Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 258
- Joined: Wed Feb 27, 2013 6:03
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
ya sbnrnya simpel aja..duo ini dibuat untuk market lokal..history nya ckp panjang dari kijang...plus dibuat oleh brand yg jaringannya dah kuat..dan diperbaharui secara kontinu..
toh dominasi ini cm utk market lokal..di market luar mah biasa aja cenderung gak laku...
sbnrnya membuat spek lokal mcm duo ini di era global skrg ini ga efisien...innova pun menggunakan platform global tuk kurangi cost..avanza sy krg tau apakah dari gen 1 sp skrg ada perubahan di chassis...mgkn ini knp panther & kuda ga lanjut...mending brand nya jualan spek global yg ada psrnya di indo mcm elf & triton...
anyway kbthan mbl berhubungan dgn infrastruktur & ekonomi..slm msh byk jln jelek, banjir, bbm kualitas rendah & mbl adalah brg mewah( jd pgnnya mbl besar krn pgn angkut sodara yg tdk punya mbl) duo ini akan trs laku...
toh dominasi ini cm utk market lokal..di market luar mah biasa aja cenderung gak laku...
sbnrnya membuat spek lokal mcm duo ini di era global skrg ini ga efisien...innova pun menggunakan platform global tuk kurangi cost..avanza sy krg tau apakah dari gen 1 sp skrg ada perubahan di chassis...mgkn ini knp panther & kuda ga lanjut...mending brand nya jualan spek global yg ada psrnya di indo mcm elf & triton...
anyway kbthan mbl berhubungan dgn infrastruktur & ekonomi..slm msh byk jln jelek, banjir, bbm kualitas rendah & mbl adalah brg mewah( jd pgnnya mbl besar krn pgn angkut sodara yg tdk punya mbl) duo ini akan trs laku...
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
Xenia di RRC pernah dijual under FAW brand
Dan........kandas......kalah laku ama Wuling........wakakakaka

Dan........kandas......kalah laku ama Wuling........wakakakaka

* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1510
- Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
hehe iya om sebenernya maksud saya agak nyindir orang yang bilang: avansa lebih kuat, reliabel, susuki ertiga gampang rusakBulgogi wrote: Tue Aug 01, 2017 11:35Kalo ngomong tahan banting mah suzuki sama kuatnya kaya toyota.. cm kembali ke kebutuhan aja.. org indihe butuhnya mobil kecil & pikap roda 3.. disana jalannya sempit, pemukiman padet, lebih bnyk yg jalan kaki drdp kendaraan saking padetnya terutama new delhi.. tol & jalan raya sedikit.. belum lagi pajak ringan utk CC kecil.. avanza pernah di jual, tapi ga laku.. malah lebih laku innova..daftar wrote:Kenapa di india avanza nggak jualan ya
Padahal perlakuan orang india dalam meng-abuse kendaraan mirip2 lah sama indo.
kan kata kebanyakan orang avanza itu awet
apa karena produk dari daihatsu
padahal buktinya di indihe sana ertiga laku, sementara orang india kalo cara pake mobil mungkin mirip2 atau lebih parah dari indo, tp tetep jualannya kayak kacang goreng, berarti awet juga kan
pdhl kalo lihat pengalaman dahulu sih sebenernya susuki lebih bandel ketimbang daihatsu, bisa ditanyakan ke orang daerah

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 208
- Joined: Wed Feb 01, 2017 2:24
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
Dari dulu pada berlomba-lomba menumbangkan avanza innova. Kalo menurut saya sih yang bikin tumbang ya produsennya sendiri. Liat aja ntar wkwk
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 763
- Joined: Sat Dec 08, 2012 10:14
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
Coba dihitung jumlah penjualan avanza per diler brp? Hitung kasar aja total penjualan dibagi jumlah diler, bandingkan ama merek kompetitor. Btw ane liat sih toyota berjaya karena jaringan penjualan n servis dimana2, kayak kmrn waktu ane ke morowali cuman ada toyota. Mau ga mau pilihan org sana (klo mau aman) ya toyota, mana modelnya itu2 aja pula. Coba misalkan toyota kayak suzuki lbh banyak pilihan model dlm 1 kelas
If you can't stop thinking about it...buy it!!!
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1547
- Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
- Location: SOUTH SUMATRA
- Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
Menurut data yang saya baca trends penjualan avanza mencapai puncak di th 2013 lalu tahun tahun berikutnya terus tergerus jumlah nya total penjualan nya walau tetap menduduki peringkat 1. Hal ini disebabkan makin banyak Kompetitor nya. Dengan hadir nya Xpander dan Wuling ada potensi total penjualannya makin menurun di tahun ini di banding tahun 2016 lalu walau utk tahun 2017 ini masih bisa mempertahankan peringkat 1 tapi total sales nya ke depan cenderung akan terus turun kayaknya.

