ketebalan plat body, jenis sasis mobil, atau safety structure mobil?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

ketebalan plat body, jenis sasis mobil, atau safety structure mobil?

Post by iamwewe »

Trit ini saya buat untuk diskusi aja sebenernya. maaf kalo ada thread yang sama tlg di merge aja.

Saya baru baca berita di paultan.
https://paultan.org/2017/04/25/yet-anot ... ild-seats/

Memang topik berita ini mengingatkan kembali akan pentingnya child seats dan tentu seat belt. tapi yang mau saya highlight disini adalah gambar mobil tsb yang.... aduh sampe baris ke dua nya.... beritanya sih karena bus tergelincir (skid). Tapi kemaren itu musibah di Puncak bus tergelincir jg nggak sampe gini mobil2 lainnya.

*entah kenapa saya juga inget case br*o yang terbelah dua bodynya. google word: br*o terbelah, lalu klik image.

Pertanyaannya apa sih sebenernya yang nentuin hancur nggaknya mobil kalo terjadi crash, baik nabrak or ditabrak? ketebalan plat bodikah, jenis sasis mobil kah, ato emang safety structure yang dijual tiap2 merk (G*A body, G-c*n dll, skyac*ve dll)

*saya prefer untuk ladderframe berbody tebel. Daily car saya gnki 2012 dan weekend car anps 2016.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Zaxis
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1068
Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34

Re: ketebalan plat body, jenis sasis mobil, atau safety structure mobil?

Post by Zaxis »

Mau mobil apa pun kalo lawan nya roda 6 ke atas pasti kalah tinggal seberapa cepat pas kejadian nya
User avatar
ipat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 679
Joined: Thu Oct 29, 2015 17:33

Re: ketebalan plat body, jenis sasis mobil, atau safety structure mobil?

Post by ipat »

Terbelah dua tergantung nabraknya apa, dulu ranger 2007 temen kebelah dua karna nabrak pohon, trus ada mobil inova nabrak ekor trailer kontainer kap mesin sampai baris kedua ringksek penumpang md ,ada pajero ketiban kontainer juga hancur,.. ekor trailer sy dulu pernah ditabrak dari samping,karna mobil mau maksa masuk di jalur,remek tuh mobil, gandengan sy msih utuh, jadi chasis yg kuat H beam tebel kyk rangka gandengan trailer
Last edited by ipat on Wed Apr 26, 2017 3:30, edited 1 time in total.
User avatar
andyez86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 928
Joined: Sat May 21, 2016 12:08
Location: Solo
Daily Vehicle: Innova

Re: ketebalan plat body, jenis sasis mobil, atau safety structure mobil?

Post by andyez86 »

bagian mbl yg paling keras kan biasanya bagian dpn...untuk mengurangi impact benturan dari depan..klo bagian blkg kynya memang ga keras deh
User avatar
setsuka09
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 559
Joined: Fri Jun 26, 2015 9:04

ketebalan plat body, jenis sasis mobil, atau safety structure mobil?

Post by setsuka09 »

CMIIW ya kalo diliat sekarang manufaktur lebih ke cabin safety, posisi dipilar atas / B (?) firewall, side beam impact dibantu airbag.

Image

Image

Diluar bagian itu kena cost cutting termasuk ketebalan plat body, crumple zone jd mayoritas plastik + krum, jg luas kaca samping yg rasanya makin kecil.


Sent from my iPhone using Tapatalk
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: ketebalan plat body, jenis sasis mobil, atau safety structure mobil?

Post by iamwewe »

Zaxis wrote: Wed Apr 26, 2017 3:21 Mau mobil apa pun kalo lawan nya roda 6 ke atas pasti kalah tinggal seberapa cepat pas kejadian nya
roda 6 keatas ya kan itu trailer.. oklah trailer sih. soalnya masih ada efek beban dorong. ini kan bus lho. bus biasa 4 ban or max 6 ban kan.
ipat wrote: Wed Apr 26, 2017 3:26 Terbelah dua tergantung nabraknya apa, dulu ranger 2007 temen kebelah dua karna nabrak pohon, trus ada mobil inova nabrak ekor trailer kontainer kap mesin sampai baris kedua ringksek penumpang md ,ada pajero ketiban kontainer juga hancur,.. ekor trailer sy dulu pernah ditabrak dari samping,karna mobil mau maksa masuk di jalur,remek tuh mobil, gandengan sy msih utuh, jadi chasis yg kuat H beam tebel kyk rangka gandengan trailer
buset.. ranger nabrak pohon kebelah dua? sasis laddernya gimana om sampe kebelah gitu jadi ngebayangin apa pohonnya modelnya kebetulan tajam sampe bisa belah blok mesin gardan sassis laddernya dll..

