Santa Fe gen.3 user @SM
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Thu Mar 02, 2017 2:52
- Location: Jakarta
Re: Santa Fe gen.3 user @SM
permisi om om dan suhu ,...
salam kenal
saya newbie dalam bidang otomotif dan mau menimba ilmu bersama om dan suhu disini semoga ada pencerahan yang saya dapatkan, semoga saya diterima.
saya berencana membeli santapi diesel, namun karena diluar dari budget setelah potong discount masih belum tercapai juga, dan akhirnya memikirkan untuk versi gasoline 2,4 sport dengan discount pengajuan 50jt NIK2015 dari harga 416jt menjadi 366jt.
setelah saya membaca di thread ini dari halaman pertama hingga akhir halaman hampir tidak ada yang membahas type gasoline, saya minta maaf kalo saya salah masuk di thread ini.
dan kembali ke gasoline, karena dengan pertimbangan konsomsi BBM yang mungkin dari prediksi saya ini boros karena ini adalah gasoline 2,4 maka saya diberi kesempatan dari showroom untuk mengijinkan saya TD keluar kota dan didampingi oleh sales, maka kemarin kesempatan itu diberikan.
jam 9 pagi 2 sales datang membawa mobil kekantor saya dibelakang mall sunter dengan indicator BBM berada pada strip paling bawah, kemudian kami mengisi pertamax sebanyak 200rb sekitar 24ltr, anjuran dari salesnya, indicator BBM berada di strip tengah lebih dikit dan trip B direset menjadi 0
perjalanan dimulai dari sunter ke Hotel GM diharmoni mengantar istri bertemu temannya dengan kondisi trafic sedang, lalu kami ke arah toll pluit dan menuju bandung yang awalnya tollnya lancar, dan mulai masuk toll cikampek padat merayap kurang lebih 1jam, setelah itu kami berisitiraht di rest area, setelah 40menitan direst area kami lanjtukan perjalan dengan kondisi trafic sedang dan masuk toll cipularang lancar hingga exit pasteur, dan dibandung kami berjalan dengan trafic padat namun lancar selama 30an menit dan kami beristirahat 1jam lebih. indicator BBM menunjukan strip ke 3 dari bawah jadi hanya turun 2 strip dari awal kami isi pertamx dijkt dari strip ke 5 lebiih dikit.
setelah beristirahat kami lanjutkan balik ke jkt dengan kondisi trafic yang lancar, namun begitu masuk toll cikampek trafic padat merayap juga macet dikarenakan hujan, dan berlangsung hampir 2jam hingga toll lingkar luar. (sempat kawatir kalo prediksi sales salah dgn konsumsi BBM dan dapat menjadi penderitaan ditoll yg macet karena estimasi BBM di display sudah menghilang dari angka 50km dan indicator sudah mulai masuk distrip terakhir pada saat di toll cikarang hehehe)
lanjutkan perjalan setelah masuk toll lingkar luar kondisi trafic lancar dan keluar toll cakung timur, karena sales mengantar saya pulang ke perum JGC dan setibanya 300 meter dari rumah saya, kami beristiraht dan melihat trip B yang awal kami reset 0 menjadi 314.2km penunjuk indicator sudah posisi strip paling akhir dan lampu indicator gelas pun menyala. Asumsi BBM menurut sales 1/12 dan 1/14
Overall dari kendaraan ini saya sangat puas dan nyaman walaupun dari fitur yang minim dari type atasnya yg lebih baik tapi ngak masalah.
menurut salesnya konsumsi BBM diesel lebih hemat dari type gasoline.
yang menjadi pertanyaan saya, semoga om dan suhu disini ada yang dapat memberi pencerahan,
- jika saya membeli bekas santapi diesel untuk jangka pemakaian 3-5thn kedepan sebaiknya melihat kilometer yang max di km berapa ?
dengan berbagai pertimbangan mengingat aktifitas saya sehari hari perjalanan 50 - 60km
- dan kalo saya membeli versi gasoline NIK 2015 setelah pengajuan discount menjadi 366jt apakah worth to buy ?
melihat NJK bekasnya 299jt versi samsat.
demikian pertanyaan saya om om dan suhu, dan kiranya dimaafkan kalo saya salah dengan topik pertanyaan saya disini.
salam kenal
saya newbie dalam bidang otomotif dan mau menimba ilmu bersama om dan suhu disini semoga ada pencerahan yang saya dapatkan, semoga saya diterima.
saya berencana membeli santapi diesel, namun karena diluar dari budget setelah potong discount masih belum tercapai juga, dan akhirnya memikirkan untuk versi gasoline 2,4 sport dengan discount pengajuan 50jt NIK2015 dari harga 416jt menjadi 366jt.
setelah saya membaca di thread ini dari halaman pertama hingga akhir halaman hampir tidak ada yang membahas type gasoline, saya minta maaf kalo saya salah masuk di thread ini.
