http://tmcblog.com/2017/01/23/draft-1-r15/
https://mariodevan.com/2017/01/23/dilau ... 10000-rpm/
Setelah tampak berbagai spyshoot sebelumnya serta diperkenalkan dikalangan internal Yamaha oleh
Pembalap MotoGp Valentino Rossi dan Maverick Vinales,
maka Tepat pada hari ini, senin 23 Januari 2017, Yamaha melakukan launching perdana di dunia untuk memperkenalkan produk baru mereka
yaitu Yamaha YZF R15 V3, 155cc VVA di Sirkuit Sentul Bogor dan juga memperkenal pembalap baru mereka yang ditunjuk sebagai brand
Ambasador yaitu Maverick Vinales. Sebagai pasar terpenting Yamaha, tidak heran jika produk ini di desain dengan berbagai masukkan
dari biker Indonesia dimana sebelumnya produk ini dikembangkan di India.
Setidaknya ada tiga warna yang diperkenalkan, yaitu merah, hitam dan biru. Desain R15 yang disebut juga sebagai Baby R6 ini memang
mengambil gaya desain baru Yamaha keluarga R series Yamaha yaitu R1 dan R6. Dibanding R15 V2, sekilas nampak R15 yang saya sebut V3
ini mengalami pembengkakkan Body lebih besar, begitu juga ketika disandingkan dengan Kompetitornya CBR150R dan GSR-R150.
Untuk Desain secara keseluruhan memang berbeda jauh sehingga disebut all new,
pada bagian depan jika diperhatikan desainnya agak mirip dengan Aprilia RS V4 atau CBR600RR.
sedang dibagian belakang mengikuti saudaranya R6.
Mesinnya masih menggunakan Basis Minarelli, namun terjadi peningkatan kubikasi dari 149CC menjadi 155CC.
Di kelas Sport Fairing 150cc jepang, Yamaha merupakan satu-satunya pabrikan yang mempertahankan mesin SOHC di Sport 150cc ini,
jadi mesin ini tetap SOHC dan tetap overstroke.
Di blog roda 2, perdebatan SOHC dan DOHC ini cukup sengit dan sering bikin ketawa karena komentarnya yang kadang diluar nalar hehehe..
dan disini Yamaha seperti ingin membuktikan bahwa dengan peningkatan rasio kompresi dan tambahan teknologi VVA (Variable Valve Actuation) /VVT-i versi Yamaha. Mereka mengklain peningkatan power yang cukup signifikan
dari kisaran 16,5 Hp menjadi sekitar 14,2 kw atau setara 19Hp mirip dengan power GSX-R150, Selain itu mesin juga dilengkapi dengan
Slippery Clutch untuk down shift dan Assist untuk Up Shift juga yang pertama di kelas 150cc.
Yang menarik ada istilah "Asymetric Engine" disini, saya tidak paham maksudnya,
apakah ada suhu yang bisa menjelaskan?? mungkinkah berkaitan dengan Camshaft atau di Cranck Shaft dan piston?
Banyak Gimmick Baru yang disematkan pada produk ini dan juga tidak ada pada kompetitornya.
Seperti Suspensi Upside Down (USD), yang sayangnya dilabur warna hitam.
kalau gold akan menambah kesan Racy.
Full Digital Meter dari sebelumnya kombinasi digital analog, (Kompetitornya juga sudah full digital)
Lubang Angin (Ram Air) seperti pada big bike yang sepertinya dipakai untuk keperluan Race sudah tersedia
sebagian mungkin menyukainya dan sebagian akan berkata merusak desain.
Lampu Headlamp dan tail LED, namun sign masih menggunakan bohlam.
New design Banana Swing Arm (Ini juga tidak diaplikasi kompetitornya)
Sekian visual impression dari saya, terima kasih atas sharingnya
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)