Need suggestions : mini cooper S
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1702
- Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
- Location: surabaya
- Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red
Need suggestions : mini cooper S
As subject,
Jadi ceritanya, adik lagi kepingin beli mini cooper S, berhubung type dan taunnya banyak, saya juga awam perkara mini ini.
Mobil antara mau dipakai lama atau dipakai sebentar aja lalu dijual masih belom tahu, karena dia pernah bilang mau pakai ga lama, lalu dijual, jadi beli mini sebagai pencapaian dia beli pake uang sendiri (emang cita-citanya, dan dia suka banget ama mini, sejak koleksi die castnya mini..hahaha)
Sejauh yg saya lihat kok ada type baywater, mayfair, dkk, sebenernya beda dimananya sih?
Untuk perawatan mini ini, apa seperti mobil eropa lainnya?
Budget 400-500juta, type apa paling worthed, dan taun brp?
Oh ya, ga mau countryman, clubman, dll yang aneh2, coupe juga ga mau, cabriolet masih dipertimbangkan.
*jangan saranin mobil lain ya, karna ini emang life goal, ga liat practical dll..apalagi D4D...hahahahaha...
Thanks anyway
Sent from my iPhone using Tapatalk
Jadi ceritanya, adik lagi kepingin beli mini cooper S, berhubung type dan taunnya banyak, saya juga awam perkara mini ini.
Mobil antara mau dipakai lama atau dipakai sebentar aja lalu dijual masih belom tahu, karena dia pernah bilang mau pakai ga lama, lalu dijual, jadi beli mini sebagai pencapaian dia beli pake uang sendiri (emang cita-citanya, dan dia suka banget ama mini, sejak koleksi die castnya mini..hahaha)
Sejauh yg saya lihat kok ada type baywater, mayfair, dkk, sebenernya beda dimananya sih?
Untuk perawatan mini ini, apa seperti mobil eropa lainnya?
Budget 400-500juta, type apa paling worthed, dan taun brp?
Oh ya, ga mau countryman, clubman, dll yang aneh2, coupe juga ga mau, cabriolet masih dipertimbangkan.
*jangan saranin mobil lain ya, karna ini emang life goal, ga liat practical dll..apalagi D4D...hahahahaha...
Thanks anyway
Sent from my iPhone using Tapatalk
Soul Red zoom zoom
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 326
- Joined: Fri Sep 18, 2015 17:54
- Location: Pagedangan
- Daily Vehicle: 2016 Toyota AN140 2GD Q AT
Re: Need suggestions : mini cooper S
Ikut mantau um.. Lagi bantu nyari juga buat teman..
2016 Toyota AN140 Q 2GD-FTV 6AT
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 438
- Joined: Thu Dec 22, 2016 18:18
Re: Need suggestions : mini cooper S
setau saya si mini cooper yang 3 pintu tipe S nya sekitar 540 juta kalo yg S nya hampjr 700 tp itu baru... kurang tau deh second, met hunting mini coopernya ya om..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1060
- Joined: Tue Aug 20, 2013 8:41
Re: Need suggestions : mini cooper S
Mini cooper...
Sejauh yang pernah saya setir di Aussie maupun di Indonesia adalah:
1. Jangan beli convertible, rawan eror mekanismenya.
2. Bantingan keras.
3. Nyetir kaya gokart-super fun to drive
4. Yang turbo sangat responsive, enak banget powerbandnya.
5. Kalau pas coba di indo, interior agak rattle, kualitas ga sebaik lawan german.
6. Pas coba di indo, boost leak dari wastegate, padahal mobil baru 9rb KM. Jadi kempos dan ga bisa lari. Untung ga mogok.
7. Harga terlalu overprice banget. Kalau saya pribadi mending VW GTI gen 6, 300an juta, DSG 6 speed wetclutch jauh lebih aman dari mechatronic failure.
Thanks
Sejauh yang pernah saya setir di Aussie maupun di Indonesia adalah:
1. Jangan beli convertible, rawan eror mekanismenya.
2. Bantingan keras.
3. Nyetir kaya gokart-super fun to drive
4. Yang turbo sangat responsive, enak banget powerbandnya.
5. Kalau pas coba di indo, interior agak rattle, kualitas ga sebaik lawan german.
6. Pas coba di indo, boost leak dari wastegate, padahal mobil baru 9rb KM. Jadi kempos dan ga bisa lari. Untung ga mogok.
