Habis Spooring, Mobil Lari ke Kiri
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 159
- Joined: Fri Dec 04, 2009 5:19
Habis Spooring, Mobil Lari ke Kiri
Awalnya bengkel spooring menyarankan untuk mengganti tie rod dan long tie rod,
saat saya mau spooring.
Selesai dipasang terod baru,
dilaksanakanlah spooring di bengkel tadi.
Ternyata mobil (masih) lari ke kiri waktu di lepas stirnnya,
seperti kondisi saat terod habis diganti dan dalam perjalanan menuju bengkel.
Tapi keadaan justru normal saat terod belum diperbaharui(?!)
Tanya sama mekanik spooring,
disarankan untuk menukar ban kiri depan ke kanan dan sebaliknya.
Kecurigaan tentang ban benar adanya,
karena stir lari ke kanan sekarang.
Yang menjadi pertanyaan saya,
kenapa saat jalan lurus (setelah ban disilang),
kini stir cenderung melenceng ke kiri (menuju arah jam 11 kira-kira).
Sementara saat baru dispooring,
stir tepat di tengah (arah jam 12) jika jalan lurus.
Apa penyebabnya,
dan kira2x mau gak bengkel spooring menspooring ulang kondisi mobil sekarang? (biar stir lempeng lagi).
Terimakasih atas masukannya.
saat saya mau spooring.
Selesai dipasang terod baru,
dilaksanakanlah spooring di bengkel tadi.
Ternyata mobil (masih) lari ke kiri waktu di lepas stirnnya,
seperti kondisi saat terod habis diganti dan dalam perjalanan menuju bengkel.
Tapi keadaan justru normal saat terod belum diperbaharui(?!)
Tanya sama mekanik spooring,
disarankan untuk menukar ban kiri depan ke kanan dan sebaliknya.
Kecurigaan tentang ban benar adanya,
karena stir lari ke kanan sekarang.
Yang menjadi pertanyaan saya,
kenapa saat jalan lurus (setelah ban disilang),
kini stir cenderung melenceng ke kiri (menuju arah jam 11 kira-kira).
Sementara saat baru dispooring,
stir tepat di tengah (arah jam 12) jika jalan lurus.
Apa penyebabnya,
dan kira2x mau gak bengkel spooring menspooring ulang kondisi mobil sekarang? (biar stir lempeng lagi).
Terimakasih atas masukannya.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: Habis Spooring, Mobil Lari ke Kiri
btw..tekanan bannya udah dicek kembali omm.... beberapa kejadian stir ngebuang hanya krn tekanan ban yg belum pas antara kiri dan kanan..
pada umumnya bengkel spooring memberikan garansi sekitar 1 minggu untuk claim balik jika hasilnya kurang memuaskan....saya sarankan segera untuk didatangi lagi...kalo perlu mekaniknya diajak test jalan untuk membuktikan keluhan kita
semoga bisa membantu...
pada umumnya bengkel spooring memberikan garansi sekitar 1 minggu untuk claim balik jika hasilnya kurang memuaskan....saya sarankan segera untuk didatangi lagi...kalo perlu mekaniknya diajak test jalan untuk membuktikan keluhan kita
semoga bisa membantu...