dan kembali ke gasoline, karena dengan pertimbangan konsomsi BBM yang mungkin dari prediksi saya ini boros karena ini adalah gasoline 2,4 maka saya diberi kesempatan dari showroom untuk mengijinkan saya TD keluar kota dan didampingi oleh sales, maka kemarin kesempatan itu diberikan.
jam 9 pagi 2 sales datang membawa mobil kekantor saya dibelakang mall sunter dengan indicator BBM berada pada strip paling bawah, kemudian kami mengisi pertamax sebanyak 200rb sekitar 24ltr, anjuran dari salesnya, indicator BBM berada di strip tengah lebih dikit dan trip B direset menjadi 0
perjalanan dimulai dari sunter ke Hotel GM diharmoni mengantar istri bertemu temannya dengan kondisi trafic sedang, lalu kami ke arah toll pluit dan menuju bandung yang awalnya tollnya lancar, dan mulai masuk toll cikampek padat merayap kurang lebih 1jam, setelah itu kami berisitiraht di rest area, setelah 40menitan direst area kami lanjtukan perjalan dengan kondisi trafic sedang dan masuk toll cipularang lancar hingga exit pasteur, dan dibandung kami berjalan dengan trafic padat namun lancar selama 30an menit dan kami beristirahat 1jam lebih. indicator BBM menunjukan strip ke 3 dari bawah jadi hanya turun 2 strip dari awal kami isi pertamx dijkt dari strip ke 5 lebiih dikit.
setelah beristirahat kami lanjutkan balik ke jkt dengan kondisi trafic yang lancar, namun begitu masuk toll cikampek trafic padat merayap juga macet dikarenakan hujan, dan berlangsung hampir 2jam hingga toll lingkar luar. (sempat kawatir kalo prediksi sales salah dgn konsumsi BBM dan dapat menjadi penderitaan ditoll yg macet karena estimasi BBM di display sudah menghilang dari angka 50km dan indicator sudah mulai masuk distrip terakhir pada saat di toll cikarang hehehe)
lanjutkan perjalan setelah masuk toll lingkar luar kondisi trafic lancar dan keluar toll cakung timur, karena sales mengantar saya pulang ke perum JGC dan setibanya 300 meter dari rumah saya, kami beristiraht dan melihat trip B yang awal kami reset 0 menjadi 314.2km penunjuk indicator sudah posisi strip paling akhir dan lampu indicator gelas pun menyala. Asumsi BBM menurut sales 1/12 dan 1/14
Overall dari kendaraan ini saya sangat puas dan nyaman walaupun dari fitur yang minim dari type atasnya yg lebih baik tapi ngak masalah.
menurut salesnya konsumsi BBM diesel lebih hemat dari type gasoline.
yang menjadi pertanyaan saya, semoga om dan suhu disini ada yang dapat memberi pencerahan,
- jika saya membeli bekas santapi diesel untuk jangka pemakaian 3-5thn kedepan sebaiknya melihat kilometer yang max di km berapa ?
dengan berbagai pertimbangan mengingat aktifitas saya sehari hari perjalanan 50 - 60km
- dan kalo saya membeli versi gasoline NIK 2015 setelah pengajuan discount menjadi 366jt apakah worth to buy ?
melihat NJK bekasnya 299jt versi samsat.
demikian pertanyaan saya om om dan suhu, dan kiranya dimaafkan kalo saya salah dengan topik pertanyaan saya disini.
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: RE: Re: Santa Fe gen.3 user @SM
kalo shock dah di atas 2 tahun wajar kalo dah jelek, either jadi ngayun or kakuB3ndol1sm wrote:Om2 Senior, mohon infonya dong, saya pakai Santi CRDI 2013 sudah sekitar 6 bulan, overall tidak ada keluhan. Saat ini km sekitar 52rb. Saya cuma ada satu pertanyaan ni, apakah memang Santi ini (terutama yang 2013) bantingannya emang keras, kalo lewat di jalan yang kurang bagus bikin pegel-pegel? Tidak ada suara berisik dari kaki kaki, tapi emang dirasakan bantingannya keras. Saya dapat komplain dari anak dan istri soalnya, kami terbiasa naik Carnival-Sedona.
Apakah hal tersebut normal untuk Santi 2013 atau mungkin ada part kaki2 saya yang sudah lemah?
Mohon masukan dari pengguna Santi 2013 yang pakai dari baru apakah juga bantingannya memang keras sejak dari baru atau kerasnya setelah mencapai umur atau km tertentu?
Satu hal lagi, saya dengar ada beberapa yang sudah pakai ataupun TD Santi 2016, infonya bantingannya lebih enak dan empuk (tidak keras). Ada yang bisa sharing hal tersebut?
Apa yang harus dilakukan atau dimodifikasi agar Santi saya bisa mendapatkan bantingan yang lebih empuk? ataukah memang karakter SUV yang seperti itu? Karena selama ini saya dan keluarga terbiasa naik MPV.
