Kalo dulu pekerja kereta api (masinis, kondektur, pramugari, petugas stasiun dll) itu kebanyakan pribumi atau orang belanda om?newrubble wrote: Wed Jul 05, 2017 10:58 jalur trem jkt dulu cukup panjang dr beos di utara sampai (skrg) terminal bus kampung melayu yang sampai thn 80-85 masih suka org org sebut staande plaat krn byk advertisings berbentuk roundy
tiap trainset ada 2 cars ..... satu u bule dan gelijkgestelde europeanen.... satu u pribumi, keling n itam (biasa nya contracted manual workers ex africa n surinamese creole)
grand junction ada di depan (gedung depkeu baru yg dulu bagian dpn komplek siliwangi)
dekat staande plaat ada dual track ke arah gudang peluru kampung melayu yg dulu naval arsenal storage n anti strike bunker tapi yg ini non public access
Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 25
- Joined: Thu Feb 02, 2017 6:48
Re: RE: Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
Hahaha.. kalo awet ngganya sih balik lagi k mslh maintenance service.. kalo awal tahun ini sih saya msh optimis.. tapi skr udh mulai ga yakin sejak si bapak itu ga ada..y_anjasrana wrote: Wed Jul 05, 2017 11:37wahh cakep jg keretanya ya. mudah2an bagus n awet.Valkyr10 wrote:Yang menang tender rolling stock LRT jakarta kan Hyundai Rotem..y_anjasrana wrote: Wed Jul 05, 2017 7:15 klu lrt yg lg dibangun jalurnya di jkt, penampakan kretanya kyk apaan sih?
Sent from my MI 5 using Seraya Motor mobile app
http://www.railjournal.com/index.php/as ... a-lrt.html
dan pakenya standard gauge.. bukan narrow..
ga kyk mobilnya..... 5 taun piara, 2x turun mesin. dipake buat nguber panther turbo sama ipah........
Sent from my MI 5 using Seraya Motor mobile app

