Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07
Riset menarik
https://www.stle.org/images/pdf/STLE_OR ... 0Plays.pdf
Utk mesin2 yg dgn Timing Chain aka mesin dgn VVT / VTEC / Cam Phaser dan juga Diesel2 modern dgn Timing Chain
ternyata kadar ZDDP yg tinggi efeknya buruk bagi Timing Chain, walau ZDDP itu pelindung utama valve tappet / rocker arm
Molybdenum adalah zat pelindung Timing Chain yg paling baik.......tapi Molybden dlm bentuk senyawa MoDDP
Untungnya oli2 PCMO masa kini kadar ZDDP rata2 800 ppm / lower & umumnya mengandung Moly dan Boron juga
https://www.stle.org/images/pdf/STLE_OR ... 0Plays.pdf
Utk mesin2 yg dgn Timing Chain aka mesin dgn VVT / VTEC / Cam Phaser dan juga Diesel2 modern dgn Timing Chain
ternyata kadar ZDDP yg tinggi efeknya buruk bagi Timing Chain, walau ZDDP itu pelindung utama valve tappet / rocker arm
Molybdenum adalah zat pelindung Timing Chain yg paling baik.......tapi Molybden dlm bentuk senyawa MoDDP
Untungnya oli2 PCMO masa kini kadar ZDDP rata2 800 ppm / lower & umumnya mengandung Moly dan Boron juga
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1370
- Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
- Location: Jakarta
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07
SAPS sama ZDDP beda nya apa om?Turboman wrote: Wed Jun 07, 2017 17:06 Riset menarik
https://www.stle.org/images/pdf/STLE_OR ... 0Plays.pdf
Utk mesin2 yg dgn Timing Chain aka mesin dgn VVT / VTEC / Cam Phaser dan juga Diesel2 modern dgn Timing Chain
ternyata kadar ZDDP yg tinggi efeknya buruk bagi Timing Chain, walau ZDDP itu pelindung utama valve tappet / rocker arm
Molybdenum adalah zat pelindung Timing Chain yg paling baik.......tapi Molybden dlm bentuk senyawa MoDDP
Untungnya oli2 PCMO masa kini kadar ZDDP rata2 800 ppm / lower & umumnya mengandung Moly dan Boron juga
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07
SAPS itu deterjen.......sulphate ash phosporius sulphur
gugel2 aja SAPS & ZDDP byk penjelasan
gugel2 aja SAPS & ZDDP byk penjelasan
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 388
- Joined: Sun Dec 29, 2013 1:27
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07
Jadi oli merk apa yg aman Om.. heheTurboman wrote: Wed Jun 07, 2017 17:06 Riset menarik
https://www.stle.org/images/pdf/STLE_OR ... 0Plays.pdf
Utk mesin2 yg dgn Timing Chain aka mesin dgn VVT / VTEC / Cam Phaser dan juga Diesel2 modern dgn Timing Chain
ternyata kadar ZDDP yg tinggi efeknya buruk bagi Timing Chain, walau ZDDP itu pelindung utama valve tappet / rocker arm
Molybdenum adalah zat pelindung Timing Chain yg paling baik.......tapi Molybden dlm bentuk senyawa MoDDP
Untungnya oli2 PCMO masa kini kadar ZDDP rata2 800 ppm / lower & umumnya mengandung Moly dan Boron juga
E300 W212
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07
Lha itu kan udah ane tulis di paragraph bawahkurniakerten wrote:Jadi oli merk apa yg aman Om.. heheTurboman wrote: Wed Jun 07, 2017 17:06 Riset menarik
https://www.stle.org/images/pdf/STLE_OR ... 0Plays.pdf
Utk mesin2 yg dgn Timing Chain aka mesin dgn VVT / VTEC / Cam Phaser dan juga Diesel2 modern dgn Timing Chain
ternyata kadar ZDDP yg tinggi efeknya buruk bagi Timing Chain, walau ZDDP itu pelindung utama valve tappet / rocker arm
Molybdenum adalah zat pelindung Timing Chain yg paling baik.......tapi Molybden dlm bentuk senyawa MoDDP
Untungnya oli2 PCMO masa kini kadar ZDDP rata2 800 ppm / lower & umumnya mengandung Moly dan Boron juga
