Masalah di Grand Livina 1500 M/T
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 889
- Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
- Location: Jakarta
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 146
- Joined: Thu Sep 16, 2004 7:08
- Location: Jabodetabek
Perbandingan yang kurang pas Bro. Mobil anda 1800 cc, sedangkan mobil bro Xboy 1500 cc.wardana wrote: kalo masalah nyendat gak ada, kalo macet saya biasa pake gigi 2 injak rem kalo masih jalan lanjut injak gas gak ada masalah.
tolong teman2 yang lain yg sudah dapat unit diriview untuk membantu kasus bung xboy. thx
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 54
- Joined: Wed Apr 11, 2007 1:30
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 225
- Joined: Thu Feb 22, 2007 4:31
Ok deh bung w1ndut,
kalo gitu saya gak bisa komentar banyak karena unit saya GL 1,8.
tapi kalo dari segi lainnya (maksud saya suspensi, pintu, hening kabin) saya rasa sama antara GL 1,8 dengan GL 1.5, saya sudah pernah test drive cukup lama karena dulu maunya ambil yg 1,5) soal kenyamanan sama persis, yg beda cuma performance mesin. itu menurut apa yg saya alami dan rasakan. kalo dibilang lebih hening xe*** saya gak sependapat.
coba yg sudah punya unit 1,5 disharing pengalamannya.
kalo gitu saya gak bisa komentar banyak karena unit saya GL 1,8.
tapi kalo dari segi lainnya (maksud saya suspensi, pintu, hening kabin) saya rasa sama antara GL 1,8 dengan GL 1.5, saya sudah pernah test drive cukup lama karena dulu maunya ambil yg 1,5) soal kenyamanan sama persis, yg beda cuma performance mesin. itu menurut apa yg saya alami dan rasakan. kalo dibilang lebih hening xe*** saya gak sependapat.
coba yg sudah punya unit 1,5 disharing pengalamannya.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 225
- Joined: Thu Feb 22, 2007 4:31
Guys,
bukan apa dengan adanya kasus bung xboys, mungkin ada yg punya pendapat saya bohong dengan semua review saya selama ini dari TD di bali sampai sekarang saya sudah miliki unitnya.
dalam soal kenyamanan berkendara saya masih merasakan hal yang sama expektasinya dari saat TD sampai mobil udah digarasi.
sebelumnya saya pernah beli mobil baru (gak mau saya sebut) waktu TD rasanya enak banget dan nyaman, tapi setelah udah seminggu kok mobil ini berisik, suara ban masuk, pokoknya jadi gak terasa nyaman lagi.
sekarang ini saya lagi cari waktu banyak untuk test mobil ini untuk perjalanan jauh supaya lebih tau mengenai konsumsi BBM. saya akan tetap sharing untuk hal ini, terserah mau percaya atau tidak.
tapi kalo ada yang punya pendapat saya bohong trus gak jadi ambil livina itu tidak jadi masalah buat saya. saya cuma pake trus kasi tau ke orang ini mobil enak! itu saja. sama sekali gak punya kepentingan apa2.
bukan apa dengan adanya kasus bung xboys, mungkin ada yg punya pendapat saya bohong dengan semua review saya selama ini dari TD di bali sampai sekarang saya sudah miliki unitnya.
dalam soal kenyamanan berkendara saya masih merasakan hal yang sama expektasinya dari saat TD sampai mobil udah digarasi.
sebelumnya saya pernah beli mobil baru (gak mau saya sebut) waktu TD rasanya enak banget dan nyaman, tapi setelah udah seminggu kok mobil ini berisik, suara ban masuk, pokoknya jadi gak terasa nyaman lagi.
sekarang ini saya lagi cari waktu banyak untuk test mobil ini untuk perjalanan jauh supaya lebih tau mengenai konsumsi BBM. saya akan tetap sharing untuk hal ini, terserah mau percaya atau tidak.
tapi kalo ada yang punya pendapat saya bohong trus gak jadi ambil livina itu tidak jadi masalah buat saya. saya cuma pake trus kasi tau ke orang ini mobil enak! itu saja. sama sekali gak punya kepentingan apa2.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 54
- Joined: Tue Apr 03, 2007 6:22
Gw setuju nih ma bung conan,..conan wrote:Aku yakin bukan 'cacat produksi' secara general, karena unit yang diterima awal tentu adalah hasil batch produksi awal pula, bukan hasil produksi sekarang yang sudah istilahnya 'dikebut'. Hasil batch produksi awal justru dibuat serapi mungkin demi first impression, misal untuk show unit atau test drive unit.
Satu contoh kasus rasanya belum cukup, coba kita lihat ke depannya apakah ada lagi kasus seperti ini.
