Pertimbangan Meminang VW GOLF GTI MK 6
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 33
- Joined: Sat Jan 23, 2016 9:10
Pertimbangan Meminang VW GOLF GTI MK 6
Mungkin para penghuni seraya motor dulu pernah nemu thread serupa(dari saya juga) yang pada saat itu saya berniat meminang vw golf tsi 1.4 mk6 tahun 2011/12an namun karena masalah reliabilitynya saya memutuskan niat tsb(dan maasih tetap menggunakan mobil lama saya yaitu nissan xtrail t31 2009). namun karena kondisi mobil yang makin lama makin terlihat usang maka dengan bujet yang ada sepertinya saya cukup untuk meminang vw golf gti mk6 Budget yang tersedia: max 400 JT. karena sisanya bisa untuk usaha lumayan(dibanding full spend semua cash yang ada saya hanya untuk naik kelas ke mobil yang lain), namun seperti biasa ada bbrp hal yang mengganjal:
1. apakah dengan budget segitu dapat unit yang masih baik kondisinya? mungkin nanti setelah saya pinang maka mobil saya masukin ke interior detailing
2. bagaimana reliability dsgnya 6 speed di gti, karena yang saya baca2 dan saya ketahui ini lebih less trouble dibanding tsinya??
3. untuk masalah bbm, apakah cukup dengan shell v power(mungkin kadang2 saya isi shell super biasa, tergantung keuangan).?
4. untuk maslah service dan llain2, apakah service mobil ini dan jika mau benerin kalo ada kerusakan lebih mahal dibanding dari vw2 biasanya yang sudah cukup mahal juga?
5. serius aman ga sih bos2 sekalian ini mobil??? takut ada mecha fail asli, tapi pas saya baca2 ini mobilnya lebih tahan dibanding vw golf tsinya
mungkin segitu dulu aja kebingunan saya, rencana mau angkut max di akhir feb makannya ini lagi nyari2 unitnya(baru nemu 1 ) di harga 375. cuma kalo bos2 sekalian ada yang nemu/kenalan dengan yang jual vw golf gti mk6 ini bisa direkomendasikan ke saya.
Regards
1. apakah dengan budget segitu dapat unit yang masih baik kondisinya? mungkin nanti setelah saya pinang maka mobil saya masukin ke interior detailing
2. bagaimana reliability dsgnya 6 speed di gti, karena yang saya baca2 dan saya ketahui ini lebih less trouble dibanding tsinya??
3. untuk masalah bbm, apakah cukup dengan shell v power(mungkin kadang2 saya isi shell super biasa, tergantung keuangan).?
4. untuk maslah service dan llain2, apakah service mobil ini dan jika mau benerin kalo ada kerusakan lebih mahal dibanding dari vw2 biasanya yang sudah cukup mahal juga?
5. serius aman ga sih bos2 sekalian ini mobil??? takut ada mecha fail asli, tapi pas saya baca2 ini mobilnya lebih tahan dibanding vw golf tsinya
mungkin segitu dulu aja kebingunan saya, rencana mau angkut max di akhir feb makannya ini lagi nyari2 unitnya(baru nemu 1 ) di harga 375. cuma kalo bos2 sekalian ada yang nemu/kenalan dengan yang jual vw golf gti mk6 ini bisa direkomendasikan ke saya.
Regards
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4384
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Pertimbangan Meminang VW GOLF GTI MK 6
PERTAMAX !!!
If you choose GTi pedigree, you can't go wrong with it.
That is the ultimate line of small car of VW.
GTi variant is equipment with wet clutch anyway, thus no worries..
And it is usually not a workhorse car but car for the enthusiast/ hobby...
Odo should be low, I suppose..
Sikaat mas, broh...
If you choose GTi pedigree, you can't go wrong with it.
That is the ultimate line of small car of VW.
GTi variant is equipment with wet clutch anyway, thus no worries..
And it is usually not a workhorse car but car for the enthusiast/ hobby...
Odo should be low, I suppose..
Sikaat mas, broh...
