Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Cooper82 wrote: Sat Jun 17, 2017 5:14
Makasih banyak ya teman2 reply nya.... dan,
1)sy tidak mksd menjelekan atau mengajak calon konsumen2 toyota khusus nya calon pembeli sienta utk tidak membeli produk ini
2)tujuan sy tulis di forum/media adalah utk supaya kasus mobil sy cepat kelar. Bukan mksd lebay, tp bagaimana bila kondisi ini anda yg alami? Sy yakin byk konsumen yg lgs mencak2 di dealer
3)sebelum sy menulis disini atau media lain sy sudah ber email2an sama pihak tam yg selalu respons nya akan koordinasi dgn pihak bengkel dan pihak2 terkait. Jwb an diplomatis terus yg sy dpt. Tetapi mobil ttp aja ga kelar2
4)memang menurut sy ngimpi sih klo minta tuker unit baru apalagi dgn brand yg memegang pasar cukup besar di indo. Jd tujuan sy klo mobil sudah kelar diperbaiki akan sy jual. Worried akan nimbul lg mslh yg lain atau sama
5)pihak penjual memang sudah memberikan mobil pengganti. Service nya ok koggg. Tp mau sampe kapan? Sy kan beli mobil baru bukan mobil bekas. Sy paham ga semua mobil begini. Mangka dari itu sy tidak serta merta langsung tulis di media. Sy ksh waktu ke mereka utk memperbaiki koggg
6)jadi klo tanda merah atau tanda mesin panas muncul, ada suatu alat yg mem-protect engine supaya mati mesin. Jd begitu tanda overheat nyala, bbrp detik kemudian mesin mati. Ingat loh detik bukan menit. Di tengah kemacetan jalan deplu mesin modiarrrr. Bs bayangin ga tuh begitu. Deplu kan macet pagi dan sore. Bukan kita cuek in aja tanda tsb. Tp engine mem protect.
Ya mudah2an suatu saat nanti kelar lah mobil ini diperbaiki. Mksh yaaaa atas reply2nya.
1. Iya Om.. Gak usah Oom ajak juga udah jarang yang beli :p
2-6... Tenang saja, ini bukan k***kus yang isinya fanboy. Disini sudah pada mature kok.
Semoga lekas ketemu problemnya
Calya A/T 2017 (2022-now)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
Mobil toyota yg bermasalah kan rata2 first batch.. calya, sienta, 2GD itu kan mobil pertama masuk jalur produksi.. belom ada evaluasi lapangan.. jadi ya wajar sih rusak sana sini..
Dulu kalo pada inget, avanza & innova 2004 juga banyak masalah.. makanya selang 2 tahun langsung facelift.. cuma dulu belum familiar blowup media.. forum2 diskusi juga jarang..
Tapi liat skrng avanza udah 2x facelift mesin (2006 & 2015), udah lebih minim masalah.. innova sebelum reborn juga udah minim masalah..
Solusinya sih satu, hindari produk toyota yg masih first batch, tunggu faceliftnya aja.. di jamin pasti lebih baik.. TAM masih nerapin kaizen kan?
dimassn25 wrote: Sat Jun 17, 2017 12:41
Haduhhh cape deh sama merk yang satu ini. Makin lama makin hilang ke badak-annya
Mending dari sekarang hati hati deh kalo pake merk ini.
Berurusan sampe ke ranah hukum? Plis deh ini Astra. Susah buat dilawan.
Kebetulan temen cewe ane pake kia dan klaimnya sangat mudah. Lebih susah klaim rattle yaris lele kakak saya malah.
Well saya sebenernya fanboy toyota yang dari kecil selalu pake merk toyota. Mulai dari twin cam gt-starko-starkapsul-kijang super-greco sampe ipah.
Dan saat denger berita putujedug udah mulai mundur deh sama merk ini.
Terbukti sekarang yang beli toyota pembeli mobil pertama atau untuk corporate/fleet.
