Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Sejujurnya saya itu iri dengan Malaysia.
Barusan meeting sama relasi (forensic engineer company dari Malaysia).
Dia cerita bahwa tol disana sdh bagus.
Kalo dari KL dia pulang kampung 600 Km ke Perlis normalnya sih 5 jam.
Kalau lebaran sih agak macet sehingga bisa 8 jam katanya.
Mobil dia Perodua Alza (Daihatsu Sirion yg dijadikan 3 baris)
Lha, disini Jkt - Solo bisa 15 Jam. Malah kalau bawa keluarga bisa 18 Jam tergantung rute dan lalu lintas.
Saya sebenranya berharap jaan tol itu sudah menghubungkan Provinsi ke provinsi. Jadi kalau mau road trip tidak habis di jalan yang gak mutu, yang tak ada juga yang bisa dinimati.
Kebayang enaknya nyetir 18 jam sudah sampai Danau Toba.
Jadi tidak perlu singgah di kota lain si Sumatera.
Lalu kita explore seputar wilayah situ.
Atau bagi yang mau ke Pulo Weh, dengan tol Sumatera cukup 1 kali istrahat di Pekanbaru, besoknya sdh sampai Banda Aceh.
Jadi bagi kita roadtripper, toll itu adalah sahabat, bukan musuh yg harus dihindari. Masih banyak daerah yg bisa kita gali kalau ada tol yg mempercepat kita kesana.
Kalo eropa bagus ke kazakstan,banyak gunung dan lembah2,
Om NR,kalo di russia apa traficnya bebas?ugal2an gitu,karna pernah liat ada yg drifting di tengah kota,dan sambil nembakin senjata api..
Temen sy org sana bilang,vodka dulu sebelum beraktivitas
Setelah nyicipin tol CIkampek sampe Brexit, terus terang jadi agak males lewat jalur pejagan-purwokerto-yogya lagi, pdhal itu jalur mudik saya.
Kepikiran kalo tol sdh nyambung dari brexit sampe semarang trus tol bawen-salatiga sdh operasional, mending muter aja sekalian via kopeng-magelang
coklatMetalik wrote: Tue Feb 14, 2017 9:09
Jalan tol lurus panjang bukannya malah bahaya ya? Bikin ngantuk...
Penasaran kalo di luar negeri ada yg kecelakaan gara2 ngantuk di tol gak ya??
Kalau ngantuk itu di jalan toll atau jalan biasa sama saja oom.
Tapi nyetir jalan kelok2 itu menguras stamina.
Saya rasakan nyetir Jakarta to Jogja lewat Tasik, Banjar Ciamis, Majenang, dst....jauh lebih capek,..daripada Jakarta to Semarang terus Tuban dan Malang...
Kombinasi letih dan ngantuk membuat reflek kita berkurang. Dan jalan keluar kota itu bahaya, bisa ke jurang...
Saya copas dari trit nya iMux om Ginting...
Saya pikir ini mungkin berguna juga buat ANF VRZ user ...
Setir getar pernah saya rasakan di VRZ juga.. dan saya langsung hampir memvonis SETIR VRZ OBLAG .. (om Turbo saat itu penasaran sekali hehehe) tapi saya belum begitu yakin kalo setir bener2 oblag karena trouble bawaan spt Transmisi + Turbo nya..
Makanya Desember 2016 saya ajak VRZ F272 libas track Taman Nasional Baluran saat kondisi hujan.. hajar habis2an itu kubangan2 lumpur sepanjang jalan keluar dari Savana sd Pintu Keluar Taman Nasional Baluran.. nanti saya coba share video pendek nya..lumayan mirip Rally WRC [emoji28][emoji28][emoji28]
Nah..sepulang dari Jelajah Jawa Bali 2016, saya claim VRZ ke Bengkel Resmi Toyota dengan bantuan teman kita disana yg jg member SM sini, dan akhirnya didapat lah kesimpulan bahwa setir VRZ saya tidak rusak dan tidak ditemukan cacat, hanya perlu melakukan setting ulang pada beberapa bagian yg saling berhubungan (istilahnya cross joint kalo tak salah).. nah dalam settingan itu ada angka2 yg jadi tolok ukur.. semakin rapat maka setir akan semakin berat tapi tidak ada celah yg membuat setir terasa oblag.. dan sebaliknya semakin angka nya besar maka akan semakin besar celahnya..membuat setir enteng dan ada gejala oblag spt yang saya rasakan.. akhirnya dipilih lah angka lebih kecil supaya oblag nya tidak terasa..walaupun konsekwensinya setir menjadi agak lebih berat.. tapi yg saya rasakan sih hampir tak ada beda..tetap nyaman di putar2 dalam kondisi mobil berjalan... oblag / getar pada setir pun hilang... saya sudah test saat Roadtrip ke Geopark Ciletuh dan Pantai Ujung Genteng.. terbukti gejala Oblag hilang.. walau melibas trek keriting dijalanan non aspal..
