Misi suhu2 semua .. boleh minta saran nya udah seminggu ini ane puyeng
Kronologi :
Mobil Mitsubishi Grandis Thn 2007
Kondisi standar , tanpa modif apapun , All engine dan electrical semua normal tanpa ada kendala .
Suatu pagi , sebelum ane nyalain manasin mobil .. Krn lagi libur .. ane bersihin bagian mesin , dgn bahan spon dan sabun degreaser mobil (model semprot) , air semprot model semprotan rambut (agar tdk menggunakan selang air yg dikhawatirkan bs bikin konslet bagian electrical)
Dgn semangat agar kinclong , bagian2 soket electrical ane bungkus pake kresek dan karet2 .. lalu ane semprot degreaser ane kuas dan spon ..lalu semprot pake air yg model semprotan cukur rambut ) lalu ane keringkan pake kanebo .. setelah semua beres .. ane jemur bagian mesin menghadap matahari berharap utk kering total ..
Setelah 2 jam .. ane kontak kunci , dan tralaaaa..
All Indikator di SPEEDOMETER Ga ada Yg HIDUP / MATI Semua
Ane coba nyalakan mesin .. HIDUP ..
Lalu ane coba CAS AKI , hingga malam, lalu besok nya ane pasang lagi .. Tetep Ga Nyala ..
2 hari berikut nya .. ane coba pinjem OBD2 temen .. dan keluarlah KODE
U1108 - Meter TimeOut
P0622 - Generator Fault
Alhasil ... ane coba bawa mobil ke Mitsubishi terdekat , jarak hanya 2 KM Dr rumah ( depan Komplek )
Sampai di BeReS Mitsu, begitu di kasi kunci ke kepala mekanik , di tes .. Mesin Tidak Mau HIDUP .. OOO NOO..
10 menit yg lalu masih normal mesin nya.. sampai BeRes Mati ga mau nyala ... di Cek AKI ternyata Habis (Drop) .
Lalu mobil di jumper Aki , dan nyala ,lalu cek Alternator, dan Alternator ga mau ngisi .. Hore Alternator nya Kena deh .. lalu ane minta copot Alternator dan ane cari ganti nya .. dapat copotan , dan dipasanh lagi .. ternyata .. Ga NGISI juga Aki nya ,. Lalu ane bawa 2 Alternator ke tukang Alternator .. woow .. ternyata Alternator HIDUP .. #PUYENG#
Ane bawa pulang aja mobil ke rumah ...utk ane cek sendiri (modal tester ) ..
Lalu ane cek semua fuse dan telah di mesin dan di kabin ... semua ane cabut ,dan ukur .. ternyata semua bagus ..
Ane cek kabel2 secara visual ga ada yg putus (digigit tikus) lalu ane coba angkat Speedometer dan ukur konektor nya .. jika ane ACC atau ON ada Voltase masuk , hmm .. ane coba bongkar Daleman Speedometer berharap lihat ada jalur PCB yg putus atau crack , ternyata pun tidak ada ..
Lalu ane cek massa (Earth) mobil (belum semua bagian ane cek ).. Oke ..
Ditemukan juga lampu indikator gear automatic di tuas, lampu lighter, dan lampu asbak , MATI,.. tp lampu2 yg lain nyala (lampu kabin plafon dll) . Ane coba ganti lampu nya tetep mati juga .. biasanya begitu tuas lampu posisi lampu sore .. semua lampu tsb nyala .. ini Mati .
Lalu ane coba suntik 2kabel ke arah lampu tsb , 1 wire hijau putih (+) , 1 wire Hijau Ungu ( -) .. ane nyalain lampu sore ternyata ga masuk (-) nya .. artinya Ground nya putus . Ane coba pake Ground Body langsung . Dan ternyata NYALA
Setelah ane baca2 di forum2 luar .. ternyata ada kaitannya antara Combination Meter MATI dgn Alternator Mati , Krn ada lampu pengisian aki yg terhubung Langung dgn Alternator sebagai triger utk menyalakan Alternator . ( apa IYA YA ??) mungkin security mobil ya.. apabila indikator mati maka alternatif dibuat tdk ngisi (putus) sehingga mobil tdk boleh jalan (asumsi ane)
Pertanyaannya :
Dimanakah letak kesalahan semua ini ?
1. Kenapa Meter Combination Mati , apakah akibat cuci mesin terjadi konslet ? Dimanakah letak konslet nya
2. Apakah berkaitan Meter Combination dan Alternator?
3. Apakah Sistem Kelistrikan nya mengaktifkan Earth (Ground) ?
4. Apakah berkaitan dgn Collum Switch ( tuas lampu ?
5. Apakah ada Ground yg putus ?
Speedometer belum ane coba tes di.mobil yg lain ,.. masih penasaran cari penyebab mati nya .
Sori kepanjangan .. mudah2an bs dapat pencerahan dari suhu2 semua disini ..
Regard.
GrandisHB