Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
sama nih calya juga mobilnya,
Om, udah sempet ngecek ke dipstick oli mesin nya? Ane coba ngecek dipstcik nya itu terus lap ke tisu udah mulai ada item nya di tisu.. ane mau minta ganti oli sih nih nanti pas service 1000 km. tapi belom tau boleh bawa oli dari luar apa ngga di auto 2000 kapuk situ.
Kalo ga boleh bawa oli, ya udah nyobain oli yang ditawarin dari sono sepertinya.
Mengingat kata2 om turbo secepatnya diganti kalo oli mobil baru.
Saya udah cek dipstik om, oli masih di batas aman, tapi udah berubah dikit warnanya, kemarin pas servis 1000km, ogut tanya ke SA, katanya bisa sampai 10000km, tapi rada ngeri juga karna ogut gatau oli yg di mesin ini oli apa, dan ane cek harga oli tmo 0w-20 di a2k kena 160k, menurut ogut, daripada beli di toyota, mending beli oli full synthetic yang kemampuan long drain nya bisa dipertanggungjawabkan dan diganti sendiri, lebih puas om hehehe
sama nih calya juga mobilnya,
Om, udah sempet ngecek ke dipstick oli mesin nya? Ane coba ngecek dipstcik nya itu terus lap ke tisu udah mulai ada item nya di tisu.. ane mau minta ganti oli sih nih nanti pas service 1000 km. tapi belom tau boleh bawa oli dari luar apa ngga di auto 2000 kapuk situ.
Kalo ga boleh bawa oli, ya udah nyobain oli yang ditawarin dari sono sepertinya.
Mengingat kata2 om turbo secepatnya diganti kalo oli mobil baru.
Saya udah cek dipstik om, oli masih di batas aman, tapi udah berubah dikit warnanya, kemarin pas servis 1000km, ogut tanya ke SA, katanya bisa sampai 10000km, tapi rada ngeri juga karna ogut gatau oli yg di mesin ini oli apa, dan ane cek harga oli tmo 0w-20 di a2k kena 160k, menurut ogut, daripada beli di toyota, mending beli oli full synthetic yang kemampuan long drain nya bisa dipertanggungjawabkan dan diganti sendiri, lebih puas om hehehe
Pengalaman mobil baru ane bawa lgsg ganti oli + filternya buat inreyen (wktu itu pake meditran sx)karna pengalaman ane di ps dakar oli bawaannya banyak banget gram gram mesin, trus oli gardannya warna biru seperti biru pelumas seal/gemuk (ane gatau nih oli gardan merk apaan ),jgn percaya omongan sa om karna mereka kan cuma ngejalanin sop beres tanpa tahu keadaan real mobil kita. Menurut ane 1000 km itu udh harus ganti oli mesin plus filter oli dan ganti oli gardan karna kualitas dari pabriknya sangat menyedihkan
om turbo..
ni mobil M15A biasa pakai 10w-40..
Klo ntar jadwal ganti oli rencana mo cobain pakai 15w-40 atau 10w-50 biar agak kental mengingat mobil udah 15 tahun..
Adakah perubahan yg signifikan thd mesin??
tks all responnya..
uzm wrote:om turbo..
ni mobil M15A biasa pakai 10w-40..
Klo ntar jadwal ganti oli rencana mo cobain pakai 15w-40 atau 10w-50 biar agak kental mengingat mobil udah 15 tahun..
Adakah perubahan yg signifikan thd mesin??
tks all responnya..
uzm wrote:om turbo..
ni mobil M15A biasa pakai 10w-40..
Klo ntar jadwal ganti oli rencana mo cobain pakai 15w-40 atau 10w-50 biar agak kental mengingat mobil udah 15 tahun..
Adakah perubahan yg signifikan thd mesin??
tks all responnya..
apakah selama ini sering nguap ?
kalo nggak nguap mah ngapain
udh 2 kali ganti oli yg sama 10w-40 pngurangan oli minim artinya gak nguap itu oli.
cm kmaren cek busi udh wrna hitam n ada basah oli dkit, apakah minta oli yg agak kental?
uzm wrote:om turbo..
ni mobil M15A biasa pakai 10w-40..
Klo ntar jadwal ganti oli rencana mo cobain pakai 15w-40 atau 10w-50 biar agak kental mengingat mobil udah 15 tahun..
