Curhat atas Respon NMI atas Indent Livina
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 407
- Joined: Tue May 01, 2007 7:58
urusan bikin mobil ya urusan NMI, urusan kita ya memenuhi kewajiban DP. masing2 harus memenuhi kewajibannya, itulah bisnis. kalo gakbisa ya akan ada konsekuensi. ya kalo kita disuruh mikir cara bikin mobil ya, CAPE DEEEH.
saya curiga salahsatu sebabnya ada di management logistiknya, bisa jadi yg dikemukakan bro BLiNX benar, (jangan2 orang NMI nih). mungkin NMI problem dg vendornya. cuma herannya katanya stock 1000 mobil saat launching tapi kok sampe skrg jarang kita liat barangnya di jalan?
saya curiga salahsatu sebabnya ada di management logistiknya, bisa jadi yg dikemukakan bro BLiNX benar, (jangan2 orang NMI nih). mungkin NMI problem dg vendornya. cuma herannya katanya stock 1000 mobil saat launching tapi kok sampe skrg jarang kita liat barangnya di jalan?
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Kerja 24/7 dong!!!.. that's what you paid for!!!
NMI harus kucurin dana lebih besar untuk mengakomodir lonjakan pembelian GL, apalagi kalo mau jalan 2-3x lbh cepat dari spt rencana sblmnya.
NMI harus kucurin dana lebih besar untuk mengakomodir lonjakan pembelian GL, apalagi kalo mau jalan 2-3x lbh cepat dari spt rencana sblmnya.
BLiNX wrote: PLEASE ADVISE & DON'T NGAWUR:
Andaikan kita yg jadi bos NMI (ups.., terlalu muluk nih), atau jadi Mr. Ronnie, apa yg harus kita lakukan?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 238
- Joined: Sat Apr 14, 2007 4:44
Buat mobil lebih ribet ketimbang IT system?? WHAT A JOKE!!Sithlord wrote:Itu system IT. Mobil neh ? Lebih ribet kan ? 1 mobil bayangkan berapa parts yang perlu di isi. And many things could go wrong kalau ngak hati hati.
The most complex engineering task is software enginering, IT system is much more complex than build a new Boeing 747!
Hehehehe.... baca dulu tuh buku Software Engineering or Building IT System...

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1632
- Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21
Bung Dion, anda jangan lupa, populasi mobil di DKI itu jutaan, bahkan bisa saja puluhan juta iya, old and new.
Ibaratnya ada kolam besar penuh dengan ikan. Andai kata populasi mobil di DKI adalah say 5 juta. 1000 vs 5 juta means 1 vs 5000. So mau cari 1 ikan tipe baru di kolam yang di penuhi 5000 ikan lain, ngak gampang...
Perlu say 6 bulan lagi baru mulai sering lihat GL di jalan.
Ibaratnya ada kolam besar penuh dengan ikan. Andai kata populasi mobil di DKI adalah say 5 juta. 1000 vs 5 juta means 1 vs 5000. So mau cari 1 ikan tipe baru di kolam yang di penuhi 5000 ikan lain, ngak gampang...
Perlu say 6 bulan lagi baru mulai sering lihat GL di jalan.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1632
- Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21
-
- Visitor
- Posts: 9
- Joined: Thu Apr 19, 2007 4:22
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 238
- Joined: Sat Apr 14, 2007 4:44
Hehe.. hebat juga Bung Sith tidak terpancing dengan provokasi saya.. haha....
Kalo gue liat, NMI saat ini kesulitan dalam memenuhi permintaan pasar (gue gak tau jelas apa alasannya, but I hope the reason is they want to maintain the quality of Livina).
Supplier management emang merupakan bagian paling krusial dari produksi mobil, apalagi model JIT yg sangat tergantung pada part management.
Software engineering (khususnya yg berskala besar), pada dasarnya dikerjakan oleh sekelompok programmer/software designer/software architect, yang mengerjakan modul terpisah. Ada yg fokus di memory/hardware resouce management/performance, ada yang fokus pada integrasi dengan OS, fokus integrasi dengan aplikasi lain, fokus pada stabilitas, fokus pada additional features, dll. Setelah itu ada juga integration testing, performance stress testing, UAT, dll.
So, it is very complicated anyway. Bekerja dengan proses coding sampe puluhan juta baris source code yang saling interaksi satu sama lain dalam proses logika dengan zero error target, sangat sulit.