kebetulan saya jg usaha di bidang trailer om, sy ngerti banget dah kalo titik H beamnya yg kena sama mobil kecil sih udh pasti remek mobil kecilnya.. kecuali las las-annya nggak mateng dah, baru itu h beam paling jg geser sdkt doang. mobil kecilnya ttetep remek.

yg kasus ketiban kontener kayanya dulu sempet ada fortuner ya ketiban di cengkareng.. bagian atap bnr ringsek, tapi sampe bagianpintu kebawah dia masih ok kok. seinget saya nih sampe ceper banget fortunernya ketiban kontener, dan ajaibnya penumpang selamat
andyez86 wrote: Wed Apr 26, 2017 3:26 bagian mbl yg paling keras kan biasanya bagian dpn...untuk mengurangi impact benturan dari depan..klo bagian blkg kynya memang ga keras deh
bener om.. tapi kan ada struktur mobil yg digaungkan byk pabrikan mobil, menurut saya hrsnya smua satu body emang bisa nyerep benturan. termasuk bagian blkg. makanya saya penasaran, yang matters most di case nabrak or ditabrak itu sbnrnya apa sih?
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: ketebalan plat body, jenis sasis mobil, atau safety structure mobil?

Post by iamwewe »

setsuka09 wrote: Wed Apr 26, 2017 3:46 CMIIW ya kalo diliat sekarang manufaktur lebih ke cabin safety, posisi dipilar atas / B (?) firewall, side beam impact dibantu airbag.

Image

Image

Diluar bagian itu kena cost cutting termasuk ketebalan plat body, crumple zone jd mayoritas plastik + krum, jg luas kaca samping yg rasanya makin kecil.


Sent from my iPhone using Tapatalk
wah kalo di liat dari gambar yg om kasih... berarti cuma sampe bagian baris k2 doang yg di kuatin struktur mobilnya gitu? baris k3 berarti berharap byk sama ketebalan plat body........ :big_chicken:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15583
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: ketebalan plat body, jenis sasis mobil, atau safety structure mobil?

Post by ChZ »

Pertanyaannya apa sih sebenernya yang nentuin hancur nggaknya mobil kalo terjadi crash, baik nabrak or ditabrak? ketebalan plat bodikah, jenis sasis mobil kah, ato emang safety structure yang dijual tiap2 merk (G*A body, G-c*n dll, skyac*ve dll)
Simple, ketebalan plat body andil nya sedikit ketika bicara soal safety. Mana ada pabrikan yang memamerkan ketebalan plat body nya sekian mm lebih tebel dari merek ini sehingga lebih safety... Sy rasa kalo ada pabrikan seperti ini... Orang marketing dan engineernya perlu disekolahin lagi... plat body biasa ngomong peredaman. No deal with safety, kecuali kalo ngomongin "isi" misalnya side impact bar.

Konsep dari safety di mobil modern adalah : bagaimana melindungi penumpang semaksimal mungkin. Bagaimana melindungi penumpang? Energi benturan harus ada yang menyerap tapi nggak boleh sampe tersalur ke bagian kabin. Makanya ada yang namanya crumple zone.

Image

Nah ketika judging sebuah kecelakaan kita harus punya data...

Momentum = massa x kecepatan.

Brp besar toleransi energi tabrakan yang bisa diserap oleh struktur rangka mobil? Apakah besarnya momentum tabrakan itu sudah melebihi kekuatan struktur rangka mobil? Banyak faktor, utamanya structural rigidity.

Tentu ketika bilang struktur pasti ada tolerance seberapa besar energi yang bisa diserap sebelum body shell nya hancur. Ada alasan kenapa crash test dilakukan di kecepatan 60 km/h. Itu adalah minimum tolerance yang digunakan sebagai patokan, dan mostly di dalam kota speed kita juga berkisar 40-60 km/h.

Mobil ladder frame klw bicara soal structural rigidity kalah dengan mobil monocoque... Walaupun terlihat punya badan lebih kekar dan body lebih tebal tapi silahkan lihat hasil crash test nya, rata - rata mobil monocoque bintang nya lebih banyak dibanding ladder frame.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ardhrizk
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 135
Joined: Tue Apr 26, 2016 11:14
Location: Bandung
Daily Vehicle: March HR15

Re: ketebalan plat body, jenis sasis mobil, atau safety structure mobil?

Post by ardhrizk »

iamwewe wrote: Wed Apr 26, 2017 4:04 wah kalo di liat dari gambar yg om kasih... berarti cuma sampe bagian baris k2 doang yg di kuatin struktur mobilnya gitu? baris k3 berarti berharap byk sama ketebalan plat body........ :big_chicken:
Kayaknya memang seperti itu om. Mungkin karena desain mobil kan masih hitung cost efficiency juga.

