Curhat atas Respon NMI atas Indent Livina
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2391
- Joined: Sat Dec 24, 2005 16:37
- Location: Sparkling Surabaya
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2010
- Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
- Location: Casablanca
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1121
- Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03
Lahh... ratusan customer marah kok belainnya cuman bung runny seorang? weehh.. ada udang dibalik bakwan niih.. yaa.. mau jadi gede macem honda toyota mah harus mau sakit2 dulu donkk dicaci maki.. bayangin aja, invest cuman 60 juta USD, ambil harga rata 150 juta, yang indend katakanlah dari 8000 gara2 cape mimpi, akhirnya cuman 6000 orang yang beli.. kaliin aja artinya 82 Juta USD.. cuman dalam 2 bulan balik modal kaga mau dibecandainnn???!!!! iya ngga kawan2??? serbuuuu ronnyyy lagiiii.. bug! bag! bug!! dingg!!
maxx wrote:No hard feeling bro!.
kita omong2 disini juga cuma buat joke aja... dari pada bt nunggu kelamaan jadi buang BTnya disini ....... aslinya semua orang baik2 kok
hunter wrote: hehehe bukannya ngebelain ya.
cuman nurut saya, kembalikan ke perspektif yg semestinya. komplain sih boleh2 aja, tapi kalo sampe olok2, caci maki dll. nurut saya sih kelewatan juga...sori, soalnya saya bukan tipe orang yg menghalalkan banyak hal untuk sesuatu yg saya anggap benar atau bagian dr kerjaan. tetep liat2 diri sendiri. gitu maksud saya. peace
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 178
- Joined: Sun Apr 22, 2007 16:50
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 178
- Joined: Sun Apr 22, 2007 16:50
Sorry bos 150 juta x 6000 unit kok jadi 82 juta USD...hitungan gimana?ichsan_n wrote:Lahh... ratusan customer marah kok belainnya cuman bung runny seorang? weehh.. ada udang dibalik bakwan niih.. yaa.. mau jadi gede macem honda toyota mah harus mau sakit2 dulu donkk dicaci maki.. bayangin aja, invest cuman 60 juta USD, ambil harga rata 150 juta, yang indend katakanlah dari 8000 gara2 cape mimpi, akhirnya cuman 6000 orang yang beli.. kaliin aja artinya 82 Juta USD.. cuman dalam 2 bulan balik modal kaga mau dibecandainnn???!!!! iya ngga kawan2??? serbuuuu ronnyyy lagiiii.. bug! bag! bug!! dingg!!
Kurs USD berapa?
Ane bingung neh
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 407
- Joined: Tue May 01, 2007 7:58
kalo itungan2 gue gini nih.
invest = 60jt USD = Rp. 546 milyar (kurs 1 USD = Rp.9100)
keuntungan/mobil = Rp.15jt
BEP = 36.500 unit mobil = 2 tahun produksi (asumsi sales=1.500 mobil/bln).
gile bener 2 thn sdh BEP, apalagi kalo margin yg diambil lebih besar (> 15 jt), yg udah terima BPKB ngkin bisa dicek faktur dr pabrik trtulis brp, tinggal dikurangi harga beli kita dan say 7-10% untuk dealer.
invest = 60jt USD = Rp. 546 milyar (kurs 1 USD = Rp.9100)
keuntungan/mobil = Rp.15jt
BEP = 36.500 unit mobil = 2 tahun produksi (asumsi sales=1.500 mobil/bln).
gile bener 2 thn sdh BEP, apalagi kalo margin yg diambil lebih besar (> 15 jt), yg udah terima BPKB ngkin bisa dicek faktur dr pabrik trtulis brp, tinggal dikurangi harga beli kita dan say 7-10% untuk dealer.
