ada beberapa thread yg sudah membahas Polo TSI sebelumnya;
thread awal 2015 viewtopic.php?f=6&t=22514&hilit=vw+polo+tsi
review by egibaio feb 2016 viewtopic.php?f=19&t=23380&hilit=vw+polo+tsi
video review by tim dapur SM viewtopic.php?f=19&t=25321&p=928030&hil ... si#p928030
Wikipedia VW Polo Mk5 https://en.wikipedia.org/wiki/Volkswagen_Polo_Mk5
dan beberapa link review Polo TSI indonesia
ot*driver https://youtu.be/ZVcVkMnUGEc
aut*netmagz https://youtu.be/LSBrrU8HM5I
Why VW Polo 1.2 TSI?
fyi.. sebelumnya gw pake Yaris '09 M/T. udah 6 tahun gw pake, gak rusak2 hahaha.. juga sering pake captiva vcdi '10 punya ortu.. ini sebagai benchmark gw terhadap Polo.
ceritanya.. sejak tinggal di jakarta, gak kuat deh macet2an pake manual. kasian juga sama istri yang waktu itu lagi hamil anak pertama gw. trus, bagasi yaris juga sempit banget.. gw butuh yang lebih luas, tapi.. garasi di rumah orang tua istri (tempat transit hari kerja) gak luas2 amat. jadilah Polo TSI ini sebgai pilihan utama gw.. gambling sih mengingat brand dan ASS nya yang.. gitu deh.. dengan rayuan maut ke istri.. alhamdulillah dapet lampu ijo



mobil dianter ke rumah pake mobil towing. kilometernya masih 2 digit. gw pake muter2 komplek aja karena blom ada platnya..

jalan2 ke cirebon
Performa
well.. sejauh ini sudah jalan 15rb kilometer. jujur aja gw gak ngerti mesin sama sekali.. cuma taunya nih mobil 1200cc pake turbo wkwkwkwk… teknisnya baca2 di thread sebelumnya/wikipedia aja ya. poin2 pengalaman gw sejauh ini:
pros:
- nih mobil enak dibawa gaspol. upshift gak kerasa pindahnya. akselerasinya terasa cepat dan bertenaga.
- ketika deselerasi, bisa dibantu engine break, pake mode D di manual, dan kalo di S bisa nahan di rpm tinggi. kalo maen engine brake, bisa lebih irit konsumsi bbm
- fuel cons, metode full to full di 10rb km pertama 1:12. terakhir isi full minggu lalu, dapet 1:14. full tank 55liter. rute gw kombinasi tol-non toll.. 70% lancar banget, 30% macet merayap. deviasi dengan mid sekitar 1l/km lebih boros realnya. minimum ron 95. biasa gw isi ron 98 (pertabo).. tapi kadang campur ron 92 (Total)

rekor mid, bdg-jkt.. jalan menurun, santai dan maen engine brake
cons:
- remnya kayak ngegelosor aja gitu.. serasa kurang gigit. pernah saya ngebut trus hard braking.. horor banget ampir nyundul mobil depan.
- engine breaknya kalo lagi jalan pelan (mode D), kerasa banget.. jadi badan kayak kelempar kedepan. paling kerasa kalo dari 2-1. jadi kalo merayap nih mobil gak enak. mending main manual aja, atau di mode S.
Handling & steering
pros:
- bicara fun to drive, jauh lebih fun dibanding 2 mobil yg pernah gw pake tsb. nyetir zigzag lebih pede dan rasanya nempel di aspal.
- limbung.. masih kerasa, tapi jauh mending lah kalo dibandingin mobil gw sebelumnya.
- lebih gampang buat disetirin istri, krn ada seat adjuster dan telescopic steering.
cons:
- setirnya lebih berat dibanding yaris bapao. tapi gak seberat captiva
- gak ada cruise control. wkwkwkkw.. mobil kutu begini emang gak ada cc nya ya?
Interior & Kenyamanan
nah dari 15rb kilometer yg udah ditempuh, nih mobil udah gw bawa nyebrang ke Palembang, trus jalan2 ke Jogja via pantura, pulang lewat jalur selatan. kalo daily route, dari ciputat-jakpus lewat JORR-pondok indah, pulang lewat tomang-JORR.
pros:
- dalem kabin lumayan senyap. tapi kalo lewat JORR, itu kebanyakan beton, kasar pula. tetep aja berisik ya.
- jok kursi baris depan cukup panjang, jadi paha tertopang semua. tinggi gw 171cm. ada height adjuster juga. jalan jauh gak capek.
- cruising 80-100kmh.. enak banget, ga ada suara mesin meraung2. rpm <2000
- joknya fabric. lebih adem di punggung.
- bagasi luas dibanding yaris bapao dulu. muat koper 22” tiga biji kalo disusun rapih, plus masih masuk stroller kecil.
- isofix.
cons:
- baris kedua sempit… buat yg tingginya >170cm. nah, baris kedua ini posisi paha gak datar karena bentuk joknya agak turun di bagian bokong, dan gak sepanjang jok baris depan. berhubung gak pernah duduk di belakang, gatau kalo duduk lama pegel atau nggak. istri gak pernah komplen sih, tapi memang lebih betah duduk di depan
- ada suara angin gemuruh, suspect gw dari spionnya. kalo jalan >100kmh jadi berisik
- jok fabric kena cairan langsung berbentuk pulau.. beberapa kali kena muntah anak bayi gw hahaha..
- bantingan… ada yang bilang “firm” yaa menurut gw, keras, stiff. tapi bukan glodakan. yang paling kerasa kalo nginjek speedbump kecil2 baris. kalo yg sering lewat ciater raya atau sekitar aeon mall tau deh, kalo dilibas >40kmh, jedar jeder dasbornya.
banyak orang yg gak suka mobil ini karena interior plastiknya. tapi kalo gw sih gak masalah, berhubung gw yg nyetir, jadi gw fokusnya ke jalan dan terlalu asik dengan setirnya..
ground clearance juga cukup sih, gw pake mobil ini gak pernah nyangkut2 gesrot di ramp manapun.
sebagai bonus informasi.. mobil ini pajaknya 3,5jt (tangsel). servis per 10rb km. untuk 10rb km pertama, gratis.. tapi nanya ke SA nya, utk servis 20rb km, sekitar 2,8jt. buset deh.. macem SUV aja.
mobil gw ini standaran aja, cuma gw tambahin arm rest, supaya santai waktu cruising. belinya di al*express, nyampenya sebulan

selain itu, gw pake roof rail dan roof box buat perjalanan jauh. berhubung mobil ini masih jarang yg pake, susah nyari barang yg khusus buat mobil ini. roof rail pake merk lokalan, dimodif dikit biar pas buat atapnya. efek sampingnya cuma gemuruh di atap mobil kalo jalan >100kmh. menurut manual, max kecepatan 130 kmh kalo lagi pake roof box.

install arm rest

install roof rail+box di de Breeze
soo.. sejauh ini gw sangat menikmati mobil ini sebagai kendaraan utama gw.. menurut gw, it’s totally worth it.
tapi belakangan ini mulai keracunan roadtrip SM.. jadi ngidam SUV hahahaa..
beberapa foto roadtrip gw.. maap seadanya aja ya

blusukan di tegal

otw ketep

pemandangan menyejukkan mata..
sekian dulu dari gw.. lebih kurangnya mohon maaf ya.. kalo ada pertanyaan seputar mobil ini, silakan tanya aja ya di thread ini.. sebisanya gw jawab.. thanks for reading!
