Perlu diingat juga kalo melihara yurop, fluid jangan sampe telat. Bensin min Ron 92, kebanyakan mobil yurop gak disesuaikan sama iklim. Browsing2 dulu aja buat TS gimana melihara mobil2 yurop.
Happy hunting
Mobkas Eropah bugdet max 170 juta
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 121
- Joined: Sun May 08, 2016 17:37
Re: Mobkas Eropah bugdet max 170 juta
2007 RE1 2.4 A/T
2010 GE8 RS 1.5 A/T
2012 GB3 1.5 A/T
2003 E46 318i 2.0 A/T
2010 GE8 RS 1.5 A/T
2012 GB3 1.5 A/T
2003 E46 318i 2.0 A/T
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 822
- Joined: Tue Feb 02, 2016 3:34
- Location: +62-21
- Daily Vehicle: K I J A N G
Re: Mobkas Eropah bugdet max 170 juta
Jawab ah,,
E39 520i 2002-2003 last gen..
atau..
W124 E320 MP 1995-1996
E39 520i 2002-2003 last gen..
atau..
W124 E320 MP 1995-1996
Daily Warrior:
GN5 / Rallye Red / Gasoline / CVT / 2021 / Odd
MAGH10 / Black Mica / Hybrid / CVT-e / 2024 / Even
two-wheeler:
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
KR150P-SE / White / 2012
GN5 / Rallye Red / Gasoline / CVT / 2021 / Odd
MAGH10 / Black Mica / Hybrid / CVT-e / 2024 / Even
two-wheeler:
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
KR150P-SE / White / 2012
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 520
- Joined: Thu Jan 12, 2017 2:11
Re: Mobkas Eropah bugdet max 170 juta
Ijin ngasi sugest ya om..
Menurut saya dengan budget yg ad kayanya lebih condong ke arah old bimmer antara e90 atau e46... Sy pribadi sih lbih kepikirannya e46 yah dengan asumsi mobil 120 jutaan..modelnya lebih time less kesannya drpd e90.. Kalo seri 5 khawatir dapat unit yg apes jelek, repot ngerapihinnya.. sisanya mungkin 40 jutaan bisa dialokasiin buat rekondisi dan bersolek seperti mtech body & velg original heheh... 1 rule umum sih sebisa mungkin cari yang 6 silinder engine biar berasa banget feel ultimate driving machine nya. Seri 3 dengan 6 silinder engine saya rasa nilai fun to drive nya sudah diatas merc level yang sama, malahan to be honest saya lebih dapet feel nyetir e46 ini daripada w203 atau bahkan w204 nya merc.
Kalo beruntung dapat unit yang terawat, e46 ini lumayan bandel juga.
Pengalaman dulu pernah pakai e36 selama kurleb 8 tahun, 1 tahun pertama emang lumayan juga duit yng dikeluarin buat rapih2 sana sini, tp begitu rapi selama 7 tahun pemakaian (70 ribu kilometeran) terakhir cuma rutin ganti oil dan fast moving parts lainnya aja, sisanya tinggal isi bensin dan tancap gas heheheh...
Menurut saya dengan budget yg ad kayanya lebih condong ke arah old bimmer antara e90 atau e46... Sy pribadi sih lbih kepikirannya e46 yah dengan asumsi mobil 120 jutaan..modelnya lebih time less kesannya drpd e90.. Kalo seri 5 khawatir dapat unit yg apes jelek, repot ngerapihinnya.. sisanya mungkin 40 jutaan bisa dialokasiin buat rekondisi dan bersolek seperti mtech body & velg original heheh... 1 rule umum sih sebisa mungkin cari yang 6 silinder engine biar berasa banget feel ultimate driving machine nya. Seri 3 dengan 6 silinder engine saya rasa nilai fun to drive nya sudah diatas merc level yang sama, malahan to be honest saya lebih dapet feel nyetir e46 ini daripada w203 atau bahkan w204 nya merc.
Kalo beruntung dapat unit yang terawat, e46 ini lumayan bandel juga.