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
to suka2man : Kan ada pajak boss... mungkin maksudnya $82jt adalah net sales NMI untuk 6000 unit.
to Ichsan : ga bisa gitu itung2an-nya, $60jt itu murni uang keluar untuk investment .. dari Rp.150jt/unit (asumsi).. net profitnya berapa? .. kan ga bulat2 150jt itu net profit.
Bila diasumsikan net profit per unit = 15jt (stlh dipotong semua fixed cost and variable cost) maka BEP dari investment NMI adalah 40rb unit (dg asumsi kurs 10rb/$)
to Ichsan : ga bisa gitu itung2an-nya, $60jt itu murni uang keluar untuk investment .. dari Rp.150jt/unit (asumsi).. net profitnya berapa? .. kan ga bulat2 150jt itu net profit.
Bila diasumsikan net profit per unit = 15jt (stlh dipotong semua fixed cost and variable cost) maka BEP dari investment NMI adalah 40rb unit (dg asumsi kurs 10rb/$)
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 178
- Joined: Sun Apr 22, 2007 16:50
Nah itu dia maksud ane. Kan musti ada asumsi profit berape?maxx wrote:to suka2man : Kan ada pajak boss... mungkin maksudnya $82jt adalah net sales NMI untuk 6000 unit.
to Ichsan : ga bisa gitu itung2an-nya, $60jt itu murni uang keluar untuk investment .. dari Rp.150jt/unit (asumsi).. net profitnya berapa? .. kan ga bulat2 150jt itu net profit.
Bila diasumsikan net profit per unit = 15jt (stlh dipotong semua fixed cost and variable cost) maka BEP dari investment NMI adalah 40rb unit (dg asumsi kurs 10rb/$)
Bukan penjualan x harga jual= trus bisa langsung dibagi ama investment.
Itu belum diitung cost of investmentnya kan? Kalo asumsi cost of investmentnya 10% per tahun. bisa jadi lebih panjang tuh perkiraan BEPnya.
Kalo ane bilang sih bisa lewat dari 2 tahun, kan perlu budget promosi.
Kecuali budget promosi didapat dari subsidi silang tipe lain.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 407
- Joined: Tue May 01, 2007 7:58
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 889
- Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
- Location: Jakarta
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 889
- Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
- Location: Jakarta
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 178
- Joined: Sun Apr 22, 2007 16:50
Ya itukan kalo udah jadi Financial Statement. Kalo belum...gak tu sih apa udah dimasukkin, tergantung strategi masing2 investor.dion wrote:cost of investment bukannya sudah dikonversi jadi depresiasi di income statement? begitu juga dg biaya pemasaran, sudah pula masuk di opex.
Well yang ini kayaknya tergantung dengan jumlah sales yang mereka laporkan sih.Winata wrote:NISSAN juga mendapat keuntungan dari pencurian pajak. Soalnya mereka tidak melapor 100% semua pajak penjualan mereka. pasti ada pembohongan pajak. NMI itu ada konsultan pajaknya.
Sekali lagi menurut ane tergantung dari startegi masing2 investor, kalo mau keliatan investasi besar ya dimasukin.Winata wrote:investasi 60juta dollar AS sudah termasuk promosi2 dan kegiatan2 outdoor, training karyawan dan tentunya pendirian pabrik, robot dan lisensi.
Tapi biasanya yang disebut investasi adalah nilai uang yang ditanamkam sih. Emang uangnya bisa dipakai apa aja, misal promosi, kegiatan2, pendirian pabrik, dll.
Dulu pernah pegang beberapa investor, kalo investasi ya cuman uang yang ditanamkan saja.
Lainya itu termasuk cost, karena kalo dimasukin investasi katanya perhitungan taxnya jadi lain. CMIIW nih yang ahli tax.
