Standar Emisi Euro 4 siap diterapkan di Indonesia ?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1510
- Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Standar Emisi Euro 4 siap diterapkan di Indonesia ?
Baca2 di wiki sih ternyata bener compression ratio toyota NR series spek Indonesia diturunin
spek aslinya 11.5:1 diturunin jd 10.5:1
Efeksampingnya power turun beberapa HP
spek aslinya 11.5:1 diturunin jd 10.5:1
Efeksampingnya power turun beberapa HP
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7652
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Standar Emisi Euro 4 siap diterapkan di Indonesia ?
sisa sisa refinery di latakia (under assad's troops) masih bs dibeli di local black market n mrk euro5........tiap bulan kita beli skitar 550,000 liters (barter dgn makanan n minuman yg blm lama expired) n mrk masih dpt supply dr suwaidiyah (sytrol)
angkut dgn bus yg bgn dlm mrk ubah jadi tengki
angkut dgn bus yg bgn dlm mrk ubah jadi tengki
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: Standar Emisi Euro 4 siap diterapkan di Indonesia ?
Kalau tidak salah di kementrian sudah digodok tentang peraturan emisi untuk pajak kendaraan.. Mungkin ini cuma awal? Who know~
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 48
- Joined: Sat Dec 17, 2016 6:23
- Location: Bandung
Re: RE: Re: Standar Emisi Euro 4 siap diterapkan di Indonesia ?
Yups, di eropa 1NR di yaris bisa 99 hp disini cuma 95-96 hpcoklatMetalik wrote:Baca2 di wiki sih ternyata bener compression ratio toyota NR series spek Indonesia diturunin
spek aslinya 11.5:1 diturunin jd 10.5:1
Efeksampingnya power turun beberapa HP
Sent from my ASUS_X008DA using Seraya Motor mobile app
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 121
- Joined: Wed Jun 06, 2012 14:18
Re: Standar Emisi Euro 4 siap diterapkan di Indonesia ?
Solar sama premium ga usah dihapus, tetapi tetep ada cuman harganya naikin aja 2x lipat.
Buat akomodir mobil-mobil klasik yang ga bisa minum RON tinggi ( CMIIW ).
Habis itu ke pertalite. Habis itu sisa subsidi bikin infrastruktur kereta buat angkut barang.
Buat akomodir mobil-mobil klasik yang ga bisa minum RON tinggi ( CMIIW ).
Habis itu ke pertalite. Habis itu sisa subsidi bikin infrastruktur kereta buat angkut barang.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 313
- Joined: Wed Feb 24, 2016 9:01
Re: Standar Emisi Euro 4 siap diterapkan di Indonesia ?
anggota dpr komisi berapa ya yang mau kunjungan ke sana?newrubble wrote: Mon Apr 03, 2017 11:33 ha ha ha ha euro4 baru mau ya....... bikin seminar dulu sj n trus kunjungan kerja dulu keliling negara negara yg pernah euro4
somali n syria yg killzones sj sdh lama skali .....ksono sj dulu liat liat
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Standar Emisi Euro 4 siap diterapkan di Indonesia ?
zaman skg ini harga spot internasional utk solar high sulphur bisa2 malah lebih mahal drpd solar low / ultra low sulphur, scr udah jarang kilang yg produksi yg high sulphur
ibarat beli memory utk processor 486i harga bisa sgt mahal krn langka
harga bensin / solar jadi mahal ga masalah asal sediakan :
- CNG
- DME (Gas utk Diesel)
di semua SPBU
subsidi Converter kit
Transp umum yg bagus sudah pasti hrs dikembangkan
Di Teland harga BBM mahal tapi semua taxi pake gas, argo taxi bisa murah
juga di sana harga makanan lebih murah dr Indo
di Indo ini kalo BBM naek semua ikut naek, ini yg konyol
ibarat beli memory utk processor 486i harga bisa sgt mahal krn langka
harga bensin / solar jadi mahal ga masalah asal sediakan :
- CNG
- DME (Gas utk Diesel)
di semua SPBU
subsidi Converter kit
Transp umum yg bagus sudah pasti hrs dikembangkan
