
Dulu ingat awal-awal mau memelihara Impreza, suka dianggap aneh ama orang..”kok lo berani sih beli mobil gak jelas begitu ?”, “bagusnya apa sih ? interiornya aja datar bener gw liat”, “eksteriornya kaku ya”, “AWD ? buat apaan lo beli mobil AWD di Indonesia ? mau offroad kemana lo ? boros kan itu AWD”...yaah begitulah, 4 tahun pemakaian dengan kondisi ATPM yang juga gak jelas..apa saya nyesel melihara Impreza ? jawabannya: BIG NO ! Infact, saya gak pernah bosan nyetir Impreza, mobilnya enak, nyaman, gak begitu boros, dan mudah dikendarai...sampai ketemu belokan patah 90 derajat di tempat sempit tentunya hahaha. Satu-satunya hal yang saya sesalkan cuma....ini mobil kurang tinggi yah, ground clearencenya Cuma 145mm hahahaha..
dulu si item ini dianter kerumah pake mobil towing, katanya sih standar nya Subaru kalo ngirim mobil baru ke kustomer, mobilnya digendong truk.

Selama ini mobil bisa dibilang gak rewel, perawatan Cuma ganti oli mesin dan oli transmisi, ganti brake pads, bubut disc brake depan, dan spooring..satu-satunya masalah diluar itu cuma pas evap AC nya kesumbat kotoran jadi air nya netes di sisi penumpang depan, setelah dibawa ke bengkel spesialis AC di sekitaran tanah kusir masalah sudah selesai. Dulu pernah kena recall sekali mengenai kabel harness. Jadi ceritanya kabel harness dan plat metal yang terdapat di dalam kotak stir akan saling bergesekan saat mobil dikemudikan, dan itu dapat menyebabkan rusaknya lapisan pembungkus harness. Apabila pembungkus harness rusak, maka metal pada kabel akan keluar.
Hal ini memungkinkan terjadinya malfungsi pada wiper/headlamp/klakson, bergantung pada lokasi terjadinya short circuit. Di luar negeri ada sebagian owner yang bilang kalau suara klakson Subarunya kadang suka timbul tenggelam, dan itu diperkirakan salah satu gejalanya. Kemungkinan lain, dapat terjadi putusnya sekering yang mengakibatkan suplai elektrik ECU terganggu. Waktu itu dibawa ke Bengkel di Pondok Indah untuk dilakukan pengecekan dan perbaikan gratis, 2 jam selesai.
FYI, sampai sekarang Subaru Indonesia masik aktif melakukan recall sesuai instruksi Subaru Jepang dan Fuji Heavy Industry apabila ada perangkat yang harus diperbaiki.
Biaya perawatannya ada di tengah-tengah merk Jepang lainnya, sebagian parts harganya bisa semurah parts Toyota Innova, sebagian parts harganya bisa menyamai parts Nissan Xtrail T31 dan Honda Civic FD, sebagian parts lagi harganya bisa menyaingi harga parts Mercedes Benz C200 W204. Hal ini saya dapat selain dari pengalaman memelihara Xtrail T31, juga hasil diskusi teman-teman kampus yang make Innova, Benz, dan Civic FD. Kalo kayak oil filter harganya gak jauh beda ama Innova bensin punya, yang mahal itu kayak brakepads original Subaru yang bisa nyentuh angka 1-2 juta rupiah per pasang. Oli nya sendiri pake Shell Helix, pernah pake 5W-30 dan 10W-40. Yang bikin mahal itu jasa servicenya, saya gak kebagian itu yang namanya free jasa service, soalnya mobil saya terima sebelum yang namanya XV meluncur ke konsumen.
Spooring biasanya saya bawa ke daerah Gandaria seberang Gandaria City (deketan ama dealer Mercedes Benz yang di area ruko), parts bergantung ama Subaru nya langsung atau ke spesialis Subaru di Poins Square, ada juga sih di Daan Mogot Cuma karena jauh aja dari rumah saya dan daerah macet jadi rada males kesana hahaha. Kalo harus inden slow moving parts ya..antara 2 minggu atau bisa 2 bulan atau bahkan lebih hahaha. Yah dengan kondisi ATPM nya begitu sih gak heran parts suka agak lama datengnya, terutama slow moving parts, untuk fast moving Subaru masih ada stok parts.