lagian case Timing Chain aus itu akan lebih mungkin terjadi di mesin2 GDI / GDI T
Kalo port EFI sih gak gitu
makanya nanti std ILSAC GF-6 akan memasukkan klausul perlindungan Timing Chain
* Bukan ajakan Beli *
-
- Visitor
- Posts: 3
- Joined: Thu Feb 09, 2017 3:50
- Location: bandung
- Daily Vehicle: freed
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07
minta rekomendasinya untuk oli 0W20 untuk Toyota Sienta mending pakai apa ya? Ditawarin di beres pake TMO 0w20 cuma harganya 160 rb per liter...nah daripada beli TMO harga 160rb per liter kayanya mending beli oli lain di luaran yang harganya segituan, soalnya service advisornya udah bilang boleh bawa oli dr luar
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 204
- Joined: Mon Sep 28, 2015 16:10
- Daily Vehicle: VW Tiguan 2014
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07
Minta saran om Turbo. Saya biasa pake AMS 5w30 di Ist 1NZ-FE tapi di Graha lagi kosong. Dia sarankan pakai Eneos Sustina 5w30 tapi kepikiran pengen coba Q8 0w20 cuma oli encer gitu saya denger kurang cocok yah buat mesin berumur? Penguapan sangat minim sih. Thanks in advance yah.
VW Tiguan TSI Highline 2014
Honda HR-V SE 2024
Honda HR-V SE 2024
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4384
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07
Halo oom Turbo, mau tanya dong. Mohon pencerahan.Turboman wrote: Thu Jun 08, 2017 1:13 SAPS itu deterjen.......sulphate ash phosporius sulphur
gugel2 aja SAPS & ZDDP byk penjelasan
Mobil saya MuX bawaan olinya dari pabrik kata SA tahan 10,000 km.
Odo saat itu 5000 km saya service pertama, dan tidak ada ganti oli.
Terus, pas odo 5700 saya kepikiran mau roadtrip (mudik lebaran) ke Aceh, yang akan habis kira 5000 to 6000 km (v.v. termasuk muter muter 2 minggu di Aceh dan Sumut ). lalu saya putuskan ganti oli.
Saya ditawari 2 olie yaitu Delvac Mobil 1 (SAE 5W-40) full synthetic = rp 200,000 / lt atau Isuzu Astra Genuine Oli (15W-40) = rp 60,000,-
Nah, kata SA sih IAGO juga bagus, tapi cuma tahan 5000 km
Pikir punya pikir, akhirnya di Odo 5700 km itu oli dikuras dan diganti IAGO
Tapi sesudah ganti ke IAGO koq perasaan jadi tarikan berat, dan FC jadi lebih boros.
Padahal kata teman saya kode SAE itu untuk Indonesia buntutnya (40) yang terpakai, sementara depannya (5W dan 15W) itu untuk Winter.
Saya jadi bingung nih kenapa rasanya bisa beda, padahal kode CI-4 juga.
Saya kepikir kuras lagi dan ganti dengan Delvac Mobil 1 (yang saya beli bareng anak2 komunitas KFOC, KIOC, Captiva, MuX dengan harga 125,000 / liter) tapi beli kelipatan 6 botol (kebetulan saya beli 12 botol, bisa untuk 2 x ganti oli) --tapi ada juga kawan bilang bahwa oli resmi dari pabrikan itu juga baik dan sudah dipikirkan pabrikan speknya.
Saran oom Turbo enaknya dikuras lagi aja (anggap saja oli sekarang untuk bersih2 kotoran inreyen) yang atau tunggu sampai 5000 km ya ..??
terima kasih banyak updatenya.
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07
4JK1-TCX di buku manual SAE terendah yg diijinkan itu SAE brp om ?
utk ambient s/d 35 deg C
apakah 5W30 ?
utk ambient s/d 35 deg C
apakah 5W30 ?
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 311
- Joined: Fri Jan 02, 2009 7:07
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07
Om Turbo,Turboman wrote: Thu Jun 08, 2017 1:13 SAPS itu deterjen.......sulphate ash phosporius sulphur
gugel2 aja SAPS & ZDDP byk penjelasan
Mau tanya nih, dari kandungan SAPS (Sulphated Ash, Phosphorous, Sulphur) yg mana yg merusak catalytic converter yak?
