My BMW E46 story (long review)
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 42
- Joined: Tue Jul 25, 2017 17:49
- Location: Heaven On Earth
- Daily Vehicle: E46
My BMW E46 story (long review)
Om2 sekalian saya mau review pengalaman saya piara BMW E46 kesayangan dari awal, mungkin agak panjang jadi harap bersabar dan maaf kalo berantakan
Saya beli mobil ini oktober 2014, awalnya mau incer 330i tapi akhirnya karena buku rekening berkata lain jadinya berakhir di 325i tahun 2002.
Setelah test drive dll disepakati lah harga 10x jt waktu itu (saya belum jago nego), masih ada pr sih tapi masih tolerable (at least itu pikir saya)
ini waktu awal saya beli, full standard
Anyway kondisi mesin sering pincang, akhirnya hari pertama ganti 1 coil yg mati, ok lah setelah itu.. Eh pincang lagi dong, langsung balik lagi kebengkel sekalian tune up (ternyata businya gado2, owner sebelumnya jorok ternyata)
Karena darah muda masih segar walaupun udah deket kepala 3 nih umur jadi saya pakai coilover dari austria biar ceper sekalian ganti velg Mk motorsport dan knalpot biar gahar
masalah girboks
Hari ketiga terjadilah hal yang paling ditakuti pengguna BMW tua yaitu munculnya indikator lambang gear di dasbor yg menunjukan kalau transmisi bermasalah dan masuk limp mode (awalnya dimatiin bentar hilang), bawa kebengkel lagi, di ganti transmission selectornya kalo ga salah. Beres lah SEMENTARA. beberapa minggu kemudian muncul lagi lah tuh lambang gear
Saya diemin aja tuh soalnya di matikan bentar juga hilang pikir saya, sampai akhirnya tuh mobil beneran ga bisa jalan sama sekali di tengah jalan rame!! bunyi klakson penuh kebencian pun berkumandang dan saya minta orang dorong ke gedung terdekat..
dan ini lah yang terjadi:
Saya minta tolong temen saya derek ke rumahnya karena deket TKP
BMW di derek Nissan tuh malunya ke ubun2
Saya titip si biem dirumah temen saya sambil kumpulin isi dompet buat ngebengkel lagi, sementara pinjem mobil adik deh
Si biem di gendong kebengkel
Kali ini ga ada ampun saya ganti total girboks ke manual
Saya pakai girboks copotan dari E36 318i M43, efeknya akselerasi jadi gila tapi top speed menurun
Dapet bonus pula short shifter dan speedometer MPH dari owner bengkelnya
Saya sangat merekomendasikan ubahan ini di semua owner E46, awet banget sejak swap manual
Masalah overheat
Ini merupakan masalah klasik BMW dari jaman dinasti ming, saya sudah beberapa kali overheat dan berhenti dipinggir jalan buat isi air radiator (ini barang wajib buat owner BMW tua, selalu bawa minimal 3 botol aqua 1 liter dibagasi BMW anda)
Biasanya ini masalahnya ada di expansion tank yang bocor halus jadi ga berasa air habis, untungnya di BMW ada sensor air radiator jadi kalo perhatian sama indikator di dasbor sih aman mesinnya. Yang paling parah waktu saya ada di bogor ada tanjakan macet, tiba2 terdengar suara selang lepas dan ada juga suara air ngalir, ga lama indikator air radiator nyala dan temperatur naik panik jiwa deh, mana lagi macet posisinya, akhirnya menepi dan kebetulan waktu itu ada parkiran gereja kosong, minta ijin deh buat cek mobil
Waktu itu saya masih bingung di isi air kok ga penuh2, malah ada tumpahan di bagian kolong tapi ditengah. akhirnya saya paksakan jalan sambil berhenti berkali2 buat isi air sampe kebengkel di BSD, total ada kali 12 kali berhenti
waktu di cek ternyata selang heater copot jadi solusi permanennya adalah di bypass
Anyway lagi, kira2 1 tahun akur sama si biem, tiba2 muncrat oli dari knalpot.. apa lagi nih..
