Automated manual transmission AMT

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

yeodi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 333
Joined: Tue Jul 30, 2013 8:15
Daily Vehicle: Accord_cp2

Automated manual transmission AMT

Post by yeodi »

Halo rekan sm... salam kenal..

Di media byk di bahas suzuki bakal keluar suzuki ignis dengan model yang cukup "unyu", dan eyecatching, serta dengan harga yang tolerable buat city car.. menurut saya ignis ini bisa menyaingi rival2 dari merek sebelah seperti brio march mirage dll..

Cuma ada 1 yang mengganjal, yaitu di transmisi nya.. dengan perkotaan jakarta yang begitu macet, transmisi otomatis tentunya jadi pilihan utama buat city car.. biasa kita kenal convensional AT, CVT, DSG dan double clutch.. tapi untuk yang ignis ini saya belum pernah dengar dan tahu (selain karimun wagon punya) dengan nama AMT (automated manual transmission). Katanya Ignis bakal pake matic jenis ini..

Melalui topic ini, saya pengen tau lebih lanjut bagaimana transmisi ini.

1. AMT sebenarnya itu apa? Gimana cara kerja nya? Penjelasannya jangan terlalu ribet secara saya manusia biasa yang hanya menggunakan mobil untuk keseharian..hehe

2. Apakah transmisi ini halus? Gmn perpindahan gigi nya?
3. Apakah model ini reliable untuk penggunaan jangka panjang?
4. Apa pros dan cons dari transmisi AMT ini?

Sbg info, saya pengguna sx4 2008 di mana transmisinya 4AT conventional..
thx rekan SM.. maap tanyanya banyak.. :mky_01:
kapalrusak
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Sat Nov 12, 2016 11:32

Re: Automated manual transmission AMT

Post by kapalrusak »

coba jawab yg tau aja

1. gak ngerti
2. klo gas gak diurut halus tp lemot, klo dibejek kaya manual rasanya.
3. di karimun ogut baru 30.000 km blm ada apa2 sih
4. pros : gak cape ngopling klo macet :D
cons : terlalu cepet naik gigi & males turun gigi klo ngerem (tergantung setelan bengkel)
klo buat nanjak enakan pake mode manual
User avatar
ripratama
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 399
Joined: Thu Dec 29, 2011 15:36

Re: Automated manual transmission AMT

Post by ripratama »

Bantu jawab ya Om.

AMT itu manual transmission yang pengoperasian kopling / clutch nya digantikan oleh elektronis-mekanis. Jadi tidak ada pedal kopling.

2. Halus atau tidak? Tergantung adaptasi. Pernah bawa Smart Fortwo AMT, tidak smooth tapi bisa diperhalus dgn mode tiptronic/steptronic ketimbang mengandalkan full auto. Dan ada trik lain, kita bisa hafalkan shift point mobil ini lalu perhalus tekanan pedal gas sebelum mencapai shift point.

3. Only time will tell; dan tergantung edukasi kepada customer

4. Pros: lebih murah dari matic conventional, CVT, apalagi DSG.
Cons: abrupt shifting, kopling (mungkin) butuh penggantian lebih awal - seperti mobil manual
Tanggal genap - Mini Cooper S Clubman R55
Tanggal ganjil - Lexus RX 270
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7653
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Automated manual transmission AMT

Post by newrubble »

semi automatic trans.itu patent under benz

pertama x hadir di indo dgn benz ponton

kmudian (under royalty bosch) di indo dikenal via mobil daf66 (org jaman dulu bilang 'volvo belanda') dgn variomatic ....... mobil mobil wakaf IGGI u jawatan kelautan dephub dan jawatan holtikultura deptan

tdk lama abis itu (krn porsche 'sportomatic' tdk masuk resmi indo) vw beetle kluar 'automatic' (sbtulnya sportomatic juga cuma beda gear ratio) jaman pt piola motor / dempo makmur motor

thn 2005 awal proton kluar 'amt' dgn mobil proton sapi sesudah farewell edition benz w168 yg cuma ada warna merah n warna putih (2003.08)

kalo aftermarket di indo pernah ada thn 1990n (1994) electronically switched on/off .......autoclutch (bikinan korea selatan n jaman itu pop di pakai teksi teksi di korea selatan) yg (dgn barang sama) ganti nama jadi easyclutch n skrg jadi easy matic
-el_capitan-
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 192
Joined: Sat May 25, 2013 0:49

Re: Automated manual transmission AMT

Post by -el_capitan- »

newrubble wrote: Sun Mar 12, 2017 11:09 semi automatic trans.itu patent under benz

pertama x hadir di indo dgn benz ponton

kmudian (under royalty bosch) di indo dikenal via mobil daf66 (org jaman dulu bilang 'volvo belanda') dgn variomatic ....... mobil mobil wakaf IGGI u jawatan kelautan dephub dan jawatan holtikultura deptan

tdk lama abis itu (krn porsche 'sportomatic' tdk masuk resmi indo) vw beetle kluar 'automatic' (sbtulnya sportomatic juga cuma beda gear ratio) jaman pt piola motor / dempo makmur motor

thn 2005 awal proton kluar 'amt' dgn mobil proton sapi sesudah farewell edition benz w168 yg cuma ada warna merah n warna putih (2003.08)

kalo aftermarket di indo pernah ada thn 1990n (1994) electronically switched on/off .......autoclutch (bikinan korea selatan n jaman itu pop di pakai teksi teksi di korea selatan) yg (dgn barang sama) ganti nama jadi easyclutch n skrg jadi easy matic
Ada lagi peugeot 107
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7653
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Automated manual transmission AMT