Sent from my Redmi Note 3

Sent from my Redmi Note 3

HR15DE 2014
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 65
- Joined: Thu Jul 06, 2017 8:33
- Location: semarang
- Daily Vehicle: pajero
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
Ya sejauh ini emg duo toyota ASS nya plg oke. Part jg gampang sampai bengkel pinggir jalan jg ada. Jd mgkn cocok bagi yg ga mau coba2 merk
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1221
- Joined: Tue Nov 15, 2016 5:22
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Mazda 2
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
Kyknya mobilio punya peran paling gede gerogotin sales avanza. Pas bgt timingnya di 2014 awal mobilio mulai sales & sepanjang 2014 monthly sales YoY honda naik tinggi bener, lupa persenannya.Herman7103 wrote: Wed Aug 02, 2017 14:01 Menurut data yang saya baca trends penjualan avanza mencapai puncak di th 2013 lalu tahun tahun berikutnya terus tergerus jumlah nya total penjualan nya walau tetap menduduki peringkat 1. Hal ini disebabkan makin banyak Kompetitor nya. Dengan hadir nya Xpander dan Wuling ada potensi total penjualannya makin menurun di tahun ini di banding tahun 2016 lalu walau utk tahun 2017 ini masih bisa mempertahankan peringkat 1 tapi total sales nya ke depan cenderung akan terus turun kayaknya.
Sent from my Redmi Note 3
Sepertinya kejadian serupa bakal dialami sama mitsubishi taun ini, cuma gak akan segede honda krn pasar LMPV udah banyak alternatif + wuling sbg newcomer dgn harga cukup fantastis...
P5-VPS | L15Z5 | MR20DD | 2AR-FE
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6014
- Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
Saya berharap sebentar lagi ada trit Mengapa Xpander Berhasil Meruntuhkan Dominasi Avanza? *eh
Note: saya bukan fanboy Mitsu, malahan fanboy Toyota
Tapi mobilnya Mirage

Note: saya bukan fanboy Mitsu, malahan fanboy Toyota
Tapi mobilnya Mirage







Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
-
- SM Specialist
- Posts: 16678
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
Karna bbrp taun belakangan mulai marak taksi online... Mungkin salah satu yg bikin apansa bertahan...
Orang mw ambil ertiga/mobilio bwat taksi online masih takut ma perawatan mahal... Pdhl ya sama aja
Sent from my Redmi 4X
Orang mw ambil ertiga/mobilio bwat taksi online masih takut ma perawatan mahal... Pdhl ya sama aja
Sent from my Redmi 4X
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 91
- Joined: Thu Jan 15, 2015 4:12
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
Sy amati temen2 kantor sy skrng sudah ga ada yg beli avanza/xenia buat pribadi, beda dgn 5 thn yg lalu. Tp kalo mobil kantor masih avanza-innova
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
buat rental tetap rame
kalo di Bali sih enak pake vanza soalnya banyak jalan kecil2
kalo di Bali sih enak pake vanza soalnya banyak jalan kecil2
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 65
- Joined: Thu Jul 06, 2017 8:33
- Location: semarang
- Daily Vehicle: pajero
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
pengalaman kalo ke Bali lebih nyaman sewa mobil extra kecil seperti agya / ayla krn macet dan gangnya kecil2.Turboman wrote: Thu Aug 03, 2017 1:54 buat rental tetap rame
kalo di Bali sih enak pake vanza soalnya banyak jalan kecil2
tp ya muatnya cuman ber 4
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4364
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
kegerus karena marketnya ga bertambah kan, jadi artinya kelas tersebut makin sesak = otomatis tergerus karena calon buyer pindah. gimana juga avanza itu ya emang diciptain untuk jalanan indo bukan orang di dalamnya. dimana penumpang ya dianggap barang = karena ya emang berasa nyawa itu bisa dibeli. makanya ya driving experience as driver or passenger ya begitulah, sampe ada sebutan: namanya aja avanza.
untuk taksi online gitu2 juga beli avanza karena merasa perawatan dan resale value tinggi, tapi di lapangan konsumennya malah ogah avanza, maunya selain itu. dan emang untuk ala taksi online macem gitu, ga butuh kendaraan spek dan perawatan kaya taxi beneran.
rentalan di bali, saya si seneng hatchback, karena nyetir sendiri jadi gampang parkirnya, karena di bali jalanan kecil2. kalau udah mau gedean sekalian innova or apv aja lah, puas gedenya, dan pake driver.
untuk taksi online gitu2 juga beli avanza karena merasa perawatan dan resale value tinggi, tapi di lapangan konsumennya malah ogah avanza, maunya selain itu. dan emang untuk ala taksi online macem gitu, ga butuh kendaraan spek dan perawatan kaya taxi beneran.
rentalan di bali, saya si seneng hatchback, karena nyetir sendiri jadi gampang parkirnya, karena di bali jalanan kecil2. kalau udah mau gedean sekalian innova or apv aja lah, puas gedenya, dan pake driver.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 674
- Joined: Thu Dec 27, 2007 2:16
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
Akankah terjadi balas dendam..?Turboman wrote: Wed Aug 02, 2017 2:33 Xenia di RRC pernah dijual under FAW brand
Dan........kandas......kalah laku ama Wuling........wakakakaka
![]()