Mohon pencerahannya
Terima kasih
ganti aja shock nya
kalo misal masi garansi claim aja
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: RE: Re: Santa Fe gen.3 user @SM
om JCOsatriabergitar wrote:Om leiv Dan suhu2 santi Yang lain, minta info nya dong terkait beberapa part yang mungkin di Atas 50 ribu sudah waktunya ganti :
1. Shock breaker depan : ane pakai captiva 1st gen ganti 1 pasang 2 jutaan, setelah pakai 8 tahun
2. Bushing lower arm : 1 pasang 1.4 juta
3. Long tie rod : 450 ribu
4. Timing belt set : 2.250 juta
5. Pulley alternator : 1.45 juta
6. Engine mounting (4buah) : 4 jutaan
7. Sekali ganti oli 5-30 pakai oli yang total yang Ada dexos 2 + oil filter Dan fuel filter = 1 juta, cat fuel filter Dan oil filter nyoba sakura ( aslinya mahal Kali, 600 ribu dan 250 ribu)
Karena sudah cukup uzur, ane service di non Beres tapi kualitas ok, di kemayoran dengan Om jco, omega motor..
Untuk Santa Fe bisa dibantu Om harga2 part tersebut? Dan Ada rekomendasikan non Beres tapi kualitas service nya sama baik dengan beres...
Sama2 built up Korea, so far c*pt*va ane puas, tahan Banting Dan jujur, selama 9 tahun ini 90% ane minumin biosolar... Dan Alhamdulillah nggak pernah Ada masalah dengan turbonya, lari 160 km masih bisa tercapai dengan velg 20 inch.
Dibantu infonya suhu2.. makasih banyak sebelumnya.. oh iya kalo mau gabung SOCI belum punya santi nya bisa ndak?
Sent from my MI 5 using Seraya Motor mobile app
[emoji106] [emoji106] [emoji106]
* Bukan ajakan Beli *
-
- Visitor
- Posts: 9
- Joined: Sat Jul 23, 2016 11:57
Re: Santa Fe gen.3 user @SM
Makasih Om leiv, Om turboman, semoga Ada bengkel non Beres Hyundai yang pelayanannya sebaik Om JCO[emoji16]
Sent from my MI 5 using Seraya Motor mobile app
Sent from my MI 5 using Seraya Motor mobile app
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Santa Fe gen.3 user @SM
dapat dr kawan 
tapi sy gak tahu ya gimana harga dan koleksi nya

tapi sy gak tahu ya gimana harga dan koleksi nya
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 58
- Joined: Mon Apr 07, 2014 2:30
Re: Santa Fe gen.3 user @SM
om, dulu saya sempat pake Santa Fe CRDi 2013, terus saya jual setahun kemudian, jangan-jangan unit saya ada di om sekarang..coba kalau warna unitnya Arabian Mocha dan nopol berakhir di 3-18, mungkin itu unit ex saya dan saya bisa jelaskan kenapa itu bisa keras begitu..japri atau di sini juga gpp om jawabnyaB3ndol1sm wrote: Wed Mar 01, 2017 9:03 Om2 Senior, mohon infonya dong, saya pakai Santi CRDI 2013 sudah sekitar 6 bulan, overall tidak ada keluhan. Saat ini km sekitar 52rb. Saya cuma ada satu pertanyaan ni, apakah memang Santi ini (terutama yang 2013) bantingannya emang keras, kalo lewat di jalan yang kurang bagus bikin pegel-pegel? Tidak ada suara berisik dari kaki kaki, tapi emang dirasakan bantingannya keras. Saya dapat komplain dari anak dan istri soalnya, kami terbiasa naik Carnival-Sedona.
Apakah hal tersebut normal untuk Santi 2013 atau mungkin ada part kaki2 saya yang sudah lemah?
Mohon masukan dari pengguna Santi 2013 yang pakai dari baru apakah juga bantingannya memang keras sejak dari baru atau kerasnya setelah mencapai umur atau km tertentu?
Satu hal lagi, saya dengar ada beberapa yang sudah pakai ataupun TD Santi 2016, infonya bantingannya lebih enak dan empuk (tidak keras). Ada yang bisa sharing hal tersebut?
Apa yang harus dilakukan atau dimodifikasi agar Santi saya bisa mendapatkan bantingan yang lebih empuk? ataukah memang karakter SUV yang seperti itu? Karena selama ini saya dan keluarga terbiasa naik MPV.
