Bantingan Avanze E 2013 terasa keras
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 701
- Joined: Wed Sep 03, 2008 16:59
Bantingan Avanze E 2013 terasa keras
Misi sesepuh disini, mau menanyakan hal yg sebenernya udah banyak dibahas di Internet, tapi dari sekian banyak artikel/ulasan, saya ga bisa nyimpulin jawabannya karena makna berbeda ttg kata "nyaman". Untuk oom admin, bingung mau nanya dimana jadi kl salah kamar, mohon kiranya dipindahkan. Terima kasih.
Saya punya Avanza 2013 (vvti) tipe E, suspensinya saya ngerasa belakangan ini keras dan kasar. Beda sama sekitar 1 tahun yg lalu. Saat lewat poldur, kerasa sekali hentakan suspensi depan maupun belakang. Belom lagi ditambah bagian belakang sedikit "terlempar" begitu lewatin poldur tsb. Suspennsi belakang rebound 2 kali pas lewat poldur. Penumpang mobil isinya saya, istri dan 2 anak yg masih kicil2.
Saya sudah memeriksakan ke be-res, dan tidak ada tanda2 shock rusak/mati. Dicek di bengkel luarpun tidak ditemui tanda2 shock rembes dll. Tapi montir mengamini kalo suspensinya keras, ga seperti biasanya. Dan memang kedengaran suara "gluduk2" kecil dari bagian depan. Dan kalo lewat ramp jalanan (yg kaya poldur tapi kecil2 dan banyak, kadang bagian belakang nari2, kadang enggak).
Sempat tes Veloz kakak saya dgn tahun yang sama, dan kondisi sendiri, jauh lebih nyaman, padahal kilometer veloz sudah tembus 140rb (Avanza saya masih 36rb)
Saya cari2 artikel ttg suspensi Asli toyota, dan alternatif macam KYB Excell G dan KYB Ultra. Tapi dari hasil berburu informasi, dapet info yang berbeda2. Ada yang bilang suspensi asli lebih empuk dari KYB excell G(karena asli pakai tokico), ada yang bilang EXCELL G lebih empuk dari Tokico, nanya ke S&D, dia bilang excell G lebih bagus dari asli toyota (krn impor jepang). Tapi ga mention empukan mana. Saya jadi bingung.
Sempat kemarin saya intip ke kaki2 belakang avanza saya, di supensi saya tertulis "Daihatsu, dan merk Kayaba".
Ada juga yang menyarankan ganti dengan per BMW/Volvo, tapi setelah saya baca2, kompensasinya adalah mobil jadi turun dan saat full load, bagian belakang akan turun banget. Memang akan jadi lebih empuk.
Yang ingin saya tanyakan:
1. Gimana caranya supaya avanza saya jadi lebih "nyaman" (nyaman=lebih empuk, namun di jalan tol setidaknya masih relatif stabil, saya dijalan tol ga pernah zig-zag dan kecepatan selalu dibawah 100km/h)
2. Pingin pergantian shock/spring dgn yang baru, ga mau yg second ex bmw/volvo dll
3. Ga mau ketinggian mobil jadi turun
4. Ga usah hot bits, krn ini avanza harian mobil perang, sayang pake hotbit
5. Mana yg lebih empuk, Tokico / Excell G?
6. Apa sebenernya merk asli Shock Breaker yg dipakai Avanza?
7. Berfikiran untuk mengkombinasi Shock Excel G dgn per Jamex/eibach/Tien, apakah sesuai seperti yg saya harapkan? (lebih empuk dan ketinggian sama dgn std?)
8. Atau saya pasrah saja ganti shock di Be-res, dan berharap kenyamanan avanza saya akan kembali seperti setahun yang lalu?
- kondisi pemakaian Daily dengan 2 dewasa dan 2 anak (kadang 3 dewasa).
- ban pakai Turanza AR20, tekanan angin selalu rekomendasi pintu mobil (33 psi depan, 36 psi belakang, nitrogen)
Demikian, sorry kl kepanjangan, semoga ada yang bisa bantu.
Saya punya Avanza 2013 (vvti) tipe E, suspensinya saya ngerasa belakangan ini keras dan kasar. Beda sama sekitar 1 tahun yg lalu. Saat lewat poldur, kerasa sekali hentakan suspensi depan maupun belakang. Belom lagi ditambah bagian belakang sedikit "terlempar" begitu lewatin poldur tsb. Suspennsi belakang rebound 2 kali pas lewat poldur. Penumpang mobil isinya saya, istri dan 2 anak yg masih kicil2.
Saya sudah memeriksakan ke be-res, dan tidak ada tanda2 shock rusak/mati. Dicek di bengkel luarpun tidak ditemui tanda2 shock rembes dll. Tapi montir mengamini kalo suspensinya keras, ga seperti biasanya. Dan memang kedengaran suara "gluduk2" kecil dari bagian depan. Dan kalo lewat ramp jalanan (yg kaya poldur tapi kecil2 dan banyak, kadang bagian belakang nari2, kadang enggak).
Sempat tes Veloz kakak saya dgn tahun yang sama, dan kondisi sendiri, jauh lebih nyaman, padahal kilometer veloz sudah tembus 140rb (Avanza saya masih 36rb)
Saya cari2 artikel ttg suspensi Asli toyota, dan alternatif macam KYB Excell G dan KYB Ultra. Tapi dari hasil berburu informasi, dapet info yang berbeda2. Ada yang bilang suspensi asli lebih empuk dari KYB excell G(karena asli pakai tokico), ada yang bilang EXCELL G lebih empuk dari Tokico, nanya ke S&D, dia bilang excell G lebih bagus dari asli toyota (krn impor jepang). Tapi ga mention empukan mana. Saya jadi bingung.
Sempat kemarin saya intip ke kaki2 belakang avanza saya, di supensi saya tertulis "Daihatsu, dan merk Kayaba".
Ada juga yang menyarankan ganti dengan per BMW/Volvo, tapi setelah saya baca2, kompensasinya adalah mobil jadi turun dan saat full load, bagian belakang akan turun banget. Memang akan jadi lebih empuk.
Yang ingin saya tanyakan:
1. Gimana caranya supaya avanza saya jadi lebih "nyaman" (nyaman=lebih empuk, namun di jalan tol setidaknya masih relatif stabil, saya dijalan tol ga pernah zig-zag dan kecepatan selalu dibawah 100km/h)
2. Pingin pergantian shock/spring dgn yang baru, ga mau yg second ex bmw/volvo dll
3. Ga mau ketinggian mobil jadi turun
4. Ga usah hot bits, krn ini avanza harian mobil perang, sayang pake hotbit
5. Mana yg lebih empuk, Tokico / Excell G?
6. Apa sebenernya merk asli Shock Breaker yg dipakai Avanza?
7. Berfikiran untuk mengkombinasi Shock Excel G dgn per Jamex/eibach/Tien, apakah sesuai seperti yg saya harapkan? (lebih empuk dan ketinggian sama dgn std?)
8. Atau saya pasrah saja ganti shock di Be-res, dan berharap kenyamanan avanza saya akan kembali seperti setahun yang lalu?
