Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
sy bukan praktisi lawyer oom. saya cuma cuma Head of Legal, salah satu PMA di Jakarta oom.
Saya tak bisa ngasih legal opinion krn tak ada sertifikat advocate (someday I will), tapi sy bisa kasih "tips & tricks saja oom...wkwkwkw.wkwkw..
Semangat ya Om TS.
semoga cpt kelar problemnya.
ada Om Ginting tuh yg bs bantu
sy bukan praktisi lawyer oom. saya cuma cuma Head of Legal, salah satu PMA di Jakarta oom.
Saya tak bisa ngasih legal opinion krn tak ada sertifikat advocate (someday I will), tapi sy bisa kasih "tips & tricks saja oom...wkwkwkw.wkwkw..
Semangat ya Om TS.
semoga cpt kelar problemnya.
ada Om Ginting tuh yg bs bantu
saya dan kolega perna ada beberapa pengalaman TD kena masalah..
pertama, TumPlek Blek 2011, Nissan Juke, user sebelom saya sangat ceroboh.
gaspol di lapangan sempit, pas belok ga kira2 ngegasnya, pintu kanan menghajar pagar.
langsung penyok dalam dan cat putihnya langsung jadi biru.
setelah itu saya yang pakai.
langsung salesnya ngamuk2 dan jadi ga ramah.
langsung saya tanya: asuransi apa enggak?
ternyata asuransi, dan saya nanya, yang handle siapa? mas apa kantor?
dia bilang kantor yang handle.
free of charge
2nd, awal 2015, X-Trail T32 hitam
ada TD unit punya pusat yang uda pabalatak /ancur lebur, kaca retak krn ex accident dan body banyak baret padahal baru 4-5 bulan. dan 1 unit pelat putih.
adik saya dikasi yang pelat putih.
pas ditest geber di daerah Tangerang Selatan, doi diikutin sama Lancer EX polisi, dan dihentikan sama mereka.
disuru turun dari mubil, minta surat jalan, ga ada.
mubil mao dikandangin.
langsung pihak dealer di call sama sales, dan KaCab dateng ke TKP.
ternyata pihak dealer didenda karena mubil belom ada surat surat.
dendanya berapa? lumayan buat 3x makan KFC sekeluarga.
adik saya free of charge, kesalahan dealer.
ternyata sampe kemaren taun 2016 saya benerin T30 saya ke bengkel yang ada disana, T32 tsb masih jadi unit test drive.
3rd, Honda CR-V, taun 2016.
dealer keluarin stok yang belom laku, warna putih. kejadian di Jakarta Barat.
alesan dikeluarin karena bapak saya mao liat yang 2000cc dan warna putih.
show unit 2400cc Prestige warna Modern Steel.
pas dikeluarin dari parkiran, sopir ngebeset fender depan pakek jack knife yang masi ngebuka.
langsung gores tu mubil baru. gores tipis si.
sopir ama satpam uda ketakutan, dan saya sama babeh cuma nanya: ini gimana?
pihak sales bilang, biar mereka yang atur.
oke, test bawa, puter-puter dealer. lumayan bisa test reflek gas sama handling pas nanjak sambil belok.
dan saya balikin lagi, langsung dipoles sama kang poles mereka.
free of charge.
kalau memang dent / crack tsb kesalahan Anda, harusnya Anda yang mau bertanggung jawab, ga akan diperas seperti itu.
sudah jadi risiko kalo unit TD digeber abis, dan risiko juga kalo ada masalah di jalan, seharusnya bisa dipertanggungjawabkan sama dealer.
kecuali kalo dealer memberikan unit stok buat TD, atau parahnya unit punya atasan mereka / punya orang yang lagi service, saya juga perna ngalamin TD pakek unit customer yang lagi serpis pas TD Isausau dan perna juga TD pakek unit KaBeng di brand yang sama.
dan keempat mubil tsb gak saya beli, saya gak SPK, dan ga diuber-uber.
hehehehe.
semangat om. keadilan harus diperjuangkan.
Daily Warrior:
GN5 / Rallye Red / Gasoline / CVT / 2021 / Odd
MAGH10 / Black Mica / Hybrid / CVT-e / 2024 / Even
two-wheeler:
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
KR150P-SE / White / 2012
itumah diperes om walau itu mobil customers lain ttp salah dealer kenapa dijadiin unit test drive,diliat dari awal saja sudah salah dealernya masih mau ngotot minta ganti
Kalo itu mobil udh dibeli org terus dipake test drive sih salah si sales dan dealernya
Kampret bener tuh sales mau nyalahin org
Btw jadi keinget kejadian des lalu di bsd ada tabrakan mobil test drive mini vs freed parah banget ancurnya
Mungkin ada yg tau kelanjutannya?
IMG_4912.JPG
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Silahkan mengacu pada surat dan isi klausul yg sdh anda ttd tsb, bilang bahwa anda akan ikuti hal-hal yg sdh disepakati sbgmn tertuang dlm surat. Apabila mereka tidak bersedia, tidak usah digubris, dan silahkan minta mereka untuk proses hukum.