"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2595
- Joined: Wed May 07, 2008 14:47
Re: Habis Spooring, Mobil Lari ke Kiri
biasanya seblm spooring, memang check angin dulu kan.
spooring dan ganti tie rod nya di bengkel yg sama ya?
harusnya mau, masih tanggung jawab mereka.
tp kalo yg hanya khusus bengkel sporring & balance ban, ada garansi seminggu, kurang lebih spt yg jalu tulis.
kalo bole tau, mobilnya mas herbid apa?
pernah ada gejala bunyi geladak2 di depan ga atau stir berasa longgar?
gw curiga nya krn ban nya blm pernah disilang, terus ada shock yg udah lemah, jd ban aus nya ga rata.
spooring dan ganti tie rod nya di bengkel yg sama ya?
harusnya mau, masih tanggung jawab mereka.
tp kalo yg hanya khusus bengkel sporring & balance ban, ada garansi seminggu, kurang lebih spt yg jalu tulis.
kalo bole tau, mobilnya mas herbid apa?
pernah ada gejala bunyi geladak2 di depan ga atau stir berasa longgar?
gw curiga nya krn ban nya blm pernah disilang, terus ada shock yg udah lemah, jd ban aus nya ga rata.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5507
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: Habis Spooring, Mobil Lari ke Kiri
Spooring n balancing tiap 10 ribu km ya sebaiknya
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Habis Spooring, Mobil Lari ke Kiri
biasa kalo buang kiri atau kanan sih udah pasti teknisi cek angin nomor 1 nya. jadi itu seperti out of question.
masalah garansi jg percuma, dikasih 1thn pun ga berguna kalo alat spooring nya yg ga bener calibrasi nya
masalah garansi jg percuma, dikasih 1thn pun ga berguna kalo alat spooring nya yg ga bener calibrasi nya
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1412
- Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
- Daily Vehicle: Pleiades
Re: Habis Spooring, Mobil Lari ke Kiri
saya pernah menulis perihal ini di salah satu trid..salah satu penyebab stir ngebuang ke kiri walaupun udah spooring & balancing..
kebetulan saya melajarin teknik jalan raya, dosen saya yang mengajari saya hal ini..haristk7 wrote:iya benar sekali, kalo jalannya miring ke kanan, mobil juga cenderung lari ke kanan, kebetulan di Jakarta rute harian saya jalanannya suka gak rata dan ada bagian yang rada ambles ke kanan serta agak miring ke kiri, kerasa banget di stir, dan Subaru ini juga agak sensitif ama kontur jalanan, feel saya dapet untuk bedain kontur dan surface jalanannya kayak apa kalo lagi nyetir Subaru..mengikuti kontur jalanan saja. Gak mesti AWD, teman saya di Civic FD1 nya yang FWD juga merasakan hal yang sama kok..evolution21 wrote:hmm jadi inget pas dulu td di tol
berasa buang kiri jg
pas balik ke showroom ane tanya teknisinya
dia jawab karena kontur jalan tol pasti dibikin sedikit miring kekiri
dan mobil awd sangat sensitif dengan kemiringan jalan
andai kata nyetir di jalan yg sedikit miring kanan makan setir akan terasa buang kanan terus
berhubung ane baru kali ini cobain mobil awd jd ga tau bener ga tu kesimpulan spt itu?
kayak beginilah kira2, tapi ini agak ekstrim ya, dan masuknya ke "Super Elevation", kita lihat jalanannya miring ke kanan (kalo dari arah pengemudi), F (Force) nya mengakibatkan mobil jenis apapun juga cenderung lari ke kanan..
penampang jalanan
#menolaklupa
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1702
- Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42
Re: Habis Spooring, Mobil Lari ke Kiri
klo semua oke dispooring masih lari kemungkinan besar alat spooringnya belum/jarang dikalibrasi, namanya alat ukur wajib dikalibrasi..
klo saya sblm spooring sambil basa basi nanya2 paket saya pasti tanya ini alatnya terakhir kalibrasi kapan....
klo saya sblm spooring sambil basa basi nanya2 paket saya pasti tanya ini alatnya terakhir kalibrasi kapan....
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6197
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: Habis Spooring, Mobil Lari ke Kiri
mungkin bisa dicoba dengan menempelkan beban seberat 5kg di fender sebelah kanan biar balance
just kidding
kebiasaan gw kalo abis sporring selalu bawa tukang sporringnya sekaligus ke jalanan rata coba tuh mobil lurusin setir kadang abis sporing masih suka ngaco sudutnya nah kalo loe test setirnya lurus tapi mobilnya lari ke kiri suruh tukang spooringnya turun dan setting on the spot biasanya seh gw gitu......
kalo ud di setting tapi menurut gw masih ngaco terus tukang sporring bilang "masa sih??" biasanya gw suruh loe cobain ndiri deh.... biar dia tau kurangnya dimana lagian dia org lebih ada felling karena mereka yg setting.......


kebiasaan gw kalo abis sporring selalu bawa tukang sporringnya sekaligus ke jalanan rata coba tuh mobil lurusin setir kadang abis sporing masih suka ngaco sudutnya nah kalo loe test setirnya lurus tapi mobilnya lari ke kiri suruh tukang spooringnya turun dan setting on the spot biasanya seh gw gitu......

kalo ud di setting tapi menurut gw masih ngaco terus tukang sporring bilang "masa sih??" biasanya gw suruh loe cobain ndiri deh.... biar dia tau kurangnya dimana lagian dia org lebih ada felling karena mereka yg setting.......