Mohon pencerahannya
Terima kasih
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 248
- Joined: Fri Nov 27, 2015 1:35
Re: Santa Fe gen.3 user @SM
Diskonnya kok sedikit untuk nik2015, saya barusan ambil captiva diesel nik2015 dapat diskon 100 juta dari harga otr 498juta, coba di nego lagi minta diskonnya di tambah kan ini nik2015 dealer juga pasti pingin cepat stok lamanya laku.yukemp wrote: Wed Apr 12, 2017 4:11 permisi om om dan suhu ,...
salam kenal
saya newbie dalam bidang otomotif dan mau menimba ilmu bersama om dan suhu disini semoga ada pencerahan yang saya dapatkan, semoga saya diterima.
saya berencana membeli santapi diesel, namun karena diluar dari budget setelah potong discount masih belum tercapai juga, dan akhirnya memikirkan untuk versi gasoline 2,4 sport dengan discount pengajuan 50jt NIK2015 dari harga 416jt menjadi 366jt.
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Thu Mar 02, 2017 2:52
- Location: Jakarta
Re: RE: Re: Santa Fe gen.3 user @SM
Iya om hanya 50jt paling mentok, saya kemarin di telp lagi hanya bisa segitu, dan kalo ngak mau disuru ngisi formulir pembatalan uang serius dibalikin[emoji17]apoge wrote:Diskonnya kok sedikit untuk nik2015, saya barusan ambil captiva diesel nik2015 dapat diskon 100 juta dari harga otr 498juta, coba di nego lagi minta diskonnya di tambah kan ini nik2015 dealer juga pasti pingin cepat stok lamanya laku.yukemp wrote: Wed Apr 12, 2017 4:11 permisi om om dan suhu ,...
salam kenal
saya newbie dalam bidang otomotif dan mau menimba ilmu bersama om dan suhu disini semoga ada pencerahan yang saya dapatkan, semoga saya diterima.
saya berencana membeli santapi diesel, namun karena diluar dari budget setelah potong discount masih belum tercapai juga, dan akhirnya memikirkan untuk versi gasoline 2,4 sport dengan discount pengajuan 50jt NIK2015 dari harga 416jt menjadi 366jt.
Sent from my MI 5 using Seraya Motor mobile app
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 180
- Joined: Thu Mar 13, 2008 10:27
Re: RE: Re: Santa Fe gen.3 user @SM
halo om Turbo, santi saya kalo jalan gelombang ada bunyi geruduk geruduk di area belakang, apakah perlu ganti shock? shock nya dah 4 thn heheTurboman wrote: Wed Apr 12, 2017 4:25
kalo shock dah di atas 2 tahun wajar kalo dah jelek, either jadi ngayun or kaku
ganti aja shock nya
kalo misal masi garansi claim aja
ada rekomen shock apa yg cocok? krn bantingan santi ini emang agak keras
terima kasih suhu
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: RE: Re: RE: Re: Santa Fe gen.3 user @SM
ganti shock std nyaleiv wrote:halo om Turbo, santi saya kalo jalan gelombang ada bunyi geruduk geruduk di area belakang, apakah perlu ganti shock? shock nya dah 4 thn heheTurboman wrote: Wed Apr 12, 2017 4:25
kalo shock dah di atas 2 tahun wajar kalo dah jelek, either jadi ngayun or kaku
ganti aja shock nya
kalo misal masi garansi claim aja
ada rekomen shock apa yg cocok? krn bantingan santi ini emang agak keras
terima kasih suhu
saya kurang paham shock aftermarket santa fe ada apa aja
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 15
- Joined: Mon Oct 17, 2016 8:41
Re: Santa Fe gen.3 user @SM
Dijelaskan di sini aja Om, biar nambah pengetahuan rekan2 yang baca semua di siniJunior wrote: Thu Apr 13, 2017 6:36om, dulu saya sempat pake Santa Fe CRDi 2013, terus saya jual setahun kemudian, jangan-jangan unit saya ada di om sekarang..coba kalau warna unitnya Arabian Mocha dan nopol berakhir di 3-18, mungkin itu unit ex saya dan saya bisa jelaskan kenapa itu bisa keras begitu..japri atau di sini juga gpp om jawabnyaB3ndol1sm wrote: Wed Mar 01, 2017 9:03 Om2 Senior, mohon infonya dong, saya pakai Santi CRDI 2013 sudah sekitar 6 bulan, overall tidak ada keluhan. Saat ini km sekitar 52rb. Saya cuma ada satu pertanyaan ni, apakah memang Santi ini (terutama yang 2013) bantingannya emang keras, kalo lewat di jalan yang kurang bagus bikin pegel-pegel? Tidak ada suara berisik dari kaki kaki, tapi emang dirasakan bantingannya keras. Saya dapat komplain dari anak dan istri soalnya, kami terbiasa naik Carnival-Sedona.
Apakah hal tersebut normal untuk Santi 2013 atau mungkin ada part kaki2 saya yang sudah lemah?
Mohon masukan dari pengguna Santi 2013 yang pakai dari baru apakah juga bantingannya memang keras sejak dari baru atau kerasnya setelah mencapai umur atau km tertentu?
Satu hal lagi, saya dengar ada beberapa yang sudah pakai ataupun TD Santi 2016, infonya bantingannya lebih enak dan empuk (tidak keras). Ada yang bisa sharing hal tersebut?