Untuk bensinnya sendiri dia minum octane 92 (minimum octane 91) pas awal beli sampai 2015. Begitu 2015-2016 minum octane 95 mumpung harga minyak dunia lagi turun drastis, sekarang 2017 awal harga minyak dunia kembali naik dan octane 95 mulai mahal akhirnya kembali lagi ke octane 92. Konsumsi bahan bakar di dalam kota di kisaran 7-8km/l, sedangkan di tol yang lancar dengan kecepatan konstan 80-110km/h (putaran mesin kisaran 1700-1800rpm) dia mencatat 13-19km/l. Rute harian saya selama 2012-2016 itu Bintaro –Depok dengan konsumsi bahan bakar rata-rata perhitungan manual: 10-12km/l.

Subaru High Grade Multi Function Display
Subaru masukin mobil kesini engine nya gak dituning biar bisa minum bensin indonesia sih, dikasi octane 92 pun mobil saya udah gelitik di RPM tengah (4000-5000), dikasi octane 95 mayan sembuh sih cuma gak hilang 100%, harus remap ulang mobilnya. Padahal ECU nya Subaru self-learning, bisa nyesuain dengan kondisi bahan bakar yang diminum si mobil, tapi kayaknya kalo di Indonesia harus remap ulang biar sembuh total hahaha
Kaki gak pernah ada masalah sejauh ini, kondisi bearing di setiap roda juga masih bagus, kaki2 juga senyap dan gak ada bunyi2, padahal mobil ini sudah saya pernah ajak speed offroad beberapa kali, main tanah di BSD, dan lewat jalan jelek di sekitaran Tanggerang, Bekasi, dan Bintaro. Mobil paling jauh pernah saya bawa ke daerah Cirebon dan sesekali main di sekitar Sentul City dan Bogor.
Bagian mobil yang pernah saya ganti cuma ban dari Dunlop SP Sport ke Yokohama C Drive 2, trus ganti headunit ke Alpine IVE W535BT..itu aja sih, jok saya biarkan fabric karena kalo lagi dijemur di tempat panas jok nya gak berasa panas kalo didudukin.


satu hal yang saya anggap lucu, tiap kali ketemuan ama temen kampus yang udah lama gak ketemu, pasti ada yang nyeletuk "gila, ini mobil dari lo pertama kali pake sampe sekarang, bau 'mobil baru' nya kok gak pernah ilang sih ?", saya juga jujur gak tau kenapa begitu hahaha...
Driving Experience
4 tahun memakai Impreza, saya gak pernah bosan menyetirnya, mulai dari jalan tol dalam kota, jalan tol ke arah Jawa, jalanan dalam kota, jalanan gunung, tanjakan terjal, sampai di tempat berpasir/lumpur/tanah..mobil ini nikmat rasanya dikendarai..saya paling pede di tanjakan terjal terutama kalau hujan deras dan permukaan jalanannya beton yang rada licin, mobil mudah sekali menanjak dan AWD nya memberikan cengkraman yang sangat bagus di jalanan licin.
Saya jadi inget dulu pernah mampir ke dealer mobil jepang, cuaca hujan deras dan angin kencang, bermaksud mau masuk lewat pintu samping yang ada atapnya dan harus melalui jalanannya beton dan nanjak + air turun cukup deras di jalanan, dibilangin petugas “mas, gak bisa lewat situ, tadi beberapa mobil nyoba pada kesusahan naik, lewat depan saja pake payung”..saya cuma bilang “ooh ya pak”, dasar saya keras kepala, arahkan moncong ke tanjakan, toel pedal gas dikit dan si Impreza naik tanpa susah payah...petugasnya dan orang dealer yang ngeliat cuma bisa bengong..