Di Teland harga BBM mahal tapi semua taxi pake gas, argo taxi bisa murah
juga di sana harga makanan lebih murah dr Indo
di Indo ini kalo BBM naek semua ikut naek, ini yg konyol
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 313
- Joined: Wed Feb 24, 2016 9:01
Re: Standar Emisi Euro 4 siap diterapkan di Indonesia ?
di link ini, https://autotekno.sindonews.com/read/10 ... 1439651684coklatMetalik wrote: Tue Apr 04, 2017 14:00 Baca2 di wiki sih ternyata bener compression ratio toyota NR series spek Indonesia diturunin spek aslinya 11.5:1 diturunin jd 10.5:1
Efeksampingnya power turun beberapa HP
mesin avanza & veloz baru kompresinya 11,5:1.
Dibilang minimal pakai oktan 90. Masa kompresi 11,5:1 oktan 90? Jadi yg bener yg mana?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Standar Emisi Euro 4 siap diterapkan di Indonesia ?
adri31 wrote: Wed Apr 05, 2017 1:45
di link ini, https://autotekno.sindonews.com/read/10 ... 1439651684
mesin avanza & veloz baru kompresinya 11,5:1.
Dibilang minimal pakai oktan 90. Masa kompresi 11,5:1 oktan 90? Jadi yg bener yg mana?
Kalo fakta aslinya sih harus tanya ke TAMxenialxrs wrote: Wed Apr 05, 2017 0:54
Yups, di eropa 1NR di yaris bisa 99 hp disini cuma 95-96 hp
Sent from my ASUS_X008DA using Seraya Motor mobile app
Tp saya lakukan sedikit cross check krn penasaran;
Saya rangkum Info dari https://en.wikipedia.org/wiki/Toyota_NR_engine ;
- Mesin 1NR-FE (1300cc);
Max. Output:
Euro 4 Version: 74 kW (99 bhp) at 6000 rpm,
Euro 5 Version: 73 kW (98 bhp) at 6000 rpm,
Indonesia Euro 3 Version: 72 kW (97 bhp) at 6000 rpm,
Malaysia version: 71 kW (95 bhp) at 6000 rpm
Max. Torque:
Euro 4 Version: 132 N·m (97.4 lb·ft) at 3800 rpm,
Euro 5 Version: 128 N·m (94.4 lb·ft) at 3800 rpm,
Indonesia Euro 3 Version: 120 N·m (88.5 lb·ft),
Malaysia Version: 121 N·m (89.2 lb·ft) at 4000 rpm
Compression Ratio:
11.5:1; Indonesia Euro 3 Version: 10.5:1
-Mesin 2NR-FE (1500cc);
Max. Output:
66 kW (90 PS) at 5600 rpm (w/o Dual VVT-i)
79 kW (107 PS) at 6000 rpm (with Dual VVT-i)
76 kW (104 PS) at 6000 rpm (with Dual VVT-i on Toyota Avanza)
Max. Torque:
132 N·m (97 lbf·ft) at 3000 rpm (w/o Dual VVT-i)
140 N·m (103 lbf·ft) at 4200 rpm (with Dual VVT-i)
136 N·m (100 lbf·ft) at 4200 rpm (with Dual VVT-i on Toyota Avanza)
Compression Ratio:
11.5:1;
Indonesian Euro 3 version: 10.5:1
Nah sekarang bandingkan dgn brosur Avanza (silakan cari download pdfnya);
Avanza 1300cc = 96,5PS@6000RPM, 12,3kgm@4200RPM
Avanza 1500cc = 104PS@6000RPM, 13,9kgm@4200RPM
Kesimpulan sementara saya sih antara brosur dgn wiki cocok, sehingga memang untuk versi Indonesia kompresinya turun dgn mengorbankan power & torsi. Berita sindonews mungkin keliru, malah mengutip kompresi mesin versi internasionalnya...
CMIIW
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 248
- Joined: Fri Nov 27, 2015 1:35
Re: Standar Emisi Euro 4 siap diterapkan di Indonesia ?
Captiva ada dpf nya loh om ☺billyd1773dz wrote: Mon Apr 03, 2017 13:53 ya bgtulah.....
biasanya CR ga turun... tp ignition timing yg dimundurkan.. atw AFR lebih rich.. atw delay closing valve via vvti..... bwat ngurangin knock due to low fuel quality
dan alhamdulilah karn eu 2 diesel indo g perlu pke dpf apalagi sdpf dan adblue...
![]()
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 803
- Joined: Sun Feb 07, 2016 9:03
- Daily Vehicle: 4 Banger
Re: Standar Emisi Euro 4 siap diterapkan di Indonesia ?
Kalo avanza itu bukannya make yang 2NR-VE ya om? Atau sama aja?coklatMetalik wrote: Wed Apr 05, 2017 2:33adri31 wrote: Wed Apr 05, 2017 1:45
di link ini, https://autotekno.sindonews.com/read/10 ... 1439651684
mesin avanza & veloz baru kompresinya 11,5:1.