- kondisi pemakaian Daily dengan 2 dewasa dan 2 anak (kadang 3 dewasa).
- ban pakai Turanza AR20, tekanan angin selalu rekomendasi pintu mobil (33 psi depan, 36 psi belakang, nitrogen)
Demikian, sorry kl kepanjangan, semoga ada yang bisa bantu.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 854
- Joined: Tue May 19, 2015 4:08
Re: Bantingan Avanze E 2013 terasa keras
Pagi om pilotgaruda. Saran saya sih sebelum menggelontorkan uang yg ga sedikit buat ganti semua shock dan per ada baiknya coba kurangi tekanan ban dulu om terus dirasa rasa lagi apa ada perbaikan. Karena kadang2 menurut taste saya, tekanan angin rekomendasi pabrikan kadang terlalu tinggi.
Oiya tambahan sedikit kalau mau ngejar empuk mending tokico. Kmrn saya di civic pake excel G keras bgt wkwk
Oiya tambahan sedikit kalau mau ngejar empuk mending tokico. Kmrn saya di civic pake excel G keras bgt wkwk
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Bantingan Avanze E 2013 terasa keras
agak repot nih ngeceknya. tapi kemungkinan besar sih shock breaker. ane gak tahu mana yang empuk atau gak.
coba bandingin sama veloz kakak:
1. apakah konstruksi kaki2nya sama. posisi link dan stabilizer juga perlu diperhatikan.
2. apakah part per juga sama
3. apakah part shock breaker juga sama.
kalo beda, coba ganti per dan shock breaker punya veloz.
test berikutnya, coba test dengan tambahan beban 100kg di belakang (di bagasi). apakah bantingan sudah sesuai dengnan keinginan...
coba bandingin sama veloz kakak:
1. apakah konstruksi kaki2nya sama. posisi link dan stabilizer juga perlu diperhatikan.
2. apakah part per juga sama
3. apakah part shock breaker juga sama.
kalo beda, coba ganti per dan shock breaker punya veloz.
test berikutnya, coba test dengan tambahan beban 100kg di belakang (di bagasi). apakah bantingan sudah sesuai dengnan keinginan...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11374
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Bantingan Avanze E 2013 terasa keras
butuh banyak dana, karena mobil ini terlahir dengan bantingan yang keras.
ganti per saja atau shock saja tidak akan nyelesaikan masalah.
per standar + ganti shock keras = mengurangi mentul2 dan membuat stabil saat hi speed, tapi kenyamanan berkurang.
mau nggak mau per harus diganti dengan yang ulirnya lebih rapet + ganti shock yang tingkat kekerasannya sesuai dengan yang dimau.
untuk shock, coba sambangi toko yang khusus jual shock dan oom boleh bandingkan tingkat kekerasannya antara shock standar dengan beberapa pilihan yang diajukan toko. tes sendiri ditekan pake tangan.
sent from Ericsson R310s
ganti per saja atau shock saja tidak akan nyelesaikan masalah.
per standar + ganti shock keras = mengurangi mentul2 dan membuat stabil saat hi speed, tapi kenyamanan berkurang.
mau nggak mau per harus diganti dengan yang ulirnya lebih rapet + ganti shock yang tingkat kekerasannya sesuai dengan yang dimau.
untuk shock, coba sambangi toko yang khusus jual shock dan oom boleh bandingkan tingkat kekerasannya antara shock standar dengan beberapa pilihan yang diajukan toko. tes sendiri ditekan pake tangan.
sent from Ericsson R310s
Past :
PPD213
PPD30A
PPD508
PPD P29
PPD AC21
MB 905
MB AC05
Mkrlt M01
PPD P44
MM 610
Kwnbst T512
Kpj 86
PPD AC16
B04 Kokol-BSD
D08 Putat-BSD
PUSAKA Tgr-Bgr
MB AC34
AgraMas C
PPD P45
PPD AC11
Now :
KRL
PPD213
PPD30A
PPD508
PPD P29
PPD AC21
MB 905
MB AC05
Mkrlt M01
PPD P44
MM 610
Kwnbst T512
Kpj 86
PPD AC16
B04 Kokol-BSD
D08 Putat-BSD
PUSAKA Tgr-Bgr
MB AC34
AgraMas C
PPD P45
PPD AC11
Now :
KRL
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 271
- Joined: Sun Feb 21, 2016 10:43
- Location: Surabaya
Re: Bantingan Avanze E 2013 terasa keras
Nubie cb jawab,
Pengalaman saya pernah ganti ke kayaba ultra (warna kuning), ga kerasa bedanya..
Kalau baca tulisan om TS mentul 2x, kayaknya shock belakang uda mati..
Untuk limbungnya, menurut saya cara paling efektif : taruh beban 40kg di bagasi belakang.. Jauh lebih nyaman..
IMHO
Pengalaman saya pernah ganti ke kayaba ultra (warna kuning), ga kerasa bedanya..
Kalau baca tulisan om TS mentul 2x, kayaknya shock belakang uda mati..
Untuk limbungnya, menurut saya cara paling efektif : taruh beban 40kg di bagasi belakang.. Jauh lebih nyaman..
IMHO
DD4 CVT | GE8 5AT | K3-VE
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 46
- Joined: Sun Nov 08, 2015 2:46
Re: Bantingan Avanze E 2013 terasa keras
Setahu saya umur shock avanza sekitar 3tahun dan salah satu ciri shock sdh lemah a.l bantingan tambah keras. Saran saya coba copot salah satu shock dan coba tes dengan menekannya, kalo langsung ambles dan gak balik2 lg udah saatnya ganti. Kalo saya tempo hr tes+ganti shock di shop and drive. Pake kayaba excel g (katanya sih import) efek ke mobil lebih stiff dr standarnya(efek mentul2 berkurang) dan mantap utk nikung2 agak tajam. Utk harganya lebih murah dibandingkan shock std ganti di bengkel resmi.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 153
- Joined: Wed Mar 09, 2016 5:49
Re: Bantingan Avanze E 2013 terasa keras
Saya juga pake avanza e 2008. Emang kerasa keras. Gak enak. Emang karena udah kelamaan ya. Blm pernah ganti shock. Km 50ribuan.
Pernah naik uber/grab grand new avanza veloz baru. Memang waktu jalan dengan kecepatan normal, berasa lebih empuk dan nyaman. Tapi di jalan tol dengan kecepatan tinggi > 100 kph tetap berasa gak enak, kasar. Imho.
Kepikiran juga sih cari2 paket suspensi biar tambah nyaman dan tetap stabil di kecepatan tinggi. Tapi setelah dipikir2 daripada upgrade2 blm tentu enak, mendingan dijual beli ertiga bekas. Jauh lebih nyaman. nambahnya juga gak banyak2.
Pernah naik uber/grab grand new avanza veloz baru. Memang waktu jalan dengan kecepatan normal, berasa lebih empuk dan nyaman. Tapi di jalan tol dengan kecepatan tinggi > 100 kph tetap berasa gak enak, kasar. Imho.