Mesin FB20 dengan tenaga 148hp dan torsi 197Nm ini lumayan bertenaga untuk pemakaian sehari-hari, sayangnya di atas 4200rpm tenaganya berasa kosong, di tol untuk mencapai 140km/h cukup mudah, tapi 140 ke 180km/h cukup berat dan berasa kurang tenaga. 140km/h mobil lari masih stabil, cuma road dan wind noise nya cukup berisik. Transmisi nya CVT 6 speed, iya, CVT, yang dibenci orang-orang yang banyak ngakunya “car enthusiast”..well, transmisinya not bad untuk di dalam kota dan untuk cruising di tol, karena dia gak ada gear hunting, mobil ini, dengan mesin FB series dan CVT, didesain untuk pemakaian sehari-hari yang mengedepankan kenyamanan dan fuel efficiency. Cuma memang transmisi CVT nya kalo buat kebut-kebutan kurang enak sih, enakan yang di Forester XT gen 4 dan WRX punya yang ada sport sharp mode (S#), transmisi CVT nya berubah karakter jadi kayak 8 speed sequential automatic.
Bicara handling, thanks to Symmetrical AWD dan Boxer Engine, handlingnya manteeeeppp, mudah banget dikendarai, hujan deras di tol dengan kecepatan 90-100km/h hajar teruuss, tetep stabil, hajar genangan air juga tetep stabil, kalo di tol JORR macet karena genangan air dan orang-orang menghindarinya, sama saya mobil saya terjang saja genangan airnya, ntah kenapa rasanya puas nerjang genangan air, kayak pengen merasakan apa yang dirasakan Colin McRae dengan Impreza STi nya kalo nerjang genangan air pas lagi rally. Kalo ketemu belokan di tol juga rasanya pede terus gaspoll selama jalanan sepi, kalo yang tau exit tol Bintaro yang deket Bintaro Exchange, dari arah Pondok Indah, kan itu exitnya jalanannya muter ke kiri untuk naik jembatan nyebrangin tol sambil nanjak, disaat orang lain ngerem saya biasanya kalo kosong gak pake rem dan malah gaspoll disana..and everytime i did it, it draw smile on my face..hehehehe..
Soal stirnya sendiri...hmm, teman-teman saya mengira ini HPS, padahal ini EPS, iyaa..EPS nya emang gak ringan tapi gak berat juga, ditengah-tengah, enaknya EPS nya ini responsif dan feedbacknya bagus, jadi bisa ngerasain ban lagi kearah mana dan mau kita arahin kemana ini mobil langsung nurut dia.
Active safety, mobil ini ada Vehicle Dynamic Control (VDC)..yah sama lah kayak VSA Honda atau VSC Toyota, cuma beda nama aja..ini VDC udah nyelametin saya beberapa kali di situasi rada genting..it's a good feature to have..really
Kalo soal gas dan rem, mobil ini pedal gas nya sensitif, teman-teman saya yang nyobain juga bilang begitu, sensitif sekali gas nya, di toel sedikit saja mobil langsung meluncur, diinjek rada dalem malah kenceng banget launch nya kalo mau gerak dari diem. Pedal rem nya juga sensitif dan pas sensitif nya, saya malah jauh lebih dapet feeling rem Impreza daripada Accord CR2, Xtrail T31, dan CX5 facelift. Teman-teman saya sih komentarnya kalo abis nyetir ini, “mobil ini effortless banget ya, terutama akselerasinya”, enaknya gas sensitif ini kalo mobil tiba-tiba stuck karena pothole atau semacamnya, di gas dikit + bantuan AWD mobil dengan mudah keluar dari posisi yang bikin dia stuck.
Yang saya gak suka ama ini mobil adalah kalo ketemu belokan 90 derajat di jalanan sempit, urrrgghhh, sumpah kesel, ntah kenapa ngebuat dia belok patah agak susah, malah manuvernya lebih gampang dieksekusi oleh Mazda CX5 dan Honda Accord CR2..yah mungkin karena pengaruh AWD nya kali ya ? Trus ground clearencenya yang pendek sukses bikin mentok mobilnya kalo ketemu ramp yang sudutnya aneh bin ajaib atau polisi tidur yang tajem banget atau yang tinggi banget.
ooh ya interiornya...ada sih rattle, dari baru kadang suka ada rattle di pojok kanan dashboard depan..kadang muncul kadang ilang..saya gak ambil pusing soal begituan, baru pusing kalo teknikalnya kena masalah