Dibilang minimal pakai oktan 90. Masa kompresi 11,5:1 oktan 90? Jadi yg bener yg mana?Kalo fakta aslinya sih harus tanya ke TAMxenialxrs wrote: Wed Apr 05, 2017 0:54
Yups, di eropa 1NR di yaris bisa 99 hp disini cuma 95-96 hp
Sent from my ASUS_X008DA using Seraya Motor mobile app
Tp saya lakukan sedikit cross check krn penasaran;
Saya rangkum Info dari https://en.wikipedia.org/wiki/Toyota_NR_engine ;
- Mesin 1NR-FE (1300cc);
Max. Output:
Euro 4 Version: 74 kW (99 bhp) at 6000 rpm,
Euro 5 Version: 73 kW (98 bhp) at 6000 rpm,
Indonesia Euro 3 Version: 72 kW (97 bhp) at 6000 rpm,
Malaysia version: 71 kW (95 bhp) at 6000 rpm
Max. Torque:
Euro 4 Version: 132 N·m (97.4 lb·ft) at 3800 rpm,
Euro 5 Version: 128 N·m (94.4 lb·ft) at 3800 rpm,
Indonesia Euro 3 Version: 120 N·m (88.5 lb·ft),
Malaysia Version: 121 N·m (89.2 lb·ft) at 4000 rpm
Compression Ratio:
11.5:1; Indonesia Euro 3 Version: 10.5:1
-Mesin 2NR-FE (1500cc);
Max. Output:
66 kW (90 PS) at 5600 rpm (w/o Dual VVT-i)
79 kW (107 PS) at 6000 rpm (with Dual VVT-i)
76 kW (104 PS) at 6000 rpm (with Dual VVT-i on Toyota Avanza)
Max. Torque:
132 N·m (97 lbf·ft) at 3000 rpm (w/o Dual VVT-i)
140 N·m (103 lbf·ft) at 4200 rpm (with Dual VVT-i)
136 N·m (100 lbf·ft) at 4200 rpm (with Dual VVT-i on Toyota Avanza)
Compression Ratio:
11.5:1;
Indonesian Euro 3 version: 10.5:1
Nah sekarang bandingkan dgn brosur Avanza (silakan cari download pdfnya);
Avanza 1300cc = 96,5PS@6000RPM, 12,3kgm@4200RPM
Avanza 1500cc = 104PS@6000RPM, 13,9kgm@4200RPM
Kesimpulan sementara saya sih antara brosur dgn wiki cocok, sehingga memang untuk versi Indonesia kompresinya turun dgn mengorbankan power & torsi. Berita sindonews mungkin keliru, malah mengutip kompresi mesin versi internasionalnya...
CMIIW
It's better to drive a slow car fast than a fast car slow
NCP91R
TGN140R
NCP91R
TGN140R
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Standar Emisi Euro 4 siap diterapkan di Indonesia ?
Nah kalo gk salah kode 2NR-VE itu memang kode khusus utk 2NR-FE versi Indonesia yg kompresinya turun itu, untuk membedakan dari 2NR-FE yg "asli". CMIIWDuvebriliant0 wrote: Wed Apr 05, 2017 3:01
Kalo avanza itu bukannya make yang 2NR-VE ya om? Atau sama aja?
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 599
- Joined: Thu Sep 25, 2008 1:20
Re: Standar Emisi Euro 4 siap diterapkan di Indonesia ?
yg masuk indo sudah dilepas DPF nyaCaptiva ada dpf nya loh om ☺
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1221
- Joined: Tue Nov 15, 2016 5:22
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Mazda 2
Re: Standar Emisi Euro 4 siap diterapkan di Indonesia ?
sorry, jadi penasaran, jadi kalau 2NR-FE di sienta/yaris lele pake spek yang mana ya? apakah pake spek 2NR-FE asli atau diturunin juga kompresinya?coklatMetalik wrote: Wed Apr 05, 2017 3:22Nah kalo gk salah kode 2NR-VE itu memang kode khusus utk 2NR-FE versi Indonesia yg kompresinya turun itu, untuk membedakan dari 2NR-FE yg "asli". CMIIWDuvebriliant0 wrote: Wed Apr 05, 2017 3:01
Kalo avanza itu bukannya make yang 2NR-VE ya om? Atau sama aja?
P5-VPS | L15Z5 | MR20DD | 2AR-FE
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Standar Emisi Euro 4 siap diterapkan di Indonesia ?
G ada om... Yg d indo eu2 semua, bisa d cek dr vin nyaapoge wrote: Wed Apr 05, 2017 2:45Captiva ada dpf nya loh om ☺billyd1773dz wrote: Mon Apr 03, 2017 13:53 ya bgtulah.....
biasanya CR ga turun... tp ignition timing yg dimundurkan.. atw AFR lebih rich.. atw delay closing valve via vvti..... bwat ngurangin knock due to low fuel quality
dan alhamdulilah karn eu 2 diesel indo g perlu pke dpf apalagi sdpf dan adblue...
![]()