Adakah perubahan yg signifikan thd mesin??
tks all responnya..
apakah selama ini sering nguap ?
kalo nggak nguap mah ngapain
udh 2 kali ganti oli yg sama 10w-40 pngurangan oli minim artinya gak nguap itu oli.
cm kmaren cek busi udh wrna hitam n ada basah oli dkit, apakah minta oli yg agak kental?
kalo begitu periksa dulu seal katup yg di Cyl head
Turboman wrote: Wed Jun 21, 2017 1:48
apakah selama ini sering nguap ?
kalo nggak nguap mah ngapain
udh 2 kali ganti oli yg sama 10w-40 pngurangan oli minim artinya gak nguap itu oli.
cm kmaren cek busi udh wrna hitam n ada basah oli dkit, apakah minta oli yg agak kental?
kalo begitu periksa dulu seal katup yg di Cyl head
mohon ijin senior2, selama ini cuma jadi silent reader beraniin buat tanya sama sesepuh2 dimari.
om2 sekalian, om TurboMan, dirumah ada peliaraan Grand Avega "13 (belum lma dapetnya -+ 1bulanan) waktu itu sya buka tutup cylhead dan sya dapet "surprise" sludge disitu. baca postingan om turbo di part n page brpa gitu penggunaan EF tidak disarankan. kira2 apa yah yg bikin lumpur disitu? riwayat ganti oli sih sya baca sllu di beres pakai cap kerang 10w40. kira2 gmna yah om buat ngilangin atau ngurangin lumpur tsb selain top OH, kalo di cekokin oli diesel dlu gmna om? kalo pakai oli diesel rekomen, pakai yg spek apa? trus buat kedepannya ada advices pakai oli apa om? budget kira2 -+ 100rb/L. jujur sya kurang paham ini GA model flat/roller om, katanya beda spek oliya buat Flat n roller. terimakasih sebelumnya.
andik1507 wrote:mohon ijin senior2, selama ini cuma jadi silent reader beraniin buat tanya sama sesepuh2 dimari.
om2 sekalian, om TurboMan, dirumah ada peliaraan Grand Avega "13 (belum lma dapetnya -+ 1bulanan) waktu itu sya buka tutup cylhead dan sya dapet "surprise" sludge disitu. baca postingan om turbo di part n page brpa gitu penggunaan EF tidak disarankan. kira2 apa yah yg bikin lumpur disitu? riwayat ganti oli sih sya baca sllu di beres pakai cap kerang 10w40. kira2 gmna yah om buat ngilangin atau ngurangin lumpur tsb selain top OH, kalo di cekokin oli diesel dlu gmna om? kalo pakai oli diesel rekomen, pakai yg spek apa? trus buat kedepannya ada advices pakai oli apa om? budget kira2 -+ 100rb/L. jujur sya kurang paham ini GA model flat/roller om, katanya beda spek oliya buat Flat n roller. terimakasih sebelumnya.
ya kalo udah gitu kasusnya sih saat ganti oli kasih EF dah.......idle 30 - 40 menit then buang
kasi oli Desel API CI-4 then pake 2000 - 3000 km utk nyuci crankcase
kok mobil tahun 2013 bisa sludge kayak gitu
beneran pake oli kerang di BeRes ada bukti servisnya ? ganti oli tiap brp km / brp bulan ?
andik1507 wrote:mohon ijin senior2, selama ini cuma jadi silent reader beraniin buat tanya sama sesepuh2 dimari.
om2 sekalian, om TurboMan, dirumah ada peliaraan Grand Avega "13 (belum lma dapetnya -+ 1bulanan) waktu itu sya buka tutup cylhead dan sya dapet "surprise" sludge disitu. baca postingan om turbo di part n page brpa gitu penggunaan EF tidak disarankan. kira2 apa yah yg bikin lumpur disitu? riwayat ganti oli sih sya baca sllu di beres pakai cap kerang 10w40. kira2 gmna yah om buat ngilangin atau ngurangin lumpur tsb selain top OH, kalo di cekokin oli diesel dlu gmna om? kalo pakai oli diesel rekomen, pakai yg spek apa? trus buat kedepannya ada advices pakai oli apa om? budget kira2 -+ 100rb/L. jujur sya kurang paham ini GA model flat/roller om, katanya beda spek oliya buat Flat n roller. terimakasih sebelumnya.