Tapi menurutku, harga tidak akan berbohong dan sesuai dengan kualitas. Mungkin banyak yang terlanjur berharap terlalu tinggi pada Grand Livina, karena sejak awal banyak yang mempromosikannya secara berlebihan : mesin sekencang BMW, seirit Prius, selega Innova, suspensi senyaman Alphard dsb, padahal market positioning dari Nissan sendiri sudah sangat jelas : di atas Avanza, di bawah Honda Stream.
Bagaimanapun juga, GL adalah produk Nissan di bawah Rp 200 juta. Tidak akan memiliki build quality seperti Serena atau X-Trail.
Dan, GL adalah produk 'khusus' pasar China dan Indonesia. Build quality 'disesuaikan' dengan standar pasar yang dituju. Produk setir kanan untuk pasar Indo pun memiliki standar produksi yang sedikit banyak berbeda dengan produk setir kiri untuk pasar China.
Kalau kita membeli X-Trail yang seharga CRV, tentu kita akan mendapatkan produk dengan kualitas yang setara dengan kompetitornya.
Harga Livina di atas Avanza, di bawah Stream (para kompetitor yang sekelas dari dimensinya). Build quality yang patut diharapkan dari Livina tentu sesuai dengan harganya : di atas Avanza, di bawah Stream.
Harga tidak akan menipu konsumen, we get what we pay for.
Denga harga Livina, mesin yang didapat cukup OK yaitu varian mesin Nissan Latio.
Tapi kenapa harga Livina jauh di bawah Latio, tentu ada sebabnya. Harga yang lebih murah berarti biaya material yang lebih murah, fitur yang lebih sedikit, safety yang lebih sedikit, suspensi yang lebih kuno dan tentunya build quality yang lebih rendah pula daripada produk kelas satu Nissan seperti Latio.
Bukan salah Nissan karena mereka tentu sudah memproduksi Livina dengan sebaik mungkin, tapi tentunya ada batasan harga jual (baca : biaya produksi).
Konsumen memang seharusnya tidak mengharapkan build quality setinggi Serena/X-Trail/Stream.
We get what we pay for and nothing more..
Kita akan dapet barang seharga dengan apa yang kita bayar,..
Jangan lah kita berharap mobil seharga 150jt tapi ingin mendapat kenyamanan seharga 200jt...
Sama aja gw beli avanza tapi pengen enak kayak inova bos,..
atau beli terios tapi pengen enak kayak x-trail
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 26
- Joined: Wed Apr 25, 2007 2:05
saya pake GL 18 XV AT ngak ada masalah sama kabin dan pintu walau di speed tinggi kabin masih normal dibanding carens2 saya GL masih oke dijalan aspal kasar kalau carens suara ban masuk ke kabin tapi untuk handling mobil dikecepatan 150km keatas carens2 lebih comport/ nyaman // ini soal udah dibahas sama bung datsu dan conan
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 65
- Joined: Tue May 01, 2007 6:07
Saya setuju, mendingan kita tunggu kasus2 berikutnya sblm menarik kesimpulan final.conan wrote: Satu contoh kasus rasanya belum cukup, coba kita lihat ke depannya apakah ada lagi kasus seperti ini.
Buat bung Wardana, pls jgn keburu emosi dong

Saya cukup enjoy dengan sharing2 Bung Wardana ttg GL, dan byk mjd masukan buat saya.
ini jg setuju, ...saya sbg peng-inden GL jg ambil sikap nothing to lose, kalo ternyata GL stlh dipake terus emang awet kenyamanannya yah syukuran......kalo gak, yah mau diapain, wong budget saya cmn segini :lol:We get what we pay for and nothing more..
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 65
- Joined: Tue May 01, 2007 6:07
Saya setuju, mendingan kita tunggu kasus2 berikutnya sblm menarik kesimpulan final.conan wrote: Satu contoh kasus rasanya belum cukup, coba kita lihat ke depannya apakah ada lagi kasus seperti ini.
Buat bung Wardana, pls jgn keburu emosi dong

Saya cukup enjoy dengan sharing2 Bung Wardana ttg GL, dan byk mjd masukan buat saya.
ini jg setuju, ...saya sbg peng-inden GL jg ambil sikap nothing to lose, kalo ternyata GL stlh dipake terus emang awet kenyamanannya yah syukuran......kalo gak, yah mau diapain, wong budget saya cmn segini :lol:We get what we pay for and nothing more..
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Memang bisa tuh? unit udah diterima dan sdh ada STNK atas nama pembeli dibalikin dan diganti unit yg baru??? Yang bener neh!!?? ... wkt komplain ke showroom nodong pistol yah?.. 