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 33
- Joined: Sat Jan 23, 2016 9:10
Re: Pertimbangan Meminang VW GOLF GTI MK 6
so about the clutch,dsg,mechactronic and kind of that yang trouble trus di golf tsi mk6 nyaginting wrote: Wed Feb 01, 2017 8:44 PERTAMAX !!!
If you choose GTi pedigree, you can't go wrong with it.
That is the ultimate line of small car of VW.
GTi variant is equipment with wet clutch anyway, thus no worries..
And it is usually not a workhorse car but car for the enthusiast/ hobby...
Odo should be low, I suppose..
Sikaat mas, broh...
tidak berlaku di golf gti mk6nya kah? takut juga tiba2 lagi hangout ama temen eh mogok atau fault
but if i use it daily in jakarta, is it ok ? or should i just use it in weekend??
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5952
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Pertimbangan Meminang VW GOLF GTI MK 6
Setau nubie, malah yang GTI lebih kuat DSG nya dibanding yang TSI om.azerbaijan wrote: Wed Feb 01, 2017 9:11so about the clutch,dsg,mechactronic and kind of that yang trouble trus di golf tsi mk6 nyaginting wrote: Wed Feb 01, 2017 8:44 PERTAMAX !!!
If you choose GTi pedigree, you can't go wrong with it.
That is the ultimate line of small car of VW.
GTi variant is equipment with wet clutch anyway, thus no worries..
And it is usually not a workhorse car but car for the enthusiast/ hobby...
Odo should be low, I suppose..
Sikaat mas, broh...
tidak berlaku di golf gti mk6nya kah? takut juga tiba2 lagi hangout ama temen eh mogok atau fault
but if i use it daily in jakarta, is it ok ? or should i just use it in weekend??
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4384
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Pertimbangan Meminang VW GOLF GTI MK 6
di luar negeri, golf GTi itu kan sama kayak mobil rakyat biasa saja.
Jadi durability harusnya bukan suatu sisue, apalagi sudden failure..
GTi = wet clucth
TSI = dry clucth
Cuma masalah life time gimana ?
Konon sih menurut google DSG itu akan worn out (aus) sekitar 100K kilometers.
Itu bukan failure/defect tapi itu proses alami saja.
Simak link dibawah ini.
Atau ketik key work "how long do dsg clutches last" di google...
http://www.pistonheads.com/gassing/topic.asp?t=979840
Jadi durability harusnya bukan suatu sisue, apalagi sudden failure..
GTi = wet clucth
TSI = dry clucth
Cuma masalah life time gimana ?
Konon sih menurut google DSG itu akan worn out (aus) sekitar 100K kilometers.
Itu bukan failure/defect tapi itu proses alami saja.
Simak link dibawah ini.
Atau ketik key work "how long do dsg clutches last" di google...
http://www.pistonheads.com/gassing/topic.asp?t=979840
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 33
- Joined: Sat Jan 23, 2016 9:10
Re: Pertimbangan Meminang VW GOLF GTI MK 6
jadi setelah 100k KM mobil akan jadi besi rongsokan atau gimana?ginting wrote: Wed Feb 01, 2017 9:54 di luar negeri, golf GTi itu kan sama kayak mobil rakyat biasa saja.
Jadi durability harusnya bukan suatu sisue, apalagi sudden failure..
GTi = wet clucth
TSI = dry clucth
Cuma masalah life time gimana ?
Konon sih menurut google DSG itu akan worn out (aus) sekitar 100K kilometers.
Itu bukan failure/defect tapi itu proses alami saja.
Simak link dibawah ini.
Atau ketik key work "how long do dsg clutches last" di google...
http://www.pistonheads.com/gassing/topic.asp?t=979840
ini rata2 km masih 50rban. paling saya rencana pake 1 -2 tahun saja(tahun depan mudah2an budget cukup lagi buat ganti mobil). karena saya memang jika beli mobil second paling lama 2 tahun saja(supaya tidak terlalu usang)
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4384
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Pertimbangan Meminang VW GOLF GTI MK 6
after 100K km sih bukan berarti rongsokan...tapi bakal ada yang kudu diganti di DSG,..begitu kira2 maknanya oom...
Jadi mindsetnya harap dijauhkan dari kijang, panther yang 300K km juga blm turun mesin...
