Pilih Mana Gan: Harrier vs Prado
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Sun May 28, 2017 9:21
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Mercedes
Pilih Mana Gan: Harrier vs Prado
Gan, mohon bantuan untuk pilih kedua mobil dibawah ini:
1. Harrier 2005 2.4 L Prem
2. Toyota Prado 2003 TX 2.7
Dilihat dari segala aspek teknis, resale value dan maintenance.
Thanks...
1. Harrier 2005 2.4 L Prem
2. Toyota Prado 2003 TX 2.7
Dilihat dari segala aspek teknis, resale value dan maintenance.
Thanks...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 597
- Joined: Thu Oct 13, 2016 22:42
Re: Pilih Mana Gan: Harrier vs Prado
resale value????? maksudnya ntar pas dijual lagi beberapa tahun setelah 2017 ini Om?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1550
- Joined: Sun Aug 26, 2012 12:36
- Location: Riau
Re: Pilih Mana Gan: Harrier vs Prado
Kalo kelas keknya lebih tinggi Prado , mesin juga lebih bertenaga .
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 125
- Joined: Wed Mar 08, 2017 13:46
- Location: Pekanbaru
- Daily Vehicle: Grandlivina
Re: Pilih Mana Gan: Harrier vs Prado
Pegang Prado deh.... Gimana pun masi ada embel embel Land Cruiser
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1072
- Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34
Re: Pilih Mana Gan: Harrier vs Prado
Harrier sih nyaman bener dan populasi nya lebih banyak
-
- SM Specialist
- Posts: 15602
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Pilih Mana Gan: Harrier vs Prado
Kalo resale value ya Harrier... Lebih populer.
Tapi kalo untuk mobil hobby Prado.
Gimana gimana Harrier itu gak bisa dibilang mobil hobi. Peruntukan nya tidak spesifik.
Sent from my 2014817 using Seraya Motor mobile app
Tapi kalo untuk mobil hobby Prado.
Gimana gimana Harrier itu gak bisa dibilang mobil hobi. Peruntukan nya tidak spesifik.
Sent from my 2014817 using Seraya Motor mobile app
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 760
- Joined: Sat Dec 08, 2012 10:14
Re: Pilih Mana Gan: Harrier vs Prado
Prado lebih tangguh, harrier lebih nyaman. Resale value prado bakal lebih bertahan, tapi harrier lebih liquid buat dijual. Tp harusnya sih udah bekas n tahun tua gitu resale value ga bakal jatuh2 bgt lagi dr harga sekarang.
If you can't stop thinking about it...buy it!!!
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 531
- Joined: Fri Feb 07, 2014 9:46
Re: Pilih Mana Gan: Harrier vs Prado
Dari aspek teknis, kalau perlu 4x4 jelas Prado. Prado mesin lebih besar tapi kayanya lebih berat ya. Buat saya personally sih lebih prefer Prado tapi cari yg diesel atau 4L.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 734
- Joined: Tue Sep 27, 2016 8:34
Re: Pilih Mana Gan: Harrier vs Prado
Secara mekanikal lebih complicated Prado karena 4WD & pasti lebih harsh ridenya (Ladder Frame), Harrier lebih kearah kenyamanan, kalau saya bilang seperti naik karpet terbang, jalan di jalanan rusak tetap nyaman, tapi harus dicek dashboardnya apakah retak2? & cek bagian kaki2nya karena suspensi yg nyaman membuat lupa kalau lewat jalanan jelek & berlubang jadi main terabas aja. Mesinnya OK kalau diisi pertamax turbo, saya rasa Prado bakal agak underpowered karena punya 2.7 Fortuner dirumah biasa2 aja(saya lebih prefer 2.4nya Harrier), apalagi Prado lebih berat dgn 4WDnya. Resale valuie? No idea. Sayang jual harrier
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1431
- Joined: Mon Nov 15, 2010 10:28
- Daily Vehicle: K24 RM3
Re: Pilih Mana Gan: Harrier vs Prado
Mending prado sih, walau udah lama tp modelnya enggak kalah ama model barunya.... kl harrier sih agak males liatnya kalo sekarang, lebih keren liat cx5/xtrail/crv... imo
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 289
- Joined: Sat May 02, 2015 18:58
Re: Pilih Mana Gan: Harrier vs Prado
dari aspek teknis sih prado menang karena setau saya 4wd. harrier lebih nyaman utk harian dan dipake dalam kota. kalo tujuannya utk dipake harian, jarang lewat jalan jelek, saya pegang harrier, masih kerasa premium crossovernya.
