Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 832
- Joined: Mon Jan 17, 2011 6:32
- Location: Paragon City
Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
jika slama ini udah ada tret sm ttg pesawat dan kapal laut yg mengagumkan, juga boleh tho ya jika dibikin tret kereta api yg mengagumkan
apalagi rencana penghidupan kembali rel2 mati di indo smakin byk diberitakan media2, mengingat jalur rel yg skrg masih beroperasi masih sangat kurang dan ndak bisa mendukung lagi
walopun utk aktivasi jg ndak mudah karna rel byk yg udah jadi bermacam2 tempat (pemukiman penduduk, ruko bahkan halte bis, saking lama nya ndak digunakan
kalo gitu mending bikin jalur rel baru jg, sperti rencana stasiun kereta di destinasi2 wisata populer sperti borobudur , danau toba dan laen2 utk mendorong pariwisata maju pesat
jalur rel baru jg sulit, slain biaya lebih tinggi karna lahan negara kepulauan padat populasi. bukan daratan maha luas sperti amrik, aussie dan cungkwo yg itungan per km pasti lebih murah
infrastruktur kereta api adalah yg paling penting untk moda transportasi darat . karna lebih efisien, murah, minim polusi, hemat bbm dan kapasitas angkut barang dan manusia yg lebih besar drpd moda transportasi darat lain nya
jepang yg produsen otomotif kelas wahid juga lebih tergantung pada moda transport kereta
sy pernah ndak sengaja liat acara national geographic yg mengulas bagaimana kereta mengantarkan amerika menjadi negara adidaya dari awal pendirian nya hingga detik ini
sama sekali bukan jalur highway pantai timur ke barat nya
stelah itu newbie thok jadi penasaran, jikalau dulu indo lebih tergantung pada kereta utk di darat, bisa jadi kondisi ekonomi negara jauh lebih baik
biaya logistik bisa ditekan karna ndak macet di jalan yg buang2 bbm, tenaga dan waktu, sehingga investor asing pasti minat menanamkan modal nya, harga kebutuhan pokok lebih stabil dan ndak roller coaster
belom lagi wisman2 juga pasti membanjiri destinasi wisata indo sperti di negara2 tetangga asean
ya wes lha wong waktu kan ndak bisa diulang kembali
penting skrg smoga rencana jadi kenyataan karna jalan dalam dan luar kota yg smakin padet sesak
sperti sharing2 teman2 dan sodara yg berlibur barusan seminggu ini, smakin mengeluh karna habis waktu di jalan tok
paling solusi nya ya wes jangan bepergian saat high season. nahhh ini jg susah lha wong pasti ndak byk orang yg bisa liburan sakarepe waktu nya sendiri
sehingga ber andai2 jika saza ada jalur kereta, enakan naik kereta dan turun di stasiun. tinggal rent car ato naek taxi online ke destinasi. cara yg pasti lebih hemat waktu, biaya dan tenaga, sehingga kluarga tetap bisa refreshing full time
skalian newbie thok mengucapkan selamat idul fitri, mohon maaf lahir batin kpada master2 serayamotor yg merayakan nya. juga selamat beraktivitas kembali stelah long holiday
apalagi rencana penghidupan kembali rel2 mati di indo smakin byk diberitakan media2, mengingat jalur rel yg skrg masih beroperasi masih sangat kurang dan ndak bisa mendukung lagi
walopun utk aktivasi jg ndak mudah karna rel byk yg udah jadi bermacam2 tempat (pemukiman penduduk, ruko bahkan halte bis, saking lama nya ndak digunakan
kalo gitu mending bikin jalur rel baru jg, sperti rencana stasiun kereta di destinasi2 wisata populer sperti borobudur , danau toba dan laen2 utk mendorong pariwisata maju pesat
jalur rel baru jg sulit, slain biaya lebih tinggi karna lahan negara kepulauan padat populasi. bukan daratan maha luas sperti amrik, aussie dan cungkwo yg itungan per km pasti lebih murah
