Ladder frame vs monokok dan efisiensi

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

ahmad88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 301
Joined: Sat Aug 01, 2009 19:38

Ladder frame vs monokok dan efisiensi

Post by ahmad88 »

Artikel di kompas

http://otomotif.kompas.com/read/2017/05 ... e.terancam
“LCEV itu kan masalah efisiensi dan karbon, efisiensi mobil (rakitan lokal) kita enggak ada yang lulus semuanya, yang akan lulus monokok. Bukan Toyota saja, Suzuki dan Mitsubishi juga masih ada yang pakai ladder frame,” ucap Johnny, di Jakarta, Sabtu (29/4/2017).
Saya bingung dengan bapak ini, dia lupa kali kalo toyota jualan Tundra di US dan lolos California emission standard. Jadi apa hubungannya antara ladder frame dan monokok? apa ini edukasi dari dia karena jualan mobil asal2an (asal jalan, asal hidup), sudah keder dngan lapak sebelah (honda - indo, all monocoque)?

Bagaimana menurut suhu SM, efek chasis terhadap carbon emission? (tuh bus2 europa ama turk2nya kan LF semua, kok ya pada jalan disana?)
ween
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1355
Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
Location: jkt

Re: Ladder frame vs monokok dan efisiensi

Post by ween »

Motor, Bus & truk punya standar yg berbeda dgn mobil penumpang, walaupun judulnya sama2 euro5 atau euro6.....bahkan mesin bensin & diesel juga udah beda standar emisinya.....

Lalu jgn lupa, sebagus apapun teknologi mobilnya untuk low emission, tapi kalau bbm yg dipakai tidak mendukung, hasilnya sami mawonlah....

Masalah ladder frame atau tidak itu memang mempengaruhi....tetapi tidak terlalu signifikan.....yg jadi masalah itu enginenya......kebanyakan mobil ladder frame terutama yg niaga, dikasih engine jadul.....yg bisa dibilang pas2an lulus euro2.....di modif seperti apapun menurut ane mustahil bisa ngejar sampai euro5 atau 6
ahmad88 wrote: Sat May 13, 2017 3:25 apa ini edukasi dari dia karena jualan mobil asal2an (asal jalan, asal hidup), sudah keder dngan lapak sebelah (honda - indo, all monocoque)?
Sebetulnya toyota juga punya line up yg setara dgn honda.....sebut saja chr/urban cruiser vs hrv, rav4 vs crv, dll.....tapi masalahnya tam/tmmin sudah invest banyak untuk produksi engine & mobil2 seperti rushter, innova, fortuner dll
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Ladder frame vs monokok dan efisiensi

Post by coklatMetalik »

Honda indo monokok semua hanya kebetulan sj krn dia tdk dagang pickup
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
User avatar
mobilover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 859
Joined: Mon Jul 15, 2013 2:40

Re: Ladder frame vs monokok dan efisiensi

Post by mobilover »

Si jhonny bukannya ud resign dari toyota y? Kalau dr statement dia sih maksudnya kalau yg rakitan lokal alias CKD terutama yg ladder frame ga bs lolos aturan low emission karena masalah spek mesin. Kl yg monokok kan banyak yg part mesinnya masih impor biarpun udah ckd, contoh mesin turbo honda, mesin bmw, mercy, dll.

Kalau mau ngubah ke euro 4 dan low emission regulation, pabrikan yg ud invest gede di mesin euro 2 seperti toyota, mitsubishi, suzuki, isuzu harus invest besar lagi untuk modifikasi pabrik, itu yg dikomplain sama jhonny sepertinya. Tapi kalau ga ngikut ke euro 4, pabrikan mobil di indo ga bs jualan ekspor secara negara lain udah euro 4 semua. Untuk long term, lebih baik kita ikut standar global daripada pake standar lokal yg rendah.
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: Ladder frame vs monokok dan efisiensi

Post by NYoman »