Jadi mindsetnya harap dijauhkan dari kijang, panther yang 300K km juga blm turun mesin...
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 33
- Joined: Sat Jan 23, 2016 9:10
Re: Pertimbangan Meminang VW GOLF GTI MK 6
Oiya satu pertanyaan yang tiba2 melintas, kan rata2 head unitnya pake rcd 510. berhubung saya suka bosen pas nyetir, apakah audionya bisa untuk play music dari smartphone(dengan aux/bluetooth kah)?. dan apakah ini sudah bisa phone mirroring(untuk angkat telfon dari audio) karna yang saya liat sudah ada tombol telefon di setirnya.
oiya ini mobil jika dibandingkan f30 320i luxury trim mending yang mana ya(tapi budget harus nambah sih, f30 320i second masih di 400an)?
oiya ini mobil jika dibandingkan f30 320i luxury trim mending yang mana ya(tapi budget harus nambah sih, f30 320i second masih di 400an)?
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 110
- Joined: Thu Jun 10, 2010 2:14
Re: Pertimbangan Meminang VW GOLF GTI MK 6
Om, harga 375jt itu tahun dana udah kilometer berapa ya? Kebetulan banget saya lg cari2 mk6 GTI juga nihh.. thankyou
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1052
- Joined: Sun Aug 30, 2015 12:49
- Location: BSD (Bogor Sana Dikit)
Re: Pertimbangan Meminang VW GOLF GTI MK 6
F30 2013 msh diatas 400.... yah walopun 4xx rendahazerbaijan wrote: Wed Feb 01, 2017 11:49 Oiya satu pertanyaan yang tiba2 melintas, kan rata2 head unitnya pake rcd 510. berhubung saya suka bosen pas nyetir, apakah audionya bisa untuk play music dari smartphone(dengan aux/bluetooth kah)?. dan apakah ini sudah bisa phone mirroring(untuk angkat telfon dari audio) karna yang saya liat sudah ada tombol telefon di setirnya.
oiya ini mobil jika dibandingkan f30 320i luxury trim mending yang mana ya(tapi budget harus nambah sih, f30 320i second masih di 400an)?
2015 Honda CR-V 2.4l A/T
2022 Mitsubishi Xpander Cross CVT
2022 Mitsubishi Xpander Cross CVT
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 33
- Joined: Sat Jan 23, 2016 9:10
Re: Pertimbangan Meminang VW GOLF GTI MK 6
ada yang 50rb ada yang 70 juga sih. beda2 rata2 cuma saya juga masih galau dengan entertainmentnya gti, apakah seboring si xtrail ini atau bisa lebih bagusabsolute wrote: Wed Feb 01, 2017 11:54 Om, harga 375jt itu tahun dana udah kilometer berapa ya? Kebetulan banget saya lg cari2 mk6 GTI juga nihh.. thankyou
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 110
- Joined: Thu Jun 10, 2010 2:14
Re: Pertimbangan Meminang VW GOLF GTI MK 6
Lumayan gede ya om odometer nya.. tahun brp itu mobilnya? Entertainment vw oke sih.. suaranya bagus, klo blhetooth dll tinggal retrofit module (sy ex user mk6 tsi).. harusnya sih menurut saya entertainment dan driving experience GTI pasti diatas xtrail om.azerbaijan wrote: Wed Feb 01, 2017 12:13ada yang 50rb ada yang 70 juga sih. beda2 rata2 cuma saya juga masih galau dengan entertainmentnya gti, apakah seboring si xtrail ini atau bisa lebih bagusabsolute wrote: Wed Feb 01, 2017 11:54 Om, harga 375jt itu tahun dana udah kilometer berapa ya? Kebetulan banget saya lg cari2 mk6 GTI juga nihh.. thankyou
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1217
- Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34
Re: Pertimbangan Meminang VW GOLF GTI MK 6
Tambah dikit beli civic turbo lebih reliable kaya nya
Model nya juga relatif ganteng
Model nya juga relatif ganteng
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 33
- Joined: Sat Jan 23, 2016 9:10
