Lagi enak-enak menikmati malam yang santai sambil chatting, eh..tiba-tiba ditodong rame-rame disuruh review T31, jadi yaa apa sudahlah ya..jalankan saja, mumpung lagi gak ada kerjaan juga.

Pertama kali diperkenalkan ke Indonesia tahun 2009, Nissan XTrail T31 melanjutkan perjuangan T30 di lini SUV Nissan Indonesia yang merupakan salah satu SUV yang cukup popular di Indonesia dan merupakan pesaing lama dari Honda CRV. T31 sendiri menjadi SUV pertama di Indonesia yang mempekenalkan teknologi transmisi Automatic CVT. Tersedia opsi mesin 2000cc petrol (MR20DE), 2500cc petrol (QR25DE), dan 2000cc diesel (M9R), hanya sayang untuk Indonesia NMI tidak memberikan opsi Diesel hingga saat ini, padahal menurut saya versi Diesel dari XTrail itu sangat menggoda iman apabila kita lihat spesifikasinya (170hp @3750rpm, 360nm of torque @2000rpm, dipadukan dengan 6 speed conventional AT). Saat ini ada 5 trimline yang tersedia di pasar: 2.0MT, 2.0AT, 2.5st, Urban Selection (Autech), dan XTremer (menggantikan 2.5xt).
T31 yang dipasarkan oleh NMI hanya dibekali penggerak roda depan, padahal versi aslinya ada 4x4 yang pengoperasiannya simpel banget, tinggal puter knob, lalu ada fitur macam Hill Start Assist dan Hill Descend Control yang juga lenyap dari mobil ini…padahal HSA menurut ane cukup berguna, terutama untuk tanjakan terjal.
Kebetulan unit yang ada di garasi adalah T31 facelift yang sudah dikasih rombakan baru di grill, lampu depan, dan lampu belakang..mari kita jelajahi Nissan XTrail T31 2.5st (Sport Touring)
2. Eksterior

Dari luar T31 ini terlihat maskulin dengan bodi khas nya yang kotak, nggak kayak sebagian besar SUV pesaingnya yang udah rada membulet jadi kesan macho nya sebagai mobil besar sedikit berkurang. Ooh well….dengan bentuk seperti ini T31 gak akan pernah bisa menang kalo ada kontes kecantikan SUV..kalo ada…

Salah satu fitur favorit gw, headlamp washer, nggak mesti di mobil ini, tapi di mobil lain juga..itupun kalo nggak kena sunat..lampu XTrail T31 sudah mengadopsi Xenon Headlamp (2.0MT gak dapet tapi) with Automatic Levelizer yang penerangannya kalo untuk di kota sih cukup..tapi kemaren abis diajak laga pantura malam-malam..lampunya kurang terang nih, alhasil sukses menghajar “ranjau” yang lumayan dalem beberapa kali..

Bagian belakangnya, gw demen bagian ini kalo malem hari, lampu LED dibagian belakang itu cantiiiikkkk banget, mempermanis bokongnya yang kekar.

Yang gak gw suka dari bagian ini adalah posisi lampu mundur yang ada di bagian bawah..bawah banget, it’s a BIG NO for me (what were you thinking Nissan !?). Sekarang bayangkan kalo lagi rada macet dan kita mau mundur untuk ambil ancang-ancang puter balik, misalnya dibelakang kita itu Toyota Fortuner, dia gak akan bisa ngeliat tuh lampu mundur nyala dan mungkin gak sadar tuh kalo gw lagi mundur, alhasil ane terapkan pake lampu Hazard kalo mau mundur jadi orang yang di belakang gak usah neken klakson segala kalo kaget mobil ini mundur mendadak..

Pengait towing, lumayan berguna walaupun mobil ini di Indonesia T31 dari NMI hanya FWD, tapi setidaknya pernah berjasa narik mobil temen yang nyangkut di trotoar tinggi.

3. Interior

T31 2.5st interiornya warna hitam, lumayanlah nggak bikin keliatan cepet kotor, kemarin center console habis ketumpahan es krim cokelat bersihinnya juga gampang..much better dari Urabn Selection yang warna interiornya terkesan nabrak warnanya..dashboardnya T31 itu softpad dan beberapa bagian door trim juga kena sentuhan softpad which is good..i love softpad..bagian yang kena sentuhan hard plastic ada di center console dan sebagian door trim, not to bad lah plastiknya..nggak kayak berasa megang ember cucian baju yang sudah berumur..

untuk area speedometer...hmm kesannya biasa aja sih, cuma MID nya enak dilihat..much better menurut ane tampilan layarnya kalo dibandingin ama Impreza dan CRV RE

Ada juga cup holder yang ada saluran udara dinginnya, lumayan lah ya kalo mau naro Coca Cola atau Teh Botol, gw sering naro botol Aqua disitu, awalnya botolnya masih suhu ruangan, ditaro disitu 30 menit kemudian airnya udah dingin sejuk gimana gituuu..
Selain berfungsi sebagai tempat untuk naro minuman, cupholdernya juga berfungsi sebagai..