Gue background IT, pernah jadi programmer / system engineer... so I do know how complex this job is.


Kalo gue liat, NMI saat ini kesulitan dalam memenuhi permintaan pasar (gue gak tau jelas apa alasannya, but I hope the reason is they want to maintain the quality of Livina).
Supplier management emang merupakan bagian paling krusial dari produksi mobil, apalagi model JIT yg sangat tergantung pada part management.
Software engineering (khususnya yg berskala besar), pada dasarnya dikerjakan oleh sekelompok programmer/software designer/software architect, yang mengerjakan modul terpisah. Ada yg fokus di memory/hardware resouce management/performance, ada yang fokus pada integrasi dengan OS, fokus integrasi dengan aplikasi lain, fokus pada stabilitas, fokus pada additional features, dll. Setelah itu ada juga integration testing, performance stress testing, UAT, dll.
So, it is very complicated anyway. Bekerja dengan proses coding sampe puluhan juta baris source code yang saling interaksi satu sama lain dalam proses logika dengan zero error target, sangat sulit.
Gue background IT, pernah jadi programmer / system engineer... so I do know how complex this job is.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 991
- Joined: Mon May 08, 2006 7:32
hehe ini sih tergantung orangnya dan kemampuannya. gak bisa di generalisasi begitu.surya wrote:Buat mobil lebih ribet ketimbang IT system?? WHAT A JOKE!!
The most complex engineering task is software enginering, IT system is much more complex than build a new Boeing 747!
seorang tukang masak akan bilang membuat IT system itu ribet, dia ga bisa.
seorang software engineer akan bilang membuat Boeng 747 itu ribet, dia ga bisa.
seorang car engineer akan bilang membuat IT system itu ribet, dia ga bisa.
jadi masing2 ada expertise-nya and ke-ribetannya sendiri. gak bisa disamaratakan. apakah software engineering itu adl hal paling ribet di dunia? apakah mechanical engineering itu adl hal paling ribet di dunia? apakah medical, chemistry, physics and bla bla bla adl hal paling ribet di dunia? apakah managemen adl hal paling ribet di dunia?
semua tergantung kemampuan n persepsi orang yg dimaksud.

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 125
- Joined: Mon Apr 09, 2007 2:36
Waktu awal2 kayaknya tidak ada kejelasan prosedur inden di sales force. Sebelum launch (Februari) katanya inden cukup DP 1jt, gw dah dapet SPK tanpa estimasi delivery, eh pas launch diminta u/ bisa inden DP minimal 5jt, SPK awal batal diganti ama SPK baru (April) dengan estimasi delivery Juni.
Tentunya pada kasus bung Pjb, dengan inden tanpa DP.. setelah ada kejelasan prosedur inden, si sales tentu akan minta DP agar diperhitungkan sebagai inden.. cuma kok ya telat.. jadi SPK(baru)nya mundur.. tentunya juga demikian dengan estimasi deliverynya.
Dari sales gw sih denger2 delivery itu di jatah, 20an unit per dealer sebulan.. waaks gimana ini? kalo estimasi delivery di dealer 1 bulan lebih dari 20 geimana?? kenapa nggak di rekap di factory terus delivery sesuai dengan urutan SPK, jadi nggak pake jatah2an per dealer?? perlu kejelasan nih dan sales forcenya diedukasi sehingga fair dan nggak kejadian lagi...
Tentunya pada kasus bung Pjb, dengan inden tanpa DP.. setelah ada kejelasan prosedur inden, si sales tentu akan minta DP agar diperhitungkan sebagai inden.. cuma kok ya telat.. jadi SPK(baru)nya mundur.. tentunya juga demikian dengan estimasi deliverynya.
Dari sales gw sih denger2 delivery itu di jatah, 20an unit per dealer sebulan.. waaks gimana ini? kalo estimasi delivery di dealer 1 bulan lebih dari 20 geimana?? kenapa nggak di rekap di factory terus delivery sesuai dengan urutan SPK, jadi nggak pake jatah2an per dealer?? perlu kejelasan nih dan sales forcenya diedukasi sehingga fair dan nggak kejadian lagi...
