Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Ga ada yg tertarik bisnis di game development ? Industri game trennya naek terus .
Plusnya kita dpt revenue $$$ dan development cost kita masih tergolong murah . Masalahnya cuman di bujet marketing yang mengerikan hehe
Cm kl jalan enak nyetak duit , mediocre studio diluar bisa mengeruk $100k a month dimana disana mah receh kl disini udah tergolong bagus banget .
campoeran wrote: Fri May 05, 2017 7:09
Ga ada yg tertarik bisnis di game development ? Industri game trennya naek terus .
Plusnya kita dpt revenue $$$ dan development cost kita masih tergolong murah . Masalahnya cuman di bujet marketing yang mengerikan hehe
Cm kl jalan enak nyetak duit , mediocre studio diluar bisa mengeruk $100k a month dimana disana mah receh kl disini udah tergolong bagus banget .
indo sudah pernah ada kaya gini saya lupa jelas nama studionya apa sepertinya batavia atau apa gitu
gulung tikar karena ga kuat modal, tapi denger2 karena mau bkin gamenya terlalu ambitious sih, spare no expense eh giliran belum kelar uda bangkrut
Hihi iya batavia , tp itu ada behind story yg sangat mengerikan om . Dari story penyandang dana dan berhentinya dana kucurannya juga konyol banget tp gue gak enak critanya soalnya gak banyak yg tahu hehe.
Btw gue ndiri berkecimpung di gamedev kok om. Ya not bad lah udah 9th ini masih bs survive, hasilnya udah nikmati banyak , tim gak gede2 amat below 10 ppl sih dan skrg lagi giat di market mobile.
campoeran wrote:Hihi iya batavia , tp itu ada behind story yg sangat mengerikan om . Dari story penyandang dana dan berhentinya dana kucurannya juga konyol banget tp gue gak enak critanya soalnya gak banyak yg tahu hehe.
Btw gue ndiri berkecimpung di gamedev kok om. Ya not bad lah udah 9th ini masih bs survive, hasilnya udah nikmati banyak , tim gak gede2 amat below 10 ppl sih dan skrg lagi giat di market mobile.
ceritain batavia dong om hehe..
btw klo game, income dominan dr iklan yah?
apa dr item2 premium dlm game itu sendiri?
campoeran wrote: Fri May 05, 2017 7:09
Ga ada yg tertarik bisnis di game development ? Industri game trennya naek terus .
Plusnya kita dpt revenue $$$ dan development cost kita masih tergolong murah . Masalahnya cuman di bujet marketing yang mengerikan hehe
Cm kl jalan enak nyetak duit , mediocre studio diluar bisa mengeruk $100k a month dimana disana mah receh kl disini udah tergolong bagus banget .
di indon industry game banyak bajakan dan banyak cheater
Orang sini masi pada pengen game gratisan sih, jadinya bajak sini bajak sana, kasarannya belum sampe mentalnya ke menghargai hak cipta (sama spt musik sampe toko2 gede yg jual CD original pada gulung tikar)
Makanya larinya pada ke game mobile yg free to play dan pake iklan utk generate income
Tapi belakangan 2th terakhir sejak steam wallet bisa beli di gerai2 retail & game ps4 masih harus beli ori sepertinya dah agak mendingan ketimbang 5-10 tahun lalu yg nyari game bajakan lebih gampang dari game ori
campoeran wrote: Fri May 05, 2017 9:23
Hihi iya batavia , tp itu ada behind story yg sangat mengerikan om . Dari story penyandang dana dan berhentinya dana kucurannya juga konyol banget tp gue gak enak critanya soalnya gak banyak yg tahu hehe.
Btw gue ndiri berkecimpung di gamedev kok om. Ya not bad lah udah 9th ini masih bs survive, hasilnya udah nikmati banyak , tim gak gede2 amat below 10 ppl sih dan skrg lagi giat di market mobile.
Sepertinya emg mobile lgi in ya utk gaming, nyokap tmen abis duit byk cman buat game2 casual macam candy crush, hayday dkk
Turboman wrote: Thu May 04, 2017 13:13
saya ada bikin trit tentang :
- Reset TP positioner dgn scanner dan bagaimana hasilnya
tapi ternyata malah sepi response / gak ada yg reply sama sekali
padahal hal tsb applicable ke banyak mobil en gak cuman ke Honda aja
ya gapapa, tuh kan msh ada sambung ke mobil, klo sepi berarti org emg ga tertarik, menurut saya lebih baik gitu daripada rame daripada SARA trus ujung2nya thread minta di close?
sebelumnya terima kasih utk masukannya
Topic yg saya minta close itu awalnya dibuat hanya utk pooling saja, sebelum saya buat saya juga minta izin ke om T0mcat, beliau pesan : diawasi aja......lalu ketika diskusi berkembang ke arah nggak kondusif, saya minta close.....ini sesuai wejangan awal dari om T0mcat
Kalo diskusi mengenai bisnis sama sekali nggak ada celah jalan menuju pembahasan hal2 sensitip...........dan buktinya juga topik ini ramai peminat
Saya ada nulis ttg fenomena BeRes di 2017.......kriteria terbaru std oli ILSAC GF-6.......mari ramaikan jika anda tertarik.........