Kalo gw seh.. mendingan ambil sendiri unitnya ke showroom/dealer NMI.... liat disana.. test drive.. kalo ga beres.. gw tolak unitnya sebelum dibuat STNK-nya. Nunggu lagi .. gpp deh dari pada dapet barang cacat!!!
So jangan pada berbahagia yeeh ditawarin duluan.. mungkin aja rejekan orang lain yg sdh merasakan cacat produksi.. jadi ditolak.

Kalo gw seh.. mendingan ambil sendiri unitnya ke showroom/dealer NMI.... liat disana.. test drive.. kalo ga beres.. gw tolak unitnya sebelum dibuat STNK-nya. Nunggu lagi .. gpp deh dari pada dapet barang cacat!!!
So jangan pada berbahagia yeeh ditawarin duluan.. mungkin aja rejekan orang lain yg sdh merasakan cacat produksi.. jadi ditolak.
Khöedhöe wrote:Ada kemungkinan waktu pengiriman dari Jkt. ke Sby tidak berjalan mulus.
Mulai dari pabrik trus dinaikin ke truk n di jalan truknya melewati jalan yang tidak mulus. Who knows?
Lebih baik minta ganti unit. Ogut pernah mengalami (itupun hanya masalah cat yang bleberan sedikit ..., taunya pas lagi nyuci tuh boil). Akhirnya minta tukar dgn. unit yang baru dan betul2 diganti yang baru. Padahal STNK udah jadi and udah dipake 2 minggu.
So Mr. XBoy, change your unit immediately.
Last edited by maxx on Wed May 16, 2007 5:40, edited 1 time in total.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 225
- Joined: Thu Feb 22, 2007 4:31
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2396
- Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
- Location: Jakarta and Bandung
Re: Masalah di Grand Livina 1500 M/T
xboy wrote:Hi all, salam kenal .....
Sudah 2 minggu ini si GL ada di garasi, rasa2nya kok ada beberapa hal yg cukup "mengganggu" yah .... mungkin ada RR sekalian yg mengalami juga ?
1. Peredam bawah buruk. Suara kolong jalan masuk dgn sangat nyaring ke kabin. Kalo lagi diem, GL lebih hening dari innova (saya juga pemakai Innova dan Xenia), tapi kalo jalan malah lebih ribut. Suara ban terdengar keras dari dalam. Bergemuruh. Butuh soundproof. Mungkin bawaannya gak ada blas.
2. Shock Absorbers glodakan saat melibas polisi tidur. Kalo jalan keriting sih cukup lembut, tapi begitu kena poldur, apalagi yg tinggi, pasti bunyi "dak .. dok". Menurut teknisi nissan, ini sudah bawaan/ciri dari Shock Absorbers-nya Nissan. Katanya X-Trail juga begini. Hmm ......
3. Pintu depan saat ditutup agak bergetar dan seperti rada mental2. Seperti kurang rapat, entah karetnya atau pengait, atau engsel. Pintu kiri depan paling parah. Terasa tidak menutup rapat, akibatnya cenderung bergetar saat lewat jalan keriting. Pintu yg belakang gak masalah. Sy coba semua GL yg ada di showroom, semua pintu depan kirinya begini !
4. Terasa nyendat2 dikit di rpm rendah. Ini terjadi saat kita langsung menekan gas begitu setelah de-akselerasi. Kata teknisinya, ini ciri throttle by wire, gak bisa ilang. Jadi buat jalan pelan2 terasa gak enak. Penyakit ini tidak ada di versi matic.
5. Engine break tidak dapat diandalkan untuk kondisi jalan menurun. Harus tekan rem yg kuat. So, as time goes by, GL akan cepet aus remnya.
Gw komentarin satu2..
1. No coment, belom pernah TD..hehehe..
2. Hati2 bos... bisa jadi ternyata sebetulnya shock dan per GL itu gak cocok.. emang agak susah buat nyari kombinasi shock dan per yang cocok apalagi dengan suspensi torsion beam.. sedangkan kalo macpherson biasanya gampang nyari pasangan2nya..
3. Bisa jadi macem2.. salah cetakan (cetakan pilar B / pintu) beberapa mm tapi itu harusnya ada di semua varian.. ato mungkin gara2 karet pintu yang ketebelan. Yang kedua kayanya lebih mungkin karena dengan produksi yang dipercepat, vendor karetnya mungkin gak teliti, jadi bikin lebih tebel dari standar.. ini gak akan terjadi di semua livina.. cuman pada produksi bulan tertentu aja.. harusnya yang kaya gini nanti di recall dan diganti gratis.. kaya kasus as roda innova dulu..