BUkan nya kelas Thundra atau Tacoma sudah EUROIV Compliment dengan spek E85?
Masalah emisi tidak ada kaitannya dengan lader frame ataupun monocoque, berat iya, tapi juga kalau memang mesin nya mampu lolos test juga sebetulnya gak masalah.. Contoh mesin tua yanng sudah EUROIV di Indonesia, 2KD-FTV(Lo) yang disini downgrade jadi EURO II yang di India Compliment BSIV atau setara EUROIV.. Artinya cuma masalah spek saja, bukan dari sasis..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Ladder frame vs monokok dan efisiensi

Post by Herman7103 »

Menurut hemat saya Trend kedepan utk city car, LMPV,, MPV, Crossover serta SUV memang ke arah Monokok untuk kejar efficiency baik bahan bakar, emisi gas buang biar goreng Green dan ngurangi polusi udara di kota kota besar. Mind set bahwa ladder frame lbh kuat dari Monokok saat ada kecelakaan adalah pikiran dekade lalu krn kenyataan nya kalau ada accident mau mobil Ladderframe atau monokok orang yang didalam mobil tetap ada kemungkinan cedera ringan atau parah bahkan kehilangan nyawa. Baru kemaren baca kalau gak salah kecelakaan mobil jenis ladderframe yg menyebabkan korban jiwa.

Sent from my Redmi Note 3 using Seraya Motor mobile app

:glodak:
HR15DE 2014
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: RE: Re: Ladder frame vs monokok dan efisiensi

Post by Herman7103 »

Herman7103 wrote:Menurut hemat saya Trend kedepan utk city car, LMPV,, MPV, Crossover serta SUV memang ke arah Monokok untuk kejar efficiency baik bahan bakar, emisi gas buang biar goreng Green dan ngurangi polusi udara di kota kota besar. Mind set bahwa ladder frame lbh kuat dari Monokok saat ada kecelakaan adalah pikiran dekade lalu krn kenyataan nya kalau ada accident mau mobil Ladderframe atau monokok orang yang didalam mobil tetap ada kemungkinan cedera ringan atau parah bahkan kehilangan nyawa. Baru kemaren baca kalau gak salah kecelakaan mobil jenis ladderframe yg menyebabkan korban jiwa.

Sent from my Redmi Note 3 using Seraya Motor mobile app
Sorry maksud saya go Green bukan goreng Green..

Sent from my Redmi Note 3 using Seraya Motor mobile app

:glodak:
HR15DE 2014
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ladder frame vs monokok dan efisiensi

Post by Turboman »

di US Toyo jualan
- Tacoma
- 4 runner
- Tundra
- LC Prado
LC 200

3 big US juga byk bikin kend ladder frame
* Bukan ajakan Beli *
ahmad88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 301
Joined: Sat Aug 01, 2009 19:38

Re: Ladder frame vs monokok dan efisiensi

Post by ahmad88 »

Turboman wrote: Sat May 13, 2017 5:25 di US Toyo jualan
- Tacoma
- 4 runner
- Tundra
- LC Prado
LC 200

3 big US juga byk bikin kend ladder frame
:big_exellent: baru mau beli ladder frame sebiji sdh di black campaign ama johnny. gw lagi pesan ANPS 4x4 CKD, yang ini sih gak EURO 4 compliance? tapi kalo di isi dex trs kayaknya better bukan? maksudnya secara emisi, gak jadi cumi2.
mr_mytplx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1327
Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17

Re: Ladder frame vs monokok dan efisiensi

Post by mr_mytplx »

ahmad88 wrote: Sat May 13, 2017 6:06
Turboman wrote: Sat May 13, 2017 5:25 di US Toyo jualan
- Tacoma
- 4 runner
- Tundra
- LC Prado
LC 200

3 big US juga byk bikin kend ladder frame
:big_exellent: baru mau beli ladder frame sebiji sdh di black campaign ama johnny. gw lagi pesan ANPS 4x4 CKD, yang ini sih gak EURO 4 compliance? tapi kalo di isi dex trs kayaknya better bukan? maksudnya secara emisi, gak jadi cumi2.
haha. ada2 aja om johny ini. standard EURO kan kaitannya dengan emisi mobil bukan dengan sasis mobil.

udah buka bookingan bro ANPS 4x4 CKD nya? produksi mulai kapan? ada bocoran fitur2 tambahan apa aja bro? info pls.
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: Ladder frame vs monokok dan efisiensi

Post by jivos »

Spt dsbt om diatas....Penggunaan type chasis ...ngga ada kaitannya dg emisi buang.
Mungkin dia nangkepnya...krn ladder byk pk diesel solar......dianggap emisi lbh kotor.