7. Harga terlalu overprice banget. Kalau saya pribadi mending VW GTI gen 6, 300an juta, DSG 6 speed wetclutch jauh lebih aman dari mechatronic failure.
Thanks
-
- SM Specialist
- Posts: 16685
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Need suggestions : mini cooper S
Kalo buat life achievement kayaknya lebih worth it piara Mini klasik...
Kalo tujuannya bukan buat nampang ya Mini klasik jauh-jauh-jauh lebih baik untuk dimiliki... Nyarinya emang susah tapi yaaa sekalinya udah ketemu pasti puas banget...
IMHO orang miara Mini klasik keliatan jauh lebih classy daripada yang miara MINI Modern... hahaha... Itu mobil dijadiin pajangan garasi bisa, buat jalan-jalan santai waktu wiken bisa... yang jelas kalo ketemu orang baik enthusiast / non-enthusiast pasti tau ini Mini... at least tau karena mobilnya Mr. Bean. Rawatan mudah dan serba mekanikal...
Cuma kalo merasa kurang mahal yaaaa beli MINI modern generasi 2 R56... MINI yang masih kental darah Inggris nya.
Mayfair dan Bayswater itu hanya special edition aja... Mayfair itu edisi spesial ulang tahun ke-50 dan Bayswater itu edisi spesial London Olympics 2012.
Kalo tujuannya bukan buat nampang ya Mini klasik jauh-jauh-jauh lebih baik untuk dimiliki... Nyarinya emang susah tapi yaaa sekalinya udah ketemu pasti puas banget...
IMHO orang miara Mini klasik keliatan jauh lebih classy daripada yang miara MINI Modern... hahaha... Itu mobil dijadiin pajangan garasi bisa, buat jalan-jalan santai waktu wiken bisa... yang jelas kalo ketemu orang baik enthusiast / non-enthusiast pasti tau ini Mini... at least tau karena mobilnya Mr. Bean. Rawatan mudah dan serba mekanikal...
Cuma kalo merasa kurang mahal yaaaa beli MINI modern generasi 2 R56... MINI yang masih kental darah Inggris nya.
Mayfair dan Bayswater itu hanya special edition aja... Mayfair itu edisi spesial ulang tahun ke-50 dan Bayswater itu edisi spesial London Olympics 2012.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2899
- Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
- Location: Jabodetabek
- Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box
Re: Need suggestions : mini cooper S
wow sukses om berburu mini nya.... salah satu mobil idaman ogut juga,

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2899
- Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
- Location: Jabodetabek
- Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box
Re: Need suggestions : mini cooper S
wow sukses om berburu mini nya.... salah satu mobil idaman ogut juga,

-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 20
- Joined: Tue Sep 23, 2014 7:35
Re: Need suggestions : mini cooper S
Kalo untuk perawatan sejauh ini ngurusin R61 Paceman S sih aman aman saja. pernah sekali transmision fault tapi ya habis di setting ulang udah ga kambuh lagi. So, Go for MINI om atau kalo buat koleksi ambil yang Mini classic, trus restorasi.. 

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 79
- Joined: Mon Jan 25, 2016 18:07
Re: Need suggestions : mini cooper S
Hampir 1.5 taun melihara r56 cooper s, sejauh ini sih ga ada masalah berarti,
Adiknya suka raw car ga? Ini mobil menurut saya aga barbaric, tapi sejauh sejarah beli mobil, this is the most fun to drive car yang pernah ada di garasi,
Bantingan keras banget parah, wajib ganti ban rftnya, kalo ada duit ganti shocknya minimal koni fsd gitu deh.
