Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Newbie mau tanya
Saya punya Toyota Rush 2013 A/T sudah jalan 45.[cencored] KM. Rem saya mengalami masalah, pedal rem harus diinjak agak dalam baru braking force terasa dan muncul bunyi berdesing saat pengereman tetapi setir tidak bergetar. Saya bawa mobil saya ke BeRes, mereka info piringan tidak ada tanda-tanda bengkok jadi mereka hanya bersihkan rem saja. Awalnya rem terasa normal, tidak lama kemudian bunyi berdesing kembali muncul dan pedal rem harus diinjak agak dalam baru terasa braking force-nya.
Saya bawa ke BeRes lagi, mereka info saya kalau disc brake harus diganti atau bubut (mereka persuade untuk disc brake replacement). Saya coba googling, kebanyakan gejala yang muncul selain rem bunyi adalah setir bergetar dan umumnya terjadi di mobil 100.000 KM.
Saya ingin second opinion dari SMers sekalian, apakah diagnosa dari BeRes tersebut sudah tepat untuk masalah ini?
Please advise.
Thank you.
Saya pernah pakai terios tx at 2007. Pemakain 60ribuan km. Pernah remnya bunyi. Kalau diraba disk-nya bergelombang, kasar, tidak mulus. Mungkin karena matic jadi rem lebih sering diinjak. Akhirnya dibubut. Tapi bukan di beres. Setelah itu tidak bunyi lagi.
Semoga membantu.
kalo mobil saya lagi normal tidak ada apa-apa bunyi om...
Jupiemx99 wrote: Thu Mar 02, 2017 7:44
Saya pernah pakai terios tx at 2007. Pemakain 60ribuan km. Pernah remnya bunyi. Kalau diraba disk-nya bergelombang, kasar, tidak mulus. Mungkin karena matic jadi rem lebih sering diinjak. Akhirnya dibubut. Tapi bukan di beres. Setelah itu tidak bunyi lagi.
Semoga membantu.
mendingan dibubut aja ya?
senbei wrote: Thu Mar 02, 2017 8:40
Pernah juga kena problem rem bunyi, pagi di minyakin sore nya bunyi lagi.
setelah dibongkar ternyata kampas rem nya sudah habis.
bunyi bisa jadi karena brake pad baru diganti, sementara permukaan rotor bergelombang plus kotor.
atau bisa juga karena murni kotor.
saat penggantian brake pad/brake shoe sebaiknya diperiksa permukaan rotor/drum-nya. dibubut supaya rata bila perlu
masalah pedal agak dalam, karena brake pad masih tebal, coba diperiksa brake shoe masih layak pakai atau sudah tipis. kemungkinan lain, seal master rem sudah waktunya diganti.
bisa diganti kit-nya saja tanpa master cylindernya. tapi saat dibongkar jangan lupa diperiksa kondisi master cylindernya sekalian.
Saya ngalamin bunyi tiap mobil mau berenti sama mau jalan masih injek rem dkit trus brake force gk kerasa klo injek dkit doank
Trnyata karena kampas rem kw
Pdhal tebal sekali
Boilnya sih crv bukan terios
Biasa kotoran itu,apalagi habis nerjang banjir,kalau habis nerjang air agak tinggi,sering di rem buat bersihkan kotoran di disk, kalau bisa sdh dingin di guyur disknya,tapi kalau sdh nggores ya susah. IMHO
marmut wrote: Fri Mar 03, 2017 7:50
bunyi bisa jadi karena brake pad baru diganti, sementara permukaan rotor bergelombang plus kotor.
atau bisa juga karena murni kotor.
saat penggantian brake pad/brake shoe sebaiknya diperiksa permukaan rotor/drum-nya. dibubut supaya rata bila perlu
masalah pedal agak dalam, karena brake pad masih tebal, coba diperiksa brake shoe masih layak pakai atau sudah tipis. kemungkinan lain, seal master rem sudah waktunya diganti.
bisa diganti kit-nya saja tanpa master cylindernya. tapi saat dibongkar jangan lupa diperiksa kondisi master cylindernya sekalian.
brake pad ganti sewaktu KM 30.[cencored] bos, sudah agak lama. ok, saya consider untuk bubut, liat kondisi disc brake dulu. mereka tidak mention soal brake shoe sama seal master rem, coba nanti saya minta second opinion dari bengkel lain.
vinchazz wrote: Fri Mar 03, 2017 9:40
Saya ngalamin bunyi tiap mobil mau berenti sama mau jalan masih injek rem dkit trus brake force gk kerasa klo injek dkit doank
Trnyata karena kampas rem kw
Pdhal tebal sekali
Boilnya sih crv bukan terios
kalo kampas saya ganti di BeRes om, sepertinya bukan dari brake pad.