Kepikiran juga sih cari2 paket suspensi biar tambah nyaman dan tetap stabil di kecepatan tinggi. Tapi setelah dipikir2 daripada upgrade2 blm tentu enak, mendingan dijual beli ertiga bekas. Jauh lebih nyaman. nambahnya juga gak banyak2.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 104
- Joined: Sun Apr 19, 2015 8:38
Re: Bantingan Avanze E 2013 terasa keras
mobil saya jazz pake shock merk monroe jd empuk tp kalo lewat polisi tidur malah jd mentok :mky_04. sblmny jrg2 mentok kalo lewat polisi tidur pas pakai shock bawaan nya, skrg mlh sering mentok. semoga membantu om
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 561
- Joined: Sun Nov 23, 2014 5:25
Re: Bantingan Avanze E 2013 terasa keras
Coba om seragamin tekanan ban belakangnya jd 33 seperti depan
Mudah2an cukup terasa efeknya
Toh ga full load bawa barang
Atau diratain semua 32 aja
Mudah2an cukup terasa efeknya
Toh ga full load bawa barang
Atau diratain semua 32 aja
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 52
- Joined: Mon Oct 15, 2012 4:13
Re: Bantingan Avanze E 2013 terasa keras
Klo ga salah,avanza shock lembut tapi per keras. Jadi klo mau tes,awal2 ganti tekanan ban ke 32 smua depan blakang. Klo masih keras juga,bisa coba pernya dipakai karet damper kayak valen,dsb.klo masih ga nyaman juga,bru ganti shock ato per.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 307
- Joined: Wed Feb 24, 2016 9:01
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 341
- Joined: Fri Nov 27, 2009 11:24
Re: Bantingan Avanze E 2013 terasa keras
Kalo bantingan jedak-jeduk jangan salahin shocknya. Salahin pernya. Cukup ganti per belakangnya avanza pake per belakangnya punya terios ato rush kelar deh masalah. Klo goyang dombret baru silahkan salahin shocknya.
Diesel in my head
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 701
- Joined: Wed Sep 03, 2008 16:59
Re: Bantingan Avanze E 2013 terasa keras
Pagi juga oom, tekanan ban udah dikurangi. Ketemu pot hole memang jadi sedikit lebi nyaman, tapi tetep keras. Ane suspect ban ane (turanza AR20). Iya, ane denger juga tokico lebih empukegibaio wrote: ↑Tue Feb 21, 2017 2:41 Pagi om pilotgaruda. Saran saya sih sebelum menggelontorkan uang yg ga sedikit buat ganti semua shock dan per ada baiknya coba kurangi tekanan ban dulu om terus dirasa rasa lagi apa ada perbaikan. Karena kadang2 menurut taste saya, tekanan angin rekomendasi pabrikan kadang terlalu tinggi.
Oiya tambahan sedikit kalau mau ngejar empuk mending tokico. Kmrn saya di civic pake excel G keras bgt wkwk
Kalo mobil full load, emang mentul2nya jadi berkurang banget. Tapi efek jeduknya masih keras. Suspect ke ban ane. Tekanan udah dikurangi tapi masih keras jeduk.maskopat wrote: ↑Tue Feb 21, 2017 7:15 agak repot nih ngeceknya. tapi kemungkinan besar sih shock breaker. ane gak tahu mana yang empuk atau gak.
coba bandingin sama veloz kakak:
1. apakah konstruksi kaki2nya sama. posisi link dan stabilizer juga perlu diperhatikan.
2. apakah part per juga sama
3. apakah part shock breaker juga sama.
kalo beda, coba ganti per dan shock breaker punya veloz.
test berikutnya, coba test dengan tambahan beban 100kg di belakang (di bagasi). apakah bantingan sudah sesuai dengnan keinginan...
Memang belum sempet buka shock utk chek. Tapi masalahnya bantingan mental2 dan ga enak baru kejadian 2 taun belakangan. Awal2 masih enak dan ga separah sekarang. Ane yakin pasti ada yg worn out, tapi apa itu?marmut wrote: ↑Tue Feb 21, 2017 7:52 butuh banyak dana, karena mobil ini terlahir dengan bantingan yang keras.
ganti per saja atau shock saja tidak akan nyelesaikan masalah.
per standar + ganti shock keras = mengurangi mentul2 dan membuat stabil saat hi speed, tapi kenyamanan berkurang.
mau nggak mau per harus diganti dengan yang ulirnya lebih rapet + ganti shock yang tingkat kekerasannya sesuai dengan yang dimau.
untuk shock, coba sambangi toko yang khusus jual shock dan oom boleh bandingkan tingkat kekerasannya antara shock standar dengan beberapa pilihan yang diajukan toko. tes sendiri ditekan pake tangan.
sent from Ericsson R310s
Ultra kata bengkel sih keras, utk manuver bagus. suspect ane juga shock belakang dah mati. btw kl mobil full loaded emang jadi better. Cuma utk daily bawa 40kg karung dibelakang kayaknya gimana gitu, hehehe.Yonatanw wrote: ↑Tue Feb 21, 2017 8:16 Nubie cb jawab,
Pengalaman saya pernah ganti ke kayaba ultra (warna kuning), ga kerasa bedanya..
Kalau baca tulisan om TS mentul 2x, kayaknya shock belakang uda mati..
Untuk limbungnya, menurut saya cara paling efektif : taruh beban 40kg di bagasi belakang.. Jauh lebih nyaman..
IMHO
Orang bengkel jg bilang gitu, ciri awal bantingan mobil jadi keras, nanti lama2 baru ngayun dan kemudian keluar rembesan oli. Cuma emang belom sempet tes copot shock belakang oom. btw, pake excel g lebih empuk ga? soalnya orang S&D bilang excell g lebih empuk dari standar.inu83 wrote: ↑Tue Feb 21, 2017 9:21 Setahu saya umur shock avanza sekitar 3tahun dan salah satu ciri shock sdh lemah a.l bantingan tambah keras. Saran saya coba copot salah satu shock dan coba tes dengan menekannya, kalo langsung ambles dan gak balik2 lg udah saatnya ganti. Kalo saya tempo hr tes+ganti shock di shop and drive. Pake kayaba excel g (katanya sih import) efek ke mobil lebih stiff dr standarnya(efek mentul2 berkurang) dan mantap utk nikung2 agak tajam. Utk harganya lebih murah dibandingkan shock std ganti di bengkel resmi.
Hahaha, sama oom, kepikiran buat tuker tambah aja drpd penyakit ga terpecahkan. Cm sayang juga jual avanza ane, nilai historisnya tinggi soaleJupiemx99 wrote: ↑Tue Feb 21, 2017 10:26 Saya juga pake avanza e 2008. Emang kerasa keras. Gak enak. Emang karena udah kelamaan ya. Blm pernah ganti shock. Km 50ribuan.
Pernah naik uber/grab grand new avanza veloz baru. Memang waktu jalan dengan kecepatan normal, berasa lebih empuk dan nyaman. Tapi di jalan tol dengan kecepatan tinggi > 100 kph tetap berasa gak enak, kasar. Imho.