Pengalaman dulu pernah pakai e36 selama kurleb 8 tahun, 1 tahun pertama emang lumayan juga duit yng dikeluarin buat rapih2 sana sini, tp begitu rapi selama 7 tahun pemakaian (70 ribu kilometeran) terakhir cuma rutin ganti oil dan fast moving parts lainnya aja, sisanya tinggal isi bensin dan tancap gas heheheh...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 680
- Joined: Thu Nov 03, 2016 17:51
Re: Mobkas Eropah bugdet max 170 juta
again.. dua opsi ini.. padahal dari era yang berbeda tapi malah terkesan menjadi rival.. karena e34 kurang gmn sih (sebagai rival sejati w124).. saya sempet pake e34 520 dan 530 sih sampe skrg masih pingin mengulang kembali, tapi kalo dipilih2 lagi e39 apalagi yang 530i menarik bingiiit.. w124 e320 MP juga aiiihhhhh... atau bisa punya dua2nya di garasi kapan yahh.. padahal mah gak lebih mahal dari harga baru lmpv sekarang itu kedua mobil klo dijumlahvulvy8858 wrote: Tue Jan 31, 2017 6:24 Jawab ah,,
E39 520i 2002-2003 last gen..
atau..
W124 E320 MP 1995-1996


btw TS nya jadi lebih berat kemana nih?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 822
- Joined: Tue Feb 02, 2016 3:34
- Location: +62-21
- Daily Vehicle: K I J A N G
Re: Mobkas Eropah bugdet max 170 juta
karena dilihat dari rentan harga wkwkwkwk..cursQ wrote: Wed Feb 01, 2017 8:34 again.. dua opsi ini.. padahal dari era yang berbeda tapi malah terkesan menjadi rival.. karena e34 kurang gmn sih (sebagai rival sejati w124).. saya sempet pake e34 520 dan 530 sih sampe skrg masih pingin mengulang kembali, tapi kalo dipilih2 lagi e39 apalagi yang 530i menarik bingiiit.. w124 e320 MP juga aiiihhhhh... atau bisa punya dua2nya di garasi kapan yahh.. padahal mah gak lebih mahal dari harga baru lmpv sekarang itu kedua mobil klo dijumlah![]()
![]()
btw TS nya jadi lebih berat kemana nih?
MB seri E yang saya suka cuma W123 dan W124..
W204 ga bakal kebeli smaa budget TS..
3 series, E90 terlalu risky dengan budget segono, E46 saya kurang demen..
E60 awal2 terlalu mepet spare money nya..
saya saranin E39 aja, biar kata 520i kan uda 6 cyls dan fiturnya lumayan banget compare ke C-Klasse dan 3-series..
Daily Warrior:
GN5 / Rallye Red / Gasoline / CVT / 2021 / Odd
MAGH10 / Black Mica / Hybrid / CVT-e / 2024 / Even
two-wheeler:
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
KR150P-SE / White / 2012
GN5 / Rallye Red / Gasoline / CVT / 2021 / Odd
MAGH10 / Black Mica / Hybrid / CVT-e / 2024 / Even
two-wheeler:
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
KR150P-SE / White / 2012
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 163
- Joined: Mon Nov 28, 2016 3:59
Re: Mobkas Eropah bugdet max 170 juta
Btul tha?eka0409 wrote: Sun Jan 29, 2017 1:52 Klo boleh merek di luar bmw n merc n bukan sedan, sy saranin volvo xc90. Sy pake udah hampir 2 thn n mobil ini reliable ditambah biaya perawatan jg standar aja (fast moving), slow moving part blm ada ganti tp dah tau harus cari spare part dmn klo nanti perlu ganti, ada banyak
Saya pernah denger kalau perawatan volvo ngak seperti kedengarannya kecuali si xc90 ini, rear susp nya suka masalah dan mahal2 partnya + boros , pernah baca di trid2 lama , saya tahunya yang mudah buat dirawat itu seri yg 940 iya tha?
Sheer driving pleasure next time
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11870
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Mobkas Eropah bugdet max 170 juta
940 yang turbo shock belakangnya nggak murah lho..... boleh tanya harga shock nivomat berapa.
heee....
sent from Ericsson R310s
heee....
sent from Ericsson R310s
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 344
- Joined: Fri Nov 27, 2009 11:24
Re: Mobkas Eropah bugdet max 170 juta
Bandel? Pilih w210 NE230 A/T. Irit, nyaman, kabin lega dibanding tipe boxer ato masterpiece, ada ac belakang (rear vent). Cuma tarikan agak kurang. Ato Sclass W140 S320. Pajak lebih murah dibanding W220. Mesin sama kaya masterpiece ato new eyes 320.
