Short Review : Test Drive Suzuki Ertiga Diesel ZDI M/T
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 715
- Joined: Mon Nov 30, 2015 1:44
- Location: Surakarta
- Daily Vehicle: Toyota Kijang Innova V D4D 2013
Short Review : Test Drive Suzuki Ertiga Diesel ZDI M/T
Halo mods, om2, tante2 sekalian, kali ini piyik mau membuat review seekor ertiga diesel.
Setelah beberapa lama ditunggu, akhirnya Suzuki meluncurkan ertiga diesel, LMPV kedua dengan mesin diesel yg diluncurkan di Indonesia ( setelah chevy spin yg sudah disuntik mati )
Latar Belakang
Beberapa hari yg lalu, piyiks di whatsapp oleh seorang sales sijuki untuk dtg undangan test drive, dan tentunya dengan jamuan makan malam, akhirnya karena memang hari itu sedang kosong, meluncurlah saya ke venue test drive di sebuah mall di kota Solo..
Ertiga diesel sebelumnya sudah meluncur di India, dan disambut baik disana. Di India, Ertiga diesel punya 2 varian yaitu ZDI dan ZDI+ dan hanya manual.
Suzuki Indonesia memasukkan Ertiga Diesel ke Indonesia diimport langsung dari India hanya untuk tipe ZDI ( the cipe trim ), dengan trasmisi manual tentunya..
Saya ga akan jelaskan panjang lebar ttg eksterior dan interiornya, karena memang mobil ini sudah berkeliaran cukup lama, serta banyak member disini yg sudah pelihara mobil ini..
Eksterior
Tidak perlu banyak dijelaskan, penampakan mobil ini SAMA PERSIS dengan versi bensinnya, kecuali ada emblem DDIS di samping kanan kiri ( menggantikan VVT ) serta emblem Hybrid dan ZDI di belakang.
Emblem DDIS ( Diesel direct injection system )
Emblem ZDI dan hybrid
Ban pakai Goodyear Assurance ukuran 185/65 R15, ukuran sama persis ertiga bensin..
Ada inner fender, bahkan LMPV sebelah yg harganya lebih mahal dicat aja nggak..
Blok mesin diesel yg dipakai oleh suzuki ertiga diesel, cukup rapi dan kelihatan padat
Pakai aki kapasitas 70Ah, untuk mendukung sistem ISG ( Integrated Starter Generator ) yang ke hybrid2an oleh suzuki
Sisanya tidak ada perbedaan dari eksterior..
Interior dan akomodasi
TIdak ada perbedaan juga di interior secara sekilas, hanya perbedaan pada motif jok, dan beberapa fitur tambahan
Interiornya ( sorry miring )
Komplit dengan steering switch, HU model in dash
switch leveling lampu ( di bensin ga ada ), fog lamp, matiin auto start-stop engine, dan matiin sensor parkir
Pengaturan ac lebih komplit dengan heater, defogger, dll ( ga ada di bensin )
Untuk build quality, cukup oke walaupun rasanya jok yg bensin lebih halus, fit and finish rasanya sedikit lebih kasar daripada versi CKD indonesia, walaupun masih lebih bagus daripada merk sebelah
Engine
Mesin yang dipakai adalah mesin dengan kode D13A kapasitas 1248cc yang diklaim punya tenaga 90HP @ 4000rpm dan torsi 200NM @1750rpm *katanya*( terbesar di kelasnya )
Blok mesin ini sebelumnya dipakai di chevy spin diesel yg terkenal sangat irit, tapi sekarang sudah dimodif oleh suzuki ditambah VGT dan ISG yang dipakai oleh SHVS ( Smart Hybrid Vehicle by Suzuki )
Mesin ini hanya direkomendasikan menggunakan DEXLITE atau PERTAMINA DEX, DILARANG KERAS SOLAR BUSUK, bisa menghilangkan garansi..
Sistem kerja dari SHVS ini adalah :
1. Saat mobil melakukan pengereman, ISG akan melakukan charging ke aki yang nantinya akan digunakan oleh motor listrik ketika mobil berjalan di putaran bawah, yang katanya akan membantu agar mobil terasa responsif di segala putaran dan lebih hemat BBM.