Saya bawa lagi ke bengkel (jangan bosen ya saya sebut bengkel, karena ini tempat favorit beemers ) divonis lah ring silindernya jebol dan harus overhaul total dan ditawarin sekalian naik CC dengan biaya 4x jetong.. singkat cerita saya terima tawaran itu dan di rawat inap lah tuh biem 2 mingguan
Setelah selesai saya juga di tawarin buat ganti kaki2 full yang memang saya tahu sudah jelek dan bunyi2.. membengkaklah tagihan jadi 5x jetong
ya sudah lah anggap aja jadiin mobil baru lagi, dan emang jauh lebih enak sih setelah naik cc dan ganti kaki2
Tarikan mesin 6 silinder 3000cc dan girboks manual di mobil kecil sih sulit ditandingin dehh
cuma borosnya juga ga bohong
One day setelah saya suruh cuti si biem 2 minggu, ada genangan cairan di kolong mobil, selidik punya selidik itu adalah minyak rem dan kopling ga bisa kemana2 dong tuh mobil, saya minta yang maha kuasa kirim malaikat, dikirimlah 2 malaikat buat ganti master kopling bawah di rumah
Masalah AC
Ini baru kejadian setelah mobil saya ga pake 3 mingguan, cuma di panas2in aja. Saya pinjam mobil fortuner vnt bokap biar hemat selama charging buku rekening, waktu udah lumayan ngumpul dan mau temu kangen sama si biem eh malah mendadak AC panas dong, extra fan modar dengan sukses juga
pergilah saya kerumah kedua (bengkel) buat benerin, dan keliatan kalo yg rusak kompresor, sensor udara luar, dryer, evaporator dan ditawarin untuk perbaiki dengan biaya 10 jetongan, setelah nego2 jadi turun 6,x jetong karena saya mau pakai kompresor copotan aja yg masih bagus
Itu aja sih masalahnya so far, itu belum termasuk perintilan2 kecil yg ga saya ceritain
kalo dihitung2 total biaya saya beli, ubahan dan perbaikan bisa 200an juta, tapi worth it lah karena udah kayak mobil baru lagi sekarang
Mungkin banyak yang berpikir tuh mobil kenapa ga dijual aja sih?? masalah melulu isinya
Setuju sih, alasan saya masih mempertahankan adalah passion, saya belajar banyak soal mekanikal mobil dari biem ini, sebelumnya saya hampir buta soal mobil. Lalu sudah terlalu banyak uang, tenaga dan pikiran yang saya investasikan di mobil ini sampai jadi bagus seperti baru lagi, setelah selesai saya mau menikmati hasilnya yang terakhir adalah karena keterikatan emosional dengan mobil ini, ini merupakan brand favorit saya sejak kecil dan ini adalah BMW pertama yang saya miliki dan telah menjadi saksi bisu dari banyak peristiwa baik & buruk dan teman saya untuk melewati semua itu, jadi saya akan pelihara mobil ini sampai akhir nanti (lebaaaayyyyyyyyyy)
Tambahan foto saat iseng2 ngumpul dengan teman seperjuangan
Apakah saya merekomendasikan BMW E46 ini untuk di pelihara?
Tentu saja JIKA anda adalah seseorang yang telaten ,sabar dan mau belajar memelihara mobil ini, timbal baliknya mobil ini akan melayani anda dengan performa maksimalnya dan menorehkan senyum saat anda sedang sendiri menginjak pedal gas dan menikung melebihi batas dimana tidak semua mobil bisa lakukan. E46 merupakan mobil yg nyaman untuk harian tapi saya sarankan untuk jadikan mobil weekend atau project car saja dengan alasan konsumsi bbm dan biaya operasional lainnya dan ibaratnya cewek, ajak ngedate jangan sering2, bisa tekor, cukup weekend aja
Dan tentunya siap sering melihat pemandangan ini:
Kelebihan BMW bukan hanya dari performanya dan eksklusifitas dijalan saja, tapi dari keterikatan emosional disaat kita berpapasan dengan pengguna BMW lainnya, somehow kita merasa sudah kenal dekat dengan pengemudi itu walaupun belum pernah bertemu karena kita secara tidak langsung mengerti apa saja yang sudah dilalui sang pengemudi untuk menjalankan BMWnya (All Bimmer are brothers)
Sekali lagi maaf kalau berantakan, newbie here
Saya beli mobil ini oktober 2014, awalnya mau incer 330i tapi akhirnya karena buku rekening berkata lain jadinya berakhir di 325i tahun 2002.
Setelah test drive dll disepakati lah harga 10x jt waktu itu (saya belum jago nego), masih ada pr sih tapi masih tolerable (at least itu pikir saya)
ini waktu awal saya beli, full standard
Anyway kondisi mesin sering pincang, akhirnya hari pertama ganti 1 coil yg mati, ok lah setelah itu.. Eh pincang lagi dong, langsung balik lagi kebengkel sekalian tune up (ternyata businya gado2, owner sebelumnya jorok ternyata)
Karena darah muda masih segar walaupun udah deket kepala 3 nih umur jadi saya pakai coilover dari austria biar ceper sekalian ganti velg Mk motorsport dan knalpot biar gahar
masalah girboks
Hari ketiga terjadilah hal yang paling ditakuti pengguna BMW tua yaitu munculnya indikator lambang gear di dasbor yg menunjukan kalau transmisi bermasalah dan masuk limp mode (awalnya dimatiin bentar hilang), bawa kebengkel lagi, di ganti transmission selectornya kalo ga salah. Beres lah SEMENTARA. beberapa minggu kemudian muncul lagi lah tuh lambang gear
Saya diemin aja tuh soalnya di matikan bentar juga hilang pikir saya, sampai akhirnya tuh mobil beneran ga bisa jalan sama sekali di tengah jalan rame!! bunyi klakson penuh kebencian pun berkumandang dan saya minta orang dorong ke gedung terdekat..
