Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Or4cle wrote: Fri Feb 24, 2017 5:36
Naahh ini aku setuju ... Re-mapping tidak terlalu significant kalo kondisi mechanical masih standard.
Karena pabrikan telah setting ECU paling efisien sesuai kondisi standard mobil untuk daily-used dan mempertimbangkan realibilty mesin
Lain halnya mesin sudah porting & polish, slip head, bore-up, naikin stroke yang tentu merubah volume displacement & kompresi mesin.
Untuk itu perlu re-mapping, mengatur ulang mulai dari maju/mundur timing pengapian, buka/tutup derajat camshaft sesuai dengan kualitas oktan BBM.
Mungkin untuk stage 1 re-mapping bisa dilakukan untuk buka speed limiter
FRDback kalo gak tuning hardware juga gak signifikan om... Intinya mau reflash atau pake FRDback kalo mau gain banyak hardware harus diganti juga.
Tp ubah hardware juga gak akan optimal tanpa upgrade software nya. Software juga punya keterbatasan apalagi ECU standard tidak dirancang untuk tuning ekstrem. Adjustment akan dilakukan sesuai parameter yang dianggap aman oleh ECU sehingga kalo otaknya gak diubah gak bakal optimal.
Makanya yg udah banyak ubahan serius pada ganti ke stand-alone ECU.
Reflashing itu cara mudah gain tenaga lebih enak tapi tanpa harus ubah hardware terlalu banyak atau bikin mobilnya berisik kayak naikin kompresi atau ganti exhaust... Krn kebanyakan user masih prior ke kenyamanan berkendara.
Or4cle wrote: Fri Feb 24, 2017 5:36
Naahh ini aku setuju ... Re-mapping tidak terlalu significant kalo kondisi mechanical masih standard.
Karena pabrikan telah setting ECU paling efisien sesuai kondisi standard mobil untuk daily-used dan mempertimbangkan realibilty mesin
Lain halnya mesin sudah porting & polish, slip head, bore-up, naikin stroke yang tentu merubah volume displacement & kompresi mesin.
Untuk itu perlu re-mapping, mengatur ulang mulai dari maju/mundur timing pengapian, buka/tutup derajat camshaft sesuai dengan kualitas oktan BBM.
Mungkin untuk stage 1 re-mapping bisa dilakukan untuk buka speed limiter
FRDback kalo gak tuning hardware juga gak signifikan om... Intinya mau reflash atau pake FRDback kalo mau gain banyak hardware harus diganti juga.
Tp ubah hardware juga gak akan optimal tanpa upgrade software nya. Software juga punya keterbatasan apalagi ECU standard tidak dirancang untuk tuning ekstrem. Adjustment akan dilakukan sesuai parameter yang dianggap aman oleh ECU sehingga kalo otaknya gak diubah gak bakal optimal.
Makanya yg udah banyak ubahan serius pada ganti ke stand-alone ECU.
Reflashing itu cara mudah gain tenaga lebih enak tapi tanpa harus ubah hardware terlalu banyak atau bikin mobilnya berisik kayak naikin kompresi atau ganti exhaust... Krn kebanyakan user masih prior ke kenyamanan berkendara.
Setuju bro Chz ... Yang jelas resiko re-mapping lebih besar resikonya
Bayangkan ECU yang diriset oleh pabrikan bertahun-tahun diobrak-abrik hanya dalam hitungan menit.
Masih syukur kalau ECU-nya yang koit, kalau mekanikal yang bermasalah kan urusannya jadi panjang
Dulu di ajang Toyota Touring Indonesia, vios team Garda Oto (Garden Speed) berhasil dire-mapping dan itupun fully support oleh Toyota team Indonesia (ECU re-mapping dari Jepang)
Or4cle wrote: Fri Feb 24, 2017 5:36
Naahh ini aku setuju ... Re-mapping tidak terlalu significant kalo kondisi mechanical masih standard.
Karena pabrikan telah setting ECU paling efisien sesuai kondisi standard mobil untuk daily-used dan mempertimbangkan realibilty mesin
Lain halnya mesin sudah porting & polish, slip head, bore-up, naikin stroke yang tentu merubah volume displacement & kompresi mesin.
Untuk itu perlu re-mapping, mengatur ulang mulai dari maju/mundur timing pengapian, buka/tutup derajat camshaft sesuai dengan kualitas oktan BBM.