2. Auto start stop engine buat menghemat bahan bakar, tapi yg jadi masalah, ketika mesin mati kompresor AC juga mati, jadi AC akan lebih panas
Mesin ini diklaim oleh suzuki dapet 22.6km / liter, sampe dibikinin stiker gede banget di mobil test drivenya
Tulisan Hybrid segede itu sebenernya agak kurang pas menurut oe, karena ini hybridnya bukan bener2 ada motor listrik gede yang bisa jalanin mesin tanpa harus ngidupin "main" enginenya, lebih cocok mild hybrid, tapi karena untuk marketing purpose ya terserah lahhh..
Driving Impression
Pertama kali distarter, kerasa getar dikiiiiit banget. Hampir ga berasa kalau ini adalah seekor mobil diesel, sangat jauh getaran dan berisiknya dari dalam kabin kalau dibandingkan dengan kucing tua saya
Oke, langsung tancep gas keluar dari parkiran, kopling rasanya sama persis kaya ertiga bensin, pas buat saya walaupun rasanya masih agak keras.
Gigi 1 agak, errrrr... lemot , torsi yang diklaim mulai nonjok di RPM 1750 ini hanya omong kosong di gigi 1, walaupun untuk rev lebih dari 3k masih cepet naiknya, efek dari turbo yg disematkan didalam mesin ini.
Masuk ke gigi 2, 3 dan seterusnya, torsi yang nonjok baru kerasa di RPM 2200an, disini baru kerasa banget karakter mesin dieselnya, jambakan torsi yang ga mungkin didapatkan di LMPV lain, sangaaatttt nikmat, andaikan mobil ini digandengkan dengan transmisi matic yang pintar, pasti jadi lebih enak lagi..
Suara mesin masuk ke dalam kabin ketika mencapai RPM 2500 ke atas, walaupun semasuk2nya suara mesinnya masih aja halus.. *remember my benchmark is a 14 years old isuzu panther NA enjin*
Peredaman kabin cukup baik, dari kolong juga baik untuk jalan aspal, tapi untuk jalan paving blok semua itu sirna. Suara kolong masuk ke dalam, ga enak sama sekali, ga tau kenapa bisa kaya gini, padahal bannya sudah cukup bagus..
Untuk handlingnya, sama persis dengan ertiga bensin, bukan yang paling fun to drive, tapi juga ga ajrut2an. Posisi ditengah2 diantara rival2nya, tapi yg jelas joknya paling enak karena tebel..
Untuk auto start-stop enginennya, mesin akan otomatis mati ketika kita dari posisi jalan, lalu berhenti, posisi gigi di Netral, kaki lepas dari kopling maka otomatis mesin akan mati dan indikator A warna hijau di cluster akan nyala
Mesin akan kembali nyala ketika kita injak koplingnya, dan nyalanya juga sangat cepat dan halus, jadi tidak akan mengganggu respon ketika akan jalan dari lampu merah.
Contoh kasus dimana auto start-stop ini agak ... errrr.. bodoh yaitu ketika kita iseng injek kopling di lampu merah mesin akan nyala dan ga akan kembali mati setelah beberapa saat walaupun kita ga injak gas sedikit pun..
Cluster ertiga diesel memiliki ambient warna yang berbeda dibanding yg bensin yg warnanya orange, cluster ertiga diesel lebih enak dipandang ketika nyetir
Gear indikator bulat, artinya kita berada di gigi yang tepat / optimal untuk efisiensi bahan bakar
Indikator panah atas diikuti angka artinya kita suruh shift up ke gigi tersebut ( dalam hal ini dari gigi 2 ke 3 )
Indikator panah bawah diikuti angka artinya kita suruh shift down ke gigi tersebut ( dalam hal ini dari gigi 4 ke 3 )
Ketika berjalan dan kita melakukan pengereman, ISG akan melakukan charge ke aki untuk memutar motor listrik nantinya, ditandai dengan indikator SHVS warna hijau di cluster menyala..
Konsumsi BBM dalam kota bisa dilihat dari MID diatas, berada diatas 16KPL secara terus menerus, padahal waktu nubi bawa mobil ini selalu saya usahakan di RPM 3000an
Kesimpulan
Ertiga diesel sama persis secara handling, akomodasi dan karakternya dengan ertiga bensin, tidak perlu dijelaskan lagi seperti apa.