Utk safety...lbh mudah m'gabungkan crumple zone area k dlm monokok bodyshell di banding si ladder.

Lainnya mungkin dah d sbt di trit" yg bahas ladder vs mono. lihat sepintas ...mbl monokok lbh cocok utk daily, luxury, ato yg sport orientasi. Ladder lbh cocok buat komersial ato heavyduty.

Akhirnya balik lg k tujuan bli mbl nya buat di pake apa....
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ladder frame vs monokok dan efisiensi

Post by Turboman »

kalo bicara emisi CO2 ya biasanya mobil makin ringan emisi CO2 nya makin kecil......jika sama2 mesin motor bakar dan jenis BBM nya sama

lalu scr umum emisi CO2 mesin Diesel lebih kecil drpd mesin bensin dgn output yg sama

Nah kalo nanti pajak penjualan dan STNK pake perhitungan emisi CO2 maka yg diuntungkan mesin

- Diesel
- Bensin cc kecil + Turbo
- Hybrid

Jadi jangan ada lagi pajak stupid mobil hybrid dihitung 2 mesin, itung based on CO2 emissionnya donk
* Bukan ajakan Beli *
silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 794
Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47

Re: Ladder frame vs monokok dan efisiensi

Post by silentIm2 »

Ya mudah2an dengan pemerintah menggodok LCEV, zero emission vehicle juga bisa dimasukin.Jadi mobil listrik bisa dijual di Indonesia.

Selama ini zero emission vehicle cuma ada 3, sepeda gowes, becak, dan dokar.

Sent from my ASUS_X008DA using Seraya Motor mobile app

Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
Zaxis
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1214
Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34

Re: Ladder frame vs monokok dan efisiensi

Post by Zaxis »

Mungkin maksud nya rombongan mobil niaga L300 carry panther itu kan ladder frame semua
Jd ga bakal lolos euro 4 secara teknologi nya dr jaman purba
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: RE: Re: Ladder frame vs monokok dan efisiensi

Post by Herman7103 »

Turboman wrote:kalo bicara emisi CO2 ya biasanya mobil makin ringan emisi CO2 nya makin kecil......jika sama2 mesin motor bakar dan jenis BBM nya sama

lalu scr umum emisi CO2 mesin Diesel lebih kecil drpd mesin bensin dgn output yg sama

Nah kalo nanti pajak penjualan dan STNK pake perhitungan emisi CO2 maka yg diuntungkan mesin

- Diesel
- Bensin cc kecil + Turbo
- Hybrid

Jadi jangan ada lagi pajak stupid mobil hybrid dihitung 2 mesin, itung based on CO2 emissionnya donk
Saya se7 dgn Om Turbo makin ringan mobil makin kecil emisi gas buang yg menyebabkan polusi. Standar emisi gas buang yang ketat menyebabkan VW perusahaan otomotif dgn penjualan terbesar di dunia tahun lalu, yg notabene dari Eropa serta BMW dan Mercedes-Benz banyak mengeluarkan produk yg hrs compliance aturan tsb yang saya yakin akan jadi Trend setter product otomotif ke depannya. Utk US Market dibawah kepemimpinan Trump kayaknya bertolak belakang dgn masa Obama.

Sent from my Redmi Note 3 using Seraya Motor mobile app

:glodak:
HR15DE 2014
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3209
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Ladder frame vs monokok dan efisiensi

Post by walid_007 »

Saat mobil monokok sudah berasa "ampas" naik an ny, mobil lader masi hening dan lembut

Jalan an di indo lebih cocok ladder , kec kota2 yg halus aspalny (klo surabaya kasar)
engine roaring!
racho
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 418
Joined: Fri Dec 28, 2012 22:59
Location: CID +6221
Daily Vehicle: Kawa EX650E

Re: Ladder frame vs monokok dan efisiensi

Post by racho »

ini yang dibahas kan LCEV, bukan Euro II atau IV kan?
Euro bukannya gak ngatur emisi CO2 ya? yang diatur PM, CO, NOx, HC, n racun2 lainnya...