Common sense, org dealer tdk akan sebodoh itu utk ke jalur hukum hanya utk penggantian kerusakan unit yg tdk seberapa, apalagi anda prospective client mereka. Paling mereka hanya minta internal legal mereka utk somasi/push anda.
FYI untuk ke jalur hukum ke pihak penyidik, hrs ada perwakilan dari dealer untuk buat laporan dll, dan hrs runut semua kronologis segala macam yg pasti mereka tdk akan nyaman di lingkungan tsb. Yg ada, pengalaman saya, justru hrs siapkan ada potensi akan di "peras balik" oleh pihak penyidik, mengingat yg membuat laporan on behalf of big korporasi.
Kalo jalur perdata, stricly speaking mereka hanya punya bukti surat yg anda sdh ttd, which is sesuai kesepakatan awal. Jadi no chance mereka bs minta more dari yg sdh disepakati dalam proses di court nantinya.
further, Apabila sudah dalam tahap mengganggu, silahkan record semua attempt mereka, bukti percakapan, whatsapp dan jam2nya juga, dan catat dlm kronologis utk modal pada saat nanti buat surat pembaca dan/atau laporan pidana di polisi.
Tidak usah takut dan tenang saja. Hadapi saja, hitung2 belajar pengalaman menghadapi masalah supaya kedepan lebih wise.
Anda sdh benar karena sdh ada itikad baik mau tanggung jawab.
Betul om, saran saya coba diskusi dulu sama om ginting, paling tidaj jadi ngerti dimana 'posisi' om di kasus ini, dan jd ada langkah2 strategis ke depannya
Mulai saat ini, kumpulkan jg seluruh bukti percakapan, kalo ada pertemuan baiknya direkam, kalo saja kmren ada rekaman yg menunjukkan asal muasal mbl itu (punya konsumen yg belum delivery dll) pas sales dtg ke kantor pasti udah bs jadi senjata buat om sendiri untuk counter, tapi ya saya setuju harus bertanggung jawab, tapi utk nominal yg kedua belah pihak sepakat
Pengalaman saya TD mobil jg parah, salah satu city car dr korean brand, semacam box sekring di bawah kisi ac pengemudi sengaja dicopot, sehinggal mesin bs nyala tapi speedo n instrumen ga ada yg nyala, sy curiga itu mobil baru biar odo gak nambah jadi digitukan, sy langsung ilfeel sm merk itu, sy anggap aja semua mbl dibegitukan
Bisa dikaitkan dengan perlindungan konsumen gak ya kasus begini ? Ada hak konsumen yg dilanggar gak ? Kalo sampai terbukti itu mbl orang yg blm di deliver aih rasanya jd pasti ada ya
Om reinhard,bbrp bulan lalu waktu civic turbo baru launch saya mau TD ke dealer honda, waktu itu sy telp dealer yg jawab salesnya, kata dia unit sdh ada tapi blm bs buat TD krn asuransinya belum keluar. Mungkin ini bs jd pertimbangan om juga, salesnya keterlaluan menurut saya kl begitu dan sembrono
ginting wrote: Tue Apr 18, 2017 2:18
buat oom TS, sy setuju sih bahwa anda harus tanggung-jawab atas kerusakan. Tapi harusnya mereka juga sdh asuransikan, kalau ad amobil test drive, dan jangan asal comot unit jualan.
Tapi melihat apa yang dialamai oleh oom TS (dengan syarat cerita TS bener ya) koq saya merasa kayak ada unsur "pemaksaan kehendak" sama orang yang buta hukum.
Jangan mau bayar 23 juta oom. itu rasanya agak gimana gitu.
Kalau mau, saya bisa bantu.
Kirim saya lewat PM alamat email oom TS atau no HP nya biar kita bisa komunikasi private.
nanti sy akan coba review kasusnya dan siapkan defense dengan pasal pasal yang relevant dari KUH Perdata dan/atau UU Perlindungan konsumen. siapa tahu bisa membantu sesama warga SM.
ginting wrote: Tue Apr 18, 2017 2:18
buat oom TS, sy setuju sih bahwa anda harus tanggung-jawab atas kerusakan. Tapi harusnya mereka juga sdh asuransikan, kalau ad amobil test drive, dan jangan asal comot unit jualan.
Tapi melihat apa yang dialamai oleh oom TS (dengan syarat cerita TS bener ya) koq saya merasa kayak ada unsur "pemaksaan kehendak" sama orang yang buta hukum.
Jangan mau bayar 23 juta oom. itu rasanya agak gimana gitu.
Kalau mau, saya bisa bantu.
Kirim saya lewat PM alamat email oom TS atau no HP nya biar kita bisa komunikasi private.
nanti sy akan coba review kasusnya dan siapkan defense dengan pasal pasal yang relevant dari KUH Perdata dan/atau UU Perlindungan konsumen. siapa tahu bisa membantu sesama warga SM.