Tempat naro HP ! yeaps, lumayan juga fungsinya, habis ditaro disini pasti HP nya langsung jadi dingin, kan lumayan tuh, apalagi kalo HP nya habis dipake rada lama trus jadi “demam”, taro bentar disitu untuk cooling down, tapi awas loh mbak sist masbro, menaro HP disini sebenernya menurut ane cukup riskan karena bisa mengundang kejahatan di lampu merah..so do it on your own risk !
3.a Build Quality
Well…gimana ya…dibilang bagus nggak, dibilang jelek…juga..gak jelek juga sih..kalo pas mobilnya masih baru ya..so-so lah menurut gw..tapi kemaren Glovebox gw copot gara2 engselnya rusak..lha piye toh..baru 2 tahun dipake Glovebox udah nyerah duluan..


Ooh iya, jarum penunjuk bahan bakar sekarang juga udah mulai ngaco, kapasitas tanki 65 liter, setengahnya berarti 32.5 liter…kemaren gw ngisi bensin masih diatas setengah jarumnya..tau2 keisi 42L..lha..ajaib..tanki T31 gw melar apa ya ?


Untuk AC…dingin sih, gw akuin ini AC nya dingin banget, gw kalo pulang malem pake ini nyetirnya harus sedia jaket..karena ini AC nya dingin bener..tapi ada penyakitnya juga, kok suka ada bau bahan bakar kecium ya..kalo pas start up di pagi hari..padahal lubang sirkulasi udara posisinya dia nutup udara luar..mobil ini ada rear vent nya juga, jadi gak ada alasan itu penumpang belakang kepanasan..tombol AC masih kayak mengoperasikan kompor di dapur, knob jadul begitu..dan nggak ada dual zone climate control, even for full spec JDM/UK version…

Dengan problem diatas..jadi mungkin kalo untuk long termnya, build quality T31 isn’t very good

3.b Entertainment System
Ada 6 speaker (4 speaker + 2 tweeter) yang mengeluarkan suara hiburan yang ajib..kalo HU nya mendukung sih..HU layar sentuh bawaannya sih merk..merk apa ya..kalo nggak salah ada angsa angsanya begitu..jelek abis, parah..one of the worst yang pernah ane coba..mengoperasikannya njelimet banget, berasa pake HU non touch screen, masih lebih mudah make 2din bawaan Nissan Grand Livina..makanya begitu mobil ini dateng ke garasi untuk pertama kalinya, besoknya langsung ane bawa ke took audio dan ganti pake Clarion VX401A..which is good, suaranya ajib abis, bass dan treblenya juga enak banget


Sayang sekali lagi, nggak ada tombol audio di stir..versi 2.5st nggak dikasih…masa kalah ama Yaris dan Swift yang harganya lebih murah tapi ada tombol audionya..hiks

3.c Storage
Kalo boleh gw bilang, kapasitas angkut barang XTrail T31 itu merupakan yang terbesar di kelasnya, dan ini yang paling gw suka dari T31, kapasitas bagasi ! apalagi kalo 2nd row dilipet..berubah deh si T31, dari mobil angkut penumpang jadi mobil box kecil..


Di dashboard sendiri masih ada laci yang rada gede lah kalo misalnya barang di glovebox udah penuh, banyak tempat penyimpanan di bagian depan mobil..gw sampe lupa naro permen dimana, untuk bagasi…ini gede..mungkin kalo misalnya gw nyulik 2 ekor anak kambing, muat kali tuh anak kambing di bagasi T31..ada raknya pula, jadi kalo mau naro barang kecil, daripada berceceran kemana-mana, ada rak kecil buat menampung supaya nggak berceceran


Bahkan di bagasinya ada tempat colokan listrik loh, jadi bisa ngecharge HP disitu daripada rebutan charger di depan, bisa nge charge di belakang, asal jangan lupa diambil itu HP..kalo lupa ambil trus ketinggalan di mobil dan kebawa ama empunya mobil, nggak tanggung ya..i warn you already.

di 2nd row juga ada cup holder dibawah rear vent (center console) selain yang tersedia di pintu...tapi posisinya deket kaki..which is unnoticeable ama ane..
3,d Seating
Kursi pengemudi sudah dilengkapi 6 way electrical adjustment seating dengan manual lumbar support, kursi kanan depan sudah 4 way electrical adjustment, bahan joknya masih fabric untuk versi 2.5st, which is….not bad at all, nyaman loh, sangking nyamannya sukses membuat gw ngantuk menyetir mobil ini kalo habis beraktivitas banyak..siap sedia minuman manis atau camilan atau permen karet deh kalo gitu..atau bisa nyalain musik yang bikin melek..

Untuk 2nd row..silahkan liat..

Untuk driver dan penumpang depan mohon jangan dimentokin ke belakang kursinya, kasian yang dibelakang, itu sempit banget 2nd row nya, nggak nyaman untuk orang tinggi dalam perjalanan jauh


4. Driving Impression

Ban bawaannya Dunlop ST20 ukuran 225/60/R17…untuk desain velgnya ane demen tuh sebenernya yang Urban Selection, yang versi ini..hmm..biasa aja..nothing special..bannya sendiri kayaknya kurang grip..lebih mantep grip CRV RE menurut ane..

