Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Dear rekan2 SM, belakangan sy cuman jadi silent reader disini, tapi tiba2 sy pengen bikin thread karena penasaran n pengen tau lebih lanjut.
Sebenernya dari dulu sy suka BMW E39 sejak awal2 muncul pas jamn kelas 5-6 SD (dari iklan di yellow pages) n bbrp tahun belakangan sering kepikiran buat beli, cuman masih ragu ama perawatan, durability, reliability dan lain2nya. Yang kepikiran sih mahal mengingat ini kan mobil eropa dari merek yg termasuk kategori mewah. Cuman bbeberapa waktu lalu sy baca2 salah satu thread disini n bikin tambah naksir n pengen dengan BMW ini. Sy quote di bawah.
Pertanyaan sy apakah mobil ini benar2 segampang itu dirawat? Untuk harga spare part bagaimana? Seandainya sparepart memang mahal tapi umur pakainya lama buat sy sih ga masalah karena sy pengen piara mobil ini untuk waktu yg lama n klo bisa ga dijual2 lagi. Bengkel yg recommended untuk di jakarta (prefer jakut n jakbar) dimana?
Pengalaman sy sekarang pelihara Ford Everest TDCI 2011 standar tanpa modif yg beli dari baru n baru 2x belakangan ini service di bengkel biasa, sebelumnya di bengkel resmi terus. Sebelumnya sy pakai Nissan Terrano Granroad yg sy beli bekas n mesinnya sangat sederhana tapi boros. Pengalaman dari kedua mobil itu sih cukup mudah perawatannya.
Oh iya seandainya memang perawatannya segampang itu sy akan lanjut dengan hunting2 mobil ini. Rencana sy adalah ambil seri 530i 2001 atau lebih muda, karena sy mikir sekalian aja ambil tipe tertinggi. Ada yg pengalaman dengan ini? Adakah penyakit bawaan atau hal2 yg harus diperhatikan? Atau ada rekomendasi dari E39 lain dari segi biaya perawatan. Kalau konsumsi bensin sy ga masalah. Mungkin mobil ini akan jadi mobil untuk weekend aja, karena untuk harian sepertinya Everest masih lebih ekonomis tapi tidak menutup kemungkinan jg untuk jd mobil harian.
2006-2008 di harga segitu belom ada yg sangat2 recommended...
Kalo pindahnya dari mobilio dan belom pernah ngerasain mobil eropa sih, pasti ngerasa enak banget pas pindah ke eropahan mau seri apapun juga
Rekomennya sih paling E46 (seri 3, yg bagus 325i cari2 yg 2004-2005 aja). Mobil ini enak banget dibawanya, suara mesinnya surga, ngerawatnya ga ada susah2nya, dijamin bikin jatoh cinta deh. Paling bensinnya yg rada boros sesuai sama powernya, 1:6 dalem kota...
Kalo ga bermasalah sama ukuran yg lebih gede, E39 (seri 5, ini ada 2 pilihan, kalo mau irit 520i, mau kenceng banget tapi boros 530i, tahun 2002-2003. 520i ama 530i sama2 6 cylinder jd suaranya sama2 enak)... Ini segala2nya diatas E46 (intinya lebih mewah n nyaman jauh tapi juga stabil & fun to drive) tapi tetep sama aja ngerawatnya jg
nyari mobkas kalau pake cara saya nggak pake ribet yang penting pas TD matic , mesin , kaki2 enak , Ac dingin , body oke , interior gak ada yg rusak / cacat / bladus, syukur2 ada rec. service
khusus E39
yang penting nggak masuk limp mode , nggak ada dead pixel , tamper dot , nggak ada indikator airbag yg hidup, failed trans. di OBC
kelupaan ,
tanya juga kode kode buat radio sudah ada booklet / disket biasanya
saya nggak tahu kalau e39 530 pake semacam smart key/ nggak khatamnya saya di 528 saja itu nggak pake smart key macam kunci gitar di new eyes kalau pakai kunci model begitu usahakan masih ada disket data nya
Go for it... 530i e39...
Om TS bilang ini hanya mobil weekend
Malah klo bisa gak dijual2 lagi..
Biasa pegang everest dan terano.. mereka bukan mobil mainstream dan boros2 jg kan..
Happy hunting om..
