adrevolution wrote: Tue Apr 04, 2017 14:40
Mending loncat ke Mazda 3 sekalian dehh, kabarnya top trim gak sampe 460 jeteng
Wahh, serius om, dapet bocoran darimana nih? kalo bener bisa pindah haluan nih bapak ane.
ChZ wrote: Tue Apr 04, 2017 14:56
Baru nyadar ada posting begini... dan yup ane setuju 1000% dengan yang disampaikan oleh oom kendibocor...
Merek yang ga mikirin penjualan perbulan biasanya mobilnya bisa spot order dan customized sesuka yang beli... Istilahnya, nurut yang punya duit. Konsumen mobil dengan harga milyaran cenderung gak mau diatur dan mereka tau itu, makanya opsi personalized di brand premium seperti Rolls, Porsche, Lambo itu sangat ditekankan... Porsche sendiri merupakan brand yang terkenal dengan banyaknya opt di mobilnya.
Ciri produk niche lainnya adalah mereka punya penggemar fanatik... contohnya Jeep, MINI, Vespa, dan Harley-Davidson. Istilahnya : classics.
Mazda, personalized dan spot order? Nope. Penggemar fanatik, nope. Paling cuma seekor kuceng disini penggemarnya...
Mazda di luar negeri itu brand image nya kuat justru karena sports car nya (MX-5 dan Rotary lineups RX-7 dan RX-8)... Disini cuma penggemar mobil dan ababil yang main NFS yang tau MX-5 Miata itu mobil apa...
Mazda disini udah kalah start dari dulu, plus comeback nya di saat yang tidak tepat... Coba kita liat brand - brand Jepang lain ngerintisnya juga udah dari 90s... Toyota Honda Mitsubishi Nissan Suzuki... Dan masing - masing punya produk unggulan di early 2000s dan udah mapan sekarang.
Mazda di 90s dan early 2000s sih nasibnya terpuruk banget karena di bawah Indomobil... Comeback di 2006/2007... Yang lain terlanjur udah establish dengan produk masing - masing ini baru ngerintis... Toyota dengan Kijang dilanjut Avanza... Honda dengan Jazz dan CR-V... Mitsubishi yang walaupun passengernya terpuruk tapi setidaknya fleetnya bagus dan passenger car MItsu brand image nya udah kebentuk : born to run... Suzuki dengan compact cars seperti Swift SX4... Nissan dengan Grand Livina dan X-Trail...
Mazda 323? Orang lebih inget Ford Laser rasanya... Cronos/626... Cuma segelintir yang inget... orang yang hidup di zaman itu atau orang yang penggemar mobil... coba tanya generasi millenial sekarang yang bukan penggemar mobil tau ngga mobil namanya Cronos? Dijamin hah-hoh alias gak tau... Boro-boro nanya Cronos yang tua, coba tanya Mazda6 aja dijamin bingung semua mobil apa itu Mazda6...
Ngeclaim diri sebagai brand premium? Telat brooo... Bagus-bagus nasibnya nggak kayak Subaru.
Saya kira MMI maupun Eurokars pasti struggle juga mau positioning Mazda gimana.
Bukan konsumen Indonesia yang brand minded, tapi dimana - mana yang namanya branding dan marketing memang penting...
Bukan salah strategi pemasaran... Memang timingnya aja kurang pas...
Iya sih om, mazda sempet terpusuk pas dibawah Indomobil & baru bangkit pas 2006/2007 gt, memang perlu waktu untuk membangun suatu brand itu menjadi brand premium, mending eurokars posisikan mazda sebagai brand jepang mainstream aja, tapi dengan kualitas yg lebih bagus daripada pesaingnya, soalnya berat buat mazda kalo mau mengklaim diri sebagai entry level premiumnya brand jepang.
psiturism wrote: Tue Apr 04, 2017 16:38
Kemaren jg lihat mobil ini di tumplekblek bareng om aratha... First impression emg ini mobil bagus.. Dilihat dari mana jg berasa bagusnya.. Cm sayang belom ada peredam kap mesin..