Jadi promosi, kegiatan dan training karyawan masuk cost bukan investasi.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 407
- Joined: Tue May 01, 2007 7:58
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 238
- Joined: Sat Apr 14, 2007 4:44
Dari Oto.co.id
Yang buat gue heran and gak abis pikir, dengan permintaan yg diluar dugaan, kok NMI baru AKAN memberlakukan 2 shift produksi???? Kapan dapetnya tuh yang indent????Banjir Pesanan, Nissan Tak Gentar Dengan After Sales
Pesanan konsumen otomotif Indonesia untuk produk Nissan Grand Livina sudah mencapai angka 7000 unit.
Hingga Rabu malam (9/5), daftar pesanan konsumen otomotif Indonesia untuk produk Nissan Grand Livina sudah mencapai angka 7000 unit. Dari angka ini, sekitar 60% adalah MPV dengan mesin 1500 cc. â€Â60% nya ada di wilayah Jabodetabek,†tutur Teddy Irawan, Director Sales & Marketing PT. Nissan Motor Indonesia.
Tingginya pesanan MPV terbaru Nissan ini diakui Teddy sebagai hal yang diluar dugaan sebelumnya. Harapannya, sebagai produk baru, permintaan konsumen pada Grand Livina itu terjadi seperti halnya ketika ATPM mobil Nissan di Indonesia itu memperkenalkan Nissan X-Trail. â€ÂTernyata permintaannya belum bisa direm, kendati indennya sudah mencapai Desember 2007,†tuturnya.
Untuk dapat memenuhi inden konsumennya yang semakin panjang itu, ATPM mobil Nissan di Indonesia itu tengah mempersiapkan pabrik perakitannya di Karawang beroperasi dalam dua shift kerja. Namun ketika dikonfirmasi kapan pengoperasian dengan dua shift itu akan dilaksanakan, Teddy menyebutnya masih disiapkan pelaksanaannya.
Nissan Grand Livina dipasarkan di Indonesia dalam 7 variant. Tiga variant mengusung mesin 1500 cc ( SV 1.5 Manual, XV 1.5 Manual, dan XV 1.5 Automatik), serta 4 varian menggendong mesin 1800 cc (XV 1.8 manual, XV 1.8 automatik, ultimate 1.8 manual, dan Ultimate 1.8 automatik).
Kendati pesanannya terus mengalir deras, namun Teddy mengaku tidak gentar dengan masalah layanan purna jual Nissan. Sebab, untuk memback up penjualan Nissan itu, pihaknya terus melakukan pembenahan di soal jaringan purna jual. Bahkan sekarang telah memiliki 40 bengkel 3S di seluruh Indonesia.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 178
- Joined: Sun Apr 22, 2007 16:50
sukasuka_man wrote:Ya itukan kalo udah jadi Financial Statement. Kalo belum...gak tau sih apa udah dimasukkin, tergantung strategi masing2 investor.dion wrote:cost of investment bukannya sudah dikonversi jadi depresiasi di income statement? begitu juga dg biaya pemasaran, sudah pula masuk di opex.
Well yang ini kayaknya tergantung dengan jumlah sales yang mereka laporkan sih.Winata wrote:NISSAN juga mendapat keuntungan dari pencurian pajak. Soalnya mereka tidak melapor 100% semua pajak penjualan mereka. pasti ada pembohongan pajak. NMI itu ada konsultan pajaknya.
Sekali lagi menurut ane tergantung dari startegi masing2 investor, kalo mau keliatan investasi besar ya dimasukin.Winata wrote:investasi 60juta dollar AS sudah termasuk promosi2 dan kegiatan2 outdoor, training karyawan dan tentunya pendirian pabrik, robot dan lisensi.
Tapi biasanya yang disebut investasi adalah nilai uang yang ditanamkam sih. Emang uangnya bisa dipakai apa aja, misal promosi, kegiatan2, pendirian pabrik, dll.
Dulu pernah pegang beberapa investor, kalo investasi ya cuman uang yang ditanamkan saja.
Lainya itu termasuk cost, karena kalo dimasukin investasi katanya perhitungan taxnya jadi lain. CMIIW nih yang ahli tax.