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 21
- Joined: Tue Apr 10, 2007 18:05
- Location: North Jakarta
Saya juga org IT, tapi bagian sales hardware. Memang merancang software itu sangat kompleks, tapi saya yakin lebih lama si Boeing mendesain 747-nya. Dan kalo software udah jadi dan kemudian kebanjiran order mis 1000 unit kan tinggal siapkan CD kosong yg banyak, seminggu juga kelar. Nah kalo Boeing disuruh bikin 1000 pesawat, saya yakin 2 tahun juga blm tentu kelar semuanya.surya wrote: Buat mobil lebih ribet ketimbang IT system?? WHAT A JOKE!!
The most complex engineering task is software enginering, IT system is much more complex than build a new Boeing 747!
Hehehehe.... baca dulu tuh buku Software Engineering or Building IT System...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1632
- Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21
Bung Surya, you and many others really don't know me well. Mau provokasi saya itu sebenernya tidak gampang. Kalau keterlaluan saya baru meledak. Saya sebenernya sangat sabar by nature. Asal cengli ama saya.
Contoh, di rumah sudah ganti suster / pembantu berapa kali. TAPI sebenernya yang sering oceh, marah marah itu istri saya. Saya meskipun kesal, tapi saya hampir tidak pernah marain mereka, why ? Sebab saya tau, jaman sekarang mau cari pembantu / suster yang performa bagus itu TIDAK GAMPANG.
Bisa bisa malah makin ganti makin ngak benar. So kalau saya lihat, asal kesalahan mereka tidak sengaja, tidak keterlaluan, ya sudah, kasih mereka peringatan, and give them another chance (multiple chances sebenernya).
Anyway nasip mereka juga kasihan. Jobnya boring, capek, gaji kecil. What do you expect from them ? If you are them, will you serve yr master 100% dengan kondisi gitu ? Mau bayarin mereka gaji 2 juta sebulan juga ngak bisa jamin...
Thats why contoh lagi Ms Lala bilang GL 1.5 loyo di 1000-2000 rpm, dia ambil Jazz. Apakah saya langsung marah dan tersinggung ? Of course not ! Sebab dia sudah test drive, dan jika merasa begitu, cengli ngak kalau saya tersinggung.... She has TRIED ! Dan anyway I bless her choice, cause the Jazz meskipun MENURUT saya (boleh dong?) kalah ama GL dalam hal comfort and ride, but Jazz fundamentally speaking adalah mobil yang FINE !
Now you know apa yang akan bikin saya amat marah. People who have hidden agendas, people who dari awal belum coba sudah prejudice ala Apartheid di Africa Selatan, etc. And out to destroy the brand tanpa alasan yang masuk akal...
Tapi ya saya sadar, apa yang saya katakan PASTI sooner or later undang hate mail. Too many people are involved with TAM, ADM etc. Kalau saya bilang produk mereka gini, gitu, pasti ada yang kesal ama saya.
Tapi nyatanya ngak cuman saya kok yang merasa begitu. Instead of marah ama saya, mending mereka introspeksi diri, dari pada suruh saya yang introspeksi diri, kalau mereka mau tetap kompetitif di masa depan....
I am just being a consumer advocate. Apa salahnya ?
Contoh, di rumah sudah ganti suster / pembantu berapa kali. TAPI sebenernya yang sering oceh, marah marah itu istri saya. Saya meskipun kesal, tapi saya hampir tidak pernah marain mereka, why ? Sebab saya tau, jaman sekarang mau cari pembantu / suster yang performa bagus itu TIDAK GAMPANG.
Bisa bisa malah makin ganti makin ngak benar. So kalau saya lihat, asal kesalahan mereka tidak sengaja, tidak keterlaluan, ya sudah, kasih mereka peringatan, and give them another chance (multiple chances sebenernya).
Anyway nasip mereka juga kasihan. Jobnya boring, capek, gaji kecil. What do you expect from them ? If you are them, will you serve yr master 100% dengan kondisi gitu ? Mau bayarin mereka gaji 2 juta sebulan juga ngak bisa jamin...
Thats why contoh lagi Ms Lala bilang GL 1.5 loyo di 1000-2000 rpm, dia ambil Jazz. Apakah saya langsung marah dan tersinggung ? Of course not ! Sebab dia sudah test drive, dan jika merasa begitu, cengli ngak kalau saya tersinggung.... She has TRIED ! Dan anyway I bless her choice, cause the Jazz meskipun MENURUT saya (boleh dong?) kalah ama GL dalam hal comfort and ride, but Jazz fundamentally speaking adalah mobil yang FINE !