Cuma nyaranin aja.. cek bimmeroom.. saya bukan antek2 atau marketing atau siapanya.. cuma saat ini yg saya tau di jkt showroom khusus biem yg barangnya guarantee, rata2 mobil2 lama juga.. ownernya jg terkenal di kalangan hobby dan enthusiast.. dan ya cukup direkomen banyak juga.. harga mgkn mahal dikit dr pasaran tp puas kayaknya..
klo ngarep reliability kayak terrano atau everest ya ga bisa lah. Terrano tuh mobil dgn teknologi mesin masih sederhana masih karbu pulak n elektrikal ga aneh2. Everest jg mobil pekerja n termasuk gampang dirawat, apalagi punya dr baru. Lain cerita ama e30, mobil dah berumur, mewah yg berarti banyak fitur2 pemanja, jd elektrikalnya lbh rumit karena kabel2 n sensor2 jauh lbh banyak n udah pasti bisa kemakan usia. Klo dr sisi mesin sih mgkn awet, tp yg mahal kan perintilan tadi. Jd sebaiknya pikir2 dulu, kecuali emang budget ga terbatas jd tinggal restorasi semua aja.
Emang harus hati2 baca tulisan/atau opini di forum bebas begini, blm tentu itu akurat, harus ditelaah dulu. Begitu juga membuat tulisan, pastikan bisa dipertanggungjawabkan.
Belum pernah pake e39 sih
Tp sepertinya yg hrs diperhatikan adalah kelistrikannya karena mobilnya cukup banyak fitur utk thn segitu
Selain itu maticnya juga dicek masih halus ga dan pritilan interior masih utuh ga
Lalu cooling system dan kaki2 dicek masih sehat ga
Kalo utk masalah mesin sih e39 530i harusnya perawatannya mudah kalo mesinnya sehat paling servis rutin aja cukup,saya sendiri pake e46 325i mesinnya sama2 m54 hanya beda cc aja selama ini ga ada masalah berarti dan cari sparepartnya juga gampang di toko sparepart bmw kalo mau yg copotan juga banyak
dany_pos wrote: Sat Feb 25, 2017 8:16
klo ngarep reliability kayak terrano atau everest ya ga bisa lah. Terrano tuh mobil dgn teknologi mesin masih sederhana masih karbu pulak n elektrikal ga aneh2. Everest jg mobil pekerja n termasuk gampang dirawat, apalagi punya dr baru. Lain cerita ama e30, mobil dah berumur, mewah yg berarti banyak fitur2 pemanja, jd elektrikalnya lbh rumit karena kabel2 n sensor2 jauh lbh banyak n udah pasti bisa kemakan usia. Klo dr sisi mesin sih mgkn awet, tp yg mahal kan perintilan tadi. Jd sebaiknya pikir2 dulu, kecuali emang budget ga terbatas jd tinggal restorasi semua aja.
Emang harus hati2 baca tulisan/atau opini di forum bebas begini, blm tentu itu akurat, harus ditelaah dulu. Begitu juga membuat tulisan, pastikan bisa dipertanggungjawabkan.
Agree sm om dany_post
Di telaah dulu jgn telen bulet"
Ada cost yg lumayan utk keep ni mbl bisa sll tegak berdiri sehat, sec mbl sdh berumur, luxury euro jg dg khas bawaan sensor electrical
Klo lg sehat.....ya emang enak.
Items cek:
*Transmisi
*Cooling system
*sensor" electrical, abs. airbag,
dany_pos wrote: Sat Feb 25, 2017 8:16
klo ngarep reliability kayak terrano atau everest ya ga bisa lah. Terrano tuh mobil dgn teknologi mesin masih sederhana masih karbu pulak n elektrikal ga aneh2. Everest jg mobil pekerja n termasuk gampang dirawat, apalagi punya dr baru. Lain cerita ama e30, mobil dah berumur, mewah yg berarti banyak fitur2 pemanja, jd elektrikalnya lbh rumit karena kabel2 n sensor2 jauh lbh banyak n udah pasti bisa kemakan usia. Klo dr sisi mesin sih mgkn awet, tp yg mahal kan perintilan tadi. Jd sebaiknya pikir2 dulu, kecuali emang budget ga terbatas jd tinggal restorasi semua aja.
Emang harus hati2 baca tulisan/atau opini di forum bebas begini, blm tentu itu akurat, harus ditelaah dulu. Begitu juga membuat tulisan, pastikan bisa dipertanggungjawabkan.
Agree sm om dany_post
Di telaah dulu jgn telen bulet"
Ada cost yg lumayan utk keep ni mbl bisa sll tegak berdiri sehat, sec mbl sdh berumur, luxury euro jg dg khas bawaan sensor electrical
Klo lg sehat.....ya emang enak.
Items cek:
*Transmisi
*Cooling system
*sensor" electrical, abs. airbag,
Yeap... Namanya mobil canggih pasti resiko untuk electrical faulty juga besar... Ketelitian milih unit dan kesabaran dalam merawat itu kuncinya. Barang mekanikal juga rawan sekali termakan usia.
Mobil Jepang dengan label tahan banting saja nggak jamin minim perawatan... Apalagi mobil Eropa dengan segudang teknologinya...
Saya pernah minang 528i 97, lalu tukar dgn 530i 2001, secara power, terasa sekali perbedaan antara ke 2 nya itu, dari 193HP ke 225HP sih, single vanos vs double.