4. Itu bukan throttle by wire pak.. 95% saya tebak anda pasti pakai premium? mesin 1500cc livina itu standar pertamax!! saya udah 2 minggu pake premium dan biasanya pake pertamax plus.. sendat2 yang terjadi di vios saya jauh lebih parah daripada sendat2 anda.. coba deh paka pertamax sebulan.. pasti normal.. terus ganti lagi premium, pasti sendat2nya lebih dahsyat..
5. no comment juga..
==========
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 178
- Joined: Sun Apr 22, 2007 16:50
Gw setuju juga sama anda berdua bos.Gajah_Bengkak wrote:Gw setuju nih ma bung conan,..conan wrote:Aku yakin bukan 'cacat produksi' secara general, karena unit yang diterima awal tentu adalah hasil batch produksi awal pula, bukan hasil produksi sekarang yang sudah istilahnya 'dikebut'. Hasil batch produksi awal justru dibuat serapi mungkin demi first impression, misal untuk show unit atau test drive unit.
Satu contoh kasus rasanya belum cukup, coba kita lihat ke depannya apakah ada lagi kasus seperti ini.
Tapi menurutku, harga tidak akan berbohong dan sesuai dengan kualitas. Mungkin banyak yang terlanjur berharap terlalu tinggi pada Grand Livina, karena sejak awal banyak yang mempromosikannya secara berlebihan : mesin sekencang BMW, seirit Prius, selega Innova, suspensi senyaman Alphard dsb, padahal market positioning dari Nissan sendiri sudah sangat jelas : di atas Avanza, di bawah Honda Stream.
Bagaimanapun juga, GL adalah produk Nissan di bawah Rp 200 juta. Tidak akan memiliki build quality seperti Serena atau X-Trail.
Dan, GL adalah produk 'khusus' pasar China dan Indonesia. Build quality 'disesuaikan' dengan standar pasar yang dituju. Produk setir kanan untuk pasar Indo pun memiliki standar produksi yang sedikit banyak berbeda dengan produk setir kiri untuk pasar China.
Kalau kita membeli X-Trail yang seharga CRV, tentu kita akan mendapatkan produk dengan kualitas yang setara dengan kompetitornya.
Harga Livina di atas Avanza, di bawah Stream (para kompetitor yang sekelas dari dimensinya). Build quality yang patut diharapkan dari Livina tentu sesuai dengan harganya : di atas Avanza, di bawah Stream.
Harga tidak akan menipu konsumen, we get what we pay for.
Denga harga Livina, mesin yang didapat cukup OK yaitu varian mesin Nissan Latio.
Tapi kenapa harga Livina jauh di bawah Latio, tentu ada sebabnya. Harga yang lebih murah berarti biaya material yang lebih murah, fitur yang lebih sedikit, safety yang lebih sedikit, suspensi yang lebih kuno dan tentunya build quality yang lebih rendah pula daripada produk kelas satu Nissan seperti Latio.
Bukan salah Nissan karena mereka tentu sudah memproduksi Livina dengan sebaik mungkin, tapi tentunya ada batasan harga jual (baca : biaya produksi).
Konsumen memang seharusnya tidak mengharapkan build quality setinggi Serena/X-Trail/Stream.
We get what we pay for and nothing more..
Kita akan dapet barang seharga dengan apa yang kita bayar,..
Jangan lah kita berharap mobil seharga 150jt tapi ingin mendapat kenyamanan seharga 200jt...
Sama aja gw beli avanza tapi pengen enak kayak inova bos,..
atau beli terios tapi pengen enak kayak x-trail
Inilah yang sejak awal saya teriakkan, sebagai praktisi marketing saya sudah ingatkan High Expectation sering kali tidak bagus untuk marketing.
Ekspektasi itu harus dimaintain dengan baik.
Bro Conan, saya coba menganalisa alinea pertama kata-kata anda..cukup menggelitik buat saya.
Berarti dengan batch yang "dikebut" bisa saja ada masalah-masalah lain yang lebih tidak diinginkan bersama.....conan wrote:Aku yakin bukan 'cacat produksi' secara general, karena unit yang diterima awal tentu adalah hasil batch produksi awal pula, bukan hasil produksi sekarang yang sudah istilahnya 'dikebut'. Hasil batch produksi awal justru dibuat serapi mungkin demi first impression, misal untuk show unit atau test drive unit.
Lah yang dibuat rapi saja ada masalah...gimana yang "dikebut". Mudah2an bukan dikebut beneran.
Anyway kalo NMI dengar himbauan kita-kita...mudah2an mereka bisa antisipasi, kan mereka pasti sudah learning by process.