Ya begitu kan yg sering dibilang di berita tiap ada kecelakaan di cipali. Jalan tol cipali lurus & mulus malah bikin pengemudi "terlena"
Bukan berarti nyetir di pegunungan gk beresiko sih. Banyak yg males nyetir luar kota via pegunungan krn belok2, dan kalo cuma 1 lajur tiap arah, besar resiko tubrukan head to head kalo salah perhitungan ketika nyalip...
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
Tapi saya beberapa kali lewat tol Cipali.. memang terasa aura aneh om...
Bukan aneh kenapa2... saya lihat mobil2 lain yg lewat cipali itu aneh..
Misal, dia pindah jalur tiba2.. tanpa kasih lampu sein.. dan ini bukan 1x 2x.. tapi sering dan banyak sekali.. dari mulai mobil penumpang (rata2 mobil jadul) dan mobil2 truck..
Lalu.. kalo malam.. banyak mobil ga ada lampu belakang..ini jg bahaya..
Trus terakhir saya lewat pada akhir Desember 2016 lalu tepatnya tanggal 31 Des 2016 saat pulang menuju rumah di Bogor ... ini yg paling parah.. saya saat itu sedang jalan di jalur 1 dengan kecepatan sekitar 120 kpj (engga kencang2 amat) di jalur 2 ada sebuah truk.. dan di jalur 3 ada sebuah minibus suzuki APV warna hijau saya liat ban nya belepotan Tanah Merah dg Nopol T xxxx xx (saya ga apal) dengan tiba2 dia dari jalur 3 paling kanan.. motong jalur 2 dan 1 langsung exit tol menuju Bandung.. saya reflek injak pedal Rem sambil pegang erat2 lingkar kemudi dg kedua tangan.. ABS pun bekerja dengan baik... akhir nya itu APV lolos enga kena tabrak.. saya klakson panjang..sebagai tanda protes dan mengingatkan kendaraan di belakang saya supaya jangan nabrak saya...
Itu Cipali.. hati2 jika teman2 melintasi tol itu.. banyak yg aneh menurut saya.. yaitu kelakuan pengemudi2 nya..
Kebayang ga om.. lg lari 120 kpj di tol tiba2 ada mobil melintang di depan mata.... andai saya waktu itu engga sigap.. kesenggol aja buntut APV itu.. bakalan fatal akibatnya.. bisa guling2 itu mobil.. dan saya jg ga tau gimana jadinya VRZ yg saya kendarai..
Benar2 sebuah kejadian yg cukup menegangkan.. padahal saya udah Road trip selama 10 hari aman2 aja.. ini tinggal pulang dowang, paling 3 jam lagi sampe rumah..
Alhamdulillah Tuhan masih melindungi kami sekeluarga...
F 272 wrote:Kebayang ga om.. lg lari 120 kpj di tol tiba2 ada mobil melintang di depan mata.... andai saya waktu itu engga sigap.. kesenggol aja buntut APV itu.. bakalan fatal akibatnya.. bisa guling2 itu mobil.. dan saya jg ga tau gimana jadinya VRZ yg saya kendarai..
Benar2 sebuah kejadian yg cukup menegangkan.. padahal saya udah Road trip selama 10 hari aman2 aja.. ini tinggal pulang dowang, paling 3 jam lagi sampe rumah..
Alhamdulillah Tuhan masih melindungi kami sekeluarga...
Itulah gunanya berdoa, oom Wah..
Kita gak tau kapan musibah mengintai..
Soal jalan sih..orang Indonesia itu belum maju mental..
Jalan biasa macet nyalahin pemerintah..
Jalan tol cipali lancar dan lurus,.pada gak bisa tahan nafsu...
Saya sepulang dari km 102 saat roadtrip Pangandaran, bisa saja kebut kayak yg laen..tapi saya pikir lebih baik self controlled saja..max 120 mnt,..sembari mengingat kisah manis perjalanan...
Harusnya kan pindah jalurnya satu per satu lah. Toh petunjuk belok exit tol kan biasanya ada sejak 1 kilometer sebelumnya...
Mungkin supirnya blm pernah jalan di tol sebelumnya. Atau kurang fokus sehingga tidak membaca rambu2 exit tol itu, sehingga kaget belokannya tau2 udh di dpn mata....
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
coklatMetalik wrote:Waduh kok bs seceroboh itu ya....
Harusnya kan pindah jalurnya satu per satu lah. Toh petunjuk belok exit tol kan biasanya ada sejak 1 kilometer sebelumnya...
Mungkin supirnya blm pernah jalan di tol sebelumnya. Atau kurang fokus sehingga tidak membaca rambu2 exit tol itu, sehingga kaget belokannya tau2 udh di dpn mata....
hal kaya gitu wajar di indo oom, saya sering ngalamin walaupun jalan nggak selaju oom Wah. cuma bisa injek rem sambil lirik kaca spion dan berdoa semoga nggak ditumbur dari blakang. pijit klakson pun percuma, yg diklakson malah akan tanya "kenapa tu mobil bunyiin klakson????"
hahaaay.....