Diesel in my head
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 77
- Joined: Wed Jul 23, 2008 4:45
Re: Mobkas Eropah bugdet max 170 juta
oom... ikut sharing pengalaman meminang e39 528i...
saat itu tahun 2006 beli e39 528i kelahiran 1997 yang sudah berusia 9 tahun... kondisi mobil saat itu boleh dibilang cukup baik, baik body luar, interior, dan mesinnya. odometer menunjukkan 58rb an km.
konsumsi pertamax sekitar 12 liter untuk 100km.
seminggu kemudian, mulai deh electric seat bermasalah. jok supir saat direbahkan, miring sebelah. mulai deh kenalan ama bengkel yg cukup terkenal yg sangat membantu.
sebulan sebulan kemudian, jadi deh kita pelanggan bengkel, tiap bulan ada saja sesuatu yg perlu diperbaiki. mulai dari indikator abs nyala, mesin jedut2, kaca jendela yg terbuka tiba tiba, bahkan pintu tidak bisa dibuka sama sekali (nyonya terperangkap dalam kabin, hingga trauma jika harus pake mobil itu)...
lalu plafond jatuh tiba tiba, hingga tidak bisa nengok ke kaca belakang tertutup plafond.
saat melewati genangan air (yg tingginya sekitar 20cm) maka lantai mobil juga akan basah, ada air yang rembes ke dalam kabin.
sedih banget deh... mau nya dapat kenyamanan, malah tiap bulan pasti jajan ke bengkel langganan sekitar 300rb sd 2jt...
tahun 2010, secara kebetulan bertemu penjual mobil di awal. dan coba ditawarkan untuk dijual balik. setelah dia periksa, akhirnya mobil dibeli balik, setelah 4 tahun kita berkenalan.
pada saat itu, konsumsi pertamax si e39 528i adalah 33liter untuk 100km berdasarkan layar mid. sedangkan tenaga, boleh dibilang kopong.
saya yg ga ngerti mesin mobil, ga tau apa yg sebenernya telah terjadi. selama 4 tahun itu, odometer bertambah 10000km.
bukannya mau bilang jelek, tapi itulah pengalaman saya berkenalan dengan e39 528i
saat itu tahun 2006 beli e39 528i kelahiran 1997 yang sudah berusia 9 tahun... kondisi mobil saat itu boleh dibilang cukup baik, baik body luar, interior, dan mesinnya. odometer menunjukkan 58rb an km.
konsumsi pertamax sekitar 12 liter untuk 100km.
seminggu kemudian, mulai deh electric seat bermasalah. jok supir saat direbahkan, miring sebelah. mulai deh kenalan ama bengkel yg cukup terkenal yg sangat membantu.
sebulan sebulan kemudian, jadi deh kita pelanggan bengkel, tiap bulan ada saja sesuatu yg perlu diperbaiki. mulai dari indikator abs nyala, mesin jedut2, kaca jendela yg terbuka tiba tiba, bahkan pintu tidak bisa dibuka sama sekali (nyonya terperangkap dalam kabin, hingga trauma jika harus pake mobil itu)...
lalu plafond jatuh tiba tiba, hingga tidak bisa nengok ke kaca belakang tertutup plafond.
saat melewati genangan air (yg tingginya sekitar 20cm) maka lantai mobil juga akan basah, ada air yang rembes ke dalam kabin.
sedih banget deh... mau nya dapat kenyamanan, malah tiap bulan pasti jajan ke bengkel langganan sekitar 300rb sd 2jt...
tahun 2010, secara kebetulan bertemu penjual mobil di awal. dan coba ditawarkan untuk dijual balik. setelah dia periksa, akhirnya mobil dibeli balik, setelah 4 tahun kita berkenalan.
pada saat itu, konsumsi pertamax si e39 528i adalah 33liter untuk 100km berdasarkan layar mid. sedangkan tenaga, boleh dibilang kopong.
saya yg ga ngerti mesin mobil, ga tau apa yg sebenernya telah terjadi. selama 4 tahun itu, odometer bertambah 10000km.
bukannya mau bilang jelek, tapi itulah pengalaman saya berkenalan dengan e39 528i
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11783
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Mobkas Eropah bugdet max 170 juta
begitulah .... pengalaman sy ga jauh beda kl bicara beli mobil eropa bekas meski cuma sekali sama 528i e39 .... sampai pernah diledekin temen 'loe ngidupin mobil mahalnya kaya ngidupin bini muda, mending punya bini muda sekalian'
tp kan org kl belom ngerasain belom tau .... dan itu cuma pengalaman sy aja yg seneng jg banyak
tp kan org kl belom ngerasain belom tau .... dan itu cuma pengalaman sy aja yg seneng jg banyak