Kepikiran juga sih cari2 paket suspensi biar tambah nyaman dan tetap stabil di kecepatan tinggi. Tapi setelah dipikir2 daripada upgrade2 blm tentu enak, mendingan dijual beli ertiga bekas. Jauh lebih nyaman. nambahnya juga gak banyak2.
iya sih, konsekuensi pake shock empuk bakalan gampang mentok. btw monroe kayaknya lebih mahal ya?
udah oom, mentulnya ga ilang, cuma jeduk2 pas lewat pot hole aga berkurang. Masih keras kayaknya emang dari karakter ban sekarang (turanza AR20)ransyah1234 wrote: ↑Tue Feb 21, 2017 12:03 Coba om seragamin tekanan ban belakangnya jd 33 seperti depan
Mudah2an cukup terasa efeknya
Toh ga full load bawa barang
Atau diratain semua 32 aja
pingin coba sih oom, tapi valen damper harganya juga lumayan. Mendekati harga shock belakang avanza
Yup setuju banget, cuma masalahnya ini jadi ga enak bantingannya 2 tahun belakangan. pasti ada yang worn out. Kalau suspect per, setau saya per ga bisa rusak/berubah struktur. Kecuali mungkin salah pasang. Cuma ini masih standar pabrikan.diesel mania wrote: ↑Sat Apr 08, 2017 8:17 Kalo bantingan jedak-jeduk jangan salahin shocknya. Salahin pernya. Cukup ganti per belakangnya avanza pake per belakangnya punya terios ato rush kelar deh masalah. Klo goyang dombret baru silahkan salahin shocknya.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 812
- Joined: Tue Feb 02, 2016 3:34
- Location: +62-21
- Daily Vehicle: K I J A N G
Re: Bantingan Avanze E 2013 terasa keras
1. kebetulan dulu pelos maupun apansa lama saya sempet pakek AR20. ini ban grip nya emang enak, ga terlalu berisik, tapi harusnya doi ga keras kok. tekanan angin coba kasi 31-35, depan 31 belakang 35. kalo dirasa keempukan di depan, depan 32 belakang 35. atau kalo belakang berasa keras, depan 32 belakang 34. kalo dulu saya di pelos 32-35, apansa lama 31-35.pilotgaruda wrote: ↑Sun Apr 09, 2017 23:30 Pagi juga oom, tekanan ban udah dikurangi. Ketemu pot hole memang jadi sedikit lebi nyaman, tapi tetep keras. Ane suspect ban ane (turanza AR20). Iya, ane denger juga tokico lebih empuk
Kalo mobil full load, emang mentul2nya jadi berkurang banget. Tapi efek jeduknya masih keras. Suspect ke ban ane. Tekanan udah dikurangi tapi masih keras jeduk.
Memang belum sempet buka shock utk chek. Tapi masalahnya bantingan mental2 dan ga enak baru kejadian 2 taun belakangan. Awal2 masih enak dan ga separah sekarang. Ane yakin pasti ada yg worn out, tapi apa itu?
Ultra kata bengkel sih keras, utk manuver bagus. suspect ane juga shock belakang dah mati. btw kl mobil full loaded emang jadi better. Cuma utk daily bawa 40kg karung dibelakang kayaknya gimana gitu, hehehe.
Orang bengkel jg bilang gitu, ciri awal bantingan mobil jadi keras, nanti lama2 baru ngayun dan kemudian keluar rembesan oli. Cuma emang belom sempet tes copot shock belakang oom. btw, pake excel g lebih empuk ga? soalnya orang S&D bilang excell g lebih empuk dari standar.
Hahaha, sama oom, kepikiran buat tuker tambah aja drpd penyakit ga terpecahkan. Cm sayang juga jual avanza ane, nilai historisnya tinggi soale
iya sih, konsekuensi pake shock empuk bakalan gampang mentok. btw monroe kayaknya lebih mahal ya?
udah oom, mentulnya ga ilang, cuma jeduk2 pas lewat pot hole aga berkurang. Masih keras kayaknya emang dari karakter ban sekarang (turanza AR20)
pingin coba sih oom, tapi valen damper harganya juga lumayan. Mendekati harga shock belakang avanza
Yup setuju banget, cuma masalahnya ini jadi ga enak bantingannya 2 tahun belakangan. pasti ada yang worn out. Kalau suspect per, setau saya per ga bisa rusak/berubah struktur. Kecuali mungkin salah pasang. Cuma ini masih standar pabrikan.
2. efek jeduk kalo penumpang full karena sokbreker uda ga maen / uda sampe batas kekuatan menahan beban. kalo dipake sendiri bisa jeduk juga, alamat sokbreker belakang uda mati.
3. berapa kali pelihara apansa, biasanya sokbreker asli bawaan pabrik belakang mati di sekitar 40rb km / 3 tahun.
4. KYB Ultra ga enak, perna coba punya temen, keras bener bantingannya. stiff sih stiff tapi keterlaluan kalo menurut saya. kayak naek gerobak.
5. excel G perna coba di punya temen juga, bantingan lebi keras dikit dari standard, tapi ga separah ultra. durabilitynya mantep kalo Excel-G.
6. Monroe GasMatic terakhir beli 550rb di Istana Atrium. asli Daihatsu / Toyota 400rb. itu harga tahun 2015. Gas-Reflex di 900 ribuan, mendekati KYB Excel-G, di stamx, taun 2015 juga.
7. per keong mah jarang lemah om kalo belom diatas 10 taun umur mubilnya.
dari pengalaman gonta ganti shock belakang sih, mulai punya sendiri sampe pinjem punya temen, yang kelas dibawah sejeti, urutannya:
keras ke empuk: KYB Ultra > KYB Excel-G > Monroe Gas-Reflex > Tokico Dual Action > Ori Daihatsu = KYB Premium > Monroe GasMatic
stabil ke limbung: KYB Excel G > Monroe Gas-Reflex > Tokico Dual Action > KYB Ultra > Monroe GasMatic > KYB Premium = Ori Daihatsu
kalo nemu Monroe Gas-Reflex sih IMHO enak tuh sokbreker dipakenya, stabil dapet, empuk lumayan dapet. Tokico juga enak, stabil dapet, empuk masi dapet.
kalo mao bener2 empuk, GasMatic, empuk bener tu shock. tapi kalo diisi full ya pasti mentok dan pasti turun. pas cornering juga kurang enak, even masi anteng di jalan lurus. karena bokongnya agak turun.
btw all new avanza sokbreker depannya cuma ada 1 produk, merek Showa, belom ada replacementnya. agak ringkih dan mahal bener, sepasang 1.3 juta. sama punya X-Trail mahalan sokbreker apansa.
Daily Warrior:
MAGH10 / Black / Hybrid / CVT-e / 2023
GUN140 / Black / Diesel / 6AT / 2016
two-wheeler:
KR150P-SE / White / 2012
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
MAGH10 / Black / Hybrid / CVT-e / 2023
GUN140 / Black / Diesel / 6AT / 2016
two-wheeler:
KR150P-SE / White / 2012
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 812
- Joined: Tue Feb 02, 2016 3:34
- Location: +62-21
- Daily Vehicle: K I J A N G
Re: Bantingan Avanze E 2013 terasa keras
btw setau saya sokbreker aslinya avanza pake KYB, maybe OEM nya KYB Premium yang tabung item.