Soalnya kalau lihat VOA nya Amsoil ASL, kandungan sulphur-nya relatif tinggi.
Setidaknya dibandingkan dgn Eneos, Kendall, Pennzoil, & Mobil 1.
Amsoil ASL
Sulphur = 3559 ppm

Eneos
Sulphur = N/A; apakah artinya tdk mengandung sulphur?

Kendall Full Synthethic
Sulphur = N/A; apakah artinya tdk mengandung sulphur?

Pennzoil
Sulphur = N/A; apakah artinya tdk mengandung sulphur?

Mobil 1
Sulphur = N/A; apakah artinya tdk mengandung sulphur?

Anehnya, Kendall Synthethic Blend malah mengandung sulphur.
Kendall Synthethic Blend
Sulphur = 3023 ppm

Apa fungsi sulphur sebagai additive oli?
Apakah ada efek negatifnya terhadap mesin, oli, emisi, dan/atau catalytic converter?
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 171
- Joined: Sun Mar 05, 2017 7:05
- Location: Bandung
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07
Gimana kalo pake tetap TMO gan tapi belinya di Tokopedia ada tuh yg jual 100 rb/Literkokondu wrote: Thu Jun 08, 2017 2:47 minta rekomendasinya untuk oli 0W20 untuk Toyota Sienta mending pakai apa ya? Ditawarin di beres pake TMO 0w20 cuma harganya 160 rb per liter...nah daripada beli TMO harga 160rb per liter kayanya mending beli oli lain di luaran yang harganya segituan, soalnya service advisornya udah bilang boleh bawa oli dr luar
Yup Sy juga pengguna sienta jadi enak tarikannya om pake TMO OW20
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07
dimasapri wrote:Om Turbo,Turboman wrote: Thu Jun 08, 2017 1:13 SAPS itu deterjen.......sulphate ash phosporius sulphur
gugel2 aja SAPS & ZDDP byk penjelasan
Mau tanya nih, dari kandungan SAPS (Sulphated Ash, Phosphorous, Sulphur) yg mana yg merusak catalytic converter yak?
Soalnya kalau lihat VOA nya Amsoil ASL, kandungan sulphur-nya relatif tinggi.
Setidaknya dibandingkan dgn Eneos, Kendall, Pennzoil, & Mobil 1.
Amsoil ASL
Sulphur = 3559 ppm
Eneos
Sulphur = N/A; apakah artinya tdk mengandung sulphur?
Kendall Full Synthethic
Sulphur = N/A; apakah artinya tdk mengandung sulphur?
Pennzoil
Sulphur = N/A; apakah artinya tdk mengandung sulphur?
Mobil 1
Sulphur = N/A; apakah artinya tdk mengandung sulphur?
Anehnya, Kendall Synthethic Blend malah mengandung sulphur.
Kendall Synthethic Blend
Sulphur = 3023 ppm
Apa fungsi sulphur sebagai additive oli?
Apakah ada efek negatifnya terhadap mesin, oli, emisi, dan/atau catalytic converter?