Apa yang harus dilakukan atau dimodifikasi agar Santi saya bisa mendapatkan bantingan yang lebih empuk? ataukah memang karakter SUV yang seperti itu? Karena selama ini saya dan keluarga terbiasa naik MPV.
Mohon pencerahannya
Terima kasih![]()
Thx
Wah jangan2 ini yang punya Santi 2013 saya yg sebelumnya?gaspol wrote: Wed Mar 15, 2017 14:12
Kebetulan saya pernah pakai santi 2013 dan skrg upgrade ke santi 2016..jujur aja untuk keduanya sama sama empuk rasanya hampir ga berasa bedanyamungkin saya sebelumnya kebiasa sama karakter suspensi captiva yang jauh lebih kaku bantingannya
![]()
Malah lagi baca2 cari referensi untuk upgrade suspensi biar ngga terlalu ngayun..suspensi std santafe sudah cukup nyaman kok, kalo dibuat terlalu lembut apa ga bahaya mengingat powernya yang ganas![]()
Warna hitamkah yg 2013, dan sekarang yg unit 2016 juga hitam?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 439
- Joined: Sun Nov 25, 2012 16:19
Re: Santa Fe gen.3 user @SM
Yaps 2013 crdi warna hitam..pas saya ambil unit tsb kondisi body nya di wrapping hitam doff. Dan kilometer 30rb km kira kira saat ituB3ndol1sm wrote: Tue May 02, 2017 3:15Dijelaskan di sini aja Om, biar nambah pengetahuan rekan2 yang baca semua di siniJunior wrote: Thu Apr 13, 2017 6:36om, dulu saya sempat pake Santa Fe CRDi 2013, terus saya jual setahun kemudian, jangan-jangan unit saya ada di om sekarang..coba kalau warna unitnya Arabian Mocha dan nopol berakhir di 3-18, mungkin itu unit ex saya dan saya bisa jelaskan kenapa itu bisa keras begitu..japri atau di sini juga gpp om jawabnyaB3ndol1sm wrote: Wed Mar 01, 2017 9:03 Om2 Senior, mohon infonya dong, saya pakai Santi CRDI 2013 sudah sekitar 6 bulan, overall tidak ada keluhan. Saat ini km sekitar 52rb. Saya cuma ada satu pertanyaan ni, apakah memang Santi ini (terutama yang 2013) bantingannya emang keras, kalo lewat di jalan yang kurang bagus bikin pegel-pegel? Tidak ada suara berisik dari kaki kaki, tapi emang dirasakan bantingannya keras. Saya dapat komplain dari anak dan istri soalnya, kami terbiasa naik Carnival-Sedona.
Apakah hal tersebut normal untuk Santi 2013 atau mungkin ada part kaki2 saya yang sudah lemah?
Mohon masukan dari pengguna Santi 2013 yang pakai dari baru apakah juga bantingannya memang keras sejak dari baru atau kerasnya setelah mencapai umur atau km tertentu?
Satu hal lagi, saya dengar ada beberapa yang sudah pakai ataupun TD Santi 2016, infonya bantingannya lebih enak dan empuk (tidak keras). Ada yang bisa sharing hal tersebut?
Apa yang harus dilakukan atau dimodifikasi agar Santi saya bisa mendapatkan bantingan yang lebih empuk? ataukah memang karakter SUV yang seperti itu? Karena selama ini saya dan keluarga terbiasa naik MPV.
Mohon pencerahannya
Terima kasih![]()
Thx
Wah jangan2 ini yang punya Santi 2013 saya yg sebelumnya?gaspol wrote: Wed Mar 15, 2017 14:12
Kebetulan saya pernah pakai santi 2013 dan skrg upgrade ke santi 2016..jujur aja untuk keduanya sama sama empuk rasanya hampir ga berasa bedanyamungkin saya sebelumnya kebiasa sama karakter suspensi captiva yang jauh lebih kaku bantingannya
![]()
Malah lagi baca2 cari referensi untuk upgrade suspensi biar ngga terlalu ngayun..suspensi std santafe sudah cukup nyaman kok, kalo dibuat terlalu lembut apa ga bahaya mengingat powernya yang ganas![]()
Warna hitamkah yg 2013, dan sekarang yg unit 2016 juga hitam?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 180
- Joined: Thu Mar 13, 2008 10:27
-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: Tue Jul 04, 2017 12:34
Re: Santa Fe gen.3 user @SM
Malam agan2.. saya juga menunggu jawaban dr senior2 disini.. apakah worty beli yg gasoline? Sy pikiran juga mau ambil yg bensin di surabaya..yukemp wrote: Wed Apr 12, 2017 4:11 - jika saya membeli bekas santapi diesel untuk jangka pemakaian 3-5thn kedepan sebaiknya melihat kilometer yang max di km berapa ?
dengan berbagai pertimbangan mengingat aktifitas saya sehari hari perjalanan 50 - 60km
- dan kalo saya membeli versi gasoline NIK 2015 setelah pengajuan discount menjadi 366jt apakah worth to buy ?
melihat NJK bekasnya 299jt versi samsat.
demikian pertanyaan saya om om dan suhu, dan kiranya dimaafkan kalo saya salah dengan topik pertanyaan saya disini.