Ga usah jauh2.. liat aja kondisi kualitas layanan kelurahan, pasukan warna ma kinerja karyawan transjakarta..
![Mark F [emo-mark-F]](./images/smilies/2017-scoreF.gif)
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7653
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
masinis ada bbrp yg pribumicoklatMetalik wrote: Wed Jul 05, 2017 11:40Kalo dulu pekerja kereta api (masinis, kondektur, pramugari, petugas stasiun dll) itu kebanyakan pribumi atau orang belanda om?newrubble wrote: Wed Jul 05, 2017 10:58 jalur trem jkt dulu cukup panjang dr beos di utara sampai (skrg) terminal bus kampung melayu yang sampai thn 80-85 masih suka org org sebut staande plaat krn byk advertisings berbentuk roundy
tiap trainset ada 2 cars ..... satu u bule dan gelijkgestelde europeanen.... satu u pribumi, keling n itam (biasa nya contracted manual workers ex africa n surinamese creole)
grand junction ada di depan (gedung depkeu baru yg dulu bagian dpn komplek siliwangi)
dekat staande plaat ada dual track ke arah gudang peluru kampung melayu yg dulu naval arsenal storage n anti strike bunker tapi yg ini non public access
treinconducteur pribumi
mrk tinggal di (bekas) komplek pjka manggarai sebelahan dgn komplek garuda (dulu komplek KLM/KNLM) skitar sman delapan bukit duri
kuli kuli kereta api dulu di bukit duri ..... jalan bukit duri raya dulu small air strip u dutch navy air logistics
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 654
- Joined: Sat Nov 02, 2013 8:00
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
Wah tidak menyangka ternyata dulu ada train network juga di Sulawesi, tapi sudah almarhum.Turboman wrote: Wed Jul 05, 2017 5:19
Ternyata Trem pernah ada di UPG
Kalo baca di atas jadi makin keki ama Jipango Bageroooo.........memang pantas dulu taun 45 Jipango Bagero dapat kado Fat Man - Little Boy send by Enola Gay
Ternyata bukan hanya UPG, jalur double track Solo - Jogja juga dipretelin satu oleh Jepang dibawa ke Burma. Ckckck... yang track UPG dibawa ke mana itu? Hahaha
https://m.detik.com/finance/berita-ekon ... bang-pesat
Banyak jalur kereta itu mati setelah longsor, kemudian sampai sekarang dibiarkan. Beberapa lainnya hilang karena relnya dibawa Jepang ke Burma (Myanmar) untuk membangun rel di sana. Dulu Yogyakarta-Solo zaman Belanda sudah double track, tapi diambil satu relnya dibawa ke Burma," kata Djoko.
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
Jangan2 itu rel JR network juga hasil jarah rel di negara lain ? .........wkwkwkwk
* mencoba berpikir positip *
* mencoba berpikir positip *
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
Kisah kereta dan rel ex Belanda di Indo jadi kayak film dokumenter "Who killed the electric car"
ini "Who killed the Railway"
ini "Who killed the Railway"
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
Kota2 di dunia yg akan segera menjadi kota bebas mobil
http://www.businessinsider.com/cities-g ... ree-2016-8
Paling depan is Oslo........2 tahun lagi menjadi kota bebas mobil.......
http://www.businessinsider.com/cities-g ... ree-2016-8
Paling depan is Oslo........2 tahun lagi menjadi kota bebas mobil.......
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 445
- Joined: Thu Nov 24, 2016 4:11
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
Saya sering baca tuh kisah sejarah kereta api di Kompas yg judul liputannya susur rel.
Pas baca baru tau Chaplin ama paulette goddard pernah ke Garut.
Garut dulu dibilang Swiss Van java loh.
Pas baca baru tau Chaplin ama paulette goddard pernah ke Garut.
Garut dulu dibilang Swiss Van java loh.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7653
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
sama spt org org di indo selalu bilang ...... tanpa indo maka londo tdk mgkn bs maju ...... ha ha ha ...... atau berkat tki maka malay bs spt skrg ....... pernah satu wkt dubes indo bilang k sy bhw smua yg ada di londo itu pake wang jarahan dr indo n (blm selesai dia omong dah sy tinggal) ......Turboman wrote: Wed Jul 05, 2017 15:44 Jangan2 itu rel JR network juga hasil jarah rel di negara lain ? .........wkwkwkwk
* mencoba berpikir positip *
tapi mmg di indo di ajarkan u omong spt itu kalo apapun end up in failure
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
Dulu kereta bima (jakarta-yogya-surabaya) itu isi gerbongnya bukan kursi, tp kasur (sleeper cab). Tp kemudian kasurnya diganti kursi krn konon banyak masalah terkait asusila.....
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2899
- Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
- Location: Jabodetabek
- Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
kalo uda end up in failure tinggal tunjuk komunis, cina , cia, mossad , fbi , pancasila...newrubble wrote: Thu Jul 06, 2017 0:40sama spt org org di indo selalu bilang ...... tanpa indo maka londo tdk mgkn bs maju ...... ha ha ha ...... atau berkat tki maka malay bs spt skrg ....... pernah satu wkt dubes indo bilang k sy bhw smua yg ada di londo itu pake wang jarahan dr indo n (blm selesai dia omong dah sy tinggal) ......Turboman wrote: Wed Jul 05, 2017 15:44 Jangan2 itu rel JR network juga hasil jarah rel di negara lain ? .........wkwkwkwk
* mencoba berpikir positip *
tapi mmg di indo di ajarkan u omong spt itu kalo apapun end up in failure
jawabannya : khilafah


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1224
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
Dan mesti ditarik 2 CC201coklatMetalik wrote: Thu Jul 06, 2017 1:26 Dulu kereta bima (jakarta-yogya-surabaya) itu isi gerbongnya bukan kursi, tp kasur (sleeper cab). Tp kemudian kasurnya diganti kursi krn konon banyak masalah terkait asusila.....

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 426
- Joined: Fri Apr 03, 2015 3:56
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
cia fbi: ga keliatan wujudnya (kalo keliatan jg paling bungkuk2 sambil cengengesan tangan hadap atas)
mossad: mitos tak terbukti ada wujudnya juga
komunis/pancasila: cocok jadi bahan bahasan di tivi tivi berlarut larut
cina: nah ini paling gampang ada dimana mana tinggal ganyang bakar bunuh
sudah terjadi berulang ulang dari dulu sampai sekarang
mossad: mitos tak terbukti ada wujudnya juga
komunis/pancasila: cocok jadi bahan bahasan di tivi tivi berlarut larut
cina: nah ini paling gampang ada dimana mana tinggal ganyang bakar bunuh
sudah terjadi berulang ulang dari dulu sampai sekarang
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
Dulu awal2 pake BB301 & BB304. Ya pokoknya lokomotip terbaik di zamannya deh...adityabp wrote: Thu Jul 06, 2017 1:43Dan mesti ditarik 2 CC201coklatMetalik wrote: Thu Jul 06, 2017 1:26 Dulu kereta bima (jakarta-yogya-surabaya) itu isi gerbongnya bukan kursi, tp kasur (sleeper cab). Tp kemudian kasurnya diganti kursi krn konon banyak masalah terkait asusila.....![]()
Kalo bener kasurnya dihilangkan krn alasan asusila. Brarti orang Indonesia mesum bgt ya. Begitu liat kasur dimanapun langsung pengen "tidur"