dan ini lah yang terjadi:
Saya minta tolong temen saya derek ke rumahnya karena deket TKP
BMW di derek Nissan tuh malunya ke ubun2
Saya titip si biem dirumah temen saya sambil kumpulin isi dompet buat ngebengkel lagi, sementara pinjem mobil adik deh
Si biem di gendong kebengkel
Kali ini ga ada ampun saya ganti total girboks ke manual
Saya pakai girboks copotan dari E36 318i M43, efeknya akselerasi jadi gila tapi top speed menurun
Dapet bonus pula short shifter dan speedometer MPH dari owner bengkelnya
Saya sangat merekomendasikan ubahan ini di semua owner E46, awet banget sejak swap manual
Masalah overheat
Ini merupakan masalah klasik BMW dari jaman dinasti ming, saya sudah beberapa kali overheat dan berhenti dipinggir jalan buat isi air radiator (ini barang wajib buat owner BMW tua, selalu bawa minimal 3 botol aqua 1 liter dibagasi BMW anda)
Biasanya ini masalahnya ada di expansion tank yang bocor halus jadi ga berasa air habis, untungnya di BMW ada sensor air radiator jadi kalo perhatian sama indikator di dasbor sih aman mesinnya. Yang paling parah waktu saya ada di bogor ada tanjakan macet, tiba2 terdengar suara selang lepas dan ada juga suara air ngalir, ga lama indikator air radiator nyala dan temperatur naik panik jiwa deh, mana lagi macet posisinya, akhirnya menepi dan kebetulan waktu itu ada parkiran gereja kosong, minta ijin deh buat cek mobil
Waktu itu saya masih bingung di isi air kok ga penuh2, malah ada tumpahan di bagian kolong tapi ditengah. akhirnya saya paksakan jalan sambil berhenti berkali2 buat isi air sampe kebengkel di BSD, total ada kali 12 kali berhenti
waktu di cek ternyata selang heater copot jadi solusi permanennya adalah di bypass
Anyway lagi, kira2 1 tahun akur sama si biem, tiba2 muncrat oli dari knalpot.. apa lagi nih..
Saya bawa lagi ke bengkel (jangan bosen ya saya sebut bengkel, karena ini tempat favorit beemers ) divonis lah ring silindernya jebol dan harus overhaul total dan ditawarin sekalian naik CC dengan biaya 4x jetong.. singkat cerita saya terima tawaran itu dan di rawat inap lah tuh biem 2 mingguan
Setelah selesai saya juga di tawarin buat ganti kaki2 full yang memang saya tahu sudah jelek dan bunyi2.. membengkaklah tagihan jadi 5x jetong
ya sudah lah anggap aja jadiin mobil baru lagi, dan emang jauh lebih enak sih setelah naik cc dan ganti kaki2
Tarikan mesin 6 silinder 3000cc dan girboks manual di mobil kecil sih sulit ditandingin dehh
cuma borosnya juga ga bohong
One day setelah saya suruh cuti si biem 2 minggu, ada genangan cairan di kolong mobil, selidik punya selidik itu adalah minyak rem dan kopling ga bisa kemana2 dong tuh mobil, saya minta yang maha kuasa kirim malaikat, dikirimlah 2 malaikat buat ganti master kopling bawah di rumah
Masalah AC
Ini baru kejadian setelah mobil saya ga pake 3 mingguan, cuma di panas2in aja. Saya pinjam mobil fortuner vnt bokap biar hemat selama charging buku rekening, waktu udah lumayan ngumpul dan mau temu kangen sama si biem eh malah mendadak AC panas dong, extra fan modar dengan sukses juga
pergilah saya kerumah kedua (bengkel) buat benerin, dan keliatan kalo yg rusak kompresor, sensor udara luar, dryer, evaporator dan ditawarin untuk perbaiki dengan biaya 10 jetongan, setelah nego2 jadi turun 6,x jetong karena saya mau pakai kompresor copotan aja yg masih bagus
Itu aja sih masalahnya so far, itu belum termasuk perintilan2 kecil yg ga saya ceritain
kalo dihitung2 total biaya saya beli, ubahan dan perbaikan bisa 200an juta, tapi worth it lah karena udah kayak mobil baru lagi sekarang
Mungkin banyak yang berpikir tuh mobil kenapa ga dijual aja sih?? masalah melulu isinya
Setuju sih, alasan saya masih mempertahankan adalah passion, saya belajar banyak soal mekanikal mobil dari biem ini, sebelumnya saya hampir buta soal mobil. Lalu sudah terlalu banyak uang, tenaga dan pikiran yang saya investasikan di mobil ini sampai jadi bagus seperti baru lagi, setelah selesai saya mau menikmati hasilnya yang terakhir adalah karena keterikatan emosional dengan mobil ini, ini merupakan brand favorit saya sejak kecil dan ini adalah BMW pertama yang saya miliki dan telah menjadi saksi bisu dari banyak peristiwa baik & buruk dan teman saya untuk melewati semua itu, jadi saya akan pelihara mobil ini sampai akhir nanti (lebaaaayyyyyyyyyy)
Tambahan foto saat iseng2 ngumpul dengan teman seperjuangan
Apakah saya merekomendasikan BMW E46 ini untuk di pelihara?