Now you know apa yang akan bikin saya amat marah. People who have hidden agendas, people who dari awal belum coba sudah prejudice ala Apartheid di Africa Selatan, etc. And out to destroy the brand tanpa alasan yang masuk akal...
Tapi ya saya sadar, apa yang saya katakan PASTI sooner or later undang hate mail. Too many people are involved with TAM, ADM etc. Kalau saya bilang produk mereka gini, gitu, pasti ada yang kesal ama saya.
Tapi nyatanya ngak cuman saya kok yang merasa begitu. Instead of marah ama saya, mending mereka introspeksi diri, dari pada suruh saya yang introspeksi diri, kalau mereka mau tetap kompetitif di masa depan....
I am just being a consumer advocate. Apa salahnya ?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 188
- Joined: Tue Apr 10, 2007 6:59
Gak ada yang salah sih Bung Sith Lord
Tapi gaya anda nulis itu kayaknya over defensif jadi semua orang mulai kritik anda
Padahal tidak ada yang nyerang anda
Anda sepertinya tidak pernah dalam kondisi fun ketika nulis
Jadi akhirnya anda berantem dengan banyak orang untuk reason yang kadang2 juga gak jelas
Saya juga beli GL.. means I'm on your side
Tapi coba lah santai saja, tidak ada yang menyerang anda kok
Setahu saya dari semua message yang dikirim oleh yang anti Livina cuman message nya Live Minus yang bikin ribut
Itu pun orangnya juga langsung kabur
Lainnya itu masih normal2 aja.. Ada yang bilang suka ada yang bilang tidak
Akhirnya mereka bukan nyerang GL tapi nyerang anda secara personal..
Termasuk orang yang suka GL mulai ikut nyerang anda jangan2
Anyway hopefully this one is good critic for you
Tapi gaya anda nulis itu kayaknya over defensif jadi semua orang mulai kritik anda
Padahal tidak ada yang nyerang anda
Anda sepertinya tidak pernah dalam kondisi fun ketika nulis
Jadi akhirnya anda berantem dengan banyak orang untuk reason yang kadang2 juga gak jelas
Saya juga beli GL.. means I'm on your side
Tapi coba lah santai saja, tidak ada yang menyerang anda kok
Setahu saya dari semua message yang dikirim oleh yang anti Livina cuman message nya Live Minus yang bikin ribut
Itu pun orangnya juga langsung kabur
Lainnya itu masih normal2 aja.. Ada yang bilang suka ada yang bilang tidak
Akhirnya mereka bukan nyerang GL tapi nyerang anda secara personal..
Termasuk orang yang suka GL mulai ikut nyerang anda jangan2
Anyway hopefully this one is good critic for you
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2961
- Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34
Wah wah, jadi semua orang yang kritik Anda di thread sebelah itu otomatis adalah orang TAM, ADM?Sithlord wrote:Tapi ya saya sadar, apa yang saya katakan PASTI sooner or later undang hate mail. Too many people are involved with TAM, ADM etc. Kalau saya bilang produk mereka gini, gitu, pasti ada yang kesal ama saya.
Tapi nyatanya ngak cuman saya kok yang merasa begitu. Instead of marah ama saya, mending mereka introspeksi diri, dari pada suruh saya yang introspeksi diri, kalau mereka mau tetap kompetitif di masa depan....
Kalau Anda memang gentleman, jangan respon di thread ini yang tidak ada hubungannya, postinglah di thread sebelah dan jangan lupa clear-kan tentang Anda ngomong tidak pernah muat berita apapun tentang recall produsen lain, padahal jelas2 ada thread 'Toyota recall SATU JUTA UNIT' atas nama Sithlord. Hmm?
Koq komat-kamitnya di thread ini yang tentang masalah inden dan bukannya di thread yang bersangkutan?

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2961
- Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34
Wah wah, jadi semua orang yang kritik Anda di thread sebelah itu otomatis adalah orang TAM, ADM? Ironis tidak, padahal Anda selalu mengatakan Anda bukan orang NMI, tapi dengan begitu mudahnya main tuduh orang lain orang TAM, ADM. Kuman di seberang lautan terlihat, sedangkan gajah di pelupuk mata..?Sithlord wrote:Tapi ya saya sadar, apa yang saya katakan PASTI sooner or later undang hate mail. Too many people are involved with TAM, ADM etc. Kalau saya bilang produk mereka gini, gitu, pasti ada yang kesal ama saya.