Re: Pertimbangan Meminang VW GOLF GTI MK 6
tapi kalo misalnya odo gede tapi terawaat bukannya lebih mending dibadning odo kecil tapi unit tidk sehatabsolute wrote: Wed Feb 01, 2017 13:59Lumayan gede ya om odometer nya.. tahun brp itu mobilnya? Entertainment vw oke sih.. suaranya bagus, klo blhetooth dll tinggal retrofit module (sy ex user mk6 tsi).. harusnya sih menurut saya entertainment dan driving experience GTI pasti diatas xtrail om.azerbaijan wrote: Wed Feb 01, 2017 12:13ada yang 50rb ada yang 70 juga sih. beda2 rata2 cuma saya juga masih galau dengan entertainmentnya gti, apakah seboring si xtrail ini atau bisa lebih bagusabsolute wrote: Wed Feb 01, 2017 11:54 Om, harga 375jt itu tahun dana udah kilometer berapa ya? Kebetulan banget saya lg cari2 mk6 GTI juga nihh.. thankyou
oiya retrofit module tempatnya dimana ya bos? sekalian harganya. soalnya sepertinya karena budget ya memang segini, sepertinya ambil golf gti mk 6 aja
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 701
- Joined: Wed Sep 03, 2008 16:59
Re: Pertimbangan Meminang VW GOLF GTI MK 6
Dulu kakak gue pernah miara GTI MK6 taun 2012, dijual taun 2015 kilometer masih 18rb dijual 400jt saja (my naif sister
)
Gue sering pake, so far masalah yg dihadepin :
- Klakson pernah mati, ga tau knp, tau2 idup sendiri
- laher AC bunyi, waktu itu masih garansi, jadi diganti gratis. Ni videonya
https://youtu.be/CLTt2XcqDdg
- Oli suka berkurang, jadi kudu top up oli at least 2-3 bulan sekali (kata VW itu normal, gara2 kebakar di turbonya, di forum luar jg banyak yg bilang gitu). Jadi siapin aja oli mesin di bagasi yg seliter.
- Wajib V-power/Pertamax turbo
- Issu mechatronic setau gue ada di DSG vw mana aja. Baik TSI maupun GTI. Cuma yg di GTI lebih robust. Perkiraan kalo ganti mechatronic bisa diangka 80-100jt-an mungkin lebih kl bermasalah, cmiiw
- Selama make, no problem sama DSG-nya, soale dia wet clutch, sedangkan TSI dry clutch. Yg bermasalah di Indo yg dry.
- Suspensi mayan keras, walopun di mode comfort. Tapi handlingan mantebh
- Konsumsi BBM mayan irit utk 2000cc turbo, 1:8-9 dalkot (kl santai bgt bisa 1:10), 1:13 Tol. Kalo gatel sama gas ya bisa 1:5-6
- Entertainment standart, cuma sound system standartnya udah keren, basnya bulet, ane bilang lebih baik dari bosenya CX5
- Untuk miroring sepertinya ga bisa, tp kl bluetooth audio/phone kmaren ga sempet pake, jd ga tau bisa apa ga
Ini mobil menurut saya emang enak banget. Dulu pingin bayarin mobil kakak, secara tau kakak makenya kaya gimana dan KM dikit. Cuma pas kakak jual ga bilang2, keburu di DP orang.
Kebanyakan yg jual second skrg udah di upgrade ke stage 2 dkk, jadi dah ga standart. Kalo udah upgrade dll itu menurut gue sbg orang awam, lebih beresiko. Dan kalo masalah, ni mobil termasuk yg part'snya ga biasa, alias mahal. Bengkel selain resmi sih banyak (mungkin anak2 NuVolks tau referensinya). Yang paling gue khawatirin di GTI ini ya si mechatronicsnya itu, walopun lebih banyak ditemuin di TSI, tapi tetep aja.
Hasil searching di forum luar juga bilang kalo mechatronic VW bisa cepet worn out kalo salah penggunaannya. Jadi pemakaiannyapun sedikit berbeda sama matic convensional biasa. Misal di lampu merah, matic convensional ga terlalu bermasalah tetep nahan di posisi D. Sedangkan DSG, better dipindah ke posisi N (apa kebalikannya ya?, gue lupa). DSG TSI fail di Indo karena transmisi ga siap ngadepin kondisi stop N go di kemacetan, again cmiiw.