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Standar Emisi Euro 4 siap diterapkan di Indonesia ?
Menurut brosur sienta 107PS, 14,3kgm. Sepertinya spek asliadrevolution wrote: Wed Apr 05, 2017 4:55
sorry, jadi penasaran, jadi kalau 2NR-FE di sienta/yaris lele pake spek yang mana ya? apakah pake spek 2NR-FE asli atau diturunin juga kompresinya?

Yaris lele sayang sy tdk punya brosurnya
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 803
- Joined: Sun Feb 07, 2016 9:03
- Daily Vehicle: 4 Banger
Re: Standar Emisi Euro 4 siap diterapkan di Indonesia ?
barusan saya liat di gugel om, kalo yang FE itu dari alumunium sedangkan yangVE dari bajacoklatMetalik wrote: Wed Apr 05, 2017 6:29Menurut brosur sienta 107PS, 14,3kgm. Sepertinya spek asliadrevolution wrote: Wed Apr 05, 2017 4:55
sorry, jadi penasaran, jadi kalau 2NR-FE di sienta/yaris lele pake spek yang mana ya? apakah pake spek 2NR-FE asli atau diturunin juga kompresinya?![]()
Yaris lele sayang sy tdk punya brosurnya
It's better to drive a slow car fast than a fast car slow
NCP91R
TGN140R
NCP91R
TGN140R
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 313
- Joined: Wed Feb 24, 2016 9:01
Re: Standar Emisi Euro 4 siap diterapkan di Indonesia ?
mantap penjelasannya om coklatMetalik. Lalu, apakah efek pemberian oktan 95 atau 98 ke mesin dengan kompresi yg udah didiskon ini? Ataukah memang optimal memakai oktan 92?coklatMetalik wrote: Wed Apr 05, 2017 2:33adri31 wrote: Wed Apr 05, 2017 1:45
di link ini, https://autotekno.sindonews.com/read/10 ... 1439651684
mesin avanza & veloz baru kompresinya 11,5:1.
Dibilang minimal pakai oktan 90. Masa kompresi 11,5:1 oktan 90? Jadi yg bener yg mana?Kalo fakta aslinya sih harus tanya ke TAMxenialxrs wrote: Wed Apr 05, 2017 0:54
Yups, di eropa 1NR di yaris bisa 99 hp disini cuma 95-96 hp
Sent from my ASUS_X008DA using Seraya Motor mobile app
Tp saya lakukan sedikit cross check krn penasaran;
Saya rangkum Info dari https://en.wikipedia.org/wiki/Toyota_NR_engine ;
- Mesin 1NR-FE (1300cc);
Max. Output:
Euro 4 Version: 74 kW (99 bhp) at 6000 rpm,
Euro 5 Version: 73 kW (98 bhp) at 6000 rpm,
Indonesia Euro 3 Version: 72 kW (97 bhp) at 6000 rpm,
Malaysia version: 71 kW (95 bhp) at 6000 rpm
Max. Torque:
Euro 4 Version: 132 N·m (97.4 lb·ft) at 3800 rpm,
Euro 5 Version: 128 N·m (94.4 lb·ft) at 3800 rpm,
Indonesia Euro 3 Version: 120 N·m (88.5 lb·ft),
Malaysia Version: 121 N·m (89.2 lb·ft) at 4000 rpm
Compression Ratio:
11.5:1; Indonesia Euro 3 Version: 10.5:1
-Mesin 2NR-FE (1500cc);
Max. Output:
66 kW (90 PS) at 5600 rpm (w/o Dual VVT-i)