Tentu saja JIKA anda adalah seseorang yang telaten ,sabar dan mau belajar memelihara mobil ini, timbal baliknya mobil ini akan melayani anda dengan performa maksimalnya dan menorehkan senyum saat anda sedang sendiri menginjak pedal gas dan menikung melebihi batas dimana tidak semua mobil bisa lakukan. E46 merupakan mobil yg nyaman untuk harian tapi saya sarankan untuk jadikan mobil weekend atau project car saja dengan alasan konsumsi bbm dan biaya operasional lainnya dan ibaratnya cewek, ajak ngedate jangan sering2, bisa tekor, cukup weekend aja
Dan tentunya siap sering melihat pemandangan ini:
Kelebihan BMW bukan hanya dari performanya dan eksklusifitas dijalan saja, tapi dari keterikatan emosional disaat kita berpapasan dengan pengguna BMW lainnya, somehow kita merasa sudah kenal dekat dengan pengemudi itu walaupun belum pernah bertemu karena kita secara tidak langsung mengerti apa saja yang sudah dilalui sang pengemudi untuk menjalankan BMWnya (All Bimmer are brothers)
Sekali lagi maaf kalau berantakan, newbie here
Last edited by bamimwau on Sat Jul 29, 2017 21:56, edited 3 times in total.
If your drive an automatic BMW, then you're just driving
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 520
- Joined: Thu Jan 12, 2017 2:11
Re: My BMW E46 story (long review)
Nice story omm.. tp sedih juga ceritanya.. untung2an sih emang biem 2nd ini.. kalo first ownernya jorok mobilnya juga ngambekan gtu ya.. abisnya ga abis abis
Btw.. swap manual dan dapet girboksnya dmana om? Kalo berkenan mohon info nya om..
Jd nostalgia dulu smpet piara 10 taunan e36 320i mt, (yg sampe skrg masi nyesel knp dijualll )emang sensasinya sih antebb banget 3 serie ini ya..
Naek cc klo dari historinya muncrat oli ganti piston y om? Atau stroke up? Rasanya kaya apa yah 3.0 liter manual
Setuju om anw, di keep aja mobilnya.. apalagi nilai historis ngerawatnya udh sampe sebegitunya..hihihi
Btw.. swap manual dan dapet girboksnya dmana om? Kalo berkenan mohon info nya om..
Jd nostalgia dulu smpet piara 10 taunan e36 320i mt, (yg sampe skrg masi nyesel knp dijualll )emang sensasinya sih antebb banget 3 serie ini ya..
Naek cc klo dari historinya muncrat oli ganti piston y om? Atau stroke up? Rasanya kaya apa yah 3.0 liter manual
Setuju om anw, di keep aja mobilnya.. apalagi nilai historis ngerawatnya udh sampe sebegitunya..hihihi
2011 Hyundai ix35
2001 BMW E39 530i
2001 BMW E39 530i
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5707
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: My BMW E46 story (long review)
Gile sih.
Kalo dipikir jandanya layak banget dipinang, sekarang ga sampe 100 juta.
Tapi klo biaya perbaikan aja lebih mahal dari harga mobil jadi ragu2 juga.
Kalo dipikir jandanya layak banget dipinang, sekarang ga sampe 100 juta.
Tapi klo biaya perbaikan aja lebih mahal dari harga mobil jadi ragu2 juga.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1960
- Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
- Location: jkt
Re: My BMW E46 story (long review)
Nice story jg om.
Siluet design e46 dr foto"nya msh cakep aja ni mbl ya, Foto trakhir di bengkel BAS kah?
Crita lanjut um seputar swap AT k MT nya, biaya sm alasan pemilihan type gb 318 m43 e36. langsung match ato ada perlu ubahan.
Siluet design e46 dr foto"nya msh cakep aja ni mbl ya, Foto trakhir di bengkel BAS kah?
Crita lanjut um seputar swap AT k MT nya, biaya sm alasan pemilihan type gb 318 m43 e36. langsung match ato ada perlu ubahan.
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 65
- Joined: Thu Jul 06, 2017 8:33
- Location: semarang
- Daily Vehicle: pajero
Re: My BMW E46 story (long review)
wow keren bro perjuangannya .. jd inget jaman dulu sma ngrawat PUG 405 jg mirip2 rewelnya.
tp nyamannya emg ga bisa dibandingin ama jepun car sih.
salute
tp nyamannya emg ga bisa dibandingin ama jepun car sih.
salute
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 82
- Joined: Thu Jan 23, 2014 5:56
Re: My BMW E46 story (long review)
Nice review om, minggu pagi ud baca review yang seru
Sent from my BBA100-2
Sent from my BBA100-2
-
- SM Specialist
- Posts: 15572
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: My BMW E46 story (long review)
beli 10x juta... dandan 200jutaan... masih worth.
