvac LE
5W30 MB 229.5 ya Shell Helix Ultra
atau mau yg ekonomis = Kendall Super DXA 10W30
terima kasih om turboman. Semoga dapat kendall super dxa10w30 di sby.
MrPresident wrote:om turboman. saya punya spin diesel beli 2nd. sekarang pakai oli 15w-40 dari eneos ci-4. kira-kira bisa gak saya ganti pakai eneos sustina yang 5w-30 atau fastron gold 5w-30. karena di buku manualnya speknya minta 5w-30 dexos2. tapi kata bengkel oli 5w-30 q8 dexos2 bawaan chevrolet kurang cocok untuk penggunaan di sby. sebenernya menggunakan 15w-40 saya agak was-was karena tidak sesuai dengan spek buku manual. dan juga saya selalu isi dex untuk ini mobil.
konsumsi dex menurut saya cukup irit, kemaren jalan 300 kman hanya habis 2 strip solar.
kira-kira kalo saya ganti oli eneos sustina atau fastron gold pengaruhnya ke mesin apa? maklum baru pertama pakek mobil non jepang yang solar dan ada turbonya.
datasheet fastron gold
TYPICAL CHARACTERISTICS
Characteristic Test Method FASTRON GOLD SAE 5W‐30
SAE Viscosity Grade ‐ 5W‐30
Appearance ‐ Clear
Density at 15 o
C, kg/l ASTM D ‐ 4052 0.8439
Kinematic Viscosity, at 40 o
C, cSt ASTM D ‐ 445 62.44
at 100 °C, cSt ASTM D ‐ 445 11.07
Vicosity Index ASTM D ‐ 2270 171
ASTMColour ASTM D ‐ 1500 L 2.5
Flash Point, o
C ASTM D ‐ 92 226
Pour Point, °C ASTM D ‐ 5950 ‐33
Total Base Number, mgKOH/g ASTM D ‐ 2896 7.62
Apparent Viscosity at ‐30°C, cP ASTM D ‐ 5293 4950
diatas om turboman menyebutkan untuk spin pakek mb 229.5, fastron gold sudah 229.5 dan juga dexos2, sedangkan eneos sustina tidak menyebutkan mbnya, tetapi melihat tbn dan vi nya tinggi eneos, mohon petunjuk om turboman biar tidak sesat dalam memilih oli
5W30 HDEO aja spt Q8 T8700 / Delvac LE
5W30 MB 229.5 ya Shell Helix Ultra
atau mau yg ekonomis = Kendall Super DXA 10W30
terima kasih om turboman. Semoga dapat kendall super dxa10w30 di sby.
Turboman wrote: Wed Aug 02, 2017 8:20
5W30 HDEO aja spt Q8 T8700 / Delvac LE
5W30 MB 229.5 ya Shell Helix Ultra
atau mau yg ekonomis = Kendall Super DXA 10W30
terima kasih om turboman. Semoga dapat kendall super dxa10w30 di sby.
Altwrnatif
FK Massimo Dies Dash 10W30
Castrol Magnatec Diesel 10W30
Kalo fk dan castrol pasti gampang carinya di sby om turboman. Tapi setelah saya baca-baca banyak tulisan om turboman yang menyarankan kendall. Saya jadi penasaran sama kendall. Oh iya om untuk kendall bisa dipakai berapa kilo ya om? Dan juga apakah perlu nambah oli 2t disolar mengingat saya menggunakan dex. Kalo masih perlu spek oli 2t seperti apa yang cocok sama spin saya. Terima kasih sebelumnya om turbo, ditunggu wejangannya
MrPresident wrote:
terima kasih om turboman. Semoga dapat kendall super dxa10w30 di sby.