nugroho bagor wrote: Fri Mar 03, 2017 9:56
Biasa kotoran itu,apalagi habis nerjang banjir,kalau habis nerjang air agak tinggi,sering di rem buat bersihkan kotoran di disk, kalau bisa sdh dingin di guyur disknya,tapi kalau sdh nggores ya susah. IMHO
tidak nerjang banjir sudah begini bos kondisinya, kalo habis nerjang banjir ya tambah parah
Buset jangan ganti klo masih bisa di mulusin
Honda serpong kmren ada metodenya entah namanya apa
Tpi ditulisnya matching brake di bon, 500rb
Hasilnya mulus lg tuh piringan
vinchazz wrote: Sun Mar 05, 2017 6:10
Buset jangan ganti klo masih bisa di mulusin
Honda serpong kmren ada metodenya entah namanya apa
Tpi ditulisnya matching brake di bon, 500rb
Hasilnya mulus lg tuh piringan
iya bos, saya coba googling bubut disc brake dan akhirnya telepon N**wl*s dia bilang IDR 400K sepasang. kalo ganti piringan baru BeRes bilang IDR 1.200K, cuma saya lupa tanya udah sama pasang atau belum.
Sudah cek kalipernya? Apakah bekerja normal ?
Takutnya seperti yoyota yg oe punya, kalipernya pernah macet. Dia kerja hanya sisi sebelah saja. Jadi disc tidak di jepit dengan sempurna.. Imbasnya rem tidak pakem..
Coba juga cek brake fluid & salurannya..
Coba cek juga bracket untuk pad-nya.
Takutnya ada yg bengkok atau apa gitu, jadi saat ngerem, tidak hanya brake pad yg nempel ke disc, tapi ada bagian dari bracket yg bersinggungan dengan disc, jadi ada suara berdesing.
Sering bubut di yaris atau freed saya, maklum penggunaan cukup tinggi dalam setahun. Biasanya gejala kerasa klo kecepatan tinggi kemudian di rem, stir terasa bergetar dan goyang.
Problemnya TS agak berbeda, sepertinya perlu cek seperti yg om geofreyap katakan.
Pengalaman di 2 mobil saya, brake pad nya dicheck masih tebal, sensor belum nyala, tapi gejala sama seperti Om; setelah ganti brake pad langsung normal lagi.
Tanggal genap - Mini Cooper S Clubman R55
Tanggal ganjil - Lexus RX 270
vinchazz wrote: Sun Mar 05, 2017 12:36
1.2k kalo beres biasa itu harga barang only
Harga pasang ada lg tambahan
iya bos saya kurang teliti nanya ke mereka, soalnya mereka telepon pas lagi jam kerja
geofreyap wrote: Sun Mar 05, 2017 14:53
Sudah cek kalipernya? Apakah bekerja normal ?
Takutnya seperti yoyota yg oe punya, kalipernya pernah macet. Dia kerja hanya sisi sebelah saja. Jadi disc tidak di jepit dengan sempurna.. Imbasnya rem tidak pakem..
Coba juga cek brake fluid & salurannya..
Coba cek juga bracket untuk pad-nya.
Takutnya ada yg bengkok atau apa gitu, jadi saat ngerem, tidak hanya brake pad yg nempel ke disc, tapi ada bagian dari bracket yg bersinggungan dengan disc, jadi ada suara berdesing.
Cmiiw
thank you om atas second opinion-nya. btw selain BeRes kalo urusan rem om Geo ada advise?
haho wrote: Mon Mar 06, 2017 5:28
Sering bubut di yaris atau freed saya, maklum penggunaan cukup tinggi dalam setahun. Biasanya gejala kerasa klo kecepatan tinggi kemudian di rem, stir terasa bergetar dan goyang.
Problemnya TS agak berbeda, sepertinya perlu cek seperti yg om geofreyap katakan.
Sent from my iPhone using Tapatalk
iya om, saya googling pada bilang ada gejala setir bergetar tapi saya tidak ada setir getar.
ripratama wrote: Mon Mar 06, 2017 8:22
Apakah mobil jarang dipakai, Om?
Pengalaman di 2 mobil saya, brake pad nya dicheck masih tebal, sensor belum nyala, tapi gejala sama seperti Om; setelah ganti brake pad langsung normal lagi.
Mobil saya pake ngantor terus tiap hari jarak 28KM PP. brake pad masih bagus setelah dicek, terakhir ganti waktu 30rb KM.
geofreyap wrote: Sun Mar 05, 2017 14:53
Sudah cek kalipernya? Apakah bekerja normal ?
