Yup, setuju banget. Nanti merk T merasa tertantang dgn mazda yg brani jual CX3 dgn harga segitu, dan launching Crossovernya dengan harga "mirip" CX3, karena menganggap "kan 1 kelas, dan ini T lhoo". Lalu Merk H nyusul dengan H*V feslip dan keluarin mesin 1.5 turbonya dan set pricing mirip2 juga, karena "teknologi turbo". Akhirnya crossover naik kelas, mereka bisa set crossover mereka menggantikan posisi SUV mereka.ibrahimlubis wrote: Thu Mar 16, 2017 1:16 yang ditakutkan kalau crossover kelas ini malah naik harga semua 'menyesuaikan' dengan harga CX-3.. alih2 dengan menaikkan cc mesin dan gimmick.. coba saja lihat misalkan toyota masukkan C-HR atau mitsubishi dengan eclipse cross/outlander sport baru, nanti harganya nempel ke 450jt..
kelas diatasnya yang mid suv sudah main ke 500jtan juga bahkan bisa saja lebih.. liat coba nanti CX-5 baru, CRV baru, bahkan tucson diesel saja sudah 450jtan, biasanya merek korea secara psikologis harga akan dibawah jepang..
semoga saja tidak terjadi.. daya beli masyarakat akhirnya balik lagi ke 'itu-itu' lagi.. LCGC jadi makin menjamur.. hiksss..
Kemudian mazda ngeliat "wow, crossover aja udah range 450jt, ga mungkin doong suv kita diharga segitu?". Booooom, launching CX5 harga 500-600jt. Merek H ngeliat ini dan Boooom, launching C*V di range 550-600jt. And, finally, T mulai bisa ngerasa layak masukin R*V4 dgn pricing segitu (dari saat CX5 GT harga 490jt, T udah rencana mau pricing R*V4 di 500jt an, dgn fitur dan mesin (2.0) yg ga lebih dr cx5 gt). Sementara Chevy berharap besar dr TB dan Captiva yg2-2nya menurut saya reasonably priced car in it's class.
Someday, tanpa disadarin, kelas Medium SUV akan di range 500-600jt, low SUV akan ada di 300-350jt, Low MPV di 250-300jt, compact hatchback di 300-350jt, low hatchback di 200-250jt, lcgc di 150-200jt. Dan mereka keluarin kelas baru lagi, 900cc 3 silinder non turbo dgn harga 100jt-an (120jtan maksudnya).