79 kW (107 PS) at 6000 rpm (with Dual VVT-i)
76 kW (104 PS) at 6000 rpm (with Dual VVT-i on Toyota Avanza)
Max. Torque:
132 N·m (97 lbf·ft) at 3000 rpm (w/o Dual VVT-i)
140 N·m (103 lbf·ft) at 4200 rpm (with Dual VVT-i)
136 N·m (100 lbf·ft) at 4200 rpm (with Dual VVT-i on Toyota Avanza)
Compression Ratio:
11.5:1;
Indonesian Euro 3 version: 10.5:1
Nah sekarang bandingkan dgn brosur Avanza (silakan cari download pdfnya);
Avanza 1300cc = 96,5PS@6000RPM, 12,3kgm@4200RPM
Avanza 1500cc = 104PS@6000RPM, 13,9kgm@4200RPM
Kesimpulan sementara saya sih antara brosur dgn wiki cocok, sehingga memang untuk versi Indonesia kompresinya turun dgn mengorbankan power & torsi. Berita sindonews mungkin keliru, malah mengutip kompresi mesin versi internasionalnya...
CMIIW
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 43
- Joined: Thu Feb 23, 2017 3:08
Re: Standar Emisi Euro 4 siap diterapkan di Indonesia ?
terus mobil2 tua mau dikemana in yach?
harusnya diikutin dengan aturan umur maksimal kendaraan yang boleh jalan, supaya emisi kendaraan yang beredar sesuai aturan semua.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Standar Emisi Euro 4 siap diterapkan di Indonesia ?
Jujur saja saya pun belum mampu paham perhitungan sampai detail efeknya thdp oktan bahanbakar.adri31 wrote: Wed Apr 05, 2017 11:46
mantap penjelasannya om coklatMetalik. Lalu, apakah efek pemberian oktan 95 atau 98 ke mesin dengan kompresi yg udah didiskon ini? Ataukah memang optimal memakai oktan 92?
Namun setahu saya, secara kasarnya, kompresi lebih rendah=bisa minum bensin dgn oktan lbh rendah.
Misalnya
2NR-VE euro 3 Avanza (kompresi lbh rendah) & 2NR-FE euro 4 Sienta (kompresi lbh tinggi), mereka berdua sama2 diisi bensin puremium, harusnya si Sienta rusaknya lbh parah dr si Avanza...
Tentu ada faktor lain yg mempengaruhi kebutuhan oktan suatu mesin selain kompresi, seingat saya bahan blok mesin spt yg diceritakan om Duvebriliant0 jg ada pengaruhnya...
CMIIIW
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 853
- Joined: Mon Jan 17, 2011 6:32
- Location: Paragon City
Re: Standar Emisi Euro 4 siap diterapkan di Indonesia ?
THANKS kpd semua master2 di atas
wajar jika ada ke ragu2an dan ketidak percayaan karna wacana ini trnyt udah mulai sjak 2012, dan baru bulan lalu di taon ini disahkan pemerintah melalui Kementerian lingkungan hidup dan Kehutanan
tapi trnyata ada juga keyakinan dan harapan dari master2 agar segera terelaisasi
keberagaman yg baik
===============================================
http://otomotif.kompas.com/read/2017/04 ... .terlambat
Indonesia Euro IV, Ketinggalan Tapi Belum Terlambat