Jangan dong kesalahan yang sama diulangi lagi.
Well saya juga dapet info dari milis Livina, kalo delivery Mei ada delay yah. Mudah2an delay untuk memperbaiki quality.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1121
- Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03
Saya setuju dengan bung conan, secara logika artinya unit yang didapat mas boy adalah batch awal (cepet banget dapetnya) so, ini bukan hasil produksi double shift donk? gw sih curiga dia malah dapet eks mobil tes drive. Tapi bung conan, kalau nyaman saya tidak ragu.. (dengan asumsi dapat unit sama dengan yang waktu tes drive). dengan harga 150 saya rasa ini lebih bernilai dibanding kalau kita beli jazz atau avanza. beda harga dengan latio mungkin juga karena beda aksesoris (jok kulit dll) dan positioning marketing di awal juga mungkin. Tapi kalau sampe beda build quality.. benar kata max.. tahun 2007 golden age, and 2008 would be a dark age for NMI! but sapa tahu abis ini latio didiskon hehehehe..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2961
- Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34
Perbedaan harga dengan Latio tentu lebih daripada hanya sekedar aksesoris, Mr. Ichsan.ichsan_n wrote:beda harga dengan latio mungkin juga karena beda aksesoris (jok kulit dll) dan positioning marketing di awal juga mungkin. Tapi kalau sampe beda build quality.. benar kata max.. tahun 2007 golden age, and 2008 would be a dark age for NMI! but sapa tahu abis ini latio didiskon hehehehe..
Secara kasta pun Latio sudah in a different league daripada Livina.
Latio pantas bersaing dengan Mazda 3 hatchback, Ford Focus hatchback. Latio produk kelas satu Nissan, dijual di Jepang dan Amerika Utara (as Nissan Versa). Sedangkan Livina kan bersaingnya dengan Avanza. Juga tidak dijual di Jepang atau US, karena bukan produk kelas satu dari Nissan. Sama saja seperti Toyota tidak jualan Innova/Avanza di tiga pasar utama dunia. Reputasi Toyota di dunia tidak tercemar oleh rendahnya kualitas Avanza/Xenia, misalnya.
Dan perbedaan build quality pasti sangat terasa. Latio bukan dirakit lokal di pabrik di Indon, Anda tentu tahu sendiri kualitas SDM pekerja Indon bagaimana kalau dibandingkan dengan negara lain...
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 37
- Joined: Fri Mar 30, 2007 17:00
- Location: Surabaya
Re: Masalah di Grand Livina 1500 M/T
Bung Xboy,xboy wrote:Hi all, salam kenal .....
Sudah 2 minggu ini si GL ada di garasi, rasa2nya kok ada beberapa hal yg cukup "mengganggu" yah .... mungkin ada RR sekalian yg mengalami juga ?
- Peredam bawah buruk. Suara kolong jalan masuk dgn sangat nyaring ke kabin. Kalo lagi diem, GL lebih hening dari innova (saya juga pemakai Innova dan Xenia), tapi kalo jalan malah lebih ribut. Suara ban terdengar keras dari dalam. Bergemuruh. Butuh soundproof. Mungkin bawaannya gak ada blas.
- Shock Absorbers glodakan saat melibas polisi tidur. Kalo jalan keriting sih cukup lembut, tapi begitu kena poldur, apalagi yg tinggi, pasti bunyi "dak .. dok". Menurut teknisi nissan, ini sudah bawaan/ciri dari Shock Absorbers-nya Nissan. Katanya X-Trail juga begini. Hmm ......
- Pintu depan saat ditutup agak bergetar dan seperti rada mental2. Seperti kurang rapat, entah karetnya atau pengait, atau engsel. Pintu kiri depan paling parah. Terasa tidak menutup rapat, akibatnya cenderung bergetar saat lewat jalan keriting. Pintu yg belakang gak masalah. Sy coba semua GL yg ada di showroom, semua pintu depan kirinya begini !
- Terasa nyendat2 dikit di rpm rendah. Ini terjadi saat kita langsung menekan gas begitu setelah de-akselerasi. Kata teknisinya, ini ciri throttle by wire, gak bisa ilang. Jadi buat jalan pelan2 terasa gak enak. Penyakit ini tidak ada di versi matic.
- Engine break tidak dapat diandalkan untuk kondisi jalan menurun. Harus tekan rem yg kuat. So, as time goes by, GL akan cepet aus remnya.
Untuk suara ban yang keras, apa merek dan tipe ban GL anda sama dengan unit yang utk TD maupun unit punya bung Wardana dll. Karena kadang produsen mengganti merek maupun tipe ban ke spec yang lebih rendah utk menekan costs.