@martinn: nyasarnya global om. Indo ngenes udah buyer dikit , review rating ancur juga kena region indo hehe. Tp mayan kpn hr dpt buyer indo yg mau spent $1.5k loh di gim gue.
Paling sip US dan japan korea .
@anakgembrot: inapp dominan kecuali gamenya clicker biasanya ads ama inapp 50-50 om. Kl macam rpg biasanya inapp . Batavia ...pokoknya terbentuk dan tutupnya ada bumbu romansa hihi
adrevolution wrote:Orang sini masi pada pengen game gratisan sih, jadinya bajak sini bajak sana, kasarannya belum sampe mentalnya ke menghargai hak cipta (sama spt musik sampe toko2 gede yg jual CD original pada gulung tikar)
Makanya larinya pada ke game mobile yg free to play dan pake iklan utk generate income
Tapi belakangan 2th terakhir sejak steam wallet bisa beli di gerai2 retail & game ps4 masih harus beli ori sepertinya dah agak mendingan ketimbang 5-10 tahun lalu yg nyari game bajakan lebih gampang dari game ori
Sorry agak oot
Mentalitas konsumen Indo ya mau yg bagus tapi gratis / semurah mungkin....ini sy liat dimana2
Bahkan yg konyol di dunia car audio, gak sedikit tuh yg udah berani spend 20 - 30 jt utk car audio, tapi bisa nanya
"mau download lagu yg bagus dimana ya"
saya bilang : iTunes / HDtracks
mrk bilang : nggak ah, mau yg donlod aja (yg free)
adrevolution wrote:Orang sini masi pada pengen game gratisan sih, jadinya bajak sini bajak sana, kasarannya belum sampe mentalnya ke menghargai hak cipta (sama spt musik sampe toko2 gede yg jual CD original pada gulung tikar)
Makanya larinya pada ke game mobile yg free to play dan pake iklan utk generate income
Tapi belakangan 2th terakhir sejak steam wallet bisa beli di gerai2 retail & game ps4 masih harus beli ori sepertinya dah agak mendingan ketimbang 5-10 tahun lalu yg nyari game bajakan lebih gampang dari game ori
Sorry agak oot
Mentalitas konsumen Indo ya mau yg bagus tapi gratis / semurah mungkin....ini sy liat dimana2
berani spend 20 - 30 jt utk car audio, tapi bisa nanya
"mau download lagu yg bagus dimana ya"
saya bilang : iTunes / HDtracks
mrk bilang : nggak ah, mau yg donlod aja (yg free)
ck ck ck
sdh mindset om, internet = free. jadi ya begini. Tapi skrg kan ada spotify, yg all you can eat gini lebih ok daripada alacarte. Jadinya ya langganan, netfilx, spotify, apple music dll.. intinya binis model yg model spotify, not too much money, tpi maximal value ini bisa jalan drpd download2.
cmiiw, spotify layanan music terbesar di dunia dari buka sampai laporan 2016 belum pernah profit (populer/omset gede dan profit dua hal yang berbeda)
Mungkin tahun 2017 ini bisa profit, kalo masih rugi juga tinggal lihat seberapa kuat backup nya.
modus bisnis internet, sejak dr start up......angel investor came......VC came.......VC VC lain masuk......bakar duit terus.........sampe gede banget.......lalu IPO
IPO ini yg jadi harapan para shareholder / stakeholder........
Spotify itu bagaimana cara bagi duit ke artisnya ya? per play atau gimana gitu? dia kan sistemnya subscription dengan harga yang murah banget bisa download lagu apa aja, cepet bgt lagi
Sejak uda ada spotify uda ga perna bajak lagu lagi
Menurut sy, semuanya soal pembentukan persepsi global - krn internet (dan derivatifnya.. facebook - e Commerce dkk).. entah mgk nanti bakal ada yg nulis soal ini.. internet semestnya sekarang sudah jadi "kebutuhan primer".. naik pelan & pasti dari tersier - sekunder - primer.. realitasnya urutannya sudah berubah jadi: pangan - internet/kerjaan - otomotif - papan - sandang.. harusnya kuota internet sudah masuk ke klasifikasi sembako, gantiin batik dst..