kalo diliat dari tabel di atas, trnyata indo lebih dulu yg menerapkan euro 2 dibanding 2 negara tetangga asean: flipino dan malaisia
skrg indo malah dah disalip oleh ke 2 2 nya sjak taon 2012 & 13





wajar jika ada ke ragu2an dan ketidak percayaan karna wacana ini trnyt udah mulai sjak 2012, dan baru bulan lalu di taon ini disahkan pemerintah melalui Kementerian lingkungan hidup dan Kehutanan
![Yes / No [emo-yesno]](./images/smilies/2017-yesno.gif)
![Yes / No [emo-yesno]](./images/smilies/2017-yesno.gif)
tapi trnyata ada juga keyakinan dan harapan dari master2 agar segera terelaisasi
keberagaman yg baik


===============================================
http://otomotif.kompas.com/read/2017/04 ... .terlambat
Indonesia Euro IV, Ketinggalan Tapi Belum Terlambat
Jakarta, KompasOtomotif – Mobil-mobil di Indonesia pada masa akan datang dipastikan lebih ramah lingkungan. Ini didapat setelah pemerintah melalui Kementerian lingkungan hidup dan Kehutanan menetapkan standar emisi baru setara Euro IV. Tertinggal dari negara tetangga, tapi belum terlambat.
Dari data Clean Air-Asia, lembaga di luar pemerintahan yang bergerak secara global untuk menghadirkan udara bersih dan sehat-mewakili Asia, Indonesia menjadi salah satu negara besar di ASEAN yang belum menerapkan standar emisi Euro IV (sebelum ditetapkan, masih berkutat di Euro II).
Thailand dengan industri otomotifnya yang semakin maju, sudah menerapkan standar emisi Euro IV sejak 2012, begitu juga dengan Filipina. Malaysia menerapkan standar yang sama setahun sesudahnya. Singapura lebih lama lagi, mewajibkan standar emisi Euro IV sejak 2006.
======================

kalo diliat dari tabel di atas, trnyata indo lebih dulu yg menerapkan euro 2 dibanding 2 negara tetangga asean: flipino dan malaisia
skrg indo malah dah disalip oleh ke 2 2 nya sjak taon 2012 & 13


Don't
ate

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7652
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Standar Emisi Euro 4 siap diterapkan di Indonesia ?
kan indo paling jago urusan bikin (trmsk bikin anak) tapi maintain maupun improve itu nomor skian ada di tengah atau tengah-bawah
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 853
- Joined: Mon Jan 17, 2011 6:32
- Location: Paragon City
Re: Standar Emisi Euro 4 siap diterapkan di Indonesia
se7 bung pboy297Pboyz97 wrote: Mon Apr 03, 2017 10:25 Hmmm. sepertinya bagus juga kalau sudah siap buat Euro 4, soalnya sudah sejak lama negara kita berkutat di Euro2 terus tanpa perkembangan berarti selama bertahun2 lamanya & membuatnya tertinggal dari negara tetangga, tapi agak susah juga kalau mau menerapkan Euro4 di Indonesia, soalnya perlu sosialisasi & infrastruktur yg memadai untuk mendukung program tersebut menurut saya.
baca2 juga pasti butuh edukasi ke masyarakat , dan smoga bakal jadi edukasi yg bener dan ndak sperti yg barusan itu tu lhooo ........