Daily Warrior:
MAGH10 / Black / Hybrid / CVT-e / 2023
GUN140 / Black / Diesel / 6AT / 2016
two-wheeler:
KR150P-SE / White / 2012
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
MAGH10 / Black / Hybrid / CVT-e / 2023
GUN140 / Black / Diesel / 6AT / 2016
two-wheeler:
KR150P-SE / White / 2012
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 701
- Joined: Wed Sep 03, 2008 16:59
Re: Bantingan Avanze E 2013 terasa keras
Oom, manteb banget jawabannya. Lebih jelas daripada googling di forum2.vulvy8858 wrote: ↑Tue Apr 11, 2017 4:22
1. kebetulan dulu pelos maupun apansa lama saya sempet pakek AR20. ini ban grip nya emang enak, ga terlalu berisik, tapi harusnya doi ga keras kok. tekanan angin coba kasi 31-35, depan 31 belakang 35. kalo dirasa keempukan di depan, depan 32 belakang 35. atau kalo belakang berasa keras, depan 32 belakang 34. kalo dulu saya di pelos 32-35, apansa lama 31-35.
2. efek jeduk kalo penumpang full karena sokbreker uda ga maen / uda sampe batas kekuatan menahan beban. kalo dipake sendiri bisa jeduk juga, alamat sokbreker belakang uda mati.
3. berapa kali pelihara apansa, biasanya sokbreker asli bawaan pabrik belakang mati di sekitar 40rb km / 3 tahun.
4. KYB Ultra ga enak, perna coba punya temen, keras bener bantingannya. stiff sih stiff tapi keterlaluan kalo menurut saya. kayak naek gerobak.
5. excel G perna coba di punya temen juga, bantingan lebi keras dikit dari standard, tapi ga separah ultra. durabilitynya mantep kalo Excel-G.
6. Monroe GasMatic terakhir beli 550rb di Istana Atrium. asli Daihatsu / Toyota 400rb. itu harga tahun 2015. Gas-Reflex di 900 ribuan, mendekati KYB Excel-G, di stamx, taun 2015 juga.
7. per keong mah jarang lemah om kalo belom diatas 10 taun umur mubilnya.
dari pengalaman gonta ganti shock belakang sih, mulai punya sendiri sampe pinjem punya temen, yang kelas dibawah sejeti, urutannya:
keras ke empuk: KYB Ultra > KYB Excel-G > Monroe Gas-Reflex > Tokico Dual Action > Ori Daihatsu = KYB Premium > Monroe GasMatic
stabil ke limbung: KYB Excel G > Monroe Gas-Reflex > Tokico Dual Action > KYB Ultra > Monroe GasMatic > KYB Premium = Ori Daihatsu
kalo nemu Monroe Gas-Reflex sih IMHO enak tuh sokbreker dipakenya, stabil dapet, empuk lumayan dapet. Tokico juga enak, stabil dapet, empuk masi dapet.
kalo mao bener2 empuk, GasMatic, empuk bener tu shock. tapi kalo diisi full ya pasti mentok dan pasti turun. pas cornering juga kurang enak, even masi anteng di jalan lurus. karena bokongnya agak turun.
btw all new avanza sokbreker depannya cuma ada 1 produk, merek Showa, belom ada replacementnya. agak ringkih dan mahal bener, sepasang 1.3 juta. sama punya X-Trail mahalan sokbreker apansa.
sepertinya paling imbang ya si monroe gas reflex itu ya, ato ga tokico dual action. Sepertinya kyb ultra big nono ya, udah keras, limbung pula
tengkyu banget ya oom, saya mulai cari2 deh referensi monroe / tokico.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 282
- Joined: Fri Feb 10, 2017 6:26
- Daily Vehicle: CRV
Re: Bantingan Avanze E 2013 terasa keras
Tapi kayanya rata rata papanja suspensinya gitu, saya ada papanja 2007 klo jalan ajrut ajrutan. Coba punya temen papanja 2009. Sama juga. Jadi ininya ini mobil tahan banting, tapi yg naikinnya rasanya kebanting banting
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 804
- Joined: Thu Aug 27, 2009 4:59
- Location: Serpong
- Daily Vehicle: Brio Dipanjangin
Re: Bantingan Avanze E 2013 terasa keras
mendingan ke ahli per om trus minta dicek bongkar. lebih enak yang ada jual shock buat avanza juga, bisa minta langsung test bedanya antara yang lama dengan yang baru.
kadang bingung juga sama shock absorber mobil umur pakainya sebenarnya rata-rata berapa lama ya? mobilio saya juga berasa banget goyang kiri kanan pas lewatin jalan gak mulus, tapi coba mobilio yang lain yang KM jauh lebih tinggi daripada punya sy malah gak goyang.
kadang bingung juga sama shock absorber mobil umur pakainya sebenarnya rata-rata berapa lama ya? mobilio saya juga berasa banget goyang kiri kanan pas lewatin jalan gak mulus, tapi coba mobilio yang lain yang KM jauh lebih tinggi daripada punya sy malah gak goyang.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 701
- Joined: Wed Sep 03, 2008 16:59
Re: Bantingan Avanze E 2013 terasa keras
Soalnya 2 taun lalu ga sekeras ini. jadi pasti ada yg ga beres
Kadang ke ahli per, definisi nyaman dia sama saya beda. Pernah mobil yg lama, minta nyaman, dikasih dia set per empuk sama shock keras. Enak sih nyaman, tapi mobil jadi dongak. Alhasil balik lagi ke bengkelnya. Waktu itu di sesepuh per di cawang sama si Akong terminal per. Maunya ga ganti per. Minimal balik kaya dulu lagi dah cukup.Kaleng wrote: ↑Tue Apr 11, 2017 10:30 mendingan ke ahli per om trus minta dicek bongkar. lebih enak yang ada jual shock buat avanza juga, bisa minta langsung test bedanya antara yang lama dengan yang baru.
kadang bingung juga sama shock absorber mobil umur pakainya sebenarnya rata-rata berapa lama ya? mobilio saya juga berasa banget goyang kiri kanan pas lewatin jalan gak mulus, tapi coba mobilio yang lain yang KM jauh lebih tinggi daripada punya sy malah gak goyang.