Setuju bro, kok toyota sekarang kelihatan ringkih ya, jauh banget kalo dibandingin sama toyota jadul, kalo udah ga durable lagi, terus keunggulan toyota dibanding brand lain di Indonesia apa ya?
not all toyota sih, tp khususnya toyota utk 3rd world country (sorry to say) taudah yg jdm kabarnya gmn
PM for any interest in JDM / ASEAN car parts & accs
Hahhahahaha.... thank u2 reply nya pak bro. Iya awal nya mikir mgkn coolant kurang x yaaa. Tp pas mogok yg pertama sy cek coolant nya setelah mesin dingin ga mslh. Abis itu baru coba lg pake. Eh modiar lg. Ini beda ya ga ada warning apa2, hanya saja begitu tanda radiator wrn merah nyala, bbrp saat mesin lgs protect dan mati. Jd kita ga bs apa2. Ga ada jarum/versi digital nya sih yaaa itu temperatur.
Kalau mobil dinyalain agak lama, apa kipasnya nyala om? Kalo gak kipasnya, mungkin thermostatnya, atau bahkan mungkin sesimpel sensornya salah baca.
Tapi karena masih warranty mending jangan coba bongkar bongkar sendiri...
Ehm... Intinya... No cars are perfect. Apalagi tuntutan zaman skrg harus kerja macem kejar setoran... Mungkin PDI nya miss.. dan kalo mendewakan aftersales satu merek, saya rasa gak bisa bilang merek A lebih baik merek B tidak. Karena kembali ke manusianya...
Biasa kita prejudice pengalaman buruk di beres merek A langsung cap mereknya jelek, atau pengalaman buruk di merek A langsung bilang produknya gagal.
Merek gede aftersales disebut lebih baik karena jumlah bengkel dan ketersediaan parts... Tapi soal customer service tentu akan sangat beragam pengalamannya.
Kalo coolant ga masalah, kemungkinan besar ECU yg salah baca, sensor rusak atau terlalu sensitif.. jadi mesin aslinya ga masalah, cuma ECU salah baca & pastinya respon langsung matikan mesin..
Kalo memang mesin sienta overheat, saya kok belum nemu case yaris & vios 2017 yg overheat juga..
Iya om kata bengkel sih mesin no problem. Tp sensor2 yg ga bener, kemungkinan yah. Bengkel lg coba ganti parts2nya satu persatu. Dan setiap parts yg diganti harus request dan menunggu. Tp sampe skrg ga kelar2. Nah mslh sy kan krn ga kelar2 ini oom yaak. Klo mgkn mreka niat cepat beres, lgs saja diganti 1 geluntungan itu mesin klo menurut hemat sy. Visco van normal oom. Iya emang benar kemungkinan mobil sy utk trial 'n error. Iya sy yakin jg sienta yg lain sih normal2 aja. Hanya sy saja lg sial mgkn nih dpt unit ini.
dimassn25 wrote: Sat Jun 17, 2017 12:41
Haduhhh cape deh sama merk yang satu ini. Makin lama makin hilang ke badak-annya
Mending dari sekarang hati hati deh kalo pake merk ini.
Berurusan sampe ke ranah hukum? Plis deh ini Astra. Susah buat dilawan.
Kebetulan temen cewe ane pake kia dan klaimnya sangat mudah. Lebih susah klaim rattle yaris lele kakak saya malah.
Well saya sebenernya fanboy toyota yang dari kecil selalu pake merk toyota. Mulai dari twin cam gt-starko-starkapsul-kijang super-greco sampe ipah.
Dan saat denger berita putujedug udah mulai mundur deh sama merk ini.
Terbukti sekarang yang beli toyota pembeli mobil pertama atau untuk corporate/fleet.
Setuju bro, kok toyota sekarang kelihatan ringkih ya, jauh banget kalo dibandingin sama toyota jadul, kalo udah ga durable lagi, terus keunggulan toyota dibanding brand lain di Indonesia apa ya?
Indonesia itu gede loh, bukan cuma kota2 besar saja. Kebetulan dulu saya pernah kerja di site di Kaltim, itu literally cuma ada beres Toyota di kota terdekat.