[2AR-FE] [L15B7] [2ZR-FE] [R18Z1] [L15A7]
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1091
- Joined: Mon Dec 28, 2015 18:55
- Location: JakartaBarat
Re: Pilih Mana Gan: Harrier vs Prado
prado itu jatoh banget harga seken nya, rv jg lebih nahan harrier, di thn yg sama pasti prado lebih jatoh rv nya
PM for any interest in JDM / ASEAN car parts & accs
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 760
- Joined: Sat Dec 08, 2012 10:14
Re: Pilih Mana Gan: Harrier vs Prado
Iya klo dari beli baru jual seken. Maksud ane, ini ts beli yg udah tahun tua yg udah nyungsep dibanding harga baru, tar dijual lagi ya ga turun2 amat, jd prado yg udah jatoh bgt rasanya ga turun lagi dibanding harrier, mari kita lihat 2-3 thn lagi
If you can't stop thinking about it...buy it!!!
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 288
- Joined: Tue May 15, 2012 6:35
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Dahon Speed
Re: Pilih Mana Gan: Harrier vs Prado
Pernah punya Prado persis tahun yang sama seperti yang TS bilang. Dipakai di wilayah Lampung, kesannya menurut saya enak kok, nyaman dan bantingannya tidak sekeras ladder frame pada umumnya. Ketinggian suspensi bisa disetel sama keras empuknya juga ada setelannya. Mesin Diesel, tarikannya juga yahud. Mesinnya juga halus, dibandingkan Mitsu Pajero, Prado jauh lebih halus getarannya, tapi memang tarikannya lebih mantap Pajero.
Harrier juga ada, tapi tahun 2009, masih dipakai sampai skrg, kalau dibandingkan Prado ya saya lebih prefer Prado ya, di atasnya buat saya pribadi lebih enak dan lebih all round, mau diajak maen kemana aja hayuk deh. Tapi memang maintenance lebih mudah Harrier ya.
Harrier juga ada, tapi tahun 2009, masih dipakai sampai skrg, kalau dibandingkan Prado ya saya lebih prefer Prado ya, di atasnya buat saya pribadi lebih enak dan lebih all round, mau diajak maen kemana aja hayuk deh. Tapi memang maintenance lebih mudah Harrier ya.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 520
- Joined: Thu Jan 12, 2017 2:11
Re: Pilih Mana Gan: Harrier vs Prado
prado for rough road, harrier for city usage
2011 Hyundai ix35
2001 BMW E39 530i
2001 BMW E39 530i
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 44
- Joined: Sat Apr 15, 2017 13:38
- Location: Indonesia
- Daily Vehicle: Bmw
Re: Pilih Mana Gan: Harrier vs Prado
Vote prado... Sy beberapa kali main k dealer nya banyak harrier yg bermasalah dengan maticnya dan suspensi...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 416
- Joined: Mon Apr 13, 2009 21:56
Re: Pilih Mana Gan: Harrier vs Prado
saya vote rado buat city atau off-road, contrary to popular believe prado suspensi nya lebih soft dari most SUV ladder frame, Pajero Sport dan Fortuner kalah jauh dibanding prado interm of suspension comfort. bahkan saking empuknya kalau bawa di atas 140 berasa limbung gak enak. Harrier high speed agak lebih mending, tapi comfort level sebenernya gak jauh antara dua2 nya. saya pernah pake harrier yang 300 G model tahun 2004 (yang bukan airs) beli di tahun 2009, kaki2 agak rewel setelah 2.5 tahun dan akhir nya di jual.
Prado saya ada 3 unit, RZJ120 dengan mesin 2.7L yang non-vvt-i, KDJ120 dengan mesin 3.0 D4D 1KD dan GRJ120 dengan mesin 4.0 vvt-i 1GR. so far extremely happy. yang Prado 4.0L jadi daily drive istri saya.
saran saya kalau bisa cari yang mesin diesel 3.0 1KD atau kalau ada 2.7L pilih yang mesin 2TR-FE (mesin fortuner) yang biasanya ada di model diatas tahun 2004. karena ada prado 2.7L juga mesin 2RZ-FE tapi underpower dan belum VVT-i. kalau bensin bukan concern paling enak yang model 4.0L, power dan torque nya pas dan fitur lengkap (ada airsus, coolbox, full electric seat, tri-zone aircon) dll tapi unit 4.0L ini langka banget, lebih lanka dari yang 3.0L diesel
kalau dapet yang diesel mentep juga, tinggal pake unichip atau dp chip ngebut langsung, solar juga irit.
