ahmadrij wrote: Sat Mar 04, 2017 1:40
Kriteria : 1.di gunakan untuk keluaga ,mobil mingguan
2. Mobil bandel dan nyaman
3.harga jual kembali bersahabat
4.spare part murah
Sent from my ASUS_Z00UD using
Seraya Motor mobile app
nomer 1, bensin ga bermasalah kan? Innova lama apa Serena C24.
nomer 2, bandel dalam artian minim perawatan? Innova lama atau Serena C24.
nomer 3, Avanza-Xenia atau Panther LS Hi-Grade, sama Kijang LGX. sisanya kayaknya akan ambles.
nomer 4, Avanza-Xenia, Panther, atau Kijang kapsul.
kalo emang nyari weekend car yang nyaman dan ngerawatnya ga gitu bikin sakit kepala, Serena enak. ambil yang Ct aja dengan alasan elektrikal ga sebanyak HWS dan ga serumit HWS. budget 90-100 juta bisa dapet tipe Ct taun 2005-2007. 10-20 juta uda cukup buat perbaikan awal kalo ga aneh2 yang rusaknya. nyaman, sangat nyaman dibanding Innova. kencang, kalo dibanding Innova dan AvXen, durability lumayan lah, even ga sebadak Innova, sparepart banyak dan cenderung mirip harganya sama punya Innova, dan harga bekasnya uda murah. weakness utama di resale value sama di boros BBM. oiya borosnya ga beda jauh dari Innova.
kalo durability masi jadi pertimbangan, go for Innova lawas. yang taun 2004-2006. nyaman ya relatif, tapi masih lebi nyaman dari AvXen maupun Panther. kencang ya begitulah, namanya truk beraknopi mau lari kemana juga wkwkwkwkwk. durability kelas badak, dan sparepart ada tersedia dari ori bengkel resmi sampe KW kelas angkot / travel yang asal gelinding. 90-100 juta bisa dapet tipe G bensin matic, sukur2 kalo dapet tipe V dari taipan yang uda bosen sama tunggangan lamanya. G sama V beda jauh di fitur, tapi tipe G lebih simple dan minim elektrikal modern. boros? pasti.
kalo irit jdi pertimbangan, Panther. irit BBM, cukup isi Solar, irit biaya perawatan, dan pajaknya ga semahal 2 option diatas. semoga ketemu yang masi bagus aja. tipe apapun boleh lah asal yang masi bagus. budget 90-100 juta bisa dapet panther dari taun 2001 sampe 2005, tergantung tipe dan kondisi. nyaman juga relatif, seenggaknya Panther masi lebi nyaman dari AvXen, sesama kondisi sehat. kalo dari enjin, durability Panther sangat badak, tapi kaki2nya agak ringkih, body rentan keropos, dan interior rentan rusak di kisi2 AC, doortrim, sama tulangan jok.
alasan masih ada Kijang kapsul adalah.. karena brand image dan logo LGX nya yang keramat luar biasa, entah apa itu filosofi LGX 1800cc manual yang membuat semua Kijang kapsul bekas harganya mulai terjun bebas kecuali seri LGX 1800cc manual. sparepart okelah ToKiSul, dari kelas angkot sampe kelas A2K masih banyak tersedia, RV sangat amat kuat khusus seri LGX 1800cc manual, nyaman biasa aja, lebi nyaman dari Panther dan AvXen mah pasti, tapi ketimbang Innova maupun Serena ya jauh lah bedanya, dan budget 90-100 juta cuma dapet taun 2001-2002 yang belom last gen. sukur2 kalo nemu yang jual last gen kondisi bagus dengan harga segitu. malah bisa dijual lagi dengan harga yang lebih tinggi di masa mendatang. ga usa ngomongin bensin ya kalo buat Kijang lawas, tabu.
pilihan paling pasrah dan paling muda, Avanza-Xenia. saya masih menyarankan tipe S 1500cc matic, karena paling nyaman dan cukup kencang dari semua AvXen yang beredar. di seri matic juga ada beberapa fitur yang ga ada di manual transmission, selain pedal kopling tentunya. 90-100 juta dapet taun 2007-2008 awal yang masi pakek tuas model jadul. kalo brand ga masalah, dan incer tahun muda, coba cari Xenia 1300xx Xi Matic 2010-2011, masi gen lawas memang, tapi daripada Avanza G, saya lebi milih Xenia Xi karena RV nya yang lebih jatoh dan isinya mirip sekali, paling cuma beda double blower.
kalo diurutin:
Prestise : Serena > Innova > LGX > Panther > Avanza > Xenia
Usia (dari yang paling muda) : Xenia > Avanza > Serena > Innova > Panther > LGX
kekuatan RV : Avanza > LGX > Xenia > Panther > Innova > Serena
harga parts (dari yang paling mahal) : Serena > Innova > Av=Xen > LGX > Panther
pajak (dari yang paling mahal) : Serena > Innova > LGX > Panther > Av=Xen
note: Pajak Serena di angka 3-4 jutaan, Innova sekitar 2.5-3.5jt, LGX sama Panther di kisaran 1.8-2.5 juta, AvXen gen awal di 1.3-2 juta.
konsumsi BBM (dari yang paling irit) : Panther > Xenia > Avanza 1.5 > Serena > Innova = LGX
note: konsumsi solar Panther antara 1:12-13 kombinasi, Xenia 1.3 antara 1:11-12, Avanza 1500cc di 1:10-11, Serena di sekitar 1:8-9, Innova sama LGX di sekitar 1:7-8.
kalo saya sih buat family car yang cuma dipake weekend, pasti pilih Serena kalo nemu yang bagus, karena nyaman, lega, dan nilai prestisnya OK. buat kuda perang antara Xenia 1.3 atau Panther, karena irit dan RV nya cukup baik. Avanza 1.5 kalo doyang ngebut dan doyan ngotak ngatik sih enak bener. Innova lawas masi jadi Innova paling enak yang pernah saya pakai, even compared to ANKI bapak saya, build qualitynya masih solid dan dipakenya juga enak. LGX? fosil yang bernilai sangat tinggi di mata beberapa orang, buat saya, saya ga tau nilai plus yang banget banget bangetnya dimana kecuali logo Kijang dan logo LGX nya itu.