Tapi mesin diesel disini merubah feel drivingnya menjadi jauh lebih menyenangkan karena torsinya yang melimpah.
Kelebihan :
1. Mesin diesel yang cukup baik di kelasnya
2. Satu2nya LMPV diesel yg masih dipasarkan saat ini
3. Torsi gedeee
4. Harga murah ( 211jt after disc )
5. Kelengkapan fitur lebih baik daripada ertiga versi bensinnya.
Kekurangan :
1. MT ONLEEHHHH
2. Build quality lebih buruk dibanding ertiga bensin CKD.
3. No more solbus
Sekian review dari nubi.. jika ada kekurangan, nubi mohon maap
Setelah beberapa lama ditunggu, akhirnya Suzuki meluncurkan ertiga diesel, LMPV kedua dengan mesin diesel yg diluncurkan di Indonesia ( setelah chevy spin yg sudah disuntik mati )
Latar Belakang
Beberapa hari yg lalu, piyiks di whatsapp oleh seorang sales sijuki untuk dtg undangan test drive, dan tentunya dengan jamuan makan malam, akhirnya karena memang hari itu sedang kosong, meluncurlah saya ke venue test drive di sebuah mall di kota Solo..
Ertiga diesel sebelumnya sudah meluncur di India, dan disambut baik disana. Di India, Ertiga diesel punya 2 varian yaitu ZDI dan ZDI+ dan hanya manual.
Suzuki Indonesia memasukkan Ertiga Diesel ke Indonesia diimport langsung dari India hanya untuk tipe ZDI ( the cipe trim ), dengan trasmisi manual tentunya..
Saya ga akan jelaskan panjang lebar ttg eksterior dan interiornya, karena memang mobil ini sudah berkeliaran cukup lama, serta banyak member disini yg sudah pelihara mobil ini..
Eksterior
Tidak perlu banyak dijelaskan, penampakan mobil ini SAMA PERSIS dengan versi bensinnya, kecuali ada emblem DDIS di samping kanan kiri ( menggantikan VVT ) serta emblem Hybrid dan ZDI di belakang.
Emblem DDIS ( Diesel direct injection system )
Emblem ZDI dan hybrid
Ban pakai Goodyear Assurance ukuran 185/65 R15, ukuran sama persis ertiga bensin..
Ada inner fender, bahkan LMPV sebelah yg harganya lebih mahal dicat aja nggak..
Blok mesin diesel yg dipakai oleh suzuki ertiga diesel, cukup rapi dan kelihatan padat
Pakai aki kapasitas 70Ah, untuk mendukung sistem ISG ( Integrated Starter Generator ) yang ke hybrid2an oleh suzuki
Sisanya tidak ada perbedaan dari eksterior..
Interior dan akomodasi
TIdak ada perbedaan juga di interior secara sekilas, hanya perbedaan pada motif jok, dan beberapa fitur tambahan
Interiornya ( sorry miring )
Komplit dengan steering switch, HU model in dash
switch leveling lampu ( di bensin ga ada ), fog lamp, matiin auto start-stop engine, dan matiin sensor parkir
Pengaturan ac lebih komplit dengan heater, defogger, dll ( ga ada di bensin )
Untuk build quality, cukup oke walaupun rasanya jok yg bensin lebih halus, fit and finish rasanya sedikit lebih kasar daripada versi CKD indonesia, walaupun masih lebih bagus daripada merk sebelah
Engine
Mesin yang dipakai adalah mesin dengan kode D13A kapasitas 1248cc yang diklaim punya tenaga 90HP @ 4000rpm dan torsi 200NM @1750rpm *katanya*( terbesar di kelasnya )
Blok mesin ini sebelumnya dipakai di chevy spin diesel yg terkenal sangat irit, tapi sekarang sudah dimodif oleh suzuki ditambah VGT dan ISG yang dipakai oleh SHVS ( Smart Hybrid Vehicle by Suzuki )
Mesin ini hanya direkomendasikan menggunakan DEXLITE atau PERTAMINA DEX, DILARANG KERAS SOLAR BUSUK, bisa menghilangkan garansi..