NATO not action talk onlyRakean wrote: Mon Apr 03, 2017 11:07 wkwkwkwkwwkwk... dari dulu talk only doang mo standard EURO4, sampe skrg belum terealisasi.
yup benahin dl lah kualitas BBM nya, standarisasi quality tiap SPBU, dll. percuma punya kendaraan EURO4 tapi minumannya g bergizi


smoga kali ini ndak jadi wacana basi meneh
so pasti jlas kalah lah indoKaleng wrote: Mon Apr 03, 2017 11:10 ketinggalan sama india yang sudah melarang penjualan kendaraan di bawah euro 4. mari kita lihat 18 bulan ke depan.
indihe skrg hebat dan konon udah jadi negara dgn pertumbuhan ekonomi tertinggi di dunia , sudah nyalip ngasepin cungkwo yg lama megang rekor ini. manufakutur dan informasi teknologi maju pesat jg di indihe


mungkin juga sperti mazda cx5 ya bung brownmetalik ?coklatMetalik wrote: Mon Apr 03, 2017 11:10 Pernah baca Mesin toyota NR series sebetulnya euro 5, cm khusus utk Indonesia didowngrade jd euro 3 (dgn efek samping turunnya tenaga)


kata nya kompresi rasio nya 14:1 utk pasar global, smentara yg masuk indo di downgrade jadi 13:1 by mazda indo
ke euro berapa diturunin nya tu ?


cocok tu kalo mereka ke sana study banding dan survei plus seminar master newrubble, jgn ke eropa mlulunewrubble wrote: Mon Apr 03, 2017 11:33 ha ha ha ha euro4 baru mau ya....... bikin seminar dulu sj n trus kunjungan kerja dulu keliling negara negara yg pernah euro4
somali n syria yg killzones sj sdh lama skali .....ksono sj dulu liat liat




Don't
ate

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 853
- Joined: Mon Jan 17, 2011 6:32
- Location: Paragon City
Re: Standar Emisi Euro 4 siap diterapkan di Indonesia ?
billyd1773dz wrote: Mon Apr 03, 2017 13:00Tergantung...... Klw biar bisa eu3 artinya biar bisa pke oktan rendah ya pasti performa hrs di turunin, ignition timing mundur...iwing wrote: Mon Apr 03, 2017 11:38bukan nya tenaga harus nya justru nambah ya om..?? karena setau saya sih kalo spek euro itu semakin tinggi maka tenaga mesin akan semakin 'terkebiri' (di mesin yang sama)..??coklatMetalik wrote: Mon Apr 03, 2017 11:10 Pernah baca Mesin toyota NR series sebetulnya euro 5, cm khusus utk Indonesia didowngrade jd euro 3 (dgn efek samping turunnya tenaga)
misal mesin motor yamaha R6 2014 memiliki tenaga yang lebih besar dibanding yamaha R6 2017 karena efek euro 4. atau memang sengaja di sunat kali ya tenaganya bukan karena euro 4
Kasih fuel bgs ya bisa naik performanya.
Tp klw terlalu tinggi ya bener juga seperti diesel yg hrs pke dpf atau adblue... Ujung2nya muncul skandal emisi karna ingin naikin performa tp keganjal standar emisi
Eniwei... Semoga beneran terealisasi...
![]()


iseng2 coba gugel istilah baru dpf dari master billy.


brarti kalo di mesin bensin nama nya catalytic converter ya ?


kudu siap kayak nya kali ini


skrang gantian mereka yg bertanya jg bung koddyKoddy wrote: Tue Apr 04, 2017 0:21 Siap2 bye2 dengan Premium dan Pertalite
Juga bye2 dengan Biosolar dan Dexlite.
Pertanyaannya, Pertamina siap ga, bikin BBM kualitas bagus harga setara dengan negeri tetangga aja, Malaysia?
Sebab realnya Pertamina bandingan harganya dengan negara tetangga kan, ron kita terendah vs ron setara 92 disana, yang mana masih sering mahalan Pertamina
Sent from my K016 using Tapatalk
http://otomotif.kompas.com/read/2017/04 ... masyarakat.
padahal bbm nya saza masih 18 bulan lagi


sudah pasti sepasti nya tuhaho wrote: Tue Apr 04, 2017 0:36 Bis-bis malam pada udah duluan pasang stiker euro 4 dan pada saingan pasang gede gede.
Bbm ya tetep biosolar :p
Sent from my iPhone using Tapatalk


bagian yg jg tersulit........karna pasti ndak ada yg mau kehilangan mesin cetak duitgobale wrote: Tue Apr 04, 2017 0:45 tunggu kilang2 butut di modernisasi semua..baru bisa produksi bbm bagus....inilah yg paling ditakutkan sama mafia2 migas itu


Don't
ate
