Jenis Mobil yg enak dlm kondisi Standard dan enak jadi "Bahan" utk Modif

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21996
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Jenis Mobil yg enak dlm kondisi Standard dan enak jadi "Bahan" utk Modif

Post by Turboman »

as subject

Saya membuat trit ini utk memberi pengerahan agar calon pembeli mobil nggak rancu

Di dunia ini memang ada banyak mobil2 yg dalam kondisi standard tidak istimewa, tetapi saat di modif menjadi "Ruarrr Biasa"

Utk di Indo dan forum ini khususnya sudah tahu dah yah mobil2 apa aja yg enak jadi "bahan" utk modip

Jadi memang jenis mobil yang jadi "bahan" utk modip ya wajar saja sering dinilai "potensi" nya saat di modip dan tidak dinilai dlm kondisi std.......spt menilai potensi kenaikan suatu saham

Jenis mobil2 yang enak jadi "bahan" ini biasanya karakternya sangat berbeda dgn mobil2 yg sudah "well engineered" dari sono-nya (dari pabriknya), sehingga dlm kondisi std pun sudah okeh banget

Walau emang ada juga mobil2 "bahan modip" yang kondisi std nya udah okeh, dan after di modip benar2 jadi "gilak bingit"

heeheh

Mobil bahan modip paling populer lately di Indo ya siapa lagi kalo bukan si 2 hurup - 1 angka

Trus bbrp type mobil2 Honda juga

Monggo tambahkan list-nya
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
setsuka09
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 559
Joined: Fri Jun 26, 2015 9:04

Re: Jenis Mobil yg enak dlm kondisi Standard dan enak jadi "Bahan" utk Modif

Post by setsuka09 »

Purutamax...

GE8.. standard nya enak2 aja u/ daily drive, parts modif berlimpah.

Kl mo timeless bisa E36 320 M52.. ga usah ditanya performa & kenyamanan versi standard apalagi di max tune [emoji1303]


Sent from my iPhone using Tapatalk
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15580
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Jenis Mobil yg enak dlm kondisi Standard dan enak jadi "Bahan" utk Modif

Post by ChZ »

Semua mesin berkeong sekarang mudah di-tuning dengan software upgrade saja... Kalo mau dimaksimalkan tinggal nambah hardware...

Tapi untuk pecinta N/A.... Biasa gak jauh - jauh dari Honda B-Series atau K-Series build... Mobil yang dari lahir udah diciptakan untuk diobrak abrik.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
cursQ
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 680
Joined: Thu Nov 03, 2016 17:51

Re: Jenis Mobil yg enak dlm kondisi Standard dan enak jadi "Bahan" utk Modif

Post by cursQ »

ini sih rata2 jadinya wishlist mobil yang saya belum pernah punya

-twincam gti (dari lahir uda kenceng)
-eterna gti (dari lahir uda kenceng)
-dangan gti (dari lahir uda kenceng)
-lancer gti (dari lahir uda kenceng)
-galant hiu atau paus yang v6 (dari lahir uda kenceng)
-city z (dari lahir uda lumayan kenceng)
-astina (dari lahir uda lumayan kenceng)
-mazda cronos v6 (dari lahir uda kenceng)

kenapa mobil dulu rata2 dari lahir uda kenceng yak beda ama sekarang haha (dan hampir semua mobil mutsibushi 90an dari lahir uda kenceng hahaha)
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15580
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Jenis Mobil yg enak dlm kondisi Standard dan enak jadi "Bahan" utk Modif

Post by ChZ »

cursQ wrote: Wed Feb 01, 2017 4:23 ini sih rata2 jadinya wishlist mobil yang saya belum pernah punya

-twincam gti (dari lahir uda kenceng)
-eterna gti (dari lahir uda kenceng)
-dangan gti (dari lahir uda kenceng)
-lancer gti (dari lahir uda kenceng)
-galant hiu atau paus yang v6 (dari lahir uda kenceng)
-city z (dari lahir uda lumayan kenceng)
-astina (dari lahir uda lumayan kenceng)
-mazda cronos v6 (dari lahir uda kenceng)

kenapa mobil dulu rata2 dari lahir uda kenceng yak beda ama sekarang haha (dan hampir semua mobil mutsibushi 90an dari lahir uda kenceng hahaha)
Mobil sekarang bukannya malah dr lahir lebih kuenceng lagi... wkwkwk... Khan mobil skrg banyak pake turbo...