ya kalo udah gitu kasusnya sih saat ganti oli kasih EF dah.......idle 30 - 40 menit then buang
kasi oli Desel API CI-4 then pake 2000 - 3000 km utk nyuci crankcase
kok mobil tahun 2013 bisa sludge kayak gitu
beneran pake oli kerang di BeRes ada bukti servisnya ? ganti oli tiap brp km / brp bulan ?
or jangan2 kena oli acdc
Habis pake ef, sama ganti oli diesel jangan lupa ganti filter solar
andik1507 wrote:mohon ijin senior2, selama ini cuma jadi silent reader beraniin buat tanya sama sesepuh2 dimari.
om2 sekalian, om TurboMan, dirumah ada peliaraan Grand Avega "13 (belum lma dapetnya -+ 1bulanan) waktu itu sya buka tutup cylhead dan sya dapet "surprise" sludge disitu. baca postingan om turbo di part n page brpa gitu penggunaan EF tidak disarankan. kira2 apa yah yg bikin lumpur disitu? riwayat ganti oli sih sya baca sllu di beres pakai cap kerang 10w40. kira2 gmna yah om buat ngilangin atau ngurangin lumpur tsb selain top OH, kalo di cekokin oli diesel dlu gmna om? kalo pakai oli diesel rekomen, pakai yg spek apa? trus buat kedepannya ada advices pakai oli apa om? budget kira2 -+ 100rb/L. jujur sya kurang paham ini GA model flat/roller om, katanya beda spek oliya buat Flat n roller. terimakasih sebelumnya.
ya kalo udah gitu kasusnya sih saat ganti oli kasih EF dah.......idle 30 - 40 menit then buang
kasi oli Desel API CI-4 then pake 2000 - 3000 km utk nyuci crankcase
kok mobil tahun 2013 bisa sludge kayak gitu
beneran pake oli kerang di BeRes ada bukti servisnya ? ganti oli tiap brp km / brp bulan ?
andik1507 wrote:mohon ijin senior2, selama ini cuma jadi silent reader beraniin buat tanya sama sesepuh2 dimari.
om2 sekalian, om TurboMan, dirumah ada peliaraan Grand Avega "13 (belum lma dapetnya -+ 1bulanan) waktu itu sya buka tutup cylhead dan sya dapet "surprise" sludge disitu. baca postingan om turbo di part n page brpa gitu penggunaan EF tidak disarankan. kira2 apa yah yg bikin lumpur disitu? riwayat ganti oli sih sya baca sllu di beres pakai cap kerang 10w40. kira2 gmna yah om buat ngilangin atau ngurangin lumpur tsb selain top OH, kalo di cekokin oli diesel dlu gmna om? kalo pakai oli diesel rekomen, pakai yg spek apa? trus buat kedepannya ada advices pakai oli apa om? budget kira2 -+ 100rb/L. jujur sya kurang paham ini GA model flat/roller om, katanya beda spek oliya buat Flat n roller. terimakasih sebelumnya.
ya kalo udah gitu kasusnya sih saat ganti oli kasih EF dah.......idle 30 - 40 menit then buang
kasi oli Desel API CI-4 then pake 2000 - 3000 km utk nyuci crankcase
kok mobil tahun 2013 bisa sludge kayak gitu
beneran pake oli kerang di BeRes ada bukti servisnya ? ganti oli tiap brp km / brp bulan ?
or jangan2 kena oli acdc
Habis pake ef, sama ganti oli diesel jangan lupa ganti filter solar
ya kalo udah gitu kasusnya sih saat ganti oli kasih EF dah.......idle 30 - 40 menit then buang
kasi oli Desel API CI-4 then pake 2000 - 3000 km utk nyuci crankcase
kok mobil tahun 2013 bisa sludge kayak gitu
beneran pake oli kerang di BeRes ada bukti servisnya ? ganti oli tiap brp km / brp bulan ?
or jangan2 kena oli acdc
[/quote]
makasiihh sekali om turbo reply nya. oke deh nnti tak coba pake EF dlu trus pakein oli Cl-4. merek oli apa yg rekomen? atau bebas yg pnting CL-4 ?
sya jga heran ini mbil 2013 bisa sludge. ada notanya kok om dari beres cuma hnya ada 1 yg di KM 40rb slah satu itemnya ya itu oli hx7+filter. pda saat sya buka di KM 50rb an brjalan kurleb 8bulan. mungkin selalu telat ganti oli kali yah om pemilik sebelumnya.hiikkss.