Masuk kedalem.. Mazda 2 banget hehe.. Walaupun joknya sudab jauh lebih empuk dan enak dibanding mazda" lainnya.. Tp akomodasi masih sama aja.. Saya tinggi 182 cm, kalo dari posisi nyetir saya, penumpang belakang pasti ga dapet legroom kalau tingginya setara dgn saya.. Fitur ya.. Yg terpasang sih menurut saya memang fitur yg sudah seharusnya ada di mobil 400jt+.. Unless tipe GT dpt i-Activsense.. Itupun harganya setara dgn koleos non pano yg fiturnya notabene sama anehnya dgn naikan yg tentu jauh enak koleos..
In the end.. Salesnya sendiri bilang.. Skrg masih ada cx5 nik 16 touring.. Dgn diskon yg lmyn besar, sales tsb sendiri mengakui lebih memilih cx5 drpd cx3.. Kelas ga bohong gan hehehe..
Iyanih om , saya juga ditawarin diskon CX5 FL NIK 2016 dengan diskon yg lumayan gede (50jtan kalo gasalah), ya jelas pilih CX5 lah, kelas emang ga bohong om hehehe
dimassn25 wrote: Wed Apr 05, 2017 1:08
What? Luas kabin sama sama aja? Expect saya dengan mobil ini adalah se fun to drive cx3 tapi dengan luas kabin yang lebih baik. Kayaknya sih lebih baik tapi engga signifikan.
Dan ground clearencenya juga engga beda jauh sama m2. Berarti kelebihan cx3 dibandingin m2:
1. Mesin 2000cc
2. Tampilan "Gagah"(?) Dan lebih modern.
3. Sunroof (cx3GT)
Dengan selisih 90jtan dari m2 GT ke cx3 Touring selain mesin 2000cc dapet apalagi ya?
Semoga eurokars baca forum ini biar mendengarkan terus menyesuaikan apa yang di inginkan konsumen. Dan kayaknya butuh trim lebih rendah dari Touring
Iya om, saya juga awalnya berharap begitu, tapi kenyatannnya kelegaan bangku baris ke2nya ga lebih baik dari M2, ya beda2 tipis lah. Ya semoga deh, biar eurokars bisa ngasih pricing yg lebih bener daripada ini, kalo trim yg lebih rendah dari touring kayanya sih ga perlu, cukup set trim touring ini di kisaran 350-360jtan & GT dikisaran 400-420jtan biar menarik minat calon konsumen menurut saya.
billyd1773dz wrote: Wed Apr 05, 2017 1:46
hahhaa.. berharap banyak ke driving impressionnya utk outweigh priceny...
fyi power to weight rationya yg paling baik di antara suv sekelas,
150hp dgn peak torque dri 2800rpm, berat hanya 1.2T
rivalnya
HRV138hp peaktorque di 4000an 1.3T
OS 150hp peaktorque d 4000an jg 1.4T
Trax 140hp peaktorque di 1850 1.3T
torque to weight menang trax aja sie
Iya mod bil, saya juga penasaran sama driving impressionnya, tapi mesti bersabar dulu kayanya, nunggu unit TDnya dulu hehehe.
Rickz wrote: Wed Apr 05, 2017 2:48
Kl type yg dibawah touring (Sport), kopongan bgt gan. Layar head unit kalkulator, velg 16", No drl and projector headlamp, No foglamp, Fabric seat, No red leather, No keyless dan dijual 350-an masih kemahalan, nambah dikit dpt HRV 1.8 full feature. Paling masuk akal consider 1.5L, cmn di negara lain jg ga ada, cmn ada yg diesel
Touring sudah cukup sbnrnya, hmpir smua featurenya kepake utk daily car. Kl diskon mngkn lmayan bisa nempel HRV 1.8, sbnrnya HRV 1.8 juga ga wow amat featurenya, mrip sama yg touring cmn minus di sunroof saja
Iya om, mending tipe sport gausah dimasukkin sini deh, nanti nasibnya kaya AN M2 Skyactiv tipe V lagi

, 2 tipe (Touring & GT) aja udah cukup kok menurut saya, cuma masalah pricingnya aja yg kurang tepat, yaa semoga deh, mazda mau ngeluarin tipe CX3 yang pake mesin 1.5nya M2 biar harganya bisa kompetitif.
dimassn25 wrote: Wed Apr 05, 2017 5:53
Mazda2 type R dan Type GT itu selisihnya 30juta loh. Fiturnya cx3 touring itu setara m2 gt. Mungkin dari 400 juta jadi 370 juta masih masuk kayaknya. Walaupun gimmick fitur jadi kalah telak sama hrv prestige.