Mungkin untuk stage 1 re-mapping bisa dilakukan untuk buka speed limiter
FRDback kalo gak tuning hardware juga gak signifikan om... Intinya mau reflash atau pake FRDback kalo mau gain banyak hardware harus diganti juga.
Tp ubah hardware juga gak akan optimal tanpa upgrade software nya. Software juga punya keterbatasan apalagi ECU standard tidak dirancang untuk tuning ekstrem. Adjustment akan dilakukan sesuai parameter yang dianggap aman oleh ECU sehingga kalo otaknya gak diubah gak bakal optimal.
Makanya yg udah banyak ubahan serius pada ganti ke stand-alone ECU.
Reflashing itu cara mudah gain tenaga lebih enak tapi tanpa harus ubah hardware terlalu banyak atau bikin mobilnya berisik kayak naikin kompresi atau ganti exhaust... Krn kebanyakan user masih prior ke kenyamanan berkendara.
Setuju bro Chz ... Yang jelas resiko re-mapping lebih besar resikonya
Bayangkan ECU yang diriset oleh pabrikan bertahun-tahun diobrak-abrik hanya dalam hitungan menit.
Masih syukur kalau ECU-nya yang koit, kalau mekanikal yang bermasalah kan urusannya jadi panjang
Dulu di ajang Toyota Touring Indonesia, vios team Garda Oto (Garden Speed) berhasil dire-mapping dan itupun fully support oleh Toyota team Indonesia (ECU re-mapping dari Jepang)
ECU standar, firmwarenya memang riset tahunan, tp buat cover all condition (weather, sea level, fuel, temp, etc).
Sudah pernah buka firmwarenya? Sudah tau apa aja parameternya? Apa aja yg dirubah khan ada limitasi jg utk hardwarenya. Gak sembarangan.
FRDback however, ada limitnya ga? Anyway, its user preference sih.
Or4cle wrote: Fri Feb 24, 2017 7:27
Setuju bro Chz ... Yang jelas resiko re-mapping lebih besar resikonya
Bayangkan ECU yang diriset oleh pabrikan bertahun-tahun diobrak-abrik hanya dalam hitungan menit.
Masih syukur kalau ECU-nya yang koit, kalau mekanikal yang bermasalah kan urusannya jadi panjang
Dulu di ajang Toyota Touring Indonesia, vios team Garda Oto (Garden Speed) berhasil dire-mapping dan itupun fully support oleh Toyota team Indonesia (ECU re-mapping dari Jepang)
Balik ke tunernya sih soal resiko nya. Semua kan ada caranya om. Kalo mau aman ya jangan di modif... Hehehe. Modif hardware pun ada resikonya.
ECU standar, firmwarenya memang riset tahunan, tp buat cover all condition (weather, sea level, fuel, temp, etc).
Sudah pernah buka firmwarenya? Sudah tau apa aja parameternya? Apa aja yg dirubah khan ada limitasi jg utk hardwarenya. Gak sembarangan.
FRDback however, ada limitnya ga? Anyway, its user preference sih.
Or4cle wrote: Fri Feb 24, 2017 5:36
Naahh ini aku setuju ... Re-mapping tidak terlalu significant kalo kondisi mechanical masih standard.
Karena pabrikan telah setting ECU paling efisien sesuai kondisi standard mobil untuk daily-used dan mempertimbangkan realibilty mesin
Lain halnya mesin sudah porting & polish, slip head, bore-up, naikin stroke yang tentu merubah volume displacement & kompresi mesin.
Untuk itu perlu re-mapping, mengatur ulang mulai dari maju/mundur timing pengapian, buka/tutup derajat camshaft sesuai dengan kualitas oktan BBM.
Mungkin untuk stage 1 re-mapping bisa dilakukan untuk buka speed limiter
FRDback kalo gak tuning hardware juga gak signifikan om... Intinya mau reflash atau pake FRDback kalo mau gain banyak hardware harus diganti juga.
Tp ubah hardware juga gak akan optimal tanpa upgrade software nya. Software juga punya keterbatasan apalagi ECU standard tidak dirancang untuk tuning ekstrem. Adjustment akan dilakukan sesuai parameter yang dianggap aman oleh ECU sehingga kalo otaknya gak diubah gak bakal optimal.
Makanya yg udah banyak ubahan serius pada ganti ke stand-alone ECU.