Image

Kalo dilihat itu strukturnya Volvo XC90 baru yg memang dibuat utk 7 seater aja kelihatan bahan ultra high strength cuman dari pilar A ke pilar C doang. (itu foto asli dari situs volvonya)

Padahal kalo lihat crash test roll over dll ini XC90 bagus banget menurut saya. Hehe.

https://youtu.be/cw64wdDQsFQ

Kalo misalnya impact dari belakang mungkin bisa mengharapkan seat row ke 3 collapse ke dalam. Dorong penumpang ke "Safety Zone" di row 1 dan 2. IMHO. Hehe.
Egk bener banget ini.

Soal safety sih menurut saya, pasti ketiga tiganya ngaruh, plat body (jenis bahan), jenis chasis, dan structure safetynya. Dan memang engineer mobil kan harus nyesuain semuanya sama cost.

Cth: kalo sasis ladder frame, tentunya berat mobil dan bahan yg paling kuat udah banyak di bawah lantai kabin semua, di ladder framenya. Jadi mau nambah crumple zone, safety structure dll di bagian body yaa harus nambah cost dan berat lagi. Makanya luxury ladder frame sekarang berat berat banget kan semua. LC 200 yg kosongan aja 2.4 ton kalo egk salah. Yg full spect 2.8 ton. Hehe. Tapi perlu di lihat juga engineering yearnya, LC200 kalo egk salah pertama meluncur 2007, jadi safetynya juga kayanya dibuat yaa sesuai era 2007 itu juga. Literally mobil tua kalo soal safety.

Kalo saya terus terang sih, masih berpendapat mobil monokok jauh lebih aman dari ladder frame utk jenjang harga yg sama.

Tapi yg perlu diingat semua mobil kan di desain safetynya optimal tabrakan di speed berapa. Kalo misalnya tabrakan di speed 100km/h head on ke truk yg beratnya puluhan ton yaaaaaaaa gitu deh. Apalagi ketimpa container.

Makanya tren safety mobil sekarang tuh lebih ke active prevention sistem. Kaya ESC, system buat ngerem mobil otomatis kalau radar ngebaca mau tabrakan (AEB), blind spot monitoring with steering assist, lane keeping assist, adaptive cruise control dll. Di Euro NCAP kalo egk salah, mobil itu harus punya AEB yg berfungsi sampai ngehindari kecelakaan ini buat dapet bintang 5, sebagus apapun hasil crashnya kalo egk bisa ngehindari tabrakan egk dapat 5 star. Lebih baik mencegah. Hehe.

Coba lihat lihat deh video crash test eropa.

https://youtu.be/f5HXYUKzFY0

Indonesia sih emmmm......
Mobil 500jt aja masih ada beberapa yg egk pake ESC (fortie, santi?). Hahahahahahhaa.
Last edited by ardhrizk on Wed Apr 26, 2017 5:45, edited 1 time in total.
:ngacir:
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: ketebalan plat body, jenis sasis mobil, atau safety structure mobil?

Post by b8099ok »

Apapun mobilnya,... Sekuat apapun chassisnya,... Even a tank,.... Klo ketiban FRD pasti kyk ketan dipenyek,...
FWD + eRWD + 4WD + 4WD = :big_cat:
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2899
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: ketebalan plat body, jenis sasis mobil, atau safety structure mobil?

Post by martinnn »

jadi yang duduk di baris ketiga itu kemungkinan mokat lebih besar :lol:

beli mobil 2 baris aja deh
:big_biglaugh:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11040
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: ketebalan plat body, jenis sasis mobil, atau safety structure mobil?

Post by marmut »

semua saling berhubungan, jenis bahan, ketebalan plat, desain, kecepatan saat bertumbukkan, sudut tumbukkan, massa, nggak bisa nyalahin 1 poin saja.
ransyah1234
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 561
Joined: Sun Nov 23, 2014 5:25

Re: ketebalan plat body, jenis sasis mobil, atau safety structure mobil?

Post by ransyah1234 »

sementara itu reviewer masih beberapa "tok tok...ini bodinya tebel ya...bagus"

how to measure ketebalan bodi hanya dengan ketok2 pake tangan?
User avatar
setsuka09
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 559
Joined: Fri Jun 26, 2015 9:04

Re: ketebalan plat body, jenis sasis mobil, atau safety structure mobil?

Post by setsuka09 »

martinnn wrote:jadi yang duduk di baris ketiga itu kemungkinan mokat lebih besar :lol:

beli mobil 2 baris aja deh
Makanya gambar2 chasis yg muncul kan buat sedan doank om [emoji28]


Sent from my iPhone using Tapatalk
User avatar
setsuka09
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 559
Joined: Fri Jun 26, 2015 9:04

Re: ketebalan plat body, jenis sasis mobil, atau safety structure mobil?