Jadi kalo ragu, better cari yg lain, tapi kl tetep mau miara dan cinta GTI ini, siapin dana lebih aja, dan cari tau cara pakai transmisi DSG yang baik dan benar, cmiiw


Gue sering pake, so far masalah yg dihadepin :
- Klakson pernah mati, ga tau knp, tau2 idup sendiri
- laher AC bunyi, waktu itu masih garansi, jadi diganti gratis. Ni videonya
https://youtu.be/CLTt2XcqDdg
- Oli suka berkurang, jadi kudu top up oli at least 2-3 bulan sekali (kata VW itu normal, gara2 kebakar di turbonya, di forum luar jg banyak yg bilang gitu). Jadi siapin aja oli mesin di bagasi yg seliter.
- Wajib V-power/Pertamax turbo
- Issu mechatronic setau gue ada di DSG vw mana aja. Baik TSI maupun GTI. Cuma yg di GTI lebih robust. Perkiraan kalo ganti mechatronic bisa diangka 80-100jt-an mungkin lebih kl bermasalah, cmiiw
- Selama make, no problem sama DSG-nya, soale dia wet clutch, sedangkan TSI dry clutch. Yg bermasalah di Indo yg dry.
- Suspensi mayan keras, walopun di mode comfort. Tapi handlingan mantebh
- Konsumsi BBM mayan irit utk 2000cc turbo, 1:8-9 dalkot (kl santai bgt bisa 1:10), 1:13 Tol. Kalo gatel sama gas ya bisa 1:5-6
- Entertainment standart, cuma sound system standartnya udah keren, basnya bulet, ane bilang lebih baik dari bosenya CX5
- Untuk miroring sepertinya ga bisa, tp kl bluetooth audio/phone kmaren ga sempet pake, jd ga tau bisa apa ga
Ini mobil menurut saya emang enak banget. Dulu pingin bayarin mobil kakak, secara tau kakak makenya kaya gimana dan KM dikit. Cuma pas kakak jual ga bilang2, keburu di DP orang.
Kebanyakan yg jual second skrg udah di upgrade ke stage 2 dkk, jadi dah ga standart. Kalo udah upgrade dll itu menurut gue sbg orang awam, lebih beresiko. Dan kalo masalah, ni mobil termasuk yg part'snya ga biasa, alias mahal. Bengkel selain resmi sih banyak (mungkin anak2 NuVolks tau referensinya). Yang paling gue khawatirin di GTI ini ya si mechatronicsnya itu, walopun lebih banyak ditemuin di TSI, tapi tetep aja.
Hasil searching di forum luar juga bilang kalo mechatronic VW bisa cepet worn out kalo salah penggunaannya. Jadi pemakaiannyapun sedikit berbeda sama matic convensional biasa. Misal di lampu merah, matic convensional ga terlalu bermasalah tetep nahan di posisi D. Sedangkan DSG, better dipindah ke posisi N (apa kebalikannya ya?, gue lupa). DSG TSI fail di Indo karena transmisi ga siap ngadepin kondisi stop N go di kemacetan, again cmiiw.
Jadi kalo ragu, better cari yg lain, tapi kl tetep mau miara dan cinta GTI ini, siapin dana lebih aja, dan cari tau cara pakai transmisi DSG yang baik dan benar, cmiiw
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 44
- Joined: Wed Dec 20, 2006 12:17
Re: Pertimbangan Meminang VW GOLF GTI MK 6
vw golf gti mk6. mestinya robust kok transmisi dsg nda masalah mesin nda ada masalah.
yang 100rb km harus ganti itu yg DSG dry clutch. kenapa ganti ? ya seperti mobil manual ber kopling ada kampas koplingnya yg perlu diganti kalau udah habis. sebenarnya yg tsi kalau udah diganti full set mechatronic, dsg clutch sama flywheel sih aman2x aja udah enak nda geter2x dan tidak ada problem lagi ditranmisinya, cuman memang nda bisa di samain seperti transmisi tourqe converter. beda sistemnya jauh. dsg jauh lebih enak dari tranmisi manual shiftnya jauh lebih cepet, feelingnya transmisi manual cuman matic. jadi ada engine break, dll. kalau yg wet clutch sih jauh lebih awet cuman harus ada penggantian oli transmisinya. kalau ganti ya dibengkel vw deh jangan dibengkel lain. olinya beda.