Sistem kerja dari SHVS ini adalah :
1. Saat mobil melakukan pengereman, ISG akan melakukan charging ke aki yang nantinya akan digunakan oleh motor listrik ketika mobil berjalan di putaran bawah, yang katanya akan membantu agar mobil terasa responsif di segala putaran dan lebih hemat BBM.
2. Auto start stop engine buat menghemat bahan bakar, tapi yg jadi masalah, ketika mesin mati kompresor AC juga mati, jadi AC akan lebih panas
Mesin ini diklaim oleh suzuki dapet 22.6km / liter, sampe dibikinin stiker gede banget di mobil test drivenya
Tulisan Hybrid segede itu sebenernya agak kurang pas menurut oe, karena ini hybridnya bukan bener2 ada motor listrik gede yang bisa jalanin mesin tanpa harus ngidupin "main" enginenya, lebih cocok mild hybrid, tapi karena untuk marketing purpose ya terserah lahhh..
Driving Impression
Pertama kali distarter, kerasa getar dikiiiiit banget. Hampir ga berasa kalau ini adalah seekor mobil diesel, sangat jauh getaran dan berisiknya dari dalam kabin kalau dibandingkan dengan kucing tua saya
Oke, langsung tancep gas keluar dari parkiran, kopling rasanya sama persis kaya ertiga bensin, pas buat saya walaupun rasanya masih agak keras.
Gigi 1 agak, errrrr... lemot , torsi yang diklaim mulai nonjok di RPM 1750 ini hanya omong kosong di gigi 1, walaupun untuk rev lebih dari 3k masih cepet naiknya, efek dari turbo yg disematkan didalam mesin ini.
Masuk ke gigi 2, 3 dan seterusnya, torsi yang nonjok baru kerasa di RPM 2200an, disini baru kerasa banget karakter mesin dieselnya, jambakan torsi yang ga mungkin didapatkan di LMPV lain, sangaaatttt nikmat, andaikan mobil ini digandengkan dengan transmisi matic yang pintar, pasti jadi lebih enak lagi..
Suara mesin masuk ke dalam kabin ketika mencapai RPM 2500 ke atas, walaupun semasuk2nya suara mesinnya masih aja halus.. *remember my benchmark is a 14 years old isuzu panther NA enjin*
Peredaman kabin cukup baik, dari kolong juga baik untuk jalan aspal, tapi untuk jalan paving blok semua itu sirna. Suara kolong masuk ke dalam, ga enak sama sekali, ga tau kenapa bisa kaya gini, padahal bannya sudah cukup bagus..
Untuk handlingnya, sama persis dengan ertiga bensin, bukan yang paling fun to drive, tapi juga ga ajrut2an. Posisi ditengah2 diantara rival2nya, tapi yg jelas joknya paling enak karena tebel..
Untuk auto start-stop enginennya, mesin akan otomatis mati ketika kita dari posisi jalan, lalu berhenti, posisi gigi di Netral, kaki lepas dari kopling maka otomatis mesin akan mati dan indikator A warna hijau di cluster akan nyala
Mesin akan kembali nyala ketika kita injak koplingnya, dan nyalanya juga sangat cepat dan halus, jadi tidak akan mengganggu respon ketika akan jalan dari lampu merah.
Contoh kasus dimana auto start-stop ini agak ... errrr.. bodoh yaitu ketika kita iseng injek kopling di lampu merah mesin akan nyala dan ga akan kembali mati setelah beberapa saat walaupun kita ga injak gas sedikit pun..
Cluster ertiga diesel memiliki ambient warna yang berbeda dibanding yg bensin yg warnanya orange, cluster ertiga diesel lebih enak dipandang ketika nyetir
Gear indikator bulat, artinya kita berada di gigi yang tepat / optimal untuk efisiensi bahan bakar
Indikator panah atas diikuti angka artinya kita suruh shift up ke gigi tersebut ( dalam hal ini dari gigi 2 ke 3 )
Indikator panah bawah diikuti angka artinya kita suruh shift down ke gigi tersebut ( dalam hal ini dari gigi 4 ke 3 )
Ketika berjalan dan kita melakukan pengereman, ISG akan melakukan charge ke aki untuk memutar motor listrik nantinya, ditandai dengan indikator SHVS warna hijau di cluster menyala..