Cheers
Prado saya ada 3 unit, RZJ120 dengan mesin 2.7L yang non-vvt-i, KDJ120 dengan mesin 3.0 D4D 1KD dan GRJ120 dengan mesin 4.0 vvt-i 1GR. so far extremely happy. yang Prado 4.0L jadi daily drive istri saya.
saran saya kalau bisa cari yang mesin diesel 3.0 1KD atau kalau ada 2.7L pilih yang mesin 2TR-FE (mesin fortuner) yang biasanya ada di model diatas tahun 2004. karena ada prado 2.7L juga mesin 2RZ-FE tapi underpower dan belum VVT-i. kalau bensin bukan concern paling enak yang model 4.0L, power dan torque nya pas dan fitur lengkap (ada airsus, coolbox, full electric seat, tri-zone aircon) dll tapi unit 4.0L ini langka banget, lebih lanka dari yang 3.0L diesel
kalau dapet yang diesel mentep juga, tinggal pake unichip atau dp chip ngebut langsung, solar juga irit.
Cheers
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1240
- Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32
Re: Pilih Mana Gan: Harrier vs Prado
Wah Om Agathos peternak prado nih sampe ada 3 unit dengan varian yang berbeda2. Menarik juga yah prado ini, mobil yang tangguh & cukup bergensi. Kalau boleh share dikit om khusus untuk yang varian diesel 1KD 3.0 ini, seperti: biaya maintenance, kemudahan sparepart & harga sparepart fast moving (juga slow moving yang sudah pernah ganti hingga saat ini pelihara), apakah bengkel resmi (seperti auto 2000, plaza toyota) bisa handel mobil ini, apakah bengkel non resmi juga banyak yang bisa handel? konsumsi bbm & apakah harus dex minumnya? pajak untuk unit dengan tahun yang om punya serta reliability serta kenyaman dari prado 1KD 3.0 ini, mengingat unit versi ini memang bisa dibilang langka (RV bisa makin jeblok atau malah sangat bertahan). Liat2 di situs on line unit 1 KD 3.0 ini keluar di tahun 2007 yah om dengan headlamp yang "double projector" (kalau tidak salah liat) ntah apa fungsinya tuh yang 1 projectornya lagi.
Ane pernah numpang prado versi bensin waktu business trip di China (lupa tahun pastinya tapi perkiraan tahun 2010/2011), suspensi sangat2 nyaman (mungkin pakai air suspension), jalan jelek semi off road di terabas dengan guncangan yang sangat minim sekali, jalan di highway juga stabil & sempat sentuh 160-180 kpj dengan cukup tenang (mengingat ini mobil jangkung dengan body roll yang pasti lumayan), ane sempat tegang di bangku belakang waktu high speed tapi lama2 jadi tenang juga & gak nyangka bahwa mobil segede gitu masih bisa speeding dengan tenang. satu hal yang ane gak suka (atau malah ini jadi ciri khas dari all unit prado yang masih dipertahankan hingga saat ini) yaitu bukaan pintu belakang yang seperti rush/terios dimana butuh space yang cukup besar untuk bisa membuka secara penuh + pintu yang lumayan berat untuk membukanya.
Ane pernah numpang prado versi bensin waktu business trip di China (lupa tahun pastinya tapi perkiraan tahun 2010/2011), suspensi sangat2 nyaman (mungkin pakai air suspension), jalan jelek semi off road di terabas dengan guncangan yang sangat minim sekali, jalan di highway juga stabil & sempat sentuh 160-180 kpj dengan cukup tenang (mengingat ini mobil jangkung dengan body roll yang pasti lumayan), ane sempat tegang di bangku belakang waktu high speed tapi lama2 jadi tenang juga & gak nyangka bahwa mobil segede gitu masih bisa speeding dengan tenang. satu hal yang ane gak suka (atau malah ini jadi ciri khas dari all unit prado yang masih dipertahankan hingga saat ini) yaitu bukaan pintu belakang yang seperti rush/terios dimana butuh space yang cukup besar untuk bisa membuka secara penuh + pintu yang lumayan berat untuk membukanya.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 416
- Joined: Mon Apr 13, 2009 21:56
Re: Pilih Mana Gan: Harrier vs Prado
Halo om,
Untuk Pajak Prado KDJ120 thn 03 kena 7.4jt om per tahun 2016 kemarin, 2017 belum jatuh tempo. Mobil dulu saya dapet dengan kondisi agak babak belur jadi mesti berbenah termasuk rebuild engine (karena ini akan jadi mobil harian bokap maka harus top condition). Rebuld kit beli di supplier parts toyota biasa banyak, kalau saya langgannan di Akian - Pasar Mobil Kemayoran. Parts engine bisa swap dengan parts punya hilux 1kd (beda parts number tapi sama barangnya) kalau beli set rebuild (gasket kit, ring piston, metal duduk + metal jalan) dari punya hilux 1kd jatuhnya sedikit lebih murah daripada asli parts prado kdj120 jepang (ikutin parts number asli). gasket kit engine kalau gak salah dulu 3jt an full set sudah. untuk fast moving parts kayak filter oli (bisa pakai punya 2kd), solar dan udara dan kanvas rem juga banyak, kanvas rem belakang sama punya vx100 sama harganya sekitra 500-600rb dan selalu ready pas ganti. untuk bengkel A2K bisa pegang tapi agak mahal, kalau saya bawa ke autoworks kuningan dulu dan sekarang ke autodyne pasar baru yang memang spesialis LC.