Post by newrubble »

ya betul toyotq aygo/pug107 mk.1 itu pake engine dai xenia mi (1000cc) amt
r1409
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 669
Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT

Re: Automated manual transmission AMT

Post by r1409 »

1. AMT sebenarnya itu apa? Gimana cara kerja nya? Penjelasannya jangan terlalu ribet secara saya manusia biasa yang hanya menggunakan mobil untuk keseharian..hehe

2. Apakah transmisi ini halus? Gmn perpindahan gigi nya?
3. Apakah model ini reliable untuk penggunaan jangka panjang?
4. Apa pros dan cons dari transmisi AMT ini?
1. transmisi manual yg diotomatiskan, jadi itu isinya ya transmisi manual, cuma dikasih komponen tambahan untuk kopling dan pindah gigi secara otomatis dikendalikan oleh elektromekanikalnya. jadi gampangnya ya transmisi manual biasa hanya proses injek kopling dan pindahin giginya digantiin sama alat...
2. tergantung setelan
3. modul transmisinya sama aja dengan transmisi manual biasa, modul shifternya ga tau, walau harusnya ga mahal2 amat.
4. pro nya ga capek injek kopling, cons nya ga bisa ngerasain full control terhadap gas dan kopling. kalo soal FC, kehalusan pindah gigi, dan respon kopling tergantung setelan.
User avatar
Promtheus
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 132
Joined: Wed Feb 03, 2016 12:40
Location: Serpong

Re: Automated manual transmission AMT

Post by Promtheus »

Kalo matic yang dipake Bus itu AMT bukan ya? Soalnya perpindahan giginya agak kasar dan ngejedak :e-think:
4JA-1 M/T 2014
4N15 A/T 2018
2GD-FTV A/T 2019
1KR-VET A/T 2021
yeodi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 333
Joined: Tue Jul 30, 2013 8:15
Daily Vehicle: Accord_cp2

Re: Automated manual transmission AMT

Post by yeodi »

Makasih rekan2 SM.. kalao di bandingin sama conventional, lebih baik mana ya?
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1224
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Automated manual transmission AMT

Post by adityabp »

yeodi wrote: Mon Mar 13, 2017 2:23 Makasih rekan2 SM.. kalao di bandingin sama conventional, lebih baik mana ya?
In term of gear shifting, yg conventional tentu lebih halus krn dilakukan secara hidrolik.
Kalo soal durabilitas, mungkin perbadingan yg fair adalah AMT vs DSG, krn konstruksi dasar keduanya sama2x based on MT. Sama2x mesti "injek" kopling sblm pindah gigi. :D
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1422
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: Automated manual transmission AMT

Post by iwing »

yeodi wrote: Mon Mar 13, 2017 2:23 Makasih rekan2 SM.. kalao di bandingin sama conventional, lebih baik mana ya?
enak manual om karena saya pecinta manual biar setrong ahahhaha. btw saya blm pernah coba amt, cuma dari bbrp review, banyak yang mengatakan klo amt kurang enak (karimun ags)
User avatar
W124benz
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 73
Joined: Wed Mar 30, 2016 6:25
Location: Everywhere

Re: Automated manual transmission AMT

Post by W124benz »

kalo A class yg mungil gen 1 itu AMT bukan ya?
"The important thing in Life is not the Triumph but the Struggle" :thanks:
User avatar
vulvy8858
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 822
Joined: Tue Feb 02, 2016 3:34
Location: +62-21
Daily Vehicle: K I J A N G

Re: Automated manual transmission AMT

Post by vulvy8858 »

kalok AMT, di kantor ada 3 Karimun AGS..

perawatan kayak mubil menual, 15-20rb km wajib genti oli transmisi.

perpindahannya sendiri, kalo pasrah di D ya ga bakal alus2 amat, terkadang berasa ada jerking, terkadang transmisi berasa bingung mao pindah ke percepatan berapa. lebih alus kalo ente ngapalin rentan RPM atau pakek mode manual sekalian.

sementara ini rekor AGS di kantor mencapai 32rb km dan sepertinya aman-aman saja. 32rb km itu ditempuh dalam 5 bulan, sepertinya setahun bisa 50rb tuh mubil, long-term sampe detik ini sih aman.

buat performa, kalo dikebut di D, akan ada beberapa momen dimana transmisi kebingungan, kapan harus upshift, kapan harus downshift, namun kalo pakek manual mode, berasa bawa menual aja tapi ga teken kupling sama mainin giginya pakek + sama -, rekor top speed yang perna saya hajar di KWR bisa sampe 160 kpj, dengan rata2 fuel cons 1:16 pakek Pertalite dan oli SGO 5w-30 yang digenti per 5000 km.

kalo buat kehalusan sih saya jauh prefer matic konvensional, compare ke X-Trail pakean saya yang uda 9 tahun / 160rb km, masi lebi alus matic konvensional, dibanding sesama LCGC, si Brio ya jauh sekali kehalusannya, dan lebi sering ganti oli transmisi.
Daily Warrior:
GN5 / Rallye Red / Gasoline / CVT / 2021 / Odd
MAGH10 / Black Mica / Hybrid / CVT-e / 2024 / Even

two-wheeler:
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
KR150P-SE / White / 2012