Kalo naik mobil ini, wajib pake seatbelt, soalnya alarm seatbelt remindernya sukses bikin pusing kepala gak sampe 1 menit, sampe-sampe temen-temen dan keluarga saya bilang "ini mobil cerewetnya bukan main kalo gak pake seatbelt"..volume alarmnya kenceng beneeerr

Untuk AC..ini mobil kayak Benz, mungkin karena mirip ama "Euro Spec Impreza", sirkulasi udara luarnya suka kebuka sendiri..jadi harus sesekali cek apakah sirkulasinya kebuka apa ketutup..
_________________________________________________________________________
Buat saya, mobil ini lumayan reliable dan durabilitynya oke juga untuk sedan Jepang dari merk yang kurang terkenal di Indonesia dan dari perusahaan yang kecil
Saya jujur PUAS BANGET make mobil ini, gak pernah bosen...dan..kalo misalnya harus ganti...ya cuma Subaru lagi yang bisa gantiin, walaupun saya udah nyobain yang namanya F30 330i, F10 520d, W204 C200, W218 CLS400, F15 X5 25d Xdrive..don't get me wrong, ini adalah mobil2 premium Jerman yang sangat enak dikendarai dan jauh lebih nyaman dari Subaru..tapi somehow, feeling antara saya dan si mobil kurang dapet..kayak ada yang kurang..memang ada beberapa kali kepikiran buat jual ini mobil, bukan karena bosen, tapi ada hal lain yang menurut saya lebih penting dulu..kalo misalnya saya jual..suatu hari lagi akan saya beli kembali si mobil..
Saya gak pernah nyesel make mobil ini, bener..nyetir Subaru itu bikin nagih..you just want more and more..kalo Tol Trans Jawa dari Jakarta sampai Surabaya sudah selesai, mau saya bawa jalan2 ke Surabaya si mobil, sukur2 bisa sampe Malang atau ke Pantai Tuban, atau mungkin bisa sampe Denpasar hehehe..
menurut saya poin mobil ini:
- untuk poin plus
Fun and easy to drive (handling department)
Good durability and reliability, mobilnya gak rewel
Akselerasinya untuk pemakaian dalam kota cukup bagus
dibilang boros juga gak sih, dibilang irit banget juga gak sih..masih reasonable kok konsumsi bahan bakarnya..tp emang kalah irit ama CX5 di rumah hahaha..
- untuk poin minus
cepeerr, ground clearence 145mm
belokan patah 90 derajat di jalanan rada sempit rada susah
audio system standar jelek
mulai bolot kalo diatas 140km/h
suara dari luar, terutama ban dan angin, kalo udah diatas 120kmh...beriisiiiikkkk
ooh ya...saya punya saran buat yang lagi kepikiran beli dan make Subaru (kondisi bekas) dengan keadaan ATPM sekarang:
- MENTALNYA HARUS KUAT
- kalo tipe orang yang make cepet bosenan atau sekedar pengen coba..cari mobil lain deh

hmm itu aja dulu deh..bingung mau ngetik apalagi