Mulai dari akselerasi, hmm..mesinnya 2.5L dan transmisi CVT, kalo mau gerak cepet harus diinjek rada dalem dengan respon yang..nggak begitu demen sih gw, kayak ada jeda lag gitu, tapi setidaknya CVT nya gak bikin mobil lemot amat, terbukti di Pantura masih mudah untuk aksi salip menyalip dengan kendaraan lain, walaupun gak seenak akselerasi CRV dan CX5 sih. Untuk mesinnya, cukup haus dengan konsumsi dalam kota 6-7km/l (bahkan pernah Bintaro-Senayan 4km/l) dan luar kota kemaren Cuma dapet 11-12km/l, itu menurut MID ya, pas ane tes hitung manual ya gak jauh-jauh amat hasilnya, cuma beda koma, tapi suara pas start engine itu kurang enak menurut ane


Suspensi mobil ini…empuk ! empuk banget, enak kalo nerjang jalan rusak, suspensinya cukup nyerap goyangan dan gak bikin mantul, jadi didalem kabin tetap nyaman

Pengendaliannya…stirnya ringan, rada minim feedback, gw kurang begitu demen..ditambah lagi suspensi yang empuk, pengendaliannya di tikungan dalam kecepatan tinggi………….jangan dibawa ngebut ya pas belok..bodyroll nya gak enak..gw pernah bejek ampe 160kmh..berasa melayang..nggak deh ngebut pake mobil ini, gak disarankan..bawa kalem aja, cukup 100kmh..120kmh lah maksimum banget…

The good thing is, badannya yang tinggi itu cukup membantu menerjang banjir di Jakarta..memberikan sedikit rasa percaya diri berkendara di Jakarta pas musim hujan dan banjir.


5. Safety Feature
Untuk fitur safety, mobil ini cukup…….memalukan kalo ane boleh bilang…hanya dilengkapi ABS EBD BA dan dual front SRS Airbag…boro-boro Side ama Curtain Airbag..VSC, Traction Control, ama Hill Start Assist ajak nggak ada..CRV aja dikasih VSA (VSC Honda), masa XTrail nggak dikasih..piye toh Nissan Indonesia ? kenapa safety fiturnya sama dengan mobil di range harga 100-200jt ? setidaknya kasih VSC lah ya, biar makin aman, terutama pas hujan deras di tol..






6. Conclusion
Sebuah SUV yang bentuknya masih gagah perkasa..tapi rada boros bahan bakar..untuk di Jakarta sih.. dan masih memiliki kekurangan yang harusnya NMI (Nissan Motor Indonesia) bisa memperbaikinya, ntah untuk T31 sekarang (FL terakhir untuk penyempurnaan maybe ?) atau XTrail new gen yang akan datang..sehingga XTrail bisa tetap kompetitif dengan SUV sekelasnya di pasar Indonesia..
Apa T31 layak dimiliki ? tergantung kondisi..
- Kalo butuh SUV dengan kapasitas bagasi besar, ya mobil ini pantas dimiliki
- Untuk jalan-jalan keluar kota sambil bawa barang bawaan yang banyak ? ya pantas banget dimiliki, tapi tolong pilih versi XTremer yang ada roof lamp, roof lamp XTrail itu membantu banget untuk jalanan luar kota
- Butuh mobil gede dengan tampilan macho nan gagah ? ya boleh aja sih pilih mobil ini
- Apa semua orang di rumah memiliki postur besar ? kalo iya, lupakan mobil ini..2nd rownya nggak begitu nyaman, untung terbayar dengan bantingan yang lembut.
Kalo mau cari SUV dengan safety equipment yang memadai dan fitur yang lebih canggih, mending cari merk lain deh, atau pilih aja Renaul Koleos, secara mekanikal dia sama persis dengan T31, Cuma beda bentuk bodi dan interior aja..

apakah saya menyukainya ? yes, mungkin fitur yang ditawarkan tidak banyak kalo dibanding lawan-lawannya, konsumsi bensin juga rada boros..tapi bagi para penyuka SUV boxy, XTrail sangat terlihat gagah dan macho..terutama versi XTremernya

i love my "truck"

for Nissan XTrail T31 2.5st
- Pros
1. Body gagah
2. Kapasitas bagasi besar
3. Bantingan empuk
4. Nyaman
5. Body tinggi siap nerjang banjir dan jalan rusak
6. Speaker bawaan ajib juga suaranya kalo HU nya mendukung
7. Xenon headlamp with headlamp washer + auto leveling
8. Transmisi CVT tapi tetap bertenaga
9. AC dingin, lumayan untuk Jakarta yang panas
- Cons
1. Bensin boros
2. 2nd row sempit
3. Build Quality not so good
4. Safety feature minim
7. Score
Scorenya untuk Nissan XTrail T31 2.5st Facelift menurut penilaian saya adalah.... 6/10
segitu aja dulu review dari nubitol bin sotoy ini..sori kalo ada kesalahan dan kalimat tidak enak