Post by setsuka09 »

ransyah1234 wrote:sementara itu reviewer masih beberapa "tok tok...ini bodinya tebel ya...bagus"

how to measure ketebalan bodi hanya dengan ketok2 pake tangan?
Kalo pake palu tar aturan di toko kelontongan yg berlaku om
"Pecah Berarti Membeli" peace om [emoji1308]

Ini mah kebiasaan di kita aja...

"liat mobil2 jadul body besi tulang kawat otot baja dst.mobil yg sekarang plastik2 semua"

Masih lumayan sering nubie denger kata2 ini...ga 100% bener tp jg ga 100% salah sih.


Sent from my iPhone using Tapatalk
User avatar
ardhrizk
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 135
Joined: Tue Apr 26, 2016 11:14
Location: Bandung
Daily Vehicle: March HR15

Re: ketebalan plat body, jenis sasis mobil, atau safety structure mobil?

Post by ardhrizk »

martinnn wrote: Wed Apr 26, 2017 5:48 jadi yang duduk di baris ketiga itu kemungkinan mokat lebih besar :lol:

beli mobil 2 baris aja deh
iyaa om. Soalnya kan kalo bagian belakang di mobil 7 seater itu udah row ke 3. Setelah tempat duduk paling cuman 30 cm an lagi ke ujung sasis mobil. Jadi mau egk mau yaaa pilar C ke D itu jadi Crumple Zone. Kecuali mungkin mobilnya dibuat panjang banget, jadi setelah row ke 3 (yg udah dijadiin Safety Cage, bahan setara dari pilar A), ada struktur lagi sepanjang buntut sedan buat jadi Crumple Zone, which is bikin mobilnya kepanjangan dan kelihatan emm.....

Mungkin panjangnya kaya Chevy Suburban jadinya.
Image

Image

Dilema sih ini buat keluarga yg anaknya lebih dari 2. Mesti punya 3 row.
:ngacir:
diidoot
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 302
Joined: Wed May 11, 2016 8:40

Re: ketebalan plat body, jenis sasis mobil, atau safety structure mobil?

Post by diidoot »

ChZ wrote: Wed Apr 26, 2017 5:06
Simple, ketebalan plat body andil nya sedikit ketika bicara soal safety. Mana ada pabrikan yang memamerkan ketebalan plat body nya sekian mm lebih tebel dari merek ini sehingga lebih safety... Sy rasa kalo ada pabrikan seperti ini... Orang marketing dan engineernya perlu disekolahin lagi... plat body biasa ngomong peredaman. No deal with safety, kecuali kalo ngomongin "isi" misalnya side impact bar.

Konsep dari safety di mobil modern adalah : bagaimana melindungi penumpang semaksimal mungkin. Bagaimana melindungi penumpang? Energi benturan harus ada yang menyerap tapi nggak boleh sampe tersalur ke bagian kabin. Makanya ada yang namanya crumple zone.

Image

Nah ketika judging sebuah kecelakaan kita harus punya data...

Momentum = massa x kecepatan.

Brp besar toleransi energi tabrakan yang bisa diserap oleh struktur rangka mobil? Apakah besarnya momentum tabrakan itu sudah melebihi kekuatan struktur rangka mobil? Banyak faktor, utamanya structural rigidity.

Tentu ketika bilang struktur pasti ada tolerance seberapa besar energi yang bisa diserap sebelum body shell nya hancur. Ada alasan kenapa crash test dilakukan di kecepatan 60 km/h. Itu adalah minimum tolerance yang digunakan sebagai patokan, dan mostly di dalam kota speed kita juga berkisar 40-60 km/h.

Mobil ladder frame klw bicara soal structural rigidity kalah dengan mobil monocoque... Walaupun terlihat punya badan lebih kekar dan body lebih tebal tapi silahkan lihat hasil crash test nya, rata - rata mobil monocoque bintang nya lebih banyak dibanding ladder frame.
yang di-bold = setuju
Emang entah mengapa pola pikir orang orang body tebel = lebih aman. Body tipis kaleng = ga aman.
Bahkan untuk urusan frontal crash ASEAN NCAP buat Grand Livina yang bodynya jauh lebih tebel dibanding agya cuman dapet 12,5. Agyanya sendiri 12,8. Memang sih rancang bangunnya beda 5 tahun, cuman ya balik lagi ke masalah plat body : yang tipis belum tentu lebih ga aman. Saya pribadi lebih setuju kalau plat body lebih tebel (lebih kedap suara dan gak gampang penyok) cuman ya kalau body structure dan crumple zone nya ga sebaik yang tipis buat apa juga :mky_01:




btw untuk masalah kebelah belah, saya sih mikirnya semakin kenceng atau semakin besar gaya yang diterima kendaraan pas kecelakaan pasti bakal hancur juga kalau gaya yang diterima itu udah melebihi toleransi maksimal seperti yang bro cris bilang. Mau mobil semahal apa juga kalau yang nabrak truk atau bus berpuluh puluh ton bakalan remuk. Liat aja lamborghini atau ferrari yang kecelakaan di kecepatan tinggi, pada ga berbentuk semua :mky_05:
-
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15583
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: ketebalan plat body, jenis sasis mobil, atau safety structure mobil?