kalau dsg dilampu merah boleh diposisi D nda ada masalah asal bener2x direm jangan setengah ngerem. kalau setengah ngerem bisa setengah kopling. begitu juga ditanjakan kalau ngerem harus ngerem. begitu di rem bakal lepas ke N sendiri. kalau matic biasa tourqe converter di D maticnya nda ke nol, sebenarnya juga nda ada masalah sih.
masalah bensin gti recomended pertamax turbo sih tapi pertamax gti masih ok soalnya pistonnya lebih tebal dari yg tsi. kalau tsi diisi pertamax knocking parah jebol tul pistonnya karena tipis. jadi kalau TSI harus pakai pertamax turbo. kalau GTI pertamax oklah cuman jangan sering2x dibejek2x haha
soalnya bawanya golf begitu digas nda mau ngerem tambah bejek gas terus wkwk
Masalah sparepart. VW punya part kalau dibengkel resmi ya mahal. sama seperti bengkel resmi mobil apapun harganya juga lebih mahal dari bengkel umum. sparepart vw ada jual diluar bengkel resmi yg umum2x harganya juga beda lumayan. cuman kalau part2x kaya mechatronic, clutch, dll lebih baik dibengkel resmi karena ada garansinya 2thn begitu habis ganti. kalau yg umum. kampas rem, filter oli, udara, shock dll diluar juga nda ada masalah.
yang 100rb km harus ganti itu yg DSG dry clutch. kenapa ganti ? ya seperti mobil manual ber kopling ada kampas koplingnya yg perlu diganti kalau udah habis. sebenarnya yg tsi kalau udah diganti full set mechatronic, dsg clutch sama flywheel sih aman2x aja udah enak nda geter2x dan tidak ada problem lagi ditranmisinya, cuman memang nda bisa di samain seperti transmisi tourqe converter. beda sistemnya jauh. dsg jauh lebih enak dari tranmisi manual shiftnya jauh lebih cepet, feelingnya transmisi manual cuman matic. jadi ada engine break, dll. kalau yg wet clutch sih jauh lebih awet cuman harus ada penggantian oli transmisinya. kalau ganti ya dibengkel vw deh jangan dibengkel lain. olinya beda.
kalau dsg dilampu merah boleh diposisi D nda ada masalah asal bener2x direm jangan setengah ngerem. kalau setengah ngerem bisa setengah kopling. begitu juga ditanjakan kalau ngerem harus ngerem. begitu di rem bakal lepas ke N sendiri. kalau matic biasa tourqe converter di D maticnya nda ke nol, sebenarnya juga nda ada masalah sih.
masalah bensin gti recomended pertamax turbo sih tapi pertamax gti masih ok soalnya pistonnya lebih tebal dari yg tsi. kalau tsi diisi pertamax knocking parah jebol tul pistonnya karena tipis. jadi kalau TSI harus pakai pertamax turbo. kalau GTI pertamax oklah cuman jangan sering2x dibejek2x haha
soalnya bawanya golf begitu digas nda mau ngerem tambah bejek gas terus wkwk
Masalah sparepart. VW punya part kalau dibengkel resmi ya mahal. sama seperti bengkel resmi mobil apapun harganya juga lebih mahal dari bengkel umum. sparepart vw ada jual diluar bengkel resmi yg umum2x harganya juga beda lumayan. cuman kalau part2x kaya mechatronic, clutch, dll lebih baik dibengkel resmi karena ada garansinya 2thn begitu habis ganti. kalau yg umum. kampas rem, filter oli, udara, shock dll diluar juga nda ada masalah.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 62
- Joined: Mon Sep 14, 2009 12:35
Re: Pertimbangan Meminang VW GOLF GTI MK 6
Singkat aja buat om ts nya.. klo mau punya vw selain dari budget yg disesuaikan then jangan banyak pertimbangan2 lainnya, bisa ga jadi mulu nanti
karena jika terlalu banyak pertimbangan ujung2 nya orang cenderung akan pilih mbl lain yg lebih less maintenance lah, yg lebih irit lah, dll.. yg pasti scr overall gak se reliable japan car but u will get what u pay for..