Cooper82 wrote: Sun Jun 18, 2017 4:05
Iya om kata bengkel sih mesin no problem. Tp sensor2 yg ga bener, kemungkinan yah. Bengkel lg coba ganti parts2nya satu persatu. Dan setiap parts yg diganti harus request dan menunggu. Tp sampe skrg ga kelar2. Nah mslh sy kan krn ga kelar2 ini oom yaak. Klo mgkn mreka niat cepat beres, lgs saja diganti 1 geluntungan itu mesin klo menurut hemat sy. Visco van normal oom. Iya emang benar kemungkinan mobil sy utk trial 'n error. Iya sy yakin jg sienta yg lain sih normal2 aja. Hanya sy saja lg sial mgkn nih dpt unit ini.
Sementara mbl d bengkel dpt mbl pengganti de BeRes ngga om..?moga2 cpt kelar yaa
bicaralah ama KaBeng dan KaCab tempat beli mobil itu dulu
atau se sial2 nya minta tukar engine assy utuh beserta radiator assy utuh.......jadi biar cepat beres
jika tetap gak ada solusi walao om udah ngotot, jangan segan2 utk laporkan ke BPSK (Badan penyelesaian sengketa konsumen) + masukkin suara pembaca media2 online dan forum kayak kuskus
Toyota belakangan kok ada kasus overheat ya, itu di forum sebelah, calya baru juga ada yg overheat bbrp unit, solusinya ganti ECU (ECU telat merespon putaran extra fan), apa mgkn sienta masalahnya mirip? mengingat sama2 mesin NR
marama wrote: Tue Jun 20, 2017 3:46
Toyota belakangan kok ada kasus overheat ya, itu di forum sebelah, calya baru juga ada yg overheat bbrp unit, solusinya ganti ECU (ECU telat merespon putaran extra fan), apa mgkn sienta masalahnya mirip? mengingat sama2 mesin NR
Kq ini mrek mulai byq masalah y untuk yg produk baru", mulai dr produk yg mahal ampe yg murah. Inilah kenapa ane ga prnh melirik ini mrek, selain teknologi purbakala, service ga bisa tanya" ke montir scr lgsg, dan hrgnya juga ga murah dibanding mrek sebelah yg mgkn resale value tdk sebaik ini, tp u got what u paid dgn BQ yg jauh lbh baik. Terbukti juga kl ANKI resale valuenya lmayan jeblok kl diliat dr forum jualan
Last edited by Rickz on Tue Jun 20, 2017 3:59, edited 1 time in total.
Cooper82 wrote: Sat Jun 17, 2017 5:14
Makasih banyak ya teman2 reply nya.... dan,
1)sy tidak mksd menjelekan atau mengajak calon konsumen2 toyota khusus nya calon pembeli sienta utk tidak membeli produk ini
2)tujuan sy tulis di forum/media adalah utk supaya kasus mobil sy cepat kelar. Bukan mksd lebay, tp bagaimana bila kondisi ini anda yg alami? Sy yakin byk konsumen yg lgs mencak2 di dealer
3)sebelum sy menulis disini atau media lain sy sudah ber email2an sama pihak tam yg selalu respons nya akan koordinasi dgn pihak bengkel dan pihak2 terkait. Jwb an diplomatis terus yg sy dpt. Tetapi mobil ttp aja ga kelar2
4)memang menurut sy ngimpi sih klo minta tuker unit baru apalagi dgn brand yg memegang pasar cukup besar di indo. Jd tujuan sy klo mobil sudah kelar diperbaiki akan sy jual. Worried akan nimbul lg mslh yg lain atau sama
5)pihak penjual memang sudah memberikan mobil pengganti. Service nya ok koggg. Tp mau sampe kapan? Sy kan beli mobil baru bukan mobil bekas. Sy paham ga semua mobil begini. Mangka dari itu sy tidak serta merta langsung tulis di media. Sy ksh waktu ke mereka utk memperbaiki koggg
6)jadi klo tanda merah atau tanda mesin panas muncul, ada suatu alat yg mem-protect engine supaya mati mesin. Jd begitu tanda overheat nyala, bbrp detik kemudian mesin mati. Ingat loh detik bukan menit. Di tengah kemacetan jalan deplu mesin modiarrrr. Bs bayangin ga tuh begitu. Deplu kan macet pagi dan sore. Bukan kita cuek in aja tanda tsb. Tp engine mem protect.