Takutnya seperti yoyota yg oe punya, kalipernya pernah macet. Dia kerja hanya sisi sebelah saja. Jadi disc tidak di jepit dengan sempurna.. Imbasnya rem tidak pakem..
Coba juga cek brake fluid & salurannya..
Coba cek juga bracket untuk pad-nya.
Takutnya ada yg bengkok atau apa gitu, jadi saat ngerem, tidak hanya brake pad yg nempel ke disc, tapi ada bagian dari bracket yg bersinggungan dengan disc, jadi ada suara berdesing.
Cmiiw
thank you om atas second opinion-nya. btw selain BeRes kalo urusan rem om Geo ada advise?
Yg penting sih om percaya dengan bengkel tersebut, terutama mekaniknya.. Semua bengkel sama aja om.. Hehehehe...
fyi, kalo rotor mau dibubut, jangan dilepas dari mobil dan bawa ke bengkel bubut. tapi bawa mobilnya ke bengkel spopring dan minta bubut di tempat, jadi hanya lepas roda saja.
di start tire ada alatnya.
Udah pernah cek booster rem blm om? motuba saya pernah begitu juga problemnya, rem harus injek dalem, gak pakem, bunyi berdesis. Ternyata dari booster rem..
geofreyap wrote: Sun Mar 05, 2017 14:53
Sudah cek kalipernya? Apakah bekerja normal ?
Takutnya seperti yoyota yg oe punya, kalipernya pernah macet. Dia kerja hanya sisi sebelah saja. Jadi disc tidak di jepit dengan sempurna.. Imbasnya rem tidak pakem..
Coba juga cek brake fluid & salurannya..
Coba cek juga bracket untuk pad-nya.
Takutnya ada yg bengkok atau apa gitu, jadi saat ngerem, tidak hanya brake pad yg nempel ke disc, tapi ada bagian dari bracket yg bersinggungan dengan disc, jadi ada suara berdesing.
Cmiiw
Kalo cuma sebelah, bukannya mobil langsung ketarik ke samping om?
geofreyap wrote: Sun Mar 05, 2017 14:53
Sudah cek kalipernya? Apakah bekerja normal ?
Takutnya seperti yoyota yg oe punya, kalipernya pernah macet. Dia kerja hanya sisi sebelah saja. Jadi disc tidak di jepit dengan sempurna.. Imbasnya rem tidak pakem..
Coba juga cek brake fluid & salurannya..
Coba cek juga bracket untuk pad-nya.
Takutnya ada yg bengkok atau apa gitu, jadi saat ngerem, tidak hanya brake pad yg nempel ke disc, tapi ada bagian dari bracket yg bersinggungan dengan disc, jadi ada suara berdesing.
Cmiiw
thank you om atas second opinion-nya. btw selain BeRes kalo urusan rem om Geo ada advise?
Yg penting sih om percaya dengan bengkel tersebut, terutama mekaniknya.. Semua bengkel sama aja om.. Hehehehe...
ok deh om..
marmut wrote: Thu Mar 09, 2017 5:24
fyi, kalo rotor mau dibubut, jangan dilepas dari mobil dan bawa ke bengkel bubut. tapi bawa mobilnya ke bengkel spopring dan minta bubut di tempat, jadi hanya lepas roda saja.
di start tire ada alatnya.
*bukan sales bengkel.
yang saya telepon bisa tanpa lepas disc brake om, 2 jam
geofreyap wrote: Sun Mar 05, 2017 14:53
Sudah cek kalipernya? Apakah bekerja normal ?
Takutnya seperti yoyota yg oe punya, kalipernya pernah macet. Dia kerja hanya sisi sebelah saja. Jadi disc tidak di jepit dengan sempurna.. Imbasnya rem tidak pakem..
Coba juga cek brake fluid & salurannya..
Coba cek juga bracket untuk pad-nya.
Takutnya ada yg bengkok atau apa gitu, jadi saat ngerem, tidak hanya brake pad yg nempel ke disc, tapi ada bagian dari bracket yg bersinggungan dengan disc, jadi ada suara berdesing.
Cmiiw
Kalo cuma sebelah, bukannya mobil langsung ketarik ke samping om?
Kalau dalam kasus oe sih ga narik ya om.. Mungkin oe yg kurang sensitif atau gimana juga ga tau ya.. Hehehe..
Jadi dalam hal oe hanya 1 pad yg gerak, 1nya macet.
Sedangkan roda depan kanan masih normal..
Jadi yg macet hanya 1 sisi di roda depan kiri.