bungkus om mk6 gti nya.. dan tips dari sy yg mungkin bermanfaat: sebisa mungkn cari yg odo tidak terlalu tinggi dan service record jelas di beres vw.. imho, ini penting krn vw indo akan kasih goodwill pada setiap case selewat masa warranty mbl pada saat dibutuhkan pergantian spare part yg rusak.. dan ada baiknya sebelum transaksi bawa ke beres vw dulu untuk general check up dan cari tau history nya yg akan keliatan dng tanya ke sa vw ybs (pembeli yg bayar general check up apapun resultnya jadi atau tidak jadi beli)

bungkus om mk6 gti nya.. dan tips dari sy yg mungkin bermanfaat: sebisa mungkn cari yg odo tidak terlalu tinggi dan service record jelas di beres vw.. imho, ini penting krn vw indo akan kasih goodwill pada setiap case selewat masa warranty mbl pada saat dibutuhkan pergantian spare part yg rusak.. dan ada baiknya sebelum transaksi bawa ke beres vw dulu untuk general check up dan cari tau history nya yg akan keliatan dng tanya ke sa vw ybs (pembeli yg bayar general check up apapun resultnya jadi atau tidak jadi beli)
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 33
- Joined: Sat Jan 23, 2016 9:10
Re: Pertimbangan Meminang VW GOLF GTI MK 6
Pertimbangan saya hanya apakah nanti tiba2 ngeluarin budget yang lumayan buat dapat motor 250cc hanya untuk benerin transmisi. Mudah2an sih nggak. Saya juga usaha u/ cari yang odo rendah, dan masih full.stock supaya lebih aman (mobil tidak dipakai secara geber2an ampe mentok performance).kykyhalim wrote: Thu Feb 02, 2017 4:38 Singkat aja buat om ts nya.. klo mau punya vw selain dari budget yg disesuaikan then jangan banyak pertimbangan2 lainnya, bisa ga jadi mulu nantikarena jika terlalu banyak pertimbangan ujung2 nya orang cenderung akan pilih mbl lain yg lebih less maintenance lah, yg lebih irit lah, dll.. yg pasti scr overall gak se reliable japan car but u will get what u pay for..
bungkus om mk6 gti nya.. dan tips dari sy yg mungkin bermanfaat: sebisa mungkn cari yg odo tidak terlalu tinggi dan service record jelas di beres vw.. imho, ini penting krn vw indo akan kasih goodwill pada setiap case selewat masa warranty mbl pada saat dibutuhkan pergantian spare part yg rusak.. dan ada baiknya sebelum transaksi bawa ke beres vw dulu untuk general check up dan cari tau history nya yg akan keliatan dng tanya ke sa vw ybs (pembeli yg bayar general check up apapun resultnya jadi atau tidak jadi beli)
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1960
- Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
- Location: jkt
Re: Pertimbangan Meminang VW GOLF GTI MK 6
Chance tiba" ngeluarin budget shrg mtr 250cc utk urusan transmisi (tcm, clucth pack) atopun dr enjin or electrical lainnya...sudden cost tetap ada tentunya.
Tapi m'liat financial background om yg sdh pegang cash 400jt....plan pemakain +/-2thn...nyari low odo + ex rawatan beres historic....prosentase kejadian bs di minimalisir.
Ada cover "goodwill" , ada alternatif import brg sendiri, ada alternatif di luar beres jg ( toko/bengkel) khususnya jabotabek area.
Golf ini ....krg fit utk person yg nyari kendaraan dg preferrnce: reliability...affordable cost maintenace...long term ownership...atopun khas parts berlimpah spt di biem/merc sini.
Spt nya om memang sdh berat k golf pemakainnya pun hanya 2thn an
Imo.....go for it om.
Tapi m'liat financial background om yg sdh pegang cash 400jt....plan pemakain +/-2thn...nyari low odo + ex rawatan beres historic....prosentase kejadian bs di minimalisir.