Mohon pencerahannya. Makasih para suhu2
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 71
- Joined: Sun May 29, 2016 16:29
Re: Santa Fe gen.3 user @SM
santi gasoline so far mantep om,uda pake 3 taun ga ada keluhan bearti, kcuali kualitas bengkel resminya amburadul,sy di km 40k,50k rawat sndiri ga ke bengkel rsmi.. bbm skrg 9,4/100 (1/12), ron 92
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 15
- Joined: Mon Oct 17, 2016 8:41
Re: Santa Fe gen.3 user @SM
http://olx.co.id/iklan/rare-santa-fe-4w ... 6;promoted
ada unit CRDI 4WD 2013 dijual ... worthed gk ya di harga segitu?
ada unit CRDI 4WD 2013 dijual ... worthed gk ya di harga segitu?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 180
- Joined: Thu Mar 13, 2008 10:27
Re: Santa Fe gen.3 user @SM
hmm... saya pakai santa fe diesel udah jalan 140 rb km skrg, tarikan nya masih enak, sensasi dieselnya menyenangkan, tp gak tau kalo versi bensin, menurut saya lbh bagus test drive aja, tapi dijamin pasti lsg kebanting rasanya kalo abis test drive yg bensin trus test drive yang diesel, selamat mencobaGodsigma wrote: Tue Jul 04, 2017 12:45Malam agan2.. saya juga menunggu jawaban dr senior2 disini.. apakah worty beli yg gasoline? Sy pikiran juga mau ambil yg bensin di surabaya..yukemp wrote: Wed Apr 12, 2017 4:11 - jika saya membeli bekas santapi diesel untuk jangka pemakaian 3-5thn kedepan sebaiknya melihat kilometer yang max di km berapa ?
dengan berbagai pertimbangan mengingat aktifitas saya sehari hari perjalanan 50 - 60km
- dan kalo saya membeli versi gasoline NIK 2015 setelah pengajuan discount menjadi 366jt apakah worth to buy ?
melihat NJK bekasnya 299jt versi samsat.
demikian pertanyaan saya om om dan suhu, dan kiranya dimaafkan kalo saya salah dengan topik pertanyaan saya disini.
Mohon pencerahannya. Makasih para suhu2
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 180
- Joined: Thu Mar 13, 2008 10:27
Re: Santa Fe gen.3 user @SM
baru tahu kalo ada yg versi AWD thn 2013, tapi FWD aja dah cukup enak kok mobilnya, kecuali memang butuh yg AWD, krn dgn 400 juta bisa dpt yg thn lbh mudaB3ndol1sm wrote: Wed Jul 05, 2017 4:14 http://olx.co.id/iklan/rare-santa-fe-4w ... 6;promoted
ada unit CRDI 4WD 2013 dijual ... worthed gk ya di harga segitu?
-
- Visitor
- Posts: 9
- Joined: Sun Jul 09, 2017 13:42
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Panther
Re: Santa Fe gen.3 user @SM
Setelah sekian lama jadi silent reader di SM, ane butuh saran dari suhu2 SM khususnya yang pernah memakai hyundai santa fe gen 3 ini.
Ayah sy ingin up mobil menggantikan panther turbo 2005 krn sodara sy kepingin panther untuk operasional di desa. Kebetulan sy pernah ngrasain ANKI Kantor Ayah dan pastinya beda kelas jauh sekali dibanding panther baik itu suara dan kenyamanan dan brand ' T ' menjadikan ortu ane kukuh ingin ANKI.
Tapi ketika sy baca kasus2 ANKI yang russian roulette ya takut juga om (tp ANKI yg dibawa tidak jedug dan putu meskipun sudah 8000 km)
Kebetulan sy inget kalau ada diesel santa fe ini yg modelnya lebih ok dan dieselnya mantab, tp ayah ane blm tahu kira2 seperti apa perawatan diesel korea ini.
Rencana sih kalau ambil ANKI, pasti ANKI baru akhir taun
kalau santa fe, santa fe diesel seken 2013 km 50.000 an
pertanyaan sy :
1. Kira2 perawatannya apakah lebih mahal dibandingkan ANKI (untuk part fast moving seperti filter2 & oli) - karena nanti kedepan saya yg merawat mobil ini tanpa biaya dari ortu.
2. apakah ada perlakuan khusus di diesel korea ini dibandingkan diesel2 jepang ? cth : lebih sering ganti oli atau apa
3. apakah bisa meminum bio solar ? sepertinya lebih sering minum bio solar, mungkin dioplos lux + aditif cuma tidak terlalu sering)
4. rencana mobil dipakai jangka panjang, mengingat ortu ingin mobil yg reliable - apakah ada penyakit2 spesial ?