Klw mobil dl berasa "kenceng" mungkin krn bodi masih enteng dan feedback dari throttle nya berasa krn masih tali gas... DBW khan ga berasa feedback dari throttle nya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2293
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: Jenis Mobil yg enak dlm kondisi Standard dan enak jadi "Bahan" utk Modif

Post by PRBS »

Mobil yg enak dimodip dalam hal apa nii.. kalau untuk modip sekedar estetika dan ingin ikut kearah standar market tertentu (misal JDM or AUDM or EUDM or USDM ) itu biasany :

- toyota corolla seg (parts jdmnya berlimpah)
- toyota corolla twincam (parts jdm dan enginenya berlimpah)
- honda stream (parts jdmnya berlimpah)
- honda civic ( all variant banyak parts jdmnya juga)

All global products biasanya enak untuk dimodif (misal untuk mengikuti pakem standar market tertentu).. kecuali innova avanza etc di eu jpn us kan ga ada..

Kalau europe, ada peugeot (merk ini kalau dituning ngacirnya bukan main loh). W202, C200, volvo, BMW etc bisa main single tuner..

Kalau saya biasanya modip cuma arah estetika, punya kebanggaan tersendiri kalau bisa merubah mobil ke arah standar market negara lain. (Misal ke usdm dkk)

Karena saya bukan tipe sembalap.. hehe jadi engine tuning bukan jadi priority
User avatar
geofreyap
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1611
Joined: Thu Oct 01, 2015 1:05

Re: Jenis Mobil yg enak dlm kondisi Standard dan enak jadi "Bahan" utk Modif

Post by geofreyap »

Fiesta ecoboost M/T
Kayaknya enak buat "bahan project"
:)
SUBARU INDONESIA
Instagram : subaru.sales.id
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Jenis Mobil yg enak dlm kondisi Standard dan enak jadi "Bahan" utk Modif

Post by haristk7 »

WRX, STi, Forester XT, Legacy GT, Exiga GT..yang masih make mesin EJ series turbocharged, bahannya bertebaran..
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Jenis Mobil yg enak dlm kondisi Standard dan enak jadi "Bahan" utk Modif

Post by y_anjasrana »

kijang buaya koq ga ada yg nyebut ya? pdhl realitasnya banyak yg modif abis2an tuh. klu ga jadi mobil bak utk bawa material bahan bangunan (dengan bak yg dindingnya pendek bgt), atau yang lebih ekstrim jadi odong-odong............. :ngacir:
Accurate V5 Accounting System Consultant
cursQ
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 680
Joined: Thu Nov 03, 2016 17:51

Re: Jenis Mobil yg enak dlm kondisi Standard dan enak jadi "Bahan" utk Modif

Post by cursQ »

ChZ wrote: Wed Feb 01, 2017 4:33
cursQ wrote: Wed Feb 01, 2017 4:23 ini sih rata2 jadinya wishlist mobil yang saya belum pernah punya

-twincam gti (dari lahir uda kenceng)
-eterna gti (dari lahir uda kenceng)
-dangan gti (dari lahir uda kenceng)
-lancer gti (dari lahir uda kenceng)
-galant hiu atau paus yang v6 (dari lahir uda kenceng)
-city z (dari lahir uda lumayan kenceng)
-astina (dari lahir uda lumayan kenceng)
-mazda cronos v6 (dari lahir uda kenceng)

kenapa mobil dulu rata2 dari lahir uda kenceng yak beda ama sekarang haha (dan hampir semua mobil mutsibushi 90an dari lahir uda kenceng hahaha)
Mobil sekarang bukannya malah dr lahir lebih kuenceng lagi... wkwkwk... Khan mobil skrg banyak pake turbo...

Klw mobil dl berasa "kenceng" mungkin krn bodi masih enteng dan feedback dari throttle nya berasa krn masih tali gas... DBW khan ga berasa feedback dari throttle nya.
harganya om beda hahaha..
tapi mobil skrg kencengnya bener2 faktor turbo dan efisiensi yak.. masa mobil bongsor semacam bmw seri 7 mesin 2000cc 4 silinder.. ahhaa padahal dulu 750i 5000cc v12.. tp bisa kencengan yang 2000cc 4 silinder.. kacian hahaha..

tetep om waktu dulu di jamannya mobil2 yang dari lahir uda kenceng itu gak dimaksud untuk kenceng beneran cuma ternyata kenceng haha
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Jenis Mobil yg enak dlm kondisi Standard dan enak jadi "Bahan" utk Modif