-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 168
- Joined: Mon Feb 15, 2016 15:48
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
Jujur aja, booming taksi online menjadi dewa penyelamat bagi penjualan Avanza.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1221
- Joined: Tue Nov 15, 2016 5:22
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Mazda 2
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
Bener juga sih kyknya avanza skrg di kota besar (at least di jabodetabek sama bandung) banyakan dipake fleet... entah taksi online atau fleet perusahaan. Soalnya skrg banyak tipe E ketimbang G, dimana th 2012-2013 justru buanyak banget tipe G. Tipe veloz jg mulai berkurang dibanding 5 th lalu, tapi ngga sedrastis tipe G sih.
Mungkin ada yg punya data penjualan avanza per varian?
Mungkin ada yg punya data penjualan avanza per varian?
P5-VPS | L15Z5 | MR20DD | 2AR-FE
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10471
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
Kalo ane lihat knp skarang banyak yg E drpd G aplg veloz lbh karena harga yg G ud kemahalan, tembus 200jt cuma buat seekor apanja doang
E dan G fitur pembeda yg signifikan cuma immobilizer dimana rata2 konsumen awam ga aware manfaat nya apa, juga ga tau itu benda apa, toh sama2 udh ada alarm nya
fitur lain sperti sein spion, aksesori finishing silver, velg kaleng, rear spoiler dll juga pada masabodo toh yg penting masih "apanjaaaaaa......" di kampung lebih bergengsi drpd xenia
Maybe itu jg yg membuat ada varian veloz trondol (1.3) karena harga veloz yg 1.5 ud 250jt
very muahal syekale
yg penting pas ditanya tetangga or mertua udh bawa "veloz"
Cmiiw......

E dan G fitur pembeda yg signifikan cuma immobilizer dimana rata2 konsumen awam ga aware manfaat nya apa, juga ga tau itu benda apa, toh sama2 udh ada alarm nya

Maybe itu jg yg membuat ada varian veloz trondol (1.3) karena harga veloz yg 1.5 ud 250jt



Cmiiw......