Kalau pas bunyi dak duk itu lagi dimuatin berapa orang ya? Kalau x-trail sih rasanya nggak begitu. BTW, nissan mana tuh yang cari gampangnya aja?
Mungkin maksud bung xboy tersentak-sentak, bukan tersendat, kalo tersendat kan seperti mesin mo mati. Kalo setelah lepas gas lalu tekan gas dalam-dalam dan untuk waktu yang lebih lama masih sama ga ya?
Mestinya throttle by wire bisa lebih lembut ya. CMIIW.
Kira2 apa yah yang membuat engine brake di GL tidak terasa walau sudah shift to lower gear dan mesin udah meraung-raung? Waktu itu dimuatin berapa orang ya? Apa karena beban yang terlalu berat sehingga daya luncur ke bawahnya juga semakin besar? Atau juga turunannya terlalu tajam, setau saya daerah pacet - trawas tanjakannya curam.
Bung Xboy, tolong dong direview tenaga GL waktu diajak tanjakan, sekalian dengan jumlah beban yang dibawa.
Thanks. CMIIW
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 327
- Joined: Thu Jul 06, 2006 9:36
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 15
- Joined: Thu May 10, 2007 4:13
Dan perbedaan build quality pasti sangat terasa. Latio bukan dirakit lokal di pabrik di Indon, Anda tentu tahu sendiri kualitas SDM pekerja Indon bagaimana kalau dibandingkan dengan negara lain...[/quote]
Maksud anda orang Indonesia lebih "TIDAK BERKUALITAS" ketimbang orang luar ???? Kenapa harus judge orang Indonesia seperti itu??? Itu kan mental orang jajahan....
Jangan hubungin Latio (Thailand made) dengan Livina (Indonesian made) dengan kualitas pekerjanya duong... Kita kan tahu segmentasi pasar utk Latio dan Livina berbeda..... Gak ada hubungannya dengan orang THAI better daripada orang INDONESIA...
Maksud anda orang Indonesia lebih "TIDAK BERKUALITAS" ketimbang orang luar ???? Kenapa harus judge orang Indonesia seperti itu??? Itu kan mental orang jajahan....

Jangan hubungin Latio (Thailand made) dengan Livina (Indonesian made) dengan kualitas pekerjanya duong... Kita kan tahu segmentasi pasar utk Latio dan Livina berbeda..... Gak ada hubungannya dengan orang THAI better daripada orang INDONESIA...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 991
- Joined: Mon May 08, 2006 7:32
hayo loh bung conan di protes tuh...
dan setahu saya, banyak orang indonesia yg tersinggung kalo disebut "indon".
soal engine break di mobilku.com ada penjelasan dr NMI.
http://www.mobilku.com/cgi-bin/index.cgi?p=6008&id=589
"Saat melintasi tol dengan kecepatan diatas 100km/jam, suspensi terasa lembut tapi tidak limbung. Suara mesin dan roda menyusup masuk, tapi masih dalam batas toleransi. Yang mencolok, brake engine nyaris tidak ada. Untungnya dibekali rem pakem yang bisa dihandalkan. Sayang, untuk tipe ini tidak dilengkapi ABS, EBD dan BA seperti di varian Ultimate.
Dalam pembicaraan terpisah, Teddy Irawan, Deputy Director National Sales & Promotion, PT NMI menjelaskan bahwa kondisi itu karena ukuran diameter dan langkah piston hampir sama yaitu (84.0 x 81.1)mm. Engine brake besar didapat bila panjang langkah piston lebih besar dari diameter."
dan setahu saya, banyak orang indonesia yg tersinggung kalo disebut "indon".
soal engine break di mobilku.com ada penjelasan dr NMI.
http://www.mobilku.com/cgi-bin/index.cgi?p=6008&id=589
"Saat melintasi tol dengan kecepatan diatas 100km/jam, suspensi terasa lembut tapi tidak limbung. Suara mesin dan roda menyusup masuk, tapi masih dalam batas toleransi. Yang mencolok, brake engine nyaris tidak ada. Untungnya dibekali rem pakem yang bisa dihandalkan. Sayang, untuk tipe ini tidak dilengkapi ABS, EBD dan BA seperti di varian Ultimate.
Dalam pembicaraan terpisah, Teddy Irawan, Deputy Director National Sales & Promotion, PT NMI menjelaskan bahwa kondisi itu karena ukuran diameter dan langkah piston hampir sama yaitu (84.0 x 81.1)mm. Engine brake besar didapat bila panjang langkah piston lebih besar dari diameter."