bahan bakar KDJ120 dalkot 1:6.5 kalau macet parah dan luar kota bisa 1:9 tergantung kaki. So far sih pegang 3 tahun reliable apalagi setelah bawa ke autodyne, kemarin altenator semepet masalah bawah ke galeri altenator radio dalam beres masalah.
bahan bakar saya selalu pakai dex karen amesin uda d4d, benerin injecotor dan pompa lebih mahal dibanding isi dex buat saya hahaha.
prado 120 series terkhir produksi di 2009 sebelum ganti ke150 series yah dan setau saya yang pakai projector itu aftermarket pasi karen 120 gak pernah dibekalin dengan projector dari factory. untuk airsus, hanya pakai di versi paling atas TZ untuk jepang atau VX Grande yang aussie itu pun hanya ada di gardan belakang, gardan depan tidak pakai. Saya di KDJ120 dan GRJ120 saya copot karena ribed, enakan pakai per dan shock biasa lebih reliable.
penyakit utama 120 series itu interior dashbord pecah2 katyak harrier, tapi sekarang uda banyak yang bisa service under 3jt di jakarta. kalau ganti baru kena 14jt karena saya yang GRJ baru aja ganti.
suspensi prado 120 sebenernya wallowy atau terlalu empuk aslinya saya kurang suka, enak kombinasi pakai per old man emu dan shock fox atau ironman tapi agak mahal ini
satu lagi yang saya happy dengan prado adalah airbagnya ada 7 (depan kiri kanan, curtain depan, curtain belakang dan di jok pengumdi) untuk versi GRJ dan RZJ saya jadi berasa safe untuk family juga.
resale value saya gak terlalu mikirin jujur karena ini mobil untuk pakai lama (dan mobilnya di build to last juga), saya ada 105 LC udah 10 tahun sama saya hahahahah
hope this helps om.
Cheers
Untuk Pajak Prado KDJ120 thn 03 kena 7.4jt om per tahun 2016 kemarin, 2017 belum jatuh tempo. Mobil dulu saya dapet dengan kondisi agak babak belur jadi mesti berbenah termasuk rebuild engine (karena ini akan jadi mobil harian bokap maka harus top condition). Rebuld kit beli di supplier parts toyota biasa banyak, kalau saya langgannan di Akian - Pasar Mobil Kemayoran. Parts engine bisa swap dengan parts punya hilux 1kd (beda parts number tapi sama barangnya) kalau beli set rebuild (gasket kit, ring piston, metal duduk + metal jalan) dari punya hilux 1kd jatuhnya sedikit lebih murah daripada asli parts prado kdj120 jepang (ikutin parts number asli). gasket kit engine kalau gak salah dulu 3jt an full set sudah. untuk fast moving parts kayak filter oli (bisa pakai punya 2kd), solar dan udara dan kanvas rem juga banyak, kanvas rem belakang sama punya vx100 sama harganya sekitra 500-600rb dan selalu ready pas ganti. untuk bengkel A2K bisa pegang tapi agak mahal, kalau saya bawa ke autoworks kuningan dulu dan sekarang ke autodyne pasar baru yang memang spesialis LC.
bahan bakar KDJ120 dalkot 1:6.5 kalau macet parah dan luar kota bisa 1:9 tergantung kaki. So far sih pegang 3 tahun reliable apalagi setelah bawa ke autodyne, kemarin altenator semepet masalah bawah ke galeri altenator radio dalam beres masalah.
bahan bakar saya selalu pakai dex karen amesin uda d4d, benerin injecotor dan pompa lebih mahal dibanding isi dex buat saya hahaha.