di Indo mah kalo katalik mampet tinggal babat ganti pipa plong aja......ekekekke
AFAIK :
Oli high SAPS tapi jika penguapan rendah / NOACK volatility kecil juga SAPS nya gak akan banyak masuk ruang bakar
atau kalau mau bebas SAPS dr ruang bakar pasang aja OCT......beressss
hehehhehe
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07
TMO ada yg acdc lohhhCrossoverjersey wrote:Gimana kalo pake tetap TMO gan tapi belinya di Tokopedia ada tuh yg jual 100 rb/Literkokondu wrote: Thu Jun 08, 2017 2:47 minta rekomendasinya untuk oli 0W20 untuk Toyota Sienta mending pakai apa ya? Ditawarin di beres pake TMO 0w20 cuma harganya 160 rb per liter...nah daripada beli TMO harga 160rb per liter kayanya mending beli oli lain di luaran yang harganya segituan, soalnya service advisornya udah bilang boleh bawa oli dr luar
Yup Sy juga pengguna sienta jadi enak tarikannya om pake TMO OW20
itu Q8 - 0W20 sekitar 2 minggu lagi ada promo di ACE dan mungkin juga Toda......kasta jauh di atas TMO
Kalo utk kelas TMO beli aja Fastron Gold 0W20 di Olimart / dll (suka ada promo) wong TMO 0W20 juga buatan si P..........ini buat kelas 7 bulan
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 311
- Joined: Fri Jan 02, 2009 7:07
Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07
Sebenarnya pgn tau:Turboman wrote: Fri Jun 09, 2017 2:23
di Indo mah kalo katalik mampet tinggal babat ganti pipa plong aja......ekekekke
AFAIK :
Oli high SAPS tapi jika penguapan rendah / NOACK volatility kecil juga SAPS nya gak akan banyak masuk ruang bakar
atau kalau mau bebas SAPS dr ruang bakar pasang aja OCT......beressss
hehehhehe
- yg merusak itu sulfur, sulfated ash, atau phosporus nya
- fungsi sulfur sebagai additive itu untuk apa & dampak negatifnya
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: RE: Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07
any metallic / mineral substance lama2 bisa merusak CCdimasapri wrote:Sebenarnya pgn tau:Turboman wrote: Fri Jun 09, 2017 2:23
di Indo mah kalo katalik mampet tinggal babat ganti pipa plong aja......ekekekke
AFAIK :
Oli high SAPS tapi jika penguapan rendah / NOACK volatility kecil juga SAPS nya gak akan banyak masuk ruang bakar
atau kalau mau bebas SAPS dr ruang bakar pasang aja OCT......beressss
hehehhehe
- yg merusak itu sulfur, sulfated ash, atau phosporus nya
- fungsi sulfur sebagai additive itu untuk apa & dampak negatifnya
makanya bensin dgn Timbal or MMT (M Mangan T) itu bisa merusak CC
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 311
- Joined: Fri Jan 02, 2009 7:07
Re: RE: Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07
Hhhhmmm... berarti sulfur gak merusak cc ya Om?Turboman wrote: Fri Jun 09, 2017 2:48any metallic / mineral substance lama2 bisa merusak CCdimasapri wrote:Sebenarnya pgn tau:Turboman wrote: Fri Jun 09, 2017 2:23
di Indo mah kalo katalik mampet tinggal babat ganti pipa plong aja......ekekekke
AFAIK :
Oli high SAPS tapi jika penguapan rendah / NOACK volatility kecil juga SAPS nya gak akan banyak masuk ruang bakar
atau kalau mau bebas SAPS dr ruang bakar pasang aja OCT......beressss
hehehhehe
- yg merusak itu sulfur, sulfated ash, atau phosporus nya
- fungsi sulfur sebagai additive itu untuk apa & dampak negatifnya
makanya bensin dgn Timbal or MMT (M Mangan T) itu bisa merusak CC
Cuma masalah emisi lingkungan -> hujan asam saja?
Soalnya sulfur bukan molekul logam.
Kalau sulfated ash & phosporus, gak ngerti termasuk logam atau bukan
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: RE: Re: RE: Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07
sulphur juga lama2 merusak katalikdimasapri wrote:Hhhhmmm... berarti sulfur gak merusak cc ya Om?Turboman wrote: Fri Jun 09, 2017 2:48any metallic / mineral substance lama2 bisa merusak CCdimasapri wrote: Sebenarnya pgn tau:
- yg merusak itu sulfur, sulfated ash, atau phosporus nya
- fungsi sulfur sebagai additive itu untuk apa & dampak negatifnya
makanya bensin dgn Timbal or MMT (M Mangan T) itu bisa merusak CC
Cuma masalah emisi lingkungan -> hujan asam saja?
Soalnya sulfur bukan molekul logam.
Kalau sulfated ash & phosporus, gak ngerti termasuk logam atau bukan
tapi yg utama ya karena sulphur sisa pembakaran BBM yg sulphur tinggi
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 311
- Joined: Fri Jan 02, 2009 7:07
Re: RE: Re: RE: Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07
Thanks Om TurboTurboman wrote: Fri Jun 09, 2017 3:51sulphur juga lama2 merusak katalikdimasapri wrote:Hhhhmmm... berarti sulfur gak merusak cc ya Om?Turboman wrote: Fri Jun 09, 2017 2:48
any metallic / mineral substance lama2 bisa merusak CC
makanya bensin dgn Timbal or MMT (M Mangan T) itu bisa merusak CC
Cuma masalah emisi lingkungan -> hujan asam saja?
