Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
sy hendak brngkrt kerja jam 1 pagi..
ketika sy nyalain mobil dan terus panas..
knalpot mbl sy msh menyipratkan air tapi selang beberapa menit ada asap putih keluar..
tp pas sy bawa jalan skitar 30 menit dan sy penasaran dan berhenti liat knalpot sy tidak keluar asap lg...
dan kemudian malam, sy panas mobil lagi dan air masih menyiprat dari knalpot sampe keramik d bawah knalpot basah trs selang beberapa lama asap putih keluar lg dan lamakelamaan asapnya hilang...
Setahu saya itu wajar Kak.
Kalau gak salah itu air yang ngembun di dalem knalpot. Masuk dari lobang buang knalpot. Tetesan airnya keluar karena kedorong gas buang. Kalau asap putihnya sisa air yang kedorong gas buang, terus menguap karena kena panas gas buang cmiiw.
Soalnya mobil mertua (kuda bensin) dan mobil bokap (avanza) juga begitu kalo ane pake baru nyala pas subuh2. Duaduanya parkir di luar. Mungkin ada juga suhu yg lebih tau ilmunya.
Hidrokarbon (bensin) jika dibakar sempurna akan menhasilkan CO2 dan H2O (air)
Airnya awalnya berbentuk uap. Namun ketika ketemu besi knalpot yg dingin di pagi hari, akhirnya mengembun jd tetesan air
Jd ujung knalpot memuncratkan air menandakan 2 hal; pembakaran di mesin sempurna (mesin sehat) dan knalpot msh bagus (gk bocor) jika airnya kluar dr ujung knalpot. Jika airnya netes di pertengahan knalpot brarti knalpotnya bocor
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
yup. sesuai sama yg diatas.
cuma pertanyaannya untuk yg asap putih. putihnya itu pekat nggak? baunya bikin idung sakit apa engga?
generally mesin itu ngeluarin asap putih kalo ngebakar oli, asap hitam itu kalo ngebakar BBM ga sempurna.
kalo asap putihnya cuma sedikit, gak bau, dan sebentar banget, no problem. bisa jadi itu kondensasi uap air di knalpot.
tapi kalo baunya agak tajam dan agak lama (beberapa menit), bisa jadi pertanda ring seher lemah ato silinder aus.
artinya, waktu mesin dingin, gap antara piston dan silinder gak rapat dan ada oli nyelonong ke ruang bakar.
bisa dicek pake compression tester. bisa minta tolong cek di bengkel terdekat, ato beli aja. cuma 150 ribuan.
atau bisa juga karena kebanyakan ngisi oli.. cukup dicek di dipstick aja kalo itu.
The Government wants Power! They rob it from our engines.
LGX masih 5K ya mesinnya? kompresi 8.8:1 kayanya agak mubazir dikasih oktan 90.
tapi coba aja ignition timingnya dimajuin, kan gampang tinggal kendorin baut 12mm trus puter distibutornya ke kiri lawan jarum jam.
geser sedikit-sedikit sampe RPM tertinggi dan getaran mesin paling halus.
marmut wrote: Mon Jul 10, 2017 6:17
LGX masih 5K ya mesinnya? kompresi 8.8:1 kayanya agak mubazir dikasih oktan 90.
tapi coba aja ignition timingnya dimajuin, kan gampang tinggal kendorin baut 12mm trus puter distibutornya ke kiri lawan jarum jam.
geser sedikit-sedikit sampe RPM tertinggi dan getaran mesin paling halus.
LGX 7K-E om
Terpaksa pk pertalite krn cari puremium skrg susah...
Ohh baut distributor itu ya? Itu bukannya hrs pk timing light?
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
timing light mahaaaalll...... pake cara spt itu aja.
bisa juga stel saat mesin mati. misal mau dibikin 15° btdc, puter pulley kruk as sampe timing mark ketemu di angka 15°, baru setelah itu geser distributor. 2 menit beres.
Mobilnya udah kilometer berapa om TS? Berdasar pengalaman saya kalau asapnya putih pekat yg cuma muncul waktu mesin dingin, ga disertai air, dan baunya sangit itu kemungkinan sil klep udah aus. Tapi kalo ada airnya, trus kurang dari 10 menit udah ilang itu sih wajar om.
Sori sedikit OOT, kalo setelah jalan lama kadang bau seperti amonia gitu, kira2 apa ya? Ini juga kadang doang, kadang sm sekali gk ada bau. Tp kalo pas ada, baunya mayan tajam, ya paling tepat mirip bau amonia gt yah