Tapi nyatanya ngak cuman saya kok yang merasa begitu. Instead of marah ama saya, mending mereka introspeksi diri, dari pada suruh saya yang introspeksi diri, kalau mereka mau tetap kompetitif di masa depan....
Kalau Anda memang gentleman, jangan respon di thread ini yang tidak ada hubungannya, postinglah di thread sebelah dan jangan lupa clear-kan tentang Anda ngomong tidak pernah muat berita apapun tentang recall produsen lain, padahal jelas2 ada thread 'Toyota recall SATU JUTA UNIT' atas nama Sithlord. Hmm?
Koq komat-kamitnya di thread ini yang tentang masalah inden dan bukannya di thread yang bersangkutan?

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 188
- Joined: Tue Apr 10, 2007 6:59
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1632
- Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 188
- Joined: Tue Apr 10, 2007 6:59
Good.. have a nice holiday!Sithlord wrote:OK. Bung Ghost, thanks for advice.
Anyway saya sebenernya inggin istirahat juga.
Sorry to people who get upset. I mean well, cuman ya gimana yah....
Allright. mumpung baru ganti cabinet juga, saya akan memundurkan diri sebagai GL advocate.
I'll take a long needed break....
Biarkan suara2 berhembus di thread.. anda enjoy aja baca..
Don't worry Bung, GL sudah laku keras.. saatnya anda ambil cuti!
Biar tugas anda dilanjutkan Bung Winata dan Wardhana hehe.. oh salah ya ????

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1632
- Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21
My Toyota recall report is a RESPONSE to conan's Nissan recall report....
Bung Ghost, sorry, I make it pendek, supaya member lain tau saya sama sekali ngak mau tunjukan kasus Toyota... I have no choice, cuman mau buktikan semua pabrik masalahnya sama. buktinya saya salut recall Honda sebagai tindakan yang tangung jawab ama konsumen...
Bung Ghost, sorry, I make it pendek, supaya member lain tau saya sama sekali ngak mau tunjukan kasus Toyota... I have no choice, cuman mau buktikan semua pabrik masalahnya sama. buktinya saya salut recall Honda sebagai tindakan yang tangung jawab ama konsumen...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2961
- Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34
Lho, lalu kenapa Anda sebut beritaku tentang recall Nissan malah adalah 'fakta fitnah'?Sithlord wrote:supaya member lain tau saya sama sekali ngak mau tunjukan kasus Toyota... I have no choice, cuman mau buktikan semua pabrik masalahnya sama. buktinya saya salut recall Honda sebagai tindakan yang tangung jawab ama konsumen...
Itu justru bukti bahwa 'aku salut Nissan sebagai tindakan yang tanggung jawab ama konsumen', meminjam bahasa Anda di atas. HM? Alah, bilang saja kalau Anda paling tidak mau dengar berita recall tentang Nissan, tapi paling suka kalau dengar berita recall merk lain!

Dan, seperti biasa, kalau sudah ketahuan belangnya, Anda lagi-lagi 'mundur', dengan 'pengumuman' segala.. kenapa harus selalu 'diumumkan' sih? Who cares gitu lho..!
Jangan kuatir semuanya, nanti juga setelah melihat forum ini banyak member baru yang belum tahu belangnya, darklord pasti balik lagi dengan obat jualan baru, tapi kalau bahasa jualannya, ya masih komat-kamit yang itu-itu juga..
Taktik yang sama diulang2 terus selama bertahun2, capeeee deeeh

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1121
- Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03
Wuidihhhh..... tuajemmmm... analisa yang tuajemmm... sileettttt.. sikaatttt... gile ye.. seru banget bener ini forum... GUYSS... GINI AJE DEH... BULAN NOVEMBER BAGAIMANA KALO KITA ADAKAN GATHERING GRAND LIVINA THE FIRST COMMERCIAL DRIVE AJA? YANG DIUNDANG SEMUA PETINGGI, PEJUANG, DAN PETARUNG DIFORUM INI.. GIMANA? ATUR YE? (connan, dateng lu yah.. sithlord kaga dateng gw culik.. nissan_lover... elo jemput gw, kalo livina gw belum dianter.. hhehehe)
conan wrote:Lho, lalu kenapa Anda sebut beritaku tentang recall Nissan malah adalah 'fakta fitnah'?Sithlord wrote:supaya member lain tau saya sama sekali ngak mau tunjukan kasus Toyota... I have no choice, cuman mau buktikan semua pabrik masalahnya sama. buktinya saya salut recall Honda sebagai tindakan yang tangung jawab ama konsumen...