infrastruktur kereta api adalah yg paling penting untk moda transportasi darat . karna lebih efisien, murah, minim polusi, hemat bbm dan kapasitas angkut barang dan manusia yg lebih besar drpd moda transportasi darat lain nya
jepang yg produsen otomotif kelas wahid juga lebih tergantung pada moda transport kereta
sy pernah ndak sengaja liat acara national geographic yg mengulas bagaimana kereta mengantarkan amerika menjadi negara adidaya dari awal pendirian nya hingga detik ini
sama sekali bukan jalur highway pantai timur ke barat nya
stelah itu newbie thok jadi penasaran, jikalau dulu indo lebih tergantung pada kereta utk di darat, bisa jadi kondisi ekonomi negara jauh lebih baik
biaya logistik bisa ditekan karna ndak macet di jalan yg buang2 bbm, tenaga dan waktu, sehingga investor asing pasti minat menanamkan modal nya, harga kebutuhan pokok lebih stabil dan ndak roller coaster
belom lagi wisman2 juga pasti membanjiri destinasi wisata indo sperti di negara2 tetangga asean
ya wes lha wong waktu kan ndak bisa diulang kembali
penting skrg smoga rencana jadi kenyataan karna jalan dalam dan luar kota yg smakin padet sesak
sperti sharing2 teman2 dan sodara yg berlibur barusan seminggu ini, smakin mengeluh karna habis waktu di jalan tok
paling solusi nya ya wes jangan bepergian saat high season. nahhh ini jg susah lha wong pasti ndak byk orang yg bisa liburan sakarepe waktu nya sendiri
sehingga ber andai2 jika saza ada jalur kereta, enakan naik kereta dan turun di stasiun. tinggal rent car ato naek taxi online ke destinasi. cara yg pasti lebih hemat waktu, biaya dan tenaga, sehingga kluarga tetap bisa refreshing full time
skalian newbie thok mengucapkan selamat idul fitri, mohon maaf lahir batin kpada master2 serayamotor yg merayakan nya. juga selamat beraktivitas kembali stelah long holiday
Don't ate
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 7381
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
indo itu anti colonialism (timor leste was one single exception) smua ex colonials hrs diancurkan trmsk (1960) electric tremway network..........ganti dgn bus
bgitu juga railway network (firaun jawa bilang bbrp x) yg lambat n inefficient diganti dgn road based truckings spt juga sealines yg di antar-pulau kan sehingga bs focused on airbridge
ini negara modern n (kata nya) nationalistic
bgitu juga railway network (firaun jawa bilang bbrp x) yg lambat n inefficient diganti dgn road based truckings spt juga sealines yg di antar-pulau kan sehingga bs focused on airbridge
ini negara modern n (kata nya) nationalistic
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1278
- Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
Tuh KAI memang udah beberaa tahun ini sibuk reklaim jalur relnya yang udah lama mati walau hanya berdasarkan grondkart, padahal dah berkali-kali itu perusahaan kereta dr jaman belanda asetnya diserahkan atau dibagikan - terakhir waktu jadi BUMN dia punya aset cuma diitung yg masi aktif tu sedangkan yg dah mati (banyakan yg mati) di keep dephub. Dalam berbagai ndisi banyak rel lama yang udah mati dan ditimpa pembangunan lain-lain dan baru aekarang aja si KAI tiba tiba minta duit sewa ke siapapun yang udah membangun diatasnya.
Smileage lebih penting dari mileage
-
- SM Specialist
- Posts: 21994
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
kecepatan rata2 kereta express penumpang di Indo bahkan masih di bawah India.......