LCEV bakal lebih susah buat ladder frame karena hampir pasti lebih berat dari monocoque sekelas, kecuali kalo laddernya dari besi, bodi lainnya pake almu+carbon fibre ato dikasi mesin hybrid/ev.

kalo soal konversi Euro II ke Euro IV sih gampang. tinggal pasang EGR, Catalytic Converter tiga fase, VVT in-ex, dan tune ECU. kalo diesel tambah DPF. cuma jadi mahal. wajar kalo pabrikan selalu bilang 'gampang' tapi ogah-ogahan.

Mesin grandong ane udah dari tahun 2002. di EU udah Euro-IV, masuk sini dipreteli... Cat ilang atu, post-cat O2 sensor raib, EGR raib. voila, jadilah spek mesin Euro-II...
The Government wants Power! They rob it from our engines.

EX650E '12 | NA4W '08 | CBA-RJ1 '08 | CBA-YA5 '09
User avatar
Mozawa
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 781
Joined: Thu Jan 01, 2009 17:47

Re: Ladder frame vs monokok dan efisiensi

Post by Mozawa »

ladderframe identik dgn mobil berat, dan besar...juga untuk angkutan berat...

mungkin yg dimaksud lcev itu mobil dgn cc diatas lgcc sampai 2000 cc atau diatasnya, tapi gak besar2 banget ccnya..

kedepan seiring dgn pemanasan global , rasanya cc besar hanya untuk kalangan orang kaya atau hobbies saja......
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
ahmad88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 301
Joined: Sat Aug 01, 2009 19:38

Re: Ladder frame vs monokok dan efisiensi

Post by ahmad88 »

mr_mytplx wrote: Sat May 13, 2017 8:10
ahmad88 wrote: Sat May 13, 2017 6:06
Turboman wrote: Sat May 13, 2017 5:25 di US Toyo jualan
- Tacoma
- 4 runner
- Tundra
- LC Prado
LC 200

3 big US juga byk bikin kend ladder frame
:big_exellent: baru mau beli ladder frame sebiji sdh di black campaign ama johnny. gw lagi pesan ANPS 4x4 CKD, yang ini sih gak EURO 4 compliance? tapi kalo di isi dex trs kayaknya better bukan? maksudnya secara emisi, gak jadi cumi2.
haha. ada2 aja om johny ini. standard EURO kan kaitannya dengan emisi mobil bukan dengan sasis mobil.

udah buka bookingan bro ANPS 4x4 CKD nya? produksi mulai kapan? ada bocoran fitur2 tambahan apa aja bro? info pls.
sudah boleh gan, estimasi harga 684jt. spec seperti ultimate + sunroof. kmrin prototype sdh dipajang di iims.

klo di spk saya klo gak da sunroof spk batal :).
karlmantowi
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 252
Joined: Thu Apr 27, 2017 13:41
Location: JKT
Daily Vehicle: B101S..

Re: Ladder frame vs monokok dan efisiensi

Post by karlmantowi »

kita ini diindonesia org2nya ya seperti ini, sangat amat cepat membuat pendapat atas info yg sedemikian singkatnya.
saya yakin tidak ada dari org2 diatas yg response atas pernyataan jhonny itu hadir disana dan mendengar dgn lengkap atau menanyakan langsung pengertian ia menyatakan itu.

padahal ia adalah mantan org atas astra berthn2 lamanya dan kita tau astra bukan perusahaan abal2. hanya yg berkompeten yang akan ada dipucuk perusahaan apalagi jhonny ini berthn2 lamanya.
dari data dan fakta itu saja, harusnya kita bisa lebih humble, lebih mencoba cari tau. jgn agresif, tidak sabaran dan gegabah dalam buat konklusi.