Itu justru bukti bahwa 'aku salut Nissan sebagai tindakan yang tanggung jawab ama konsumen', meminjam bahasa Anda di atas. HM? Alah, bilang saja kalau Anda paling tidak mau dengar berita recall tentang Nissan, tapi paling suka kalau dengar berita recall merk lain!
Dan, seperti biasa, kalau sudah ketahuan belangnya, Anda lagi-lagi 'mundur', dengan 'pengumuman' segala.. kenapa harus selalu 'diumumkan' sih? Who cares gitu lho..!
Jangan kuatir semuanya, nanti juga setelah melihat forum ini banyak member baru yang belum tahu belangnya, darklord pasti balik lagi dengan obat jualan baru, tapi kalau bahasa jualannya, ya masih komat-kamit yang itu-itu juga..
Taktik yang sama diulang2 terus selama bertahun2, capeeee deeeh
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2961
- Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1121
- Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 303
- Joined: Tue Apr 24, 2007 0:57
Buat mobil jelas lebih ribet dari me-roll-out suatu sistem IT, tau kenapa? Karena untuk bikin mobil aja perlu sebuah sistem IT tersendiri untuk memproduksi itu mobil, belum lagi kalo mulai ngomong ke sistem untuk logistik, manajemen dll. Apakah bikin mobil bisa lebih mudah dari bikin ban atau setir atau mesin.....?
Saya kebetulan punya pendidikan dan pengalaman kerja di IT dan di bagian marketing (dulu), Yeah baby tapi sayang gak diterima untuk jadi CIO-nya group OT hehe.
Saya kebetulan punya pendidikan dan pengalaman kerja di IT dan di bagian marketing (dulu), Yeah baby tapi sayang gak diterima untuk jadi CIO-nya group OT hehe.
surya wrote:Buat mobil lebih ribet ketimbang IT system?? WHAT A JOKE!!Sithlord wrote:Itu system IT. Mobil neh ? Lebih ribet kan ? 1 mobil bayangkan berapa parts yang perlu di isi. And many things could go wrong kalau ngak hati hati.
The most complex engineering task is software enginering, IT system is much more complex than build a new Boeing 747!
Hehehehe.... baca dulu tuh buku Software Engineering or Building IT System...
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 178
- Joined: Sun Apr 22, 2007 16:50
surya wrote:Hehe.. hebat juga Bung Sith tidak terpancing dengan provokasi saya.. haha....
Kalo gue liat, NMI saat ini kesulitan dalam memenuhi permintaan pasar (gue gak tau jelas apa alasannya, but I hope the reason is they want to maintain the quality of Livina).
Supplier management emang merupakan bagian paling krusial dari produksi mobil, apalagi model JIT yg sangat tergantung pada part management.
Software engineering (khususnya yg berskala besar), pada dasarnya dikerjakan oleh sekelompok programmer/software designer/software architect, yang mengerjakan modul terpisah. Ada yg fokus di memory/hardware resouce management/performance, ada yang fokus pada integrasi dengan OS, fokus integrasi dengan aplikasi lain, fokus pada stabilitas, fokus pada additional features, dll. Setelah itu ada juga integration testing, performance stress testing, UAT, dll.
So, it is very complicated anyway. Bekerja dengan proses coding sampe puluhan juta baris source code yang saling interaksi satu sama lain dalam proses logika dengan zero error target, sangat sulit.
Gue background IT, pernah jadi programmer / system engineer... so I do know how complex this job is.



-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Skg ganti topic donk oom Darth Vader, gimana kalau ngomongin yg 4 hurup aja, apa nih kira2 yg akan terbang nyusul si TMPI, ASGR, TINS, ANTM, PTBA & some other pretty performer ?Sithlord wrote:
Allright. mumpung baru ganti cabinet juga, saya akan memundurkan diri sebagai GL advocate.
I'll take a long needed break....
Saatnya oom Darth Vader menjadi hero bagi SMers nih........heheheeheh