Rel Gauge Indonesia yang 1076 kapasitas beban - nya gak sebesar gauge 1435
Kalo serius membangun railway network utk utiilitas tinggi spt angkut kontener / high speed railway, harus bangun track dgn 1435 mm Gauge
Rel Gauge Indonesia yang 1076 kapasitas beban - nya gak sebesar gauge 1435
Kalo serius membangun railway network utk utiilitas tinggi spt angkut kontener / high speed railway, harus bangun track dgn 1435 mm Gauge
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2899
- Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
- Location: Jabodetabek
- Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 207
- Joined: Mon Mar 03, 2014 8:43
- Location: Kab.Bogor-Jakarta-Omah Surabaya
- Daily Vehicle: Honda Mobilio E CVT 2017 Remap Mbah Bebonk
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
kemarin ngobrol2 ringan dengan rekan2, kita sama2 heran, pembangunan jalan secara masif baik tol maupun jalan nasional dengan berbagai skema (APBN murni, loan, dll) yg dilaksanakan oleh Kementerian PUPR dengan nilai yg tidak sedikit di seluruh indonesia.
kenapa jalur kereta tidak bisa seperti itu ya? sebenernya yg kurang greget Kementerian Perhubungan selaku regulator transportasi? atau PT KAI selaku BUMN?
kenapa jalur kereta tidak bisa seperti itu ya? sebenernya yg kurang greget Kementerian Perhubungan selaku regulator transportasi? atau PT KAI selaku BUMN?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 182
- Joined: Tue Dec 29, 2015 1:59
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
Kemarin lebaran sy naik kereta api dr semarang ke bandung..... saya bbrp kali cek top speed kereta pakai gps satellite lwt hp sekitar 88 kph (di jalur utara jawa), begitu sampai di cikampek, rel kereta berpindah ke jalur selatan menuju arah bandung, top speed cuma 66 kph (mgkn di jalur selatan kereta krg berani jalan cepat?).
But selama lebaran jadwal kereta PP selalu on time lah tanpa delay ketika sampai ke tempat tujuan.
Masih berharap kapan ya jalur kereta ke selatan, misal dr "semarang ke ambarawa" or ke "solo atau jogja" di aktivasi kembali... mengingat jalur itu sangat padat sekali waktu lebaran.
Selain jln tol baru, sebaiknya pemerintah jg memperhatikan jalur transport spt kereta... tp sy apresiasi lah usaha pemeritah yg sdh digarap
*Pengalaman 7 th yg lalu dr jogja ke semarang waktu lebaran makan waktu 5 jam sendiri, ga tahu skrg makan waktu brp jam... udah kapok kalau lebaran nyetir mobil sendiri. Capek nya ga sepadan sama seneng nya
But selama lebaran jadwal kereta PP selalu on time lah tanpa delay ketika sampai ke tempat tujuan.
Masih berharap kapan ya jalur kereta ke selatan, misal dr "semarang ke ambarawa" or ke "solo atau jogja" di aktivasi kembali... mengingat jalur itu sangat padat sekali waktu lebaran.
Selain jln tol baru, sebaiknya pemerintah jg memperhatikan jalur transport spt kereta... tp sy apresiasi lah usaha pemeritah yg sdh digarap
*Pengalaman 7 th yg lalu dr jogja ke semarang waktu lebaran makan waktu 5 jam sendiri, ga tahu skrg makan waktu brp jam... udah kapok kalau lebaran nyetir mobil sendiri. Capek nya ga sepadan sama seneng nya
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1412
- Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
- Daily Vehicle: Pleiades
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
semi high speed "limited express" 160km/h bisa dioperasikan komersial di 1067mm gauge, kalau jalurnya banyak belokan bisa mengadopsi tilting-train agar mampu melibas tikungan tajam dengan kecepatan 130km/h. Untuk high speed "super express" railway 170km/h keatas ya memang kudu standard gauge 1435mm.Turboman wrote: ↑Mon Jul 03, 2017 1:14 kecepatan rata2 kereta express penumpang di Indo bahkan masih di bawah India.......