Konsumsi BBM dalam kota bisa dilihat dari MID diatas, berada diatas 16KPL secara terus menerus, padahal waktu nubi bawa mobil ini selalu saya usahakan di RPM 3000an
Kesimpulan
Ertiga diesel sama persis secara handling, akomodasi dan karakternya dengan ertiga bensin, tidak perlu dijelaskan lagi seperti apa.
Tapi mesin diesel disini merubah feel drivingnya menjadi jauh lebih menyenangkan karena torsinya yang melimpah.
Kelebihan :
1. Mesin diesel yang cukup baik di kelasnya
2. Satu2nya LMPV diesel yg masih dipasarkan saat ini
3. Torsi gedeee
4. Harga murah ( 211jt after disc )
5. Kelengkapan fitur lebih baik daripada ertiga versi bensinnya.
Kekurangan :
1. MT ONLEEHHHH
2. Build quality lebih buruk dibanding ertiga bensin CKD.
3. No more solbus
Sekian review dari nubi.. jika ada kekurangan, nubi mohon maap
Last edited by adityawei on Sat Mar 18, 2017 12:16, edited 1 time in total.
2013 Toyota Grand New Kijang Innova V 2.5 (retired)
2020 CRV RW1 1.5TC
2020 CRV RW1 1.5TC
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4324
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Short Review : Test Drive Suzuki Ertiga Diesel ZDI M/T
Pertamax..,semoga gak dicekoki solar busuk...dan ketika mleduk user nyalahi pabrikan..
Sent from my K012 using Tapatalk
Sent from my K012 using Tapatalk
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 42
- Joined: Fri Mar 06, 2015 15:18
Re: Short Review : Test Drive Suzuki Ertiga Diesel ZDI M/T
wah bannya udah ganti goodyear ya perasaan kemarin masih ban merk india awal2
suka pemilihan warna clusternya
wah sekarang udah boleh dexlite ya kemarin awal2 bilang cuma bisa dex kabar bagus untuk daerah yang susah dex
itu SHVS g yakin bakal kepakai di kota besar yg sekali macet >5 menit bisa mateng didalem mobil
overall cukup salut sama suzuki yg berani masukin dieselnya kesini semoga lmpv lain juga jadi ikut2an masukin versi diesel kesini
suka pemilihan warna clusternya
wah sekarang udah boleh dexlite ya kemarin awal2 bilang cuma bisa dex kabar bagus untuk daerah yang susah dex
itu SHVS g yakin bakal kepakai di kota besar yg sekali macet >5 menit bisa mateng didalem mobil
overall cukup salut sama suzuki yg berani masukin dieselnya kesini semoga lmpv lain juga jadi ikut2an masukin versi diesel kesini
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 74
- Joined: Tue Jan 05, 2016 9:33
Re: Short Review : Test Drive Suzuki Ertiga Diesel ZDI M/T
ingin beli.. nabung dulu..
Sent from my MI MAX using Tapatalk
Sent from my MI MAX using Tapatalk
whatever your flag..we share the same road..
-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: Fri Feb 19, 2016 19:34
- Daily Vehicle: Cx5
Re: Short Review : Test Drive Suzuki Ertiga Diesel ZDI M/T
Nunggu versi matic-nya... Strategi marketing ga sekalian ngeluarin versi matic..?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 715
- Joined: Mon Nov 30, 2015 1:44
- Location: Surakarta
- Daily Vehicle: Toyota Kijang Innova V D4D 2013
Re: RE: Re: Short Review : Test Drive Suzuki Ertiga Diesel ZDI M/T
Iya om.. Sudah diedukasi sebenernya. Tp di solo ketersediaan dexlite masih ga ada.. Adanya cuma pertamina dex yg harganya cukup tinggi [emoji55]ginting wrote:Pertamax..,semoga gak dicekoki solar busuk...dan ketika mleduk user nyalahi pabrikan..