Reflashing itu cara mudah gain tenaga lebih enak tapi tanpa harus ubah hardware terlalu banyak atau bikin mobilnya berisik kayak naikin kompresi atau ganti exhaust... Krn kebanyakan user masih prior ke kenyamanan berkendara.
Setuju bro Chz ... Yang jelas resiko re-mapping lebih besar resikonya
Bayangkan ECU yang diriset oleh pabrikan bertahun-tahun diobrak-abrik hanya dalam hitungan menit.
Masih syukur kalau ECU-nya yang koit, kalau mekanikal yang bermasalah kan urusannya jadi panjang
Dulu di ajang Toyota Touring Indonesia, vios team Garda Oto (Garden Speed) berhasil dire-mapping dan itupun fully support oleh Toyota team Indonesia (ECU re-mapping dari Jepang)
Makanya abis re-map itu wajib Dyno run dgn baca data
Boost
AFR
EGT
utk pastikan semua masuk toleransi keamanan mesin utk jangka panjang
Kalo utk keamanan mesin ya naekkin power jangan gede2
juga benar harus dibantu dgn aspek mekanikal spt gimana intake - exhaust, juga fluida2 yg bagus
billyd1773dz wrote: Fri Feb 24, 2017 7:56
Seandainya semua mbl sudah bisa remap dgn support ecutek race rom jadi bisa multiple map, valet mode, launchcontrol shiftlight dll mantap..
Skrng baru bisa single map, kec sedia tablet/leptop n toolsny bwat remap jika ingin ganti map
Because rata² "eco car" yg memiliki fungsi sbg daily car dipaksakan menjadi resing daily ultimate weapons,... Dimana "eco car" tsb dipasangi dgn ecu yg ala kadarnya dr pabrikan. Sesuai peruntukannya
b8099ok wrote: Fri Feb 24, 2017 8:10
Because rata² "eco car" yg memiliki fungsi sbg daily car dipaksakan menjadi resing daily ultimate weapons,... Dimana "eco car" tsb dipasangi dgn ecu yg ala kadarnya dr pabrikan. Sesuai peruntukannya
Rata-rata mobil Honda yg selalu dipaksakan oleh ownernya spy jadi racing... broom brooom
ginting wrote: Fri Feb 24, 2017 4:23
PM aja username B8099OK di atas,..
Minta diajak dan kenalin sama owner bebong garage, Summarecon Serpong.
Nanti kan bisa diskusi soal potensi kobel mesin itu..
Supaya sama2 enak,..jgn sampai over expectation.
Soal harga kan nanti oom bisa nego sama owner bebong langsung..
Sent from my K012 using Tapatalk
siap... bebong itu di serpong toh.. kebetulan deket sama lokasi saya tiap weekend, tq oom ginting..
Iya, oom...
Gak jauh2 koq...coba aja..
Cuma owner bebong agak nyentrik, oom
dia kerja based on appointment only..dan based on referral...
b8099ok wrote: Fri Feb 24, 2017 8:10
Because rata² "eco car" yg memiliki fungsi sbg daily car dipaksakan menjadi resing daily ultimate weapons,... Dimana "eco car" tsb dipasangi dgn ecu yg ala kadarnya dr pabrikan. Sesuai peruntukannya
b8099ok wrote: Fri Feb 24, 2017 8:10
Because rata² "eco car" yg memiliki fungsi sbg daily car dipaksakan menjadi resing daily ultimate weapons,... Dimana "eco car" tsb dipasangi dgn ecu yg ala kadarnya dr pabrikan. Sesuai peruntukannya
Rata-rata mobil Honda yg selalu dipaksakan oleh ownernya spy jadi racing... broom brooom
b8099ok wrote: Fri Feb 24, 2017 8:10
Because rata² "eco car" yg memiliki fungsi sbg daily car dipaksakan menjadi resing daily ultimate weapons,... Dimana "eco car" tsb dipasangi dgn ecu yg ala kadarnya dr pabrikan. Sesuai peruntukannya
Rata-rata mobil Honda yg selalu dipaksakan oleh ownernya spy jadi racing... broom brooom
Sayang banget si MuX ini punya ECU merek Transtron Renesas, yg satu satunya di Indo yg make itu merek.
Yg lain pada pake Bosch, Delphi, Denso, Keihin, dll