Altwrnatif
FK Massimo Dies Dash 10W30
Castrol Magnatec Diesel 10W30
Kalo fk dan castrol pasti gampang carinya di sby om turboman. Tapi setelah saya baca-baca banyak tulisan om turboman yang menyarankan kendall. Saya jadi penasaran sama kendall. Oh iya om untuk kendall bisa dipakai berapa kilo ya om? Dan juga apakah perlu nambah oli 2t disolar mengingat saya menggunakan dex. Kalo masih perlu spek oli 2t seperti apa yang cocok sama spin saya. Terima kasih sebelumnya om turbo, ditunggu wejangannya
Kendall sy pernah test sampe 9000 km, walau sy gak test lab, kinerja mesin masi tetap baik
FK Mass Dies Dash 10W30 pake 5500 km aja, di atas itu suara mesin udah gak keru2 an
Cast Magn Dies 10W30 belom pernah coba, mestinya 7500 km bisa, tapi kalo misal di 5500 - 6000 km udah gak enak ya buang aja
Kalo fk dan castrol pasti gampang carinya di sby om turboman. Tapi setelah saya baca-baca banyak tulisan om turboman yang menyarankan kendall. Saya jadi penasaran sama kendall. Oh iya om untuk kendall bisa dipakai berapa kilo ya om? Dan juga apakah perlu nambah oli 2t disolar mengingat saya menggunakan dex. Kalo masih perlu spek oli 2t seperti apa yang cocok sama spin saya. Terima kasih sebelumnya om turbo, ditunggu wejangannya
Kendall sy pernah test sampe 9000 km, walau sy gak test lab, kinerja mesin masi tetap baik
FK Mass Dies Dash 10W30 pake 5500 km aja, di atas itu suara mesin udah gak keru2 an
Cast Magn Dies 10W30 belom pernah coba, mestinya 7500 km bisa, tapi kalo misal di 5500 - 6000 km udah gak enak ya buang aja
Harga terjangkau (jadi saat ganti oli gak sayang2)
Utk kelas interval ganti tiap 2 tahun
* bukan seles oli *
Bantu tampilin list lengkap nya:
Nissan hanya untuk NS 1 dan 2
Mitsu CVT J1 dan SP III saja.
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
Om turbo minta pencerahan dong Misalkan oli A punya angka tbn 12,an VInya 163,trus oli B punya angka tbn 10 VInya 168. Untuk pemakaian long drain interval selain faktor tbn apa VI jg pengaruhnya gede ? Thx om
Nugrohonug wrote:Om turbo minta pencerahan dong Misalkan oli A punya angka tbn 12,an VInya 163,trus oli B punya angka tbn 10 VInya 168. Untuk pemakaian long drain interval selain faktor tbn apa VI jg pengaruhnya gede ? Thx om
VI pengaruh
kualitas base oil pengaruh
contoh :
FK Mass Dies Dash 10W30 yg TBN tinggi (11 lebih) toh 5500 km buang krn oli-nya dah memble
Malam2 om sekalian, selama ini saya silent reader sering baca2 thread ini. Akhirnya nemu yg ganjel atau gatel buat ditanyakeun. Om2 sekalian, jadi kemarin ini lagi ada promo di Blibli.com (pengirimnya juga lgsg Blibli, bukan partner merchantnya) Mobil Super Synth 0w-20. Nah, barang dateng, agak was2 cek2 dulu visual botol. Ya menurut saya sih botol kualitas print dah juga oke, manufacturing date ada. Coba buka, ya cukup keras untuk dibuka (ga langsung pletekk kebuka). Nah setelah dibuka, kok baunya tajem ya merk Mobil ini. Dibanding oli motul yang sebelumnya saya pake atau idemitsu, si mobil super synth lebih tajem. Singkat cerita, coba dituang ke wadah, seperti di gambar yang saya attached (kiri Motul, Kanan Mobil). Nah Mobil ga sejernih si Motul. Oiya, si motul tuh specific 913D 5w-30. Apakah masih wajar?
Per hari ini, coba masukin ke boil. Ya sejauh ini ga merasa ada aneh2 sih, tapi ya karena lebih encer dr sebelumnya --> jadi suara mesin jadi kasar. Ngeliat botolnya yang udah kosong, cek dasarnya sih ga ada endapan (biasa kalo palsu katanya ada endapan)
Nah karena bau yang tajam dan warna ga sejernih si motul, apakah saya dapet produk counterfeit alias palsu?