Post by ChZ »

setsuka09 wrote: Wed Apr 26, 2017 6:17
ransyah1234 wrote:sementara itu reviewer masih beberapa "tok tok...ini bodinya tebel ya...bagus"

how to measure ketebalan bodi hanya dengan ketok2 pake tangan?
Kalo pake palu tar aturan di toko kelontongan yg berlaku om
"Pecah Berarti Membeli" peace om [emoji1308]

Ini mah kebiasaan di kita aja...

"liat mobil2 jadul body besi tulang kawat otot baja dst.mobil yg sekarang plastik2 semua"

Masih lumayan sering nubie denger kata2 ini...ga 100% bener tp jg ga 100% salah sih.


Sent from my iPhone using Tapatalk
Ketebalan plat body kl berdasar diketuk pake tangan doank berarti mobil dempulan / peredam tebel bagus... krn berasa padet kalo diketuk.

Uwe kalo ada orang ngomong gitu mahhh kuliah 1 SKS langsung tentang crumple zone dan kawan kawan...

Mobil skr ngga mentingin luarnya tebel... yang penting chassis rigidity nya lebih baik dibanding 20 taun yang lalu...



Plat body tebel makanya sering dikorbankan oleh pabrikan yang bikin mobil murah... Lha memang nggak ada kebutuhan untuk itu (plat tebel tebel)... Citycar plat body tebel sie ujungnya berat jadi boros BBM...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15583
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: ketebalan plat body, jenis sasis mobil, atau safety structure mobil?

Post by ChZ »

diidoot wrote: Wed Apr 26, 2017 6:36 yang di-bold = setuju
Emang entah mengapa pola pikir orang orang body tebel = lebih aman. Body tipis kaleng = ga aman.
Bahkan untuk urusan frontal crash ASEAN NCAP buat Grand Livina yang bodynya jauh lebih tebel dibanding agya cuman dapet 12,5. Agyanya sendiri 12,8. Memang sih rancang bangunnya beda 5 tahun, cuman ya balik lagi ke masalah plat body : yang tipis belum tentu lebih ga aman. Saya pribadi lebih setuju kalau plat body lebih tebel (lebih kedap suara dan gak gampang penyok) cuman ya kalau body structure dan crumple zone nya ga sebaik yang tipis buat apa juga :mky_01:




btw untuk masalah kebelah belah, saya sih mikirnya semakin kenceng atau semakin besar gaya yang diterima kendaraan pas kecelakaan pasti bakal hancur juga kalau gaya yang diterima itu udah melebihi toleransi maksimal seperti yang bro cris bilang. Mau mobil semahal apa juga kalau yang nabrak truk atau bus berpuluh puluh ton bakalan remuk. Liat aja lamborghini atau ferrari yang kecelakaan di kecepatan tinggi, pada ga berbentuk semua :mky_05:
Gimanapun tebel luarnya kalo isinya rapuh ya sama aja... itu yang terjadi di mobil - mobil 20 tahun yang lalu. Luarnya tebel, tulangnya rapuh.

Sama kayak binaragawan usia 30 taun dan 60 taun (ya anggep aja ada binaraga usia 60 taun)... Mau tone latian sama waktu latian sama, gue yakin kekuatan tulangnya yang 60 taun nggak sebaik yang 30 taun... walaupun secara tampang mungkin sama-sama berotot. malah mungkin yang 60 taun lebih keliatan kekar karena latian terus (anggep aja begitu... sy bukan orang ahli gizi / kedokteran jadi nggak tau).

Mobil sekarang lebih mengutamakan gimana bobot berkurang tapi strength bertambah... itulah knp kebanyakan mobil skrg pakai high-tensile steel untuk body nya...

Faktor lain sebenernya juga karena efisiensi mesin sekarang sudah sangat tinggi... mesin 2000cc bisa extract sampai 300-400 bhp... Semakin tinggi speed semakin besar kebutuhan untuk safety structure yang lebih baik, dan jumlah kendaraan banyak berarti rasio kecelakaan juga makin besar.

Makanya structural rigidity nggak cuma bicara handling but also safety... Good handling car is also a safe car... Selain punya body control yang baik untuk menghindari celaka, kalaupun celaka juga aman gitu istilahnya... CMIIW.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
maxbilly
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 160
Joined: Tue Dec 06, 2016 14:11

Re: ketebalan plat body, jenis sasis mobil, atau safety structure mobil?