Saya curiga selain fitur apa gara gara cbu jepang? Rebault koleos dan chevy trax yang cbu korea aja harganya bisa kompetitif.
Yaa ga kalah telak juga om, cuma kalah di pano sunroof , jumlah airbag & electronic handbrake aja kok oom hehehe.
Rickz wrote: Wed Apr 05, 2017 6:11
Trax krn turbo jd didapet dr RPM rendah, enaq c gan dibawanya ga berasa bawa mobil turbo, linear ga kenceng" amat, tp ga lemot
HRV dan OS terhambat CVT
Penasaran juga drivingnya CX-3 seperti apa, hrznya bakalan enaq cz tenaga besar dan bobot yg lbh ringan ditambah transmisi yg sigap.
Saya juga penasaran sama impresi berkendaranya , tapi harusnya lebih fun to drive daripada CX5 2.0, karena mesin yg sama ditaro di body yg lebih kecil & lebih ringan daripada CX5
Rickz wrote: Wed Apr 05, 2017 6:11
370 juga kmahalan gan kl dibawh touring, kalah sama HRV 1.8L dgn hrg mirip. Bakalan jd blunder lg. Keptusan tepat Touring sbgi type terendah, msh ganteng dan bsa bersaing

Kl dipikir" Touring dibilang kmahalan bgt juga engga, krn Mazda emnk slalu one step ahead di harga dibanding kompetitor, toh hrga HRV 1.8L (CKD) juga ga beda jauh amat. Jangan bandingkan dengan GT (emnk overprice), tp gimmick featurenya bukan lawan sekelas lg, mirip kakaknya yg lbh besar hny dgn dimensi yg lbh kecil.
Sebenernya agak membingungkan, ga semua mobil CBU jepang or Korea pasti lbh mahal atau lbh murah disini. Duo Korea kq mahal y pdhl feature kopongan. Bisa jadi harga base di negara masing" yg menentukan harga jual disini selain bea masuk dan pajak lainnya. Saya yakin mreka tidak bisa untung byq dlm jualan mbl yg statusnya CBU.
Setuju om
adai wrote: Wed Apr 05, 2017 6:38
sudahlah..biarin aja eurokars netapin harga sesuka dia. toh nanti yang nentuin juga market nya.
apa mereka bisa survive dengan strategi ini lets see
sy sendiri udah taro booking n sampe sekarang tetap sy keep n ga cancel pdhl uda siap2 mo beralih ke merk laen hihi
mo ikutin gaya member disini (sy lupa siapa) yg tetap keep bookingan sambil nunggu ada offer yg oke
untuk sementara, nikmatin aja foto2 yg sy dapet dari sang sales
cukup menggoda hati sih diumpanin ky gini hahah
1491361419537.jpg
1491361144026.jpg
1491361232709.jpg
WAHH, MANTAP OM Adai, udah ada yang SPK CX3 aja nih dimari, ditunggu reviewnya dimari ya kalau jadi SPK mobilnya hehehe.
dimassn25 wrote: Wed Apr 05, 2017 6:54
Saya juga curiga dengan positioning harga seperti ini cx3 juga mau ambil pasarnya xtrail 2.0 atau crv 2.0 saat ini. Toh fitur+gimmick melebihi xtrail atau crv walaupun kalah dalam akomodasi. Makanya dipilih mesin 2.0
Rentang kelasnya lumayan lebar antara hrv 1.8 dan Os sampe crv 2.0 dan xtrail 2.0. Apalagi cx5 bakal ninggalin mesin 2.0
Mungkin juga om, soalnya Med SUV sekarang2 ini rata2 pada make mesin 2.500 CC soalnya setau saya.
adai wrote: Wed Apr 05, 2017 7:08
masih tau kapan jadi ambilnya om
ditawarin dibawain unit TD sih tp males tar tambah tergoda
skrg mo nunggu merk sebelah yg berturbo dl liat kl harganya beti n terjangkau baru ambil duit bookingan
Merek pemimpin pasar om kalo boleh tau?, bapak saya juga ada di posisi yg hampir sama kaya om, tapi bedanya bapak saya belom SPK nih mobil
ahmad88 wrote: Wed Apr 05, 2017 7:23

setuju gan, ntar kalo gak laku juga di diskon 50jt-an haha.. daripada barang numpuk di gudang. Mau dijual 1M gpp, tapi diskon 700jt

price list is not everything.