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Habis Spooring, Mobil Lari ke Kiri
kalo ts bilang buang kiri harusnya ts udah tau kontur jalan, mungkin jalan ygbiasa dilewati jadi angle kemiringan juga agak ga relevan.
lebih baik cari tempat spooring yg recommended
lebih baik cari tempat spooring yg recommended
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3072
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: Habis Spooring, Mobil Lari ke Kiri
hobi spooring ban lari ke kiri asli judulnya bro 

Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Habis Spooring, Mobil Lari ke Kiri
iya maksudnya ga lurus....solar_kerosen wrote:hobi spooring ban lari ke kiri asli judulnya bro
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5507
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: Habis Spooring, Mobil Lari ke Kiri
ooooooooooooooomontirangin wrote:iya maksudnya ga lurus....solar_kerosen wrote:hobi spooring ban lari ke kiri asli judulnya bro

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2275
- Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
- Location: Columbus, OH, USA
- Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero
Re: Habis Spooring, Mobil Lari ke Kiri
Kalau sensitif seperti itu, coba waktu spooring, bobot pengemudi ada di kursi. Cek juga karet2 (bushing) suspensi.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 20
- Joined: Tue Jan 31, 2017 3:16
Re: Habis Spooring, Mobil Lari ke Kiri
Kasus yg sama, punya saya sebelum spooring kalo stir posisi lurus lari kekiri, setelah spooring juga masih sama lari kekiri.. mohon pencerahanya juga nih..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11853
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: RE: Re: Habis Spooring, Mobil Lari ke Kiri
balikin ke bengkelnya suruh bikin betul sampe nggak lari kiri lagi. kan itu ada garansi.debuz4 wrote:Kasus yg sama, punya saya sebelum spooring kalo stir posisi lurus lari kekiri, setelah spooring juga masih sama lari kekiri.. mohon pencerahanya juga nih..
sent from Ericsson R310s
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 20
- Joined: Tue Jan 31, 2017 3:16
Re: Habis Spooring, Mobil Lari ke Kiri
Saapp om.. rencana besuk mau balik ke bengkel lagi
-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: Sat Jan 15, 2022 11:10
- Location: Indonesia
- Daily Vehicle: Veloz Q AT
Re: Habis Spooring, Mobil Lari ke Kiri
Boleh minta bengkel spooring nya om?b0ku wrote: Mon Dec 01, 2014 3:20 mungkin bisa dicoba dengan menempelkan beban seberat 5kg di fender sebelah kanan biar balance![]()
just kidding
kebiasaan gw kalo abis sporring selalu bawa tukang sporringnya sekaligus ke jalanan rata coba tuh mobil lurusin setir kadang abis sporing masih suka ngaco sudutnya nah kalo loe test setirnya lurus tapi mobilnya lari ke kiri suruh tukang spooringnya turun dan setting on the spot biasanya seh gw gitu......
kalo ud di setting tapi menurut gw masih ngaco terus tukang sporring bilang "masa sih??" biasanya gw suruh loe cobain ndiri deh.... biar dia tau kurangnya dimana lagian dia org lebih ada felling karena mereka yg setting.......![]()
kebetulan alami hal yg sama, sebelum dan sesudah spooring mobil suka lari ke kiri, padahal di jalan tol dan kontur jalan bagus.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 794
- Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47
Re: Habis Spooring, Mobil Lari ke Kiri
solusinya pindah bengkel spooring. Saya juga ngalamin kok di spooring di toko P sudut toe terlalu masuk. Pindah ke bengkel baru malah sudut toenya bagus.
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
Current: Z20 NLP C140
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 501
- Joined: Sun Nov 24, 2019 6:23
Re: Habis Spooring, Mobil Lari ke Kiri
Trus.. perbedaaan caster kiri dan kanan jangan lebih dr 30’.
Lebih dr itu suka lari2 apalagi klo pake ban lebar
Lebih dr itu suka lari2 apalagi klo pake ban lebar
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 119
- Joined: Mon Dec 19, 2016 0:19
Re: Habis Spooring, Mobil Lari ke Kiri
Coba ganti bengkel spooring om, saya juga pernah mengalami..udah 2-3 kali di spooring ulang tetep ga lurus karena alasan mereka kaki-kaki mobil sy yang bermasalah, padahal kondisi masih sehat.
akhirnya pindah bengkel selesai urusan daripada rugi waktu bolak-balik bengkel spooring yang pertama.
akhirnya pindah bengkel selesai urusan daripada rugi waktu bolak-balik bengkel spooring yang pertama.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6197
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: Habis Spooring, Mobil Lari ke Kiri
biasanya saya abis spooring selalu lari nah kalo lari saya ajang montirnya muter2x liat setirnya nyari tempat kosong dia setel lagi di pinggir jalan sampe lempeng
jd alatnya emang gak selalu akurat juga mungkin ada faktor kausan komponen yang bikin lari sedikit 


