Tergantung mobilnya banget sih kalo saya om.
Ini sharing saya aja sih, utk mobil march 1.5 m/t. Egk tau deh bener apa egk. Hehe.
Saya sih posisi duduk, diusahain seselonjor mungkin, kursi paling rendah, tilt steer ke paling rendah.
Kalo macet, stop n go, tumit kaki kiri letak di lantai, jadi telapak kaki doang yg geser maju mundur buat mainin kopling.
Terus karena di march pedal rem dan gasnya deket. Kaki kanan bisa nyender di rem dan gas sekaligus, biting point di rem juga pas, jadi kalo macet, saya cuman masukin gigi 1, telapak kaki kiri mainin kopling tanpa ngangkat paha. Kaki kanan kalau mau ngerem di miringin ke kiri, kalo mau ngegas dikit yaa miringin ke kanan. Hehe.
Kalo jalan lancar atau di tol sih yaa biasa, masing masing kaki cuman neken 1. Kecuali lagi downshift ngeheel and toe jika diperlukan.
Untuk soal ganti gigi kapan,
Kalo lagi eco driving sih ganti gigi yaa kalo mesin udah diam di rpm tertentu sesuai dgn injakan gas. Neken gas cuman sekedar kaki nyender, di teken dikit, paling 10-15 derajat. Intinya sih ngusahain gigi setinggi mungkin, rpm serendah mungkin, tanpa lugging/ngebebanin mesin.
Kalo lagi ngebut yaaa seperlunya aja, egk mikirin rpm atau neken gas seberapa dalam. Asal jangan kena redline dan lugging/ngebebanin mesin aja.
Lugging is any combination of things that result in too low an RPM and too much throttle. Usually the culprit is being in too high a gear for the speed then coming under load such as climbing a hill or trying to rapidly accelerate.
qushay20019 wrote: Sun Jun 18, 2017 5:07
... Escudo 1.6 di 1800an rpm, SX4 2010 di 1300-1500 rpm, BRV di 1200-1500 rpm.
Kalo kondisi lalu lintas memungkinkan, sedapat mungkin ane injek kopling pol/ pindahin ke netral sekalian. Kalo mobil depan rada rapet, ane kontrol dengan mainin rem. Kalo ane udah terlalu pelan baru ane gas lagi dikit2 (khusus mobil MT; matic gak ane giniin kok) --> buat fuel conserve
Owh iya, saya egk pernah biarin mobil jalan/coasting di netral/kopling pol kecuali di bawah kecepatan 10km/h. Baca di artikel katanya bahaya kalo netral, misal butuh manuver tiba tiba menggunakan gas kita egk siap. Apalagi kalo di turunan, wajib dibantu engine brake, kalo egk tugas menjaga kecepatan full dibebankan ke pengereman. Nanti kanvas rem dan disc nya overheat, bikin pengereman berkurang bahkan hilang total, temen pernah tuh kebakar rem depan avanza nya karena turun gunung di netralin dgn kondisi penumpang full, padahal santai.
Dan seharusnya malah lebih boros sih di netralin/kopling pol, setau saya mobil modern kalo lagi engine brake supply bensin itu di stop ECU, egk masuk ke ruang bakar sama sekali. Sedangkan kalo di netral berarti mesin harus bakar bensin supaya bisa tetep hidup di posisi idle.
Segitu aja sih kalau dari saya om. Mungkin kalau ada yg salah bisa dikoreksi, biar sama sama nambah ilmunya.