Rel Gauge Indonesia yang 1076 kapasitas beban - nya gak sebesar gauge 1435
Kalo serius membangun railway network utk utiilitas tinggi spt angkut kontener / high speed railway, harus bangun track dgn 1435 mm Gauge
kereta di Indonesia kalau dikembangkan secara serius bisa meningkatkan perekonomian daerah, terutama ketika reaktivasi jalur mati sekalian menghilangkan perlintasan sebidang. Kemudian elektrifikasi di jalur2 yang gemuk seperti Jakarta - Surabaya, Jogja - Solo commuter line, dan commuter line sekitaran Surabaya,menggantikan kereta diesel dengan electric multiple unit. Kalau bisa sih listriknya, terutama commuter line pakai 1500V DC sehingga train set CL Jakarta bisa dipakai juga di daerah.
Mengangkut kargo dengan kereta kargo listrik juga diharapkan bisa lebih banyak sehingga meringankan beban jalan raya yang padat dengan truk overload. Saya harap jalur kereta Trans Jawa dan Trans Sumatera akan mempunyai jaringan Freight Line yang mumpuni.
Saya harap pulau Kalimantan, Sulawesi, kepulauan Nusa Tenggara, dan Irian Jaya punya network kereta yang bagus suatu saat sehingga bisa merangsang pertumbuhan ekonomi daerah..
Kalau saya lagi tertarik dengan kereta commuter untuk di kota besar, terutama jika stasiunnya menerapkan konsep TOD. Tapi sekarang saya sedang menunggu proses double tracking dan elektrikasi jalur kereta pantai utara, kemudian jalur elektrifikasi jalur Jogja-Solo (saya harap ini pakai 1500V DC) untuk menggantikan KRD Prambanan Express, pengen liat suatu saat JR205 series lalu lalang di jalur Jogja - Solo dengan headway 5-15 menit...kalo gak salah si tiang listriknya nya memang sebagian sudah terpasang..
#menolaklupa
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 281
- Joined: Fri May 19, 2017 14:39
- Location: jakarta utara
- Daily Vehicle: Avanza
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
di sulawesi pake trak 1435, jqdi bisa hispeed. di kalimantan rencananya 1435 juga.
Sent from my SM-G610F using Seraya Motor mobile app
Sent from my SM-G610F using Seraya Motor mobile app
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
kalo liat jalur yg di aceh
reaktivasi rel mati malah jd bikin jalur baru (pembebasan lahan lg).
bukan pakai jalur yg dulu pernah ada, krn udh ditimpa jalan & pemukiman padat yg kalo digusur berpotensi jd rusuh, sehingga PT KAI & dephub tdk mau ambil resiko...
reaktivasi rel mati malah jd bikin jalur baru (pembebasan lahan lg).
bukan pakai jalur yg dulu pernah ada, krn udh ditimpa jalan & pemukiman padat yg kalo digusur berpotensi jd rusuh, sehingga PT KAI & dephub tdk mau ambil resiko...
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- SM Specialist
- Posts: 21994
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: RE: Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
Kalo jalanan kayaknya lebih banyak investor yg tertarik (jalan Tol)piko25 wrote:kemarin ngobrol2 ringan dengan rekan2, kita sama2 heran, pembangunan jalan secara masif baik tol maupun jalan nasional dengan berbagai skema (APBN murni, loan, dll) yg dilaksanakan oleh Kementerian PUPR dengan nilai yg tidak sedikit di seluruh indonesia.
kenapa jalur kereta tidak bisa seperti itu ya? sebenernya yg kurang greget Kementerian Perhubungan selaku regulator transportasi? atau PT KAI selaku BUMN?