Post by maxbilly »

Wah bro CHZ kasih kuliah panjang nih makasih infonya

Inti dari jawaban trit ini ada di komennya bro CHZ
diidoot
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 302
Joined: Wed May 11, 2016 8:40

Re: ketebalan plat body, jenis sasis mobil, atau safety structure mobil?

Post by diidoot »

ChZ wrote: Wed Apr 26, 2017 6:47
diidoot wrote: Wed Apr 26, 2017 6:36 yang di-bold = setuju
Emang entah mengapa pola pikir orang orang body tebel = lebih aman. Body tipis kaleng = ga aman.
Bahkan untuk urusan frontal crash ASEAN NCAP buat Grand Livina yang bodynya jauh lebih tebel dibanding agya cuman dapet 12,5. Agyanya sendiri 12,8. Memang sih rancang bangunnya beda 5 tahun, cuman ya balik lagi ke masalah plat body : yang tipis belum tentu lebih ga aman. Saya pribadi lebih setuju kalau plat body lebih tebel (lebih kedap suara dan gak gampang penyok) cuman ya kalau body structure dan crumple zone nya ga sebaik yang tipis buat apa juga :mky_01:




btw untuk masalah kebelah belah, saya sih mikirnya semakin kenceng atau semakin besar gaya yang diterima kendaraan pas kecelakaan pasti bakal hancur juga kalau gaya yang diterima itu udah melebihi toleransi maksimal seperti yang bro cris bilang. Mau mobil semahal apa juga kalau yang nabrak truk atau bus berpuluh puluh ton bakalan remuk. Liat aja lamborghini atau ferrari yang kecelakaan di kecepatan tinggi, pada ga berbentuk semua :mky_05:
Gimanapun tebel luarnya kalo isinya rapuh ya sama aja... itu yang terjadi di mobil - mobil 20 tahun yang lalu. Luarnya tebel, tulangnya rapuh.

Sama kayak binaragawan usia 30 taun dan 60 taun (ya anggep aja ada binaraga usia 60 taun)... Mau tone latian sama waktu latian sama, gue yakin kekuatan tulangnya yang 60 taun nggak sebaik yang 30 taun... walaupun secara tampang mungkin sama-sama berotot. malah mungkin yang 60 taun lebih keliatan kekar karena latian terus (anggep aja begitu... sy bukan orang ahli gizi / kedokteran jadi nggak tau).

Mobil sekarang lebih mengutamakan gimana bobot berkurang tapi strength bertambah... itulah knp kebanyakan mobil skrg pakai high-tensile steel untuk body nya...

Faktor lain sebenernya juga karena efisiensi mesin sekarang sudah sangat tinggi... mesin 2000cc bisa extract sampai 300-400 bhp... Semakin tinggi speed semakin besar kebutuhan untuk safety structure yang lebih baik, dan jumlah kendaraan banyak berarti rasio kecelakaan juga makin besar.

Makanya structural rigidity nggak cuma bicara handling but also safety... Good handling car is also a safe car... Selain punya body control yang baik untuk menghindari celaka, kalaupun celaka juga aman gitu istilahnya... CMIIW.
yes, pabrikan merk H,T, D sekarang kan rajanya body tipis, tapi dengan tipis itu belum tentu lebih ga aman dibanding yang tebel. T sama D belakangan udah mulai masang fitur keselamatan di kendaraan mereka yang mana jaman dulu seatbelt aja cuman di depan (laku lagi)

yep, mesin cc kecil dengan tenaga besar dan body ringan. Kalau handlingnya amburadul ya kayak duo kaleng LCGC om, crash di sana sini ditambah drivernya banyak yang peralihan dari roda dua

ho oh, keselamatan aktif dan pasif ya om, di indonesia ya gitu fitur keselamatan disunat biar harga bersaing. Kalau mahal ga laku jadinya. i20 lama saya aja di eropa dapet bintang 5 dengan 6 airbag, di mari cuman tinggal 1 :mky_01:
-
singachu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1278
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: ketebalan plat body, jenis sasis mobil, atau safety structure mobil?

Post by singachu »

kalau aku kadang dari foto kecelakaan kok timbul kesan mobil T dan D cenderung lebih lemah kekuatan pilarnya dibanding H atau S.
ntah cuman perasaan aja kali ya :mky_01:
maxbilly
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 160
Joined: Tue Dec 06, 2016 14:11

Re: RE: Re: ketebalan plat body, jenis sasis mobil, atau safety structure mobil?