umur per kayaknya beda2, ada yg 3 taun, 4 taun. Tergantung medan. Avanza kakak udah 140rb km blom ganti shock masih enak (lewat tol mulu). Mobil saya baru 35rbkm tahun yg sama kaya avanza kakak udah ajrut2an (sering jalan dalem kota yg kriting2.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 282
- Joined: Fri Feb 10, 2017 6:26
- Daily Vehicle: CRV
Re: Bantingan Avanze E 2013 terasa keras
pilotgaruda wrote: ↑Tue Apr 11, 2017 10:48Soalnya 2 taun lalu ga sekeras ini. jadi pasti ada yg ga beres
Kadang ke ahli per, definisi nyaman dia sama saya beda. Pernah mobil yg lama, minta nyaman, dikasih dia set per empuk sama shock keras. Enak sih nyaman, tapi mobil jadi dongak. Alhasil balik lagi ke bengkelnya. Waktu itu di sesepuh per di cawang sama si Akong terminal per. Maunya ga ganti per. Minimal balik kaya dulu lagi dah cukup.Kaleng wrote: ↑Tue Apr 11, 2017 10:30 mendingan ke ahli per om trus minta dicek bongkar. lebih enak yang ada jual shock buat avanza juga, bisa minta langsung test bedanya antara yang lama dengan yang baru.
kadang bingung juga sama shock absorber mobil umur pakainya sebenarnya rata-rata berapa lama ya? mobilio saya juga berasa banget goyang kiri kanan pas lewatin jalan gak mulus, tapi coba mobilio yang lain yang KM jauh lebih tinggi daripada punya sy malah gak goyang.
umur per kayaknya beda2, ada yg 3 taun, 4 taun. Tergantung medan. Avanza kakak udah 140rb km blom ganti shock masih enak (lewat tol mulu). Mobil saya baru 35rbkm tahun yg sama kaya avanza kakak udah ajrut2an (sering jalan dalem kota yg kriting2.
Kalo solusi irit sih biasanya tukang kaki kaki di bandung, di jalan cikawao biasanya ditawarin suntik shock kk.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 701
- Joined: Wed Sep 03, 2008 16:59
Re: Bantingan Avanze E 2013 terasa keras
Waduh, kejauhan oom bandung. Saya posisi Jakarta, btw thanks infonya. Pinginnya ganti aja.arief225 wrote: ↑Tue Apr 11, 2017 13:26pilotgaruda wrote: ↑Tue Apr 11, 2017 10:48Soalnya 2 taun lalu ga sekeras ini. jadi pasti ada yg ga beres
Kadang ke ahli per, definisi nyaman dia sama saya beda. Pernah mobil yg lama, minta nyaman, dikasih dia set per empuk sama shock keras. Enak sih nyaman, tapi mobil jadi dongak. Alhasil balik lagi ke bengkelnya. Waktu itu di sesepuh per di cawang sama si Akong terminal per. Maunya ga ganti per. Minimal balik kaya dulu lagi dah cukup.Kaleng wrote: ↑Tue Apr 11, 2017 10:30 mendingan ke ahli per om trus minta dicek bongkar. lebih enak yang ada jual shock buat avanza juga, bisa minta langsung test bedanya antara yang lama dengan yang baru.
kadang bingung juga sama shock absorber mobil umur pakainya sebenarnya rata-rata berapa lama ya? mobilio saya juga berasa banget goyang kiri kanan pas lewatin jalan gak mulus, tapi coba mobilio yang lain yang KM jauh lebih tinggi daripada punya sy malah gak goyang.
umur per kayaknya beda2, ada yg 3 taun, 4 taun. Tergantung medan. Avanza kakak udah 140rb km blom ganti shock masih enak (lewat tol mulu). Mobil saya baru 35rbkm tahun yg sama kaya avanza kakak udah ajrut2an (sering jalan dalem kota yg kriting2.
Kalo solusi irit sih biasanya tukang kaki kaki di bandung, di jalan cikawao biasanya ditawarin suntik shock kk.
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Thu Jun 21, 2018 8:25
Re: Bantingan Avanze E 2013 terasa keras
[spoiler=avanza]
numpang tanya om, monroe gas-reflex itu yang kotaknya warna hitam dengan strip/tulisan warna kuning bukan? yg tulisannya monroe OESpectrum?
[/spoiler]vulvy8858 wrote: ↑Tue Apr 11, 2017 4:221. kebetulan dulu pelos maupun apansa lama saya sempet pakek AR20. ini ban grip nya emang enak, ga terlalu berisik, tapi harusnya doi ga keras kok. tekanan angin coba kasi 31-35, depan 31 belakang 35. kalo dirasa keempukan di depan, depan 32 belakang 35. atau kalo belakang berasa keras, depan 32 belakang 34. kalo dulu saya di pelos 32-35, apansa lama 31-35.pilotgaruda wrote: ↑Sun Apr 09, 2017 23:30 Pagi juga oom, tekanan ban udah dikurangi. Ketemu pot hole memang jadi sedikit lebi nyaman, tapi tetep keras. Ane suspect ban ane (turanza AR20). Iya, ane denger juga tokico lebih empuk
Kalo mobil full load, emang mentul2nya jadi berkurang banget. Tapi efek jeduknya masih keras. Suspect ke ban ane. Tekanan udah dikurangi tapi masih keras jeduk.
Memang belum sempet buka shock utk chek. Tapi masalahnya bantingan mental2 dan ga enak baru kejadian 2 taun belakangan. Awal2 masih enak dan ga separah sekarang. Ane yakin pasti ada yg worn out, tapi apa itu?
Ultra kata bengkel sih keras, utk manuver bagus. suspect ane juga shock belakang dah mati. btw kl mobil full loaded emang jadi better. Cuma utk daily bawa 40kg karung dibelakang kayaknya gimana gitu, hehehe.
Orang bengkel jg bilang gitu, ciri awal bantingan mobil jadi keras, nanti lama2 baru ngayun dan kemudian keluar rembesan oli. Cuma emang belom sempet tes copot shock belakang oom. btw, pake excel g lebih empuk ga? soalnya orang S&D bilang excell g lebih empuk dari standar.
Hahaha, sama oom, kepikiran buat tuker tambah aja drpd penyakit ga terpecahkan. Cm sayang juga jual avanza ane, nilai historisnya tinggi soale
iya sih, konsekuensi pake shock empuk bakalan gampang mentok. btw monroe kayaknya lebih mahal ya?
udah oom, mentulnya ga ilang, cuma jeduk2 pas lewat pot hole aga berkurang. Masih keras kayaknya emang dari karakter ban sekarang (turanza AR20)
pingin coba sih oom, tapi valen damper harganya juga lumayan. Mendekati harga shock belakang avanza
Yup setuju banget, cuma masalahnya ini jadi ga enak bantingannya 2 tahun belakangan. pasti ada yang worn out. Kalau suspect per, setau saya per ga bisa rusak/berubah struktur. Kecuali mungkin salah pasang. Cuma ini masih standar pabrikan.
2. efek jeduk kalo penumpang full karena sokbreker uda ga maen / uda sampe batas kekuatan menahan beban. kalo dipake sendiri bisa jeduk juga, alamat sokbreker belakang uda mati.
3. berapa kali pelihara apansa, biasanya sokbreker asli bawaan pabrik belakang mati di sekitar 40rb km / 3 tahun.
4. KYB Ultra ga enak, perna coba punya temen, keras bener bantingannya. stiff sih stiff tapi keterlaluan kalo menurut saya. kayak naek gerobak.
5. excel G perna coba di punya temen juga, bantingan lebi keras dikit dari standard, tapi ga separah ultra. durabilitynya mantep kalo Excel-G.