Jadi promosi, kegiatan dan training karyawan masuk cost bukan investasi.
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Testimony dari milist tetangga
------------------
From: [cencored] XXXXXX
Sent: Sunday, May 13, 2007 10:39 PM
Subject: [nissan-livina] FW: Kontak Pelanggan - Pemesanan Livina
Friends,
Saya ingin sharing saja atas apa yang saya alami.
Saya indent 20 Maret dengan perkiraan rencana pengiriman akhir April dan hingga sekarang belum terima mobil.
Menjelang tanggal yang dijanjikan dan setelah tanggal tersebut tiap hari saya menghubungi Nissan (salesman & SPV). Pihak Nissan sempat bilang bahwa saya customer yang paling aktiv bertanya. Nggak masalah buat saya. Dan seperti yang dialami oleh rekan2 yang lain jawaban pihak Nissan beraneka alasan yang tidak jelas.
Saya kemudian mengirimkan email via http://www.nissan.co.id seperti dibawah ini pada hari Selasa pagi dan direspon Kamis malam (Jam 10 an).
Cukup cepat respon jawaban dari pihak Nissan mudah2an akan seperti itu terus, dan jawaban ini mungkin dapat menjawab pertanyaan rekan2 mengenai penyebab keterlambatan pengiriman.
Jumat pagi saya mendapat kabar bahwa DO saya akan keluar sore ini. Dan ternyata betul malamnya saya ditelepon bahwa DO sudah diterima dealer. Dijanjikan pengiriman sebelum hari rabu minggu ini. Tetapi dengan STNK yang belum selesai. Saya cukup bersyukur telah memiliki kepastian atas pesanan saya. Mudah2an menjadi kenyataan.
Walaupun kalau kita melihat dari sisi lain mungkin saja memang sudah waktunya bahwa saya akan mendapatkan giliran mobil. Tetapi dari sisi lain bisa saja karena complain maka saya lebih diperhatikan. Saya sendiri tidak tahu sebenarnya bagaimana, yang penting usaha semaksimal mungkin denga segala cara yang positif.
Adanya fasilitas complain, jawaban yang cepat serta mengena dan action yang cepat dari pihak Nissan atas complain menurut saya merupakan nilai plus bagi pihak Nissan. Semoga hal tersebut dapat terus dipertahankan Nissan di masa2 mendatang.
Untuk Nissan pesanan yang membludak atas Livina memang jauh diluar perkiraan (data terakhir Sabtu kemarin menurut salah satu salesman indent telah melebihi 6,000 unit). Sehingga Nisssan tidak siap dan terjadi beberapa kekacauan. Ini merupakan kekurangan Nissan yang harus dperbaiki agar tidak kehilangan kepercayaan customer. Mudah-mudahan dapat segera diperbaikai agar customer menjadi puas.
Oleh karena itu mungkin ada baiknya juga rekan2 mengirimkan complain ke website Nissan, rajin2 menghubungi salesman/SPV dan mudah2an dapat segera di respon oleh pihak Nissan.
Salam,
Jogi Ardana
Indent 1.5 XV MT.
------------------
From: [cencored] XXXXXX
Sent: Sunday, May 13, 2007 10:39 PM
Subject: [nissan-livina] FW: Kontak Pelanggan - Pemesanan Livina
Friends,
Saya ingin sharing saja atas apa yang saya alami.
Saya indent 20 Maret dengan perkiraan rencana pengiriman akhir April dan hingga sekarang belum terima mobil.
Menjelang tanggal yang dijanjikan dan setelah tanggal tersebut tiap hari saya menghubungi Nissan (salesman & SPV). Pihak Nissan sempat bilang bahwa saya customer yang paling aktiv bertanya. Nggak masalah buat saya. Dan seperti yang dialami oleh rekan2 yang lain jawaban pihak Nissan beraneka alasan yang tidak jelas.