Karna skrg 200juta cuma dapet Avanza ... yang literally mobil asal jalan... dan seri-3 baru 700jutaan... dengan rasa yang tidak 3x lebih fun to drive dari E46 karena itu 4 silinder turbo seukuran Honda Civic eh Honda Civic sekarang 1500cc deng... worth it banget beli + benerin 200juta...
ganti gearbox 318i pasti makin ngacir apalagi manual... 318i gearingnya lebih rapet-rapet ngejar torsi bukan top speed karena tenaganya kecil
Anyway mobil idaman banget nih 325i E46... modelnya timeless... pengen punya suatu saat juga buat koleksi
Karna skrg 200juta cuma dapet Avanza ... yang literally mobil asal jalan... dan seri-3 baru 700jutaan... dengan rasa yang tidak 3x lebih fun to drive dari E46 karena itu 4 silinder turbo seukuran Honda Civic eh Honda Civic sekarang 1500cc deng... worth it banget beli + benerin 200juta...
ganti gearbox 318i pasti makin ngacir apalagi manual... 318i gearingnya lebih rapet-rapet ngejar torsi bukan top speed karena tenaganya kecil
Anyway mobil idaman banget nih 325i E46... modelnya timeless... pengen punya suatu saat juga buat koleksi
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1220
- Joined: Tue Nov 15, 2016 5:22
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Mazda 2
Re: My BMW E46 story (long review)
Mantab, totalitas ngeladenin mobilnya
Gak semua orang bisa kayak gini rela ngeluarin 200jt buat restore mobil 100jtan... semoga sehat terus 325i nya
Gak semua orang bisa kayak gini rela ngeluarin 200jt buat restore mobil 100jtan... semoga sehat terus 325i nya
P5-VPS | L15Z5 | MR20DD | 2AR-FE
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 128
- Joined: Sat Oct 29, 2016 22:50
Re: My BMW E46 story (long review)
Beli+repair restorasi totalnya 200jt++.....BMW, 6 silinder, 3000cc..uda jadi m/t lagi...utk pakai weekend...menarik...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 520
- Joined: Thu Jan 12, 2017 2:11
Re: My BMW E46 story (long review)
Errr.. gearbox e36 kayanya rationya sama semua mod?? Dluar yg m3 series yaChZ wrote: ↑Sun Jul 30, 2017 2:31 beli 10x juta... dandan 200jutaan... masih worth.
Karna skrg 200juta cuma dapet Avanza ... yang literally mobil asal jalan... dan seri-3 baru 700jutaan... dengan rasa yang tidak 3x lebih fun to drive dari E46 karena itu 4 silinder turbo seukuran Honda Civic eh Honda Civic sekarang 1500cc deng... worth it banget beli + benerin 200juta...
ganti gearbox 318i pasti makin ngacir apalagi manual... 318i gearingnya lebih rapet-rapet ngejar torsi bukan top speed karena tenaganya kecil
Anyway mobil idaman banget nih 325i E46... modelnya timeless... pengen punya suatu saat juga buat koleksi
Dan mungkin g/b ini juga dpake di e46 mNual di luaran sana cmiiw..
Yg beda mgkin di ratio final gearnya ...
2011 Hyundai ix35
2001 BMW E39 530i
2001 BMW E39 530i
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 680
- Joined: Thu Nov 03, 2016 17:51
Re: My BMW E46 story (long review)
Ahh wow nice story om... bener kata om2 di atas..
Bmw.. manual.. 3000cc.. pasti melebarkan senyum..
Jadi inget klo lagi bawa e34 530i v8 dan manual dari sananya hahha..
Iya om btw ceritain detail swap gearboxnya om..
Memang dulu ada niatan piara e46 tp trus manual.. karena sejatinya klo saya punya bmw hanya akan garage queen ya harus manual sekalian..
E46 sekarang berasa tua..e34, e36 berasa uda opa2 bgt.. e30 berasa uda aki2 sekarang hahaa..
Bmw.. manual.. 3000cc.. pasti melebarkan senyum..
Jadi inget klo lagi bawa e34 530i v8 dan manual dari sananya hahha..
Iya om btw ceritain detail swap gearboxnya om..
Memang dulu ada niatan piara e46 tp trus manual.. karena sejatinya klo saya punya bmw hanya akan garage queen ya harus manual sekalian..
E46 sekarang berasa tua..e34, e36 berasa uda opa2 bgt.. e30 berasa uda aki2 sekarang hahaa..