6. Monroe GasMatic terakhir beli 550rb di Istana Atrium. asli Daihatsu / Toyota 400rb. itu harga tahun 2015. Gas-Reflex di 900 ribuan, mendekati KYB Excel-G, di stamx, taun 2015 juga.
7. per keong mah jarang lemah om kalo belom diatas 10 taun umur mubilnya.
dari pengalaman gonta ganti shock belakang sih, mulai punya sendiri sampe pinjem punya temen, yang kelas dibawah sejeti, urutannya:
keras ke empuk: KYB Ultra > KYB Excel-G > Monroe Gas-Reflex > Tokico Dual Action > Ori Daihatsu = KYB Premium > Monroe GasMatic
stabil ke limbung: KYB Excel G > Monroe Gas-Reflex > Tokico Dual Action > KYB Ultra > Monroe GasMatic > KYB Premium = Ori Daihatsu
kalo nemu Monroe Gas-Reflex sih IMHO enak tuh sokbreker dipakenya, stabil dapet, empuk lumayan dapet. Tokico juga enak, stabil dapet, empuk masi dapet.
kalo mao bener2 empuk, GasMatic, empuk bener tu shock. tapi kalo diisi full ya pasti mentok dan pasti turun. pas cornering juga kurang enak, even masi anteng di jalan lurus. karena bokongnya agak turun.
btw all new avanza sokbreker depannya cuma ada 1 produk, merek Showa, belom ada replacementnya. agak ringkih dan mahal bener, sepasang 1.3 juta. sama punya X-Trail mahalan sokbreker apansa.
numpang tanya om, monroe gas-reflex itu yang kotaknya warna hitam dengan strip/tulisan warna kuning bukan? yg tulisannya monroe OESpectrum?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 812
- Joined: Tue Feb 02, 2016 3:34
- Location: +62-21
- Daily Vehicle: K I J A N G
Re: Bantingan Avanze E 2013 terasa keras
betul om..matt040 wrote: ↑Thu Jun 21, 2018 8:34 [spoiler=avanza][/spoiler]vulvy8858 wrote: ↑Tue Apr 11, 2017 4:221. kebetulan dulu pelos maupun apansa lama saya sempet pakek AR20. ini ban grip nya emang enak, ga terlalu berisik, tapi harusnya doi ga keras kok. tekanan angin coba kasi 31-35, depan 31 belakang 35. kalo dirasa keempukan di depan, depan 32 belakang 35. atau kalo belakang berasa keras, depan 32 belakang 34. kalo dulu saya di pelos 32-35, apansa lama 31-35.pilotgaruda wrote: ↑Sun Apr 09, 2017 23:30 Pagi juga oom, tekanan ban udah dikurangi. Ketemu pot hole memang jadi sedikit lebi nyaman, tapi tetep keras. Ane suspect ban ane (turanza AR20). Iya, ane denger juga tokico lebih empuk
Kalo mobil full load, emang mentul2nya jadi berkurang banget. Tapi efek jeduknya masih keras. Suspect ke ban ane. Tekanan udah dikurangi tapi masih keras jeduk.
Memang belum sempet buka shock utk chek. Tapi masalahnya bantingan mental2 dan ga enak baru kejadian 2 taun belakangan. Awal2 masih enak dan ga separah sekarang. Ane yakin pasti ada yg worn out, tapi apa itu?
Ultra kata bengkel sih keras, utk manuver bagus. suspect ane juga shock belakang dah mati. btw kl mobil full loaded emang jadi better. Cuma utk daily bawa 40kg karung dibelakang kayaknya gimana gitu, hehehe.
Orang bengkel jg bilang gitu, ciri awal bantingan mobil jadi keras, nanti lama2 baru ngayun dan kemudian keluar rembesan oli. Cuma emang belom sempet tes copot shock belakang oom. btw, pake excel g lebih empuk ga? soalnya orang S&D bilang excell g lebih empuk dari standar.
Hahaha, sama oom, kepikiran buat tuker tambah aja drpd penyakit ga terpecahkan. Cm sayang juga jual avanza ane, nilai historisnya tinggi soale
iya sih, konsekuensi pake shock empuk bakalan gampang mentok. btw monroe kayaknya lebih mahal ya?
udah oom, mentulnya ga ilang, cuma jeduk2 pas lewat pot hole aga berkurang. Masih keras kayaknya emang dari karakter ban sekarang (turanza AR20)
pingin coba sih oom, tapi valen damper harganya juga lumayan. Mendekati harga shock belakang avanza
Yup setuju banget, cuma masalahnya ini jadi ga enak bantingannya 2 tahun belakangan. pasti ada yang worn out. Kalau suspect per, setau saya per ga bisa rusak/berubah struktur. Kecuali mungkin salah pasang. Cuma ini masih standar pabrikan.
2. efek jeduk kalo penumpang full karena sokbreker uda ga maen / uda sampe batas kekuatan menahan beban. kalo dipake sendiri bisa jeduk juga, alamat sokbreker belakang uda mati.
3. berapa kali pelihara apansa, biasanya sokbreker asli bawaan pabrik belakang mati di sekitar 40rb km / 3 tahun.
4. KYB Ultra ga enak, perna coba punya temen, keras bener bantingannya. stiff sih stiff tapi keterlaluan kalo menurut saya. kayak naek gerobak.
5. excel G perna coba di punya temen juga, bantingan lebi keras dikit dari standard, tapi ga separah ultra. durabilitynya mantep kalo Excel-G.
6. Monroe GasMatic terakhir beli 550rb di Istana Atrium. asli Daihatsu / Toyota 400rb. itu harga tahun 2015. Gas-Reflex di 900 ribuan, mendekati KYB Excel-G, di stamx, taun 2015 juga.
7. per keong mah jarang lemah om kalo belom diatas 10 taun umur mubilnya.
dari pengalaman gonta ganti shock belakang sih, mulai punya sendiri sampe pinjem punya temen, yang kelas dibawah sejeti, urutannya:
keras ke empuk: KYB Ultra > KYB Excel-G > Monroe Gas-Reflex > Tokico Dual Action > Ori Daihatsu = KYB Premium > Monroe GasMatic
stabil ke limbung: KYB Excel G > Monroe Gas-Reflex > Tokico Dual Action > KYB Ultra > Monroe GasMatic > KYB Premium = Ori Daihatsu
kalo nemu Monroe Gas-Reflex sih IMHO enak tuh sokbreker dipakenya, stabil dapet, empuk lumayan dapet. Tokico juga enak, stabil dapet, empuk masi dapet.
kalo mao bener2 empuk, GasMatic, empuk bener tu shock. tapi kalo diisi full ya pasti mentok dan pasti turun. pas cornering juga kurang enak, even masi anteng di jalan lurus. karena bokongnya agak turun.
btw all new avanza sokbreker depannya cuma ada 1 produk, merek Showa, belom ada replacementnya. agak ringkih dan mahal bener, sepasang 1.3 juta. sama punya X-Trail mahalan sokbreker apansa.
numpang tanya om, monroe gas-reflex itu yang kotaknya warna hitam dengan strip/tulisan warna kuning bukan? yg tulisannya monroe OESpectrum?