Saya kemudian mengirimkan email via http://www.nissan.co.id seperti dibawah ini pada hari Selasa pagi dan direspon Kamis malam (Jam 10 an).
Cukup cepat respon jawaban dari pihak Nissan mudah2an akan seperti itu terus, dan jawaban ini mungkin dapat menjawab pertanyaan rekan2 mengenai penyebab keterlambatan pengiriman.
Jumat pagi saya mendapat kabar bahwa DO saya akan keluar sore ini. Dan ternyata betul malamnya saya ditelepon bahwa DO sudah diterima dealer. Dijanjikan pengiriman sebelum hari rabu minggu ini. Tetapi dengan STNK yang belum selesai. Saya cukup bersyukur telah memiliki kepastian atas pesanan saya. Mudah2an menjadi kenyataan.
Walaupun kalau kita melihat dari sisi lain mungkin saja memang sudah waktunya bahwa saya akan mendapatkan giliran mobil. Tetapi dari sisi lain bisa saja karena complain maka saya lebih diperhatikan. Saya sendiri tidak tahu sebenarnya bagaimana, yang penting usaha semaksimal mungkin denga segala cara yang positif.
Adanya fasilitas complain, jawaban yang cepat serta mengena dan action yang cepat dari pihak Nissan atas complain menurut saya merupakan nilai plus bagi pihak Nissan. Semoga hal tersebut dapat terus dipertahankan Nissan di masa2 mendatang.
Untuk Nissan pesanan yang membludak atas Livina memang jauh diluar perkiraan (data terakhir Sabtu kemarin menurut salah satu salesman indent telah melebihi 6,000 unit). Sehingga Nisssan tidak siap dan terjadi beberapa kekacauan. Ini merupakan kekurangan Nissan yang harus dperbaiki agar tidak kehilangan kepercayaan customer. Mudah-mudahan dapat segera diperbaikai agar customer menjadi puas.
Oleh karena itu mungkin ada baiknya juga rekan2 mengirimkan complain ke website Nissan, rajin2 menghubungi salesman/SPV dan mudah2an dapat segera di respon oleh pihak Nissan.
Salam,
Jogi Ardana
Indent 1.5 XV MT.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 889
- Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
- Location: Jakarta
Hehe kan uda dimasukin captiva, optra baru dan colorodo. Diskon sparepart lumayan gede juga semenjak ganti bosdion wrote:pada serius semua soalnya pada sebel nungguin mobilnya gakdateng2 he...he...he.
tahun 2007 mungkin milik nissan, yg agak aneh ini General Motor, meski sdh dipimpin orang lokal tapi kok masih adem ayem. coba buat gebrakan, facelift zafira CKD, bakal rame tuh
-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: Mon May 14, 2007 3:36
Livinaku sayang..
Livinaku sayang..
Walau orang banyak yang berang..
karena kau belum datang..
tapi aku tetap tenang..
karena kuyakin, kau kan kujelang..
bersama kekasihku tersayang..[quote][/quote]
Walau orang banyak yang berang..
karena kau belum datang..
tapi aku tetap tenang..
karena kuyakin, kau kan kujelang..
bersama kekasihku tersayang..[quote][/quote]
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1121
- Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03
Re: Livinaku sayang..
Hmm.. artinya belinya patungan pacar niih.. hehehhehe
Hanita GF wrote:Livinaku sayang..
Walau orang banyak yang berang..
karena kau belum datang..
tapi aku tetap tenang..
karena kuyakin, kau kan kujelang..
bersama kekasihku tersayang..
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: Mon May 14, 2007 3:36
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Another upset customer, yg bt soal indent GL
-----------
From: xxxxxxxxxxx
Sent: Monday, May 14, 2007 11:41 AM
Subject: [nissan-livina] Mundur karena ada kesalahan.
Btw, saya mau sharing lagi neh, abis kesel nggantung mulu..