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 153
- Joined: Thu Sep 01, 2016 12:20
Re: My BMW E46 story (long review)
Pengalaman sy pas piara bmw e46 325i thn 2001, kaki" ganti gak lama kemudian ac panas,
Dan bensin boros bgt 1:6 klo gak salah dulu. Beli second di thn 2005 klo gak salah, sebelum e90 masuk. 6 silinder bmw is the best engine. Suara mesinnya (bukan knalpot ya) itu merdu bgt. Pingin rasanya injak pedal to the metal buat ngedengerin tuh suara mesinnya. Pakai cuma 1 tahun aja, gak kuat coz bensinnya aja karena waktu itu masih mahasiswa yg telat lulus, 2006 akhirnya di ganti civic frd1. Eh fd1 maksud sy, yg 1,8 cc. (Gak berani 2.0 krn kapok boros)...
E90 pun pernah pakai cuma 1 tahun juga dikarenakan sering jajan ke bengkel alias rusak. Waktu itu civic sy jual dan ganti 2nd e90 thn 2006 jg. Tp yg 320i. Kapok bolak balik bengkel aja. Krn mesinnya gampang bocor oli (rembes) krn pakingnya gak kuat or apalah sy gak paham. Disini muncul emosi yg sangat dalam. Sepertinya sy harus beli european car yg baru.
Setelah sekian lama, alhamdulillah dapat juga rezeki buat ambil f30 320d baru 2015. Dipakai sampai saat ini. No problem at all. Jrg ke bengkel, roadtrip jalan terus dan yang pasti kentjeng dan irittttttt solar.
Dan bensin boros bgt 1:6 klo gak salah dulu. Beli second di thn 2005 klo gak salah, sebelum e90 masuk. 6 silinder bmw is the best engine. Suara mesinnya (bukan knalpot ya) itu merdu bgt. Pingin rasanya injak pedal to the metal buat ngedengerin tuh suara mesinnya. Pakai cuma 1 tahun aja, gak kuat coz bensinnya aja karena waktu itu masih mahasiswa yg telat lulus, 2006 akhirnya di ganti civic frd1. Eh fd1 maksud sy, yg 1,8 cc. (Gak berani 2.0 krn kapok boros)...
E90 pun pernah pakai cuma 1 tahun juga dikarenakan sering jajan ke bengkel alias rusak. Waktu itu civic sy jual dan ganti 2nd e90 thn 2006 jg. Tp yg 320i. Kapok bolak balik bengkel aja. Krn mesinnya gampang bocor oli (rembes) krn pakingnya gak kuat or apalah sy gak paham. Disini muncul emosi yg sangat dalam. Sepertinya sy harus beli european car yg baru.
Setelah sekian lama, alhamdulillah dapat juga rezeki buat ambil f30 320d baru 2015. Dipakai sampai saat ini. No problem at all. Jrg ke bengkel, roadtrip jalan terus dan yang pasti kentjeng dan irittttttt solar.
Mau Bensin Atau Diesel Yang Penting Orangnya SEHAT DULU (amin YRA)
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 42
- Joined: Tue Jul 25, 2017 17:49
- Location: Heaven On Earth
- Daily Vehicle: E46
Re: My BMW E46 story (long review)
Girboks E36 itu langsung plek kok di E46, surprisingly dudukannya sama persis, so ga perlu tambahan aneh2, dan efeknya selain lebih reliable, elektriknya pun berkurang karena semua serba manual
itu di foto saya bengkel langganan di RDM om suhu semua, udah pegangan sana nih boil
Mnurut saya sih worth it keluar hampir 100jt buat restorasi, RWD layout 6 banger screaming at high rpm is to die for tapi emang better buat weekend sih selain boros, potensi maksimalnya juga ga keluar kalo dijalan macet, harus sepi biar bisa menikmati the real BMW
E46 is the last analog BMW produced karakternya masih sekitar 70 persen non komputer jadi masih memungkinkan untuk mendiagnosis penyakit tanpa diagnostic tools OBD2 itu (kecuali yg hubungannya sama elektrik).. Generasi setelah E46 ini lah semuanya harus colok2 buat benerin error, even ganti aki aja harus di beres dan harus masukin kode2an kayak pdkt aje
itu di foto saya bengkel langganan di RDM om suhu semua, udah pegangan sana nih boil
Mnurut saya sih worth it keluar hampir 100jt buat restorasi, RWD layout 6 banger screaming at high rpm is to die for tapi emang better buat weekend sih selain boros, potensi maksimalnya juga ga keluar kalo dijalan macet, harus sepi biar bisa menikmati the real BMW
E46 is the last analog BMW produced karakternya masih sekitar 70 persen non komputer jadi masih memungkinkan untuk mendiagnosis penyakit tanpa diagnostic tools OBD2 itu (kecuali yg hubungannya sama elektrik).. Generasi setelah E46 ini lah semuanya harus colok2 buat benerin error, even ganti aki aja harus di beres dan harus masukin kode2an kayak pdkt aje
If your drive an automatic BMW, then you're just driving
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 42
- Joined: Tue Jul 25, 2017 17:49
- Location: Heaven On Earth
- Daily Vehicle: E46
Re: My BMW E46 story (long review)
Sayang beli yg FD1 om ,kalo civic sih mending FD2, mesin K20 lebih potensial dibanding R18 punya FD1maviacrazy wrote: ↑Sun Jul 30, 2017 5:31 Pengalaman sy pas piara bmw e46 325i thn 2001, kaki" ganti gak lama kemudian ac panas,
Dan bensin boros bgt 1:6 klo gak salah dulu. Beli second di thn 2005 klo gak salah, sebelum e90 masuk. 6 silinder bmw is the best engine. Suara mesinnya (bukan knalpot ya) itu merdu bgt. Pingin rasanya injak pedal to the metal buat ngedengerin tuh suara mesinnya. Pakai cuma 1 tahun aja, gak kuat coz bensinnya aja karena waktu itu masih mahasiswa yg telat lulus, 2006 akhirnya di ganti civic frd1. Eh fd1 maksud sy, yg 1,8 cc. (Gak berani 2.0 krn kapok boros)...