Sent from my K012 using Tapatalk
Iya om, kmrn sih goodyear..udangrebus wrote:wah bannya udah ganti goodyear ya perasaan kemarin masih ban merk india awal2
suka pemilihan warna clusternya
wah sekarang udah boleh dexlite ya kemarin awal2 bilang cuma bisa dex kabar bagus untuk daerah yang susah dex
itu SHVS g yakin bakal kepakai di kota besar yg sekali macet >5 menit bisa mateng didalem mobil
overall cukup salut sama suzuki yg berani masukin dieselnya kesini semoga lmpv lain juga jadi ikut2an masukin versi diesel kesini
Kalau kata salesnya sih minimal dexlite om.. Lebih langka dexlite drpd pertamina dex kayanya kalau di daerah..
Monggo om [emoji23]memphisraines wrote:ingin beli.. nabung dulu..
Sent from my MI MAX using Tapatalk
Sent from my LG-H990 using Seraya Motor mobile app
2013 Toyota Grand New Kijang Innova V 2.5 (retired)
2020 CRV RW1 1.5TC
2020 CRV RW1 1.5TC
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 332
- Joined: Sat Dec 28, 2013 23:45
Re: Short Review : Test Drive Suzuki Ertiga Diesel ZDI M/T
Semoga suzuki masukin mobil diesel lainnya dan ertiga diesel segera ada maticnya
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Short Review : Test Drive Suzuki Ertiga Diesel ZDI M/T
Ketika denger mobil ini pake aki gede buat sistem hybridnya, sy langsung mengira akinya >100 Ah. Ehh ternyata "cuma" 70Ah, gk gede2 amat ini sih, sama kyk Kijang 7K-E...
Auto start stopnya ternyata ngikut pedal kopling ya. Ini mungkin gk akan berfungsi utk bbrp orang. Krn ada bbrp orang (saya kadang2) yg ketika lampu merahnya gk terlalu lama, mobil berhenti tp masuk gear 1 sambil kopling & rem diinjak....
Auto start stopnya ternyata ngikut pedal kopling ya. Ini mungkin gk akan berfungsi utk bbrp orang. Krn ada bbrp orang (saya kadang2) yg ketika lampu merahnya gk terlalu lama, mobil berhenti tp masuk gear 1 sambil kopling & rem diinjak....
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 92
- Joined: Sun Oct 16, 2016 12:53
Re: Short Review : Test Drive Suzuki Ertiga Diesel ZDI M/T
211jt after diskon bisa kurang lagi gak ya kira2 ? ini vin 2016 ya?
itu lokasinya keknya di HM solobaru..
itu lokasinya keknya di HM solobaru..
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Thu Mar 16, 2017 17:25
- Location: Indonesia
- Daily Vehicle: Suv
Re: Short Review : Test Drive Suzuki Ertiga Diesel ZDI M/T
Saya bantu jawab waktu itu sempat liat wawancara salah satu petinggi suzuki indo. Dia cuma bilang liat pasar nya dulu. Klo respon bagus mereka akan keluarin versi AT nya sekarang sudah tahap study malahan. Kembali lagi liat respon pasar
" Life is like riding a bicycle, to keep ur balance, you must keep moving" Honda HRV 1.5 s cvt
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 715
- Joined: Mon Nov 30, 2015 1:44
- Location: Surakarta
- Daily Vehicle: Toyota Kijang Innova V D4D 2013
Re: RE: Re: Short Review : Test Drive Suzuki Ertiga Diesel ZDI M/T
Semoga aja om.. Harapan saya sih vitara diesel [emoji23]halooo wrote:Semoga suzuki masukin mobil diesel lainnya dan ertiga diesel segera ada maticnya
Sama kaya aki panther jg om.. 75Ah malahan panther saya..coklatMetalik wrote:Ketika denger mobil ini pake aki gede buat sistem hybridnya, sy langsung mengira akinya >100 Ah. Ehh ternyata "cuma" 70Ah, gk gede2 amat ini sih, sama kyk Kijang 7K-E...
Auto start stopnya ternyata ngikut pedal kopling ya. Ini mungkin gk akan berfungsi utk bbrp orang. Krn ada bbrp orang (saya kadang2) yg ketika lampu merahnya gk terlalu lama, mobil berhenti tp masuk gear 1 sambil kopling & rem diinjak....
Kalau saya sih model netralin kalau waktunya panjang..
Udah mentok om.. Dari 224.900 diskon 11 katanya aslinya,.selama event ini diskon jadi 13..supersae wrote:211jt after diskon bisa kurang lagi gak ya kira2 ? ini vin 2016 ya?
itu lokasinya keknya di HM solobaru..