Post by maxbilly »

singachu wrote:kalau aku kadang dari foto kecelakaan kok timbul kesan mobil T dan D cenderung lebih lemah kekuatan pilarnya dibanding H atau S.
ntah cuman perasaan aja kali ya :mky_01:
Ane juga punya perasaan yg sama dgn ente tapi yang pilarnya kuat kalo lihat dari foto2 kecelakaan kebanyakan merk suzuki dan mitsubishi IMHO

Sent from my HTC One_E8 dual sim using Seraya Motor mobile app

basah
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 224
Joined: Thu Mar 19, 2009 14:19

Re: ketebalan plat body, jenis sasis mobil, atau safety structure mobil?

Post by basah »

izin beropini bro !

Setau saya memang ada penurunan ketebalan plat body mobil dahulu dibandingkan sekarang, bahkan bumper sekarang menggunakan plastik sehingga cukup bersahabat dengan pejalan kaki, biker entah itu cycle maupun motor.

Dari segi chasis, mobil tahun 70 s.d 80 menggunakan chasis dengan ketebalan plat tertentu terpisah dari body juga dg ketebalan plat tertentu, sehingga ketika terjadi impact dari depan maupun belakang maka chasis berperan besar meredamnya sehingga penumpang didalam mobil tentunya lebih aman apalagi bumper dengan plat yg cukup tebal dihubungkan langsung ke chasis . hanya kosntruksi seperti ini tentu tidak bersahabat dengan pejalan kaki dan biker.
Dengan ketebalan plat chasis maupun plat body tentunya membuat berat kendaraan meningkat sehingga berdampak pada konsumsi BBM dimana ratio perbandingan tenaga mesin dengan berat kendaraan (belum termasuk penumpang) lebih besar dari kendaraan sekarang.

Saat ini konstruksi kendaraan umumnya menganut moncoque chasis dimana chasis dan body menyatu kecuali untuk kendaraan angkutan komersial yang masih menggunakan ladder frame. Tebal plat body pun diturunkan dan beberapa unsur body yg merangkap fungsi sbg chasis dipertebal dan umumnya digandakan, kemudian bumper lebih cenderung dominan faktor estetikanya menggunakan plastik. Dipastikan konsumsi BBM lebih hemat karena selain faktor efisiensi mesin yg meningkat juga efisiensi ratio tenaga dg berat kendaraan, nah ironisnya ternyata dengan efisiensi mesin yg meningkat juga disertai kecepatan yg makin tinggi dibandingkan masa lalu.

Dengan ketebalan seperti itu ditambah kecepatan yg makin tinggi maka bila terjadi impact yg besar baik itu terhadap tembok, pohon atau kendaraan komersial angkutan berat maka resultan yg terjadi tidak akan mampu diredam monocoque chasis. Bagian mobil yg berbenturan sudah berhenti tetapi bagian belakang mobil tetap mendorong kedepan (resultan) sehingga akhirnya menghasilkan mobil yg terlipat seperti kertas. Kalo impact dari depan maka mobil terlipat kedepan, kalo impact dari samping maka mobil terlipat kesamping. Bisa dibayangkan penumpang didalamnya seperti apa, itu seperti biskuit didalam kaleng biskuit kemudian kaleng biskuit dipress.

Jadi wajar kalo impact yg dicontohkan TS dengan kendaraan angkutan komersial berat menghasilkan bentuk yg mengerikan. Saya pernah liat dicipularang sebuah pajero dengan kecepatan zigzag dijalan dan bahu jalan untuk menyusul kendaraan didepannya dean begitu masuk kebahu jalan ternyata baru sadar ada kendaraan dg kondisi emergency dibahu jalan kemudian membanting setir kekanan masuk kembali kejalan dan akhir menghantam bak truk yg sedang jalan santai di jalur lambat tol tepat dipilar pintu depan dan belakang sebelah kiri...................dan hasilnya mobil pajero melipat hampir 90 derajat.

Beda sekali dengan kendaraan militer yg ditampilkan di tumplek bleg dua tahun lalu, menggunakan monocoque chasis tetapi plat baja yg digunakan tebalnya minta ampun karena harus melindungi infanteri dari benturan maupun ledakan. Tentunya yang begini gak bisa dibandingkan dengan kendaraan pada umumnya.

Itu opini dari saya yg awam, hanya sedikit tau soal konstruksi kendaraan dan mengingat kembali pelajaran dasar fisika.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15583
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: RE: Re: ketebalan plat body, jenis sasis mobil, atau safety structure mobil?

Post by ChZ »


basah wrote:izin beropini bro !

Setau saya memang ada penurunan ketebalan plat body mobil dahulu dibandingkan sekarang, bahkan bumper sekarang menggunakan plastik sehingga cukup bersahabat dengan pejalan kaki, biker entah itu cycle maupun motor.