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11777
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Habis Spooring, Mobil Lari ke Kiri
sy pernah abis spooring msh lari. kawan bilang hrs test drive bawa mekaniknya nanti stel di jalanan. dlm hati kl gitu pake feeling dong, buat apa ada alat alignment canggih ratusan juta kl msh hrs manual by feeling. krn sy yakin kondisi kaki2 msh prima semua akhirnya ganti bengkel, mekaniknya msh muda tp jago. toe bisa dibikin 0°0' rata kiri kanan pake dienjot2 segala sm dia digelantungin badan dia dr kolong. hasilnya lurus tuh. sy sampe balik lagi cuma buat kasih tip gedean. mekanik kaya gini perlu kita sayang2.
mekanik banyak yg bacot doang, kl sy iya2 aja trus tinggalin. pikir gw ga ngerti kali.
mekanik banyak yg bacot doang, kl sy iya2 aja trus tinggalin. pikir gw ga ngerti kali.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1702
- Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42
Re: Habis Spooring, Mobil Lari ke Kiri
Mesin spooring kan alat ukur. Mestinya rutin d kalibrasi sama owner bengkel
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Habis Spooring, Mobil Lari ke Kiri
Kl musti tes jalanOmnibus wrote: Sun Jan 23, 2022 8:17 sy pernah abis spooring msh lari. kawan bilang hrs test drive bawa mekaniknya nanti stel di jalanan. dlm hati kl gitu pake feeling dong, buat apa ada alat alignment canggih ratusan juta kl msh hrs manual by feeling. krn sy yakin kondisi kaki2 msh prima semua akhirnya ganti bengkel, mekaniknya msh muda tp jago. toe bisa dibikin 0°0' rata kiri kanan pake dienjot2 segala sm dia digelantungin badan dia dr kolong. hasilnya lurus tuh. sy sampe balik lagi cuma buat kasih tip gedean. mekanik kaya gini perlu kita sayang2.
mekanik banyak yg bacot doang, kl sy iya2 aja trus tinggalin. pikir gw ga ngerti kali.
Mending tu mesin2 d kilo in aj d parung
Kalah ama kita orang yg dl pake modal paku ama benang doank buat spooring

numpang lewat aja....


-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Mon Oct 09, 2023 3:14
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: Wuling
Re: Habis Spooring, Mobil Lari ke Kiri
Kalau boleh tau bengkel spooringnya dimana ya om? Saya habis ganti racksteer dan spooring mobil masih lari ke kiri.
Omnibus wrote: Sun Jan 23, 2022 8:17 sy pernah abis spooring msh lari. kawan bilang hrs test drive bawa mekaniknya nanti stel di jalanan. dlm hati kl gitu pake feeling dong, buat apa ada alat alignment canggih ratusan juta kl msh hrs manual by feeling. krn sy yakin kondisi kaki2 msh prima semua akhirnya ganti bengkel, mekaniknya msh muda tp jago. toe bisa dibikin 0°0' rata kiri kanan pake dienjot2 segala sm dia digelantungin badan dia dr kolong. hasilnya lurus tuh. sy sampe balik lagi cuma buat kasih tip gedean. mekanik kaya gini perlu kita sayang2.
mekanik banyak yg bacot doang, kl sy iya2 aja trus tinggalin. pikir gw ga ngerti kali.