Soalnya sulfur bukan molekul logam.
Kalau sulfated ash & phosporus, gak ngerti termasuk logam atau bukan
tapi yg utama ya karena sulphur sisa pembakaran BBM yg sulphur tinggi
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 388
- Joined: Sun Dec 29, 2013 1:27
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07
Om Turboman...
mau nanya oli2 ini yg paling bagus mana ya?
1. Mobil 1 Advanced Fuel Economy Full Synthetic SAE 0W-30
2. Texal Oil Gmax 1 Ultra-Syn Power Fully-Syn 0W-20 SN
3. Chevron Dello 400 SAE 0W-30
terakhir pake Q8 Formula Ultra udah kerasa enak sih...
mau nanya oli2 ini yg paling bagus mana ya?
1. Mobil 1 Advanced Fuel Economy Full Synthetic SAE 0W-30
2. Texal Oil Gmax 1 Ultra-Syn Power Fully-Syn 0W-20 SN
3. Chevron Dello 400 SAE 0W-30
terakhir pake Q8 Formula Ultra udah kerasa enak sih...
E300 W212
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07
Bahkurniakerten wrote:Om Turboman...
mau nanya oli2 ini yg paling bagus mana ya?
1. Mobil 1 Advanced Fuel Economy Full Synthetic SAE 0W-30
2. Texal Oil Gmax 1 Ultra-Syn Power Fully-Syn 0W-20 SN
3. Chevron Dello 400 SAE 0W-30
terakhir pake Q8 Formula Ultra udah kerasa enak sih...
kalo biasa pake 0W20 mah ke 5W20 aja lgs kerasa agak berat loh
Kecuali ada alasan khusus ke 0W30 misal mobil bakal high rev terus
oli2 0W30 rata2 sih full syn en high perf
itu yg no 2 di toko mana om ? merek aneh......
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 133
- Joined: Mon Jul 06, 2015 4:47
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07
om turbo, oli total termasuk banyak palsunya ga ya?
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07
nah ini gak pahamnuelgs wrote:om turbo, oli total termasuk banyak palsunya ga ya?
scr bbrp tahun belakangan oli Total gak gitu populer.....gak kayak dulu
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 388
- Joined: Sun Dec 29, 2013 1:27
Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07
Hehe sama Om... baru lihat di iklan onlen Texal Oil..Turboman wrote: Fri Jun 09, 2017 7:06Bahkurniakerten wrote:Om Turboman...
mau nanya oli2 ini yg paling bagus mana ya?
1. Mobil 1 Advanced Fuel Economy Full Synthetic SAE 0W-30
2. Texal Oil Gmax 1 Ultra-Syn Power Fully-Syn 0W-20 SN
3. Chevron Dello 400 SAE 0W-30
terakhir pake Q8 Formula Ultra udah kerasa enak sih...
kalo biasa pake 0W20 mah ke 5W20 aja lgs kerasa agak berat loh
Kecuali ada alasan khusus ke 0W30 misal mobil bakal high rev terus
oli2 0W30 rata2 sih full syn en high perf
itu yg no 2 di toko mana om ? merek aneh......
Di website resminya ga nulis produksi negara mana... hehe
E300 W212
-
- Visitor
- Posts: 3
- Joined: Wed Apr 26, 2017 6:17
- Location: Palembang
- Daily Vehicle: avanza
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07
Om turbo tanya nih mobil 1 5w-30 newer technology itu base stock oli nya diatas fastron gold atau sama aja ya? Soalnya advance fully synthetic. Ane nemu di Tokopedia 360k harganya. Asli gak ya?
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 07
Oli merek Mobil / M1 yg belom ada acdc nya mungkin yg Delvac LE doank kali yahavz13 wrote:Om turbo tanya nih mobil 1 5w-30 newer technology itu base stock oli nya diatas fastron gold atau sama aja ya? Soalnya advance fully synthetic. Ane nemu di Tokopedia 360k harganya. Asli gak ya?
Belilah di trusted seller
* Bukan ajakan Beli *