Daily Warrior:
MAGH10 / Black / Hybrid / CVT-e / 2023
GUN140 / Black / Diesel / 6AT / 2016
two-wheeler:
KR150P-SE / White / 2012
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
MAGH10 / Black / Hybrid / CVT-e / 2023
GUN140 / Black / Diesel / 6AT / 2016
two-wheeler:
KR150P-SE / White / 2012
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 304
- Joined: Wed May 11, 2016 8:40
Re: Bantingan Avanze E 2013 terasa keras
nimbrung ahvulvy8858 wrote: ↑Tue Apr 11, 2017 4:22
1. kebetulan dulu pelos maupun apansa lama saya sempet pakek AR20. ini ban grip nya emang enak, ga terlalu berisik, tapi harusnya doi ga keras kok. tekanan angin coba kasi 31-35, depan 31 belakang 35. kalo dirasa keempukan di depan, depan 32 belakang 35. atau kalo belakang berasa keras, depan 32 belakang 34. kalo dulu saya di pelos 32-35, apansa lama 31-35.
2. efek jeduk kalo penumpang full karena sokbreker uda ga maen / uda sampe batas kekuatan menahan beban. kalo dipake sendiri bisa jeduk juga, alamat sokbreker belakang uda mati.
3. berapa kali pelihara apansa, biasanya sokbreker asli bawaan pabrik belakang mati di sekitar 40rb km / 3 tahun.
4. KYB Ultra ga enak, perna coba punya temen, keras bener bantingannya. stiff sih stiff tapi keterlaluan kalo menurut saya. kayak naek gerobak.
5. excel G perna coba di punya temen juga, bantingan lebi keras dikit dari standard, tapi ga separah ultra. durabilitynya mantep kalo Excel-G.
6. Monroe GasMatic terakhir beli 550rb di Istana Atrium. asli Daihatsu / Toyota 400rb. itu harga tahun 2015. Gas-Reflex di 900 ribuan, mendekati KYB Excel-G, di stamx, taun 2015 juga.
7. per keong mah jarang lemah om kalo belom diatas 10 taun umur mubilnya.
dari pengalaman gonta ganti shock belakang sih, mulai punya sendiri sampe pinjem punya temen, yang kelas dibawah sejeti, urutannya:
keras ke empuk: KYB Ultra > KYB Excel-G > Monroe Gas-Reflex > Tokico Dual Action > Ori Daihatsu = KYB Premium > Monroe GasMatic
stabil ke limbung: KYB Excel G > Monroe Gas-Reflex > Tokico Dual Action > KYB Ultra > Monroe GasMatic > KYB Premium = Ori Daihatsu
kalo nemu Monroe Gas-Reflex sih IMHO enak tuh sokbreker dipakenya, stabil dapet, empuk lumayan dapet. Tokico juga enak, stabil dapet, empuk masi dapet.
kalo mao bener2 empuk, GasMatic, empuk bener tu shock. tapi kalo diisi full ya pasti mentok dan pasti turun. pas cornering juga kurang enak, even masi anteng di jalan lurus. karena bokongnya agak turun.
btw all new avanza sokbreker depannya cuma ada 1 produk, merek Showa, belom ada replacementnya. agak ringkih dan mahal bener, sepasang 1.3 juta. sama punya X-Trail mahalan sokbreker apansa.
berawal dari postingan si om, kemaren saya akhirnya ganti shock belakang GN Xenia 2016 milik istri saya pake Tokico. Awalnya mau pake Excel G tapi karena mobil jarang terisi penuh (ga sebulan sekali juga itu bangku belakang dipake) jadi prefer ke Tokico aja.
Ternyata shock tokico menurut saya di Xenia baru jauh lebih enak ya walau masih ga seenak bantingannya Ertiga. Masih kerasa Xenianya lah. Mungkin karena double action dan reboundnya lebih lambat dibanding bawaan.
Btw kalau dipake penuh atau 5 orang dewasa, pas di polisi tidur masih kena stopper. Untuk harga sangat worth it lah 650 ribu saja di toped. Biasa ganti shock sedan segitu cuman setengah pasang
Jadi saran saya kalau Xeniavanza barunya jarang dipenuhin, ganti pake tokico aja. Mayan mengurangi mentul-mentulnya
-
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1298
- Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59
Re: Bantingan Avanze E 2013 terasa keras
Setubuhhh ... Berdasarkan pengalaman saya, ciri2 SA dah rusak adalah efek jeduk saat lewat poldur atau hajar lubang gede.vulvy8858 wrote: ↑Tue Apr 11, 2017 4:222. efek jeduk kalo penumpang full karena sokbreker uda ga maen / uda sampe batas kekuatan menahan beban. kalo dipake sendiri bisa jeduk juga, alamat sokbreker belakang uda mati.pilotgaruda wrote: ↑Sun Apr 09, 2017 23:30 Pagi juga oom, tekanan ban udah dikurangi. Ketemu pot hole memang jadi sedikit lebi nyaman, tapi tetep keras. Ane suspect ban ane (turanza AR20). Iya, ane denger juga tokico lebih empuk
Kalo mobil full load, emang mentul2nya jadi berkurang banget. Tapi efek jeduknya masih keras. Suspect ke ban ane. Tekanan udah dikurangi tapi masih keras jeduk.
Memang belum sempet buka shock utk chek. Tapi masalahnya bantingan mental2 dan ga enak baru kejadian 2 taun belakangan. Awal2 masih enak dan ga separah sekarang. Ane yakin pasti ada yg worn out, tapi apa itu?
Ultra kata bengkel sih keras, utk manuver bagus. suspect ane juga shock belakang dah mati. btw kl mobil full loaded emang jadi better. Cuma utk daily bawa 40kg karung dibelakang kayaknya gimana gitu, hehehe.
Orang bengkel jg bilang gitu, ciri awal bantingan mobil jadi keras, nanti lama2 baru ngayun dan kemudian keluar rembesan oli. Cuma emang belom sempet tes copot shock belakang oom. btw, pake excel g lebih empuk ga? soalnya orang S&D bilang excell g lebih empuk dari standar.
Hahaha, sama oom, kepikiran buat tuker tambah aja drpd penyakit ga terpecahkan. Cm sayang juga jual avanza ane, nilai historisnya tinggi soale
iya sih, konsekuensi pake shock empuk bakalan gampang mentok. btw monroe kayaknya lebih mahal ya?
udah oom, mentulnya ga ilang, cuma jeduk2 pas lewat pot hole aga berkurang. Masih keras kayaknya emang dari karakter ban sekarang (turanza AR20)
pingin coba sih oom, tapi valen damper harganya juga lumayan. Mendekati harga shock belakang avanza
Yup setuju banget, cuma masalahnya ini jadi ga enak bantingannya 2 tahun belakangan. pasti ada yang worn out. Kalau suspect per, setau saya per ga bisa rusak/berubah struktur. Kecuali mungkin salah pasang. Cuma ini masih standar pabrikan.