mari lebih sabar dan utamakan humility. jgn merasa diri paling tau dan benar dan org lain tidak atau kurang tau dari kita. maka kita akan menjadi dgn negara yg bisa bersaing secara produktif, efisien juga efektif.
gilaasepeda
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 218
Joined: Wed Aug 13, 2014 16:18

Re: Ladder frame vs monokok dan efisiensi

Post by gilaasepeda »

Turboman wrote: Sat May 13, 2017 9:05 kalo bicara emisi CO2 ya biasanya mobil makin ringan emisi CO2 nya makin kecil......jika sama2 mesin motor bakar dan jenis BBM nya sama

lalu scr umum emisi CO2 mesin Diesel lebih kecil drpd mesin bensin dgn output yg sama

Nah kalo nanti pajak penjualan dan STNK pake perhitungan emisi CO2 maka yg diuntungkan mesin

- Diesel
- Bensin cc kecil + Turbo
- Hybrid

Jadi jangan ada lagi pajak stupid mobil hybrid dihitung 2 mesin, itung based on CO2 emissionnya donk
Ane rasa kalo di ubah dari engine capicity ===>> emisi bukan nya akan mengurangi pemasukan ??? Betul sich kalo bedasarkan emisi .... pick up inova crysta / fortuner 1 gd bs berkembang dan bensin hybird jg akan mengalami kenaikan cmn kalo transportasi umumnya masing ada angkot bkn nya akan macet parah ..........
User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35

Re: Ladder frame vs monokok dan efisiensi

Post by daftar »

Saya pernah baca tulisan dari om NR sama seorang member lain yg dapat bocoran dari TMC, innova generasi berikutnya pakai monokok. gitu aja.
Sebenernya mobil monokok FWD lebih hemat biaya pembuatannya
:ngacir:
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Ladder frame vs monokok dan efisiensi

Post by coklatMetalik »

daftar wrote: Sun May 14, 2017 8:04 Saya pernah baca tulisan dari om NR sama seorang member lain yg dapat bocoran dari TMC, innova generasi berikutnya pakai monokok. gitu aja.
Sebenernya mobil monokok FWD lebih hemat biaya pembuatannya
Wah kalo bener pake monokok, berarti bener makin lama innova makin ilang rasa Kijangnya
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
ahmad88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 301
Joined: Sat Aug 01, 2009 19:38

Re: Ladder frame vs monokok dan efisiensi

Post by ahmad88 »

karlmantowi wrote: Sun May 14, 2017 5:42 kita ini diindonesia org2nya ya seperti ini, sangat amat cepat membuat pendapat atas info yg sedemikian singkatnya.
saya yakin tidak ada dari org2 diatas yg response atas pernyataan jhonny itu hadir disana dan mendengar dgn lengkap atau menanyakan langsung pengertian ia menyatakan itu.

padahal ia adalah mantan org atas astra berthn2 lamanya dan kita tau astra bukan perusahaan abal2. hanya yg berkompeten yang akan ada dipucuk perusahaan apalagi jhonny ini berthn2 lamanya.
dari data dan fakta itu saja, harusnya kita bisa lebih humble, lebih mencoba cari tau. jgn agresif, tidak sabaran dan gegabah dalam buat konklusi.

mari lebih sabar dan utamakan humility. jgn merasa diri paling tau dan benar dan org lain tidak atau kurang tau dari kita. maka kita akan menjadi dgn negara yg bisa bersaing secara produktif, efisien juga efektif.
Ah si bos kayak gak tau kelakuan korporasi di Indonesia saja atau pura2 dalam perahu. Yang penting jualan dan masalah yang hubunganya dengan customer, apalagi lingkungan no 1001.
Butuh berapa lama produk TAM untuk adopsi airbag? ABS? juga bagaimana mereka memperlakukan customer? kasus itu transmisi 'jedug' atau turbo 'putu', itu bagaimana?

Orang yang sudah teriak2 pakai TOA aja gak di gubris? where does humble lead you? to da sea my friend lol... :mky_08:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ladder frame vs monokok dan efisiensi

Post by Turboman »

Tiada gading yg tak retak

tiada manusia yg sempurna

bagus jika banyak manusia2 yg kritis dlm berpikir
* Bukan ajakan Beli *