Setuju om, semoga ga laku biar ada diskon 50jt buat tipe GTnya
Shonen wrote: Wed Apr 05, 2017 8:21
ini tret hinaan buat eurokars ya...haha... paling jg kaya dl diskon 50jt++ eurokars ngerti gengsi orang sini...makanya pricelist ditinggiin toh klo dia sadar jualan ga cukup bagus tinggal potong harga selese urusan...hukum pasar menentukan dsini..lagian urusan spec kan orang indo mau yg terbanyak ga trondolan dikasi semua full fitur jg kaget ama harganya...disunat ngomel2 dibilang trondolan... lagian mereka lebi ngerti jualan barang mwh jualannya aja rr porsche maserati brp biji doank itu laku tiap bulannya..bisa survive ya kalo mazda?! ditunggu aja..
Yaa seperti itulah om hehehe, kalau melihat dari komen member dimari, tapi bukan hinaan juga sih, tapi lebih ke saran & masukkan buat eurokars biar mereka bisa jualan mobil yg sesuai dengan pasar indonesia.
ChZ wrote: Wed Apr 05, 2017 9:03
Eurokars itu perush Singapur dealershipnya punya jaringan ngga cuma di Indonesia...
Survive? Iya, bisa survive kok. Wong jaringannya banyak. Intinya Eurokars bkn perusahaan ecek-ecek...
Iyalah, orang udah biasa megang brand mewah kaya porsche masa ga bisa survive hahaha
Yaa, gimana lagi oom, kalo ga ngikutin apa yg saya bold diatas, bakal ga laku kayanya, soalnya dari segi brand name aja udah kalah,kan tau sendiri kalo mayoritas orang Indo itu brand minded, jadi harus ada sesuatu yg lebih daripada brand mainstream tersebut tapi punya value for money yg baik pula, salah satunya dengan menset harga yg setara / bahkan lebih murah daripada brand mainstream tersebut, lha wong udah lebih murah / setara sama brand mainstream aja masih lakuan si brand mainstream kok kadang2 menurut analisa bodoh saya, gimana kalo lebih mahal lagi harganya
ChZ wrote: Wed Apr 05, 2017 9:22
Problemnya adalah kita nggak tau apa yang sedang terjadi dengan MMI-Eurokars-Mazda Jpn. Dosa apa yang dibuat MMI sehingga mereka memutuskan beralih kepemilikan dan knp harganya meroket. Padahal selama ini terlihat adem ayem saja.
Masih teka teki bagi sy knp CX-5 GT 2013 dengan akte lahir Japan harganya bisa mirip 100% dengan CR-V Prestige padahal di tahun sebelumnya type 2.0 Touring yang setara CR-V Prestige, dulu kita mikirnya HPM ambil untung gede di CR-V (walaupun ada benernya). Peristiwa ini terulang di CX-3 yang jauh lebih mahal dari HR-V Prestige. Ngomongin fasilitas, CX-5 dengan fasilitas jauh lebih komplet dari CR-V harganya bisa mirip. Knp yang ini meroketnya jauh bener dari saingannya padahal HR-V fasilitasnya juga nggak hina - hina amat.
Sdh saya contohkan di blakang Subaru MotorImage yang kayaknya adem ayem jual mobil AWD bisa murah ternyata ngemplang pajek. MMI? We never know... Hanya bisa berspekulasi.
Setuju sama pernyataan mod CHZ, kita cuma bisa berspekulasi aja kalo liat kasus beralihnya manajemen APM Mazda di Indonesia dari MMI ke Eurokars, yaa saya juga heran om, soalnya selama ini hubungan MMI dengan Mazda jepang terlihat baik2 saja & jarang terdengar isu yang kurang sedap yg menimpa mantan ATPM Mazda di Indonesia ini
Setuju om, mending tunggu diskon 50jtnya saja untuk tipe GT
geofreyap wrote: Wed Apr 05, 2017 11:37
Oe sebagai tenaga penjual hanya bisa berharap saja, mudah2an customer puas dengan apa yang dibayar.
Semoga om, btw sukses terus jualan mazdanya, semoga makin lama penjualan ente makin bagus.