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2961
- Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34
azumi wrote:Dan perbedaan build quality pasti sangat terasa. Latio bukan dirakit lokal di pabrik di Indon, Anda tentu tahu sendiri kualitas SDM pekerja Indon bagaimana kalau dibandingkan dengan negara lain...
Maksud anda orang Indonesia lebih "TIDAK BERKUALITAS" ketimbang orang luar ???? Kenapa harus judge orang Indonesia seperti itu??? Itu kan mental orang jajahan....

Jangan hubungin Latio (Thailand made) dengan Livina (Indonesian made) dengan kualitas pekerjanya duong... Kita kan tahu segmentasi pasar utk Latio dan Livina berbeda..... Gak ada hubungannya dengan orang THAI better daripada orang INDONESIA...[/quote]
Maaf saja, tapi patriotisme tidak perlu selalu berbentuk nasionalisme yang berlebihan.
Anda mau bukti? Mengapa Thailand begitu maju industri otomotif-nya (Bangkok = Detroit of Asia), banyak sekali pabrikan besar mendirikan pabrik perakitan disana, dan bukannya di Indonesia? Mengapa Vios, Altis, Camry, Civic, Accord, Latio dsb dirakit disana dan bukannya di Indonesia?
Apakah Anda bisa menjelaskan mengapa kasus kebocoran oli dulu hanya ditemukan pada Jazz dan Stream rakitan lokal, tidak ditemukan pada Jazz rakitan Thailand atau Stream rakitan Jepang?
Anda pikir para pabrikan itu memilih Thailand daripada Indonesia tanpa alasan kuat? Perbedaan sumber daya manusia itu bukan hanya pekerjanya, tapi juga 'oknum' pemerintahnya. Pemerintah Thailand sangat kondusif pada investor, bandingkan dengan Indonesia. Mitsubishi saja menutup pabriknya di Indonesia.
Anda baca koran tidak? Banyak sekali pabrik yang pindah dari Indonesia ke China, Malaysia, bahkan Vietnam yang padahal belum begitu lama merdeka kalau dibandingkan dengan Indonesia. Tanya kenapa?
Anda mungkin menutup mata pada kenyataan, but give me realism over nasionalism every day of the week.
Ini zaman global, nasionalisme berlebihan malah membuat pandangan kita sempit dan tidak bisa maju.

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 91
- Joined: Fri Apr 13, 2007 5:48
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3512
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 312
- Joined: Mon Feb 05, 2007 8:55
Re: Masalah di Grand Livina 1500 M/T
xboy wrote:Hi all, salam kenal .....
1. Peredam bawah buruk. Suara kolong jalan masuk dgn sangat nyaring ke kabin. Kalo lagi diem, GL lebih hening dari innova (saya juga pemakai Innova dan Xenia), tapi kalo jalan malah lebih ribut. Suara ban terdengar keras dari dalam. Bergemuruh. Butuh soundproof. Mungkin bawaannya gak ada blas.
2. Shock Absorbers glodakan saat melibas polisi tidur. Kalo jalan keriting sih cukup lembut, tapi begitu kena poldur, apalagi yg tinggi, pasti bunyi "dak .. dok". Menurut teknisi nissan, ini sudah bawaan/ciri dari Shock Absorbers-nya Nissan. Katanya X-Trail juga begini. Hmm ......
3. Pintu depan saat ditutup agak bergetar dan seperti rada mental2. Seperti kurang rapat, entah karetnya atau pengait, atau engsel. Pintu kiri depan paling parah. Terasa tidak menutup rapat, akibatnya cenderung bergetar saat lewat jalan keriting. Pintu yg belakang gak masalah. Sy coba semua GL yg ada di showroom, semua pintu depan kirinya begini !
4. Terasa nyendat2 dikit di rpm rendah. Ini terjadi saat kita langsung menekan gas begitu setelah de-akselerasi. Kata teknisinya, ini ciri throttle by wire, gak bisa ilang. Jadi buat jalan pelan2 terasa gak enak. Penyakit ini tidak ada di versi matic.
5. Engine break tidak dapat diandalkan untuk kondisi jalan menurun. Harus tekan rem yg kuat. So, as time goes by, GL akan cepet aus remnya.
Bung xboy, saya pemakai GL 1.5 MT Silver dan udah jalan 3 mingguan, km kurang lebih 900 km.
1. Peredam bawah buruk; saya tidak mengalaminya seperti itu. Kalau dibandingkan dengan Avanza, mobil GL dalam posisi jalan lebih hening. Jika ketemu jalan rusak suara gemuruh tidak masuk ke mobil. Malahan jika Avanza kondisi idle, setiap berapa menit akan ada suara mesin yang cukup kencang, tapi di GL dalam kondisi mesin idle memang ada suara mesin yang mirip tapi suaranya jauh lebih senyap daripada Avanza.