Siaapp om turbo, sya biasanya jga gitu. cuma tadi fokus ke olinya jdi agak kelupaan ama filtrernya.
Oya om, ad advice buat kedepannya baiknya pake oli spek apa yah buat GA sya? Budgetnya kurleb 100rb dah. Sya ga paham betul ini flat/roller, katanya beda spek yah om?
Om turbo nanya dong, mobil ayah saya Altis 2006 vvti, transmisi manual. Bbrp bulan lalu abis ganti kopling, Km 100K, skrg masukin gigi dari 2 ke 3 atau 4 ke 3 ada bunyi krekk...gitu. gigi2 yg lain lancar, 1 ke 2, 2 ke 4, 3 ke 4, 5/4 ke 5 ngga ada masalah. Cuma masalah 2 ke 3 dan 4 ke 3 ...bunyi krekkk.... Curiga ane oli transmisi gak d ganti waktu ganti kopling kmren. Kira2 ini masalah oli aja atau ada part yg rusak ya?
ac235287 wrote:Om turbo nanya dong, mobil ayah saya Altis 2006 vvti, transmisi manual. Bbrp bulan lalu abis ganti kopling, Km 100K, skrg masukin gigi dari 2 ke 3 atau 4 ke 3 ada bunyi krekk...gitu. gigi2 yg lain lancar, 1 ke 2, 2 ke 4, 3 ke 4, 5/4 ke 5 ngga ada masalah. Cuma masalah 2 ke 3 dan 4 ke 3 ...bunyi krekkk.... Curiga ane oli transmisi gak d ganti waktu ganti kopling kmren. Kira2 ini masalah oli aja atau ada part yg rusak ya?
oli transmisi gunakan spec yg sesuai dan ganti 12 - 18 bulan sekali (utk kelas mineral)
isi sampe full
kalo dah ganti masi ga enak, cek juga bushing di pangkal tuas transmisi
ac235287 wrote:Om turbo nanya dong, mobil ayah saya Altis 2006 vvti, transmisi manual. Bbrp bulan lalu abis ganti kopling, Km 100K, skrg masukin gigi dari 2 ke 3 atau 4 ke 3 ada bunyi krekk...gitu. gigi2 yg lain lancar, 1 ke 2, 2 ke 4, 3 ke 4, 5/4 ke 5 ngga ada masalah. Cuma masalah 2 ke 3 dan 4 ke 3 ...bunyi krekkk.... Curiga ane oli transmisi gak d ganti waktu ganti kopling kmren. Kira2 ini masalah oli aja atau ada part yg rusak ya?
oli transmisi gunakan spec yg sesuai dan ganti 12 - 18 bulan sekali (utk kelas mineral)
isi sampe full
kalo dah ganti masi ga enak, cek juga bushing di pangkal tuas transmisi
minyak kopling dah ganti juga ?
Ok sip, besok ane coba ganti oli tranmisi dan oli kopling, yg d bengkel ortu ane, dia jg ngga ngerti apakah fluid2 d ganti apa ngga. Thanks om, will report again ntar setelah ganti fluid2 nya
Turboman wrote: Thu Jun 22, 2017 17:08
kalo ganti oli = gantilah dgn filter oli nya
itu udah hukumnya
kalo oli nya cuman pake bentar, pake filter sakura juga gpp, yg penting ganti
hmm..trnyata yang terbaik sperti itu yah...
nyaiapin oil filter dlu deh sbelum ganti oli..
btw Oli Sainz Platinum itu msih ada gak sih yah...
ane jd serem buka webnya http://www.sainz-oil.com/ kok mlh jd isinya sepatu2
padahal baru2 ini ane kuras matik pke atf mv nya sainz
mudah2an aman lah lah kedepannya...
Maaf sblmnya kl udah pernah dibahas,nyari2 gak nemu soalnya...
Oli total quart future api sn 5w-30 bgs gak ya,tulisannya sih full syn? Lg diskon 105rb/lt
Mhn pencerahannya ya...