Kan dulu pernah ada yg usul, drpd bangun HSR lebih baik utk bangun jaringan rel kereta biasa, bisa lebih luas / lebih jauh
Kalo menurut saya sih trek Jkt - Bdg juga HSR gak akan bisa full speed sepanjang jalan.......HSR bisa full speed dr Jkt menuju koridor Timur (trek Pantura), begitu dr Pantura ke selatan menuju Bandung, kita liat aja Max speed paling brp
kalo misal Jkt - Sby Nah itu HSR mungkin bisa full speed sepanjang rute (Pantura)
Yg pernah naik Bulletrain pasti paham kalo jalur kelok2 Bulletrain juga gak bisa kenceng2 banget
Tapi sebetulnya utk Indo, pake Loko listrik konvensional yg bisa lari 160 - 190 kpj aja udah cukup banget & biaya bisa jauh lebih murah / harga tiket lebih murah / biaya pemeliharaan kereta juga lebih murah drpd HSR
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 670
- Joined: Thu May 17, 2012 16:30
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
Waktu masih PP GMR-BD x 2 weekly emang kerasa banget sih kalo perlu naik speed, tapi IMO HSR belum perlu lah, mending beresin dulu proyek2 DT DDT, trus upgrade kwalite rel/kereta existing supaya speed bisa naik ketimbang buang2 duit bangun HSR yang perlu waktu + dana pembebasan lahan yang gak sedikit (apalagi rutenya gitu2 doang)
mau nulis apa ya...
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 207
- Joined: Mon Mar 03, 2014 8:43
- Location: Kab.Bogor-Jakarta-Omah Surabaya
- Daily Vehicle: Honda Mobilio E CVT 2017 Remap Mbah Bebonk
Re: RE: Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
APBN murni untuk jalan dengan ke ekonomian rendah juga banyak om, triliunan
investor pun untuk kereta juga ada kan? PT. MRT Jakarta contohnya.
nah saya setuju, kenapa gk bikin kereta yg biasa2 aja lebih murah tp jaringan sampe mana2, kyk thomas
ada saudara sy yg rumahnya di atas bekas rel kereta, dia gk pegang sertifikat lho. benere kalo mau keras2an, itu rel2 mati yang mau di aktifkan kembali, mereka2 ini gk berhak atas tanah tersebut. tp seperti indonesia pada umumnya, nanti ada yg jualan HAM dan rakyat kecil
-
- SM Specialist
- Posts: 21994
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
pake Loko kayak gini aja........inipun gerbong2 juga mesti disesuaikan.......jangan sampe nanti pas lari 160 - 180 kpj Gerbong nya kayak mau rontok
LOL
LOL
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 7381
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
sy bbrp x dari geneve ke paris naik tgv lyna itu cuma tiga jam sepuluh menit ..... tdk tau speed brapa tapi yg jelas diatas tiga ratus km/h ...... tapi di indo train di ganti trucks itu sama pintar nya dgn becak di ganti bajaj n ojek ...... apapun yg penting off network off line ..... move anywhere independently ...... bebas aktif ...... merdeka
-
- SM Specialist
- Posts: 21994
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
ABB Loko di India.......walaupun Loko tua
Don't mess with da Elektrik Powah Loco........
Don't mess with da Elektrik Powah Loco........