Shock saya masih std, tapi klo udah pake ban biasa jadi lebih acceptable bantingannya
Interior bentuknya cantik tapi byk plastiknya, ya masalah selera aja, saya suka bentuknya, meskipun suka rattle ala plastik klo lewat jln jelek
Driving experiencenya pas buat di jkt selap selip cepet lincah, masuk jalan tikus oke, ground clearance pas, ga pernah mentok klo drive ati2, kalo nyelip suka dikasih sm mobil blakang krn mungkin bentuknya eye catching haha, suka banyk yg panasan jg klo mobil ini lewat,kalo bawa mobil ini saya susah jalan pelan, bawaannya salip sana sini
Torque steering berasa bgt klo di gas mentok, maklum fwd, tapi tetep gmpg dicontrol, bener2 kaya gokart
Banyak yg bilang ngerawat mini problematic, tapi pengalaman saya sih sama aja sama bmw or mercedes, trgntg dpt unitnya kynya ya, jajannya bykan e39 saya dulu drpd ini, r56 dari beli yg pernah kena saya thermostatnya 4jt, sm ganti aki, servis biasa di carmen kemayoran
Kalau dari cerita mini enthusiast yg lain, bengkel maxindo atpm agak mengecewakan servisnya, tapi saya tidak tahu krn ga pernah servis di situ, silahkan coba sendiri
Apart from the flaw, r56 engine is truly amazing, power slalu berasa ngisi terus dari bawah, standar aja knalpot suka bunyi mleduk2 ala mobil turbo, 200kpj gampang,
Pengalaman yg ga pernah lupa, bolak balik jkt bandung jkt dini hari via cipularang, pergi avg speed 140-180, pulang 160-200 kadang2, and avg consumptionnya 1l:16.8km, bensin pturbo
Saya geleng2 sendiri krn pas nyetir ga niat mode hemat
Dalem hati pengen nyari r56 jcw m/t, rasanya lebih fun lgi kayanya. Cuma yg ini sering dipake bokap krn kecil dan matic, jadi susah jg hahaha
If you like raw gokart feeling, go for mini r56 or r53, yg f chasis (current model) menurut saya udah terlalu gede dimensinya, trying to be like any normal hatchback car, less mini feel
If you like performance and decent usability and comfort ya jgn ambil mini, ambil golf and other competitor
Budget close to 500 dapet 2013-2014 mcs rasanya, masih r56 model,
2008-2010 r56 prefacelift, ciri2nya di interior sm setir ada silver painted ornament di skitar center console sm tombol setir
After 2010 r56 lci, all black center console and steering
buttons
Yg bayswater dll itu cuma beda di warna2 interior sm optional macem driving lights gitu, standarnya kurang lebih sama, mesin sama persis
Jcw horsepowernya lebih besar
Kadang byk jg yg mcs biasa tapi ganti bodikit jcw, ngakunya jcw version haha,
Cek last 6 digit of vin number aja di realoem.com nanti keluar detail model incerannya
Saran saya cari jcw manual r56
Adiknya suka raw car ga? Ini mobil menurut saya aga barbaric, tapi sejauh sejarah beli mobil, this is the most fun to drive car yang pernah ada di garasi,
Bantingan keras banget parah, wajib ganti ban rftnya, kalo ada duit ganti shocknya minimal koni fsd gitu deh.
Shock saya masih std, tapi klo udah pake ban biasa jadi lebih acceptable bantingannya
Interior bentuknya cantik tapi byk plastiknya, ya masalah selera aja, saya suka bentuknya, meskipun suka rattle ala plastik klo lewat jln jelek
Driving experiencenya pas buat di jkt selap selip cepet lincah, masuk jalan tikus oke, ground clearance pas, ga pernah mentok klo drive ati2, kalo nyelip suka dikasih sm mobil blakang krn mungkin bentuknya eye catching haha, suka banyk yg panasan jg klo mobil ini lewat,kalo bawa mobil ini saya susah jalan pelan, bawaannya salip sana sini
Torque steering berasa bgt klo di gas mentok, maklum fwd, tapi tetep gmpg dicontrol, bener2 kaya gokart
Banyak yg bilang ngerawat mini problematic, tapi pengalaman saya sih sama aja sama bmw or mercedes, trgntg dpt unitnya kynya ya, jajannya bykan e39 saya dulu drpd ini, r56 dari beli yg pernah kena saya thermostatnya 4jt, sm ganti aki, servis biasa di carmen kemayoran
Kalau dari cerita mini enthusiast yg lain, bengkel maxindo atpm agak mengecewakan servisnya, tapi saya tidak tahu krn ga pernah servis di situ, silahkan coba sendiri