Ada cover "goodwill" , ada alternatif import brg sendiri, ada alternatif di luar beres jg ( toko/bengkel) khususnya jabotabek area.
Golf ini ....krg fit utk person yg nyari kendaraan dg preferrnce: reliability...affordable cost maintenace...long term ownership...atopun khas parts berlimpah spt di biem/merc sini.
Spt nya om memang sdh berat k golf pemakainnya pun hanya 2thn an
Imo.....go for it om.
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 62
- Joined: Mon Sep 14, 2009 12:35
Re: Pertimbangan Meminang VW GOLF GTI MK 6
boleh ditambah referensi huntingnya dengan tanya2 sales vw pik or dari beres yang lainnya untuk dapetin info 2nd hand gti.. mereka biasa nya punya info dari customer mereka yg mau jual mbl nya.. dan biasa nya relatif lebih dapat membantu klo ada problem after sales, at least masih akan ketemu.. bisnis mereka juga ada yg dari 2nd hand vw karena harga barunya yg udah sulit dijual.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 110
- Joined: Thu Jun 10, 2010 2:14
Re: Pertimbangan Meminang VW GOLF GTI MK 6
Kira2 fair price untuk GTI mk6 2011-2012 klo kilometer rendah berapa ya? Klo lihat2 di website jual beli kayaknya range harganya banyak sekali jadi bingung..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1960
- Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
- Location: jkt
Re: Pertimbangan Meminang VW GOLF GTI MK 6
Trakhir gti hitam 2011 km odo 70k plat D kondisi mesin mati di tawarin 167jt.
Kondisi normal avg di mid 350.
Kondisi normal avg di mid 350.
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
-
- SM Specialist
- Posts: 16683
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Pertimbangan Meminang VW GOLF GTI MK 6
Hahaha baru mau manggil ahlinya VAG kemari... Uda nongol duluan...jivos wrote: Thu Feb 02, 2017 7:30 Chance tiba" ngeluarin budget shrg mtr 250cc utk urusan transmisi (tcm, clucth pack) atopun dr enjin or electrical lainnya...sudden cost tetap ada tentunya.
Tapi m'liat financial background om yg sdh pegang cash 400jt....plan pemakain +/-2thn...nyari low odo + ex rawatan beres historic....prosentase kejadian bs di minimalisir.
Ada cover "goodwill" , ada alternatif import brg sendiri, ada alternatif di luar beres jg ( toko/bengkel) khususnya jabotabek area.
Golf ini ....krg fit utk person yg nyari kendaraan dg preferrnce: reliability...affordable cost maintenace...long term ownership...atopun khas parts berlimpah spt di biem/merc sini.
Spt nya om memang sdh berat k golf pemakainnya pun hanya 2thn an
Imo.....go for it om.
Setuju... Golf GTI ini pure buat hobby saja... Krn driving experience nya memang mantab... Kalo masih mikir reliability kayaknya agak salah.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 136
- Joined: Mon Jan 05, 2009 13:43
- Location: Jkt
- Daily Vehicle: Anki Q_W221
Re: Pertimbangan Meminang VW GOLF GTI MK 6

Mobil enak banget untuk daily..jauh lebih bandel kalau dibandingkan golf tsi...
selama pakai gti mk6 cuman rusak di speed sensor roda (nyala indikator abs).. sisanya service rutin aja..
Sangat fun to drive untuk harga yg gak terlalu mahal... menurut sy kalau untuk daily biarkan std saja ga usa dichip2... kalau dichip malah kalau no traction.. kerjaannya spin mulu..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4913
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Pertimbangan Meminang VW GOLF GTI MK 6
Kalo udah sreg ambil aja MK6 GTInya, nanti nyesel lohh hehehe, mobil hatchback paling fun to drive menurut saya, terus fitur melimpah & peforma serta handlingnya mantap, meskipun mesti siap mental buat menanggung biaya perawatannya yang lumayan mahal menurut saya kalo ga biasa megang eropa hehehe, btw GTI lebih reliable kok dari TSI menurut saya (CMIW) 

Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11