Iya om di HM soba, test drive dpt voucher makan di lubos [emoji23]
Bener om, katanya sih tunggu respon pasar, dan yg jelas jadi CKD.. Tapi mendingan ckd sih drpd cbu indiaKacupingAlus wrote:Saya bantu jawab waktu itu sempat liat wawancara salah satu petinggi suzuki indo. Dia cuma bilang liat pasar nya dulu. Klo respon bagus mereka akan keluarin versi AT nya sekarang sudah tahap study malahan. Kembali lagi liat respon pasar
Sent from my LG-H990 using Seraya Motor mobile app
2013 Toyota Grand New Kijang Innova V 2.5 (retired)
2020 CRV RW1 1.5TC
2020 CRV RW1 1.5TC
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5884
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: Short Review : Test Drive Suzuki Ertiga Diesel ZDI M/T
menarik, coba kalo desain extreiornya di gantengin dikit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4585
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Short Review : Test Drive Suzuki Ertiga Diesel ZDI M/T
Nice review om
Ertiga diesel ini memang salah satu LMPV diesel yg value for money di Indonesia + menjadi pembuka kebangkitan LMPV diesel di Indonesia sepeninggal spin, moga2 aja segera ada versi maticnya
Sent from my iPhone using Tapatalk
Ertiga diesel ini memang salah satu LMPV diesel yg value for money di Indonesia + menjadi pembuka kebangkitan LMPV diesel di Indonesia sepeninggal spin, moga2 aja segera ada versi maticnya
Sent from my iPhone using Tapatalk
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Sat Mar 18, 2017 7:44
- Location: lampung
- Daily Vehicle: mobilo
Re: Short Review : Test Drive Suzuki Ertiga Diesel ZDI M/T
Belum bisa terima eksteriornya ertiga.kurang enak dipandang
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5707
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Short Review : Test Drive Suzuki Ertiga Diesel ZDI M/T
Nais ripiu om.
Coba ada metiknya, pasti banyak yang beli. Kalo skrg berharap buat taxi online aja.
Naksir banget sama clusternya, cantik sekaleee..
Coba ada metiknya, pasti banyak yang beli. Kalo skrg berharap buat taxi online aja.
Naksir banget sama clusternya, cantik sekaleee..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1056
- Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
- Daily Vehicle: Galant + Mx King
Re: Short Review : Test Drive Suzuki Ertiga Diesel ZDI M/T
Nice review om wei
Td ng ndi coy?
Td ng ndi coy?
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 533
- Joined: Wed Jan 25, 2017 0:29
- Location: lenteng agung jakarta
- Daily Vehicle: Trooper
Re: Short Review : Test Drive Suzuki Ertiga Diesel ZDI M/T
200an jt dpt diesel torsi ok, irit pula. Top markotop wis.... patut ditunggu matiknya
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 340
- Joined: Mon Mar 06, 2017 10:39
- Daily Vehicle: terios
Re: Short Review : Test Drive Suzuki Ertiga Diesel ZDI M/T
Begitu maticnya keluar, demandnya sudah keburu beli matic merk lain. Xixixi...KacupingAlus wrote: ↑Sat Mar 18, 2017 13:44
Saya bantu jawab waktu itu sempat liat wawancara salah satu petinggi suzuki indo. Dia cuma bilang liat pasar nya dulu. Klo respon bagus mereka akan keluarin versi AT nya sekarang sudah tahap study malahan. Kembali lagi liat respon pasar
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 715
- Joined: Mon Nov 30, 2015 1:44
- Location: Surakarta
- Daily Vehicle: Toyota Kijang Innova V D4D 2013
Re: RE: Re: Short Review : Test Drive Suzuki Ertiga Diesel ZDI M/T
Kayanya ga mgkn deh [emoji23]evolution21 wrote:menarik, coba kalo desain extreiornya di gantengin dikit
Iya om.. Satu2nya pejuang diesel LMPV saat ini..Pboyz97 wrote:Nice review om
Ertiga diesel ini memang salah satu LMPV diesel yg value for money di Indonesia + menjadi pembuka kebangkitan LMPV diesel di Indonesia sepeninggal spin, moga2 aja segera ada versi maticnya
Sent from my iPhone using Tapatalk
Semoga aja taun ini masuk..