prado 120 series terkhir produksi di 2009 sebelum ganti ke150 series yah dan setau saya yang pakai projector itu aftermarket pasi karen 120 gak pernah dibekalin dengan projector dari factory. untuk airsus, hanya pakai di versi paling atas TZ untuk jepang atau VX Grande yang aussie itu pun hanya ada di gardan belakang, gardan depan tidak pakai. Saya di KDJ120 dan GRJ120 saya copot karena ribed, enakan pakai per dan shock biasa lebih reliable.
penyakit utama 120 series itu interior dashbord pecah2 katyak harrier, tapi sekarang uda banyak yang bisa service under 3jt di jakarta. kalau ganti baru kena 14jt karena saya yang GRJ baru aja ganti.
suspensi prado 120 sebenernya wallowy atau terlalu empuk aslinya saya kurang suka, enak kombinasi pakai per old man emu dan shock fox atau ironman tapi agak mahal ini
satu lagi yang saya happy dengan prado adalah airbagnya ada 7 (depan kiri kanan, curtain depan, curtain belakang dan di jok pengumdi) untuk versi GRJ dan RZJ saya jadi berasa safe untuk family juga.
resale value saya gak terlalu mikirin jujur karena ini mobil untuk pakai lama (dan mobilnya di build to last juga), saya ada 105 LC udah 10 tahun sama saya hahahahah
hope this helps om.
Cheers
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1240
- Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32
Re: Pilih Mana Gan: Harrier vs Prado
Wah many thanks om Agathos untuk sharing pradonya, cukup detail penjelasannya, ternyata part jeroan masih bisa sharing/swap dengan 1KD hilux yah, cuman kalau asli parts prado kdj120 jepang (ikutin parts number asli) harganya beti sih yah mending part asli kali yah om (gak tau nih betinya seberapa/kalau sudah sampai belasan juta sih mending pakai part 1KD hilux).
Untuk pajak (7,4 juta) ternyata masih lumayan untuk mobil umur 2003, mungkin karena double gardan alias 4x4. Semoga awet pradonya yah om, nanti di share lagi setelah long term ownership, kita liat sampai dimana ketangguhan seekor landcruiser prado ini. Ane sih naksir juga buat gantiin forty yang sudah bosen pakainya (tapi masih tetap tangguh & perawatan mudah), semoga nanti kesampaian kalau sudah siap dana & mental (belum pernah pelihara double gardan selama ini)
Untuk pajak (7,4 juta) ternyata masih lumayan untuk mobil umur 2003, mungkin karena double gardan alias 4x4. Semoga awet pradonya yah om, nanti di share lagi setelah long term ownership, kita liat sampai dimana ketangguhan seekor landcruiser prado ini. Ane sih naksir juga buat gantiin forty yang sudah bosen pakainya (tapi masih tetap tangguh & perawatan mudah), semoga nanti kesampaian kalau sudah siap dana & mental (belum pernah pelihara double gardan selama ini)
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 149
- Joined: Tue Nov 04, 2014 9:40
Re: Pilih Mana Gan: Harrier vs Prado
Ninggal jejak dulu, ada rencana ambil prado.
Thx atas referensinya
Sent from my iPhone using Tapatalk
Thx atas referensinya
Sent from my iPhone using Tapatalk
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 416
- Joined: Mon Apr 13, 2009 21:56
Re: Pilih Mana Gan: Harrier vs Prado
Siapp om Mudah2an ketemu jodoh prado nya hahahha. Prado tahun 2006 yang 2.7 udah di bawah 300jt juga kalau gak salah. Dan pajak 2.7L 5-6jt lebih murah.benzz89 wrote: ↑Thu Jun 29, 2017 12:31 Wah many thanks om Agathos untuk sharing pradonya, cukup detail penjelasannya, ternyata part jeroan masih bisa sharing/swap dengan 1KD hilux yah, cuman kalau asli parts prado kdj120 jepang (ikutin parts number asli) harganya beti sih yah mending part asli kali yah om (gak tau nih betinya seberapa/kalau sudah sampai belasan juta sih mending pakai part 1KD hilux).
Untuk pajak (7,4 juta) ternyata masih lumayan untuk mobil umur 2003, mungkin karena double gardan alias 4x4. Semoga awet pradonya yah om, nanti di share lagi setelah long term ownership, kita liat sampai dimana ketangguhan seekor landcruiser prado ini. Ane sih naksir juga buat gantiin forty yang sudah bosen pakainya (tapi masih tetap tangguh & perawatan mudah), semoga nanti kesampaian kalau sudah siap dana & mental (belum pernah pelihara double gardan selama ini)
Oh iya kaki2 sama juga dengan hi-lux, tie-rod asli kena 1.8jt pakai hi lux 750rb hahahah, cv boot juga pakai hi lux 600rb (abis cek bon2 servis hahaha)