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 47
- Joined: Sat Jul 22, 2017 11:03
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
tadi sengaja iseng hitung kendaraan di pelataran parkir karyawan kantor, ada dari 132 mobil, AX=12, GL=8, Mobilio=14, Ertiga=4. Dari 12 AX, hanya 3 unit yang generasi terakhir, sementara GL, Mobilio & Ertiga semua tahun >2012. sepertinya saya harus setuju dengan pendapat omsinchan17 wrote: Wed Aug 02, 2017 17:27 Sy amati temen2 kantor sy skrng sudah ga ada yg beli avanza/xenia buat pribadi, beda dgn 5 thn yg lalu. Tp kalo mobil kantor masih avanza-innova
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 654
- Joined: Sat Nov 02, 2013 8:00
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
Avanza dan Innova memang masih bisa mendominasi karena dukungan fleet, diluar Innova yang memang tidak punya kompetitor di segmennya. Kalau pasar LMPV sih betul sudah penuh sesak. Untuk penjualan pribadi, saya juga mengamati sudah jarang personal user yang mengambil unit ANA dibanding tahun 2012-2013, karena kantor saya juga meminang unit barunya saat itu. Masalahnya jumlah total sales tentu dijadikan 1 database di Gaikindo. Sehingga nyaris tidak mungkin mengetahui perbedaan jumlah wholesales antara personal user dan fleet, kecuali internal APM nya sendiri hahaha. Jika bisa diketahui publik, mungkin bisa sangat mengejutkan perbedaan jumlahnya dan juga perbandingan jumlah sales dengan kompetitor untuk personal user.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 654
- Joined: Sat Nov 02, 2013 8:00
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
Kalau Xpander mini diesel memang hanya mimpi belaka hehe, secara Mitsu tidak pernah punya platform mesin mini diesel. Berbeda dengan Ertiga dan Spin yang dipasok Fiat untuk mesin mini dieselnya.yozhuaa wrote: Tue Aug 01, 2017 9:01berdasarkanbpemahaman saya belum tentu berhasil juga,Michaelktp wrote: Sat Jun 03, 2017 6:23
Sepemahaman hehehe. Jika saja ada pengembangan Mitsubishi 4N1 dengan displacement 1.3D MIVEC untuk LMPV Mitsubishi Expander. Sayangnya 4N1 yang paling mini 4N13 pun masih 1.8D
itu ertiga disel itu kok kykny ga berhasil2 bngt menurut saya ya sales penjualan ny msh ckup mirip2 dengan bulan bulan sebelum nya.
apa mungkin karena ga ad transmisi maticnya kah ? atau kabin yang kurang luas ?
#cmiiw #nooffense![]()
In my opinion karena SIS gagal memanfaatkan momentum terbaiknya setelah peluncuran Ertiga bensin tahun 2012. Waktu itu walau Ertiga hanya mesin bensin M/T dan AC single blower, penjualan sangat booming dan membuat rekor penjualan Suzukicars selama di Indo DM. Melebihi kesuksesan duet Escudo- Sidekick era-90 an karena Ertiga langsung menyodok di no.2 penjualan mobil nasional. Xenia langsung tersingkir sementara Mitsu dan Honda juga turun peringkat. Ini membuat TAM menyematkan fitur keselamatan (dual SRS airbags) pada ANA di tahun 2013 dan juga diskon besar batch awal non airbags. Tidak pernah terjadi sebelumnya untuk produk entry level TAM-ADM. Waktu 6 bulan paling krusial untuk produk baru, gagal dilanjutkan SIS yaitu harapan konsumen untuk Ertiga bensin A/T doube blower dan Diesel . Versi A/T CKD Indo baru meluncur 1 tahun lebih dengan AC double blower. Tentu it is too LATE. Euforia pasar terhadap Ertiga perlahan memudar dan terbukti penjualannya mulai melandai apalagi seiring dengan pengenalan Honda Mobilio di IIMS 2013 dengan 2 varian langsung 1.5L M/T & A/T. Sementara untuk ErtiDies barusan mengaspal tahun ini dan berarti butuh 4 tahun untuk menjadi kenyataan. Very very late ckckck. Untuk ErtiDies A/T tidak bakal ada apalagi selama masih CBU India seperti Ertiga bensin dulunya. Dengan kondisi ekonomi nasional yang jauh berbeda dengan 5 tahun lalu. Jelas bisa ditebak hasilnya. Jika SIS all out masa itu sepertinya Avanza sudah tumbang beberapa tahun lalu.
Semoga MMKSI bisa memanfaatkan waktu krusial 6 bulan dalam pemasaran Xpander seperti Ertiga di 2012. Euforianya sepertinya sudah mirip-mirip walaupun kansnya mungkin tidak bisa sebesar seperti saat Ertiga tahun 2012.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 91
- Joined: Thu Jan 15, 2015 4:12
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
Ditunggu xpander pake mesin diselnya duster. Kan sudah satu group.
-
- Visitor
- Posts: 5
- Joined: Sun Jun 04, 2017 7:30
- Location: Halim Perdana Kusuma
- Daily Vehicle: Avanza_Veloz
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
saya bingung nih sama ongongan kayak beginian, kita konsumen ngapain mikirin beginian, yang mikirin beginian mah sales sama perusahaan wkwkwkw
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1702
- Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
- Location: surabaya
- Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
Nah ini....ChZ wrote:Karna bbrp taun belakangan mulai marak taksi online... Mungkin salah satu yg bikin apansa bertahan...
Orang mw ambil ertiga/mobilio bwat taksi online masih takut ma perawatan mahal... Pdhl ya sama aja
Sent from my Redmi 4X
Meskipun saya belinya xenia, soale avz yg E tetep kemahalan...
Ama rasanya dipake kok ga eman2 ya, mobilio ama ertiga masih sayang klo dipake taxol...hahahaha
Soul Red zoom zoom
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1261
- Joined: Mon Jan 21, 2008 15:00
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
Imo salesnya pasti turun trs.. yg punya duit cukup drpd beli apanja baru mending beli second Innova GNKI.. dan model2 second akan terus ketekan harganya dgn munculnya mobil2 baru.. pernah ngobrol2 dgn pdg mobkas di HI.. bilang susah skrg.. sekali gak laku beberapa bulan smp ganti tahun harga udah terkoreksi.. konsumen jg sudah pinter2.. 

Lagi nginjek rem..