2. Shock Absorber jika melibas polisi tidur yang tinggi dan tidak landai dengan kencang semua mobil pasti akan mengalami hal yang sama tidak terkecuali GL. Tapi untuk poldur yang tinggi tapi posisinya landai, GL cukup lembut.
3. Pintu depan kiri, saya tidak mengalaminya.
4. Kalau di RPM rendah terasa ndut-ndut saya tidak mengalaminya. Tapi kalau pada antara RPM 3k - 4k, terasa seperti ada tenaga sedikit kosong emang mungkin saja faktor TBW, karena saya mengalami hal yang sama juga.
5. Engine break; apa ini maksudnya jika kondisi mobil lagi melaju cukup kencang kemudian gas dilepas, kecepatannya dengan drastis akan berkurang, jadi ada fungsi engine breaking yang berfungsi sebagai rem. Tapi itu hanya masalah kebiasaan saja, tidak menjadi masalah yang berarti bagi saya tapi entah ya bagi bung xboy... jika pada kondisi jalan menurun saya belum pernah mengalaminya.
Ada tambahan dari saya : saya merasa klakson GL 1.5 MT tidak kencang (garang) karena saya suka sebal jika ada angkutan umum yang suka serobot sana serobot sini, tetapi karena klakson tidak garang maka kadang tidak bisa membuat mereka minggir atau membuat mereka waspada jika kita mau menyusul.
Last edited by ifmarch on Wed May 16, 2007 7:00, edited 2 times in total.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2961
- Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34
Aku orang Indon, bukan orang Malaysia. Dan sebagai orang Indonesia pun aku mengakui bahwa SDM Indonesia masih lebih rendah daripada negara lain.hunter wrote:hayo loh bung conan di protes tuh...
dan setahu saya, banyak orang indonesia yg tersinggung kalo disebut "indon".![]()
Dan kalau orang Indon tidak suka disebut Indon, tahukah Anda darimana asalnya sebutan itu? Karena pekerja Indonesia di negara lain itu terkenal malas. Contoh saja. Di Dubai misalnya, banyak yang tidak mau menerima TKI dan lebih memilih dari negara lain seperti India, Pakistan, Bangladesh dll. Mengapa? Orang Indonesia suka mencuri jam makan siang untuk pergi merokok dan tidak kembali bekerja pada waktunya. Artikel ini pernah diulas oleh Kompas secara mendetil. Apakah Kompas tidak nasionalis dan bersifat 'dijajah'? Menurutku justru Kompas bersikap profesional secara jurnalistik dan juga nasionalis, karena dengan artikel itu justru mereka berharap orang Indonesia membacanya dan mau introspeksi diri.
Yang mana yang lebih nasionalis? Orang yang menutup mata akan kelemahan bangsa sendiri, atau seperti Kompas, orang yang mau menunjukkan kelemahan sendiri agar bisa memperbaiki diri dan kembali bersaing dengan orang dari negara lain?
Arti patriotisme atau nasionalisme tidak selalu harus berbentuk fanatisme terhadap negri sendiri yang berlebihan.
Apakah rekan-rekan semua, tidak ada yang mau isi BBM di Shell atau Petronas dan jauh, jauh lebih memilih isi di Pertamina?
Coba jawab dengan jujur, kalau di jalan yang sama, ada SPBU Pertamina dan Shell saling berseberangan, mana yang Anda pilih dan mengapa? Memang akan ada yang pilih Pertamina, tapi apakah mereka yang lebih memilih Shell otomatis dicap sebagai mental orang terjajah? INGAT, Shell adalah perusahaan BELANDA. Hmm?
Last edited by conan on Wed May 16, 2007 6:08, edited 1 time in total.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 65
- Joined: Tue May 01, 2007 6:07
Oh begitu yah, nanti saya mo praktek in ahh....masih lama sih, paling cepet pun akhir Oktober. Terima kasih bung Maxx.maxx wrote: Kalo gw seh.. mendingan ambil sendiri unitnya ke showroom/dealer NMI.... liat disana.. test drive.. kalo ga beres.. gw tolak unitnya sebelum dibuat STNK-nya. Nunggu lagi .. gpp deh dari pada dapet barang cacat!!!
Wah, tuh mobil rejekan bisa keliling INDO dr tangan satu ke tangan lainSo jangan pada berbahagia yeeh ditawarin duluan.. mungkin aja rejekan orang lain yg sdh merasakan cacat produksi.. jadi ditolak.