E90 pun pernah pakai cuma 1 tahun juga dikarenakan sering jajan ke bengkel alias rusak. Waktu itu civic sy jual dan ganti 2nd e90 thn 2006 jg. Tp yg 320i. Kapok bolak balik bengkel aja. Krn mesinnya gampang bocor oli (rembes) krn pakingnya gak kuat or apalah sy gak paham. Disini muncul emosi yg sangat dalam. Sepertinya sy harus beli european car yg baru.
Setelah sekian lama, alhamdulillah dapat juga rezeki buat ambil f30 320d baru 2015. Dipakai sampai saat ini. No problem at all. Jrg ke bengkel, roadtrip jalan terus dan yang pasti kentjeng dan irittttttt solar.
Kalo E90 320i sih emang masalahnya mesin n girboks juga tuh
Mesin N46 terkenal suka rembes walaupun blom lama dibenerin, cuma 4 cylinder pula kurang asik buat BMW, better beli yg lebih besar ccnya karena biasanya cc besar BMW jauh lebih reliable.. there's no replacement for displacement
trus kalo soal girboksnya yg mechatronic itu dijamin lebih ringkih dibanding E46 dan ongkos perbaikannya bisa beli LCGC, kalo mau swap ke manual kayak saya pun jauh lebih mahal, ga worth it makanya abis generasi E90 ini BMW udah ga pake mechatronic lagi karena banyak yang complain dari seluruh dunia
If your drive an automatic BMW, then you're just driving
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 787
- Joined: Sat Jan 03, 2015 12:58
Re: My BMW E46 story (long review)
Om, convert manual total kena berapa?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 332
- Joined: Sat Dec 28, 2013 23:45
Re: My BMW E46 story (long review)
Salut, om super sabar meluangkan waktu bolak balik ke bengkel, tidak semua orang memiliki kesabaran seperti om
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2537
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: My BMW E46 story (long review)
BMW = Broke My Wallet...
But, who cares.
But, who cares.
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 520
- Joined: Thu Jan 12, 2017 2:11
Re: My BMW E46 story (long review)
Wuih.. ngeri2 sedep e34 v8..daridulu penasaran sih sama mbl ini.. boleh share pengalaman ngerawatnya om? Rewel ga sih m60 ini? konsumsi bbm nya dapet brp om pemakaian normal?cursQ wrote: ↑Sun Jul 30, 2017 4:21 Ahh wow nice story om... bener kata om2 di atas..
Bmw.. manual.. 3000cc.. pasti melebarkan senyum..
Jadi inget klo lagi bawa e34 530i v8 dan manual dari sananya hahha..
Iya om btw ceritain detail swap gearboxnya om..
Memang dulu ada niatan piara e46 tp trus manual.. karena sejatinya klo saya punya bmw hanya akan garage queen ya harus manual sekalian..
E46 sekarang berasa tua..e34, e36 berasa uda opa2 bgt.. e30 berasa uda aki2 sekarang hahaa..
Sejauh radar memandang v8 paling murah di pasaran skrg nih.. menarik banget heheheh..
2011 Hyundai ix35
2001 BMW E39 530i
2001 BMW E39 530i
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 742
- Joined: Thu Nov 29, 2012 5:58
- Location: Malang city
Re: My BMW E46 story (long review)
Waah..salut sama om ts
Salam dari pengguna e36 m50 manual
Kata penutup ceritanya, all bimmer are brother, bener bgt ane ngalamin sendiri. Ga kenal sm sekali bgtu ktmu di jalan brasa ada keterikatan & ktmu di bengkel ngobrol langsung akrab kyk kenal udh lama..
Ane bnyk ktmu owner e46 disini & pada blg mobilnya ndak rewelan..mungkin apesnya si om aja kali ya dpt unit yg jelek..
Salam dari pengguna e36 m50 manual
Kata penutup ceritanya, all bimmer are brother, bener bgt ane ngalamin sendiri. Ga kenal sm sekali bgtu ktmu di jalan brasa ada keterikatan & ktmu di bengkel ngobrol langsung akrab kyk kenal udh lama..