Dari segi chasis, mobil tahun 70 s.d 80 menggunakan chasis dengan ketebalan plat tertentu terpisah dari body juga dg ketebalan plat tertentu, sehingga ketika terjadi impact dari depan maupun belakang maka chasis berperan besar meredamnya sehingga penumpang didalam mobil tentunya lebih aman apalagi bumper dengan plat yg cukup tebal dihubungkan langsung ke chasis . hanya kosntruksi seperti ini tentu tidak bersahabat dengan pejalan kaki dan biker.
Dengan ketebalan plat chasis maupun plat body tentunya membuat berat kendaraan meningkat sehingga berdampak pada konsumsi BBM dimana ratio perbandingan tenaga mesin dengan berat kendaraan (belum termasuk penumpang) lebih besar dari kendaraan sekarang.

Saat ini konstruksi kendaraan umumnya menganut moncoque chasis dimana chasis dan body menyatu kecuali untuk kendaraan angkutan komersial yang masih menggunakan ladder frame. Tebal plat body pun diturunkan dan beberapa unsur body yg merangkap fungsi sbg chasis dipertebal dan umumnya digandakan, kemudian bumper lebih cenderung dominan faktor estetikanya menggunakan plastik. Dipastikan konsumsi BBM lebih hemat karena selain faktor efisiensi mesin yg meningkat juga efisiensi ratio tenaga dg berat kendaraan, nah ironisnya ternyata dengan efisiensi mesin yg meningkat juga disertai kecepatan yg makin tinggi dibandingkan masa lalu.

Dengan ketebalan seperti itu ditambah kecepatan yg makin tinggi maka bila terjadi impact yg besar baik itu terhadap tembok, pohon atau kendaraan komersial angkutan berat maka resultan yg terjadi tidak akan mampu diredam monocoque chasis. Bagian mobil yg berbenturan sudah berhenti tetapi bagian belakang mobil tetap mendorong kedepan (resultan) sehingga akhirnya menghasilkan mobil yg terlipat seperti kertas. Kalo impact dari depan maka mobil terlipat kedepan, kalo impact dari samping maka mobil terlipat kesamping. Bisa dibayangkan penumpang didalamnya seperti apa, itu seperti biskuit didalam kaleng biskuit kemudian kaleng biskuit dipress.

Jadi wajar kalo impact yg dicontohkan TS dengan kendaraan angkutan komersial berat menghasilkan bentuk yg mengerikan. Saya pernah liat dicipularang sebuah pajero dengan kecepatan zigzag dijalan dan bahu jalan untuk menyusul kendaraan didepannya dean begitu masuk kebahu jalan ternyata baru sadar ada kendaraan dg kondisi emergency dibahu jalan kemudian membanting setir kekanan masuk kembali kejalan dan akhir menghantam bak truk yg sedang jalan santai di jalur lambat tol tepat dipilar pintu depan dan belakang sebelah kiri...................dan hasilnya mobil pajero melipat hampir 90 derajat.

Beda sekali dengan kendaraan militer yg ditampilkan di tumplek bleg dua tahun lalu, menggunakan monocoque chasis tetapi plat baja yg digunakan tebalnya minta ampun karena harus melindungi infanteri dari benturan maupun ledakan. Tentunya yang begini gak bisa dibandingkan dengan kendaraan pada umumnya.

Itu opini dari saya yg awam, hanya sedikit tau soal konstruksi kendaraan dan mengingat kembali pelajaran dasar fisika.
Bumper baja di mobil 20 thn lalu justru krn tidak menyerap benturan, malah impak tsb diteruskan ke kabin. Mobilnya nggak apa, penumpangnya patah tulang.

Sdh saya kasih liat itu video cukup menjelaskan konsep nya crumple zone.

Tujuan mobil d hancurkan bagian depan adlh supaya impak dari benturan tdk diteruskan ke kabin. Kabin tetap utuh tp bagian depan hancur.

Body shell mobil skrg kuat kuat... Coba search di yutub crash test S class vs Smart fortwo. Tapi spt sy sebutkan, ada toleransi sbrp besar momentum yg bisa diterima. Mobil sekelas Mercedes Benz pun ditabrak truk muatan full dengan kecepatan 100 km/jam saja pasti remuk...

Plat bodi tebel blom tentu rangkanya kuat...

Skrg pabrikan lebih fokus mengembangkan chassis dengan bahan ringan tapi punya kekakuan struktur baik, in the same time punya tensile strength yang tinggi. Itulah knp carbon fiber composite dan full aluminium body menjadi sangat populer. Bahan yang ringan sekaligus kuat.

Mengenai armored vehicle tentu tdk bisa dibandingkan krn beda peruntukan... Mobil biasa tdk didesain untuk tahan terhadap bom kan?

Sent from my 2014817 using Seraya Motor mobile app



1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7