Ga bisa pakai pendekatan/logika bisnis konven lagi (yg bicara soal untung rugi jangka pendek - menengah).. mirip seperti pembentukan persepsi/karakter krn pendidikan.. ukuran modalnya mgk sdh dianalogikan dgn "biaya" yg diperlukan u/ pendidikan/pelatihan massal - puluhan tahun, segitu juga modal yg diperlukan untuk itu & investor sdh sadar - siap u/ itu.. investor jadi mudah diyakinkan krn ada contoh spt google - facebook yg sukses besar & dirintis dari hal yg kecil.. semestinya kl skg ga sesulit spt pd wkt awal2 dotcom dulu.. barangkali begitu garis besarnya.. cmiiw..
google kl "dianalogikan/disetarakan" dgn "mazhab atau agama (diagamakan)", dari segi jumlah penganut/pengikut/pemakainya - boleh jadi bisa dibilang "agama terbesar" di atas bumi saat ini.. bahkan nama "bumi" pun mungkin pelan2 kalah tenar dari nama google.. "google adalah dunia atw dunia adalah google"..
bayangkan betapa masif/kuatnya invasi google/internet di "otak/pemikiran".. begitu juga facebook yg membuat kita bisa berteman & mengawali pertemanan hanya dgn berbagi foto/gambar (meredefinisikan lagi soal teman & proses pertemanan).. e-commerce (meredefiniskan lagi soal jual beli) dst2..
nanti gojek dkk juga bisa meredefinisikan lagi soal transportasi - massal - logistik.. tinggal tunggu waktunya sj.. itu jg mgk yg "diincar" para investor.. at any cost.. siapa tahu sbnrnya langkah ini jg diam2 lebih didukung o/ produsen otomotif drpd dukung angkutan konven yg ga kunjung diremajakan & ga ngasih untung bagi mereka.. bisa jadi onderdil slow/fast moving angkutan itu diam2 sdh dihentikan alias EOL, sehingga 5-10th, angkot - bis2 benar2 ga bisa beroperasi lagi & ga bakal demo lagi.. di saat itu, gojek dkk bakal panen besar.. ketika yg tersedia bagi konsumen hanya transportasi online ala gojek dkk..
begitu juga sektor pendidikan yg dirasa kian mahal & ga fleksibel/matching.. saya kok yakin soal itu, nanti (entah kapaaaann...) bisa jadi sekolah/kampus itu bakal tersaingi sekolah/kampus online - yg mengajarkan keterampilan praktis - buat startup usaha/ukm.. karena investor/startup yg jeli & idealis (yg ga skdr mikir untung rugi jangka pendek - menengah) bakal menekuni peluang ini.. teleconference - belajar bisa dari rumah & kapan saja diperlukan.. tinggal pilih guru/dosen yg diperlukan.. kendalanya mgk, itu berlaku u/ tingkat lanjut/pendidikan tinggi, sebab u/ tingkatan dasar - menengah akan sangat sulit, krn ada pihak yg khawatir kehilangan kesempatan "di usia emas" u/ indoktrinasi sekuat2nya.. yah, bgmpun kenyataannya - dari yg otaknya jenius s/d idiot - hasil pendidikan yg paling sukses (dari ukuran diingat & dipraktekkan) adalah materi kebangsaan & sejarah.. materi IPA - IPS dkk kbykn sudah pada lupa begitu lulus..
Ada yg ngalamin gak ya?tahun 2017 ini kok tmbh berat di sektor industri
Kebetulan ada di usaha perkayuan,itu temen2 biasanya taon kmrn sampe ampun2 pesenannya,skg load2 kayu aja pada numpuk,ga ada yg gesek.trus di bidang kafe juga gitu,beberapa tutup bahkan,dibidang semen juga sama.yg surfif bidang offline apa ya kira2?
Semua susah oom..ada bbrp mungkin yg grow..tp persentase growth turun juga...
Kalau pemerintah saat ini sdg focus di indratsruktur, maka hasilnya 5 thn br terasa.
Walau GDP naek tp yg naek itu bujan langsubg terasa di grass root, pasti jualan ttp susah.
Kadang saya nyesal juga beli mobil baru, MuX, krn harus nyicil lagi 6.9 juta tiap bulan. Tp kalau enggak ambil COP maka subsidi 3.45bjt tiap bln juga sayang gak bisa diambil mentahnya.
Sy setuju banget pendapat oom nr bahwa kls menengah indo itu banyakan pegawai, bukan pengusaha. Dan itu fragile mid class..