Setelah ngikutin thread ini, saya jadi penasaran emang kerusakannya separah apa om sampe biayanya segitu ? Beberapa minggu yang lalu juga saya baru kena musibah, mobil saya ditabrak dari belakang dan pintu bagasi + stop lamp kanan + bumper ganti baru + biaya" perbaikannya jatuhnya juga kurang lebih di angka segitu...
Quorra wrote: Tue Apr 18, 2017 14:19
Setelah ngikutin thread ini, saya jadi penasaran emang kerusakannya separah apa om sampe biayanya segitu ? Beberapa minggu yang lalu juga saya baru kena musibah, mobil saya ditabrak dari belakang dan pintu bagasi + stop lamp kanan + bumper ganti baru + biaya" perbaikannya jatuhnya juga kurang lebih di angka segitu...
Saya kepentok tiang parkir.
Kena pintu kiri belakang, di sisi pojok
Fender kiri
Footstep kiri
FYI, saat thread ini dibuat, saya langsung contact si sales untuk memberikan saya foto kerusakan mobilnya dan juga copy dari surat yang saya buat
message saya di read. Tapi foto dan copy surat tidak di email maupun di wa hingga detik ini (dia ada email kantor saya di kartu nama, jadi dia tau kalau mau email kemana)
Nggak lama, supervisornya wa saya tadi pagi sekitar jam 9-10 dan bilang bahwa beliau memiliki surat persetujuan dari saya untuk mengganti kerusakan mobil tersebut. Tapi tetep tidak ada follow up untuk foto dan surat.
Saya ingin melampirkan, namun fotonya memang tidak dikasih kesaya meski sudah saya minta
Last edited by reinhard5490 on Tue Apr 18, 2017 16:19, edited 1 time in total.
Quorra wrote: Tue Apr 18, 2017 14:19
Setelah ngikutin thread ini, saya jadi penasaran emang kerusakannya separah apa om sampe biayanya segitu ? Beberapa minggu yang lalu juga saya baru kena musibah, mobil saya ditabrak dari belakang dan pintu bagasi + stop lamp kanan + bumper ganti baru + biaya" perbaikannya jatuhnya juga kurang lebih di angka segitu...
Saya kepentok tiang parkir.
Kena pintu kiri belakang, di sisi pojok
Fender kiri
Footstep kiri
FYI, saat thread ini dibuat, saya langsung contact si sales untuk memberikan saya foto kerusakan mobilnya dan juga copy dari surat yang saya buat
message saya di read. Tapi foto dan copy surat tidak di email maupun di wa hingga detik ini (dia ada email kantor saya di kartu nama, jadi dia tau kalau mau email kemana)
Nggak lama, supervisornya telpon saya tadi pagi sekitar jam 9-10 dan bilang bahwa beliau memiliki surat persetujuan dari saya untuk mengganti kerusakan mobil tersebut. Tapi tetep tidak ada follow up untuk foto dan surat.
Saya ingin melampirkan, namun fotonya memang tidak dikasih kesaya meski sudah saya minta
Fix dikadalin itu sama sales n supervisornya
Jgn mau dipush sama mrk.krn maap ini kalo yg suka panick attack biasanya kalo dipush cenderung nurut kata mrk.intinya jgn mau nurutin macam2 pwrmintaan mrk.siapin defense kyk yg om ginting bilang.
Jeepcj71982 wrote: Tue Apr 18, 2017 8:23
Silahkan mengacu pada surat dan isi klausul yg sdh anda ttd tsb, bilang bahwa anda akan ikuti hal-hal yg sdh disepakati sbgmn tertuang dlm surat.
Apabila mereka tidak bersedia, tidak usah digubris, dan silahkan minta mereka untuk proses hukum.
Saran saya, bilang aja. Setau saya unit itu harusnya diasuransikan...kalau dia bilang ga diasuransikan karena itu unit orang, om bilang aja...apa buktinya kalau sudah punya orang....dan saya mau tau itu punya siapa. Kalau benar dia kasih tau langsung contact aja yg punya mobilnya ceritakan om dikasih TD pakai unit dia. Sekalian supaya dia komplain juga ke dealer tsb....kalau mau rame mah rame aja sekalian. Trus ganti sesuai awal deh 3jt itu
egibaio wrote: Tue Apr 18, 2017 15:28
Bisa oom, ini salesnya emang bilang apalagi
Sebagai bayangan mobil ade saya nabrak motor 2 biji + HRV satu sampe hancur skrg mulus tuh wkwkwk. Kerasa pernah nubruk aja kaga
Semoga cepat selesai urusannya om, saya baca ceritanya aja sebel wkwk. Cepet runtuh aja dah ini brand disini wkwkwkwk, seret jualan kok konsumen yg kena begini
waktu saya tanda tangan di kantor kan buat repair, setelah tanda tangan si sales menghubungi si supervisor dan mintanya jadi replace parts. Si sales bilang body monokok itu kalau penyok ya udah ga bisa diapa apain, pakainya sampai rusak atau ganti parts tadi. Saya ngomong langsung dengan si Spv, dibilangnya dia mau mobilnya bener balik 100% karena kalau di repair dia enggak bisa jual.