Di 530i 01 kelemahannya di radiator aja, mesin overheat gara2 tabung reservoir cadangan radiator bocor/pecah. Other than that lancar jaya tuh mobil. Dari 0 ke 200KM/H gampang sekali di raih.
Saran newbie kalau bisa ambil 530i 2003, yg latest edition e39, beda di velg, sama dapet parking sensor. Harga tdk terpaut jauh sama yg 01. Happy hunting...
Klo dari sudut pandang aku, bmw tua itu menyeramkan. Terakhir pake bmw 318i (org tua) beli baru thn 2003 pas thn 2006 klo ga salah udah dijual karena jajannya banyak. Sejak itu ngindarin brand mewah karena harga part nya mewah jg
E39 relatif badak ya, belum dengar penyakit aneh2 di seri ini. Biasanya sdh hrs overhaul kaki2, ganti/kuras seluruh cairan terutama oli dan filter mesin + transmisi, oli gardan, coolant dan brake service.
Perawatan utk mobil yg dulu harganya 500 jt (walaupun skrg bisa dibeli dgn 100 jt) tetap berstandar mobil 500 jt: selalu scan dan rawat di bengkel spesialis (lbh murah) atau bengkel resmi (kalau duid ga berseri haha). Bbm tetap butuh oktan 95. Jika ada kerusakan elektrikal minor saja, segera perbaiki karena bisa merembet ke modul2 elektronik lainnya.
Referensi bengkel: dulu saya bawa E36 dan E46 ke BAW di Jl. Panjang. JakUt kyknya ada bbrp spesialis juga di PMK dan MGK. Spare parts beragam dari resmi sampai OEM (dus merk supplier seperti Sachs, Lemforder dll).
Saran saya, kl cari mobil hobby begini coba join komunitasnya dulu. Banyak info yg bisa didapat dan mgkn ada hobbyist yg mau lepas mobilnya jg.
Tanggal genap - Mini Cooper S Clubman R55
Tanggal ganjil - Lexus RX 270
530i edisi terakhir paling mantap, full feature.
tp klo mau simple, 520i. bukan krn lebih irit.
tp jajan electrical nya lebih dikit, krn fitur2 cangih ga sebanyak 530i
dan pajak 530i itu 2x lipat 520i
tp fitur2 520i juga nggak malu2in lah, compare ke mobil2 skrg yg harga 300an sekalipun.
spare part banyak, copotan banyak.
yg harganya rada mahal, cuma modul2 electrical, itupun banyak di ebay.
mobil ini jajan paling mahal kalau matic nya rusak, bisa 20 juta benerin nya, tapi tdk tahu kapan rusak, punya saya saja blm ada gejala aneh2
kaki-kaki juga lumayan mahal, tp awet
2011 BMW 520d
2011 BMW X5 35i
2012 Audi Q3 2.0 quattro
alicevamps wrote: Sat Feb 25, 2017 23:41
Klo dari sudut pandang aku, bmw tua itu menyeramkan. Terakhir pake bmw 318i (org tua) beli baru thn 2003 pas thn 2006 klo ga salah udah dijual karena jajannya banyak. Sejak itu ngindarin brand mewah karena harga part nya mewah jg
Wah umur 3 tahun uda banyak jajan
E36 saya udah 25 tahunan nih masih gak nyusahin hehee
alicevamps wrote: Sat Feb 25, 2017 23:41
Klo dari sudut pandang aku, bmw tua itu menyeramkan. Terakhir pake bmw 318i (org tua) beli baru thn 2003 pas thn 2006 klo ga salah udah dijual karena jajannya banyak. Sejak itu ngindarin brand mewah karena harga part nya mewah jg
Wah umur 3 tahun uda banyak jajan
E36 saya udah 25 tahunan nih masih gak nyusahin hehee
Padahal mah dicuekin aja
Iya, klo ga salah waktu itu bunyi kriyet2 di kaki2 dpn ama mobil mulai berasap putih. Ga tau masalahnya apa, masih blm bs nyetir jaman itu.
BMW E39 itu kalo menurut saya termasuk salah satu yang paling reliable buat ukuran BMW, desainnya juga timeless sampe sekarang menurut saya. Saran saya sih kalo budget cukup ambil yang trim 528/530I , soalnya agak tanggung kalo beli BMW tapi trim bawah. Kalo perawatan sih saya kurang tau om , saran saya , kalo mau ambil mobil eropa yang udah berumur kaya E39 ini, mending om cari2 dulu tentang E39 & banyakin masuk ke forum & join sama komunitasnya, soalnya lumayan banyak untungnya kalo join ke forum BMW & komunitasnya, banyak info2 yang bisa didapet & kalo beruntung bisa dapet mobil ex hobbyst/enthusiast dengan kondisi mint & terawat hehehe