Ya bukan selera semua orang sih om..kenzi wrote:Belum bisa terima eksteriornya ertiga.kurang enak dipandang
Makasih om..sintoni wrote:Nais ripiu om.
Coba ada metiknya, pasti banyak yang beli. Kalo skrg berharap buat taxi online aja.
Naksir banget sama clusternya, cantik sekaleee..
Buat taxi online kayanya running cost agak ketinggian kalau minumnya pertamina dex..
Neng HM omm.. Koe neng jogja to ndek kamis ?michaelgiri93 wrote:Nice review om wei
Td ng ndi coy?
Iya om.. Tapi abis ini naik harganya [emoji55]ngalih wrote:200an jt dpt diesel torsi ok, irit pula. Top markotop wis.... patut ditunggu matiknya
Sent from my LG-H990 using Seraya Motor mobile app
2013 Toyota Grand New Kijang Innova V 2.5 (retired)
2020 CRV RW1 1.5TC
2020 CRV RW1 1.5TC
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 759
- Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47
Re: Short Review : Test Drive Suzuki Ertiga Diesel ZDI M/T
Oya biasanya diesel sekarang ga bisa minum oli diesel konventional 15w 40, biasanya sekarang harus full syntetic 5w 30. Ertiga gimana?
Sent from my ASUS_X008DA using Seraya Motor mobile app
Sent from my ASUS_X008DA using Seraya Motor mobile app
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
Current: Z20 NLP C140
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1056
- Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
- Daily Vehicle: Galant + Mx King
Re: RE: Re: Short Review : Test Drive Suzuki Ertiga Diesel ZDI M/T
Owalahh
Wah ora iq
Emailku drung d bales kro dosenku
Btw
Turbo ertigane kui keroso lag e ra?
Opo lagi keroso boost e pas rpm 2200++?
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 156
- Joined: Thu Jul 14, 2016 10:45
Re: Short Review : Test Drive Suzuki Ertiga Diesel ZDI M/T
kata om suara roda jln di aspal ok tp di pafling blok berisik...kalo di aspal kriting gmana om?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 332
- Joined: Sat Dec 28, 2013 23:45
Re: Short Review : Test Drive Suzuki Ertiga Diesel ZDI M/T
Inget minggu lalu pameran di solo salesnya sy bilang bagus ini sdh pake turbo, dia bilang belum pake turbo wahhh..... gimana nich knowledge productnya..... harusnya turbo bisa jd salah satu selling point utk ertiga diesel ini...
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 257
- Joined: Wed Aug 21, 2013 17:22
Re: Short Review : Test Drive Suzuki Ertiga Diesel ZDI M/T
naiz repiew om..
Kalau suara dikolong terdengar berisik mah tinggal nambah peredam saja..dan ini stok 2016, berarti tinggal ngabisin stok/nunggu respon pasar....
Patut ditunggu matic nya sama ckd Indo. Mudah2 ga ada jedug dan siul putu...
Kalau suara dikolong terdengar berisik mah tinggal nambah peredam saja..dan ini stok 2016, berarti tinggal ngabisin stok/nunggu respon pasar....
Patut ditunggu matic nya sama ckd Indo. Mudah2 ga ada jedug dan siul putu...
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 202
- Joined: Fri Jul 08, 2016 6:15
Re: Short Review : Test Drive Suzuki Ertiga Diesel ZDI M/T
Baca di salah satu web sih 5w30silentIm2 wrote: ↑Sat Mar 18, 2017 16:57 Oya biasanya diesel sekarang ga bisa minum oli diesel konventional 15w 40, biasanya sekarang harus full syntetic 5w 30. Ertiga gimana?
Sent from my ASUS_X008DA using Seraya Motor mobile app
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
2012 HR15DE 4AT - Shell Helix Ultra 5w30
2015 CTHD 6AT - Amsoil European Car Formula 5w30
2017 K12M 5MT - Amsoil Signature Series 0w20
2015 CTHD 6AT - Amsoil European Car Formula 5w30
2017 K12M 5MT - Amsoil Signature Series 0w20