Post by coklatMetalik »

y_anjasrana wrote: Wed Feb 01, 2017 4:58 kijang buaya koq ga ada yg nyebut ya? pdhl realitasnya banyak yg modif abis2an tuh. klu ga jadi mobil bak utk bawa material bahan bangunan (dengan bak yg dindingnya pendek bgt), atau yang lebih ekstrim jadi odong-odong............. :ngacir:
Kalo modif ancur2an begini masuk sih, berarti Colt T120 hrs disebut juga. Di jawa banyak dijadiin mesin giling padi....
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
dsign1990
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1602
Joined: Thu May 28, 2015 0:12

Re: Jenis Mobil yg enak dlm kondisi Standard dan enak jadi "Bahan" utk Modif

Post by dsign1990 »

tahun tahun kemarin , saya nggak tahu orang sebelah mana cuma hampir tiap pagi lewat depan rumah kijang super keluaran sekitar 87-91 an dibikin offroad look pake ban M/T tapi yg cungkring seukuran ban bawaan pabrik toyota hardtop plus guard2 di dek depan belakang , lampu , ada lampu kabut plus costum bumper depan tapi bener2 pas catnya bagus kerjaan nya rapi dan proporsional jadi mirip2 range rover tua
sayang nggak sempat foto dan akhir2 ini nggak pernah lihat lewat lagi
anrico17
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 620
Joined: Wed Dec 09, 2015 16:12
Location: Laptop dan Rumah
Daily Vehicle: Disetirin

Re: Jenis Mobil yg enak dlm kondisi Standard dan enak jadi "Bahan" utk Modif

Post by anrico17 »

Ummm... L15Z/A??? ini mobil part modifnya buanyak banget..... (mesin civic turbo entahlah)
Mesin TSi katanya juga rada gampang dimodif, tapi butuh dompet tebel...
Hanya sekedar netizen yang numpang lewat

L15Z6, 4N15
cursQ
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 680
Joined: Thu Nov 03, 2016 17:51

Re: Jenis Mobil yg enak dlm kondisi Standard dan enak jadi "Bahan" utk Modif

Post by cursQ »

holden premier atau stato atau kingo.. swap v8 amerika punya widiihh.. standar i6 nya aja klo headernya racikan ajib ngeblaar nya ajaib suaranya.. merdu pisaaaan..
obelix85
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Tue Jul 19, 2016 1:30

Re: Jenis Mobil yg enak dlm kondisi Standard dan enak jadi "Bahan" utk Modif

Post by obelix85 »

Starlet kapsul yg menurut ane kondisi standar n modif enak. Apalagi kondisi perkotaan yg semakin padat starlet sepertinya ideal utk kondisi skrng. Apalagi kalo bisa modif full eksterior, interior dan mesinnya GT seperti punya harta karun hehehe,,,
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Jenis Mobil yg enak dlm kondisi Standard dan enak jadi "Bahan" utk Modif

Post by y_anjasrana »

klu mobil skrg yg banyak dimodif alay, paling brio ya? sambil lirik yg punya brio baru............... :ngacir:
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15580
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Jenis Mobil yg enak dlm kondisi Standard dan enak jadi "Bahan" utk Modif

Post by ChZ »

cursQ wrote: Wed Feb 01, 2017 5:06
harganya om beda hahaha..
tapi mobil skrg kencengnya bener2 faktor turbo dan efisiensi yak.. masa mobil bongsor semacam bmw seri 7 mesin 2000cc 4 silinder.. ahhaa padahal dulu 750i 5000cc v12.. tp bisa kencengan yang 2000cc 4 silinder.. kacian hahaha..

tetep om waktu dulu di jamannya mobil2 yang dari lahir uda kenceng itu gak dimaksud untuk kenceng beneran cuma ternyata kenceng haha
Ya... Karena efficiency dia makin kenceng... Karena efficiency itu berarti less energy wasted...

Krn faktor bobot om... Mobil dulu g harus comply dengan safety standards dan less electronic... Misal CityZ yang cuma 900-an kg dengan tenaga nyaris setara Jazz GE8... 900-an Kg itu bobotnya Brio dan LCGC zaman sekarang...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35

Re: Jenis Mobil yg enak dlm kondisi Standard dan enak jadi "Bahan" utk Modif

Post by daftar »

sujuki katana, modif untuk keperluan offroad pastinya, murah meriahhh
:ngacir:
forumuser
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 208
Joined: Sat Nov 21, 2015 19:45

Re: Jenis Mobil yg enak dlm kondisi Standard dan enak jadi "Bahan" utk Modif

Post by forumuser »