1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: RE: Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
Yeeee......itu cuman tulisan becanda om......serius amat.....wakakkakakanewrubble wrote:sama spt org org di indo selalu bilang ...... tanpa indo maka londo tdk mgkn bs maju ...... ha ha ha ...... atau berkat tki maka malay bs spt skrg ....... pernah satu wkt dubes indo bilang k sy bhw smua yg ada di londo itu pake wang jarahan dr indo n (blm selesai dia omong dah sy tinggal) ......Turboman wrote: Wed Jul 05, 2017 15:44 Jangan2 itu rel JR network juga hasil jarah rel di negara lain ? .........wkwkwkwk
* mencoba berpikir positip *
tapi mmg di indo di ajarkan u omong spt itu kalo apapun end up in failure
yah ane tahu lah industri baja di sana ada Nippon steel / Kobe steel / JFE dll kapasitas jauh bingit lebih besar drpd industri baja Indo
cuman jengkel aja dgn tabiat mrk ngerusak jaringan rel peninggalan Belanda di Indo
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1224
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
Yg saya naikin sih ditarik 2 CC201coklatMetalik wrote: Thu Jul 06, 2017 1:51Dulu awal2 pake BB301 & BB304. Ya pokoknya lokomotip terbaik di zamannya deh...adityabp wrote: Thu Jul 06, 2017 1:43Dan mesti ditarik 2 CC201coklatMetalik wrote: Thu Jul 06, 2017 1:26 Dulu kereta bima (jakarta-yogya-surabaya) itu isi gerbongnya bukan kursi, tp kasur (sleeper cab). Tp kemudian kasurnya diganti kursi krn konon banyak masalah terkait asusila.....![]()
Kalo bener kasurnya dihilangkan krn alasan asusila. Brarti orang Indonesia mesum bgt ya. Begitu liat kasur dimanapun langsung pengen "tidur"![]()

AFAIK, loko BB dulu dipakai di jalur pantura Cirebon-Surabaya dan Surabaya-Banyuwangi. Konon krn track jalur ini tidak bisa menahan beban loko CC yg lebih berat.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 309
- Joined: Wed Apr 20, 2016 0:54
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
jepun dl mencetuskan ikut poros berlin dkk krn diembargo akibat invasi manchuria.. coba dl londo ga ikutan mengembargo.. mgk jepun ga smpi nyerang - merangsek ke indo & ngambilin asetnya londo.. andai.. tp ya artinya gada nkri.. smw sdh tinakdir kl kata si embah..
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: RE: Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
dulu waktu Tora Tora Tora Pearl harbour......delegasi Jipango itu lagi di US acara rundingan ama USdenmas8 wrote:jepun dl mencetuskan ikut poros berlin dkk krn diembargo akibat invasi manchuria.. coba dl londo ga ikutan mengembargo.. mgk jepun ga smpi nyerang - merangsek ke indo & ngambilin asetnya londo.. andai.. tp ya artinya gada nkri.. smw sdh tinakdir kl kata si embah..
suseh emang kalo tabiatnya dah begitu....
makanya tiap tahun di RRC dan KorSel selalu ada "perayaan" memory PD 2
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
Btw CC 300 itu konon pengembangan PT INKA ya
mesin pake CAT
pake platform apa ya......apa benar semua self develop ?
mesin pake CAT
pake platform apa ya......apa benar semua self develop ?
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 309
- Joined: Wed Apr 20, 2016 0:54
Re: RE: Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
kl yg sy tahu, delegasi itu sengaja dikirim sbg taktik kamuflase/brgkl jepun msh dianggap sekutu - buat jaga2 vs russia. tyt us under estimate kemampuan gigitan jepun.. mgk krn dia tahu banget kemampuan militer jepun wkt itu & yakin bs melemahkannya cukup dgn mengembargo sj.. bukankah us py peranan - jualan senjata ketika angkatan perang jepun dimodernkan/restorasi- smpi diangkat cerita 1/2 fiksinya di the last samurai..Turboman wrote: Thu Jul 06, 2017 3:47dulu waktu Tora Tora Tora Pearl harbour......delegasi Jipango itu lagi di US acara rundingan ama USdenmas8 wrote:jepun dl mencetuskan ikut poros berlin dkk krn diembargo akibat invasi manchuria.. coba dl londo ga ikutan mengembargo.. mgk jepun ga smpi nyerang - merangsek ke indo & ngambilin asetnya londo.. andai.. tp ya artinya gada nkri.. smw sdh tinakdir kl kata si embah..
suseh emang kalo tabiatnya dah begitu....
makanya tiap tahun di RRC dan KorSel selalu ada "perayaan" memory PD 2
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
Mesin CATTurboman wrote: Thu Jul 06, 2017 3:49 Btw CC 300 itu konon pengembangan PT INKA ya
mesin pake CAT
pake platform apa ya......apa benar semua self develop ?
Transmisi hidraulik Voith
Rem Angin WABTEC
Controller Woojin
Boogie (Chassis) BT Barata Indonesia
Sayang gk narik kereta reguler, jd gk ketahuan gmn durabilitynya
Kalo dulu sih denger2 bbrp KRL buatan INKA tuh banyak penyakitnya....

1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: RE: Re: RE: Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
betul.....itu taktik yg ngelabuindenmas8 wrote:kl yg sy tahu, delegasi itu sengaja dikirim sbg taktik kamuflase/brgkl jepun msh dianggap sekutu - buat jaga2 vs russia. tyt us under estimate kemampuan gigitan jepun.. mgk krn dia tahu banget kemampuan militer jepun wkt itu & yakin bs melemahkannya cukup dgn mengembargo sj.. bukankah us py peranan - jualan senjata ketika angkatan perang jepun dimodernkan/restorasi- smpi diangkat cerita 1/2 fiksinya di the last samurai..Turboman wrote: Thu Jul 06, 2017 3:47dulu waktu Tora Tora Tora Pearl harbour......delegasi Jipango itu lagi di US acara rundingan ama USdenmas8 wrote:jepun dl mencetuskan ikut poros berlin dkk krn diembargo akibat invasi manchuria.. coba dl londo ga ikutan mengembargo.. mgk jepun ga smpi nyerang - merangsek ke indo & ngambilin asetnya londo.. andai.. tp ya artinya gada nkri.. smw sdh tinakdir kl kata si embah..
suseh emang kalo tabiatnya dah begitu....
makanya tiap tahun di RRC dan KorSel selalu ada "perayaan" memory PD 2
oo kalo negara yg itu mah itu dah dari dulu.......sampe waktu Tora2 itu si Winston Churcill demen bgt dia, krn selama itu si U cuman jualan senjata / BBM ke negara2 yg perang......dia sendiri aman2 aja
ya kalo dirunut lebih jauh mah dalem bgt......soal gimana konsorsium kreditor di sono ngasi dana ke 3rd reich dll dll en intinya perang adalah bisnis besar en better ga usah dibahas di sini......wkwkwkwk
BTT to Train
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
Di Indonesia sini petugas pemeriksa rel bener2 periksa rel secara manual, jalan kaki dr stasiun ke stasiun, memasuki semua terowongan, menyeberangi semua jembatan, memeriksa apakah ada gangguan pada rel & infrastruktur lainnya....
Di luar negeri gmn ya? Terutama yg high speed train, bisa2 pada ketabrak kereta....
Di luar negeri gmn ya? Terutama yg high speed train, bisa2 pada ketabrak kereta....
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1412
- Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
- Daily Vehicle: Pleiades
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
Pengalaman saya untuk kereta commuter, kalo di Jepang mereka ngerjain manual pas tengah malem pas udah gak ada kereta. Saya kadang terima selebaran isinya:coklatMetalik wrote: Thu Jul 06, 2017 4:58 Di Indonesia sini petugas pemeriksa rel bener2 periksa rel secara manual, jalan kaki dr stasiun ke stasiun, memasuki semua terowongan, menyeberangi semua jembatan, memeriksa apakah ada gangguan pada rel & infrastruktur lainnya....
Di luar negeri gmn ya? Terutama yg high speed train, bisa2 pada ketabrak kereta....
"Mohon Maaf, kami akan melakukan pengecekan dan perbaikan jalur kereta pada tanggal sekian dari pukul sekian hingga sekian, kami mohon maaf telah mengganggu waktu istirahat anda. ttd Keio Corporation"
tp kalo JR East, mereka punya inspection train sendiri untuk jalur biasa, pengerjaan 2 kali..akan saya jelaskan nanti (sama kayak HST)
E491 "East-i" EMU
Kalo untuk high speed train, pengerjaan ada 2 kali, pertama mereka akan mengecek dengan "kereta dokter", contohnya "Dr Yellow" yang beroperasi di Sanyo-Tokaido Line

kereta ini akan mengecek track dan power supply, apakah ada bagian yang harus diperbaiki semua akan ketahuan melalui peralatan yang ada di dalam kereta ini. Kedua, ketika tau spot mana yang harus diperbaikin, maka ketika kereta sudah berhenti jam operasi, akan ada tim turun ke lapangan yang akan memperbaiki spot yang dimaksud.
#menolaklupa
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
demen tu liat rel bisa lurusss gitu yak
kalo rel di sini diliat dr jauh bergelombang.......wkwkwkkw
kalo rel di sini diliat dr jauh bergelombang.......wkwkwkkw
* Bukan ajakan Beli *