Ya mudah2an suatu saat nanti kelar lah mobil ini diperbaiki. Mksh yaaaa atas reply2nya.
1. Iya Om.. Gak usah Oom ajak juga udah jarang yang beli :p
2-6... Tenang saja, ini bukan k***kus yang isinya fanboy. Disini sudah pada mature kok.
Semoga lekas ketemu problemnya
Masalahnya ini mobil sudah agak sepi peminat, y mbok dibgzin QC-nya, toh juga ga byq" amat yg beli. Bukan mobil laris sperti sodaranya yg kejar-kejaran target antara penjual dan pembeli. Walaupun diskon besar saat ini, bukan brarti mreka bisa asal-asalan krn bukan produk utama. Hrz berkaca ama produk rakitan Thai, dimana kualitasnya sgt baik dan mereka mementingkan BQ dan QC yg baik sebelum dianter ke pembeli.
Sabar om, saya udh gak kaget dgn BQ nya, dulu beli yaris bakpao dari baru hari pertama langsung ada trouble di head unit nya n masalah gak sembuh2 sampe 2 minggu, kebayang kan rasa bosannya bawa mobil 2 minggu tanpa head unit? minta ganti unit aja n kapok pake merk T
Agreed. TS nya SABAAAAAAR luar biasa. Coba ganti parts satu2, warbyasah. Mobil ratusan juta baru 2 bulan kok kayanya enteng banget penangannya gitu doang. Mana problemnya mesin mati krn overheat.
Hallo oom2.... selamat malam.... sorry baru bs respons. Ya sbenar nya begini. Krn kebetulan sy usaha di bidang yg hampir mirip cuma beda jenis,yaitu sepeda motor. Ketika ada komplain khusus brand2 besar yg SANGAT menguasai pasar mreka ga akan mungkin melayani sampai penggantian produk. Jd sy sudah cukup paham sdikit banyak nya lah menurut sy. Kecuali, maaf mungkin orang berpengaruh di negeri ini. Mungkin bisa. Mungkin looh yaaaa. Tp sy bukan siapa2 soal nya.
Proses perbaikan sampai saat ini sudah sampai tahap pemasangan parts lain, yaitu wirring harness assy. Penggantian parts ini. Mungkin dalam 1-2 hari ini kelar. Walau dgn penggantian ini belum tentu problem solved.
Tentu sy akan "mengalah". Ga mgkn sy mau ngotot2an sama suatu brand. Apalagi besar. Tidak sedang mencari nama hanya jualan saja mencari profit. Ya cara satu2nya setelah mobil selesai diperbaiki unit akan sy jual dan tukar yg lain. Kebetulan saja sy lg sial saja. Sy yakin pemilik sienta lain tidak banyak yg bernasib sama dgn sy.
Nanti akan sy update lg yaaa klo ada perkembangan.
Semoga masalah mobilnya cepet selesai ya om ts, spertinya om ts jg cukup santai ga emosi liat masalah kaya gini, saya pribadi mungkin udah ngomel ga karuan mobil 2 bulan udah aneh2 gini
Trend mobil ga ada indikator temperatur rasanya udah ada sejak jazz 2004 masuk indo, cuma ada indikator mesin masih dingin (c warna biru nyala) terus ilang kalo udah temperatur normal, dan h merah nyala kalo overheat
Krn saya akrab sm mobil eropa 10 tahun keatas, ngadepin macet jkt yg gila, buat saya indikator temperatur itu penting hehehe,
Pengalaman dulu bmw e36 kejebak macet parah, temperatur naik 3/4 langsung minggir deh, bener aja waterpump jebol, tapi aman isi aqua 3 liter bisa smp rumah tanpa overheat
Iklan "ada aqua?" Cocok jg buat iklan radiator mobil ya