Apart from the flaw, r56 engine is truly amazing, power slalu berasa ngisi terus dari bawah, standar aja knalpot suka bunyi mleduk2 ala mobil turbo, 200kpj gampang,
Pengalaman yg ga pernah lupa, bolak balik jkt bandung jkt dini hari via cipularang, pergi avg speed 140-180, pulang 160-200 kadang2, and avg consumptionnya 1l:16.8km, bensin pturbo
Saya geleng2 sendiri krn pas nyetir ga niat mode hemat
Dalem hati pengen nyari r56 jcw m/t, rasanya lebih fun lgi kayanya. Cuma yg ini sering dipake bokap krn kecil dan matic, jadi susah jg hahaha
If you like raw gokart feeling, go for mini r56 or r53, yg f chasis (current model) menurut saya udah terlalu gede dimensinya, trying to be like any normal hatchback car, less mini feel
If you like performance and decent usability and comfort ya jgn ambil mini, ambil golf and other competitor
Budget close to 500 dapet 2013-2014 mcs rasanya, masih r56 model,
2008-2010 r56 prefacelift, ciri2nya di interior sm setir ada silver painted ornament di skitar center console sm tombol setir
After 2010 r56 lci, all black center console and steering
buttons
Yg bayswater dll itu cuma beda di warna2 interior sm optional macem driving lights gitu, standarnya kurang lebih sama, mesin sama persis
Jcw horsepowernya lebih besar
Kadang byk jg yg mcs biasa tapi ganti bodikit jcw, ngakunya jcw version haha,
Cek last 6 digit of vin number aja di realoem.com nanti keluar detail model incerannya
Saran saya cari jcw manual r56
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 79
- Joined: Mon Jan 25, 2016 18:07
Re: Need suggestions : mini cooper S
Masalah yang sering saya denger di r56 mini:
Turbo bocor
Thermostat tewas,
Electric fan tewas
Timing chain copot stelah skian ribu km: ini klo lagi pas jalan copot, ongkos benerinnya gede kayanya
Boros oli mesin, tiap 2000km suka mkn seliter oli kdg lebih
Ngelitik krn bensinnya jelek
Karet sunroof kering krn kebanyakan dijemur
Yang pernah saya alami sendiri cuma thermostat, lainnya semoga ga pernah terjadi.
Masih khas british kok ini mobil, banyak printilan masalahnya hahahaha
Turbo bocor
Thermostat tewas,
Electric fan tewas
Timing chain copot stelah skian ribu km: ini klo lagi pas jalan copot, ongkos benerinnya gede kayanya
Boros oli mesin, tiap 2000km suka mkn seliter oli kdg lebih
Ngelitik krn bensinnya jelek
Karet sunroof kering krn kebanyakan dijemur
Yang pernah saya alami sendiri cuma thermostat, lainnya semoga ga pernah terjadi.
Masih khas british kok ini mobil, banyak printilan masalahnya hahahaha
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Need suggestions : mini cooper S
mesin EP 16 CDT series itu project bareng Pug
Pug 3008 juga pake mesin itu
Pug 3008 juga pake mesin itu
* Bukan ajakan Beli *
-
- Visitor
- Posts: 9
- Joined: Tue Sep 20, 2016 13:08
Re: Need suggestions : mini cooper S
Sedikit nambahin...kalo mau ambil cooper S usahakan cari yang mesin N18 th 2012 ke atas. Karena untuk mesin ini oil pump turbo, holder rantai keteng, high pressure fuel pump dan termostat udah ada perbaikan (ini yang biasa jadi masalah di mesin N14). Selama pake hampir 3 tahun dengan mesin N18 baru ganti aki bulan ini dan hight pressure fuel pump (biasanya ini penyakit di N14) penyebabnya saya sering isi full tank pertamax dan paling habis sekitar 2bulan karena jarang dipake (menurut mekanik kebiasaan ini menyebabkan bbm basi dansensor knocking bekerja berat yang akhirnya berpengaruh ke kinerja high pressure fuel pump nya). Untuk biaya servis selama saya pakai masih gratis karena masih service warranty maxindo (5th dari tgl prmbelian). Dan betul kalo mau nyaman pakai saja ban biasa (bukan rft), bantinganya kerasa lebih firm. Jujur aja ini mobil paling worthed dari sisi handling, tenaga dan konsumsi bbm dibanding merk tungganga saya sebelumnya (bmw dan mercy). Memang tidak nyaman tapi masih acceftable bagi saya. Klo liat budget 500jt sih dah pasti dpt 2012-2013 yg dah full option atpm (karena cooper S atpm ada juga yg ga pake sunroof). Semoga masukanya dapat membantu