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 21994
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
Train ganti Trucknewrubble wrote: ↑Mon Jul 03, 2017 5:05 sy bbrp x dari geneve ke paris naik tgv lyna itu cuma tiga jam sepuluh menit ..... tdk tau speed brapa tapi yg jelas diatas tiga ratus km/h ...... tapi di indo train di ganti trucks itu sama pintar nya dgn becak di ganti bajaj n ojek ...... apapun yg penting off network off line ..... move anywhere independently ...... bebas aktif ...... merdeka
Becak gowes kaki ganti Becak 2 roda yg penariknya angkat 2 bars di depan
LOL
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 21994
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
Di Indonesia boleh banyak mobil mewah / Supercars hingga ada yg pake Koenigsegg dll
Tapi sebetulnya kemewahan yg bisa dirasakan oleh masy banyak adalah Transportasi massal yang bagus
negara dgn manajemen baik biasanya membangun Transportasi massal yg bagus
Siemens
PESA GAMA
Saya memimpikan ada pameran Kereta di Indonesia yang bisa sekeren & sebesar GIIAS
Cheers
* HO model train lover, masih simpan bbrp Loco Marklin tua + Gerbong2-nya *
Tapi sebetulnya kemewahan yg bisa dirasakan oleh masy banyak adalah Transportasi massal yang bagus
negara dgn manajemen baik biasanya membangun Transportasi massal yg bagus
Siemens
PESA GAMA
Saya memimpikan ada pameran Kereta di Indonesia yang bisa sekeren & sebesar GIIAS
Cheers
* HO model train lover, masih simpan bbrp Loco Marklin tua + Gerbong2-nya *
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1261
- Joined: Mon Jan 21, 2008 15:00
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
Indonesia sudah akut parah untuk urusan trnsportasi massal.. kemarin nyoba mudik on time nyesuaikan jadwal liburan.. capek banget.. ada tol tapi gak bantu banyak.. jalur biasa jg merah membara.. semoga nanti jalur kereta ditambah seperti jalur tol.. jadi kota2 kecil tersinggung dgn jalur kereta.. ingat dulu suka lari2 lihat loko uap di jalur kereta pinggir jalan raya antara ponorogo madiun.. tapi akhirnya mati.. sekarang sudah tertimbun tanah.. sayang banget..
Lagi nginjek rem..
-
- SM Specialist
- Posts: 21994
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
Jalur Kereta di Indo = peninggalan Belanda yg sgt berharga
Zaman doeloe di Batavia ada Trem......kalo liat foto2 tua
itu di Beos penumpang turun di stasiun Beos, keluar stasiun tinggal lanjut trem bisa pergi ke berbagai pelosok Jakarta
Jalur KRL Jabodetabek + jalur Trem di Batavia itu sudah ada jauhh jauhh jauhh banget sebelum MRT Singapore / BTS Bangkok / MTR HongKong
Jalur Trem dimatikan.....benar2 pintar sekali itu
Jalur2 Rel Kereta banyak yg dimatikan......benar2 luar biasa jenius sekali.......IQ 300++
Saya sgt appreciate itu jalur rel ke Priok dihidupkan kembali
Salam papak jijing (suara roda besi ketemu sambungan rel)
* Waktu kecil sy tiap sabtu jalan2 naek KRL ama bokap*
Zaman doeloe di Batavia ada Trem......kalo liat foto2 tua
itu di Beos penumpang turun di stasiun Beos, keluar stasiun tinggal lanjut trem bisa pergi ke berbagai pelosok Jakarta
Jalur KRL Jabodetabek + jalur Trem di Batavia itu sudah ada jauhh jauhh jauhh banget sebelum MRT Singapore / BTS Bangkok / MTR HongKong
Jalur Trem dimatikan.....benar2 pintar sekali itu
Jalur2 Rel Kereta banyak yg dimatikan......benar2 luar biasa jenius sekali.......IQ 300++
Saya sgt appreciate itu jalur rel ke Priok dihidupkan kembali
Salam papak jijing (suara roda besi ketemu sambungan rel)
* Waktu kecil sy tiap sabtu jalan2 naek KRL ama bokap*
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 670
- Joined: Thu May 17, 2012 16:30
Re: RE: Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
ini tetangga2 paling ujung di komplek mertua pun rumahnya berdiri diatas bekas rel semua, even disitu ada kantor pemerintah dan uni swasta yang halaman depan dan belakangnya pun bekas rel. Saya sampe sekarang gak paham bagaimana orang2 ini bisa pasang meter listrik resmi PLN. Padahal setau saya mereka semua ini gak punya sertifikat (kecuali mungkin si kantor pemerintah dan uni swasta)piko25 wrote: ↑Mon Jul 03, 2017 4:49 ada saudara sy yg rumahnya di atas bekas rel kereta, dia gk pegang sertifikat lho. benere kalo mau keras2an, itu rel2 mati yang mau di aktifkan kembali, mereka2 ini gk berhak atas tanah tersebut. tp seperti indonesia pada umumnya, nanti ada yg jualan HAM dan rakyat kecil
Menurut mertua sih, dulu cuman berani bangun gubuk2, ntah sejak kapan jadi bangun permanen smua sampe gak ada wujudnya lagi tuh rel (di halaman si kantor pemerintah anehnya malah masih ada jejaknya, malah layout taman n bangunan mereka diatur kaya udah siap2 kalo sewaktu2 rel itu dipake lagi)
mau nulis apa ya...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 670
- Joined: Thu May 17, 2012 16:30
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
Surabaya sini nih yang lagi siap-siap bangun trem lagi (di lapangan udah ada progress), dari 0 tapiTurboman wrote: ↑Mon Jul 03, 2017 5:43 Jalur Kereta di Indo = peninggalan Belanda yg sgt berharga
Zaman doeloe di Batavia ada Trem......kalo liat foto2 tua
itu di Beos penumpang turun di stasiun Beos, keluar stasiun tinggal lanjut trem bisa pergi ke berbagai pelosok Jakarta
Jalur KRL Jabodetabek + jalur Trem di Batavia itu sudah ada jauhh jauhh jauhh banget sebelum MRT Singapore / BTS Bangkok / MTR HongKong
Jalur Trem dimatikan.....benar2 pintar sekali itu
Jalur2 Rel Kereta banyak yg dimatikan......benar2 luar biasa jenius sekali.......IQ 300++
Saya sgt appreciate itu jalur rel ke Priok dihidupkan kembali
Salam papak jijing (suara roda besi ketemu sambungan rel)
* Waktu kecil sy tiap sabtu jalan2 naek KRL ama bokap*
mau nulis apa ya...
-
- SM Specialist
- Posts: 21994
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
SEmoga benar2 terlaksanaIzark wrote: ↑Mon Jul 03, 2017 5:52Surabaya sini nih yang lagi siap-siap bangun trem lagi (di lapangan udah ada progress), dari 0 tapiTurboman wrote: ↑Mon Jul 03, 2017 5:43 Jalur Kereta di Indo = peninggalan Belanda yg sgt berharga
Zaman doeloe di Batavia ada Trem......kalo liat foto2 tua
itu di Beos penumpang turun di stasiun Beos, keluar stasiun tinggal lanjut trem bisa pergi ke berbagai pelosok Jakarta
Jalur KRL Jabodetabek + jalur Trem di Batavia itu sudah ada jauhh jauhh jauhh banget sebelum MRT Singapore / BTS Bangkok / MTR HongKong
Jalur Trem dimatikan.....benar2 pintar sekali itu
Jalur2 Rel Kereta banyak yg dimatikan......benar2 luar biasa jenius sekali.......IQ 300++
Saya sgt appreciate itu jalur rel ke Priok dihidupkan kembali
Salam papak jijing (suara roda besi ketemu sambungan rel)
* Waktu kecil sy tiap sabtu jalan2 naek KRL ama bokap*
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 281
- Joined: Fri May 19, 2017 14:39
- Location: jakarta utara
- Daily Vehicle: Avanza
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
dulu pernah ada ka di ciwidey. pas lewat kok seperti rel kereta, ternyata bener pernah ada. lumayan ke sana naik kereta, pemandangan indah bebas macet
Sent from my SM-G610F using Seraya Motor mobile app
Sent from my SM-G610F using Seraya Motor mobile app
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan
BBrp lokomotip diesel yg saat ini ada di Indonesia sbnrnya bisa lari sampe 120 kmpj (Ingat taun 90an ketika awal munculnya kereta argo?) namun akhirnya speed limit diturunkan krn alasan keamanan....
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82