Corolla DX, engine swap pake mesin 4AGE 16V
Twincam GTI, engine swap pake mesin 4AGE 20V

Now:
XL7 2023, Avanza 2023
Past:
Freed 2013, Avanza 2018
Fit 2003, GL 2012
CItyZ 2000, SE 1987
DX 1982, Avanza 2006
Kijang 1996, Wonder 1987
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15580
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Jenis Mobil yg enak dlm kondisi Standard dan enak jadi "Bahan" utk Modif

Post by ChZ »

anrico17 wrote: Wed Feb 01, 2017 6:21 Ummm... L15Z/A??? ini mobil part modifnya buanyak banget..... (mesin civic turbo entahlah)
Mesin TSi katanya juga rada gampang dimodif, tapi butuh dompet tebel...
L15A7 GE8 Matic temen ane ada yang sampe 0.8 bar boost... Tapi internal dia ganti conrod karena berisiko melengkung kalo diboost terlalu gede...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
ddyta27
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 269
Joined: Sat Dec 28, 2013 14:26

Re: Jenis Mobil yg enak dlm kondisi Standard dan enak jadi "Bahan" utk Modif

Post by ddyta27 »

Range Rover all variant

:mky_03:
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12275
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Jenis Mobil yg enak dlm kondisi Standard dan enak jadi "Bahan" utk Modif

Post by ricz »

Yang enak dalam kondisi std & cukup bagus utk dimodif sih ya paling brio / jazz... Tenaganya enak, bensin ga boros, model jg lumayan, potensi utk dimodif juga besar & parts aftermarket ntah itu body kit, replacement filter, aksesoris2 lainnya jg lengkap dan melimpah...

Gw sih selalu pegang pedoman ini : mobil yg banyak performance parts = potensi gede... :mky_01:
2021 Fortuner VRZ
lockdown
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 40
Joined: Sun Oct 09, 2016 8:17

Re: Jenis Mobil yg enak dlm kondisi Standard dan enak jadi "Bahan" utk Modif

Post by lockdown »

D4D-FTV matic
hp/$ murah benerrr
gk tau jeroan kuat gk disiksa, biar yg bawah sy yg jelasin lah :drinking:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15580
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Jenis Mobil yg enak dlm kondisi Standard dan enak jadi "Bahan" utk Modif

Post by ChZ »

lockdown wrote: Wed Feb 01, 2017 9:16 D4D-FTV matic
hp/$ murah benerrr
gk tau jeroan kuat gk disiksa, biar yg bawah sy yg jelasin lah :drinking:
Klw cuma sampe 200hp si masih murah...

D atas 200 mw naik ke 300-400 biayanya sama aja kya petrol... Hahaha...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Jenis Mobil yg enak dlm kondisi Standard dan enak jadi "Bahan" utk Modif

Post by DOHC »

ChZ wrote: Wed Feb 01, 2017 6:56
cursQ wrote: Wed Feb 01, 2017 5:06
harganya om beda hahaha..
tapi mobil skrg kencengnya bener2 faktor turbo dan efisiensi yak.. masa mobil bongsor semacam bmw seri 7 mesin 2000cc 4 silinder.. ahhaa padahal dulu 750i 5000cc v12.. tp bisa kencengan yang 2000cc 4 silinder.. kacian hahaha..

tetep om waktu dulu di jamannya mobil2 yang dari lahir uda kenceng itu gak dimaksud untuk kenceng beneran cuma ternyata kenceng haha
Ya... Karena efficiency dia makin kenceng... Karena efficiency itu berarti less energy wasted...

Krn faktor bobot om... Mobil dulu g harus comply dengan safety standards dan less electronic... Misal CityZ yang cuma 900-an kg dengan tenaga nyaris setara Jazz GE8... 900-an Kg itu bobotnya Brio dan LCGC zaman sekarang...
beda mods...

cityZ bobot 900an tp vtec nya masi blm banci... D15 kpunyaan si mods meong yg bukan vitek aj ud 105 hp... apalagi yg vitek, 115 hp... tp kl yg ane rasain sehh putaran bawah nya lmayan loyo loh, kalah ama L15 nya GE8... tp gt masuk 4000 rpm, vitek nya lgs nonjok terus ampe redline... dtambah header desain jadul nya.... pure eargasm...

dan jgn dilupakan jg, small japs sedan trakir dgn konfigurasi 4 wheels independent suspension dgn front and rear link stabilizer...

ga heran ini mobil seken nya masi ckup nahan...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir: