My experience with P406 D8 & D9:
1. Ambil yang D9 kalo bisa yang keluaran th 2000 (soalnya CBU), 2001 - 2004 udah CKD
2. D9 lebih responsif dibanding D8. Tipe mesin nya EW10J4R.
3. Kalo seneng ngebut, manual lebih gesit. Yang matic berasa lebih kalem.
4. Untuk keluaran th 2000, 406 D9 bisa dibilang mewah feature: rain sensor, onboard computer, cruise control, audio control, arm rest, split folding rear seats, front/side airbag, crystal headlamp, adjustable headlamp control, ABS, premium sound system, all tinted glass, dll.
5. Kelebihan2: suspensi sangat nyaman (setara S Class), handling gesit (BMW/ Honda), interior comfort, kedap suara sangat baik, relatif nggak boros2 banget.
6. Kekurangan: extra perhatian ke maintenance ***
*** tips:
1. Jangan pernah sekali2 bawa Pug ke bengkel non specialist Peugeot !!! kecuali yang sifat nya umum (non specific)
2. Jangan pernah sekali2 ngakalin kabel di potong/ disambung/ dicabang/ jumper/ dll kecuali bener2 mengerti dan ngikutin wiring diagram yang benar.
3. Jangan pernah kanibal parts dari merek lain walaupun tipe part nya dan spek nya mirip2
4. Baca buku manual, baca lagi, baca lagi sampe bosen.
5. Ikutin jangka waktu servis sesuai manual atau bengkel resmi (semua cairan), jangan sampe telat diusahakan dan gunakan semua jenis cairan sesuai spek pabrik (jangan iseng2 coba2)
Maintenance:
6. Jangan pernah iseng2 ganti busi merek ini itu, gunakan busi standard 406 keluaran astra/ peugeot/ BOSCH
7. Jangan tambal sulam knalpot, kalo bocor ganti standar nya aja. Di ganti2 racing exhaust/ muffler nggak ngaruh2 amat di peugeot.
8. Kalo ketemu problem di AC, ...ngisi nya pake R134a dan harus ditimbang 700 - 780gram ngisinya (kalau mau dingin dan awet). Siap2 bawa timbangan dari rumah.
9. Pake velg 19" rubah PCD masih nyaman, selama adapter nya bikin yang bagus.
10. Pompa power steering, dinamo amper, suka bunyi bearing nya kalo udah lama.
11. Kalo jarum speedometer naek turun, buru2 ganti speed sensor (gak mahal)
12. Kalo idle naek turun, bersihin dulu idle regulator (3 kali bersihin baru ganti baru)
13. Kalo tenaga ngempos, ...cek oxygen sensor dan catalytic converter (ganti baru kenceng lg)
14. Kalo temperatur naik, ....1. Cek waterpump 2. Temperature sensor (AC dan mesin) 3. Kuras radiator 4. Cek AC
15. Kalo dingin kenceng makin panas makin loyo, .....cek pompa bensin, pressure regulator, filter bensin.
16. Kalo udah waktunya ganti timing belt, ganti deh (kalo perlu ngutang dulu) bisa berabe kalo putus........
17. Abis di balance/ spooring masih getar, ....ganti disc brake

Kalo kondisi prima, ...406 D9 bisa melesat di cipularang 180km/h berasa tu jalan mulus abis