Karena penasaran tadi saya telp lagi salesnya menanyakan status indent Grand Livina saya.
Hasilnya, jawaban yang diberikan bener2 bikin kaget. Katanya dari list distribusi yg dikirim dari Nissan Motor, unit saya diperkirakan delivery nya agustus.
Padahal saat indent mereka menjanjikan awal mei (meskipun ada kemungkinan menurut mereka akhir april sudah bisa keluar).
Menurut mereka ini mungkin ada kesalahan dari pihak Nissan, karena selain saya indent sebelum booming pemesanan, ada juga yang indent setelah saya jadwalnya berdasarkan list malah diperkirakan sebelum agustus.
Saya langsung komplen dan minta kendaraan tetap dikirim mei. Masalahnya saya sudah beberapa kali telp dia dan supervisornya tapi cuma dijawab belum ada kabar dan diminta bersabar. Padahal saya sudah minta ditanyakan oleh dealer ke NMI mengenai status indent saya, sehingga jika ada masalah dapat diketahui segera tanpa menunggu list distribusi yang dikirimkan oleh NMI.
Yang bikin tambah kesel adalah saya juga pernah 1x kirim email ke pak Ronny-NMI dan juga pernah 2x menanyakannya melalui ’kontak kami’ di webside NMI menanyakan status indent saya tapi tidak pernah mendapat jawaban. Tiba2 sekarang ternyata baru diketahui ada masalah. Itu juga saya ketahui karena saya telp sales ybs.
Sekali lagi saya kirim keluhan ke NMI dan minta dicarikan jalan keluar. Apapun alasannya karena ini kesalahan ini bukan pada saya, saya berharap dengan nama besar yg dimilikinya Nissan tetap menjaga komitmennya untuk terus menjaga kepuasan pelanggan.
Rgds,lex
-----------
From: xxxxxxxxxxx
Sent: Monday, May 14, 2007 11:41 AM
Subject: [nissan-livina] Mundur karena ada kesalahan.
Btw, saya mau sharing lagi neh, abis kesel nggantung mulu..
Karena penasaran tadi saya telp lagi salesnya menanyakan status indent Grand Livina saya.
Hasilnya, jawaban yang diberikan bener2 bikin kaget. Katanya dari list distribusi yg dikirim dari Nissan Motor, unit saya diperkirakan delivery nya agustus.
Padahal saat indent mereka menjanjikan awal mei (meskipun ada kemungkinan menurut mereka akhir april sudah bisa keluar).
Menurut mereka ini mungkin ada kesalahan dari pihak Nissan, karena selain saya indent sebelum booming pemesanan, ada juga yang indent setelah saya jadwalnya berdasarkan list malah diperkirakan sebelum agustus.
Saya langsung komplen dan minta kendaraan tetap dikirim mei. Masalahnya saya sudah beberapa kali telp dia dan supervisornya tapi cuma dijawab belum ada kabar dan diminta bersabar. Padahal saya sudah minta ditanyakan oleh dealer ke NMI mengenai status indent saya, sehingga jika ada masalah dapat diketahui segera tanpa menunggu list distribusi yang dikirimkan oleh NMI.
Yang bikin tambah kesel adalah saya juga pernah 1x kirim email ke pak Ronny-NMI dan juga pernah 2x menanyakannya melalui ’kontak kami’ di webside NMI menanyakan status indent saya tapi tidak pernah mendapat jawaban. Tiba2 sekarang ternyata baru diketahui ada masalah. Itu juga saya ketahui karena saya telp sales ybs.
Sekali lagi saya kirim keluhan ke NMI dan minta dicarikan jalan keluar. Apapun alasannya karena ini kesalahan ini bukan pada saya, saya berharap dengan nama besar yg dimilikinya Nissan tetap menjaga komitmennya untuk terus menjaga kepuasan pelanggan.
Rgds,lex
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 54
- Joined: Wed Apr 11, 2007 1:30