Sekarang ini masih condong ke ANKI (ortu mikirnya brand 'T' pasti bagus & reliable - pikiran orang jadul) , tapi kalau memang poin2 di atas lebih condong ke diesel korea ini, maka bisa jadi pilihan geser ke Santa fe.
Terima kasih suhu2 SM.ers
Please state your opinion & experience.
Ayah sy ingin up mobil menggantikan panther turbo 2005 krn sodara sy kepingin panther untuk operasional di desa. Kebetulan sy pernah ngrasain ANKI Kantor Ayah dan pastinya beda kelas jauh sekali dibanding panther baik itu suara dan kenyamanan dan brand ' T ' menjadikan ortu ane kukuh ingin ANKI.
Tapi ketika sy baca kasus2 ANKI yang russian roulette ya takut juga om (tp ANKI yg dibawa tidak jedug dan putu meskipun sudah 8000 km)
Kebetulan sy inget kalau ada diesel santa fe ini yg modelnya lebih ok dan dieselnya mantab, tp ayah ane blm tahu kira2 seperti apa perawatan diesel korea ini.
Rencana sih kalau ambil ANKI, pasti ANKI baru akhir taun
kalau santa fe, santa fe diesel seken 2013 km 50.000 an
pertanyaan sy :
1. Kira2 perawatannya apakah lebih mahal dibandingkan ANKI (untuk part fast moving seperti filter2 & oli) - karena nanti kedepan saya yg merawat mobil ini tanpa biaya dari ortu.
2. apakah ada perlakuan khusus di diesel korea ini dibandingkan diesel2 jepang ? cth : lebih sering ganti oli atau apa
3. apakah bisa meminum bio solar ? sepertinya lebih sering minum bio solar, mungkin dioplos lux + aditif cuma tidak terlalu sering)
4. rencana mobil dipakai jangka panjang, mengingat ortu ingin mobil yg reliable - apakah ada penyakit2 spesial ?
Sekarang ini masih condong ke ANKI (ortu mikirnya brand 'T' pasti bagus & reliable - pikiran orang jadul) , tapi kalau memang poin2 di atas lebih condong ke diesel korea ini, maka bisa jadi pilihan geser ke Santa fe.
Terima kasih suhu2 SM.ers
Please state your opinion & experience.

-
- Visitor
- Posts: 9
- Joined: Sat Jul 23, 2016 11:57
Re: RE: Re: Santa Fe gen.3 user @SM
Setahu ane untuk part2 Yang rutin di ganti seperti filter solar Dan filter oli nggak Ada versi OEM atau sakuranya Om, jadi harganya relatif mahal... 500 ribuan kalo nggak salah, ane dari pakai captiva ke Santa Fe jadi nggak gitu jetlag hehehe untuk pemakaian solar baca2 di forum bisa Karena Ada pre filter nya, tapi kalo nanya sama teknisi bengkel agar di hindari, pernah Tanya di beres Cibubur jika habis pakai bio solar harus langsung ganti filter solar... Tentunya suhu2 disini lebih paham...chestershire wrote:Setelah sekian lama jadi silent reader di SM, ane butuh saran dari suhu2 SM khususnya yang pernah memakai hyundai santa fe gen 3 ini.
Ayah sy ingin up mobil menggantikan panther turbo 2005 krn sodara sy kepingin panther untuk operasional di desa. Kebetulan sy pernah ngrasain ANKI Kantor Ayah dan pastinya beda kelas jauh sekali dibanding panther baik itu suara dan kenyamanan dan brand ' T ' menjadikan ortu ane kukuh ingin ANKI.
Tapi ketika sy baca kasus2 ANKI yang russian roulette ya takut juga om (tp ANKI yg dibawa tidak jedug dan putu meskipun sudah 8000 km)
Kebetulan sy inget kalau ada diesel santa fe ini yg modelnya lebih ok dan dieselnya mantab, tp ayah ane blm tahu kira2 seperti apa perawatan diesel korea ini.
Rencana sih kalau ambil ANKI, pasti ANKI baru akhir taun
kalau santa fe, santa fe diesel seken 2013 km 50.000 an
pertanyaan sy :
1. Kira2 perawatannya apakah lebih mahal dibandingkan ANKI (untuk part fast moving seperti filter2 & oli) - karena nanti kedepan saya yg merawat mobil ini tanpa biaya dari ortu.
2. apakah ada perlakuan khusus di diesel korea ini dibandingkan diesel2 jepang ? cth : lebih sering ganti oli atau apa
3. apakah bisa meminum bio solar ? sepertinya lebih sering minum bio solar, mungkin dioplos lux + aditif cuma tidak terlalu sering)
4. rencana mobil dipakai jangka panjang, mengingat ortu ingin mobil yg reliable - apakah ada penyakit2 spesial ?