Ane bnyk ktmu owner e46 disini & pada blg mobilnya ndak rewelan..mungkin apesnya si om aja kali ya dpt unit yg jelek..
4A91 4at - Slow Driver
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 104
- Joined: Sun Apr 19, 2015 8:38
Re: My BMW E46 story (long review)
sorry oot, jdi teringat dulu om nr pernah blg kalau mobil yang sudah tua sediakan dana cadangan sebesar 2x nilai akusisi....
btw saya suka review ny secara long term mengenai penyakit dan problem solving ny agak beda dengan review yang lain mungkin karena ud lama juga pakai mobilny jd bisa kah impresi mendalam tentang penyakit mobil ini.
semoga happy memakai mobilnya om hehehe, btw boleh tau biasa servis bmw ini di bengkel mana om ?
btw saya suka review ny secara long term mengenai penyakit dan problem solving ny agak beda dengan review yang lain mungkin karena ud lama juga pakai mobilny jd bisa kah impresi mendalam tentang penyakit mobil ini.
semoga happy memakai mobilnya om hehehe, btw boleh tau biasa servis bmw ini di bengkel mana om ?
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Mon Dec 26, 2016 7:33
Re: My BMW E46 story (long review)
salut om, sabar banget melihara bimmer dari yang asalnya rewel sampe sekarang jadi cemceman. Ikut club apa om?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 334
- Joined: Tue Aug 16, 2005 4:38
Re: My BMW E46 story (long review)
Hahaha . . menarik banget ceritanya . . . mirip2 dengan pengalaman saya piara Sedona 2003 sampai sekarang. Biarpun boros . . .sensasi mesin V6 2500cc susah buat ditinggalin . . .yang ada malah pengen dipake teruus . . .
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 202
- Joined: Mon Oct 29, 2012 4:39
Re: My BMW E46 story (long review)
luar biasa om,
untung-nya E39 520i saya, setelah >4 tahun pakai
baru jajan 6x juta
worth every penny
untung-nya E39 520i saya, setelah >4 tahun pakai
baru jajan 6x juta
worth every penny
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 121
- Joined: Sun May 08, 2016 17:37
Re: My BMW E46 story (long review)
Buy udah Mod buyChZ wrote: ↑Sun Jul 30, 2017 2:31 beli 10x juta... dandan 200jutaan... masih worth.
Karna skrg 200juta cuma dapet Avanza ... yang literally mobil asal jalan... dan seri-3 baru 700jutaan... dengan rasa yang tidak 3x lebih fun to drive dari E46 karena itu 4 silinder turbo seukuran Honda Civic eh Honda Civic sekarang 1500cc deng... worth it banget beli + benerin 200juta...
ganti gearbox 318i pasti makin ngacir apalagi manual... 318i gearingnya lebih rapet-rapet ngejar torsi bukan top speed karena tenaganya kecil
Anyway mobil idaman banget nih 325i E46... modelnya timeless... pengen punya suatu saat juga buat koleksi
Mesin M54 itu mesin paling bandel dari BMW. Cuma gearbox nya kadang mengkhawatirkan. ZF gak lebih baik dari GM soalnya. Palagi kalo dah kena sindrom no reverse
2007 RE1 2.4 A/T
2010 GE8 RS 1.5 A/T
2012 GB3 1.5 A/T
2003 E46 318i 2.0 A/T
2010 GE8 RS 1.5 A/T
2012 GB3 1.5 A/T
2003 E46 318i 2.0 A/T
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 35
- Joined: Mon Jul 14, 2014 9:32
- Daily Vehicle: BMW_E36_323i
Re: My BMW E46 story (long review)
Mantap om, prasaan dl pernah liat iklan spek dan poto mirip di m*d*f*ks* waktu itu lg cari juga, tp budget gak nyandak 'p
Jadinya dapet e36 323i lumayanlah six banget juga
Dan lumayan juga ongkos serpisnya. Beneran deh waktu cek unit selain kurang teliti, langsung diajakin tes drive dijalan lebar dan sepi... Beuh jambakannya
Giliran udh deal dan nyampe rumah baru nyadar plastik2 pilarnya pada patah, lantai pas dudukan pedal gas berkarat ampe jebol :p
Ampe istri komplein ini mobil bikin senewen deh:D
Tapi biasanya kl abis diajak jalan lgsg baikan sieh, ngerti enaknya
Salam satu aspal om
#respect your elders
Jadinya dapet e36 323i lumayanlah six banget juga
Dan lumayan juga ongkos serpisnya. Beneran deh waktu cek unit selain kurang teliti, langsung diajakin tes drive dijalan lebar dan sepi... Beuh jambakannya
Giliran udh deal dan nyampe rumah baru nyadar plastik2 pilarnya pada patah, lantai pas dudukan pedal gas berkarat ampe jebol :p
Ampe istri komplein ini mobil bikin senewen deh:D
Tapi biasanya kl abis diajak jalan lgsg baikan sieh, ngerti enaknya
Salam satu aspal om
#respect your elders