Sekarang ini masih condong ke ANKI (ortu mikirnya brand 'T' pasti bagus & reliable - pikiran orang jadul) , tapi kalau memang poin2 di atas lebih condong ke diesel korea ini, maka bisa jadi pilihan geser ke Santa fe.
Terima kasih suhu2 SM.ers
Please state your opinion & experience.
Kelas nya Santa Fe kalo di luar di bandingkannya sama Mazda cx 9, beda kasta cukup jauh dengan ANKI...
Sent from my MI 5 using Seraya Motor mobile app
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 173
- Joined: Tue Mar 05, 2013 3:25
- Location: Pati - Jateng
Re: Santa Fe gen.3 user @SM
Kmrn sy ganti filter oli cuman ganti cartrid saja, harga ga mahal (sy lupa harganya) , dan bisa murah soalnya sudah diproduksi lokal, gak impor.
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Santa Fe gen.3 user @SM
yg mahal mah filter solar
filter oli mah mestinya gak mahal
filter oli mah mestinya gak mahal
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1060
- Joined: Tue Aug 20, 2013 8:41
Re: Santa Fe gen.3 user @SM
filter solar di indo seharga 450rb per PCS. Filter oli 180rb per PCS.
Kalau ada temen ke Korea nitip aja banyak bengkel Kia/Hyundai, filter solar tinggal 200rb per PCS dan filter oli hanya 60rb per PCS..
Sekalian filter udara, AC beli aja disana. Murah kaya mobil LCGC harga spare partnya..
Kalau ada temen ke Korea nitip aja banyak bengkel Kia/Hyundai, filter solar tinggal 200rb per PCS dan filter oli hanya 60rb per PCS..
Sekalian filter udara, AC beli aja disana. Murah kaya mobil LCGC harga spare partnya..
-
- Visitor
- Posts: 9
- Joined: Sun Jul 09, 2017 13:42
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Panther
Re: Santa Fe gen.3 user @SM
Terima kasih atas jawabannya om satriabergitar. Ayah ane kmrn sempet kepikiran captiva FL, tp om satriabergitar blg ga gitu jetlag setelah pindah santa fe, berarti bisa diambil kesimpulan sparepart yg rutin diganti di captiva lebih mahal dibanding santa fe hehehe. oke om sepertinya sebisa mungkin jika memang dipaksa minum bio, selalu ditambah aditif + lux untuk memperpanjang usia filter solar.satriabergitar wrote: Wed Jul 12, 2017 13:34 Setahu ane untuk part2 Yang rutin di ganti seperti filter solar Dan filter oli nggak Ada versi OEM atau sakuranya Om, jadi harganya relatif mahal... 500 ribuan kalo nggak salah, ane dari pakai captiva ke Santa Fe jadi nggak gitu jetlag hehehe untuk pemakaian solar baca2 di forum bisa Karena Ada pre filter nya, tapi kalo nanya sama teknisi bengkel agar di hindari, pernah Tanya di beres Cibubur jika habis pakai bio solar harus langsung ganti filter solar... Tentunya suhu2 disini lebih paham...
Kelas nya Santa Fe kalo di luar di bandingkannya sama Mazda cx 9, beda kasta cukup jauh dengan ANKI...
Sent from my MI 5 using Seraya Motor mobile app
papico wrote: Wed Jul 12, 2017 14:27 Kmrn sy ganti filter oli cuman ganti cartrid saja, harga ga mahal (sy lupa harganya) , dan bisa murah soalnya sudah diproduksi lokal, gak impor.
Terima kasih om papico, om turbo dan om VP atas pencerahannya.vp920b wrote: Wed Jul 12, 2017 15:26 filter solar di indo seharga 450rb per PCS. Filter oli 180rb per PCS.
Kalau ada temen ke Korea nitip aja banyak bengkel Kia/Hyundai, filter solar tinggal 200rb per PCS dan filter oli hanya 60rb per PCS..
Sekalian filter udara, AC beli aja disana. Murah kaya mobil LCGC harga spare partnya..
om turbo, untuk ANKI harga sparepartnya hampir sama dengan santa fe ini om ?, oli mesinnya butuh berapa liter ya ?
maaf suhu2 ane blm sempat ke beres / toko sparepart di sby karena masih terkendala pekerjaan di luar kota sehingga blm sempat untuk benchmarking harga sparepart.

-
- Visitor
- Posts: 9
- Joined: Sat Jul 23, 2016 11:57
Re: Santa Fe gen.3 user @SM
Oh iya betul Om turboman filter solar Yang mahal. Captiva gen 2-4 lebih Gila lagi harganya, 2 kalinya, emang ganti 2 biji tapi emang baru gantinya setelah 30 ribu km...Turboman wrote:yg mahal mah filter solar
filter oli mah mestinya gak mahal
Sent from my MI 5